En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

TED KENNEDYMalang tak dapat ditampik, untung tak dapat diraih. Itulah mungkin pepatah yang tepat untuk kita semua. Meski semuanya telah dijaga, tetapi toch seorang seperti Senator negara bagian Michigan Edward (Ted) Kennedy, barusan ini di diagnosis Glioma Ganas, setelah dilakukan biopsi pada lobus parietal kiri yang merupakan bagian otak yang paling kompleks fungsinya.

Ted Kennedy adalah saudara kandung dari mendiang Presiden John F. Kennedy dan almarhum Robert Kennedy, mantan Jaksa Agung Amerika Serikat. 

Ted dibawa ke RS setelah mengalami serangan kejang dirumahnya pada akhir weekend ini. Untuk orang berusia 76 tahun seperti Ted, tumor otak paling sering adalah glioma. Sedangkan glioma merupakan 40% tumor jinak otak. Glioma ganas merupakan 70% tumor ganas otak. Bagaimana peluang hidupnya?

Malignant Glioma atau glioma ganas yang mengenai bagian penting dari otak, yaitu lobus parietal kiri sudah tentu berdampak sangat serius pada aktivitas penderita se-hari2. Bayangkan otak kiri berfungsi untuk semua intelektualitas kita yang bukan kidal. Dan lobus parietal adalah pusat bicara, memahami pembicaraan. Juga sinkronisasi fungsi penglihatan, gerakan motorik, dll. Sehingga Ted Kennedy penyakitnya sangat serius…

Tumor otak menurut tingkatan keganasannya dibagi menjadi empat tingkat, yaitu grade-1 sampai dengan grade-4. Jenis Glioma yang paling ganas adalah  Glioblastoma yang dulu disebut Glioblastoma Multiforme, yang diberi tingkatan keganasan yang tertinggi, yaitu grade-4. Sel tumor glioma berasal dari sel otak, yaitu sel-sel glia.

Jadi sangat sulit membedakan mana sel otak normal dan mana sel tumor glioma, pada saat dilakukan operasi untuk mengambil massa tumor oleh seorang neurosurgeon (bedah saraf). Salah-salah, kalau salah ambil, bisa mengakibatkan kerusakan permanen jaringan otak (brain  damage)…

Jadi pada kasus Ted Kennedy, dokter dan keluarga masih menunggu hasil pemeriksaan lain yang lengkap, untuk dapat mengambil sikap apa yang akan dilakukan untuk terapi tumor otak itu. Pilihan lain selain operasi pengangkatan tumor yaitu khemoterapi dan radiasi. Semua modalitas pengobatan tersebut, ketiga-tiganya tidak memberikan kesembuhan penuh (full recovery).

Dikabarkan, selama perawatan Ted Kennedy tidak mengalami serangan kejang lagi. Dan meski Ted telah diberitahu diagnosis penyakitnya, dia masih penuh spirit dan semangat untuk dapat mengikuti lomba layar di Cape Cod minggu depan..    

Popularity: unranked

Posted Wednesday, May 21st, 2008 at 12:26 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

16 Responses to “Malignant Glioma, diagnosis tumor otak Senator Ted Kennedy, setelah mendapat serangan kejang”

  1. 16
    Dedi Marjani Says:

    dari hasil Lab, kakak saya terkena Tumor dengan nama : Glioblastoma multiforme.
    apakah ada terapi atau herbal yang dapat menyembuhkan kakak saya bu dokter…
    atas perhatiannya terima kasih…

  2. 15
    yan Says:

    dok, saya mau tanya setahun yang lalu saya operasi meningioma dan hasil nya grade 1 tetapi belakangan ini ada rasa nyeri lagi kemungkinan apa itu

  3. 14
    Dr. Sukma Says:

    Halo Widjaya,

    Operasi pengangkatan Glioma di otak, memang sulit dilakukan sampai bersih betul, tanpa sisa sel-sel tumor didalam jaringan otak. Hal ini disebabkan organ otak sifatnya sangat lembut, tidak bisa diperlakukan seperti jaringan lain yang lebih kuat dan kasar teksturnya. Jadi relaps atau kambuh lagi bisa disebabkan oleh faktor ini.

    Yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan kontrol rutin ke dokter bedah saraf (ada atau tidak ada keluhan), setiap 2-4 minggu sekali. Sehingga bila terjadi sesuatu bisa cepat diketahui kalau perlu dilakukan CT-scan kepala ..

  4. 13
    widjaja Says:

    dear Dr.Sukma Merati
    keponakan saya berumur 5 th didiagnosa menderita tumor otak / glioma sebesar bola pingpong yg terletak diantara otak kecil dan batang otak bagian kanan.gejalanya adalah lumpuh bagian kirinya. 1,5 bulan yang lalu sdh dioperasi dan hasilnya baik.dari hasil pemeriksaan dikatakan bahwa tumornya tidak ganas, namun potensi untuk timbul kembali ada. kondisinya sekarang, kaki kiri sudah lebih baik, tangan kiri bisa diangkat tetapi jarinya belum bisa digerakkan. yang kami mau tahu adalah, berapa besar kemungkinan bisa timbul kembali dan bagaimana kami menjaganya agar tidak kembali timbul. juga bagaimana kami tahu bahwa tumor tersbut timbul kembali atau tidak.
    terima kasih atas perhatiannya, dan kami nantikan jawaban bu dokter

  5. 12
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tina,

    Kemungkinan tumor itu Meningioma yaitu tumor selaput otak (meningen) yang derajat keganasannya umumnya rendah (derajat-1). Terbaik konsultasinya ke dokter bedah syaraf.

  6. 11
    Dr. Sukma Says:

    Hai Wahyu Prihati,

    Tergantung kasusnya apa. Bila tumor jinak payudara akibat radang/mastitis itu bisa diobati dengan antibiotika yang sesuai. Namun bila tumor jinak tsb FAM atau Mammary Dysplasia, keduanya jelas HARUS dioperasi/ pengangkatan tumor. Tidak ada jalan lain.

  7. 10
    wahyu prihati Says:

    dokter,apakah ada alternatif lain selain operasi untuk tumor jinak di payudara.terima kasih,

  8. 9
    ike Says:

    suami teman saya di vonis menderita glioblastoma,apa ada tindakan yang lebih baik di RS jakarta

  9. 8
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yani,

    Singkat saja ya. Glioblastoma dahulu disebut Glioblastoma multiforme. Adalah tumor otak/cerebellum berasal sel glia dengan derajat keganasan PALING ganas (grade-4).

    Gambaran histo-PAnya sama dengan Anaplastic Astrocytoma disertai area nekrosis dan proliferasi vaskuler atau proliferasi sel-sel endothel.

  10. 7
    yani Says:

    halo dok. saya yani, lg coas. dok, saya minta tlg bantuannya tlg jelaskan mengenai glioblastoma pada cerebellum. atas bantuannya saya ucapkan banyak terimakasih.

  11. 6
    Dr. Sukma Says:

    Hai Evina,

    Senator Edward(Ted) Kennedy akhirnya menyerah dan meninggal dunia dua hari yang lalu, 26 Agustus 2009 akibat Malignant Glioma/tumor ganas Otak. Habis sudah keturunan laki-laki dari the First Family in the USA.

    Ted Kennedy juga seorang supporter gigih dari Presiden Barack Obama, dari partai Demokrat USA.

    Selamat jalan, semoga menemukan kedamaian disampingNYA…

  12. 5
    evina Says:

    saya salut banget karena ketabhnya,mank kita hrs selalu berpikir +.

  13. 4
    Indri Says:

    Dok, tante sy br 2mgu lalu dketahui ca paru yg sdh metatase ke otak. 5bh di otak. Keluhan di dada tdk ad. Batuk sdikit. Tp lbh byk di otak. Hydrocepalus. Udh diambil cairan nya. Tp msh terus mual dan muntah. Ad saran ap untk mengurangi sakit dan mualnya? Krn sama sekali ta bisa makan. Terimakasi byk

  14. 3
    Muthia Says:

    tapi kalo terlalu dibuat santai, lalu kapan ted kennedy bisa menuntaskan penyakitnya ?
    sebenarnya,
    Malignant glioma ini penyakit yg terbilang sederhana? bukan kan?
    yaa, walaupun keoptimisan memang jg hrs tetap ditanamkan

  15. 2
    Dr. Sukma Says:

    Hai Putra,

    Betul banget. Emang kita seharusnya tetap berpikir positif, dalam keadaan apapun.

    Negative thinking hanya membuat kerugian dalam segala hal.

  16. 1
    Putra Says:

    salut juga buat ted kennedy…
    biasanya kalo orang kebanyakan pasti akan bersedih hati dan putus asa serta juga mungkin kehilangan semangat…
    iyu mungkin karena pikiran positif dan tidak terlalu terbawa pikirannya bahwa penyakitnya sulit akan sembuh. semangatnya ini juga perlu ditiru dan dengan begitu mungkin segala kesedihan, kesukaran, dan sebagainya (pokoknya yang tidak baik), tidak perlu terlalu dipikirkan dan dibawa santai saja…

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe