Kista 2Kista 1Tumor yang sering pada wanita selain yang mengenai rahim dan leher rahim, adalah kista ovarium yaitu kista yang tumbuh pada indung telor wanita, bisa sebelah kanan, kiri atau keduanya kanan dan kiri (bilateral).

Gejalanya adalah perut yang membuncit, padahal tidak hamil. Dirasakan sakit perut bagian bawah yang terasa tumpul, hilang-timbul bisa diperut bawah sebelah kiri atau sebelah kanan, bisa juga  kiri dan kanan. Menstruasi dapat terganggu atau tidak. Tentu tidak mudah mengetahui apakah kista yang ada itu jinak atau ganas? Mau tahu?

Secara umum kista jinak tumbuhnya perlahan, tidak sakit, kecuali bila ukuran sudah cukup besar, keadaan umum penderita masih baik artinya selera makan dan minum biasa tidak berkurang, tidak pucat dan badan tidak dirasakan lemah. Pasien kelihatan biasa saja, kecuali perut yang makin lama makin membuncit.

Kista ganas dapat diduga, bila pertumbuhannya cepat atau sangat cepat, badan penderita tampak kurus, wajah pucat, seluruh tubuh dirasa lemah tak bertenaga. Apalagi bila disertai perdarahan yang tidak normal…

Apabila kista telah diangkat/dioperasi, ganas tidaknya dapat diduga dari gambaran makroskopiknya : bila padat seluruhnya atau sebagian, kemungkinan ganas ada. Apabila bentuknya kistik transparan, seperti balon udara, kemungkinan besar jinak…

Mengenai penyebabnya, selain faktor genetik dan hormonal ada juga buku yang menyebutkan mengenai bahaya pemberian bedak kepada bayi perempuan setiap kali habis mandi. Butiran talk dapat memasuki organ dalam genetalia, melalui vagina yang terpapar bedak, apalagi biasanya ibu-ibu memberi bedak tebal disekitar kemaluan. Jadi sebaiknya tinggalkan kebiasaan membedaki seluruh tubuh bayi. Cukup dikeringkan dengan handuk…

Nah, pagi ini di laboratorium saya diterima kista berdiameter 16 cm dengan bagian kistik dan padat-lunak. Pada pembelahan, tampak seperti gambar dalam artikel ini. Saat dibelah, tampak massa kuning seperti mentega, juga ditemukan rambut dan massa kecoklatan seperti terlihat pada gambar.

Setelah dilihat dibawah mikroskop, maka diagnosis saya Mature cystic teratoma, tumor jinak. Beruntunglah penderita berumur 26 tahun yang kistanya termasuk kista jinak. Setelah dilakukan operasi ini. biasanya masalah sudah selesai. Tidak ada kekhawatiran akan kambuh atau lain-lain… Amien.

Popularity: 53%

Posted Thursday, May 15th, 2008 at 7:32 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

956 Responses to “Kista Ovarium, bisa jinak, bisa ganas. Pemakaian bedak pada bayi perempuan turut berperan”

Pages: « 39 … 14 13 12 [11] 10 9 8 … 1 » Show All

  1. 275
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ola,

    Dari apa yang anda tulis, masih BELUM JELAS kenapa anda berobat ke alternatif, padahal anda tulis bahwa haid anda normal sekali dan sangat teratur.

    Apa yang menyebabkan sang alternatifist mengira kandungan anda bermasalah akibat hormon? Apa keluhan anda yang mendasari kesimpulan seperti itu?

    So,pls write it down, sehingga bisa saya jawab pertanyaan anda.

  2. 274
    ola Says:

    dokter. usia saya 35 th belum menikah, tapi pernah berhubungan sexual dengan seseorang.
    menstruasi saya normal sekali dan sangat teratur.
    suatu hari saya berobat ke alternatif, katanya kandungan saya bermasalah. kemungkinan ada bakat kista akibat faktor hormon. kok bisa gitu ya? langkah apa yang harus saya lakukan selanjutnya? tx

  3. 273
    Dr. Sukma Says:

    Halo MIMI,

    Mengenai menstruasi yang berkepanjangan, SEBAIKNYA ditest Beta-HCG serum karena ada kemungkinan anda mengalami abortion. Bila ternyata negatif, syukurlah.

    Kedua,mungkin perlu diperiksa hemoglobin, karena haid yang sangat lama bisa menimbulkan anemia.Hal ini untuk antisipasi saja, agar dapat segera diatasi permasahan yang ada.

    Bila semuanya baik-baik saja/normal, sebaiknya just wait and see. Apa yang anda keluhkan akan SEGERA normal kembali, bila you take it easy…

  4. 272
    Dr. Sukma Says:

    Halo MIMI,

    Keluhan anda rasa sakit seperti di-tusuk2 dan rasa perih di dubur- itu sangat spesifik pada penderita hemorrhoid. Diagnosis ditegakkan dengan pemeriksaan dalam yaitu colok dubur, akan teraba sekelompok pembuluh darah yang melebar.

    Yang bersangkutan biasanya sering susah BAB, atau BAB tidak teratur, dan sehari-hari sangat banyak duduk. Hal-hal ini yang membuat pembuluh darah sekitar anus melebar, yang kalau dibiarkan makin lama makin melebar lagi sehingga dinding pembuluh darah sedemikian tipis, dan mudah pecah menimbulkan perdarahan..

    My suggestion is, you better visit general surgeon to be done rectal toucher…

  5. 271
    MIMI Says:

    oh ya dokter,saya umur 30th, anak 2 umur 9 thn dan 3,5thn. ada rasa sakit di perut bagian bawah yang trs menerus dan rasanya sampe ke dubur sakit seperti ditusuk2, tapi oleh dokter obsgyn yang pertama didiagnosa stres dan saya punya hemoroid internal dikasih resep ultraprox supp bila sakit tapi sekarang uda ga sakit seperti dulu hanya kadang2 n msh bisa ditoleransi sakitnya.
    padahal seumur2 saya baru mengalami kejadian seperti ini dan saya ga punya penyakit hemoroid, kata dokter obsgyn yg kedua memang saya gak punya hemoroid.

    trims”
    best regard
    mimi

  6. 270
    MIMI Says:

    sorry, ada kesalahan tgl aku mens bulan lalu dari tgl 11 mei 09- 21 mei 09 trs lanjut flex2 coklat sampe kemaren, mens lagi.tal 12 juni 09
    trims

  7. 269
    MIMI Says:

    dear” dr.sukma

    keluhanku baru kali ini mensku ga selesai2 sejak tgl 1mei 09 flek2 coklat sampe tgl 11 mei09, lalu dilanjutkan mens benerannya kira2 10hari padahal biasanya hanya 5 hari uda bersih n ga pernah flek2, trus dari mens tgl 11juni sampe 21 juni trs lanjut lagi flek2 coklat sampe kemaren tgl 12juni o9 sekarang aku lagi mens.
    jadi mens uda sebulan lebih ga selesai2 apa yg aneh dok??
    uda periksa ke obsgyn pertama dikasih obat transamin 3 kalisehari selama 5hari, trs di USG juga hasilnya gpp alias normal kata dokternya hanya stres aja.
    abis itu ke obsgyn lain diperiksa diliat pake alat gitu katanya hanya gangguan hormaon aja n krn stress lalu dikasih resep: adore 3×1, transamin 3×1 selama 10hari, premolut n 2×1 selama 25 hari sampe skr aku masih minum obat n teratur tapi adore da transamin uda abis, tinggal premolut tinggal 4 hari lagi malah sampe sekarang mens ga mampet malah lanjut.
    apa yang harus aku lakukan untuk bisa menghentikan mensku dan kembali mens normal seperti dulu lagi??
    trim ya dok sebelm dan sesudahnya

    mimi

  8. 268
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yani Wijaya,

    Kista ovarium diameter 3 cm, nyeri dan kesakitan sebelum menstruasi dengan CA-125 negatif. Paling besar kemungkinannya adalah kista endometriosis. Biasanya dokter SpOG akan memberikan obat khusus untuk kista jenis ini. So,keep in touch with ur OBGY…

    Jawaban saya untuk pertanyaan anda :
    1. Maybe yes and maybe no.
    2. Kista endometriosis NOT RELATED to : pola makan,merokok dan olah raga.

  9. 267
    Yani Widjaja Says:

    Malam dokter..

    Gejala perut buncit yang dokter ceritakan tersebut di atas mengenai wanita mengalami kista di ovarium..
    Kini saya alami, perut saya membuncit besar padahal tidak hamil dan saya mengalami kesakitan luar biasa menjelang haid,
    Saya sudah periksa ke dr spog dan diberikan obat buscopan dan karnex pada keluhan saya ini dan setelah 1 mgg mengkonsumsi obat tersebut saya di USG ternyata dalam ovarium sebelah kiri saya terdapat kista sebesar 3cm dan saya sudah melakukan pengecekan darah ovarium (CA125) hasilnya negatif (14)
    Yang saya mau tanyakan dok
    1. Saya (33thn) sudah mempunyai anak 2 laki2 secara SC dengan jarak berdekatan apakah hal ini yang menyebabkan terjadinya kista?
    Karena haid saya teratur dan sebelumnya tidak pernah mengalami sakit luar biasa menjelan g haid

    2. Apakah kista ini akan membesar seiring berjalannya waktu dan karena pola hidup yang tidak sehat?
    Saya tidak merokok dan berolahraga

    Terima Kasih dok

    B/rgds
    Yani Widjaja

  10. 266
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nurul,

    Keputusan apakah kista saja yang diangkat atau seluruh ovarium yang diambil tergantung apa yang dilihat saat operasi.Bila kista kecil, dan masih ada bagian ovarium yang normal, mungkin bisa diambil HANYA kistanya, dst.

  11. 265
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ada,

    Sudah pasti TIDAK normal dan sampai berakibat tidak haid pada bulan itu.

    Sebaiknya kunjungi dokter SpOG,agar diperiksa dalam. Kalau perlu cairan putih itu dikultur dan sensitivity test. Agar diketahui apa penyebab keputihan banyak dalam jangka sangat panjang sampai satu bulan.

  12. 264
    nurul Says:

    nyambung lg doc,sy saat msh dlm pengobatan d spesialis kandungan,syukur ada perkembangan yg td 5 cm jd 3.82 dan yg stunya ukuranya ttp.dg hasil seperti itu apa ada harapan utk sembuh total tanpa operasi krn sy bener2 takut doc,mengingat sy blm punya anak.dan misal operasi apa g ckp di ambil kistanya aja doc,trm byk

  13. 263
    ada Says:

    dok, normalkah seorang perempuan dewasa yang belum menikah mengeluarkan cairan dari vagina dengan warna putih agak kuning tapi jernih, mirip warna keju tapi lebih putih dan selama itu keluar terus-menerus, kurang lebih dalam jangka waktu sebulan. Sehingga hampir sebulan ini dia belum haid, padahal sebelumnya hampir rutin haid. apakah itu tanda-tanda penyakit, gangguan hormonal, atau apa? cairan tersebut berbau biasa. Apa saja ciri-ciri cairan vagina yang normal itu dok? apakah kondisi tersebut masih normal?
    Semoga dokter mau menjawab pertanyaan saya, terima kasih juga jika dokter bersedia meberikan penjelasan dengan mengirimkannya ke e-mail saya

  14. 262
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nila,

    Sebaiknya anda bersyukur, karena anda telah tiga kali operasi caesar dan masih tetap survive…

    Dari teori, seorang perempuan TIDAk dianjurkan untuk hamil lagi setelah dua kali melahirkan via Caesar.

    Ibarat karung beras, dinding rahim sudah dua kali dibedah,akibatnya dinding rahim menjadi ‘ringkih’ kata orang Jawa,yaitu gampang bermasalah, gampang pecah dan tidak sanggup menahan BEBAN kehamilan yang ketiga.
    So, BUANG saja keinginan anda untuk nambah anak lagi…

  15. 261
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nurul,

    Biasanya kista yang berukuran kurang dari 5 cm, dicoba dulu diobati dengan obat oral. Nanti setelah kista berdiameter 5 cm, barulah indikasi operasi. Anda bisa coba pengobatan alternatif, ASAL tidak diurut/massage seperti jawaban saya ke penanya lain.

    Sebaiknya kunjungi dokter SpOG yang handal dikota anda.Bila kista bilateral, artinya kanan dan kiri ovarium secara logika bila diangkat keduanya, anda TIDAK mungkin bisa hamil. Karena tidak ada lagi sel telur yang siap dibuahi.

  16. 260
    Nila Says:

    Dok, ketiga anak ku lahir sesar atas saran dokter setelah sebelumny diusahakan untuk lhir normal. Sekarang saya sudah disteril dengan cara diikat. Apakah masih mungkin ya dok, kalau kemudian ikatan tsb dibuka, mengingt saya kok jadi kepingin punya nk lgi?

  17. 259
    nurul Says:

    Dok, saya berumur 30 tahun dan terdeteksi kista ovarium billateral krg lbh sudah 3.82 dan 4cm dan hsl USG diagnosa smntr kista cair. yg ingin saya tanyakan adakah pengobatan cara lain selain operasi? krn saya blm punya keturunan.

  18. 258
    Dr. Sukma Says:

    Hai Melly S,

    Jangan tunggu kista menjadi berbahaya. Sebaiknya segera dituntaskan semasih berukuran kecil. Boleh ke pengobatan alternatif, ASAL tidak dilakukan massage/pengurutan pada kista.

    Kista yang pecah, atau terpuntir akan SANGAT berbahaya. Dapat terjadi keadaan EMERGENCY dan LIFE SAVING, karena banyaknya perdarahan yang terjadi ATAU neurogenic shock akibat rasa sakit yang luar biasa..

  19. 257
    Melliy . S. Says:

    Dear Dr. Sukma,

    Salam Kenal,

    saya juga punya maslah yg sama sering sakit perut bagian bawah kadang kanan dan kadang kiri.

    sudah pernah USG dan DR. bilang belum perlu ada tindakan karena kista memang sering timbul tengelam.

    pagi ini sakitnya makn jadi tapi saya sedang haid, pakah ini juga tanda bahaya ya dok, mengingat sedang haid hari pertama saya jadi tidak sabar untuk ke Dr.

    Yang ingin saya tanyakan: pada saat kapaN ( apa tanda2nya ) kista menunjukan gejalah yg serius.

    terima kasih dan Salam
    Melliy

  20. 256
    Dr. Sukma Says:

    Halo Rini,

    Kista padat berdiameter 5,7 cm satu-satunya terapi adalah operasi membuang kista. Kista padat cenderung lebih besar kemungkinan ganas, dari data statistik.
    Jadi saran saya, SEGERALAH dioperasi, agar tidak terlambat dan terjadi komplikasi.

    JANGAN dibawa ke alternatif atau lainnya, karena bila pecah akibat diurut, akan menyebar cepat kemana-mana.

  21. 255
    Rini Says:

    Dok, saya berumur 25 tahun dan terdeteksi kista ovarium krg lbh sudah 6 bulan pemeriksaan terakhir ukuran kista 5,7cm dan hsl USG diagnosa smntr kista padat. yg ingin saya tanyakan adakah pengobatan cara lain selain operasi? krn saya blm punya keturunan dan saya br menikah 1thn 1 bulan. Dan jika dilakukan operasi metode apa yg lebih baik dilakukan u/ diagnosa kista padat. sblm-a saya ucapkan terima kasih

  22. 254
    Dr. Sukma Says:

    Hai Elwis,

    Meskipun kista jinak akan tetapi pasti akan terus membesar setiap hari, karena mendapat nutrisi dari makanan kita sehari-hari.

    Saran saya sebaiknya dioperasi/ooforektomi mengangkat kista ovarium dan BUKAN mengangkat rahim/histerektomi.
    Bagaimanapun, kista akan terus membesar dan mendesak organ lain didalam rongga pelvis. Sehingga menggaggu kerja usus, kandung kemih, dll.

  23. 253
    elwis Says:

    Dok,jk seorg pasien berumur sktr 35th punya kista sdh terdeteksi hampir 1th.Td nya ukurannya 6cm lalu stlh diberi pengobatan jd 4cm.Tp sampai skrg blm ada perubahan lg.Dokter yg menanganinya menyuruh utk histerektomi.Apakah emg itu jln satu2nya y,dok??Apa tdk ada cara pengobatan lain?Pdhl menurut perkataan dokter tsb kistanya adalah jinak.Tlg dibalas y,dok..Thx b4

  24. 252
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rosstin,

    Hamil tidak hamil, itu semua Keputusan Yang Diatas. Karena anda masih punya satu ovarium, jadi tetaplah berusaha, agar satu hari nanti anda benar-benar dipercaya untuk hamil dan mempunyai keturunan. Amien..

  25. 251
    rosstin Says:

    dok aku udah telat 3 bulan, ovarium ku tinggal satu , udah ke dr kandngan di usg transvaginal ktanya tidak hamil,aku di kasih obat, mungkin engga hamil ?

Pages: « 39 … 14 13 12 [11] 10 9 8 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe