Kista 2Kista 1Tumor yang sering pada wanita selain yang mengenai rahim dan leher rahim, adalah kista ovarium yaitu kista yang tumbuh pada indung telor wanita, bisa sebelah kanan, kiri atau keduanya kanan dan kiri (bilateral).

Gejalanya adalah perut yang membuncit, padahal tidak hamil. Dirasakan sakit perut bagian bawah yang terasa tumpul, hilang-timbul bisa diperut bawah sebelah kiri atau sebelah kanan, bisa juga  kiri dan kanan. Menstruasi dapat terganggu atau tidak. Tentu tidak mudah mengetahui apakah kista yang ada itu jinak atau ganas? Mau tahu?

Secara umum kista jinak tumbuhnya perlahan, tidak sakit, kecuali bila ukuran sudah cukup besar, keadaan umum penderita masih baik artinya selera makan dan minum biasa tidak berkurang, tidak pucat dan badan tidak dirasakan lemah. Pasien kelihatan biasa saja, kecuali perut yang makin lama makin membuncit.

Kista ganas dapat diduga, bila pertumbuhannya cepat atau sangat cepat, badan penderita tampak kurus, wajah pucat, seluruh tubuh dirasa lemah tak bertenaga. Apalagi bila disertai perdarahan yang tidak normal…

Apabila kista telah diangkat/dioperasi, ganas tidaknya dapat diduga dari gambaran makroskopiknya : bila padat seluruhnya atau sebagian, kemungkinan ganas ada. Apabila bentuknya kistik transparan, seperti balon udara, kemungkinan besar jinak…

Mengenai penyebabnya, selain faktor genetik dan hormonal ada juga buku yang menyebutkan mengenai bahaya pemberian bedak kepada bayi perempuan setiap kali habis mandi. Butiran talk dapat memasuki organ dalam genetalia, melalui vagina yang terpapar bedak, apalagi biasanya ibu-ibu memberi bedak tebal disekitar kemaluan. Jadi sebaiknya tinggalkan kebiasaan membedaki seluruh tubuh bayi. Cukup dikeringkan dengan handuk…

Nah, pagi ini di laboratorium saya diterima kista berdiameter 16 cm dengan bagian kistik dan padat-lunak. Pada pembelahan, tampak seperti gambar dalam artikel ini. Saat dibelah, tampak massa kuning seperti mentega, juga ditemukan rambut dan massa kecoklatan seperti terlihat pada gambar.

Setelah dilihat dibawah mikroskop, maka diagnosis saya Mature cystic teratoma, tumor jinak. Beruntunglah penderita berumur 26 tahun yang kistanya termasuk kista jinak. Setelah dilakukan operasi ini. biasanya masalah sudah selesai. Tidak ada kekhawatiran akan kambuh atau lain-lain… Amien.

Popularity: 53%

Posted Thursday, May 15th, 2008 at 7:32 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

956 Responses to “Kista Ovarium, bisa jinak, bisa ganas. Pemakaian bedak pada bayi perempuan turut berperan”

Pages: « 39 … 15 14 13 [12] 11 10 9 … 1 » Show All

  1. 300
    Retno Says:

    selamat pagi dok,
    saya usianya 24tahun, sudah nikah 1thn 4bulan tp blm punya anak. Setelah di USG ternyata ada kista masih kecil, infeksi leher rahim n sy keputihan berat. Dokter SPog saya kasih saya obat Fladystin yg lewat vagina. Dokter bilang pas nanti haid ke 2 suruh dtg lagi tapi permasalahannya dok pas aku haid ke 2 dokter na paas tidak praktik. apakah saya ke dokter lainnya dok? apakah saya bisa punya anak dok ?
    Tolong bls mail saya dok. terimakasih

  2. 299
    mishy Says:

    Selamat pagi dok ..
    saya berusia 14 thn.
    saya mau tanya dok, selama ini, Awal mulanya itu, saya keputihan yang prtama kalinya, itu brlangsung selama 3 hari. Lalu setelah itu vagina saya gatal2, terus ketika saya garuk sedikit, malah ada bintik2 merah dan sekarang jd begitu dok.
    Sebenarnya vagina saya itu gak koreng, tapi kulit luar vagina saya seperti orang yang kena knalpot, dan itu sudah menyebar kesisi vagina yg lain.
    Tapi saya tidak pernah merasa sakit apapun dok.
    Tolong ksh cara penyembuhan ya dok.

  3. 298
    riri Says:

    siang dok,,

    dok, saya pernah dengar istilah sariawan mulut rahim.
    maksudnya apa ya?? gejalanya bagaimana??
    thx..

  4. 297
    Shasa Says:

    Dok , aku wanita 29 tahun . Saat melahirkan anakku yang 1 4 bulan yang lalu , kata doker yang membantu persalinanku ada kista yang keluar saat aku melahirkan dan berukuran kecl [ Dia bilang si ga apa apa ] cuman aku tetep pengen tahu , apakah kista tersebut bisa tumbuh lagi , padahal selama ini aku ga merasakan gejala 2 yang biasa timbul karena kista [ misal nyeri haid dan lain sebagainya ] intinya aku merasa sehat aja . tapi tiba -tiba ketika melahirkan ada kista yang ikut keluar . Jenisnya apa ya Dok . dan apakah benar jika aku pakai KB Hormonal bisa merangsang kista tumbuh lagi , terus kb apa yang cocok . Adakah pantangan makanan bagi penderita kista ,Terimakasih atas saranya .

  5. 296
    Dr. Sukma Says:

    halo Ratih,

    Sayang sekali saya kurang familier dengan Yogya dibidang medis.

    Tetapi secara logika, RS besar semisal RSUD atau RS. Panti Rapih kemungkinan atau pasti mempeunyai dokter SpOG handal. Juga mempunyai perlatan medis yang lumayan.

    Kista ukuran 15 cm itu cukup besar. Risiko saat diangkat bisa pecah. Bila kista ganas, itu fatal. Bila kista cenderung kambuh, seperti kista endometriosis pecahnya kista berdampak outcome yang kurang memuaskan.

  6. 295
    ratih Says:

    Dear dr.sukma,
    Untuk daerah yogyakarta apa ada rekomendasi ginekolog dan rumah sakit yg handal untuk penanganan operasi kista ovarium?

    Ukuran kista sekitar 15cm, dan sudah melakukan tes darah, hasilnya normal. Apa normal yg dimaksud ini artinya kista masih tergolong jinak?

    Bagaimana resiko operasi untuk kondisi kista seperti ini, sebab waktu ditanyakan ke dokter sini, jawabannya bikin hati mencelos, jadi saya minta bantuan dokter sebagai opini tambahan

    Terima kasih dok

  7. 294
    Dr. Sukma Says:

    Hai Eka,

    Endometriosis bisa terdapat dimana-mana. Jadi bila USG menyatakan kista sudah negatif, kemungkinan ditempat lain diluar ovarium masih ada.

    Jadi sebaiknya BERSABAR, sambil membersihkan dengan tuntas endometriosis yang kmungkinan masih ada ditempat lain. Kata kuncinya : taat kontrol dan ikuti petunjuk dokter SpOG anda.

  8. 293
    Dr. Sukma Says:

    Halo Lita,

    Yang paling tepat menangani penyakit anda adalah dokter SpOG. Saya pathologist,khusus menegakkan diagnosis penyakit.

    Untuk mengetahui jenis kista, biasanya dilakukan biopsi terbuka, yaitu mengambil contoh jaringan untk diperiksa PA atau melakukan penyedotan cairan kista untuk pemeriksaan sitologi-PA. Dari hasil jawaban PA ini, barulah diberikan terapi.

    Tergantung diagnosis PA, ada yang cukup dengan pemberian obat, ada yang HARUS menjalani operasi pengangkatan kista.

  9. 292
    Eka M. Says:

    Dear Dr.Sukma,
    Saya wanita berumur 35 thn, saya sdh menikah 9 thn tp sampai saat ini belum dikaruniai anak Dok. Saya didiagnosa memiliki kista endometriosis dan telah dilakukan laparoskopi thn.2002 yg pada saat itu dinyatakan stadium 4. Dari hasil kontrol terakhir kista saya sdh tidak terlihat menggunakan USG, tp sampai saat ini saya belum hamil juga ya Dok ?

    Mohon saran dokter.

    Terima kasih.

  10. 291
    lita Says:

    dok…
    saya memiliki gejala kista sperti nyeri di sebelah kiri dan di bwah perut,mengeluarkan sdikit bercak darah yg menggumpal,dan mual…
    waktu itu saya pernah merasakan mual dan haid tak kunjung tiba..lalu saya ke klinik kandungan, setelah d USG gambar rahim saya mengalami pembesaran seperti hamil pada masa 2-4minggu,tetapi tdk terdapat seperti cincin di sekitar rahim saya…
    setelah di tes dengan alat test khamilan hsilnya negatif…

    bila kjadian yg seperti saya alami apakah saya mengalami kista besifat jinak ataukah ganas??

    boleh saya minta alamat dokter untuk memeriksakan penyakit saya??

    mohon bantuannya dok…
    terima kasih

  11. 290
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anonymous #289,

    Ada dua kemungkinan, ada kista di ovarium kiri anda. Atau periksa juga kondisi suami anda ke androloog atau uroloog. Apakan kondisi organ reproduksinya all OK?

  12. 289
    Anonymous Says:

    saya sudah menikah hampir 2 tahun.tapi belum di karuniai anak.padahal semenjak baru menikah saya tidak memakai alat kontrasepsi,karena tidak ingin menunda.saya sudah rutin konsultasi pada dr.kandungan,namun masih belum menemui hasil.dan saya juga kadang2 bisa merasakan nyeri perut kiri bawah,tidak terlalu sakit hanya saja terasa mengganggu,namun salalu kambuh.apalagi bila saya mengalami susah buang air besar.apakah itu ada hubungannya??

  13. 288
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anne Diana Wijayanti,

    Memang benar. Bila kedua ovarium membentuk kista dermoid, maka biasanya terapi adalah ooforektomi bilateral, yaitu kedua ovarium yang bermasalah itu diangkat /dibuang total. Sehingga anda TIDAK akan punya keturunan.

    KECUALI, jika kistanya bukan kista dermoid, dan yang diangkat BUKAN seluru ovarium, hanya kistanya saja(kistektomi), masih ada sisa jaringan ovarium sehat maka kemungkinan hamil dan punya momongan masih ada.

  14. 287
    Dr. Sukma Says:

    Halo Cici,

    Setelah operasi pengangkatan kista, kondisi ovarium anda belum stabil. Jadi butuh waktu pemulihan agar bisa mensekresi hormon dengan normal. Bisa sampai satu tahun. So, sabar aja just wait and see, haid anda akan normal kembali..

  15. 286
    Anne Diana Wijayanti Says:

    22 Juni 2009

    Yth, Dr Sukma

    Dr Sukma apakah bener kalo mempunyai kista dermoid di ovarium kanan 8 cm & kiri 6 cm, bisa mengakibatkan tidak punya keturunan dokter…….sebelumnyanya saya tidak mengalami sakit sm skali di daerah perut.
    saya sekarang sudah menikah selama 18 bulan……gimana ya…dokter apakah memang alternatif terakhir dan pasti tidak pny keturunan. terima kasih…..

  16. 285
    cici Says:

    Halo ibu,
    Saya berumur 28 tahun dan belum menikah… pada agustus tahun lalu menjalani operasi kita… tapi hanya kista yang diangkat.. setelah itu dikasi oat homon tidak datang mens 3 bulan. pada bulan januari n feb mulai dtg mensi… april tidak datang mens dan pada 4 may selama hampir sebulan datang mens dalam jumlah yg banyak…kemudian ke dokter… dibilang hormon ga stabil dikasi minum gastrul n luthenyl n obat antibiotik tapi cuma makan setengah resep…. makan obatnya 2 hari tgl 3 n 4 jun mensnya berhenti… kemudian tgl 11 an berhenti makan obat keudian mens keluar lagi tapi sedikit2… tgl 19 jun kemaren mens nya banyak lagi….
    bole tau apakah itu bener sehabis operasi n makan obat hormon.. efeknya begitu bu. apakah ada kemungkinan penyakit lain muncul?
    terima kasih

  17. 284
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anti,

    Rasa sakit di dada sebelah kiri yang paling ditakutkan adalah gangguan jantung. Namun hal ini perlu dibuktikan dengan pem rontgen paru dan jantung (chest X-ray) dan EKG kalau perlu.

    Passive smoker berisiko SAMA besar dengan active smoker terhadap kemungkinan terkena kanker paru. So, do not smoke and avoid smokers around you..

  18. 283
    Dr. Sukma Says:

    Hai Riri,

    Setiap wanita mengalami mules atau nyri pada atau sekitar saat haid.Itu normal, akibat kontraksi uterus untuk mengeluarkan lapisan endometrium yang harus keluar setiap bulan, kecuali bilaterjadi konsepsi/kehamilan.

    Soal flek-flek coklat BUKAN masalah penting, no big deal. Sebaiknya diabaikan saja. Pikiran anda harus tenang, maka nanti akan hilang sendiri.

  19. 282
    anti Says:

    dok,,saya mempunyai keluhan rasa sesak di dada sebelah kiri,,kadang sakit dan pegal rasanya,,saya mengidap penyakit apa dok?klo duduk dekat sama orang yang suka merokok,kan suka ke isap udara rokoknya,,suka ngerasa sesak..apa berbahaya dok perokok pasif?

  20. 281
    riri Says:

    maaf dok,,pertanyaan saya belum di jawab no. 278
    makasih..

  21. 280
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ani,

    Keluhan anda kemungkinan : i. Radang usus buntu/appendix
    2. Radang usus besar/kolon 3. Radang ovarium kanan

    Saran saya, kunjungi dokter SpOG, karena sebulan lalu anda pernah infeksi vagina. Kemungkinan radang vagina yang belum tuntas dan menjalar ke ovarium,sangat mungkin.

  22. 279
    ani Says:

    dok,,saya merasakan sakit di perut baian kanan,kadang tengah maupun kiri,tapi yang paling sakit di bagian kanan,,sebulan yang lalu saya pernh infeksi pada vagina,apa yang saya alami dok?apa infeksinya sudah menyebar ke rahim?trus nanti klo saya menikah bisa punya anak tidak?

  23. 278
    riri Says:

    makasih ya dok, untuk jawabannya..

    kaget jg seh bacanya.. ok deh, akan saya ikuti saran dari dokter..

    oia dok, ada satu pertanyaan lagi neh,, boleh kan ^_^

    pada saat saya haid hari pertama, saya mengalami sakit sekali. waktu jaman kuliah seh,,hampir mau pingsan. tapi sekarang cuma terasa mulas2 saja..
    biasanya hari pertama hanya flek2 coklat saja,
    hari kedua & ketiga banyak yang keluar.
    hari keempat& kelima flek hitam/ coklat.
    hari ke enam bersih, tidak ada flek sedikitpun.
    tapi setelah 2 hari bersih, hari selanjutnya suka keluar lagi flek berwarna coklat.
    kenapa ya dok?? apa memang haid saya belum tuntas??
    apa saya ada kelainan??
    saya takut dok, kl mau periksa ke dokter kandungan..
    makasih dok untuk jawabannya..

  24. 277
    Dr. Sukma Says:

    Hai Riri,

    Dari keluhan anda, kemungkinan adanya BATU pada saluran kemih yang menjadi fokus saya. Untuk itu,kunjungi dokter internist, agar diperiksa fisik dan laboratorium Urine lengkap.

    Dari hasil lab nanti, barulah bisa dituliskan resep yang paling tepat untuk kelainan yang ditemukan.

  25. 276
    riri Says:

    selamat siang dok,,
    saya umur 25 th sudah menikah, sudah 3 hari ini saya mengalami sakit di perut bagian bawah sebelah kiri. dan saya juga mengalami beser tetapi air seni yang keluar hanya sedikit2. pinggang & pinggul terasa pegal.
    kira2 kenapa ya dok??
    apa ini ada hubungan nya dengan turunnya rahim saya, karena saya sering terguncang2 jika sedang naik motor.
    atau apakah saya hamil, karena menurut teman2 saya,ada kemungkinan itu gejala hamil..
    thx..

Pages: « 39 … 15 14 13 [12] 11 10 9 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe