Kista 2Kista 1Tumor yang sering pada wanita selain yang mengenai rahim dan leher rahim, adalah kista ovarium yaitu kista yang tumbuh pada indung telor wanita, bisa sebelah kanan, kiri atau keduanya kanan dan kiri (bilateral).

Gejalanya adalah perut yang membuncit, padahal tidak hamil. Dirasakan sakit perut bagian bawah yang terasa tumpul, hilang-timbul bisa diperut bawah sebelah kiri atau sebelah kanan, bisa juga  kiri dan kanan. Menstruasi dapat terganggu atau tidak. Tentu tidak mudah mengetahui apakah kista yang ada itu jinak atau ganas? Mau tahu?

Secara umum kista jinak tumbuhnya perlahan, tidak sakit, kecuali bila ukuran sudah cukup besar, keadaan umum penderita masih baik artinya selera makan dan minum biasa tidak berkurang, tidak pucat dan badan tidak dirasakan lemah. Pasien kelihatan biasa saja, kecuali perut yang makin lama makin membuncit.

Kista ganas dapat diduga, bila pertumbuhannya cepat atau sangat cepat, badan penderita tampak kurus, wajah pucat, seluruh tubuh dirasa lemah tak bertenaga. Apalagi bila disertai perdarahan yang tidak normal…

Apabila kista telah diangkat/dioperasi, ganas tidaknya dapat diduga dari gambaran makroskopiknya : bila padat seluruhnya atau sebagian, kemungkinan ganas ada. Apabila bentuknya kistik transparan, seperti balon udara, kemungkinan besar jinak…

Mengenai penyebabnya, selain faktor genetik dan hormonal ada juga buku yang menyebutkan mengenai bahaya pemberian bedak kepada bayi perempuan setiap kali habis mandi. Butiran talk dapat memasuki organ dalam genetalia, melalui vagina yang terpapar bedak, apalagi biasanya ibu-ibu memberi bedak tebal disekitar kemaluan. Jadi sebaiknya tinggalkan kebiasaan membedaki seluruh tubuh bayi. Cukup dikeringkan dengan handuk…

Nah, pagi ini di laboratorium saya diterima kista berdiameter 16 cm dengan bagian kistik dan padat-lunak. Pada pembelahan, tampak seperti gambar dalam artikel ini. Saat dibelah, tampak massa kuning seperti mentega, juga ditemukan rambut dan massa kecoklatan seperti terlihat pada gambar.

Setelah dilihat dibawah mikroskop, maka diagnosis saya Mature cystic teratoma, tumor jinak. Beruntunglah penderita berumur 26 tahun yang kistanya termasuk kista jinak. Setelah dilakukan operasi ini. biasanya masalah sudah selesai. Tidak ada kekhawatiran akan kambuh atau lain-lain… Amien.

Popularity: 53%

Posted Thursday, May 15th, 2008 at 7:32 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

956 Responses to “Kista Ovarium, bisa jinak, bisa ganas. Pemakaian bedak pada bayi perempuan turut berperan”

Pages: « 39 … 11 10 9 [8] 7 6 5 … 1 » Show All

  1. 200
    melati Says:

    Ok! trimakaish bnyk doc..
    misalkan penderita seperti sy klu ke gusmuh berpa biaya nya doc..
    trs gmn cara pengobatanya cukup sekali langsung sembuh ato harus berangsur..soalnya sy kan jauh dr jkrta
    syarat apa ajh yg harus di bawa
    Dan bila datng langsung di tangani apa harus antri beberapa hati
    hari apa aja buka prakteknya..

    Mudah-mudahan jgn smpai kesana sy dah sembuh AMin.
    Tp mengingat dianogsa sy yg terkahir harus berusaha lbih maksimal lg.
    1minggu lg sy menunggu dhsil scan terkhir..
    karna di undur tgl5

    Moga Allah Swt membalas segala Amal dan kebaikan doc..
    Amin

  2. 199
    ain Says:

    malam dok,
    saya ain (20th).. sy mw tanya dok, seminggu setelah saya haidh (sekarang).. tiba2 saya keluar cairan berwarna coklat.. awalnya sy kira darah haidh biasa.. ternyata coklat.. kira2 itu apa ya dok.. sy juga pernah mengalami hal ini tp udah lama banget! malah pernah 5hr n bisa dibilang pengganti haidh.. tp yang sekarang rada berbau.. dan sakit perut spt orang haidh.. tlg penjelasannya y dok.. berbahaya atau tidak? n apa yang harus sy lakkukan n yang hrs sy hindari? mksh sebelumnya

  3. 198
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yunita,

    PID atau pelvic inflammatory disease harus dibereskan dulu. Agar tidak terjadi perlengeketan saluran telur.
    Bila PID berlarut-larut, kemungkinan anda bisa hamil menjadi semakin kecil. So, hurry up visiting your OBGY.

  4. 197
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dewi Herawaty,

    Anda bisa coba ke terapi alternatif Gus Muh. Karena disana TIDAK dilakukan massage yang SANGAT TIDAK BOLEH atau KONTRA INDIKaSI pada penderita kista. Bila karena massage kista pecah, maka akan semakin REPOT menanganinya..

  5. 196
    Dr. Sukma Says:

    Halo Binggung,

    PID yaitu pelvic inflammatory disease, artinya terjadi peradangan pada rongga pelvis anda yaitu mengenai tuba dan ovarium. Sebaiknya TUNTASKAN dulu PID, untuk MENCEGAH perlengketan lumen tuba, sehingga kemungkinan hamil nanti, masih ada (bila terjadi perlengketan, maka saluran telur akan tersumbat, sehingga kehamilan jadi mustahil).

  6. 195
    Dr. Sukma Says:

    Halo Melati,

    Kista endometriosis adalah kista yang terbentuk akibat adanya jaringan endometrium diluar lokasi normal di dalam rongga uterus. Jadi setiap kali menstruasi, maka jaringan ektopik ini akan turut juga mengalami pengelupasan dan mengeluarkan darah haid. Dapat dibayangkan betapa sakit/nyeri yang dirasakan.

    Karena anda masih muda(22tahun), maka kemungkinan bisa hamil masih ada ASALKAN anda masih mempunyai indung telur/ovarium. So keep on praying, may GBU…

  7. 194
    melati Says:

    oya doc.

    kista sy endometriosis
    berbahayakan?
    sy blum punya anak?
    brp lama rahim sy bs kuat , krna seblumnya dah di oprasi besar2an..
    tindakan apa yg sy hrus lakukan skrg doc..

    mohon penjelasanya
    Jazakallah Khair

  8. 193
    melati Says:

    ASS”..doc yg baik hati
    sy sblumnya dah di oprasi juni 2008 kista ovarium 16cm tp stelah di oprasi gak 16cnti tp kista ada 3.dan kanan pun ada kistany.rahim sy yg kiri sudah kiri sdh di angakt.stelah 6bln di oprasi ke docter lg dscan rahim kan ada kista lg 5centi.maret dscan hsil terhir scan ancuuuur..di kanan 7.6cm dan ada 1.5 x 1.4 dan kiri yg rahimnya dah di buang di tubenya ada kista 5.5cm dan tgl 28 april sy dscan.mg kista sy gk makin membesar.stelah 6bln di oprasi sy minum noni,minum kiunyit putih,kuning,pake pembalut herbal AVAIL.dan skrg habbatusauda.terhir sy ke ustad haryono.
    sy akn trs brusaha jgn smpai di oprasi lg.

    apakah kemungkinan hamil masih ada?
    umur sy 22.menikah april-2008
    kista sy gk ada keluhan dtgbln biasa stelah di oprasi
    tp anehnya bnyk ya kistanya.kt dcter gk ada kanker

  9. 192
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yuni,

    Karena wanita mempunyai dua indung telur, maka kemungkinan pada kasus mertua anda kista kali ini timbul pada indung telur/ovarium yang satunya lagi. Bila 5 tahun lalu diangkat kista kanan, maka kali ini kista ovarium yang kiri. Demikian sebaliknya.

    Terapi kista satu2nya secara medis adalah diangkat/operasi. Bila mau coba cara lain, coba kunjungi terapi alternatif Gus Muh di Jakarta Timur.

  10. 191
    Dr. Sukma Says:

    Halo Selvi,

    Colon cleansing itu baik dan berguna untuk membersihkan segala macam racun/toxin dan bahan berbahaya lain didalam usus besar.

    Namun, karena kita makan setiap hari maka usus besar/kolon kita dimasuki lagi oleh berbagai bahan termasuk racun, jasad renik dan bahan kimia berbahaya lainnya. Pendapat saya bila hanya dilakukan satu kali, kurang bermanfaat. Bila colon cleansing dilakukan periodik dan teratur, itu BARU bermanfaat. Akan tetapi cara ini sudah tentu memerlukan dana yang sangat besar.

  11. 190
    YUNI Says:

    Halo dok,
    saya mau tanya, mertua saya usia 50th sering mengeluh sakit di perut bawah, dan hasil usg 3 hari lalu positif kista ovarium. Padahal 5 tahun yang lalu sudah dilakukan pengangkatan rahim krn kista juga.
    Apakah penyebab timbulnya kembali kista tsb?
    Apakah ada cara lain dari pada operasi pengangkatan?
    Mertua saya sepertinya trauma kalo harus dioperasi lagi.
    oh ya saya t
    Terima kasih

  12. 189
    selvi Says:

    Malam dok,
    saya mau tanya mengenai program colon cleansing/cuci usus, apakah itu boleh/aman dilakukan ? sebab saya pernah mendengar hal itu untuk membersihkan kotoran yg menempel di usus kita, karena katanya sisa2 kotoran itu bisa menimbulkan racun dalam tubuh kita, yang menyebabkan bermacam-macam penyakit, benarkah itu? Terima kasih dok…

  13. 188
    rara Says:

    hai dok..

    klo mL pada saat haid bisa menyebabkan kehamilan atau tidak?

    trus, mL pada saat itu menyebabkan kista?

    tolong jawabannya..!!

  14. 187
    Binggung Says:

    dok..

    bersambung dari yang di atas..

    satu lagi pertanyaan saya,apakah PID bakal mempengaruhi kehamilan saya? saya ada baca2 berita kalau Ibu menderita PID, bayi bisa lahir dengan infeksi mata.. apa betul itu dok?

  15. 186
    Binggung Says:

    Siang Dok,

    Saya berusia 25 tahun yang tinggal di LN akan menikah dalam beberapa bulan lagi, berapa hari yg lalu ada pergi ke RS untuk periksa POP SMEAR, sebelumnya saya ada beritahu dokternya kalau saya haid ,perut sakit sekali biasa harus tidur baru bisa sembuh sangking sakitnya. Lalu sewaktu di periksa ( tidak di USG ) dokter bilang saya terkena PID Pelvic Inflammatory Disease, ada di kasih obat makan, lalu 4 hari kedepan mau pergi ambil hasil test nya.

    Pertanyaan saya, apakah saya bisa hamil lg? sebelumnya pernah gugurkan kandungan 2x.

    Tolong dibantu yah dok.. saya bingung sekali..

  16. 185
    echa Says:

    Slmt mlm, dok..
    Usia sy 30 thn, blm menikah. Siklus haid sy biasanya 30-31 hr, namun 4 bln blkgan mjd 26-28 hr, dgn lama haid tetap sktr 10 hr. Saat haid ya hanya pegal2 saja, kdg nyeri, tp tdk sampai yg sgt sakit skali. di luar waktu haid kdg merasa nyeri dan kaku di abdomen bwh. Stlh sy amati, umumnya trjdi di sktr hr ke-14 (saat ovulasi ya, dok?) di hr2 sktr ovulasi itu pula biasanya saya mengalami flek sktr 1 hr saja, dan keluar gumpalan seperti daging seukuran hati ayam. Itu apa ya, dok? Tp di bln ini mulai hr ke 14 sy malah bleeding lg, tdk byk sprti haid, berwarna coklat, selama 4 hr. Sktr 1 thn lalu jg pernh begitu, tp warnanya merah muda. Itu brlsg selama 4 kali siklus haid. Saat sy berencana utk periksa, trnyata di siklus brktnya hanya muncul flek saja sprti biasa, shg batal periksa.
    November lalu sy check-up, dr hsl usg ada kista simple bilateral di ovarium ukuran sktr 2 cm, dan kista simple di payudara kanan ukuran 2 cm jg. Sy cek usg lg di RS lain, utk yg payudara benar ada.. Tp yg di ovarium diblg tdk ada, paling hanya folikel ktatanya. Krn diblg tdk ada, sy tdk konsul ke SpOG.
    Dgn keluhan sy skrg, apakah perlu USG lg ya, dok? Apakah flek dan gumpalan yg sy alami menandakan ada yg tdk beres? Kapan sih dok waktu yg paling tepat utk melakukan USG? Trmksh byk ya, dok.. maaf ceritanya pjg..

  17. 184
    ika Says:

    hai dok, saya ika saat ini usia saya 24 thn dan belum menikah.saya menderita kista di ovarium kiri sebesar 9×8 cm.dan dokter menyarankan saya agar segera di angkat. yang ingin saya tanyakan, adakah cara lain yg tidak mengharuskan saya untuk dioperasi, mengingat kista tersebut sdh lumayan besar?dan apakah nantinya saya akan sulit mendapatkan anak?krn dokter jg menyarankan saya agar segera menikah. terima kasih.

  18. 183
    Yunita Says:

    Sore Dok,

    Saya tinggal di luarnegeri, hari ini baru pegi RS periksa, dokternya bilang saya kena PID pelvis chronic, ada di kasih obat makan. Yg mau saya tanyakan, apakah nanti saya bisa hamil? karena kira2 4-5 bulan lagi saya mau menikah.. bagaimana ini dok?

  19. 182
    dewi Says:

    Siang Dokter.,

    Dok saya mau tanya.,apakah ibu hamil boleh minum Pocari Sweat?? Saya lagi hamil muda.,usia kandungannya saya 10minggu.,susah banget makan jadinya badan lemes. Oya dok satu lagi pertanyaan saya,klo mau konsumsi vitamin Prolacta perlu konsultasi dokter kandungan dulu apa tidak ya dok?? Terima kasih atas informasinya.

  20. 181
    Dewi Herawaty Says:

    Dok, saya mau nanya nih, saya juga punya kista letaknya di ovarium kanan sekarang sudah 3 x 3 cm. Dokter kandungan saya menyarankan untuk melakukan terapi hormon yaitu dengan disuntik “Endrolin” tp yang saya tahu suntikan tersebut banyak efek sampingnya jadi sarannya tidak saya lakukan. Sekarang saya lagi mencari alternatif cara penyembuhan yang lain kalo dioperasi kata dokter masih kecil ukurannya. Jujur saya jadi agak stress juga sih, soalnya takut tambah besar. Jadi i really need your opinion now, thanks a lot doc.

  21. 180
    Ana yulianti Says:

    Dr. Sukma. Saya butuh skali informasi dr Dr.Sukma. Adik sepupu saya 1bln yg lalu d operasi karena kista ovarium. Yg termasuk ganas. Sudah hampir 1kilo dalam wkt 2 minggu. Setelah d operasi ternyata selang 1 minggu dah tumbuh lg dok. Sekepelan tangan bayi. Dr nya menyarankan u di kemo. Perlu dr ketahui umur adik saya masi 17th. Dan blm pernah mens. U sementara kel keberatan kalo menjalani kemo dgn demikian mencoba u mencr alternatif. D karenakan kel takut terjadi apa2 dan ng bisa hamil. Terima kasi sebelum ny dokter. Kami sangat membutuhkan saran dr.

  22. 179
    ajeng Says:

    terimakasih buat informasinya. jujur sangat menambah pengetahuan saya…

  23. 178
    Lia Says:

    Dokter Sukma,mau nanya nih..
    2mgg stl menikah sy mjalani laparatomi kista ovarium bilateral knn 6,5cm kiri 5cm(1 bln yll)..sljtnya sy terapi endrolin slm 6bln(saat ini br 1x suntikan).
    Yg ingin sy tanyakan,kondisi perut msh agak pegel apa itu wajar dan brp lama lg dnyatakn sembuh? Apakah sy hrs tes HSG dan cek Tokso/ ACA?
    Terimakasih ats jwbny dok..

  24. 177
    Linda Says:

    dok,1bln yg lalu sy laparatomi kista ovarium bilateral,knn 6,5cm dan kiri 5cm..yg sy rasakan bag atas jahitan msh agk pegel..apakah itu wajar?sljtnya sy terapi endrolin slm 6x..apakah sy msh bs hamil? Perlukah sy cek HSG dan cek darah utk mengetahui apakah ada tokso atau aca?
    Terimakasih

  25. 176
    Tata Says:

    Dokter,

    Mau tanya nih..apakah benar pungsi kita itu lebih beresiko dibandingkan laparatomy? saya ada riwayat kista. Yg pertama kista endometriosis 6cm, ganas dan sudah diobati dg laparotomy. Setahun kemudian, timbul lagi kista perlengketan (pseudo cyst) sebesar 9cm dan diobati dg laparoskopi. Diakhir tahun yg sama (2008), dilakukan pungsi kista sbg bagian dari proses inseminasi. Nah, ternyata saat ini saya diganggu kembali dg kista ini, ukuran 14cm. Seorang dokter menyarankan utk saya angkat 1 ovarium agar tdk terulang terus-menerus. Padahal saya pikir jika bisa diobati dg pungsi, knp harus dioperasi (laparotomy). Alasan yg disebutkan adalah pungsi bisa beresiko menjadi racun jika ada tumpahan yg terjadi pd saat dilaksanakan tindakan pungsi tersebut. Apakah benar demikian? Menurut dokter perlukan ovarium saya diangkat?

    Makasih sebelumnya…

Pages: « 39 … 11 10 9 [8] 7 6 5 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe