Kista 2Kista 1Tumor yang sering pada wanita selain yang mengenai rahim dan leher rahim, adalah kista ovarium yaitu kista yang tumbuh pada indung telor wanita, bisa sebelah kanan, kiri atau keduanya kanan dan kiri (bilateral).

Gejalanya adalah perut yang membuncit, padahal tidak hamil. Dirasakan sakit perut bagian bawah yang terasa tumpul, hilang-timbul bisa diperut bawah sebelah kiri atau sebelah kanan, bisa juga  kiri dan kanan. Menstruasi dapat terganggu atau tidak. Tentu tidak mudah mengetahui apakah kista yang ada itu jinak atau ganas? Mau tahu?

Secara umum kista jinak tumbuhnya perlahan, tidak sakit, kecuali bila ukuran sudah cukup besar, keadaan umum penderita masih baik artinya selera makan dan minum biasa tidak berkurang, tidak pucat dan badan tidak dirasakan lemah. Pasien kelihatan biasa saja, kecuali perut yang makin lama makin membuncit.

Kista ganas dapat diduga, bila pertumbuhannya cepat atau sangat cepat, badan penderita tampak kurus, wajah pucat, seluruh tubuh dirasa lemah tak bertenaga. Apalagi bila disertai perdarahan yang tidak normal…

Apabila kista telah diangkat/dioperasi, ganas tidaknya dapat diduga dari gambaran makroskopiknya : bila padat seluruhnya atau sebagian, kemungkinan ganas ada. Apabila bentuknya kistik transparan, seperti balon udara, kemungkinan besar jinak…

Mengenai penyebabnya, selain faktor genetik dan hormonal ada juga buku yang menyebutkan mengenai bahaya pemberian bedak kepada bayi perempuan setiap kali habis mandi. Butiran talk dapat memasuki organ dalam genetalia, melalui vagina yang terpapar bedak, apalagi biasanya ibu-ibu memberi bedak tebal disekitar kemaluan. Jadi sebaiknya tinggalkan kebiasaan membedaki seluruh tubuh bayi. Cukup dikeringkan dengan handuk…

Nah, pagi ini di laboratorium saya diterima kista berdiameter 16 cm dengan bagian kistik dan padat-lunak. Pada pembelahan, tampak seperti gambar dalam artikel ini. Saat dibelah, tampak massa kuning seperti mentega, juga ditemukan rambut dan massa kecoklatan seperti terlihat pada gambar.

Setelah dilihat dibawah mikroskop, maka diagnosis saya Mature cystic teratoma, tumor jinak. Beruntunglah penderita berumur 26 tahun yang kistanya termasuk kista jinak. Setelah dilakukan operasi ini. biasanya masalah sudah selesai. Tidak ada kekhawatiran akan kambuh atau lain-lain… Amien.

Popularity: 53%

Posted Thursday, May 15th, 2008 at 7:32 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

956 Responses to “Kista Ovarium, bisa jinak, bisa ganas. Pemakaian bedak pada bayi perempuan turut berperan”

Pages: « 39 … 31 30 29 [28] 27 26 25 … 1 » Show All

  1. 700
    sylvia Says:

    hallo dok,sorry kalo terposting ulang..kemana ya ilangnya pertanyaan sy padahal blom sempet dokter reply..

    dok,sy 35thn, sudah 2x operasi angkat kista. yg pertama kali kista coklat diovarium kanan 10cm,sehingga seluruh ovarium kanan sy diangkat,dan ovarium kiri dibuang sedikit krn ada kista endometriosis kecil…stelah itu suntik tapros sebanyak 6 kali..

    2tahun kemudian operasi lagi kista air di ovarium kiri 6cm,sekalian angkat rahim krn adenomiosis, sehingga ovarium kiri tinggal 1/3 walaupun sy sudah tidak haid lg..tetapi kata dokter obsgyn sy tidak menopause krn ovarium kiri masi sisa 1/3…pasca operasi 4bulan sy sempet swing mode sehingga sy test fsh dan estradiol trnyata hasilnya bagus…sekarang sy rutin minum susu kacang kedele melilea,jus tomat,evening primrose oil,vitamin E

    pertanyaan sy,dengan riwayat kesehatan seperti itu:

    1. apakah semua yg sy konsumsi itu aman?atau malah memicu tumbuhnya kista baru dok?terutama susu kedele sy pernah denger katanya malah memicu kista,benarkah?

    2. sy rajin gym,apakah whey protein sebagai suplemen olahraga aman?akankah memicu kista?

    3. makanan apa yg seharusnya dihindari?sebenarnya apa sih ya penyebab kista??

    many thanks dr.sukma…mohon dibalas…

  2. 699
    Johanna Says:

    Siang Dokter,

    Saya barusan menjalani laparatomi yang ke-2 karena kista endometriosis 2 minggu yang lalu. Operasi yang I kali tahun lalu tepatnya 21 Mar 2009, saya di terapi Tapros rencananya 4 x karena badan saya drop krn suntikan tsb sehingga msk rumah sakit, saya hanya terapi 3x. Pasca operasi ke 2 saya disuruh oleh dokter kandungan melakukan terapi Tapros lagi 3x. Apabila saya tdk mau, saya disarankan langsung hamil pasca operasi, apakah mungkin mengingat saya sudah lewat masa subur, awal bulan depan saya sdh menstruasi. Apakah ada alternatif lain jika saya tdk mau disuntik tapros, dan saya baru akan berusaha hamil 1 bulan ke depan saat masa subur. Mohon penjelasannya.

  3. 698
    Dr. Sukma Says:

    Halo Eren,

    Saya kira dokter operator nanti akan sepakat dengan saya untuk mengangkat seluruhnya dari indung telur yang bermasalah tersebut yang sudah berdiameter terbesar 22 cm.
    Anda smart, karena telah memikirkan kemungkinan kista akan kambuh nanti…

  4. 697
    eren Says:

    halo dok,
    saya didiagnosis terkena kista pada indung telur sebelah kanan saya.cukup besar ukurannya..22x19x14 cm.dan rencananya jumat ini akan dioperasi bedah perut.
    yang ingin saya tanyakan,apakah sebaiknya indung telor yg mengandung kista tersebut diangkat(dibuang) atau tetap dipertahankan saja..mengingat saya takut,kalo sampai nanti kistanya akan tumbuh lagi,pasca operasi.mohon bantuan & saran dari dokter.banyak terimakasih

  5. 696
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sardinia,

    Saya sudah mendapat keluhan yang sama dari 2 atau 3 pasien seperti yang anda tulis. Dugaan saya obat herbal itu penyebabnya. Coba hentikan minum obat itu. Rasakan apakah ada perubahan dengan menghilangnya rasa nyeri yang hebat tsb disaat anda menstruasi?

  6. 695
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yulida,

    Sebaiknya anda balik lagi ke dokter SpOG yang akan melakukan operasi tsb. Sampaikan apa yang anda alami, yaitu belum juga dapat haid… Nanti pasti akan dicarikan solusi untuk permasalahan tsb. So, hurry up to visit your Obgy..

  7. 694
    Yulida Says:

    Selamat malam Dokter Sukma,

    Dokter Sukma yang baik, sebenarnya saya mau saja di operasi,tetapi kata dokter sy sblmnya hrs disuntik 3 kali agar meminimal pendarahan & plengketan saat dioperasi, tapi mulai suntiknya saya harus mens dulu, ttp saya belum mens s/d sekarang, padahal sdh minum obat mens 5 hari
    Dok Sukma yang baik, apa yang harus saya lakukan ya dok sembari menunggu mens, takutnya kalau lama menunggu mens kista saya tambah besar..? Apa ada obat / herbal yang yg hrs di minum dok untuk utk me-maintain agar tidak membesar ( saya punya maag dok ).

    Mohon jawabannya ya dok, terima kasih

  8. 693
    sardinia Says:

    dear dr.sukma..saya terkena toxo dan rubela,sudah 2 kali paket pengobatan dr dokter,belum bersih,9 bulan lalu saya berobat ke herbal selama 7 bln,kenapa akhir-akhir ini saat mens perut sakit sekali seperti mau pingsan,tidak punya tenaga dan pusing melayang-layang,apa ada hubungannya dengan obat herbal tsb,mhn penjelasannya dok,makasih sebelumnya

  9. 692
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ann,

    Lancarkan dulu BAB anda dengan banyak makan pepaya atau makanan berserat tinggi. Normalnya kita harus BAB setiap hari. Bila BAB sudah normal, baru mikirin yang lain. Kalau tidak terjadi kehamilan kemungkinan gangguan hormon dan beban pikran atau kondisis stress.

    Cobalah buang pikiran cemas, istirahat yang cukup nanti haid anda akan datang dedngan sendirinya..

  10. 691
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ciot,

    Tergantung jenis herbal yang dugunakan, kemungkinan itu bisa saja. Pendapat saya sebaiknya minum obat dokter untuk terapi infeksi TORCH. Karena sudah ada obat khusus untuk itu dan pasti dapat membasmi mikroba atau parasit penyebab.

  11. 690
    ciot Says:

    dok akhir-akhir ini saat haid perut saya terasa sakit sekali,sampai-sampai keluar keringat dingin dan pusing melayang menahan nyeri,saya selalu minum feminak untuk mengatasi nyeri tersebut,apa ada hubungannya karena saya mengkonsumsi obat alternatif herbal pengobatan torch,mengharap sekali penjelasan dokter dan terimakasih sebelumnya

  12. 689
    ann Says:

    dear dr. sukma,
    sy perempuan berusia 25thn. sejak bln april 2010 sampai skrg blm mendpt haid. kondisi perut sy makin membuncit, keras, dan tampak seperti ibu hamil T.T
    hampir setiap hari terasa nyeri di kiri bawah perut, kadang kala di kanan bawah perut. sy jd sering buang air kecil, BAB tidak lancar dan keras.
    Kondisi tubuh jd mudah sakit, cepat lelah disertai pusing dan mual.
    Kiranya sy menderita penyakit apa ya dok?
    Mohon bantuannya.

  13. 688
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nuruol,

    Saya tidak menyimpan alamat Gus Muh. Perhatikan acara TV weekend disalah satu TV swasta.

    Bila masih ada jaringan sehat dalam indung telur anda-diluar kista- secara teoritis anda bisa hamil. Bila tidak ada jaringan sehat, secara teoritis juga anda tidak mungkin bisa hamil. Kecuali bila ada miracle dan blessing dari Yang Diatas..

  14. 687
    nurul Says:

    hallo dok,apakah sy masih bisa hamil mengingat kedua ovarium sy ada kista,untuk mengetahui indung telur masih sehat dengan cara apa ya dok,dan sy minta alamt gus muh cara pengobatannya kira2 gimana..trim.

  15. 686
    Dr. Sukma Says:

    Halo Hana,

    Kista dikatakan aman, bila sudah hilang atau tidak ada lagi kista. Selagi kista masih ada sekecil apapun dia berpotensi membesar dan tumbuh setiap hari, karena mendapat nutrisi via pembuluh darah ke lokasi kista tersebut. Satu-satunya jenis kista yang berakibat nyeri pada saat haid adalah kista coklat (kista endometriosis).

  16. 685
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nurul,

    Saya tidak punya pengalaman tentang kunir putih. Namun, dari asalnya yang bersifat tanaman alamiah dan herbal, saya pikir TIDAK akan menyebabkan kemandulan.

  17. 684
    Dr. Sukma Says:

    Halo Hana,

    Kista dibilang aman, kalau sudah tidak ada lagi atau menghilang. Selagi masih ada, meskipun ukurannya kecil, kista akan masih terus bisa membesar karena mendapatkan nutrisi dari makan dan minum kita sehari-hari yang diterimanya via aliran darah. So, sebaiknya diobati sampai benar-benar tuntas…

  18. 683
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nurul,

    Teruskan minum kunir putih itu. Pendapat saya itu tidak akan berbahaya atau mengakibatkan kemandulan… Setelah minum satu bulan, agar dicheck atau USG ulang, apakah ada perubahan atau pengecilan ukuran kista… Demikian setiap bulan dilakukan follow-up, agar bisa diantisipasi terhadap kondisi yang ada..

  19. 682
    nurul Says:

    halo dok,sy punya kista billateral ukuran masing2 3cm dan 4cm,saya konsumsi kunir putih tiap 2x sehari u mengobati kistanya.nah dengan konsmsi kunir putih terlalu lama apakah bisa menyebabkan kemandulan. trm dok

  20. 681
    hana Says:

    halo dok…
    saya terkena kista berukuran 5.7cmX5.1cm. namun kata dokyer akan diobservasi dulu, setelah 2 minggu diberi obat dokter, maka kista saya mengecil menjadi 5.5cmX3.4cm. menurut dokter apakah kista saya bisa mengecil lg tanpa dioperasi? lalu berapa ukuran agar kista itu bisa dibilang aman? apakah nantinya saat haid saya akan mengalami nyeri? soalnya dari dulu saat haid saya tidak pernah merasa nyeri. terimakasih atas jawabannya…..

  21. 680
    Dr. Sukma Says:

    Halo Diah,

    Tidak berbahaya. Semuanya sudah dipikirkan oleh dokter SpOG yang memberikan suntikan tsb.

  22. 679
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sury,

    Sebaiknya anda berobat sampai tuntas untuk infeksi saluran telur bilateral (salpingitis kanan dan kiri) anda tersebut. Karena dampaknya bisa terjadi perlengketan saluran tsb, dengan akibat akhir kemandulan.. Untuk meyakinkan telah terjadi penyembuhan total biasanya dilakukan pemeriksaan HSG (histerosalpingografi) untuk melihat apakah lubang saluran telur anda masih patent, artinya tidak terjadi perlengketan akibat infeksi/ salipingitis bilateral anda tersebut.

  23. 678
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ulan,

    Umumnya bila kista belum berdiameter 5 cm, diobservasi dulu atau diberikan obat minum. Begitu ukurannya 5 cm keatas maka itu merupakan indikasi operasi. Sebaiknya anda pindah ke dokter SpOG yang lain yang lebih teliti dan handal serta care kepada pasiennya..

  24. 677
    Ulan Says:

    Slm kenal dok,sy lg bingung ni dok 3 bln yg lalu sy divonis mengidap kista yg ukrnnya 3,60 x brapa gt sy lp dok.Ketika sy bertanya pd dokter yg men_usg apakah kista itu sdh mengganggu bt sy,dokter trsbt mengtakan ya krn ini ukrnya sdh ckp bsr,tp saat sy konsul kedokter bagian obgyn beliau mengatakan tak ada mslh dan saat sy mengatakan bhwa kista ini sdh amat mengganggu sy krna dok sy hmpir setiap saat merasakan nyeri perut dibwh pusat dan haid sy bs dtng dlm sbln 3x walau tak setiap bln dan kdng2 hbs stiap berhubungan dngn suami bsknya sy bs ngeflek gt dok atau bhkn bisa dtng bln lg ,perut sy jg agak membuncit yg terkadang seperti ibu hamil,namun tanggapan dr beliaunya kista itu tidak mengganggu.Yang sy tanyakan apakah kista yg sy idap ini sdh tergolong berbahaya dan tlng arahannya dok langkah apa yg hrs sy ambil,trimaksh sblmnya.

  25. 676
    sury Says:

    halo dok,
    sy didiagnosa dokter kena salpingitis bilateral.ada benjolan sekitar 4cm.sdh 8 kali periksa(krglbh 6bln), hsl terakhir sisi kanan membaik dan sisi kiri msh terlihat tp sdh mengecil.sisi kiri bisa hilang klo sy hamil.sdh 4bln ini sy berhenti kontrol dok.
    yg sy tanyakan: dgn hasil terakhir tsb apa kemungkinan sy bisa hamil? mohon diberi tips spy bisa hamil.tks

Pages: « 39 … 31 30 29 [28] 27 26 25 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe