Kista 2Kista 1Tumor yang sering pada wanita selain yang mengenai rahim dan leher rahim, adalah kista ovarium yaitu kista yang tumbuh pada indung telor wanita, bisa sebelah kanan, kiri atau keduanya kanan dan kiri (bilateral).

Gejalanya adalah perut yang membuncit, padahal tidak hamil. Dirasakan sakit perut bagian bawah yang terasa tumpul, hilang-timbul bisa diperut bawah sebelah kiri atau sebelah kanan, bisa juga  kiri dan kanan. Menstruasi dapat terganggu atau tidak. Tentu tidak mudah mengetahui apakah kista yang ada itu jinak atau ganas? Mau tahu?

Secara umum kista jinak tumbuhnya perlahan, tidak sakit, kecuali bila ukuran sudah cukup besar, keadaan umum penderita masih baik artinya selera makan dan minum biasa tidak berkurang, tidak pucat dan badan tidak dirasakan lemah. Pasien kelihatan biasa saja, kecuali perut yang makin lama makin membuncit.

Kista ganas dapat diduga, bila pertumbuhannya cepat atau sangat cepat, badan penderita tampak kurus, wajah pucat, seluruh tubuh dirasa lemah tak bertenaga. Apalagi bila disertai perdarahan yang tidak normal…

Apabila kista telah diangkat/dioperasi, ganas tidaknya dapat diduga dari gambaran makroskopiknya : bila padat seluruhnya atau sebagian, kemungkinan ganas ada. Apabila bentuknya kistik transparan, seperti balon udara, kemungkinan besar jinak…

Mengenai penyebabnya, selain faktor genetik dan hormonal ada juga buku yang menyebutkan mengenai bahaya pemberian bedak kepada bayi perempuan setiap kali habis mandi. Butiran talk dapat memasuki organ dalam genetalia, melalui vagina yang terpapar bedak, apalagi biasanya ibu-ibu memberi bedak tebal disekitar kemaluan. Jadi sebaiknya tinggalkan kebiasaan membedaki seluruh tubuh bayi. Cukup dikeringkan dengan handuk…

Nah, pagi ini di laboratorium saya diterima kista berdiameter 16 cm dengan bagian kistik dan padat-lunak. Pada pembelahan, tampak seperti gambar dalam artikel ini. Saat dibelah, tampak massa kuning seperti mentega, juga ditemukan rambut dan massa kecoklatan seperti terlihat pada gambar.

Setelah dilihat dibawah mikroskop, maka diagnosis saya Mature cystic teratoma, tumor jinak. Beruntunglah penderita berumur 26 tahun yang kistanya termasuk kista jinak. Setelah dilakukan operasi ini. biasanya masalah sudah selesai. Tidak ada kekhawatiran akan kambuh atau lain-lain… Amien.

Popularity: 53%

Posted Thursday, May 15th, 2008 at 7:32 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

956 Responses to “Kista Ovarium, bisa jinak, bisa ganas. Pemakaian bedak pada bayi perempuan turut berperan”

Pages: « 39 … 12 11 10 [9] 8 7 6 … 1 » Show All

  1. 225
    Dr. Sukma Says:

    Halo Marsha,

    Kondisi anda perlu diperiksa dengan teliti. Selain pemeriksaan hormon, mungkin diperlukan USG untuk melihat organ dalam kewanitaan anda apakah normal, kecil atau malah tidak terbentuk/tidak ada.

    Jadi semua itu perlu dilihat dan diketahui sebelum menegakkan diagnosis kelainan/kondisi anda.
    Maka itu, kunjungi dokter kebidanan agar diperiksa cermat..

  2. 224
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mia (post 213),

    Anda keputihan khronis dan sangat menggaggu.Dari keluhan yang anda tulis kemungkinan disebabkan jamur Candida albicans. Diperlukan terapi anti jamur yang potent.
    Dan INI PALING PENTING. Hasil colposcopy anda dikatakan menderita servisitis, PRE-CANCER. Sebaiknya kondisi ini diPULIHKAN dulu ke normal. Mungkin dengan konisasi/conization atau cauterization, tergantung diagnosis persisnya. Kondisi pre-cancer inilah yang menyebabkan terdapat flek2 sehabis berhubungan sex. Anda tidak mau khan menderita kanker serviks?

    Mengenai perut anda yang semakin membesar, dengan hasil USG ditemukan kista diameter 4 cm. Kista akan semakin membesar setiap hari,kemungkinan Februari lalu belum terdeteksi, ukuran masih sangat kecil. Biasanya bila kista sudah berdiameter 5 cm atau lebih, dokter kebidanan akan melakukan operasi kistektomi.

    Saran saya sebaiknya kista diangkat, lalu dilakukan pemeriksaan PA, agar jelas diagnosis pastinya. Karena wanita punya dua ovarium, jadi jangan khawatir, anda masih punya peluang untuk HAMIL lagi dikemudian hari setelah semua permasalahan penting diatas dituntaskan, OK.

  3. 223
    diana Says:

    hallo dok…saya mau bertanaya..saya sering mengalami keputihan berwarna putih susu agak kekuning kuningan dan berbau dan kadang2 menimbulkann rasa gatal.perut bawah bagian kiri dan kanan sering sakit tapi bergantian kadang hanya kanan,atw kiri saja.dan kl menjelang haid vagina saya sering terasa nyeri spt di tusuk2,sampai ke dubur dan rasanya sprt ingin buang air besar.dan kl sudah sprt ini saat kencing perut saya akan terasa nyeri.dan kencing rasanya tdk tuntas.saya sudah beberapa kali memeriksakan diri ke dr.spkk tapi tdk juga sembuh.tolong dok..kira2 saya menderita pnyakt apa?dan saya hrs periksa kemana?..terima kasih…

  4. 222
    zahra Says:

    selamat pagi dok.sukma
    saya gadis berusia 19th,sejak SMA kelas 1 sampai sekarang saya selalu mengalami nyeri pada saat haid pada hari pertama tapi setelah minum obat nyeri saya hilang. dan saya sering mengalami terlambat datang bulan. apakah itu tanda-tanda kista? trmkash

  5. 221
    Mia Says:

    please…info untuk post comment 213

  6. 220
    Dr. Sukma Says:

    Halo Livia,

    Setelah operasi pengangkatan kista ovarium, kemungkinan KAMBUH bisa terjadi bila, pertama kista itu jenisnya kista endometriosis dan saat operasi terjadi pecah kista. Cairan dan jaringan kista yang pecah ini berpotensi akan menimbulkan kekambuhan, dikemudian hari.

    Yang kedua, bila kista yang diangkat ganas, sedangkan tidak mungkin dilakukan pengangkatan secara bersih total bebas dari sel tumor, ini akan kambuh juga.

  7. 219
    livia Says:

    dok,saya ingin tanya:
    apakah setelah operasi pengangkatan kista,adakah resiko kista akan muncul lg? kista saya tumbuh di indung telur sebelah kanan.
    Thank’s atas perhatian dokter

  8. 218
    Dr. Sukma Says:

    Hai Retno,

    You better just observ keluhan anda itu. Jangan cemas dan let it be.. Nanti juga akan normal kembali. Mungkin anda terlalu kecapean akhir-akhir ini.

  9. 217
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ade,

    Kemungkinan anda mengalami radang kandung kemih/cystitits. Jadi sebaiknya periksa urine lengkap. Bila ternyata lekosit tinggi dan ditemukan bakteri atau jamur, dll. Maka hal ini perlu pengobatan yang jitu.
    Kunjungi dokter penyakit dalam atau urolog.

  10. 216
    retno Says:

    Siang dok,
    Saya remaja 21thn. Saya mo tanya, sekitar lima hari yang lalu saya selesai mens, tp sekarang kok keluar darah lagi ya dok, tp cm setetes2 gt, udah 2 hari ini. Yang saya takutkan, apakah itu tanda2 kista or kanker rahim???saya msh perawan dan blm menikah. Saya takut banget dok. Tidak ada tanda2 yg mencurigakan yg lain, cm kmrn bersamaan darah itu kluar, perut saya terasa nyeri seperti ketika mens hari pertama, tp cm beberapa jam doank. Bantu saya dok, apa yg harus sya lakukan. Terimakasih.

  11. 215
    yanti Says:

    dok,tmn sy ad kist dirahimny 2 bh,g yakin dgn 1doktr dia periksa k doktr lain trnyt itu bkn kista.kok bs beda diagnosa y dok ?tp siklus dtg blnny g lancar pdhl dia g KB.bln jan’09 kmrn sy iseng usg kt dokt ad kista ovarium 2mm,dtg bln sy lancar tiap blnnya kdg mj 2hr kdg pas tgl dan g ad keluhan ap2,ap sy prl konsultasi k doktr laen dok utk tau pst ad kista ap g?jgn2 nt diaknosa 1doktr dgn yg laen bs beda.thx

  12. 214
    ade Says:

    siang dok,
    Saya mau tanya kenapa ya dok, akhir2 ini setiap saya berhubungan dengan suami pasti kebelet pengen pipis??
    terima ksaih dok..

  13. 213
    Mia Says:

    halo Dok..saya Mia umur 34 thn, setahun yang lalu saya menderita Infeksi Kronis di serviks..dan sampai sekarang masih minum obat dari Normah Hospital, Kuching M’sia dan saya dinyatakan kelebihan hormon laki-laki.Februari yal..sya check lagi dan masih dinyatakan ada infeksi dan setelah dilakukan kolposkopi dan biopsi dokter menyatakan cronic servitis dan bisa dibilang pra cancer , riwayat saya sering keputihan…seperti kepala susu dan berbau has..jika buang air kecil.sudah 2 tahun ini jika haid sy hanya pakai pantyliner karena sdikit saja.dan sdh 4 kali jika setelah selesai berhubungan mengeluarkan flek. bulan april kemarin sya tidak dapat haid dan cek ke dokter lokal tp tidak hamil hanya diemukan kista sebesar 4 cm, padahal waktu februari di cek melalui usg tidak ada kista.hanya sekarang perut saya smakin besar dan jika duduk jadi sesak padahal sya tidak makan banyak.bagaimana menurut dokter dan apa yang mesti sya lakukan? trims (anak saya baru 1 laki-laki 8 tahun dan tidak pakai kontrasepsi selama 6,5 tahun)

  14. 212
    anis Says:

    Sore Dokter.,

    Dok saya hamil 3 bulan.,waktu periksa hanya dikasih obat Folavit,belakangan ini kepala saya pusing banget,kemungkinan karena kurang darah, temen nganjurin ke saya untuk minum Hemobion, menurut dokter untuk minum hemobion itu harus konsultasi dokter dulu / tidak? trus bagusnya sehari berapa kali ya dok minumnya? Oya dok klo obat Kalk itu untuk tulang ya.,apakah boleh juga ibu hamil mengkonsumsi itu.,sehari berapa kali ya dok?
    Terima kasih banyak dokter atas bantuan informasinya.

  15. 211
    Dr. Sukma Says:

    Halo Shannie,

    Bila anda tidak mual-muntah pada kehamilan 7 minggu in, sebaiknya vosedon TIDAK USAH diminum. Simpan sebagai cadangan, bula nanti anda mual atau muntah, baru diminum.

  16. 210
    shannie Says:

    malam dok.. sy seorang ibu rumah tangga.. skrg sy hamil 7 minggu.. sy ingin tanyakan apakah vosedon baik buat sy?? sy diresepkan dokter vosedon.. tapi sy tidak merasa mual dan muntah. Trims dok.. sy mohon balasan dari dokter..

  17. 209
    Dr. Sukma Says:

    Hai Winda,

    Rasa nyeri sepertti diremas saat haid, itu normal. Sekarang tinggal INTENSITAS nyerinya. Bila SANGAT nyeri sehingga anda tidak bisa beraktivitas, ini BARU harus diwaspadai kemungkinan endometriosis/kista coklat.

  18. 208
    winda Says:

    Halo dok,,
    Sya winda,sya mau tanya koq setiap menstruasi hri pertama sya merasakan sakit seperti diremas atau ditusuk pada perut.Yg mau sya tanyakan,apa ada masalah dengan sya karena rasa nyeri saat menstruasi?mengingat dulu kakak sya juga mengalami hal tersebut dan ternyata dia mengidap kista..
    Mohon penjelasannya..
    Makasih

  19. 207
    selvi Says:

    Terima kasih atas jawabannya Dr.Sukma
    Dokter bilang kalau colon cleansing itu sebaiknya dilakukan secara periodik & teratur, kalau itu dilakukan harus dalam jangka waktu berapa lama? dan apakah dokter mengetahui dimanakah tempat yang bagus untuk colon cleansing.
    Terima kasih dok…

  20. 206
    boy Says:

    Sore Bu Dokter, calon istri saya berumur 24 tahun, dulu dia pernah ada gejala kista dan diberi obat saja oleh dokter, setelah beberapa bulan sering mengalami sakit perut yg luar biasa, setelah check up ternyata sekarang ada kista yg sdh 2,5 cm, disebelah kiri ovarioum dan kata dokter itu kista endometrioma. Yang mau saya tanyakan,
    1. Jika dilaser apa kah bisa sembuh total atau ada kemungkinan tumbuh lg?
    2. pencegahan agar tdk tumbuh lg apa Dok?
    3. jika msh tersisa apakah nanti bisa hamil dan kistanya bs hilang/sembuh?
    terimakasih….

  21. 205
    Marsha Says:

    Dok,sy perempuan brumur 19th,mgpa smpai skrg blm dtg bln? Dan prtmbuhan sekunder spti bntk pinggul sy kcil pyudara sy jg blm tmbuh smpurna spti gadis seumuran sya.mengapa bs spti it dok? Ju2r Sy tkt bila hrs periksa k dkter.
    Trma ksh

  22. 204
    Bierra Says:

    Sore Bu Dokter. Saya berumur 25 tahun. setiap selesai berhubungan badan sering mengalami sakit setelah berkisar 2 atau 3 hari. sakitnya di daerah perut bawah bagian kiri yang kalau ditekan dengan jari rasanya mengeras. terkadang sakitnya membuat keringat dingin, badan lemes dan terkadang mengeluarkan cairan kental ataupun cair dari vagina. kalau boleh tahu gejala apa ya dok.

  23. 203
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tiwi (post 202),

    Bila benjolan sudah sebesar ‘bola pingpong’ sebaiknya dilakukan FNAB yaitu biopsi jarum halus pada benjolan tersebut. Ada dua kemungkinan pada benjolan tsb, yaitu peradangan atau neoplasma/kanker.

    Jadi SEGERALAH datangi dokter penyakit dalam, agar dirujuk ke dokter spesialis PA untuk dilakukan FNAB. The sooner, the better. Jangan pelihara penyakit apalagi anda berdua akan segera menikah.

  24. 202
    Tiwi (Melati Widyasari) Says:

    Slmt siang Dok,
    Saya mau tanya.
    Calon suami saya, di paha atas sblh kanan nya ada jendolan.. Itu sejak 3 taun lalu. Tapi dulu ukurannya sangat kecil. Makin ksini smakin besar *seperti bola pingpong mungkin*. Katanya agak sakit.
    Itu apa ya Dok? Apakah kista atau sejenisnya?
    Sebaiknya dilakukan pemeriksaan gak? Kemana ya Dok? Mohon petunjuk ya Dok. Kami akan menikah insya Allah Februari 2010. Terima kasih Dok.

  25. 201
    melati Says:

    Doc..apa ada pantang makanan bt penderita endometriosi..
    Apa ajah..
    Dan makanan apa yg paling bagus di konsumsi
    untuk mencegah kista biar gak menyebar kemana2..

    sy dah berusaha menghundari goreng2an,jeroan,chiken wing tp kadang masih mkn..
    makan sayur berwarna hijau,dan ikan pun di kukus,buah
    tp sy tiap hr mkn telor ayam kadang am mie ,rebus/goreng.
    Anehnya dulu sblum di oprasi berat bdn 49.stelah di oprasi 40kilo..skrg naik jadi 53..melar
    dah tdk ada keluhan apapun tiap dtgbln.

    Tp koq klu dtgbln mengeluarkan flek hitam tp gk hitam banget gede2 1/3 hati ayam ghtu Pas hri pertama dan hari keDua dtgbln..klu kluar fleknya rasanya lega banget..
    Apa ini normal doc..tp biasa 1minggu dtgbln selesai
    tnx Ya Doc..

Pages: « 39 … 12 11 10 [9] 8 7 6 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe