ISLANDMinuman berenergi pada saat ini sangat gencar melakukan promosi dan telah berhasil menarik simpatisan dikalangan masyarakat luas. Pencinta minuman berenergi tidak terbatas hanya pada  bapak-bapak, kaum ibu, remaja dan anak-anak pun telah ketagihan energy drink. Mereka semua menghendaki pemulihan tenaga secara instant setelah beraktivitas. Kemungkinan akibat rivalitas atau persaingan mengejar produktivitas yang lebih tinggi dengan sesama pekerja.

Kandungan minuman berenergi terdiri atas pemanis buatan, penambah rasa, bahan pewarna, asam fosfat, kafein dan beberapa mineral. Selain itu energy drink juga dilengkapi asam amino taurin dan karnitin yang diperlukan tubuh dalam proses metabolisme. Juga mengandung bee pollen, royal jelly serta ganggang spirullina atau chlorella.

Vitamin A, D, E dan K biasanya disimpan didalam hati/liver. Bila asupan keempat vitamin itu berlebihan, maka hati akan overload, membengkak, mengganggu kerja normal hati dan akhirnya terjadi kerusakan jaringan hati yang sedemikian luas, timbul sirosis hati karena toxisitas dan akhirnya gagal hati. Bila sampai begitu, satu-satunya terapi adalah transplantasi atau cangkok hati yang teknik operasinya sangat ribet, makan waktu lama dan beayanyapun teramat sangat mahal.

 Vitamin yang terkandung didalam energy drink seperti B-kompleks, vit B1, B2, B3, B5, B6, biotin dan ginseng. Vitamin B-kompleks berguna dalam pembentukan sel darah merah/eritrosit. Vit b1 untuk nutrisi saraf, B2 untuk mencegah bibir pecah-pecah, vit B3  , vit B5 adalah panthotenic acid bagus untuk pertumbuhan rambut sedangkan vit B6 adalah niacinamide  diperlukan pada wanita hamil yang mengalami muntah-muntah atau morning sickness.

Kafein meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh dan menstimulir neurotransmitter sehingga seseorang menjadi tidak mengantuk, tidak mudah lelah serta membuat seseorang dapat berpikir jernih. Karena itulah setiap habis minum minuman berenergi, tubuh terasa lebih enak dan rasa capek menghilang. Akan tetapi dibalik kandungannya yang sedemikian komplit, apabila anda minum energy drink setiap hari, akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. Apa itu ?

Khasiat atau efek minuman berenergi itu hanya untuk sementara. Didalam satu botol energy drink bervolume 150 ml, terdapat 50 miligram kafein. Sesuai  dengan batas konsumsi aman kafein per hari adalah 150 miligram. Bila melebihi ambang atas tersebut, tubuh yang kebanyakan kafein akan mengakibatkan susah tidur, tubuh gemetaran, kejang, jantung berdebar-debar dan asam lambung berlebihan dan memicu sakit maag atau gastritis.

Karenanya para penderita penyakit jantung, hipertensi, sakit maag  dan diabetes semestinya tidak minum energy drink. Sedangkan pada orang sehat, boleh-boleh saja. Kerja organ hati atau liver menjadi jauh lebih berat dengan adanya bahan-bahan stimulant didalam energy drink. Toksisitas langsung akan terjadi dalam hitungan jam serta berakibat fatal dengan kematian. Sedangkan efek toksisitas tidak langsung terjadi akibat akumulasi jangka panjang dengan menimbulkan kerusakan organ hati yang sangat luas secara perlahan namun pasti.

Pekerjaan ginjal juga semakin berat dengan adanya zat pemanis, bahan pengawet dan pewarna didalam energy drink. Kerja berat ginjal menyaring bahan-bahan toksik tersebut akan mengakibatkan lelah ginjal, yang berakibat rusaknya terutama tubulus dan glomerulus didalam ginjal dan berakhir dengan gagal ginjal khronik (GGK). Pasien GGK tidak ada jalan lain kecuali harus menjalani cuci darah atau hemodialisa (HD). Bahkan bila HD kurang berhasil, penderita harus menjalani cangkok ginjal yang beayanya selangit itu.

Seorang anak remaja  di Surabaya dengan postur tubuh gemuk yang setiap hari pulang sekolah selalu minum sebotol energy drink tiba-tiba merasa sesak nafas, pipi membengkak serta badan panas. Setelah pemeriksaan fisik dan serangkaian pemeriksaan laboratorium yang dijalani, ternyata menderita GGK serta harus rutin menjalani HD setiap tiga hari sekali, padahal usianya baru 17 tahun.

Selain GGK, kalori yang begitu tinggi didalam energy drink akan memicu terjadinya sindroma metabolik atau obesitas, yaitu masalah kelebihan berat badan terutama pada anak-anak dan juga pada orang dewasa. Jadi, berhati-hatilah mengkonsumsi minuman dalam botol yang disebut energy drink. Sebotol dalam seminggu, mungkin masih aman. Jangan dijadikan kebiasaan setiap hari, yang akan berakibat serius dan fatal. Hilangkan kebiasaan yang maunya serba instant.

Begitu capek langsung minum energy drink agar tenaga pulih secara instant. Satu kebiasaan yang buruk dan tidak melatih kesabaran kita semua. Sebenarnya rasa capek akan hilang dengan sendirinya, begitu kita cukup beristirahat. Tidak perlu yang serba instant, cobalah bersabar dalam segala hal, dengan demikian  organ tubuh kita akan selamat dari kerusakan fatal. Semoga menjadi pelajaran bagi kita semua yang peduli pada kesehatan tubuh..

Popularity: 6%

Posted Sunday, August 16th, 2009 at 9:16 pm
Filed Under Category: Bahasa, General
You can leave a response, or trackback from your own site.

31 Responses to “Anda setiap hari minum minuman berenergi? Bersiaplah menghadapi gagal hati dan gagal ginjal”

Pages: [2] 1 » Show All

  1. 31
    aick Says:

    Dok blh tidak konsumsi fatigon putih sehari satu tablet dlm jangka panjang? Karena saya ada gangguan saraf tepi, kl minum fatigon terasa enak.tks dok

  2. 30
    nisa Says:

    kalau terlanjur diminum sama usia 14th/ dibawah 20th gmn dok?

  3. 29
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mala,

    Infeksi saluran kemih anda cukup serius, terbukti dengan adanya bakteri plus dua (++) dan ditemukan epitel 4-8 pada pem urine. Semua keluhan yg anda tulis bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih anda. Jangan sepelekan infeksi inin berobatlah sampai tuntas. Dalam keadaan infeksi serius ini seluruh sistem perkemihan menjadi hipersensitif, sehingga minum sedkit aja menimbulkan refleks buang air kecil/ bak yg mengharuskan anda kencing. Rasa nyeri juga disebabkan infeksi bakteri.

    Kondisi anda saat ini normal untuk ISK yang ada. Minum Antibiotika dari dokter yg memeriksa anda, Insya Allah aman2 saja..

  4. 28
    mala Says:

    dokter yang baik , mohon bantuannya sekali ,karena saya sdg bingung dengan kondisi tubuh yang sya rasakan , saya 25 tahun perempuan , kemaren saya tes urin dan hasilnya isk , namun tdk ada darah dalam urin saya juga tidak sakit ketika kencing , hanya ada epitel 4-8 dan bakteri ++ saja , yang lainnya normal , apa mungkin saya sakit ginjal karena pinggang belakang saya sering ngilu … saya sudah usg dan dari usg dilihat kalau kemih saya juga ginjal dan rahim sya bersih2 saja , yang sya tanyakan mengapa setelah minum sekitar 15 menit saya pasti selalu langsung ingin kencing , kalo minumnya banyak bahkan sampai 4 kali ingin buang air kecilnya , tapi kalo sya tidak minum , saya juga tidak ingin kencing , mohon jawabanya dokter , apakah kondisi tubuh saya wajar , semoga tuhan membalas semua kebaikan dokter , saya hanya bisa mendoakan saja , semoga Apa yang dokter berikan unt kami dibalas dengan berlipat ganda oleh tuhan YME , amin :) saya tunggu jawabannya dokter

  5. 27
    Dr. Sukma Says:

    Hai Oky,

    Perubahan histo-PA di ginjal gambarannya mirip dengan gambaran PNC (Pyelonephritis Chronic) atau End-stage Kidney disease pada umumnya.. Tubulus dan glomerulus atrofi, kadang terjadi gambaran ‘tiroidisasi’ yaitu seperti gambaran jaringan tiroid normal dengan cairan koloid didalam lumen tubulus renalis. Sering disertai pembentukan batu (nephrolithiasis) dengan jaringan interstitial yang di infiltrasi padat sel-sel radang mendadak dan menahun.

    Semua itu terjadi akibat adanya bahan pemanis, pengawet dan zat pewarna didalam energy drink. bahan pengawet dan pewarna jelas-jelas bersifat karsinogenik artinya dapat memicu terjadinya kanker. Fosfat dan Nitrat merupakan bahan dasar pembentuk batu : Calcium fosfat, Calcium nitrat. Demikian pula Calcium oxalat mulanya kristal lantas semakin membesar akhirnya membentuk batu oxalat…

    Untuk literatur pls do internet browsing…..

  6. 26
    Oky Says:

    Dok menarik sekali artikelnya. Pertanyaan saya apakah ada perubahan histopatologis dari ginjal pada seseorang yang mengkonsumsi minuman berenergi secara rutin dan berlebihan? (misalnya setiap hari selama beberapa bulan atau sehari lebih dari satu kali selama periode waktu tertentu. Jika ada, perubahan apa yang terjadi?? Kalo boleh tau dimana bisa saya dapatkan literaturnya?? Terimakasih atas infonya dok

Pages: [2] 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    April 2014
    M T W T F S S
    « Dec    
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe