Archive for August 16th, 2009

ISLANDMinuman berenergi pada saat ini sangat gencar melakukan promosi dan telah berhasil menarik simpatisan dikalangan masyarakat luas. Pencinta minuman berenergi tidak terbatas hanya pada  bapak-bapak, kaum ibu, remaja dan anak-anak pun telah ketagihan energy drink. Mereka semua menghendaki pemulihan tenaga secara instant setelah beraktivitas. Kemungkinan akibat rivalitas atau persaingan mengejar produktivitas yang lebih tinggi dengan sesama pekerja.

Kandungan minuman berenergi terdiri atas pemanis buatan, penambah rasa, bahan pewarna, asam fosfat, kafein dan beberapa mineral. Selain itu energy drink juga dilengkapi asam amino taurin dan karnitin yang diperlukan tubuh dalam proses metabolisme. Juga mengandung bee pollen, royal jelly serta ganggang spirullina atau chlorella.

Vitamin A, D, E dan K biasanya disimpan didalam hati/liver. Bila asupan keempat vitamin itu berlebihan, maka hati akan overload, membengkak, mengganggu kerja normal hati dan akhirnya terjadi kerusakan jaringan hati yang sedemikian luas, timbul sirosis hati karena toxisitas dan akhirnya gagal hati. Bila sampai begitu, satu-satunya terapi adalah transplantasi atau cangkok hati yang teknik operasinya sangat ribet, makan waktu lama dan beayanyapun teramat sangat mahal.

 Vitamin yang terkandung didalam energy drink seperti B-kompleks, vit B1, B2, B3, B5, B6, biotin dan ginseng. Vitamin B-kompleks berguna dalam pembentukan sel darah merah/eritrosit. Vit b1 untuk nutrisi saraf, B2 untuk mencegah bibir pecah-pecah, vit B3  , vit B5 adalah panthotenic acid bagus untuk pertumbuhan rambut sedangkan vit B6 adalah niacinamide  diperlukan pada wanita hamil yang mengalami muntah-muntah atau morning sickness.

Kafein meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh dan menstimulir neurotransmitter sehingga seseorang menjadi tidak mengantuk, tidak mudah lelah serta membuat seseorang dapat berpikir jernih. Karena itulah setiap habis minum minuman berenergi, tubuh terasa lebih enak dan rasa capek menghilang. Akan tetapi dibalik kandungannya yang sedemikian komplit, apabila anda minum energy drink setiap hari, akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. Apa itu ? Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

31 Comments | Category: Bahasa, General

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Calendar

    August 2009
    M T W T F S S
    « Jul   Sep »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe