En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

TEH 2TEHSiapa yang tidak kenal minuman teh ? Hampir setiap orang di hampir semua negara mengkonsumsi teh sebagai daily drink yang merupakan minuman kedua setelah air putih.

Di Inggris, China dan Jepang ritual minum teh menjadi sesuatu yang sangat unik, indah dan ribet. Dapat dibilang sakral juga, sebab untuk acara minum teh tersebut sudah ada aturan dan tata-caranya yang tidak boleh di ‘skip’ begitu saja. Semua harus dalam urutan yang benar dan teratur dan telah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Di Indonesia terdapat perkebunan teh besar antara lain di : Pematang Siantar, dataran Kerinci, daerah Puncak di Bogor, dataran tinggi Dieng, dll. yang didirikan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda. Kenapa minum teh menjadi begitu penting ?

Teh hijau berasal dari pucuk daun batang teh yang bila kita seduh dengan air panas akan berwarna hijau muda, dan bila diminum terasa agak pahit dan sepet.

Teh gelap adalah teh yang dibuat dari daun teh bukan bagian pucuk pohon teh, tetapi bagian bawah pucuk teh. Bila diseduh akan memberikan warna  coklat merah-maroon, biasa ditemukan pada minuman teh komersial dalam botol dan kotak karton yang  akrab dan  sangat kita kenal dengan cita rasa ‘commercial’ begitu dech..

Teh merah adalah teh yang dibuat dari seduhan kuncup bunga rossela yang bila diseduh dengan air panas akan memberikan warna cerah ‘shocking pink’ yang sangat menarik. Teh ini bercita-rasa sedikit asam, dikarenakan kandungan asam sitrat dan asam askorbat yang tidak lain adalah vitamin C yang sangat kita butuhkan.

Bahan aktif yang didapat pada minuman teh adalah polifenol yang bersifat antioksidan, yaitu melawan radikal bebas yang terbentuk pada metabolime tubuh kita. Radikal bebas akan memicu terjadinya stress oksidasi yang sangat merugikan tubuh. Dan polifenol terdapat dalam konsentrasi tinggi pada teh hijau dan teh merah..

Antioksidan berperan dalam menangkis dan menghambat pembentukan lapisan lemak pada dinding pembuluh darah(arteri) yang disebut atherogenesis, sehingga seluruh arteri terutama pembuluh darah koroner akan terbebas dari penebalan dinding akibat tempelan/plak lemak atau kholesterol. Karena itu kita dalam kehidupan sehari-hari sangat memerlukan antioksidan untuk mengcounter stress oksidasi dan atherogenesis.

Untuk mendapatkan manfaat polifenol dalam minuman teh, maka dianjurkan untuk minum teh sebanyak 2-5 gelas dalam sehari. Apabila kebiasaan ini diteruskan dalam 10 tahun, maka kita akan terbebas dari ancaman penyakit jantung koroner, akibat penebalan dinding arteri koroner oleh lapisan/plak  lemak atau kholesterol.

Penyajian teh yang paling baik agar kita mendapatkan kadar polifenol yang maximal adalah dengan menyeduh teh hijau, teh merah atau teh gelap dengan air bersuhu 80 derajat Celcius, yaitu setara dengan air yang disimpan dalam termos panas atau dari dispenser bersuhu panas. Apabila suhu melebihi 80 derajat Celcius,  maka bahan aktif polifenol yang kita perlukan akan berkurang.

Polifenol juga berkhasiat menghambat pembentukan ‘foam cells’ yang menjadi sel-sel lemak didalam tubuh. Semakin dini kita minum teh, semakin terhindarlah kita dari masalah kelebihan berat badan alias obesitas.

Di Amrik sana saat ini dikenal Wu Yi Tea yang di klaim sebagai ‘Diet of the Year 2008′ yang adalah teh hijau asal China, yang konon dapat menurunkan 15 pound Berat Badan dalam lima minggu seperti diberitakan CNN, CBS dan Fox News..

Mungkin ada baiknya anak-anak kita biasakan minum teh mulai usia 5 tahun, setelah anak puas dengan minum susu. Jadi minum teh pada anak hendaknya menjadi minuman kedua setelah susu, karena anak masih dalam masa pertumbuhan dan sangat memerlukan susu yang lebih utama dibandingkan teh.

Teh diperlukan agar mecegah terbentuknya ‘foam cells’  yang berlebihan pada anak. Jadi teh ikut mecegah kejadian obesitas pada anak..

Popularity: 6%

Posted Tuesday, September 2nd, 2008 at 4:33 pm
Filed Under Category: Bahasa, Life, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

39 Responses to “Teh hijau atau merah, mencegah penyakit jantung koroner dan melangsingkan tubuh”

Pages: [2] 1 » Show All

  1. 39
    ara Says:

    sore dokter, byk terima kasih atas diresponnya keluhan saya.rencana awal bulan depan saya mau melakukan pembedahannya. cuma yg bikin saya ragu lagi, akhir-2 ini siku kanan saya sering terasa sakit dan berat, krn sebelumnya tgn sy tsb sering mengalami kesemutan. takutnya nanti infusenya mampet disaraf yg sakit tsb. Perlu dokter ketahui, kehamilan 1 & 2 sy caesar, pernah ops FAM sblh kanan. apakah saya berbakat tumor?mohon sharenya dokter. terima kasih

  2. 38
    Dr. Sukma Says:

    Halo Joevahmi,

    Maaf saya tidak tahu dan belum pernah dengar tentang hal itu. Pendapat saya tidak ada logikanya..

  3. 37
    joevahmi Says:

    maaf dok saya mau brtanya nma sya vahmii umur sya 14 thn , sya prnah mmbca di suatu artikel apabila saat tidur kaki tidak bisa diam atau susah gitu dok kalau kaki tidak digoyangkan itu ciri-ciri penderita penebalan dinding jantung , apa benar dok ?
    mohon penjelasannya terimakasih

  4. 36
    Dr. Sukma Says:

    Halo Anita,

    Jawabannya bisa iya bisa tidak… So, sebaiknya periksakan ke dokter penyakit dalam, nanti akan di rujuk ke sub-bagian lain, bila dianggap perlu…

  5. 35
    Dr. Sukma Says:

    Halo Martin,

    Setahu saya teh tidak seperti itu. Saya sering minum teh yang sudah lama diseduh, trus saya simpan di kulkas agar dingin dan segar. So far tidak ada masalah akibat kebiasaan ini.

    Yang saya tahu pasti bermasalah adalah : bila sayur bayam (spinach) yang sudah dimasak- sayur favorit Popeye-…. ini dibiarkan semalaman dan baru dimakan esok harinya akan BERACUN. Akibat terjadi perubahan kandungan kimia dari senyawa nitrat yang aman menjadi nitrit yang beracun….

  6. 34
    martin Says:

    dok saya mau nanya apakah benar jika teh telah d seduh lalu d simpan dulu trus d minum kembali selama lebi dari 1 jam teh itu akan mengandung racun ???

  7. 33
    Anita Says:

    Dok, Kalau tangan kiri saya sering gemetar…itu kenapa ya? Apakah ada masalah dengan jantung? Keluarga mama saya punya riwayat sakit jantung. terima kasih dok.

  8. 32
    Dr. Sukma Says:

    Hai Supriyadi,

    Saran saya minum banyak air putih. Jangan suka menahan kencing, segera keluarkan begitu kepingin miksi atau berkemih.

    Olah raga teratur dua-tiga kali seminggu, apapun jenis OR yang anda sukai.

    Dan minum rebusan daun kumis kucing, satu gelas setiap hari sebelum tidur sampai waktu tak terbatas. Nanti akan terasa urine anda seperti berpasir, tanda mulainya luruh batu yang ada dalam kandung kemih. So, good luck..

  9. 31
    Supriyadi Says:

    Dokter,
    Hasil USG saya ada batu di leher kandung empedu tapi belum berakibat sakit, cuma kadang2 disktr perut/punggung kanan agak pegel.
    Mhn saran apakah teh rosella atau yg lain bs meluruhkan batu tsb.
    Atau ada saran lain untuk mengihilangkan batu tsb dg herbal..
    Terimakasih sebelumnya. Pri

  10. 30
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sevca,

    Dugaan saya ada dua masalah yaitu jantung bermasalah kemungkinan terjadi penyempitan arteri koronaria akibat kholesterol yang tinggi.

    Meski anti-rokok n miras, kholesterol sangat berperan pada menyempit dan kakunya pembuluh darah di jantung.

    Kedua masalah SGOT dan SGPT yang tinggi, pertanda liver atau organ hati anda terganggu. Bisa disebabkan radang, sumbatan oleh batu empedu, dll.

    Jadi sebaiknya kunjungi dokter penyakit dalam agar dilakukan rekaman jantung(EKG) dan pemeriksaan lab kemungkinan hepatitis, dll.

  11. 29
    Sevca Says:

    Halo dok,sy pria 21thn antirokok n miras.sjak 1thn lalu sy skit.awalnya typus +magh tp kok gak smbuh2,rasa mual,sebah,nyeri diperut dan uluhati terus berangsur2.n kalo membungkuk di punggung atas sakit sekali.
    3,5 bln lalu ke dkter katanya infeksi usus.stlh cek darah HDL tnyata kadar SGOT SGPT sy tinggi sekali.
    N ke tabib katanya benar kena liver+magh.
    Nyeri lmbung sdah hilang,tp uluhati sering skali skit.n gejala lainya nyeri di paha punggung bawah
    N kok kulit saya seperti jadi lunak gtu,kulit di telapak tangan dan telapak kaki jd mengkerut.tp tdak bengkak. selain punggung seperti kaku n sakit bila mbungkuk,ini kok dada tengah sesak n seperti pengen batuk terus terusan,n pusing,n jntung brdetak2 kencang shngga sulit tidur.
    Tolong dok,penjelasanya? Dr yg saya uraikan diatas.trimakasih

  12. 28
    Dr. Sukma Says:

    Hai Afandi,

    Bocor jantung pada bayi 3 bulan. Jadi kemungkinan yang dimaksud adalah persisten ductus arteriosus Botalli (PDA).
    Terapi paling adekuat adalah OPERASI menutup kelep yang bocor tersebut, bila belum juga bocor itu berkurang/menutup dengan perjalanan waktu dan obat yang diminum. Namun untuk sementara obat yang diminum cukup untuk mengerem kebocoran jangan menjadi lebih berat.

    Saya tidak tahu pengobatan alternatif untuk kasus ini.

  13. 27
    afandi Says:

    Dear dr,
    saya mempunyai keponakan usia 3 bulan, kata dr dinding jantungnya berlubang dan terjadi penebalan, sehingga volume jantungnya membesar. Dokter hanya memberi obat untuk mencegah semakin membesarnya jantung, dan hrs dikonsumsi terus menerus tetapi tdk dapat menyembuhkan. Yang mau saya tanyakan apakah penyakit ini bisa disembuhkan, mungkin ada alternatif2 tertentu, dan kira2 brp biayanya. mohon dokter berkenan menjawabnya, tanks. ( Afandi Palembang )

  14. 26
    Dr. Sukma Says:

    Hai Eva,

    Iya benar,polifenol termasuk golongan alkohol dan mudah menguap. Diseduh dengan air bersuhu tidak lebih dari 80 derajat celcius agar bahan aktif tsb tidak banyak berkurang.

Pages: [2] 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe