Kista 2Kista 1Tumor yang sering pada wanita selain yang mengenai rahim dan leher rahim, adalah kista ovarium yaitu kista yang tumbuh pada indung telor wanita, bisa sebelah kanan, kiri atau keduanya kanan dan kiri (bilateral).

Gejalanya adalah perut yang membuncit, padahal tidak hamil. Dirasakan sakit perut bagian bawah yang terasa tumpul, hilang-timbul bisa diperut bawah sebelah kiri atau sebelah kanan, bisa juga  kiri dan kanan. Menstruasi dapat terganggu atau tidak. Tentu tidak mudah mengetahui apakah kista yang ada itu jinak atau ganas? Mau tahu?

Secara umum kista jinak tumbuhnya perlahan, tidak sakit, kecuali bila ukuran sudah cukup besar, keadaan umum penderita masih baik artinya selera makan dan minum biasa tidak berkurang, tidak pucat dan badan tidak dirasakan lemah. Pasien kelihatan biasa saja, kecuali perut yang makin lama makin membuncit.

Kista ganas dapat diduga, bila pertumbuhannya cepat atau sangat cepat, badan penderita tampak kurus, wajah pucat, seluruh tubuh dirasa lemah tak bertenaga. Apalagi bila disertai perdarahan yang tidak normal…

Apabila kista telah diangkat/dioperasi, ganas tidaknya dapat diduga dari gambaran makroskopiknya : bila padat seluruhnya atau sebagian, kemungkinan ganas ada. Apabila bentuknya kistik transparan, seperti balon udara, kemungkinan besar jinak…

Mengenai penyebabnya, selain faktor genetik dan hormonal ada juga buku yang menyebutkan mengenai bahaya pemberian bedak kepada bayi perempuan setiap kali habis mandi. Butiran talk dapat memasuki organ dalam genetalia, melalui vagina yang terpapar bedak, apalagi biasanya ibu-ibu memberi bedak tebal disekitar kemaluan. Jadi sebaiknya tinggalkan kebiasaan membedaki seluruh tubuh bayi. Cukup dikeringkan dengan handuk…

Nah, pagi ini di laboratorium saya diterima kista berdiameter 16 cm dengan bagian kistik dan padat-lunak. Pada pembelahan, tampak seperti gambar dalam artikel ini. Saat dibelah, tampak massa kuning seperti mentega, juga ditemukan rambut dan massa kecoklatan seperti terlihat pada gambar.

Setelah dilihat dibawah mikroskop, maka diagnosis saya Mature cystic teratoma, tumor jinak. Beruntunglah penderita berumur 26 tahun yang kistanya termasuk kista jinak. Setelah dilakukan operasi ini. biasanya masalah sudah selesai. Tidak ada kekhawatiran akan kambuh atau lain-lain… Amien.

Popularity: 53%

Posted Thursday, May 15th, 2008 at 7:32 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

956 Responses to “Kista Ovarium, bisa jinak, bisa ganas. Pemakaian bedak pada bayi perempuan turut berperan”

Pages: « 39 … 32 31 30 [29] 28 27 26 … 1 » Show All

  1. 725
    Dian Says:

    Selamat malam bu dokter,
    saya ibu rumah tangga berumur 40 thn,,
    saya memiliki kista(kista ovarium sinistra) yang besar/berdiameter 6cm,,,
    pertanyaan saya bu dokter…

    1.Apakah saya bisa hamil ?

    2.Kalaupun hamil,apa tidak keguguran,,,,

    saya disuruh operasi,tetapi saya takut…

  2. 724
    Dr. Sukma Says:

    Hai Michelle,

    1. Kista berukuran kecil sepertinya tidak terlalu menggagu kehamilan
    2. Sudah tentu kista akan membesar karena kita makan dan minum setiap hari, ini memberikan nutrisi dan juga oksigen keseluruh organ dan jaringan tubuh via aliran darah, termasuk kista
    3. Dokter SpOG yang menangani kehamilan anda yang sebaiknya menjawab pertanyaan ini.

  3. 723
    michelle Says:

    hi bu dokter,
    saya umur 24tahun dan 1minggu yg lalu saya pergi ke dokter untuk memeriksa apakah saya hamil atau tidak…dan ternyata dokter mengatakan saya positif hamil dan sudah berumur 6minggu..tapi disamping itu juga ditemukan kista kira2 berukuran 2,98cm..yg mau saya tanyakan:
    1. apakah kista ini bisa mengganggu kehamilan saya?
    2. apakah kista ini bisa membesar?
    3. bagaimana cara pengobatannya selama kehamilan?

    terima kasih,

  4. 722
    Dr. Sukma Says:

    Halo Syila,

    Sepertinya haid anda tidak lancar dan kemungkinan ada sesuatu dibagian kiri rongga panggul anda. Sebaiknya anda kunjungi dokter SpOG agar dilakukan USG transvaginal. Sehingga jelas ketahuan apa yang tidak beres didalam sana.. Jangan dibiarkan berlama-lama, the sooner the better..

  5. 721
    syila Says:

    oh ya perlu dokter ketahui sebelumnya saya berumur 23 tahun dan belum menikah .. mohon infonya apa yang terjadi pada saya . thx

  6. 720
    syila Says:

    hi dokter sukma
    saya mau menanyakan kira2 10 hari sebelum datang bulan
    saya merasa kan nyeri di bawah perut sebelah kiri, tidak begitu sakit namun seperti denyutan denyutan kecil nyerinya dan stelah tanggal setelah harusnya saya datang bulan , kenapa yang datang hanya darah bewarna coklat dan tidak mirip darah dan sangat sangat sedikit sekali hanya satu dua tetes perhari, hal ini sudah terjadi dari 2-3 hari lalu dan berlangsung sampe saat ini.apakah itu mens ? lalu nyeri itu kenapa ya sebabnya , karena sampe saat itu nyeri dibawah perut kiri itu masih terasa , thx

  7. 719
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nurul,

    3. Miom yang berdiameter 3 cm asalkan tidak berdampak perdarahan haid sangat banyak dan dirasakan sangat nyeri, maka dimungkinkan untuk hamil. Dengan adanya kehamilan, diharapkan hormon anda akan seimbang dan miom bisa mengecil. Pada saat anda melahirkan nanti, bila masih ada miomnya sebaiknya sekalian diangkat rahimnya agar tidak menjadi masalah kesehatan tubuh anda.
    1. Memang ada faktor keturunan.
    2. Cobalah pengobatan alternatif, ASALKAN tidak diurut…

  8. 718
    Nurul Says:

    Terimakasih banyak dok, atas jawabannya yang cukup gamblang. dan masih boleh yah dok tanya lagi seputar penyakit saya.
    1. Dok, apakah penyakit miom atau kista ada faktor keturunan ? sebab 2 generasi diatas saya juga mengalami penyakit yang sama dan berujung pada pengangkatan rahim.
    2. Dok, adakah solusi lain untuk membuat miom mengecil dan hilang dari rahim saya tanpa harus melalui operasi pengangkatan rahim ? Jujur saya takut jika rahim saya harus diangkat,Dan saat ini diameter miom di rahim saya adalah 3 cm.
    3. dan apakah dengan masih adanya miom di rahim saya, masih memungkinkan untuk saya hamil lagi ? karena saya baru memiliki 1 anak.

    Terimakasih

  9. 717
    Dr. Sukma Says:

    Hai Putri,

    Sebaiknya kunjungi dokter SpOG. Terapi hormon tergantung jenis kista yang ada. JANGAN coba-coba melakukan terapi hormon sendiri, SANGAT BERBAHAYA. Saya sendiri tidak berani melakukan itu..

  10. 716
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nur,

    Kenapa anda memeriksa dan mengobati sendiri? Memang anda mhswi kedokteran atau? Sebaiknya ke Dokter SpOG. Yang jelas anda terkena radang cukup berat dari serviks atau leher rahim. Plus saya duga ada kista Bartholin yang anda tulis seperti jerawat. Banyak hal harus dibenahi menyangkut organ reproduksi anda, menyangkut hygiene dan sanitasi serta prilaku sex anda..

  11. 715
    nur Says:

    Dok,,saya mau tanya,,beberapa minggu lalu saya keputihan hampir 1 bln lamanya.kemudian berinisiatif membersihkan vagina dengan albotyl yaitu memasukan beberapa tetes konsentrat dlm air lalu dimasukan ke mulut vagina seperti kumur2 pada mulut.kemudian 2 hour berikutnya saya bermaksud mengetahui bgian dalam vagina dg memasukan jari telunjuk,ternyata didapati cukup bnyk padatan putih seperti gajih pada mangkuk bakso yg kuahnya dingin.beberapa hari kmudian saya cek lagi dg telunjuk,ternyata sudah sdikit sekali padatan sperti gajih itu.tp dkt mulut rahim ada benjolan sperti jerawat tp spertinya ckp keras,itu apa ya dok,makasih.

  12. 714
    Putri Says:

    Hai dokter,

    Dok perut bag bawah saya nyeri, kemarin saya usg di dptkan ada kista soliter pada adnexa ukuran 16×11 mm,saya membaca jawaban dokter utk indri, bila kista masih kecil maka diberikan terapi hormonal,
    saya mau tanya hormon apa yg biasanya diberikan???

    terima kasih

  13. 713
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sisil,

    Sangat disayangkan anda berobat TB paru bilateral tidak sampai tuntas. Dan yang kedua sangat tidak baik bila anda masih terinfeksi TBC paru yang cukup berat, ternyata sudah hamil. Bayi yang lahir nanti sudahpasti terpapar kuman TBC, apalagi nanti harus diberikan ASI dan kontak sangat berdekatan dengan ibunya yang menularkan kuman itu ke bayi anda.

    Anda termasuk gegabah dan meremehkan masalah kesehatan. Padahal obat anti-TBC (OAT) sangat memberatkan kerja hati apalagi anda sedang hamil begini. Sebaiknya anda konsultasi ke dokter SpOG mengenai kehamilan ini dan kunjungi dokter Internist atau spesialias Paru (SpP) agar diobati secara tuntas dan baik TBC paru kanan dan kiri anda. Nanti kedua dokter itu akan mencarikan solusi terbaik bagi kondisi dan permasalahan anda ini.

  14. 712
    sisil Says:

    dear dokter, saya divonis flek paru duplex pada bulan januari 2010, setelah menjalani terapi sampai bulan mei, saya tidak melanjutkan lagi karena sekarang saya pindah ke pekanbaru, saya sudah tidak minum obat lagi, dan batuk saya mulai kambuh, sebaiknya saya harus bagaimana? apakah saya harus mengulang lagi dari awal? dan apakah kalau lg minum obat dimasa hamil? terima kasih atas jawabannya dokter

  15. 711
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nurul,

    Setahu saya miom atau leiomyoma uteri atau fibroid tumor 90 % bersifat jinak. Sangat jarang dan hanya satu kali dalam 30 tahun saya menemukan miom yang ganas (leiomyosarcoma). So, jangan cemas dan tidak perlu menjadi beban pikiran… Semakin anda rileks maka tubuh akan dapat menyembuhkan dirinya sendiri secara otomatis… You better trust this..

    1. Tindakan kuret TIDAK dapat menyembuhkan miom. Hanya berfungsi diagnostik, menemukan adanya massa miom dibawah mukosa endometrium.
    2. Jawabannya tidak ada korelasi antar kuret dan penyembuhan miom..
    3. Mungkin yang bisa dibenahi yaitu membuat hormon dalam tubuh anda berimbang antara estrogen dan progesteron. Dengan memeriksa kadar hormon dalam serum anda, nanti dapat diketahui apakah estrogen berlebih atau progesteron yang berlebih. Konsultasi dengan dokter SpOG agar diberikan obat/ hormon yang sesuai dengan kebutuhan tubuh anda untuk tujuan seimbangnya estrogen dan progesteron..

  16. 710
    Dr. Sukma Says:

    Hai Maria,

    Dari hasil USG trans vaginal tidak ada yang mengkhawatirkan. Semuanya dalam batas normal, meski pada ovarium kiri dtemukan kista namun kista itu fungsional/ kista folikel. Jadi nothing to worry about…

  17. 709
    maria Says:

    Dr Sukma yang Baik, nama saya maria, saya berusia 35 tahun. Beberapa hari yang lalu, saya melakukan USG transvaginal. Hasilnya sbb:
    Uterus: – echostruktural dalam batas normal
    – endometrial line dalam batas normal
    – tak tampak massa solid/kistik
    – ukuran lebar cervix +/- 0,86cm
    ovarium tampak lesi kistik ukuran diameter 2,06cm di ovarium sinistra
    kesan: lesi kistik di ovarium sinistra, suspect follikel fungsional.

    Dokter, apakah ada kista di ovarium saya ? saya takut sekali dokter kalo harus operasi. Apakah aman-aman saja ?
    Terima kasih banyak sebelumnya bu Dokter.

    Salam,
    Maria

  18. 708
    Nurul Says:

    Halo dok, senang sekali membaca blog anda. sangat informatif dan tidak pelit ilmu.
    Dok saya ingin tanya, saya didiagnosa oleh dokter spesialis kandungan bahwa menderita miom, tetapi tergolong jinak karena terdeteksi melalui USG ditemukan sedikit pembuluh darah di sekitar miom tsb.
    Pertanyaan saya :
    1. Apakah dengan kiret dapat mengangkat semua jaringan miom.
    2. Apakah setelah kiret, miom tersebut idak akan muncul lagi ?
    3. Dokter, apakah ada cara hidup saya yang mesti dibenahi yah, sebab sejak gadis saya selalu bermasalah dengan penyakit sekitar reproduksi. sebelum menikah saya sudah mengalami pengangkatan ovarium kanan karena kista. dan sekarang setelah saya pasang IUD setelah kelahiran anak saya yang pertama muncul lagi miom. Oh yah usia saya 30 tahun.
    Terimakasih dokter

  19. 707
    Dr. Sukma Says:

    Hai Theresia,

    Menurut pendapat saya, setelah keguguran januari tahun ini, SEBAIKNYA istirahat dulu, artinya berikan rahim cukup waktu untuk memulihkan dirinya antara lain men ambah ketebalan dinding atau lapisan endometrium. Apalagi dinding rahim barusan dikuret pada saat anda mengalami abortus 9 minggu, jadi dinding rahim menjadi tipis.

    Saya cenderung untuk memberi saran istirahat cukup lama max. 2 tahun atau sampai ketebalan dinding lapisan endometrium sudah mencapai normal. Disitu baru mulai program hamil lagi. Sehingga diharapkan janin nantiunya akan tertanam kuat didalam dinding yang normal sehingga keguguran bisa diminimalisir.

  20. 706
    Theresia Says:

    Dokter Sukma, info dalam blognya sangat bermanfaat dan kadang-kadang ada topik2 ringan di luar dunia kedokteran ;P. Saya mau tanya, apakah rahim tipis dapat hamil? Saya keguguran bulan Januari lalu di week 9 dan tidak diketahui penyebabnya. Setelah kuretase, mens saya tidak sebanyak sebelum hamil. Bulan April lalu saya program hamil mengkonsumsi blesifen untuk mematangkan sel telur dan Dalfarol 1000ui serta cygest untuk menambah progesteron karena diindikasi hormon saya tidak seimbang. Setelah itu, mens saya jadi tambah sedikit cuma 2 hari sudah selesai, diindikasi kista pula karena sel telurnya ternyata tidak pecah. Mens terakhir lalu, saya usg transvaginal untuk mengetahui apakah ada jaringan parut bekas kuretase ternyata rahim saya normal tapi tipis (di hari 12 tebal cuma 6 mm). Ovarium kanan indikasi pcos, ovarium kiri ada 1 sel telur hampir matang. Sama Dr. SPOG, saya diberi Asthin Force dan Cygest lagi. Apa penyebab ketidakseimbangan hormon dan mengapa rahim saya tipis? Apakah ada kemungkinan saya hamil bulan ini? Saya sangat menginginkan kehamilan kembali setelah keguguran Januari lalu. Apa yang harus saya konsumsi untuk menebalkan dinding rahim saya dan menyeimbangkan hormon saya? Terima kasih.

  21. 705
    Dr. Sukma Says:

    Halo Johana,

    Pendapat saya anda boleh lakukan apa yang anda rencanakan yaitu berusaha hamil satu bulan kedepan. Tidak ada masalah..

  22. 704
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sylvia,

    1. Semuanya aman, termasuk susu kedele yang TIDAK menimbulkan kista. Kacang kedele rebus juga sangat bagus karena mengandung phyto-estrogen, mencegah tanda-tanda menopause yang tidak diinginkan.
    2. Whey protein bagus dan aman. Teruskan, termasuk kebiasaan gym anda yang positif tsb.
    3. Penyebab kista sulit dipaparkan dalam satu kalimat. Banyak hal DIDUGA menjadi penyebab , antara lain kebiasaan pemakaian BEDAK disekitar vagina pada bayi perempuan, saat habis mandi. Sebaiknya kebiasaan itu dihentikan saja.. Makanan boleh apa saja, kecuali atau hindari daging merah berlemak dan kulit ayam berlemak..

  23. 703
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dee,

    Bisul dipinggir vagina atau didaerah vulva umumnya disebut kista Bartholin, istilah kedokterannya. Bila hanya minum obat antibiotik, maka kista akan kambuh lagi sewaktu-waktu. Sebaiknya bila ingin tuntas dinding kista diangkat/ operasi, sehingga masalah menjadi tuntas. Kunjungi dokter SpOG untuk maksud ini..

  24. 702
    Dr. Sukma Says:

    Dee,

    Bisul didaerah tepi vagina atau vulva itu sama dengan kista Bartholin, istilah kedokterannya. Disebabkan adanya kuman yang akhirnya menimbulkan kerusakan jaringan dan membentuk nanah. Bila hanya minum obat antibiotika, nanti kista itu akan kambuh lagi sewaktu-waktu. Sebaiknya diobati tuntas dengan operasi mengangkat dinding kista oleh dokter SpOG.

  25. 701
    dee Says:

    dear bu dokter
    saya gadis berusia 25 tahun,,, sekitar sebulan lalu ada benjolan di pinggir vagina saya,,, saya cari informasi di internet dikatakan kalo saya cuma kena bisul, ada yang bilang juga kena kista bartholin.. yang mana yang benar bu dokter… cara ngobatinya bagaimana ya? saya takut di periksa ke dokter… benjolannya gak sakit… pernah minum amoxilin da mau kempes.. cuma saya berhentikan.. saya harus bagaimana ya ???

Pages: « 39 … 32 31 30 [29] 28 27 26 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe