PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: [43] 42 41 40 39 38 37 … 1 » Show All

  1. 1073
    catur Says:

    assalamualaikum… dok saya ada kelenjar di bahu kiri sdh di FNAB hasilnya Reactif Hiperplasia karena radang non spesifik. cek darah lab dan LED nya tinggi 20 mm/jam, bagai mn solusinya dok. terimakasih. wasalamualaikum..

  2. 1072
    Dr. Sukma Says:

    Hi anonymous,
    Seharusnya saat pengangkatan/ operasi yg lalu dilakukan pemeriksaa histopatologi dari sample jaringan yg diangkat. Disitu akan ketahuan apakah benjola tsb hanya radang biasa, radang TBS atau bahkan kanker yg bisa limfoma , dll.
    Bila belum dilakukan pemeriksaan itu, maka sekarang disaat kambuh lagi hendaknya dilakukan pemeriksaan yg dimaksud. Kunjungi dokter bedah yg mengangkat tsb dan sarankan pemeriksaan PA tsb, bila belum dilakukan.

  3. 1071
    Anonymous Says:

    Halo bu saya ardy umur sya 19thn terdapat benjolan kecil di
    leher sbl kiri.sya sekitar 8 biji tp ada stu yg besar…setelah oprasi
    teryata yg di ankat cma 3 setelah dua mingu melepas. jaitan oprasi ya.
    Npa. bks oprasi ya adah benjola sgt kcil bilang dokter ya gpp..
    setela 2 mingu bks oprasi.ya kembali membenkak dan benjolan ya bewarnah merah..solusi ya gmna bu.yg seharus ya sya lkukan

  4. 1070
    Dr. Sukma Says:

    Halo, diagnosis TBC kelenjar diperoleh dari hasil pemeriksaan biopsi jarum halus/ fnab. Kalo belum dibiopsi, sebaiknya dilakukan biopsi dulu oleh dokter spesialis PA. Hasil biopsi akan menentukan terapi kepada pasien. Biasanya juga di cross chek dg pemeriksaan laju endap darah (LED) dan test Mantoux..

  5. 1069
    suci Says:

    Dok saya ???ª? bertanya ,saya sudah diponis dokter terkena kelenjar TBC dan saya sudah minum obat berturut2 slama 4 bulan ,tetapi belum juga ada perubahan .tlong solusinya .terima kasih

  6. 1068
    trisna wulan Says:

    Assalamu’alaikum,,
    dok,d leher sebelah kiri saya terdapat benjolan yang seringkali membesar dan juga mengecil,setelah saya periksa,katanya saya terkena lympadenitis leher,apakah hal tersebut benar?
    dan apakah saya bisa sembuh tanpa harus d oprasi?

  7. 1067
    melati Says:

    dok, mau tanya nih..
    adik saya umurnya 13 tahun terkena penyakit kelenjar getah bening. apa yang harus saya dan keluarga lakukan?
    apa harus operasi atau terapi saja?

  8. 1066
    eva Says:

    bapak saya terkena kanker Paru std 4, sejak 2 tahun telah diobati dg segala macam obat baik dokter maupun herbal, radiasi, kemoterapi, tetapi tidak menghambat keparahan penyakitnya, saat ini nyeri seluruh tubuh, bagaimana mengatasinya tks

  9. 1065
    Dr. Sukma Says:

    Hai Inneke,

    Limfoma Non Hodgkin adalah penyakit sistemik. So, bisa ditemukan dimana-mana didalam kelenjar getah bening, termasuk yang di kepala seperti kasus suami anda. Biasanya diagnosis LNH ditegakkan setelah dilakukan biopsi aspirasi jarumm halus (BAJAH) atau fine needle aspiration biopsy (FNAB).Terapi standard dimana mana sama, biasanya dengan khemoterapi atau kombinasi coctail therapy. Kalau pasien kooperatif, tingkat kesembuhan cukup tinggi sekitar 70-80 %.

  10. 1064
    inneke Says:

    Dok, suami saya terdiagnosis Limfoma Non Hodgkin kemarin (Jum’at) dan posisinya di kulit kepala. Belum bertemu kembali dgn dokternya. Di internet infonya hanya membahas kelenjar tersebut di lipatan leher, ketiak dan selangkangan. Apa ini jenis LNH yang lain ? Bagaimana treatment dan tingkat kesembuhannya ? Terima kasih atas perhatiannya. Salam.

  11. 1063
    Anonymous Says:

    dok d leher kanan saya terdapat benjolan yg kini smakin agak mmbesar , saya habis dari pengobatan herbal & bertanya apa yg terjadi pd diri saya , dia bilang kelenjar getah bening tp saya belom melakukan pengobatannya , hanya ingin bertanya dulu . Dan insya.alloh saya mau ke RS untuk periksa , tp saya takut jika saya ini harus di oprasi . Adakah cara lain yg alami untuk menyembuhkan nya dok ?? share ..

  12. 1062
    sylvia Says:

    Malam,tante dokter.. saya sylvia 16 thn..
    saya mau tanya, beberapa hari ini di leher kiri saya terdapat sebuah benjolan. setelah itu, saya dibawa ke dokter dan beliau mengatakan bahwa kelenjar getah bening saya mengalami peradangan. namun, dokter lain lagi kenalan orang tua saya mengatakan bahwa benjolan itu tidak hanya sebuah, ada banyak benjolan disana.
    sebenarnya, bagaimana hal itu bisa terjadi? kira2, apa yang akan saya alami dalam waktu dekat ini? apa masih dapat disembuhkan? bagaimana cara efektif untuk mengatasinya?
    salam,, :)

  13. 1061
    tasiana Says:

    dok saya tasiana, saya setelah menjalani operasi di leher belakang telinga dan hasilnya reactive lymphoid hyperplasia (follicular hyperplasia). hasil mikroskopiknya: menunjukkan potongan jaringan kelenjar getah bening dgn sejumlah limfolikel ukuran bervariasi besar dan kecil, dgn sinus sedikit melebar dan didapatkan sejumlah sel “tingible bodies macrophage”. tidak tampak tanda proses sfesifik. tidak ada geganasan. udah 1 bln lbh sy konsumsi rebusan daun sirsak. dok, saya mohon saran bagaimana langkah untuk mengatasi masalah saya ini. di tunggu balasannya? penyakit ini merupakan jenis apa? terimakasih.

  14. 1060
    alif Says:

    dokter di leher kiri belakang sy ada benjolan # awalnya agustus 2012 pada malam hari sy demam dan besoknya ada benjolan di leher.. sy cek ke RS dan di berikan antibiotik akhirnya bengkaknya hilang dan sembuh. beberapa hari kemudian muncul bengkak lagi di tempat yg sama kemudian sy melakukan biopsi dan diagnosa menderita radang..pada oktobersy biopsi lagi dan didiagnosa menderita kelenjar tbc#sejak saat itu sy diberikan obat gratis progrm pemerintah yg harus diminum 3 biji dalam satu hari# sy minum sejak 19 oktober 2012 sedangkan bengkak di leher sy belum menyusut.. sy harus gimana dokter? mohon sarannya dokter !

  15. 1059
    Dok mau tanya, apakah kista bartholin yg membengkak bisa di olesi fuladic crem? Tqz dok. Says:

    Kista bartolin yg bengkak bisa di olesi fuladic krim?

  16. 1058
    afis Says:

    assalamualaikum…
    sy mau taya..di bawah dagu saya ada benjolan wkt d priksakan ke dokter orng haya bilng untuk priksa dl d rumah sakit apakah perlu di bedah begitu…yang saya mau tayakan apakah tdk ada jln laen selain oprasi? trimaksh atas jawaban y dan perhatiannya.

  17. 1057
    mutiara Says:

    Dear Dr. Sukma,
    Saya Mutiara

    Saya didiagnosis terkena TB kelenjar getah bening. Dan Struma nodosa bilateral pada kelenjar torax saya. Apakah TB kelenjar dapat menyebar ke paru? Indikasinya apa ya dok ketika TB tersebut sudah menjalar ke paru? Saat ini saya punya anak usia 20 bln. Walaupun TB kelenjar tidak menular dan anak saya sudah imunisasi BCG Apakah saya tetap perlu melakukan aktifitas preventif penularan virus kepada anak saya? Seperti menghindari penggunaan alat makan bersamaan. Terimakasih dokter

  18. 1056
    dewi satyawati Says:

    Selamat pagi dok,
    Baru kemarin saya mengetahui setelah CT Scan, bahwa ibu saya (75th ) terkena kanker kelenjar getah bening. Menurut dr yg memeriksa sudah pada stadium III. Disarankan untuk melakukan biopsi untuk tata cara pengobatannya. Namun kami sekeluarga melihat usia ibu dan dampak psikologisnya, kami memutuskan untuk tidak memberi tahu ibu. dan otomatis kami tidak melakukan kemo.
    Apakah ada alternatif pengobatan lain atau pantangan makanan bagi penderita kanker kelenjar getah bening?

  19. 1055
    najwa Says:

    dokter,
    saya umur 28th baru saja melahirkan anak pertama, 1th lalu saya divonis terkena infeksi kelenjar tbc, tp paru2 saya bagus/tidak terkena virus,, dulu ada 3benjolan (2 dileher, 1 di ketiak). selam proses pengobatan selama 9bln benjolan masih sisa 1 tp kecil, lalu yg saya tanyakan :
    1. karena saya menyusui, apakah anak saya bisa tertular?
    2. apakah penyakit infeksi kelenjar tbc itu penyakit keturunan
    3. lalu bagaimana pencegahannya jika bisa menular

  20. 1054
    Robert Says:

    perkenalkan nama saya robert. Saya punya keluhan, 10 hari terakhir saya mengalami demam ringan. Pada harike 4 dan 5, saya tidak demam. Namun hari selanjutnya demam ringan dan badan saya lesu. 5 malam terakhir saya tidur selalu keringat pdhl suhu ruangan tdk terlalu panas. Tidak ada benjolan pada tubuh saya.
    Selain itu kira2 hari ke 6, kaki saya gelisah. Pengennya dibawa gerak. Sampai saat ini (hari 11), kaki saya lesu sedikit gelisah.
    Kira2 saya mengidap penyakit apa dok.
    Tks sebelumnya.

  21. 1053
    ratna Says:

    dok mohon balasan dri pertanyaan saya. pada ketiak sebelah kiri saya muncul benjolan kecil,jika di tekan sakit,benjolannya di dalam kulit, kalo di luar kan biasanya jerawat. apa saya menderita kanker getah bening ya dok? di keluarga saya tidak ada riwayat penyakit tersebut dok

  22. 1052
    Willy Says:

    Dokter yth, saya mempunyai benjolan dibawahnya rahang sebelah kiri dari sebulan yg lalu. Memang sebelumnya saya ada terkena flek paru dan sudahminum obat paru selama 6 bulan. Tapi setelah di rontgent paru nya ternyaman belum bersih benar. Apakah benjolan itu akibat dari paru saya yg belum bersih ataukah ada penyebab lain? Ke dokter mana saya harus memeriksakan? Terima kasih.

  23. 1051
    santo Says:

    Salam kenal,

    leher sbelah kanan sy bengkak bsar dan sy sudah rontgen, usg dan cek darah.
    Hasilnya dr rontgen, paru2 sy normal.
    Usg tiroid normal, cma ada 2 kantung nanah.
    Hasil lap dr darah saya, leukosit meningkat drastis dan LED jg meningkat drastis. Limfosit sy menurun.
    Sy d minta sama dokter pribadi sy k rmh sakit utk mengambil nanahnya utk d lap, apakah sy positif kena tb kelenjar atau hanya infeksi.
    Tp, dokter bedah malah bilang harus di operasi.
    Sy ingin tanya kpd dokter sukma!
    Bgaimana solusinya?
    Trima kasih

Pages: [43] 42 41 40 39 38 37 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    April 2014
    M T W T F S S
    « Dec    
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe