Kista 2Kista 1Tumor yang sering pada wanita selain yang mengenai rahim dan leher rahim, adalah kista ovarium yaitu kista yang tumbuh pada indung telor wanita, bisa sebelah kanan, kiri atau keduanya kanan dan kiri (bilateral).

Gejalanya adalah perut yang membuncit, padahal tidak hamil. Dirasakan sakit perut bagian bawah yang terasa tumpul, hilang-timbul bisa diperut bawah sebelah kiri atau sebelah kanan, bisa juga  kiri dan kanan. Menstruasi dapat terganggu atau tidak. Tentu tidak mudah mengetahui apakah kista yang ada itu jinak atau ganas? Mau tahu?

Secara umum kista jinak tumbuhnya perlahan, tidak sakit, kecuali bila ukuran sudah cukup besar, keadaan umum penderita masih baik artinya selera makan dan minum biasa tidak berkurang, tidak pucat dan badan tidak dirasakan lemah. Pasien kelihatan biasa saja, kecuali perut yang makin lama makin membuncit.

Kista ganas dapat diduga, bila pertumbuhannya cepat atau sangat cepat, badan penderita tampak kurus, wajah pucat, seluruh tubuh dirasa lemah tak bertenaga. Apalagi bila disertai perdarahan yang tidak normal…

Apabila kista telah diangkat/dioperasi, ganas tidaknya dapat diduga dari gambaran makroskopiknya : bila padat seluruhnya atau sebagian, kemungkinan ganas ada. Apabila bentuknya kistik transparan, seperti balon udara, kemungkinan besar jinak…

Mengenai penyebabnya, selain faktor genetik dan hormonal ada juga buku yang menyebutkan mengenai bahaya pemberian bedak kepada bayi perempuan setiap kali habis mandi. Butiran talk dapat memasuki organ dalam genetalia, melalui vagina yang terpapar bedak, apalagi biasanya ibu-ibu memberi bedak tebal disekitar kemaluan. Jadi sebaiknya tinggalkan kebiasaan membedaki seluruh tubuh bayi. Cukup dikeringkan dengan handuk…

Nah, pagi ini di laboratorium saya diterima kista berdiameter 16 cm dengan bagian kistik dan padat-lunak. Pada pembelahan, tampak seperti gambar dalam artikel ini. Saat dibelah, tampak massa kuning seperti mentega, juga ditemukan rambut dan massa kecoklatan seperti terlihat pada gambar.

Setelah dilihat dibawah mikroskop, maka diagnosis saya Mature cystic teratoma, tumor jinak. Beruntunglah penderita berumur 26 tahun yang kistanya termasuk kista jinak. Setelah dilakukan operasi ini. biasanya masalah sudah selesai. Tidak ada kekhawatiran akan kambuh atau lain-lain… Amien.

Popularity: 53%

Posted Thursday, May 15th, 2008 at 7:32 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

956 Responses to “Kista Ovarium, bisa jinak, bisa ganas. Pemakaian bedak pada bayi perempuan turut berperan”

Pages: « 39 … 13 12 11 [10] 9 8 7 … 1 » Show All

  1. 250
    Dr. Sukma Says:

    Halo Pipit,

    Bila yang diangkat hanya satu ovarium dengan diagnosis kista endometriosis, maka anda masih punya satu ovarium lagi. Insya Allah ovarium ini sehat, maka KEMUNGKINAN HAMIL atau mempunyai keturunan sangatlah besar.
    So, don’t worry, be happy..

  2. 249
    pipit Says:

    siang dok…
    dok saya sdh melakukan operasi kista 2 bln yg lalu, dan kesimpulan hasil PA-nya saya terkena kista endrometriosis dan dinyatakan kista jinak…yang saya mo tanyakan apakah saya bisa hamil, mengingat saya setelah operasi saya blm kontrol ke dokter lagi karena saya di pindah kerja ke Daerah lain, dan blm menemukan dokter kandungan lg karena saya blm tw banyak tetang kota yang saya tempati, mohon di jawab dok…terima kasih

  3. 248
    Dr. Sukma Says:

    Hai Uni,

    Kata siapa itu tandanya kista ? Dari sudut medis kista didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan ultrasoud/USG.

    Masalah jinak atau ganas sebuah kista, itu bidang PA, artinya sebelum dilakukan pemeriksaan histopatologis oleh seorang dokter spesialis PA terhadap dinding kista,kita TIDAK pernah tahu apakah kista itu jinak atau ganas. So, permasalahannya NOT THAT EASY seperti yang anda perkirakan.

  4. 247
    uni Says:

    do, mau tanya..
    jika haid yang terus-terusan berwarna coklat kehitaman selama 3 minggu apakah itu tandanya kista?
    termasuk jinak atau ganas?
    terima kasih ya dok!

  5. 246
    Dr. Sukma Says:

    Hai Inez,

    Sepertinya ada saraf tepi yang menuju ke kaki/tungkai bawah sebelah kiri yang terganggu. Bisa dicoba dengan menghangatkan kaki sebelah kiri dan juga perut kiri yang terasa dicubit kecil. Semoga berhasil..

  6. 245
    inez Says:

    Dokter knapa ya perut sebelah kiri saya sperti di cubit kecil yg sakitnya sampai betis.knapa ya dok? Dan telapak kaki saya sakit spt kram.trima kasih dok mohon penjelasannya

  7. 244
    tata Says:

    siang dok, saya mau tanya…
    saya tata 22thn 3thn lalu saya menderita kista ovarium kiri, setelah saya beobat tanpa operasi (pengobatan alternatif) lama2 kista saya mengecil dan hilang.
    tp kdg saya masih merasakan sakit saat menstruasi, tetapi menstruasi saya teratur..
    apakah kista saya termasuk kista jinak? apakah nantinya saya tetap bisa punya anak?dan yang paling saya heran darimanakah sebenarnya datangnya kista itu, padahal saya belum menikah (masih perawan)??
    mohon kejelasan atas jawabannya.krna sbntar lagi saya akan menikah, tp saya masih tidak percaya diri dengan riwayat kesehatan saya, dg bayang2 tidak bisa mempunyai ketutunan terimakasih ya dok,…

  8. 243
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nadya,

    Mengkonsumsi kunyit asem yang dibuat sendiri, sangat bagus. Sebab bahannya PASTI alami, bukan sintetik. Kalau sampai 5 gelas boleh-boleh aja. Yang penting lambung anda TIDAK terganggu oleh asem.

  9. 242
    nadya Says:

    malem dok

    saya nadya umur saya 16 saya mengkonsumi kunyit asem setiap hari bisa sampai 5 gelas per hari tapi bikinan sendiri apa nggak bahaya untuk kesehatanku

    terimakasih dok

  10. 241
    Dr. Sukma Says:

    Hai Susanti,

    Bagaimana kalau dicoba program bayi tabung. Jadi sperma dan ovum dipertemukan didalam test tube, untuk kemudian diIMPLANT kedalam rahim anda. Semoga berhasil…

  11. 240
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nita,

    Itu BUKAN keluhan khas kista.

  12. 239
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fitri,

    Turuti pesan yang dianjurkan oleh dokter anda. Jangan khawatir, bila kista hanya mengenai satu ovarium,anda masih punya kesempatan punya anak lagi dari ovariumsatunya lagi yang masih sehat.

    Mengingat ukuran kista sudah besar, TIDAK ada jalan lain selain dioperasi.

  13. 238
    fitri Says:

    Ass WrWB.saya punya kista uk 123mmx86mm ud 2 hr ini pipis terus dan punggung terasa sakit,sp kl tidur itu enaknya tengkurep,di saran kan oleh dokter operasi bln dpn hrs kontrol kl pertama haid sblm ke Dr di sarankan minum yang byk dan tidak blh pipis dl,krn wkt periksa kemarin kata Dr kistanya udah lengket gak bisa di gerakin lagi,apa gak ada cara lain selain operasi,saya pengen punya anak lagi!

  14. 237
    nita Says:

    dok, saya mau tanya nih..kok perut bagian bawah kadang mau sakit ya.tapi bentar doank. apakah mungkin itu kista?

  15. 236
    Susanti M.Kalvin Says:

    Hi, Dr. Sukma……

    Dok,setahun lalu saya sdh melakukan laparoskopi thd kista di ovarium kanan, kikis endometriosis wlopun sempat terjadi pendarahan akibat laserasi didinding rahim,masalahnya skrg wlopun kata dokter yg tangani ovari sy dah ok tp dah hmpr 4 thn ni sy blm jg hamil…….kasi tips yg baru donk dok! selain suruh minum obat ini itu or suntik kesuburan or obat alternatif coz saya dah coba smuanya tp blm jg wlopun saya tahu smua kehendak Allah SWT,sapa tau ada ilmu baru dari dokter ni……thanx a lot…….God Bless You….

  16. 235
    Dr. Sukma Says:

    Hai Santi (comment 231),

    Darimana anda tahu anda akan menopause saat berumur 24,5 tahun ? Bagaimana hitungannya?

    Meski anda telah menjalani pengangkatan ovarium pada usia 13 tahun, tokh anda MASIH mempumyai satu ovarium sehat. Jadi masih banyak waktu bagi anda untuk bisa memiliki keturunan. Btw, berapa usia anda saat ini ?

  17. 234
    Dr. Sukma Says:

    Halo Vie,

    JANGAN memikirkan hamil dulu. BERESKAN dulu pengobatan kista padat ovarium anda yang didiagnosis dengan Teratoma Imatur, grade I. JANGAN takut khemoterapi. Pengobatan itu HARUS anda jalani, agar tidak merepotkan dikemudian hari (kambuh, atau malah menjadi ganas dan bisa mengenai ovarium satunya lagi).

    Jadi bersikaplah KOOPERATIF terhadap semua terapi yang harus dijalani. Be a good patient, then you’ll be in good health..

  18. 233
    Dr. Sukma Says:

    Hai Diana (post comment 229),

    Sebaiknya anda baca tuntas artikel saya mengenai: keputihan bukan monopoli wanita…..dst. Keterangan mengenai infeksi saluran kemih terdapat disana.

  19. 232
    Dr. Sukma Says:

    Hai Shanti,

    Ulkus atau koreng yang ada pada organ reproduksi ibunda, sebaiknya DIOBATI TUNTAS. Bila dibiarkan, keadaan itu akan berlanjut menjadi kondisi PRA-KANKER/displasia dan selanjutnya KANKER. Kunjungi dokter OBGY segera, jangan buang-buang waktu.

  20. 231
    Santi Says:

    dok,saya mau bertanya. umur 13 tahun saya operasi ovarectomy dextra. saya menarche umur 12. sekarang saya hanya punya 1 ovarium. pertanyaan saya, saya bakalan menopausae dini ga sih dok. selama ini saya menganalisis sendiri, klo saya akan menopause umur kira-kira 24,5 tahun. makasih dok.jawaban dokter akan menjadi salah satu penentu pilihan masa depan saya.

  21. 230
    Vie Says:

    Saya Vivy 23 tahun,
    Saya belum menikah dan dua minggu lalu melakukkan operasi tumor solid ovarium dengan berat 3 kg dengan diagnosa TERATOMA IMATUR GRADE I. dan dokter merekomendasikan melakukan kemoterapi. tapi saya belum yakin karena takut ada efek buruk pada tubuh saya. Apa yang harus saya lakukan? apa ada efek buruk dari kemoterapi?Apa tumor saya membuat saya tak bisa hamil? berapa lama seseorang baru boleh hamil setelah operasi.Tolong dijawab yah dok. terimakasih sebelumnya. saya sangat binggung sekali.

  22. 229
    Diana Says:

    trus dok…infeksi saluran kemih itu,disebabkan oleh apa?

  23. 228
    shanti Says:

    selamat pagi dr.Sukma…^^

    dokter, saya mau tanya, saya mempunyai ibu yang belakangan ini ( mungkin 2-3 bukan terakhir ) mengeluhkan seringnya keluar cairan encer seperti keputihan, kadang berbau khas, kadang juga tidak. kalau kecapekan, perut bagian bawah dirasakan kadang2 sakit.tapi sekedar catatan, ibu saya tersebut tidak mengeluarkan darah pada waktu selesai berhubungan dg ayah saya.

    akhirnya kami membawa beliau kedokter kandungan/kebidanan, setelah di cek, dokter tersebut bilang didalam liang vagina tersebut ( kurang tau tepatnya dimana karena saya juga tidak melihat, yang melihatnya saudara tertua )ada seperti luak atau mungkin lebih tepatnya seperti luka atau daging yang seperti koreng, dan apabila disentuh sedikit saja mengeluarkan darah segar, lalu dokter tersebut merujuk kami kerumah sakit kebidanan untuk diambil sampel koreng tersebut untuk dicek dilaboratorium, karena mengantisipasi apakah luka/daging koreng tersebut adalah kanekr atau hanya infeksi saja, hasilnya belum diketahui.

    menurut dokter, kira2 gejala dan hasil pemeriksaan sementara ibu saya tersebut bisa menjadi kemungkinan sakit apa saja ya dokter?

    apa saja gejala2 dari setiap stadium kanker, dari awal hingga yang ganasnya?

    apabila itu hanya infeksi saja, apakah suatu saat bisa menimbulkan kanker?

    kira2 luka / daging koreng yang saya sebutkan tadi merupakan gejala apa ya dokter?

    saya kira untuk sementara hanya itu saja pertanyaan dari saya, saya harap dokter mau menjawab sejelas2nya dari pertanyaan saya, karena saya benar2 khawatir dengan keadaan ibu saya.

    terima kasih banyak dokter.

  24. 227
    Dr. Sukma Says:

    Hai diana,

    Kemungkinan anda menderita Pelvic Inflammatory Disease (PID) atau infeksi saluran kemih. Jadi sebaiknya periksa Urine Lengkap, lakukan Pap’s Smear dan periksa dalam ke dokter SpOG.Jangan biarkan berlarut-larut kondisi itu. Sebab akan mempengaruhi kesuburan anda nantinya, bila terlambat diobati.

  25. 226
    Dr. Sukma Says:

    Halo Zahra,

    Keluhan anda BUKAN gejala kista ovarium. Semua kita merasakan rasa nyeri saat haid yang bisa dibawa beraktivitas. So, don’t worry..

Pages: « 39 … 13 12 11 [10] 9 8 7 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe