PAROTISKata ‘gondongan’ mengacu kepada kondisi pipi yang biasanya kanan dan kiri membengkak. Tepatnya yang dimaksud pipi disini adalah bagian pipi didepan kedua telinga yang dalam bahasa medis kita sebut regio parotis. Pembengkakan ini memberi warna kemerahan dan dapat mengakibatkan tertariknya daun telinga bagian atas kedepan dan kondisi ini sudah pasti dirasakan nyeri oleh penderita.

Parotis adalah salah satu kelompok kelenjar liur besar, yang gampang terjangkit peradangan oleh virus yang disebut ‘mumps virus’. Peradangan ini disebut parotitis atau ‘mumps’ oleh orang-orang dinegara Barat sana atau kita di Indonesia sering menyebutnya dengan ‘gondongan’ (bukan ‘gondok’, lho – jangan salah).

Parotitis mudah diobati, namun bila bukan radang akan tetapi tumor parotis maka ceritanya lain lagi, lebih sulit disembuhkan. Apa itu tumor parotis ?

Tumor parotis ada yang jinak dan ada yang ganas. Namun-jangan takut dulu- kebanyakan tumor parotis (90%) bersifat jinak. Dan ini sudah tentu melegakan kita semua. Berbeda dengan gondongan, maka tumor parotis tidak akan bisa disembuhkan hanya dengan mengoleskan serbuk ‘blau’ yang berwarna biru yang menjadi obat tradisional masyarakat kita. Blau hanya mempan untuk gondongan tapi tidak mempan untuk tumor parotis.

Satu-satu nya jalan untuk terbebas dari tumor parotis adalah dengan cara operasi. Operasi tumor kelenjar parotis  sedikit agak ribet, dikarenakan banyak percabangan saraf-saraf muka yang melewati daerah itu. Salah potong, bila tidak berhati-hati melakukan operasi, dapat mengakibatkan muka ‘mencong’ akibat sebagian otot wajah menjadi lumpuh karena putusnya cabang persarafan.

Mimik muka bila terjadi putus saraf akan menyerupai kondisi ‘Bells’ Palsy’ yaitu keadaan muka seseorang yang tampak mencong, tidak simetris yang kata orang tua disebut sebagai kena teluh atau kena jampi-jampi orang yang tidak menyukai kita.

Padahal itu bukan magic, tetapi logik yaitu akibat tidak normalnya  saraf muka. Pada ‘Bells’ Palsy’ disini akibat terpapar suhu dingin dalam waktu cukup lama, bisa berupa angin malam yang menerpa sebagian muka, maka saraf ditempat itu akan tidak bekerja secara normal alias lumpuh. Maka terjadilah muka mencong itu.

Tumor parotis jinak paling sering di kelenjar parotis adalah pleomorphic adenoma. Dinamakan begitu karena terdiri dari berbagai macam jaringan ((pleomorphic), ada jaringan lemak, miksoid, mucin, kadangkala tulang rawan. Struktur terbanyak yang terlihat dibawah mikroskop adalah bentuk kelenjar yang hiperplastis (adenoma). Jadi tumor jinak ini dinamakan pleomorphic adenoma.

Tumor jinak ini biasanya tumbuh perlahan-lahan, dalam 2 tahun akan berukuran 2-4 centimeter, tidak nyeri dan tidak ada keluhan lain, kecuali benjolan yang berada didepan telinga.

Pasien akan datang ke RS atau dokter terdekat, ketika mengetahui benjolan itu tidak menghilang dengan diolesi serbuk blau. Dan kian lama semakin tumbuh membesar, meski pertumbuhannya pelan dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kebanyakan tumor ini bersifat unilateral artinya, mengenai satu sisi saja, bisa parotis kiri ataupun parotis kanan. Pada keadaan yang jarang dapat dijumpai penderita dengan tumor bilateral, parotis kanan dan kiri.

Penderita laki-laki sedikit lebih banyak dibandingkan perempuan. Dapat mengenai semua umur, paling sering usia dewasa muda dan tua.

Meskipun tidak ganas, sebaiknya tumor jinak ini segera dioperasi, begitu diketahui. Karena semakin lambat dilakukan terapi, akan semakin besar beayanya dan juga semakin memperburuk penampilan yang secara aestetika tampak jelek.

Satu hal lagi yang menjadi kekhawatiran, ada yang disebut “Carcinoma arising in Pleomorphic Adenoma” artinya, keganasan yang timbul pada tumor yang tadinya jinak menjadi berubah ganas.

Mengenai waktunya, kapan mulai ganas tidak pasti, karena bersifat individual, artinya pada setiap pasien akan berbeda sesuai kondisi tubuh penderita. Karena itu segeralah bereskan sekecil apapun penyakit atau tumor yang anda derita.

Hal ini dapat diterapkan pada semua keadaan yang mengganggu kesehatan anda. Semakin cepat diatasi, semakin baik.  Ada yang bilang : ’sakit kok dipelihara’…

Popularity: 16%

Posted Friday, September 5th, 2008 at 11:44 am
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

213 Responses to “Pleomorphic Adenoma, tumor kelenjar liur Parotis, sering diduga ‘gondongan’”

Pages: [9] 8 7 6 5 4 3 … 1 » Show All

  1. 213
    Romi Says:

    Nama Saya Romi,pada tgl 06 Mei 2013 Istriku Operasi benjolan yanh ada di sekitar atas alis mata sebelah kiri,besar hanya sebatu cincin,setelah dioperasi dan diangkat kelenjar lemak warna kuning tersebut keesokan harinya mata disekitar kelopak membiru/benkak dan sampai kepipi,yang saya tanyakan apakah pembengkakan tersebut tidak membayakan istri saya,dan apakah memang begitu setelah operasi dan untuk menghilangkan bengkak biru tersebut apa yang harus saya lakukan,terima kasih .Romi di Duri-Riau.

  2. 212
    Andina Says:

    dok, dibawah rahang ada benjolan kecil tapi gk berasa sakit.. itu apa ya?

  3. 211
    amelia okta sari Says:

    Dok,saya 3 minggu yang lalu melakukan operasi tumor parotis.sekarang mulut saya jika berbicara mencong,dan mata saya susah untuk berkedip.yang jadi pertanyaan saya,apakah saya bisa kembali normal lagi dan berapa lama waktu penyembuhan nya.makasi dok

  4. 210
    Ded Says:

    dokter sukma yang baik, saya punya keluhan,
    dibelakang telinga kanan tunangan saya terdapat benjolan memerah,, sudah sekitar 4 tahunan, dulunya kecil sekarang sudah sebesar telur puyuh,, sekitar setahun silam kami sudah memeriksa ke salah satu RS di bukittinggi, pihak RS mengambilsampel darah pada bagian benjol ini ,, setelah di periksa dilab katanya itu merupakan tumor parotis ,,,
    setelah pengambilan sampel oleh pihak RS benjolan itu makin memerah dan berurat sperti jahe sampai sekarang.
    yang jadi pertanyaan bagi saya ,,, apakah tumor parotis yg diderita tunangan saya sudah mendekati ganas ? saya dengar tumor parotis tsb alternatifnya cuma lewat media operasi,, nah dirumah sakit mana sebaiknya operasi dilakukan dan sekitar berapa biaya yg harus kami upayakan ,,, ? masalahnya baik saya maupun tunangan saya hanya keluarga dengan ekonomi menengah kebawah ,, saya cuma karyawan biasa di perusahaan swasta di bukittinggi. mohon kiranya informasi dari ibuk serta doa dari semua agar tunangan saya cepat sembuh,, terimakasih

  5. 209
    dila Says:

    Oh yah dok lupa bilang kalau saya sdh pernah konsul juga ke THT di masukan kamera ke kuping, hasilnya bersih. trus saya juga konsul ke dokter spesialis endokrin dan diketahui ada benjolan di getah bening. setelah di biopsi ternyata dikatakan ada infeksi saja, sehingga dokter memberikan saya obat antibiotik sampai 2 minggu. namun benjolan tersebut telah hilang dan tes darah sudah dikatakan normal tp sakit di kelenjar ludahnya dan rasa nyaman ditelinga belum hilang dok.

  6. 208
    dila Says:

    Dear dr. Sukma yang baik…

    Saya sebenarnya aga bingung. Kelenjar ludah saya katanya bermasalah dan hrs di sialografi. tapi dokter bedah mulut di rs gigi Mintohardjo mengatakan bahwa sialografi sudah banyak dilarang krn berbahaya. pertama saya mau tau apa bahayanya ya dok?
    saya juga ingin berkonsultasi dok. kadang kuping saya suka merasa tidak nyaman dan sdh berlangsung lebih dr setahun, namun beberapa bulan belakangan rasa tidak nyaman itu akan dibarengi dengan pembesaran pada bawah telinga dekat rahang. kemudian berangsur2 hilang kembali. namun setelahnya pasti kelenjar ludahnya terasa sakit setiap kali terkena rangsangan, dan ini dapat berlangsung selama sejam-an. kemudian normal kembali dan pemesaran pun hilang. sekitar saluran ludah di pipi bagian dalam mulut timbul bercak2 putih. dan air liur yang keluar setelah kelenjar sakit biasanya hangat dan kadang terasa anyir. kira2 apa ya dok? hrs konsul kemana saya dok. mohon sekali sarannya bu dokter…

  7. 207
    PHITa Says:

    dokter yth,
    keponakan saya berusia 6 tahun, sejak tahun 2011 amandelnya sering merah/bengkak tapi dokter bilang tidak perlu operasi.
    Sekitar tgl 23 Mei lalu keponakan saya demam dan di leher sebelah kirinya terdapat benjolan sekepalan tangan anak kecil seperti gondongan.
    2 hari kemudian (hari Jumat) orang tuanya langsung membawa ke rumah sakit di daerah Cilegon, namun pihak RS hanya memberi infus dan mengatakan akan melakukan biopsi setelah demamnya turun.
    satu hari di RS keponakan saya demamnya sudah turun, namun karena hari libur dokternya datang di hari senin.
    hari Senin dilakukan mantok dan hasilnya negatif, hasil rontgen pun tidak terlihat ada sesuatu kata dokternya. Namun, dokter RS tersebut tetap menyarankan biopsi atau endoskopi.
    Sebenarnya apa ya dok penyakit yang diderita keponakan saya, dan apakah biopsi atau endoskopi tersebut perlu di lakukan?
    terima kasih.

  8. 206
    Dr. Sukma Says:

    Hai Stonen,

    Untuk memastikan benjolan diperut kanan atas tsb adalah hepatoblastoma (kanker hati pada anak) sebaiknya dilakukan biopsi hati oleh dokyter hepatologist. Diagnosis biopsi digunakan sebagai dasar terapi.. Tgt kondisinya, bila sebagian besar telah tyerkena kanker, maka perlu dilakukan CANGKOK hati dari donor orang tua/ ayah atau ibu.. Donor cukup 1/5 hati orang dewasa. Hati ini kelak akan tumbuh sesuai pertu$buhan badan anak tsb sehingga mencapai ukuran normaal. Coba ke RSCM atau ke Singapore General Hospital.

  9. 205
    Stonen Says:

    Dok, Pada perut anak saya yg brumur 2,5 Thn pada bagian kanan atas keras, kemudian saya lakukan cek USG, hasil cek nya ( HEPAR : Lobus kanan membesar, tampak nodul hiperekoik inhomogen, diameter kurang lebih 66 x 63 mm. Lobus kiri normal, gema homogen. Tidak tampak nodul pada lobus kanan dan kiri. Vena hepatika dan vena porta tidak melebar. Tampak cairan bebas dirongga abdomen – minimal ). Kesan : HEPATOMA & ASITES. Apa itu KANKER HATI Dok? Apa sudah parah Dok? Tolong Bantuanya Dok, Terimakasih …

  10. 204
    mawar Says:

    malam dok…….. maaf mengganggu, mau tanya nih dok, ibu saya ada benjolan persis di depan telinga kanannya, awalnya kecil sudah setahun yang lalu tp sekarang taambah besar, ibu saya gak mau diperiksa sampai saya paksa pun dia tdk mau, usia ibu saya 60th dok, kira2 ittu penyakitnya apa ya dok n apakah ada obat tradisionalnya? terima kasih ya dok…….

  11. 203
    sinta Says:

    malam dok..suami saya terkena kelenjar parotis skrg sudah d operasi namun dokter blg pasca operasi harus segera d sinar..
    Pertanyaan saya ada solusi lain g selain melakukan sinar..atau dengan cara meminum obat tradisional??terimakasih

  12. 202
    icha tulangow Says:

    Mlm dokter,sy mau tya ,dilidah(smping atas) ada benjolan yg sdh sekitar 6bln sy sadari .. Sdh konsultasi kedokter ktanya tumor jinak,gx ada obatnya dan hrs dioperasi,stelah sy dengar efeknya stelah operasi,sy berfikir dlu n biayanya jg mahal,apa ada solusi lain dari Anda dok? Sblmnya trmksh

  13. 201
    Dita Stefiana Says:

    Dok, di bawah lidah saya ada benjolan seperti gelembung, karna mengganggu saya pernah mencoba untk menggigit2nya, tp yg ada malah gelembung trsbut skrg berwarna kemerahan. Saya belum periksa karna saya pikir akan hilang, tp trnyata tdk hilang2 juga, kira2 itu apa ya dok? Lalu saya harus bagaimana?

Pages: [9] 8 7 6 5 4 3 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    November 2014
    M T W T F S S
    « Dec    
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe