En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

Kista 2Kista 1Tumor yang sering pada wanita selain yang mengenai rahim dan leher rahim, adalah kista ovarium yaitu kista yang tumbuh pada indung telor wanita, bisa sebelah kanan, kiri atau keduanya kanan dan kiri (bilateral).

Gejalanya adalah perut yang membuncit, padahal tidak hamil. Dirasakan sakit perut bagian bawah yang terasa tumpul, hilang-timbul bisa diperut bawah sebelah kiri atau sebelah kanan, bisa juga  kiri dan kanan. Menstruasi dapat terganggu atau tidak. Tentu tidak mudah mengetahui apakah kista yang ada itu jinak atau ganas? Mau tahu?

Secara umum kista jinak tumbuhnya perlahan, tidak sakit, kecuali bila ukuran sudah cukup besar, keadaan umum penderita masih baik artinya selera makan dan minum biasa tidak berkurang, tidak pucat dan badan tidak dirasakan lemah. Pasien kelihatan biasa saja, kecuali perut yang makin lama makin membuncit.

Kista ganas dapat diduga, bila pertumbuhannya cepat atau sangat cepat, badan penderita tampak kurus, wajah pucat, seluruh tubuh dirasa lemah tak bertenaga. Apalagi bila disertai perdarahan yang tidak normal…

Apabila kista telah diangkat/dioperasi, ganas tidaknya dapat diduga dari gambaran makroskopiknya : bila padat seluruhnya atau sebagian, kemungkinan ganas ada. Apabila bentuknya kistik transparan, seperti balon udara, kemungkinan besar jinak…

Mengenai penyebabnya, selain faktor genetik dan hormonal ada juga buku yang menyebutkan mengenai bahaya pemberian bedak kepada bayi perempuan setiap kali habis mandi. Butiran talk dapat memasuki organ dalam genetalia, melalui vagina yang terpapar bedak, apalagi biasanya ibu-ibu memberi bedak tebal disekitar kemaluan. Jadi sebaiknya tinggalkan kebiasaan membedaki seluruh tubuh bayi. Cukup dikeringkan dengan handuk…

Nah, pagi ini di laboratorium saya diterima kista berdiameter 16 cm dengan bagian kistik dan padat-lunak. Pada pembelahan, tampak seperti gambar dalam artikel ini. Saat dibelah, tampak massa kuning seperti mentega, juga ditemukan rambut dan massa kecoklatan seperti terlihat pada gambar.

Setelah dilihat dibawah mikroskop, maka diagnosis saya Mature cystic teratoma, tumor jinak. Beruntunglah penderita berumur 26 tahun yang kistanya termasuk kista jinak. Setelah dilakukan operasi ini. biasanya masalah sudah selesai. Tidak ada kekhawatiran akan kambuh atau lain-lain… Amien.

Popularity: 53%

Posted Thursday, May 15th, 2008 at 7:32 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

956 Responses to “Kista Ovarium, bisa jinak, bisa ganas. Pemakaian bedak pada bayi perempuan turut berperan”

Pages: « 39 … 38 37 36 [35] 34 33 32 … 1 » Show All

  1. 875
    Ndda Says:

    pagi dok..
    sy mau bertanya knpa di pinggiran dinding vagina saya ad benjolan kecil seperti bentol perih bnget sampe pipis juga sakit bnget sampe kena air juga sakit ?? itu knpa yah dok,, tolong djwab yh dok,, terimkasih

  2. 874
    Chetya Says:

    Dok, saya chety usia 31 thn. Saya sdh menikah dan mempunyai anak usia 7 thn. Krn ingin hamil lg, sektr 4 bln yg lalu tepatnya bln oktober saya hentikan minum pil microgynon. Haid msh datang dgn teratur, tp pas bln januari saya telat smpe 2 mgg’an dgn perut sering terasa nyeri dan kram pd bagian tengah dan kanan. Saya test msh negatif. Akhirnya sya periksa k dokter, di USG memang masih kosong. Saya di beri obat profertil (utk 5 hr) dan lanturol 400mg (utk 1 mgg). Setelah minum profertil keluar sperti haid tapi hanya berupa garis coklat. Lanturol membuat saya ngantuk berat dan pusing.
    2 hr yg lalu, saya bermain wahana yg memicu adrenalin d ancol, langsung keluar haid yg begt banyak dan perut terasa nyeri sprti ada ssuatu yg maksa pgn kluar. Pas saya mau ganti, saya lihat ada lembaran putih kecoklatan selebar 3 jari tangan agak tebal seperti lemak (gajih), perut saya tdk skt lg stlh lemak ini keluar.
    Yang saya tanyakan apa lembaran itu dok??? Dan nyeri ato kram perut bawah bagian tengah dan kanan itu indikasi dr kista?? Terus apkah efek samping dr obat Lanturol 400 mg memang seperti itu???
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan jawabannya ya dok…

  3. 873
    lisa Says:

    dok saya lisa umur 22thn. saya sudah menikah selama 4 thn dan memiliki 2 org anak. saya ingin bertanya dok. jika org tua menderita kanker rahim. apa saya juga berkemungkinan menderita penyakit tersebut. sblm nya ortu saya menyaran kan untuk mengkomsumsi rebusan daun sirsak, dan saya mengkonsumsi air rebusan itu selama 5 hr berturut2. ternyata haid saya menjadi hitam bergumpal. spt agar2. dan juga sedikit.apa itu pengaruh dari minum rebusan daun sirsak atau cuma perubahan hormon dok? saya mohon saran nya dok. makasi

  4. 872
    nana Says:

    Siang dok…saya nana 34th,th 2003 prnh ops kista coklat,bbrp x kambuh ttp kecil2 dan hilang dgn terapi dokter obgyn,3bln skali saya cek ke obgyn,tp sdh hampir 5th kista sy sdh tdk kambuh lg,pertanyaan sy kenapa sy tetap nyeri hebat setiap menjelang haid dan 48jam setelah haid dok,perut sy tdk begitu sakit tapi daerah panggul (diatas pantat,maaf) luarbiasa,sakit dan terasa panas sampai tdk bs berjalan sdgkan sy bekerja,obgyn sy hny memberi pereda nyeri dan terapi spy cpt hamil…apa yng hrs sy lakukan dok…sy sdh bgitu pts asa dgn rasa sakit ini,smp pesimis bs hamil

  5. 871
    Dr. Sukma Says:

    Hai Confused,

    Pertsma sy pengintau apakah ada pathology report/ hasil pemeriksaan. Histopatologis dari kista ovarium yg diangkat tsbm kalau ada, tolong anda tuliskan di postingan Ini. Setelah itu baru akan sy. Komentar lebih jauh.

  6. 870
    confused Says:

    doc,,,saya confused,umur 25thn,saya lagi binggung nih,tgl 14/12/2011 saya d operasi dan ovarium kanan saya diangkat,seminggu setelah operasi,doc blg bahwa cyst saya ternyata cancer stage 3a,,,,tetapi saya ada usg ke doc laen(2 bulan setelah operasi),mengatakan bahwa ovarium kiri saya msh bagus n ovarium kanan saya masi tersisa sedikit(kira2 20 percent),dan saya ada check darah ca-125 dan hasilnya normal(13,5),dan saya merasa kondisi saya fit bgt,gak ada tanda2 seperti orang ada cnacer stage 3a,doc saya suruh saya jangan terlalu percaya hasil dr doc yg mengopersi saya,,,yang mau saya tanyakan,,,

    1.apakah cancer itu telah di buang beserta ovarium kanan saya(dalam arti dalam tubuh saya tidak ada cnacer lagi)
    2.sampai hari ini saya masih belum datang haid,apakah disebabkan satu ovarium saya diangkat,so saya akan memasuki masa2 menopause?dan akan mengalami irregular period doc?apakah saya tidak akan bisa datang haid normal(sebulan sekali)?
    3.apakah kedepen saya bisa memiliki anak(ketakutan saya paling besar doc)

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih doc

  7. 869
    titi Says:

    sore dok,

    saya mo tanya, saya habis melahirkan anak ketiga desember 2010, saya masih menyusui, tp kok dah hampir 1 tahun anak saya, sampai saat ini saya belum dapat haid juga, sedangkan perut masih gendut, kaya orang hamil 3 bulan. saya takut ada apa dok, oh ya usia saya skrg 36 tahun. trimaksih

  8. 868
    ratih Says:

    Saya mau tanya dok saya penderita kista ovarium indung telur tapi sudah di operasi yg sebelah kiri tapi saya sudah 2 bulan nggak datang bulan dan sekarang perut saya terasa sakit banget dok

    Terima kasih

  9. 867
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ayoe,

    Benar anda dicurigai menderita kista ovarium. Kemungkinan jenis yang mengandung cairan bening yg disebut kista serosum. Untuk mengetahui jinak. Atau ganas, diperlukan pemeriksaan CA-125. Jadi bila nilai pemeriksaan lab diatas nilai rujukan (dilihat angka diantara tanda kurung), maka sangat mungkin kista ganas.

  10. 866
    ayoe Says:

    Hi..
    Dokter sukma..

    Saya Ayoe,umur 24thn. Kemaren saya ke Dr. SPOG. saya sdh di USG, dan disarankan utk test darah CA 125. Dan saya sudah ambil hasilnya. Hasil CA 125 says 19.7. Apa maksud dari hasil CA 125 saya itu ya dok??? apa saya kena kista?? atau yang lain?? saya bingung membaca hasilnya dok.. Terima kasih.

  11. 865
    SULIS Says:

    sudah 1 bulan sejak saya kuret saya masih pendarahan dalam jumlah banyak. 1 jam bahkan 30 menit sekali saya harus ganti pembalut.dokter meberi saya kalnek 500 dan sdh 2 kali resep.hasil PA saya menyatakan kalau saya hiperplasia non atipik. dokter menyarankan saya untuk angkat rahim. saya ada miom 2,2 cm. perlukan hal ini saya lakukan? tidak adakah cara lainnya? amankan kalau saya tetap minum kalnek 500 karena dalam waktu dekat saya harus pergi ke luar negeri selama 1 minggu. kalau saya tidak minum obat darah akan keluar sampai banjir. mohon bantuan dokter jawaban lewat email supaya lebih rinci.

  12. 864
    Dr. Sukma Says:

    Halo Lina,

    Kista anda terakhir berukuran lebih dari 8 cm. Kista itu disebut kista coklat/ kista endometriosis yg pada USG tampak bayangan kehitaman akibat perdarahan spt menstruasi setiap bulan. Bahaya bila kista terus membesar mendesak organ lain di rongga pelvis berakibat perdarahan hebat yang bisa mempertaruhkan nyawa.

    Saran saya segeralah di operasi mengangkat kista sebelum pecah didalam. Satu pesan penting PAMALI / jangan sampai dilakukan massage/ mengurut di bagian kista tersebut, bahaya perdarahan mengancam nyawa..segeralah mau dioperasi jangan tunggu2 sehingga menyesal nanti tidak ada gunanya, oke..

  13. 863
    Lina Says:

    Dok umur saya 27 th blm menikah, mau tanya, beberapa tahun terakhir saya kalau mens selalu sakit, agustus 2011 saya periksa waktu mens krn terasa sakit sekali kemudian dilakukan USG tdk ditemukan adanya kista, tapi pada saat saya periksakan lagi pada 26 Oktober 2011 setelah di USG ada kista diovarium sebelah kiri sebesar 6.55 cm,27 Okt 7.58 cm, 14 November 7.69 cm kemudian saya terapi herbal dan mengkonsumsi rebusan daun sirsak , tapi baru saja saya periksakan lagi akhir Januari 2012 pada saat akhir mens di USG malah membesar jadi 8.8 cm dan cenderung berwarna gelap. Saat permulaan mens memang sakit tapi tidak sesakit bulan agustus n oktober (rasa nyeri saat mens berkurang). Memang nafsu makan bertambah dari yg semula tdk selera makan, tapi kista tdk mengecil malah semakin membesar.
    Apakah ada kemungkinan kista saya mengecil bahkan hilang kalo saya terapi herbal? Apa yg sebaiknya saya lakukan ya dok krn saya menghindari operasi, ini termasuk ganas atau tidak (hormonal) ya? Sekedar info ketika saya panik atau gelisah (banyak pikiran) perut bagian bawah juga ikut nyeri. Trims

  14. 862
    Dr. Sukma Says:

    Hai Seli,

    Artinya ada penebalan lapisan endometrium yg secara medis berarti terdapat hiperplasia endometrium dan pasien biasanya mengeluh perdarahan tidak teratur lewat vagina. Hiperplasia ada yg simpleks, kompleks, atipik dan terus berlanjut menjadi kanker. So, konsul ke dokter kandungan.

  15. 861
    Seli Says:

    Assalamu’alaikum dokter Sukma,

    Saya pernah USG Travaginal & katanya ada penebalan dingding rahim,hasilnya

    UTERUS
    ut.AF 7.1x 4.0 endometrium line 1.5

    apa maksud dari hasilnya?
    terima masih dokter sukma

  16. 860
    Ririn Says:

    ass…wr….wb…. Dr.sukma
    saya mau tanyak semenjak saya pas SMA saya menderita penyakit kista setelah saya konsultasi ke dokter ternyata saya harus di oprasi untuk mengangkatnya tapi yang di angkt hanya sebelah…!!
    yang saya tanyakan apakah saya masih mempunyai harapan untuk mempunyai keturunan nantinya setelah saya menikah..??

  17. 859
    Tiwi Says:

    Assalamu’alaikum dok,
    Saya tiwi, umur 22 tahun belum menikah. Saya memiliki masalah pada haid saya yang tidak teratur sejak 1 tahun lalu dok. Pada awal 2011, haid saya berkepanjangan sampai lebih dari 2 bulan, kadang dalam 2 bulan itu bersih 1 atau 2 hari saja. Karena sangat deras sekali, saya memutuskan periksa ke SpOG, di USG. Tapi katanya tidak ada kista atau gangguan lain. Saya diberi obat endometril. Sejak itu, haid saya masih kacau dok, malah 3 bulan kemarin tidak haid sama sekali. Sekarang saya sudah dapat haid dok, tapi sudah hampir 3 minggu belum kelar. Masih ada flek coklat. Apa yang harus saya lakukan untuk menormalkan haid saya tiap bulan dok? Apakah riwayat saya diatas ada indikasi kista? Dari dulu tiap saya haid tidak pernah nyeri sama sekali. Mohon pencerahannya dok. Terima Kasih

  18. 858
    irma Says:

    Dokter Sukma
    perkenalkan nama saya irma usia saya 22 tahun
    saya mau tanya dok tentang keluhan nyeri haid saya
    nyeri haid saya rasakan disekitar bawah perut kadag sampe ke kaki. apalagi saat mu keluar cairan gel hitam diantara darah haid bisannya terjadi di hari pertama sampai hari ke-tiga…kadang sampe ke ulu hati sakitnya. bisannya kalo udah sampe separah itu saya mengkonsimsi jamu kunir asam atau kiranti…dn bisa mengurangi sakit saya…tapi saya jadi ketergantungan dengan kedua obat itu.

    apakah dokter bisa memberi tahu saya apa penyakit saya

  19. 857
    Mama Bunga Says:

    sore dok,
    saya menikah sudah 2 tahun dan mempunyai anak usia 10 bulan, kenapa dok, sudah 2 kali ini campur dgn suami kok keluar darah, tp g selalu, dua tahun pernikahan kami ini baru 2 kali setelah anak saya lahir,(lain klu mlm pertama).
    apakah itu bahaya dok. terimakasih informasinya.

  20. 856
    Mama Bunga Says:

    hai dok.
    saya menikah sudah 2 tahun, dan mempunyai anak berusia 10 bulan, sudah 2 kali ini saya campur dengan suami ada bercak darah, tp g selalu tahun pertama nikah dan 1 tahun ini, apakah itu berbahaya dok.
    terima kasih.

  21. 855
    ami Says:

    Haai dok,,saya ami umur 23th dan blm mnikah..dok,,saya mngalami keputihan yang terus menerus dok,,
    udh hampir 1thn saya mngalami kputihan ini,,sy gak tau persis ini trmasuk keputihan atau gejala lainnya..
    saya takut untuk periksa k’dokter..
    yg saya alami,daerah kwanitaan saya slalu basah dan trkadang mngluarkan cairan kental/menggumpal brwarna khijauan,,dan terasa sangat gatal dok…
    itu gejala apa ya dok?bgaimana cara mngatasiny dok?trimksi dok ;)

  22. 854
    Dr. Sukma Says:

    Hai Riska,

    Karena ukuran kista sudah 5 cm/ besar maka terapi terbaik adalah operasi. Karena kalau kista pecah didalam rongga pelvis. Ini akan menimbulkan perdarahan yg sulit dikendalikan yang bisa menimbulkan kematian.

    Jadi segeralah ikuti saran operasi tsb. Agar dicatat bahwa kista besar ini pamali dan sgt berbahaya bila dilakukan massage atau diurut.

  23. 853
    riska Says:

    pagi dok..
    aku mau tanya..ada kista ditemukan berukuran 5 cm..kata dokter harus operasi..aku takut..apa ga ada cara lain???pdhl niat aku kmrn k dkter mau program punya anak..eh malah ketauan ada kista…

  24. 852
    IKa Says:

    Malam Dok,

    Saya mau tanya Dok, saya sudah 2,5 thn menikah.sampai sekarang blm dikarunia momongan. 3 bln yg lalu saya periksa ke dokter. Ternyata dari hasil pemeriksaan ada kista di ovarium sebelah kanan. Ukurannya 1,74 cm. Waktu itu dokter meminta saya utk konsul lagi bln berikutny utk mengetahui apakah kista saya termasuk kista endometriosis atau bkn. Tapi karena saya harus ikut suami dinas keluar kota,sampai skg saya blm kembali lagi utk pemeriksaan lbh lanjut. Yang ingin saya tanyakan kista endometriosis itu apa ya dok? apakah itu berbahaya? karena sblm menstruasi saya selalu mengalami flek dulu selama 3-4 hr sebelum akhirnya darah mens nya lancar. Lalu apakah pemakaian Pil KB juga bisa menyembuhkan kista dok? Karena waktu itu dokter saya juga pernah menyarankan utk mengkonsumsi Pil KB. Kalau memang bisa, Pil KB jenis apa yang aman utk saya konsumsi. Mohon penjelasannya Dok..Terima Kasih

  25. 851
    sapta Says:

    sore dok,

    saya mau tanya, suami saya pada saat berhubungan mengeluarkan sperma yang tidak biasa, warnanya putih dengan ada sedikit warna coklat didalamnya. itu terindikasi kenapa ya dok, karena selama ini tidak ada keluhan sakit dari suami saya. mohon sarannya dok..

    tks

Pages: « 39 … 38 37 36 [35] 34 33 32 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe