Kista 2Kista 1Tumor yang sering pada wanita selain yang mengenai rahim dan leher rahim, adalah kista ovarium yaitu kista yang tumbuh pada indung telor wanita, bisa sebelah kanan, kiri atau keduanya kanan dan kiri (bilateral).

Gejalanya adalah perut yang membuncit, padahal tidak hamil. Dirasakan sakit perut bagian bawah yang terasa tumpul, hilang-timbul bisa diperut bawah sebelah kiri atau sebelah kanan, bisa juga  kiri dan kanan. Menstruasi dapat terganggu atau tidak. Tentu tidak mudah mengetahui apakah kista yang ada itu jinak atau ganas? Mau tahu?

Secara umum kista jinak tumbuhnya perlahan, tidak sakit, kecuali bila ukuran sudah cukup besar, keadaan umum penderita masih baik artinya selera makan dan minum biasa tidak berkurang, tidak pucat dan badan tidak dirasakan lemah. Pasien kelihatan biasa saja, kecuali perut yang makin lama makin membuncit.

Kista ganas dapat diduga, bila pertumbuhannya cepat atau sangat cepat, badan penderita tampak kurus, wajah pucat, seluruh tubuh dirasa lemah tak bertenaga. Apalagi bila disertai perdarahan yang tidak normal…

Apabila kista telah diangkat/dioperasi, ganas tidaknya dapat diduga dari gambaran makroskopiknya : bila padat seluruhnya atau sebagian, kemungkinan ganas ada. Apabila bentuknya kistik transparan, seperti balon udara, kemungkinan besar jinak…

Mengenai penyebabnya, selain faktor genetik dan hormonal ada juga buku yang menyebutkan mengenai bahaya pemberian bedak kepada bayi perempuan setiap kali habis mandi. Butiran talk dapat memasuki organ dalam genetalia, melalui vagina yang terpapar bedak, apalagi biasanya ibu-ibu memberi bedak tebal disekitar kemaluan. Jadi sebaiknya tinggalkan kebiasaan membedaki seluruh tubuh bayi. Cukup dikeringkan dengan handuk…

Nah, pagi ini di laboratorium saya diterima kista berdiameter 16 cm dengan bagian kistik dan padat-lunak. Pada pembelahan, tampak seperti gambar dalam artikel ini. Saat dibelah, tampak massa kuning seperti mentega, juga ditemukan rambut dan massa kecoklatan seperti terlihat pada gambar.

Setelah dilihat dibawah mikroskop, maka diagnosis saya Mature cystic teratoma, tumor jinak. Beruntunglah penderita berumur 26 tahun yang kistanya termasuk kista jinak. Setelah dilakukan operasi ini. biasanya masalah sudah selesai. Tidak ada kekhawatiran akan kambuh atau lain-lain… Amien.

Popularity: 53%

Posted Thursday, May 15th, 2008 at 7:32 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

956 Responses to “Kista Ovarium, bisa jinak, bisa ganas. Pemakaian bedak pada bayi perempuan turut berperan”

Pages: « 39 … 7 6 5 4 3 [2] 1 » Show All

  1. 50
    rina Says:

    Selamat Pagi Dok, belajangan ini saya sering sakit dibagian perut kanan bawah. saya sudah pernah operasi usus buntu kira2 10thn yg lalu. saya bingung mau ke dr kandungan atau internist ya. bagaimana membedakannya sakit dikandungan atau usus? kalau usg abdomen saja bisa ketauan gak dok? thx

  2. 49
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nalea,

    Boleh2 saja mengkonsumsi Mkapsul untuk merangsang haid. Tetapi cara itu hanya untuk sementara dan tidak menyelesaikan masalah yang ada. Sebaiknya anda mengunjungi dokter kebidanan. Tujuannya agar dapat dilakukan check up status hormonal anda : estrogen, progesteron,dll.

    Kesibukan anda dengan kegiatan perkuliahan dan dalam kepanitiaan, dst bisa turut menambah kacau status hormone didalam tubuh anda. Kelainan dalam tubuh dan penyakit jangan dipelihara. So, pls see your OBGy doctor immediately..

  3. 48
    Anonymous Says:

    Hai dok,saya nalea, 19tahun,yang ingin saya bagi adalah, saya sudah 11bulan tidak haid,haid saya memang tidak lancar dulunya, sekitar setiap 2-3bulan sekali,pertama kali haid umur 15tahun, yang ingin saya tanyakan, mungkin tidak saya terkena kista? Setelah 1 tahun tidak haid kepala saya sering pusing dan stress,saya kuliah, kegiatan banyak, ikut kepanitiaan ini itu,makanan juga kurang teratur(tp berat badan saya naik4 kg),dan sekarang saya jg sulit konsentrasi..sebenarnya apa yang salah dg haid saya? mungkinkah saya terkena kista? bagaimana kalau saya mengkonsumsi Mkapsul supaya saya haid lg?terima kasih^^

  4. 47
    Dr. Sukma Says:

    Halo Farni,

    Obat yang anda dapat dari dokter itu sudah cukup untuk menjaga kesuburan anda.Sudah ada vit E 400mg. Kalau mau tambahan penyubur dari makanan, terbaik adalah tauge kacang ijo. Taugenya jangan yang panjang, pilih yang sedang saja.Kalau panjang vit. E nya sudah berkurang kadarnya.

    Tauge dilalap atau direbus sebentar, dibuat gado2 atau ditumis, boleh2 aja. Pastikan anda berdua dengan suami setiap hari mengkonsumsi tauge sebanyak satu piring masing2.Insya Allah dalam 2-3 bulan akan terlihat hasilnya.

  5. 46
    farni Says:

    trimakasi DOK ats jwaban nya,
    maaf DOK boleh kah saya bertanya lagi?
    apakah ada makanan yang tidak boleh di makan dan apakah ada makan yang harus saya konsumsi
    untuk kesuburan supaya saya bisa hamil,
    oya sekarang saya di beri obat Asthin FORCE Dan Santa-e 400.sekali lagi saya ucapkan
    banyak2 terimakasi

  6. 45
    Dr. Sukma Says:

    Hai Farni,

    Kista berdiameter 4,5 cm bila dianjurkan untuk diangkat/operasi sebenarnya bagus. Karena dengan operasi masalah akan selesai, bila ternyata kistanya jinak. Terapi alternatif juga boleh, cuma ada pasien yang setelah mengecil dengan terapi alternatif, lalu kistanya kambuh lagi. Tentu saja yang seperti itu sifatnya individuil. Pada penderita lain belum tentu sama.

    Bila dioperasi, anda masih punya satu ovarium sehat yang dapat diharapkan menghasilkan sel telur yang siap dibuahi.Jadi jangan khawatir akan kesuburan anda. Namun, pastikan juga bahwa suami anda tidak bermasalah dengan organ reproduksinya. Insya Allah, anda berdua akan mendapat momongan..

  7. 44
    farni Says:

    slmt pagi DOK,umur saya 30 tahun saya menikah sdh 8 tahun stelah saya periksa ke Dokter.SPOG
    katanya saya ada tumor sebesar 4,5 cm.pertanyaan saya apakah saya masi bisa hamil kalau sudah
    oprasi jujur ya DOK, saya takut kalau di oprasi,dan apakah ada alternatiplain selain oprasi dan apakah setelah oprasi saya bisa langsunmg hamil DOK terimah kasi.

  8. 43
    Dr. Sukma Says:

    Halo Astri,

    Kista ovarium ganas, setelah operasi masih memerlukan terapi lanjutan. Berbeda dengan kista jinak, sehabis operasi sudah, masalah sudah selesai.

    Tergantung jenis kista ganas itu apakah Germ-cell tumor atau Adenokarsinoma Mucinosum atau yang lainnya -sesuai hasil pemeriksaan patologi anatomi (PA)-maka ada protokol pengobatan kista ganas ovarium apakah dengan khemoterapi atau lainnya. Sikap kooperatif pasien sangat dibutuhkan, demi kesembuhan penyakit kankernya.

  9. 42
    Astri Says:

    Dokter Sukma yang baik,

    Saya mau tanya nih, kaka saya habis oprasi kista yang kedua kali,tapi katanya kistany ganas

  10. 41
    tanti Says:

    Selamat pagi dokter Sukma,

    o… gitu ya dok, ya kalo memang seperti itu yang benar, jadi saya akan tetap rutin kontrol untuk menginformasikan perkembangan yang saya alami. Trimakasih banyak dokter. Tuhan memberkati.

  11. 40
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tanti,

    Perhimpunan dokter SpOG membuat kriteria kista ovarium yang harus dioperasi yaitu, bila telah berdiameter 6 cm. Pada kasus anda, dari info terbaru, sebaiknya dievaluasi dulu kadar hormonal didalam tubuh anda. Bila ada kelainan akan di normalkan dulu, sehingga haid anda akan teratur dan terjaga normal. Persis seperti anjuran dokter SpOG anda.

    Jadi jangan khawatir, turuti anjuran dokter itu. Yang penting bila terjadi keluhan yang semakin memburuk, seperti flek2 perdarahan semakin sering dan juga rasa sakit semakin keras,segera dilaporkan, kemungkinan untuk di periksa ulang, apakah kista telah membesar.Semoga dengan terapi hormonal, akhirnya kista mengecil dan hilang, sehingga anda tidak perlu menjalani operasi.

  12. 39
    pengobatan alternatif gus muh Says:

    Terima kasih atas infonya…..

  13. 38
    tanti Says:

    Dear dr Sukma yang baik,
    Pagi dokter, sesuai dengan yang dokter arahkan saya kemarin sudah periksa ke dokter SPOG yang menangani saya, dan saya meminta untuk dilakukan tindakan operasi saja, tetapi beliaunya mengatakan sebaiknya jangan dulu mengingat diameternya masih relatif belum berbahaya (3,3 cm), beliau menyarankan agar saya periksa lagi saat saya mengalami menstruasi untuk dilakukan pengaturan kembali sistem hormonal saya sehingga saya dapat mengalami periodik menstruasi yang lancar secara berkala. Dokter apakah saya perlu mencari dokter SPOG yang lain untuk mengetahui adanya kemungkinan lain yang membantu saya untuk dijalankan operasi? Trimakasih banyak dokter. Tuhan memberkati.

  14. 37
    tanti Says:

    dr. Sukma yang baik,

    Terimakasih atas advice-nya, sungguh sangat berarti bagi pengetahuan saya tentang penyakit yang dianugerahkan Tuhan untuk saya supaya menjadi manusia yang jauh lebih baik lagi. Ke depannya saya akan konsultasikan lagi untuk operasi dengan dokter kandungan saya. Tuhan memberkati.

  15. 36
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tanti,

    Iya. Sebaiknya kista yang ada sekarang ini diangkat saja via operasi. Pertama karena telah diupayakan terapi alternatif yang ternyata hasilnya kurang memuaskan. Kedua untuk mengetahui jenis kista dengan dilakukan pemeriksaan PA (patologi anatomi) pada jaringan kista yang diangkat. Mumpung ukurannya masih relatif kecil (3,3 cm), sebaiknya SEGERA dilakukan operasi kistektomi.

    Dan juga anda masih mempunyai ovarium kiri yang sehat, jadi tidak masalah dengan kesuburan anda.

  16. 35
    Tanti Says:

    Siang Dokter Sukma yang baik,

    saya beberapa waktu lalu sudah menulis riwayat kesehatan saya tapi mungkin dokter lupa karena banyak sekali yang kirim comment ke dokter. Saya satu tahun yang lalu dinyatakan memiliki kista di ovarium sebelah kanan, tetapi setelah menjalani terapi alternatif saya USG lagi ke dr. SPOG dinyatakan hilang, terus dua hari yang lalu saya sering merasa sakit di perut bagian bawah dan flek darah, setelah itu saya USG lagi ke dr. SPOG ternyata kista saya ada lagi sebesar 3,3cm. Dokter apakah kalo belum diambil dan didiagnosa ke dr. patologi saya tidak akan tahu apakah kista saya ini termasuk jenis yang berbahaya atau tidak? dan haruskah saya menjalani operasi mengingat pengobatan alternatif yang saya jalani relatif tidak sukses. Terimakasih banyak dr.Sukma. Tuhan memberkati.

  17. 34
    Dr. Sukma Says:

    Halo Bintang,

    Ovarium kiri anda sudah diangkat semua, sedangkan ovarium kanan diangkat sebagian sehingga didalam tubuh anda masih ada sisa ovarium yang sehat. Kemungkinan hamil masih terbuka lebar..

    Soal bekerja bergilir antara ovarium kanan dan kiri, itu tidak benar. Keduanya, bila masih ada dan sehat bekerjanya simultan dalam maturasi sel ovum yang nantinya siap dibuahi.

  18. 33
    bintang Says:

    Saya sudah menikah 3 tahun. Agustus 2008 kemarin saya menjalani operasi kista ovarium. Sebelah kiri ovarium saya diangkat sekaligus karena terjadi pelilitan dan besarnya sudah > 7cm. Ovarium kanan ada kista 3 cm dan ovarium diambil sebagian. Apakah saya masih bisa hamil dok? saat ini, saya sedang haid dan darah saya sangat sedikit (flek2 hitam)? padahal 2 kali haid sebelumnya (sesudah operasi) darah haid saya normal. Apa benar yang saya dengar bahwa ovarium kanan-kiri bekerja bergantian setiap bulan? Terima kasih dan saya sangat menunggu jawabannya.

  19. 32
    Dr. Sukma Says:

    Halo Anis,

    Jawaban saya hampir sama dengan jawaban untuk Tanti, posting no.29. Bila takut dioperasi, silahkan ke Gus Muh karena diameter kista masih kecil. Biasanya akan diberikan terapi transfer energi , dll. Yang penting tidak dilakukan pengurutan atau massage terhadap kista yang ada. Silahkan mencoba. Insya Allah berhasil..

  20. 31
    Dr. Sukma Says:

    Dear Tanti,

    Karena diameter kista masih termasuk kecil, maka pendapat saya silahkan saja dibawa ke pengobatan alternatif. ASALKAN TIDAK DILAKUKAN PENGURUTAN/MASSAGE.

    Sebaiknya dibawa ke alternatif Gus Muh-yang sering tampil di TV- karena saya tahu prinsip kerjanya tidak bertentangan dengan dunia medis/kedokteran. Dan selalu setelah diterapi alternatif akan dirujuk kembali ke dokter ybs apakah kista masih ada atau sudah hilang.

  21. 30
    Anis Says:

    Siang dokter.,Saya umur 27 dan sudah menikah.,dulu waktu belum nikah haid saya lancar2 saja dan tidak mengalamai sakit perut yg tajam. Tetapi setelah saya nikah,saya merasakan sakit perut yang luar biasa setiap haid. Dan kemarin sempat USG ternyata saya dinyatakan kena kista pada indung telur kanan dan kiri.,kanan 5cm kiri 3cm. Selain operasi apakah masih bisa dengan jalan pengobatan alternatif, karena saya takut operasi dok. Apakah kalau dioperasi saya masih bisa hamil karena saya belum punya anak dok??. Dan satu lagi.,apakah kista yang saya alami ada hubungannya nikah/belum nikah. Terima kasih banyak dokter.

  22. 29
    tanti Says:

    Siang dokter Sukma yang baik,

    saya takut untuk dioperasi dok, karena saya belum menikah, apakah memang sangat diperlukan untuk operasi mengingat kista itu ukurannya kurang dari 5 cm dan sempat dinyatakan hilang. Dokter yang saya tanyakan apakah jika saya tidak mengambil tindakan untuk operasi kista endometrium itu semakin tumbuh besar ukurannya dan berbahaya bagi saya, dan apakah saya bisa memperoleh keturunan. Diagnosa Dokter sangat penting bagi kelangsungan hubungan saya dengan pasangan saya mengingat 6 bulan lagi kami akan menikah. Trimakasih banyak Dokter Sukma. Tuhan memberkati.

  23. 28
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tiffany,

    Saya lupa kasus anda itu apa ya ? Anyway, saya coba menjawab sbb. : bila hasil pemeriksaan sel ganas negatif artinya sampel yang diperiksa itu tidak ganas alias bukan kanker ganas.

    Hasil negatif, bisa dalam konteks lain seperti : protein negatif, artinya pada sampel yang diperiksa tidak ditemukan protein. Demikian seterusnya. Jadi harus jelas apa yang diperiksa.

  24. 27
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tanti,

    Sepertinya kista yang menghilang bersamaan dengan habisnya masa haid adalah kista endometriosis. Jadi didalam ovarium ditemukan jaringan endometrium yang setiap kali siklus haid akan turut mengeluarkan darah menstruasi seperti lapisan endometyrium di rahim anda..

    Bila anda kecapean dan banyak pikiran, akan keluar flek-flek darah kehitaman. Sebenarnya paling ideal kalau kista endometriosis itu diangkat/dioperasi. Sehingga tidak kambuh2 lagi..

  25. 26
    tanti Says:

    Siang dokter, saya mau tanya beberapa bulan yg lalu saya mengalami pendarahan ditengah-tengah masa menstruasi, lalu stelah di USG dr SPOG ternyata ada kista sebesar 2,7 cm kemudian saya diberi obat kalnek dan femisic, stl obatnya habis saya USG lagi ternyata kistanya sudah hilang. Akan tetapi saya kadang2 merasa nyeri di perut bawah, satu setengah minggu setelah menstruasi ada flek2 darah, apalagi kalo kondisi saya sedang banyak pikiran dan capek. Saya ingin bertanya apa pendapat dokter dengan riwayat kesehatan saya ini?Trimakasih banyak dokter.Selamat siang.

Pages: « 39 … 7 6 5 4 3 [2] 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe