En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

Kista 2Kista 1Tumor yang sering pada wanita selain yang mengenai rahim dan leher rahim, adalah kista ovarium yaitu kista yang tumbuh pada indung telor wanita, bisa sebelah kanan, kiri atau keduanya kanan dan kiri (bilateral).

Gejalanya adalah perut yang membuncit, padahal tidak hamil. Dirasakan sakit perut bagian bawah yang terasa tumpul, hilang-timbul bisa diperut bawah sebelah kiri atau sebelah kanan, bisa juga  kiri dan kanan. Menstruasi dapat terganggu atau tidak. Tentu tidak mudah mengetahui apakah kista yang ada itu jinak atau ganas? Mau tahu?

Secara umum kista jinak tumbuhnya perlahan, tidak sakit, kecuali bila ukuran sudah cukup besar, keadaan umum penderita masih baik artinya selera makan dan minum biasa tidak berkurang, tidak pucat dan badan tidak dirasakan lemah. Pasien kelihatan biasa saja, kecuali perut yang makin lama makin membuncit.

Kista ganas dapat diduga, bila pertumbuhannya cepat atau sangat cepat, badan penderita tampak kurus, wajah pucat, seluruh tubuh dirasa lemah tak bertenaga. Apalagi bila disertai perdarahan yang tidak normal…

Apabila kista telah diangkat/dioperasi, ganas tidaknya dapat diduga dari gambaran makroskopiknya : bila padat seluruhnya atau sebagian, kemungkinan ganas ada. Apabila bentuknya kistik transparan, seperti balon udara, kemungkinan besar jinak…

Mengenai penyebabnya, selain faktor genetik dan hormonal ada juga buku yang menyebutkan mengenai bahaya pemberian bedak kepada bayi perempuan setiap kali habis mandi. Butiran talk dapat memasuki organ dalam genetalia, melalui vagina yang terpapar bedak, apalagi biasanya ibu-ibu memberi bedak tebal disekitar kemaluan. Jadi sebaiknya tinggalkan kebiasaan membedaki seluruh tubuh bayi. Cukup dikeringkan dengan handuk…

Nah, pagi ini di laboratorium saya diterima kista berdiameter 16 cm dengan bagian kistik dan padat-lunak. Pada pembelahan, tampak seperti gambar dalam artikel ini. Saat dibelah, tampak massa kuning seperti mentega, juga ditemukan rambut dan massa kecoklatan seperti terlihat pada gambar.

Setelah dilihat dibawah mikroskop, maka diagnosis saya Mature cystic teratoma, tumor jinak. Beruntunglah penderita berumur 26 tahun yang kistanya termasuk kista jinak. Setelah dilakukan operasi ini. biasanya masalah sudah selesai. Tidak ada kekhawatiran akan kambuh atau lain-lain… Amien.

Popularity: 53%

Posted Thursday, May 15th, 2008 at 7:32 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

956 Responses to “Kista Ovarium, bisa jinak, bisa ganas. Pemakaian bedak pada bayi perempuan turut berperan”

Pages: « 39 38 [37] 36 35 34 33 … 1 » Show All

  1. 925
    ria Says:

    sy ria umur 20thn, dan blm mnikah
    baru2 ni sy mngalami kecelakaan mobil, sempat di Mri ternyata sy mngalami patah tulang ekor, slain itu hasil Mri terdapat jg massa kistik bersepta komponen solid pd regio adneksa kiri ukrn sktr 6,5x7x6,5cm cndrung d ovarium kiri…

    patah tulang ekor yang sy alami g ditndak lanjuti dengan oprasi.dkter mngatakan terkait umur yg masih muda mmungkinkn tlng akn mymbung degn sndrinya dlm wkt 3bln *dlm ctatan sy d haruskn memakai korset yg sdkt erat pda perut untuk mnjaga tlng dr kgiatan *salah gerak. mnurut dokter sukma jnis kista sy bhaya atau tidak dan apakh kista yg sy miliki tidak akan pecah dengan korset erat d perut sy slma 3 bln?
    pnanggulangan terhadap kista bgaimn dok?
    mohon bantuanx …. ^,^

  2. 924
    phujie Says:

    langsung saja dok..sebulan lalu sy mengalami pendarahan selama 2 minggu..beberapa hr pendarahan sy ke dokter spog dan di nyatakan ada kista di rahim sy 3 cm…lalu.sy di beri tranex..nefinal..dan obat untuk menghentikan keputihan..stelah itu pendarahan sy tdk berhenti tetapi ckup berkurang ketika mengkonsumsi ranex tetapi setelah obatnya habiz pendarahannya masih berlanjut hingga sy krmh sakit dan di opname keesokan hrnya pendarahan sy berhenti selama di opname sy di berikan injeksi ketolorac dan ranitidin…setelah itu dokter melanjutkan dngan asmef dan cefad..kmudian menambahkan metformin…gejala pertama yg saya alami adalah sakit perut di skitar kandung kemih 3 bln sebelum pendarahan…dan sejak pendarahan sampai saat ini perut sya masih nyeri..sy jg mengalami muntah mual…dan penurunan berat badan dlm rentang waktu itu…sy brusia 21 thn…
    pertanyaan sy
    apa jenis kista sy dr gejal tersebut
    obat apa yg sebaiknya sy konsumsi untuk memperkecil kista sy…
    apa penyebab sakit perut dan pendarahan yg sy alami…
    trimakasih dok..

  3. 923
    melinda Says:

    Dok sy pendarahan 2minggu lebih dan dokter menyarankan kuret,hasil lab patologi adalah hyperplasia endometri type kistik dan setelah kuret sy msh tetep flek2 terus itu apa artinya y dok,apakah berbahaya.terimakasih sebelu$nya

  4. 922
    fhriska Says:

    pagi dokter
    saya fhriska berumur 22 tahun
    saya terdeteksi ada kista di ddekat indung telur sebesar 10 cm
    saya berencana akan dioperasi
    yang membuat saya tidak tenang dok,saya takut kista itu menempel d indung telur saya, yang nantinya mmbuat indung telur saya harus diangkat
    tp mudah2an tdk,
    apakah orng prnah operasi kista,nantinya bisa hamil dok??
    terimakasih

  5. 921
    giovana Says:

    saya di deteksi ada kista ovarium ukuran 3×4 cm, bersepta di ovarium sebelah kiri . Kata 2 dokter, kista itu jinak…apa artinya bersepta ya bu ?
    selama 2 bulan ini, saya sudah 3x terkena ISK…3 x ke dokter internist, di beri antibiotik dan antiseptic masih kambuh lagi. Yang terakhir, tidak separah yg pertama dan kedua, tapi kalau abis BAK, nyeri dr tulang kemaluan sampe ke lubang kencing. kencing lancar, minum sudah banyak, hasil USG tidak ada batu, saluran kencing normal, tidak ditemukan bakteri tetapi yg ditemukan kista ovarium di kiri. Apakah ISK ada hubungannya dengan kista ovary itu, bu ?
    Thank U

  6. 920
    WR Says:

    baru-baru ini telah terdeteksi bahwa saya(belum menikah) punya kista di ovarium dngn ukuran 4,5 cm. dapatkah itu disembuhkan? jika nanti menikah, bisa hamil dan punya anak?

  7. 919
    Nicky Says:

    selamat pagi dok.
    dok, saya wanita berusia 21 tahun, belum menikah. saya mempunyai keluhan pada bagian labia mayora sebelah kiri, sebelah vagina teraba kayak benjolan kecil,terasa nyeri pada saat duduk, saya merasakannya sejak tgl 23-25 agustus ’12 kemarin, tepatnya pada saat menstruasi, dan skrg sudah tdak nyeri lagi dok, bulan2 sebelumnya tidak pernah ada keluhan seperti ini, menstruasi dri dulu smpe skrg juga teratur terus dok. yang mau saya tanyakan :
    1. apakah dari keluhan saya tdi, sya terkena bartholinitis ?
    2. kalau iya, pengobatan seperti apa yang dilakukan ? apakah harus dilakukan pengangkatan atau terapi alternatif saja dok ?
    terimakasih.

  8. 918
    Indra Says:

    Dokter, kakak saya usia 50 tahun , punya kista sudah 18 tahun lebih. Sekarang perutnya sudah besar seperti orang hamil 10 bulan. Badannya sekarang kurus banget. Bila saya tanya, apakah sakit ? katanya tidak dan mens normal saja.
    Yang saya mau tanya, apakah berbahaya ? 18 tahun yang lalu pernah di cek ke dokter kandungan, dan dinyatakan kista, dan harus dioperasi, dibuang. Ternyata kakak saya keras kepala , tidak mau dioperasi. Bila sekarang dioperasi, kira-kira apa yang diperlukan dan biaya berapa rupiah yang harus saya siapkan ? rumah sakit mana yang murah dan lengkap peralatannya.
    Terima kasih

  9. 917
    hera Says:

    Dok

    saya perempuan usia 33 tahun baru baru saja menjalani operasi kista dan dokter mengangkat salah satu ovarium saya yang terlilit kista. apakah saya masih dapat hamil dengan satu ovarium, apakah ada resikonya dok?
    trmkash

  10. 916
    Minarti Purnama Says:

    dokter Sukma,
    Ayah saya ada kista 4 buah gi ginjal sebesar 6,9cm
    tapi oleh dokter ginjal tidak dikasih obat sedang perut menjadi makin besar. Usia aya 80th.
    ayah tinggal di jakarta, cengkareng. tolong dokter di rumah sakit mana dan siapa nama dokternya yg bisa memberikan obat danocrine dan eturol,agar tumor ayah saya bisa mengecil. karena semua dokter ginjal di rumah sakit PIK tidak memberikan obat.
    tolong segera dijawab ke email saya> terima kasih

  11. 915
    karnolus Says:

    mau tanya dok,
    istri saya menderita kista menurut hasil lab. kistanya tdk ganas dan baru dioperasi sekitar 2 bulan. apakah ada makanan yg harus dihindari/pantang pasca operasi. kenapa istri sy setiap saat mengalami sakit perut terasa ada benjolan. terima kasih dok atas jawabannya

  12. 914
    Fitri Says:

    Asalammualaikum dokter sukma, salam kenal dok, saya fitri (23), saya memiliki keluhan kista pada ovarium , saya dianjurkan oleh dr.Laila Nurani, Sp.OG untuk segera melakukan pengangkatan kista, dokter belum bisa memastikan jinak atau ganasnya kista saya, saya juga sudah konsultasi dengan dr.bambang karsono, Sp.OG di klinik fetomaternal jl.kimia dekat RSCM …. Dx. : Neoplasma Ovarium Bilateral Susp. Teratoma (dextra: 77x58x58 cm) (sinistra: 22x19x18 cm)
    Saya bimbang dok, saya takut ambil keputusan, bagaimana dengan masa depan saya, apakah saya masih bisa memiliki keturunan.. Karena kemungkinan ovarium kanan diambil, tapi belum pasti tuba nya juga diambil. Untuk ovarium yang kiri masih ada sedikit sel yang subur… Bagaimana ini dok, saya masih nona, dan saya sejujurnya takut akan masa depan saya… Apakah benar tentang informasi penyimpanan sel telur (ovum) di singapore? Apakah saya termasuk indikasi untuk itu? Dan apakah di indonesia sudah ada dok? Terimakasi dok, maaf jika saya banyak pertanyaan…

  13. 913
    yanti Says:

    Dok, putri saya 14th, mens ga teratur, kalo dapat bisa lebih dari 10hari lalu stop beberapa hari, dapat lagi begitu seterusnya.(pernah 6bulan begitu) mensnya kadang banyak kadang sedikit, agak bau, dan sebagian bergumpal.
    sudah dikonsultasi ke dokter kandungan dan usg bagus, katanya hormon ga seimbang, diberi obat tapi begitu juga. akhirnya minum obat cina pai fung yen. stop, lalu 2 s/d 3 bulan baru dapat lagi. tapi bulan ini dia begitu lagi.
    Mohon saran Dokter.
    Terima Kasih.

  14. 912
    yani Says:

    oh ya dokter..
    haid sy panjang 2 hr pertama hanya flex kemudian hr ke 3-4 br darah ( maaf ) dan hr ke 5 flek lg ( bersih tanpa flek sm sekali bs sampai hr 7 )

  15. 911
    Lili Says:

    Dear Dokter yang baik,

    nama saya lili. Saya baru menikah selama 6 bulan.Umur saya sekarang 31 tahun dan suami 32 tahun. SEbulan yang lalu, pinggang saya terasa ngilu dan saya memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dr hasil USG, beliau mengatakan di ovarium kanan saya ada kista endometriosis sebesar 5 Cm. Dan saya ingin sekali mempunyai anak. Oleh dokter tsb,saya dianjurkan untuk coba hamil dulu selama 3 bulan,jika tidak dianjurkan operasi kista. saya diberikan obat clomid 100 mg/hari,dan vitamin. Saya bingung dok.
    Setau saya clomid adalah obat penyubur. Apakah berbahaya buat kista saya? atau malah membuat kista saya semakin besar dan menyakitkan? begitu juga dg pemberian vitamin. Apakah kista endo tsb berbahaya jika seandainya saya belum operasi,namun saya hamil? Dan jika setelah operasi,berapa lama saya baru boelh hamil dok?

    Terima kasih ya dokter….
    jawaban dokter sangat saya tunggu..

  16. 910
    vera Says:

    selamat pagi dok, saya mempunyai kiste di payudara sebesar 27,3×19,7×16,9mm mengesankan lesi benigna yg bertambah besar birads 3. sudag dilakukan pungsi, tdk ada cairan yg keluar, lalu saya diberi obat danocrine, apakah ukuran payudara ikut mengecil sesuai dg di label obatnya?
    terima kasih vera

  17. 909
    Putryayu Says:

    Selamat pagi dok,saya memiliki kista coklat ukuran 3,5cm.Dokter memberi obat maxstan,plasminex dan asta plus.Apa fungsi dari masing2 obat?

  18. 908
    Anonymous Says:

    Dr Sukma,
    Saya baru satu bulan selesai operasi kista, di indung telur kiri kista endometriosis kira2 hampir 7cm dan di indung telur kanan kira2 hampir 2cm kista jenis yg lain.
    Dokter saya bilang indung telur saya masih tetap ada.
    Yg ingin saya tanyakan :
    1. Apakah saya harus suntik hormon yg membuat saya tidak haid beberapa bulan setelah saya selesai operasi,apa bedanya selesai operasi apabila saya suntik hormon dan jika saya tidak suntik hormon.
    2. Bagaimana cara mencegah kista endometriosis tidak tumbuh lagi ?
    3. Jika luka luar operasi terlihat sudah membaik or mengering, bagaimana mengetahui luka yg didalam yg tidak dapat dilihat oleh mata, sudah membaik or belum, apakah ada ciri2 yg bisa membantu untuk menganalisa?
    4. Dokter tahu tidak, kira2 butuh berapa bulan, spy rasa nyeri or yg ga enak di sekitar luka operasi bisa pulih total dalam arti tidak sakit bila ditekan, or bila jongkok or melakukan aktivitas apapun?
    5. Dokter saya suka olah raga renang, kalo orang pernah operasi apa masih boleh olah raga renang, kalo boleh stlh brp bulan operasi baru boleh renang ya ?
    Terima kasih banyak ya Dok buat bantuan jawabannya

  19. 907
    rusmiati Says:

    Halo dok.
    Sy diagnosa terkena kista berukuran 2cm itu waktu 3thn yg lalu, skrng sy merasakan nyeri diperut bwh sebelah kiri seperti perut mengeras, yg sy tanyakan apa kista sy smakin membesar atau ada penyakit lain?

  20. 906
    DHieta AureLi Says:

    Dear Dr. Sukma..
    sy Dhieta mahasiswa tingkat akhir kebidanan,,
    Sy sdg meneliti pengaruh usia thd kista Ovarium..
    apkh dokter punya data kejadian kista ovarium di dunia, indonesia, dll.
    Terima kasih Dok..

  21. 905
    erna Says:

    Dear Dr Sukma,
    Kenalkan sy erna & butuh konsul, mohon dibantu.
    Sy pernah operasi kista endo 2x, di ovarium kanan diametr 5,3 & 5,9 cm (maksudnya uda operasi tumbuh lagi), eh skrg tumbuh lagi 2,58 cm. Hasil patologi dulu tidak ganas. Sy mo coba terapi daun sirsak & pantangan makanan : ayam & telur broiler & tahu, susu kedele, tempe, dan kurangi yg berlemak2 :daging, seafood, & susu sapi jg.
    Masalahnya itu semua pasokan utama gizi buat sy, krn sblmnya sy rutin konsumsi susu, telur, tahu tempe, jadi takut salah pantang tar kurang gizi/hypotensi. Pertanyaannya :
    - apa benar phytoestrogen di tahu, susu kedelai, dan tempe berbahaya bagi kista
    - jika benar, setelah fermentasi jd tempe, kandungan phytoestrogennya itu bertambah or berkurang?
    - apa telur & ayam kampung di industri sekarng aman dr suntik hormon?
    - apa susu sapi & keju jg musti pantang utk kista?

    Terima kasih banyakkk
    erna

  22. 904
    dewi Says:

    Dear Dokter Sukma,
    Dok saya mau nanya, udh 1 bulan saya operasi kista ovarium, dan kedua saluran tuba saya di angkat, yg saya ingin tanyakan, setelah kedua saluran tuba saya di angkat apakah bisa tumbuh lagi tuba saya dok,,? trs masih bisa punya anak nggak. terima kasih dok!

  23. 903
    NN Says:

    Malam dok… Dok, umur saya 35 th, blm menikah. 4 bln yg lalu tdk haid. Ke dokter (dr. bilang tdk ada mslah) di beri obat lalu haid 1 bln stlhnya. Bln selanjutnya tdk haid lg. Sy minum lg obatnya (sktr 20 btr) tp tdk jg haid hinggga 2 bulan skrng (april & mei). Saya merasa perut sy mengeras dan membesar, spt ditekan hingga sesak nafas. Apakah itu tanda tumbuh kista? Mohon jawaban dikirim ke email saya ya dok.. Terimakasih atas jawabannya

  24. 902
    dwi Says:

    Malam dok, saya usia 31 thn blom punya keturunan mau tanya saya sdh USG ternyata kata dokternya saya ada kista atau tumor jinak 6 cm beliau berharap padasaat haid ini akan mengecil tp seminggu kemudian saya haid ternyata kistanya tidak mengecil malah menjadi 6,5 cm namun kata dokternya jgn khawatir dan saya hanya diberikan obat norelut untuk mengatur haid, haid saya tiap bulan datang cuman kadang mundur seminggu atau dua minggu. Hubungannya apa obat itu dengan kista saya? Apakah obat itu bisa mengecilkan kista saya juga? Katanya ditunggu dulu sampe 6 bulan saya khawatir jg tp takut juga untuk dioperasi. Satu lagi dok adakah obat yang bisa mengecilkan kista, mohon sarannya dok dan dibalas di email saya, terima kasih banyak infox

  25. 901
    nonik Says:

    Hai dok,
    Sy usia 26th,dok di vagina sbelah kanan sy ada benjolan keras sy ketahui 1 bln yg lalu. 6 hari yg lalu sy ke dr spesialis kulit dan kelamin kata dokter sy trkena infeksi kelenjar bartholini, sy di beri 2 macam obat: nonflamin kapsul dan biothicol 500 mg, kata dokter akan kempes dan tdk bahaya.namun smp saat ini blm kempes jg dan obat tnggal 2 kapsul. Apa yg harus sy lakukan dok? Apakah hrs di oprasi agar benjolan trsbt hilang? Sy sgt takut dok, apakah ada obat lain yg dapat menyembuhkan dok? Trmksh.

Pages: « 39 38 [37] 36 35 34 33 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe