DoraemonTeddy BearSelain leukemia, thalassemia adalah juga penyakit kelainan darah yang banyak diderita anak-anak. Bila leukemia merupakan kanker darah, maka thalassemia bukan kanker darah akan tetapi penyakit akibat kelainan darah yaitu terlalu cepat dihancurkannya sel-sel darah merah atau sel eritrosit oleh tubuh penderita.

Thalassemia berasal dari kata thalas dalam bahasa Yunani yang berarti laut. Memang benar, bahwa penderita thalassemia sebagian besar berada disekitar laut Tengah/ Mediteranea, Timur Tengah dan Asia termasuk Indonesia. Kelainan ini telah diteliti dan ternyata ditemukan kelainan genetik yang menjadi dasar timbulnya penyakit. Apa keluhan dan tanda-tanda penderita thalassemia ?

Lembaga Eijkmann di Jakarta dibawah pimpinan Prof. Sangkot Marzuki sedang mengadakan inventarisasi, pemetaan/mapping dan penelitian mengenai thalassemia di Indonesia yang diteliti sesuai etnik penderita yang ada di Indonesia : Sumatera, Jawa, Sulawesi, dll. Mungkin dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, akan dapat diketahui spesifikasi penyakit thalassemia yang ada di Indonesia. Kita Tunggu..

Sel-sel darah seperti : darah merah(eritrosit), darah putih (lekosit) dan sel pembeku disebut juga platelets atau trombosit. Sel-sel darah termasuk sel eritrosit biasanya dihancurkan oleh tubuh setelah beredar dalam aliran darah selama 120 hari. Jadi pada sel-sel darah merah tersebut akan terjadi penggantian sel lama dengan sel baru yang beredar didalam aliran darah kita, setiap 120 hari sekali. Ini keadaan normal.

Pada thalassemia, terjadi penghancuran sel eritrosit sangat cepat, sebelum waktunya sehingga penderita akan tampak pucat, gizi kurang, pertumbuhan kurang dan perut makin lama makin membuncit  karena terjadi pembesaran hati dan limpa (hepatosplenomegali).

Keadaan pucat (anemia) tersebut harus ditanggulangi dengan pemberian transfusi darah, untuk menaikkan kadar Hemoglobin(Hb) ketingkat normal. Sehingga bisa berfungsi normal mengedarkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan setiap organ dan sel tubuh manusia.

Anemia pada penderita thalassemia sangat berat, bisa mencapai Hb 4-6 gram/dL, sehingga tidak mungkin ditanggulangi hanya dengan pemberian suplemen penambah darah lewat mulut/per oral. Tidak ada pilihan lain, hanya transfusi darah yang bisa menaikkan Hb yang sedemikian rendah pada penderita thalassemia.

Akibat samping dari pemberian darah yang hampir setiap bulan sekali, maka zat besi akan menumpuk didalam tubuh penderita yang disebut hemosiderosis. Hemosiderosis tidak baik bagi tubuh, akan memberi warna biru-kehitaman pada kulit penderita dan bila menumpuk sedemikian tinggi di dalam jaringan hati keadaan ini disebut hemochromatosis, bisa menimbulkan kanker hati.

Untuk mengurangi kadar besi didalam tubuh, maka penderita yang telah menjalani transfusi darah berkali-kali akan diberikan suntikan desferal(desferioxamine) oleh dokter anak. Jadi hidup penderita sangat tergantung pada pemberian transfusi darah selama hidupnya dan sudah barang tentu sangat menderita, sangat merepotkan keluarga dan memberatkan ekonomi keluarga.

Popularity: 12%

Posted Thursday, August 14th, 2008 at 12:15 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

64 Responses to “Thalassemia, penyakit yang memerlukan transfusi darah seumur hidup”

Pages: [3] 2 1 » Show All

  1. 64
    waode rosliani Says:

    Dok,,ayah saya umur 75thn,,hb darahnya sejak 6bln ini tdk pernah normal lg (12) wkt traansfusi hb tnggal 4 ditransfusi 3 kntong naik hb menjd 8,,,tp 2 minggu kemudian turun lg menjadi 4 dan hrs transfusi lg,,,sdh pernah di observasi di RSCM Diagnosanya Anemia Aplastik,,yg pernah saya baca anemia aplastik bila ditransfusi maka hb darahnya akan bertahan 120 hari ini artinya 3bulan kemudian br di transfusi lg,,,,tp ko hanya bertahan 2 minggu dok,,,apakah ada kesalahan diagnosa?? mnurut dok penyakit apa kemungkinannya dgn ciri2 yg saya critakan ini dok???paru2,jantung,hati dllnya hasil lab di RSCM normal semua,,,Mohon jawaban dari dokter,,,Terimakasih(jika ada pembaca yg mempunyai pengalaman yg sama dan berhasil sembuh mohon info cara pengobatan dan jenis obatnya)sekali lg terimasih dok,,,

  2. 63
    susy sujanawati Says:

    dok anak saya berumur 3 tahun hasil lab nya HB A 90.7 HB A2 5.5 Hb F 3.8 HB S 0.0 . Apakah anak saya menderita thalasemia ? berat badannya tidak naik sekarang berat badannya 10 -11 kg.

  3. 62
    afrida Says:

    Dok: saya mau tanya saya penderita thalassemia tapi saya kalo tranfusi kadang 4thn atau 3thn sekali, itu di sebut thalassemia apa ya dok?? Mohon penjelasan nya..

  4. 61
    joko Says:

    dok saya sakit thalassemia,minor atau mayor ,saya kurang tau, saya sakit udah sampai umur23 thn sekarang saya sudah sakit di tulang punggung apa mungkin saya mintak oprasi tulang pnggung,?

  5. 60
    Hendrawan Says:

    selamat sore Dok, tolong tanya berapa lamakah satu sesi untuk Iron chelating therapy? saya baru mendapatkan pengobatan tersebut yaitu ferriprox dengan dosis 3×3 sehari(berat badan saya 70 kg). biasanya pemberian dengan dosis tersebut berapa lama?

    terimakasih
    Hendrawan

  6. 59
    titin Says:

    dokter,kira-kira umur berapa penderita thalassemia ini bisa haid?
    tolong di jawab ya dok,trimakasih

  7. 58
    Dika Sangga Says:

    Dokter, saya punya keponakan umurnya 2 thun, 2hri ini dia dirawat karena Hemglobon dy rendah hanya mencapai 4, mukanya pucat, kurus dan perutnya membuncit…apa keponakan saya dapat dikatakan kena penyakit Thalassemia?? kebetulan selama 2 hr ini belum ada diagnosa dr dokter…terimakasih dok..

  8. 57
    Dr. Sukma Says:

    Hai Aditya,

    Selain kulit, terjadi juga penumpukan Fe di organ dalam tubuh, terutama di hati dan limpa yang disebut hemochromatosis..

  9. 56
    aditya Says:

    dok,saya tertarik pada talasemia,saya ingin tahu,,dampak dari transfusi darah pada anak seperti apa apabila seumur hidupnya harus transfusi,,yang saya ketahui penumpukan Fe dikulit saja,,bisa lebih dijelaskan lagi..terima kasih…

  10. 55
    ermawati Says:

    Bu Dr….saya mau nanya,beda ya bu,test darah talasemia alfa dgn test darah TORCH?tolong jelasin ya bu dokter..
    Karena saya ada kemungkinan talasemia alfa kt doc kandungan krn udh 2x saya kuret,janin ga bagus.tp sekarang saya lg hamil 1 minggu,di suruh test TORCH,tolong ya bu,dedaNya apa?makasih

  11. 54
    Dr. Sukma Says:

    Halo Erick,

    Sebaiknya lakukan counseling ke Lembaga Eijkmann disamping RSCM. Disana sedang dilakukan penelitian Thalassemia di Indonesia. Saya sejak 3 tahun lebih tidak mengikuti lagi perkembangan ilmu khusus dibidang Thalassemia.

  12. 53
    erick Says:

    Dok, apakah pasangan thalasemia alfa trait & beta trait bisa menghasilkan keturunan thalasemia mayor?
    apakah kombinasi mayor harus alfa – alfa / beta-beta?

  13. 52
    Dr. Sukma Says:

    Halo Irma,

    Kemungkinan penyakitnya masih sedang diteliti dan didalami apakah thalassemia atau leukemia. Sehingga apabila nanti semua pemeriksaan lab telah ada akan dapat ditegakkan diagnosi pastinya. Apabila ada keluarga dari pihak ibu yang dulu menderita leukemia, kemungkinan besar sakitnya adik anda cenderung mengarah leukemia dan bukan thalassemia.

    Keduanya perlu tindakan BMP (bone marrow puncture), untuk dapat tegaknya diagnosis.

  14. 51
    irma Says:

    dok mau tanya, saya punya adik yang diduga talasemia, usianya 21 tahun bulan depan, Hbnya waktu opname 7,2 sekarang sudah naik 8,9 tapi tidak ditransfusi. ini masih dalam masa observasi ttg penyakit apa sebenarnya adik saya derita. Di keluarga kami tidak pernah ada yang punya penyakit seperti ini baik dari pihak ayah ataupun ibu,tapi ada sepupu dari pihak ibu yang pernah leukimia tapi kemudian sembuh, kemungkinan talasemianya bisa diduga nggak dok?

Pages: [3] 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    December 2014
    M T W T F S S
    « Dec    
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe