HP 2HP 1HPSakit lambung atau yang biasa disebut sakit maag-dari bahasa Belanda- awalnya memang disebabkan oleh asam lambung yang melimpah dibandingkan jumlah makanan didalam lambung.

Namun sejak 1983, dua dokter dari Perth-Australia, yang kemudian mendapatkan Hadiah Nobel di bidang Kedokteran : Dr. Warren dan Dr. Marshall, mereka  masing-masing adalah pathologist dan internist yang telah menemukan sejenis bakteri didalam sediaan penderita gastritis yang dibiopsi dan kemudian  diberi nama Helicobacter Pylori (HP). Apa dan bagaimana sifat HP ?

HP berbentuk seperti sosis dengan posisi agak melengkung, tampak dua kutub, salah satunya berflagella untuk pergerakan bakteri. Sifat HP sangat kompleks, dan boleh dikatakan mempunyai berbagai senjata, sehingga bisa ‘survive’ didalam lingkungan yang sangat asam dari lambung/ gaster/ maag.

Pertama, HP dapat merubah lingkungan mikro disekitarnya menjadi bersifat agak basa, sehingga dia bisa tinggal dan berkoloni dilapisan lendir mukosa lambung.

Kedua, dia mempunyai alat flagella, untuk membor mukosa lambung, sehingga bisa lebih mudah masuk kedalam dasar kripta/ cekungan mukosa dan menetap ditempat itu.

Ketiga, HP mempengaruhi sistem imunitas tubuh kita untuk tidak mengenali dirinya sebagai benda asing/non-self, melainkan sebagai bagian organ jaringan lambung/self sehingga tidak dapat dikenali sebagai ‘invader’ atau penyusup yang harus diberantas oleh sel limfosit-T. Maka luputlah bakteri HP dari penyisiran sistem imun kita, karena HP tidak terdeteksi sebagai benda asing/non-self.

Ke-empat, HP bisa resisten terhadap terapi yang diberikan, dengan cara bakteri tersebut membuat zat anti terhadap bahan aktif anti-mikroba yang diberikan.

Dan banyak lagi senjata yang dimiliki HP, sehingga dampak yang ditimbulkan oleh peradangan lambung oleh HP menjadi semakin kompleks. Terutama bila HP tidak terdeteksi, maka bakteri akan terus berkembang-biak meluas membentuk tukak lambung, displasia, adenoma dan akhirnya kanker lambung yang sangat ditakuti.

Dan semenjak ditemukan bakteri HP, maka paradigma bahwa ‘sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebih’ telah bergeser menjadi ‘sakit maag disebabkan oleh infeksi/peradangan lambung oleh kuman HP’.

Sudah tentu akibat perubahan paradigma tersebut akan juga pasti mempengaruhi pengobatan sakit maag. Maka tidak mengherankan saat ini pasien gastritis akan diberikan antibiotika yang sesuai untuk HP, bila ternyata pada pemeriksaan biopsi endoskopi lambung pasien ditemukan HP positif.

Bagaimana seseorang tertular HP? Banyak cara dapat dilalui oleh bakteri HP untuk mencapai lambung dan menyebabkan peradangan/infeksi disana.

Pertama, anak-anak akan mewarisi HP dari ibunya/orang dewasa lain yang terinfeksi HP melalui makanan yang dikunyah dulu oleh ibu/orang dewasa lain , sebelum disuapkan ke mulut anak. Makanan yang terkontaminasi HP dari air ludah si ibu/ pemberi makanan yang sebelumnya dikunyah/mastikasi. Kebiasaan seperti ini sangat populer dan biasa dilakukan di Afrika dan berbagai daerah di Indonesia. Jalan penularan seperti ini disebut ‘oro-oral route’.

Seperti penyakit tifus dan cholera, HP dapat juga ditularkan lewat vektor yaitu lalat kotor yang hinggap difeces penderita, dan kemudian  hinggap pada makanan yang tidak tertutup dan  kita lahap sesudah itu.

 Bila tangan yang kotor terkontaminasi feces tidak dibersihkan dengan cermat, maka kotoran yang menempel akan masuk kedalam mulut, bila makan tidak menggunakan sendok alias makan dengan tangan.Cara penularan seperti ini disebut ‘feco-oral route’.

Disinilah pentingnya jamban tertutup dan WC yang  memenuhi syarat kesehatan serta hygiene kesehatan umum yang memadai, dengan menjaga lingkungan selalu bersih dan membiasakan menutup makanan diatas meja yang nanti akan dikonsumsi keluarga.

Tiga gambar pada artikel ini, ditengah kelenjar/kripta lambung dimana tampak beberapa HP dibagian tengah/lumen kelenjar. Gambar kiri dan kanan bila diperhatikan dengan cermat, tampak bakteri HP berbentuk cacing pendek kecil-kecil, diantara massa lendir mukosa lambung, dan berwarna pink-gelap..

Popularity: 25%

Posted Sunday, August 10th, 2008 at 3:50 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

345 Responses to “Helicobacter Pylori (HP), bakteri penyebab sakit maag. Bila tidak dibasmi tuntas, kanker lambung akibatnya”

Pages: [14] 13 12 11 10 9 8 … 1 » Show All

  1. 345
    Anonymous Says:

    dok, saya mau tanya, apaa yang menyebabkan setiap kali mau bangun perut pastii sakit dulu??

  2. 344
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yunia, sebaiknya dilakukan endoskopi agar tuntas..

  3. 343
    yunia Says:

    dok,Sudah sebulan ini says merasakan sakit dibagian uluhati..sy sudah periksa internist sampai 2 Kali,namun terkadang perut masih Teresa nyeri,sulit buang angin, BAB dalam sehari sampai 3 kali, bunyi di dalam prut seperti orang kelaparan.yg saya mau tanyakan perlu tdk pemeriksaan endoskopy ? trimakasih

  4. 342
    ibra Says:

    dok sy mau nanya., sy mengalami terserang maag udah lama skitar 9 tahunan.., di bagian perut deket seputar puser itu terasa panas,dan panasnya itu ga ilang2, kalo tidur terlentang panasnya serasa tembus ke pinggang dan punggung, tahun 2004 awal sy sakit ini,awalnya saya fikir penyakit maag biasa, berbagai macam obat sy konsumsi tapi hasilnya nihil, akhirnya sy di endoscopy dan hasilnya fositif di bagian luka ato radang lambung sy ada baktery filory nya,sy di kasih obat anti biotik, cuma waktu itu pengobatannya tertunda selama beberapa hari, karna waktu bayar obatnya sy cuma mampu beli 1/2 resep, setelah obat habis beberapa hari kemudian beli 1/2 resep lagi…,dulu sakit saya terasa sembuh cuma kadang2 ada kambuh….,sekarang udah 2 bulang gejala pesis seperti dulu terasa lagi dan ga ilang2 udah 2 bulana..,
    pertanyaan saya..
    1. Apakah baktery pilori menggerogoti langbung saya lagi,,,,?
    2. Apakah cara pengobatan dulu yg saya lakukan ngonsumsi anti biotik yg ga sempet tertnda beberapa hari, ga bisa membasmi baktery pilori..?
    3. lalu apa yg harus sy lakukan supaya penyakit saya bisa sembuh total….
    4. dampak apakah yg akan terjadi terhadap lambung dan usus sy seandainya terlambat ngobatinnya..

  5. 341
    dwirahma Says:

    dok, saya sebenarnya sedang browsing ttg anak saya tetapi ketemu blog dokter,saya takut apakah ada hubungannya. anak saya semenjak minum susu uht rasa strawberry 4bln terakhir feses nya berwarna pink, apakah itu normal atau berbahaya?dan saat minum susu rasa vanilla fesesnya berwarna pucat. krn anak saya memiliki riwayat susah makan sejak usia 6 bln sampai sekarang 2,5 tahun,jd terkadang porsi susu lebih banyak dr makanan. smpat ke picky eaters clinic jakarta didiagnosa sebagai alergi hypersensitive terhadap makanan, gangguan saluran fungsi cerna, dan gangguan oral motor. untuk masalah feses nya ini bagaimana ya dok apakah saya harus memeriksakan lebih lanjut? dan kemana ya dok bagusnya ke specialis pencernaan atau Dsa saja,atau sp. penyakit dalam? trm kasih sebelumnya.

  6. 340
    Iwan Says:

    Dok..saya mau tanya,saya menderita maag sudah lama.kira-kira 12 tahun..saya bolak balik kedokter hasilnya masih belum ada perubahan…sudah endoscopi hasilnya gerakan lambung saya agak lambat…sering sesak nafas,dan rasanya ingin terus narik nafas dalam2,tapi terkadang sesak sekali..yang saya tanyakan mengapa kok rasanya ingin selalu narik nafas dalam2..dan sesak nafas..terima kasih dok…

  7. 339
    jeje Says:

    halo dok, saya punya keluhan dgn lambung saya, awalnya mulai dari 6 tahun lalu saya sering tidur jam 2 / 3 pagi krn didepan komputer selalu, makan tidak teratur, sering makan di warung, saat itu sempat terkena gejala typus, lalu sembuh, trus kebiasaan yg sebelumnya msh saya lakukan, akhirnya tiba waktu nyusun skripsi (agustus 2012), saya tiba2 kliyengan dan mendadak cemas, besok malamnya saya tiba2 kringat dingin, ujung kaki tangan biru, badan dingin, jantung berdebar kencang, lalu saya langsung pergi ke rmh sakit, lalu cek EKG, kata dokter jantung saya normal, bsknya saya ke dokter internist, ktnya saya cuma asam lambung yg tinggi, dikasi obat (lupa saya namanya) 2 minggu, merasa sedikit sembuh, tidak berdebar lg mungkin krn saya mulai rutin lari pagi, tp msh cepat lelah dan cemas, perlu dokter ketahui, perut saya tidak ada rasa sakit sperti yg dirasakan kebanyakan org yg terkena asam lambung, saya tdk mual, tdk muntah, dan nafsu makan saya tinggi dok, hanya di perut sering terjadi bunyi seperti meremas kerupuk, tiap bangun pagi, maupun selesai makan, dan saya gampang masuk angin dok, cuma sebentar naik motor, sorenya perut terasa penuh, dan sesak. setelah itu saya melakukan USG, hasilnya terjadi polip di empedu saya dok, tp ukurannya msh kecil sekali, jd tdk masalah, asal dikurangi konsumsi makanan berminyak+gorengan+santan. dan saya diberi obat yg dimakan saat kambuh saja, setelah itu saya minum tuh obat, hasilnya saya malah jd tak nyaman, kaki tangan serasa kesemutan, akhirnya saya putuskan untuk menghentikan smua obat dr dokter, saya kembali ke makanan alami saja, dan hasilnya 2 bln yg lalu saya merasa mendingan sampai skrng, tp msh sering cemas, mudah lelah dan gampang msk angin, berat badan saya turun 4 kilo dok, dan saya berencana mau endoskopi dok, tp msh ragu, makanya saya mau tanya ke dokter dulu, kira2 itu kenapa ya dok, trus saya perlu endoskopi gk dok? terimakasih

  8. 338
    Dr. Sukma Says:

    Hai Mahda,

    Kemungkinan kembung disebabkan aerophagia bisa. So, coba minum panktreoflat 3×1 tab sebelum makan. Bila dalam 1-2 hari tidak ada perbaikan, sebaiknya kunujungi dokter penyakit dalam khusus gastro. Kemungkinan radang lambung/gastritis /sakit maag sehingga perlu pemeriksaan dokter gastro.

  9. 337
    mahda Says:

    Dok, saya mau tanya. saya sudah beberapa minggu ini mengalami perut kembung. awalnya hanya pada waktu tertentu saja, tetapi sekarang hampir sepanjang hari merasa kembung dan punggung sakit. g. kmrn2 memang sngaja tidak saya periksakan, tapi saya sekarang sudah mulai merasa terganggu. kalau menurut dokter, kira-kira apa penyebabnya? saya memiliki riwayat maag. terima kasih Dok atas perhatiannya.

  10. 336
    JJ Says:

    dokter saya mau tanya bgaimana cara membunuh Helicobacter Pylori bakteri.karna kalau gas saya naik efeknya seperti kepala saya kehilangan kesimbangaan,kadang kalah seperti serangan jantung.saya sdh cek jantung dan paru2,colestrol,darah tinggi dan rendah semua hasilnya baik.saya buka artikel ini,Helicobacter Pylori saya baru tau juga adalah salah satu penyebabnya.tks doter

  11. 335
    niko Says:

    Dokter saya ada keluhan lambung.. 2 mgg yg lalu saya awalnya diarhea dan mungkin disebabkan makanan pedas. Setelah bbrp lama ternyata perut terasa kembung, dan banyak keluar gas..saat ini sudah tidak diare tetapi perut masih mudah perih dan kembung. Sudah diberi obat oleh dokter Lancid dan inpepsa.. Saya semapt minum Sulfa dan Trimeth meskipun diarea tidak ada gangguan sakit maupun lendir.. Ada apa dgn lambung saya ini ya?? Mulut juga terasa lebih asam.. Thanks dan mohon masukan dari dokter..

  12. 334
    Gunawan Says:

    Dok saya penderita lambung kalau duduk terasa panas.desember 2011 saya di endoskopi dan hasilnya GERD stadium LA-A dan ada sel epitel yang displasia.sampai saat ini masih belum membaik dan kalau duduk terasa panas sampai ke dada.yang hendak saya tanyakan adalah apakah displasia epitel lambung dan duodenum bisa pulih normal kembali? saya khawatir kalau displasia tersebut dapat meningkat jadi kanker? saya minum nexium terus tapi tidak ada perubahan.mohon petunjuk dok.

  13. 333
    nia Says:

    hai dok..saya mau tanya, ibu saya setiap hari BABnya bisa mencapai 8 kali (sering),kondisi BABnya encer dan perut kembung.sudah berobat ke dokter tapi belum ada perubahan.kira2 ibu saya sakit apa dok?sy khawatir sekali dengan kondisi fisiknya yang menurun jg…mohon penjelasannya ya dok n terimakasih..

  14. 332
    Tiara Says:

    Mohon rekomendasinya ya dok, dokter yang dapat menangani HP di jakarta dan Bandung , terima kasih dok

  15. 331
    Tiara Says:

    Hallo dok, anak saya( 7 thn) positif terinfeksi HP (hasil endoscopi) di lambungnya banyak sekali terdapat bintik2 merah akibat HP dan di ususnya terdapat bintilan bintilan dan spot- spot agak hitam, sebetulnya penderita HP bisa disembuhkan atau tidak dok ?

  16. 330
    Anonymous Says:

    Malam dok
    Sya mau tanya,sya sering sakit perut kadang kanan ?ªªª?? kiri,dan menjalar ke belakan pinggang,sring sesak,dan sempoyongan,kepala pusing,dan HB tdk pernah normal,selalu turun,sudah beberapa kali ke dokter katanya maag,dan sdh cek darah n USG kata dokter normal,dan sampai sekarang belum ada hasil, keluhan masih,blm ada perubahan
    Kira2 sy sakit apa dok……terimah kasih sebelumnya

  17. 329
    Dr. Sukma Says:

    Hi David,

    Ada sedikit yang mengganggu saya yaitu statemen ‘ada riwayat kanker usus dari ayah anda’. Minimal kita harus lebih teliti dan alert akan gejala2 seperti yang anda tulis. Gejala awal kanker usus, sesuai dengan apa yang anda tulis. Yaitu perubahan kebiasaan BAB yang kadanng biasa kadang encer dengan warna feces yang berubah. Ada baiknya anda periksa lebih teliti ke dokter Gastro-enterologi penyakit dalam. Kemungjkinan perlu dilakukan pemeriksaan biopsi endoskopi. Di Pekanbaru Dr. Andi Zainal di RS.Lancang Kuning dan Dr. Donna Alfina di RS. Santa Maria biasa melakukan biopsi endpskopi/konoskopi. Jawaban atas pertanyaan anda : 1. bisa gejala awal kanker usus 2. TIDAK aman mengulang resep. 3. Saran saya seperti kalimat2 diatas.

  18. 328
    David Says:

    Dear Dok Sukma, saya pria umur 35 thn,saya pernah diare sampai sehari 5 kali dan sempat demam dan muntah di bulan feb.kemudian setelah pengobatan dan sembuh.Di bulan april, saya mengalami BAB mencret tapi cuma sehari sekali. sama dokter gastro saya di kasih Renator 500mg, renapepsa 20mg, lacidofil capsul dan tripanzym, baru dua kali makan obat, BAB saya sudah normal. Cuma setelah itu dari bulan april – september, (dengan yang sekarang ini) ada 3 x masa, saya kembali mengalami BAB kadang lembek kadang mencret, sehari cuma sekali.warna BAB saya kadang kuning, kadang kuning coklat gelap.Pertanyaan saya:
    1.kira kira masalah pencernaan apa yang saya alami?
    2.apakah aman untuk saya selalu mengulang resep?
    3.Apakah dokter ada saran untuk menanggulangi masalah ini?
    Sebagai info (saya tidak merokok dan minum alkohol atau kopi, sebelum ada masalah ini hampir tiap hari saya minum juice 2 gelas setiap hari, ayah saya ada history kanker usus). terima kasih banyak

  19. 327
    Dr. Sukma Says:

    Hi Moose,

    Sebaiknya anda pakai obat pencahar seperti dulcolax suppositoria yang dimasukkan ke anus, agar bisa BAB. Normalnya stiap orang BAB satu kali sehari. Trus banyak makan buah dan sayur atau makanan berserat tinggi lainnya. Untuk melatih gerkan usus/peristaltik menjadi normal. Dan perbanyak minum air putih, agarfeces tidak keras dan mudah dikeluarkan sehingga BAB bisa lancar setiap hari.

  20. 326
    Moose Says:

    Hai dok.. Sy mau tanya, BAB sy gak lancar, kadang bisa BAB juga feses yg keluar sedikit, terus sy juga jarang buang gas, tiap ada rasa pingin buang gas suka ga jadi karena ga bisa dikeluarin. Makanya perut sering kembung. Masalah lain perut sy juga sering sakit, mual (tapi ga sampe muntah), perih, cepet lapar (padahal baru saja makan) dan sering bunyi krutuk2.. Apa tu tandanya maag sy dah kronis? Ato ada penyakit lain dok? Apa perlu sy periksa ke dokter spesialis penyakit dalam, karena selama ini sy cuma berobat ke dokter umum, karena keterbatasan biaya dok… Mohon jawabannya, sy hawatir sekali dengan kondisi kesehatan sy.. Makasih..

Pages: [14] 13 12 11 10 9 8 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    October 2014
    M T W T F S S
    « Dec    
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe