En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier kjøpe Generisk Viagra Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

HP 2HP 1HPSakit lambung atau yang biasa disebut sakit maag-dari bahasa Belanda- awalnya memang disebabkan oleh asam lambung yang melimpah dibandingkan jumlah makanan didalam lambung.

Namun sejak 1983, dua dokter dari Perth-Australia, yang kemudian mendapatkan Hadiah Nobel di bidang Kedokteran : Dr. Warren dan Dr. Marshall, mereka  masing-masing adalah pathologist dan internist yang telah menemukan sejenis bakteri didalam sediaan penderita gastritis yang dibiopsi dan kemudian  diberi nama Helicobacter Pylori (HP). Apa dan bagaimana sifat HP ?

HP berbentuk seperti sosis dengan posisi agak melengkung, tampak dua kutub, salah satunya berflagella untuk pergerakan bakteri. Sifat HP sangat kompleks, dan boleh dikatakan mempunyai berbagai senjata, sehingga bisa ‘survive’ didalam lingkungan yang sangat asam dari lambung/ gaster/ maag.

Pertama, HP dapat merubah lingkungan mikro disekitarnya menjadi bersifat agak basa, sehingga dia bisa tinggal dan berkoloni dilapisan lendir mukosa lambung.

Kedua, dia mempunyai alat flagella, untuk membor mukosa lambung, sehingga bisa lebih mudah masuk kedalam dasar kripta/ cekungan mukosa dan menetap ditempat itu.

Ketiga, HP mempengaruhi sistem imunitas tubuh kita untuk tidak mengenali dirinya sebagai benda asing/non-self, melainkan sebagai bagian organ jaringan lambung/self sehingga tidak dapat dikenali sebagai ‘invader’ atau penyusup yang harus diberantas oleh sel limfosit-T. Maka luputlah bakteri HP dari penyisiran sistem imun kita, karena HP tidak terdeteksi sebagai benda asing/non-self.

Ke-empat, HP bisa resisten terhadap terapi yang diberikan, dengan cara bakteri tersebut membuat zat anti terhadap bahan aktif anti-mikroba yang diberikan.

Dan banyak lagi senjata yang dimiliki HP, sehingga dampak yang ditimbulkan oleh peradangan lambung oleh HP menjadi semakin kompleks. Terutama bila HP tidak terdeteksi, maka bakteri akan terus berkembang-biak meluas membentuk tukak lambung, displasia, adenoma dan akhirnya kanker lambung yang sangat ditakuti.

Dan semenjak ditemukan bakteri HP, maka paradigma bahwa ‘sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebih’ telah bergeser menjadi ‘sakit maag disebabkan oleh infeksi/peradangan lambung oleh kuman HP’.

Sudah tentu akibat perubahan paradigma tersebut akan juga pasti mempengaruhi pengobatan sakit maag. Maka tidak mengherankan saat ini pasien gastritis akan diberikan antibiotika yang sesuai untuk HP, bila ternyata pada pemeriksaan biopsi endoskopi lambung pasien ditemukan HP positif.

Bagaimana seseorang tertular HP? Banyak cara dapat dilalui oleh bakteri HP untuk mencapai lambung dan menyebabkan peradangan/infeksi disana.

Pertama, anak-anak akan mewarisi HP dari ibunya/orang dewasa lain yang terinfeksi HP melalui makanan yang dikunyah dulu oleh ibu/orang dewasa lain , sebelum disuapkan ke mulut anak. Makanan yang terkontaminasi HP dari air ludah si ibu/ pemberi makanan yang sebelumnya dikunyah/mastikasi. Kebiasaan seperti ini sangat populer dan biasa dilakukan di Afrika dan berbagai daerah di Indonesia. Jalan penularan seperti ini disebut ‘oro-oral route’.

Seperti penyakit tifus dan cholera, HP dapat juga ditularkan lewat vektor yaitu lalat kotor yang hinggap difeces penderita, dan kemudian  hinggap pada makanan yang tidak tertutup dan  kita lahap sesudah itu.

 Bila tangan yang kotor terkontaminasi feces tidak dibersihkan dengan cermat, maka kotoran yang menempel akan masuk kedalam mulut, bila makan tidak menggunakan sendok alias makan dengan tangan.Cara penularan seperti ini disebut ‘feco-oral route’.

Disinilah pentingnya jamban tertutup dan WC yang  memenuhi syarat kesehatan serta hygiene kesehatan umum yang memadai, dengan menjaga lingkungan selalu bersih dan membiasakan menutup makanan diatas meja yang nanti akan dikonsumsi keluarga.

Tiga gambar pada artikel ini, ditengah kelenjar/kripta lambung dimana tampak beberapa HP dibagian tengah/lumen kelenjar. Gambar kiri dan kanan bila diperhatikan dengan cermat, tampak bakteri HP berbentuk cacing pendek kecil-kecil, diantara massa lendir mukosa lambung, dan berwarna pink-gelap..

Popularity: 25%

Posted Sunday, August 10th, 2008 at 3:50 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

345 Responses to “Helicobacter Pylori (HP), bakteri penyebab sakit maag. Bila tidak dibasmi tuntas, kanker lambung akibatnya”

Pages: « 14 … 7 6 5 4 3 2 [1] Show All

  1. 25
    Herman Says:

    Halo Pak Dedy,

    Saya udah tes darah lagi nih yg ke 2x dan hasilya masih positif H.pylori

    Apa saya boleh minta alamat dokter perancis itu gak? tlg email ke herm4n@gmail.com yach pak. Saya sangat membutuhkannya…

  2. 24
    dedy Says:

    mel & herman :
    sory agak nimbrung sedikit dan berbagi pengalaman.
    saya sudah divonis dokter menderita helicobacter selama 6 bulan dengan test darah….
    begitu share ke orang-orang pada bingung penyakit ginian sampe makan obat lebih dari 6 bulanan gak bae2. padahal makan pantang, minum obat dan makan teratur, namun yang hasil malah naik angkanya, bab-pun sudah lebih lancar daripada kemarin.

    atas anjuran para keluarga saya pindah ke dokter lain, yang merupakan dokter luar negeri (dari prancis)
    si dokter malah marah balik ke gua diblg masa makanin obat mulu selama 6 bulan gak bae2? kalau mau tau ada helicobacter mah bkn di test darah tapi langsung endoskopi.

    karena saran dokter jadi g putuskan untuk endoskopi.
    setelah endoskopi puji Tuhan ternyata sama sekali gak ada luka di lambung ataupun kuman helicobacter positif yang ada saya cm divonis sakit maag biasa dan asam lambung saya tinggi karena keseringan makan bakmi.

    gua tanya dokter kenapa dalam darah diblg ada kuman helicobacter-nya. dia blg KITA (dokter2 dari EROPA) sudah membuktikan berbagai macam test (test darah,urea,nafas) namun yang paling akurat yah endoskopi.

    karena kuman helicobacter itu adanya di lambung seringkali orang terkecoh antara gejala helicobacter dengan penyakit asam lambung biasa (gastiris/maag), masa orang sakit di lambung testnya di darah? n penggunaan antibiotika untuk yang positif helicobacter cm perlu diberi 1-2 minggu setelah itu terapi penyembuhan dengan obat2 non antibiotika….karena kalau makan antibiotik kebanyakan flora dan kekebalan tubuh seseorang akan terus menurun.

    puji Tuhan sekarang saya bebas dari vonis helicobacter dan sedang menjalani terapi untuk asam lambung biasa.

    buat mel dan herman : jangan percaya pada 1-2 dokter…coba periksa ke lain dokter karena setiap dokter jelas kepintaran dan pengetahuan mereka berbeda.
    kan banyak tuh kasus malapraktek di indo.
    hampir aja gua jd korban malapraktek seorang dokter yang prakteknya di daerah jakarta barat (gila makanin obat 6 bulan,test darah tiap 2 minggu tp ternyata gua gak sakit apa2).

    intinya asam lambung naik dari pikiran,stress,pola gaya hidup, dll
    kalau kita stress,makan tidur gak teratur terus asam lambung bisa berubah jadi kuman helicobacter.
    so gak blh stress2…nikmatin aja hidup.

  3. 23
    fakhri Says:

    Halo Dok,
    Saya sakit di bawah ulu hati uda lama, skrg plus kepala pusing kayak mau jatuh g imbang. kayak mau pingsan gitu. dada panas sesak. Tahun 2004 pernah diendoskopi, hasilnya g ada luka tapi menurut dokter nya banyak gelembung2. Tolong kasi tau dok, Biopsi cara pemeriksaanya gmn ? kalo menrut dokter penyakit saya apa ?
    Trimakasih dok

  4. 22
    Dr. Sukma Says:

    Hai Herman,

    Lebih baik dianggap positif HP dan diobati. Karena toh tidak ada efek samping minum antibiotika khusus HP. Kenapa saya katakan begitu, karena IgM HP dalam darah anda positif. At least pernah terjadi infeksi HP yang kebetulan tidak terdeteksi pada biopsi endoskopi.

    Pada biopsi endoskopi dari pengalaman saya, kuman HP keberadaannya bersifat ‘patchy’, artinya pada satu kelenjar dan kripta tampak positif banyak, padahal kelenjar paling dekat disebelahnya tampak bersih, tanpa kuman HP. Bila kebetulan sampel yang terambil pada biopsi endoskopi tidak tampak HP, belum tentu penderita bebas HP. Jadi wiser, bila terapi aja HP tsb.

    Kunjungi internist, bawa hasil lab IgM HP yang positif. Nanti akan dituliskan resep untuk anda, pembasmi HP.

  5. 21
    Herman Says:

    Halo Dok,

    saya mau tanya setelah di endoskopi dan UBT, ternyata HP saya negatip. Tapi setelah di cek darah IgM HP ternyata positip.

    Jadi sebenarnya saya kena kuman HP atau tidak yach? saya jadi bingung? mohon penjelasannya

    Apa yg harus saya banyak makan dan minum dok supaya lekas sembuh?

    Thanks

  6. 20
    Dr. Sukma Says:

    Halo Then,

    Dari apa yang anda tulis, sepertinya anda kena sakit maag. Untuk sementara minum kopi, soft drink, makan nasi goreng dan segala macam gorengan, santan dan buah yang rasanya asam distop dulu. Juga nangka, durian dacn nenas hindari buah tersebut.

    Baca tuntas artikel ini, Insya Allah lambung anda akan baik dan normal kembali.

  7. 19
    then Says:

    hallo dok,
    udah dua hari ini saya sakit perut, jadi ceritanya gini, sore hari saya dan teman saya minum kopi sambil nongkrong, kemudian malam nya makan nasi goreng, eh pas siang nya terasa sakit, buang air besar lansung mencret, waktu itu saya beli obat sakit perut aja, dan perutku udah ga sakit lagi, tapi malamnya nya kambuh lagi, tersiksa kali malam itu, besok aku baru ke dokter, dan saya di kasih obat dan sakit udah jadi mendingan, tapi makan yang susah, perut slalu menolak kalo diisi nasi, jadi aku makan roti aja,
    Kenapa ya dok perut slalu bunyi-bunyi terus, apakah pencernaan saya ga lancar, atau ini gejala sakit maag..

  8. 18
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andi Amnur,

    Memang benar anda menderita dyspepsia, gangguan pencernaan. Setelah obat2 yg diberikan habis, kini tinggal rasa kembung dan perut berbunyi. Saya pikir anda patut mencoba aloevera, seperti yang tertulis didalam artikel ‘Bagaimana agar terbebas…dst’yang menjadi the most popular post di blog saya ini.

  9. 17
    andi amnur Says:

    Dok, Saya Laki-laki, 48 tahun.Awal Desember 2008 Saya mengalami penyakit pada perut, mual dan muntah,(sebelumnya saya makan ikan bakar dan cah kangkung) berkeringat dingin. Saya ke dokter (umum) dan dianjurkan untuk test widal, ternyata hasilnya 1/160 dan trombosit 169.000 dan diindikasi oleh dokter Typust,atau demamberdarah. Saya diberi antibiotik dan anti virus serta obat kembung, dan dianjurkan besoknya utk cek trobosit kembali. Malam nya saya kembali berkeringat dingin, dan saya ke UGD, dan siang nya cek trobosit hasilnya 189.000. Karena perutnya begitu tidak nyaman, dan pusing saya disarankan untuk diopname. Dokter Internis mendiagnosa saya Dyspepsia dan 5 hari saya diperbolehkan pulang, dan diberi obat Vermeta, SanMag dan Pumpitor. Gejalanya sudah agak ringan, tapi walaupun obat tersebut sudah habis namun gejala kembung dan perut berbunyi-bunyi, kadang-kadang berkeringat (telapak tangan dan telapak kaki) Tidur tidak nyenyak.
    Mohon saran dokter
    Terima kasih

  10. 16
    Mel Says:

    oh seperti itu ya? Namun oleh dokter saya, saya dianjurkan periksa darah di lab setiap kali saya mengecek kesehatan lagi, kalau saya sedang menderita keluhan di lambung saya. Saya kadang merasa perih yang luar biasa pada lambung saya, dokter telah memberikan obat berupa cliad, galflux, fixiphar, protop, dan gastrinal. Sebelumnya saya diberikan resep yang sama hanya tanpa fixiphar dan gastrinal namun suspensi lain. Saya sudah minum obat dan makan teratur, namun yang seperti saya tulis yg lalu, hsl malah naik angkanya, di kertas pengantar lab diceklist pd bagian IgM-yg harus jalani cek darahnya. BAB pun sekarang menjadi lebih sering dalam satu hari. Tubuh saya memang sdh kurus, yah sejak sakit memang terasa lemas, namun saya khawatir kanker lambung itu terjadi pd saya. Padahal sebentar lagi ujian. Namun kata dokter, ada faktor pikiran yg juga mungkin memperburuk kesehatan saya..

  11. 15
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mel,

    Saya belum pernah tahu indikator kanker lambung dengan melihat besaran angka HP didalam darah.
    Kanker dimanapun lokasinya dapat diketahui dari keluhan : badan tambah kurus, penderita merasa lemas yang makin lama makin berat, muka semakin pucat. Gejala khusus seperti : perdarahan dari lambung yang bisa berupa hematemesis/muntah darah. Atau buang air besar (BAB) kehitaman/melena.

  12. 14
    Dr. Sukma Says:

    Hai Leony,

    Syukur gejala tukak lambung anda menghilang. Jaga terus kondisi lambung anda dengan menghindari makanan yang harus dipantang. And last but not least keep having aloe vera in your meal…

  13. 13
    Mel Says:

    hasil pemeriksaan menunjukkan tidak normal. krn hsl normal menunjukkan negative, namun hsl yang didapatkan berupa angka. awalnya 1.03 kemudia lewat cek darah berikutnya hp tersebut nilainya menjadi 1.20..sampai nilai mencapai berapa dapat dikatakan terkena kanker lambung? terima kasih.

  14. 12
    Leony Says:

    jadi saran dokter, saya sebaiknya melakukan endoskopi ya dok? terima kasih bt jawabannya dok. saya sudah mulai mengkonsumsi aloe vera, sejak 2 hari dok, dan gejala tukak lambung nya sudah menghilang.

  15. 11
    Dr. Sukma Says:

    Halo Leony,

    Karena tukak lambung anda sudah lama (7 tahun) dan masih kambuh, memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan endoskopi. Dari sana akan diketahui kondisi sebenarnya organ lambung anda. Andaikata ditemukan bakteri HP, seberapa berat peradangan itu?

    Tukak/ulkusnya seberapa parah? Adakah hal-hal yang mengkhawatirkan seperti ditemukannya gambaran displasia atau adenoma. Semua itu dapat dilihat oleh seorang dokter akhli PA dengan melihat dibawah mikroskop sediaan biopsi endoskopi yang dibuat oleh internist.

    Mengenai aloe vera dapat segera dikonsumsi sambil rencana endoskopi dipastikan. Dan sudah tentu untuk persiapan endoskopi, anda diharuskan puasa sebelum tindakan itu dilakukan.

  16. 10
    Leony Says:

    hai dok,

    salam kenal ya dok, saya mau nanya nh. Saya sudah lama menderita tukak lambung sudah 7 tahun kira2 dok.Sudah sering mengkonsumsi Losec, Nexium, OMZ, Pariet, dan sebagainya. Dulu saya pernah disentri 3x disertai dengan gejala tifus, cuma sudah disuntik antibiotik sama dokter, dan sudah dinyatakan sembuh. Kemarin ini, saya mengalami tukak lambung lagi disertai perut kembung, saat kembali ke dokter, saya diberi obat Impepsa, sama Pariet 20mg, tetapi keluhannya tidak hilang. Menurut dokter, apakah saya perlu enndoskopi? untuk mengetahui keberadaan virus HP atau tidak dok? atau cukup dengan terapi minum aloe vera dengan jus apel itu sudah cukup donk? mohon info, thanks.

  17. 9
    Dr. Sukma Says:

    Halo Jeffry,

    Dulu saya juga pecandu kopi. ‘Something was missing when I’ve not had coffee’. Tetapi semenjak sakit maag, saya terpaksa harus stop kebiasaan itu. Saat maag saya kambuh, luar biasa sakit kepala yang saya rasakan. Rasanya kepala hampir terbelah disertai rasa kembung dan sebah. Semuanya menjadi tidak nyaman… Dan saya tidak bisa beraktivitas sampai gejala hebat itu hilang..

    Keluhan anda, seperti habis olahraga : sesak nafas, mual dan rasa penuh diperut- itu semua adalah gejala sakit maag, sudah pasti. Kopi akan merangsang adrenalin yang akan memicu detak jantung bertambah cepat, nafas cepat, tekanan darah meningkat, berkeringat, dan last but not least MERANGSANG SEKRESI ASAM LAMBUNG. Karena sifat cafein yang ADRENERGIK.

    Jadi, saran saya mulailah kurangi konsumsi kopi secara bertahap sehingga akhirnya bisa stop sama sekali. Semoga usaha anda berhasil.

  18. 8
    Jeffry Says:

    Saya pecandu kopi sehari bisa 2 gelas besar, akhir akhir ini lambung saya bermasalah dgn gejala rasa mual, sesak nafas rasa yg timbul seperti kl hbs beraktifitas atau berolahraga. Saya mengonsumsi obat maag tp blm ada hasil. Diperut terasa penuh/kenyang tp tdk sakit/perih sama sekali, kira kira penyakit saya apa ya?. Trims

  19. 7
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sesi,

    Bila kuman HP tidak diberantas tuntas, maka radang berkepanjangan ini yang akan menjadi kanker lambung.Tidak semua penyakit maag disebabkan oleh kuman HP. Kita baru tahu ada HP atau tidak setelah dilakukan pemeriksaan biopsi endoskopi atau UBT (urea breath test).

    Bila hasil biopsi HP positif, maka segera harus diberikan obat antibiotika yang cocok untuk HP. Bila negatif, tidak perlu antibiotik dan terapi disesuaikan dengan keluhan/simptomatis.

    Antibiotika untuk HP khusus, dan lama pemberiannya juga melebihi pemberian antibiotika lain.

  20. 6
    sesi Says:

    dok tanya mungkinkah dengan penyakit ini kita bertahan hidup lebih lama?
    dan apa gejalanya

  21. 5
    muhammad fadhli Says:

    malam dok. . fadli mau nanya
    ada ya pengaruh radiasi pada hp ( hanphone )yg bs mengakibatkan kangker?

  22. 4
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dedy,

    Teh hijau banyak manfaatnya, terutama terkenal sebagai pelangsing tubuh. Cara kerjanya antara lain dengan mengaktifkan gerakan usus/pencernaan, termasuk lambung. Jadi jelas anda sering BAB akibat gerakan usus/peristaltik yang semakin giat dan kuat. Akibat sampingnya adalah sekresi asam lambung juga meningkat. Maka anda merasakan mual,kembung seperti banyak gas didalam lambung.

    Manfaat teh hijau sebagai pembasmi HP, kemungkinan akibat peristaltik yang meningkat maka secara tidak langsung juga akan mengeluarkan kuman HP bersama feces. Tetapi ternyata HP sangat kuat cengkeramannya di dinding lambung (baca artikel ini) sehingga hanya sedikit HP yang terbawa keluar bersama feces.

    Yang baik dikonsumsi buat anda saat ini yaitu susu, makanan rebusan dan aloe vera.Cara makan yaitu sering-sering dalam porsi kecil (frequent small feeding atau fsf). Pantangannya : asam, pedas, santan, gorengan, soft drink, kopi, alkohol dan makanan mengandung ragi (tape). Hindari makan buah duren, nanas dan nangka..

    Mengenai brokoli, saya anjurkan dalam konteks sebagai antioksidan yang akan fight terhadap perubahan awal ke arah pertumbuhan kanker, termasuk kanker lambung (baca lengkap artikel ini). Brokoli bersifat asam-mungkin saja- karena saya belum tahu. Kita bicara disini dalam artian normal, artinya bukan ekstrim yaitu bila makan brokoli tidak terlalu banyak (sebagai sayuran) saya yakin tidak akan berdampak asam, seperti yang ditakutkan.

  23. 3
    Dedy Says:

    makasih dokter buat jawabannya..
    buat saya sendiri makanan apa saja yah yang harus saya pantang?

    kalo soal brokoli, bukannya katanya brokoli itu mengandung asam dan tidak dianjurkan buat orang yang memiliki penyakit asam lambung?

    saya sudah mencoba meminim teh hijau baru-baru ini, karena saya search di internet banyak yang bilang teh hijau sangat bagus untuk membunuh kuman HP ini.
    tapi mengapa ya dok ketika sehabis saya minum teh hijau malah menyebabkan BAB terus menerus dan rasa mual di perut saya (seperti ada gas/asam lambung meningkat)

    makasih dok buat saran yang diberikan :)

  24. 2
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dedy,

    Pertanyaan anda terselip diantara banyak e-mail yang masuk. Maaf atas kejadian ini.

    OK. Saya jawab langsung : dari test IgM Helicobacter Pylori(HP) yang positif, berarti didalam tubuh anda, tepatnya di lambung terdapat KUMAN, bukan virus HP.Bentuknya seperti sosis, dengan kedua kutub yang agak bengkok. Salah satu kutub terdapat flagella, semacam alat untuk bergerak dan mengebor dinding lambung, sehingga posisinya aman dan kuat terhadap gerakan pencernaan. Lihat gambarnya pada artikel saya mengenai HP di atas (jawaban dan pertanyaan anda sudah dipindah ke halaman artikel ini -agar matching).

    Bila HP positif, obatnya adalah ANTIBIOTIKA yang KHUSUS buat HP. Untuk terapi ini, sebaiknya anda dituliskan resep oleh dokter Internist/ Spesialis Penyakit Dalam. Baca tuntas tulisan saya mengenai HP tsb, sehingga jelas segala sesuatunya tentang HP termasuk AKIBAT yang akan timbul bila eradikasi atau pengobatan HP tidak tuntas.

    Anjuran saya, sebaiknya banyak konsumsi antioxidant (apel, broccoli,dll) untuk mencegah terjadinya kanker lambung dan membantu penyembuhan penyakit.

  25. 1
    Dedy Says:

    halo dok, numpang nanya
    di perut saya ditemukan virus helicobacter pylori lg M
    apakah virus tersebut sangat berbahaya bagi lambung
    apakah upaya pencegahan supaya virus tersebut semakin berkurang?
    apa saja yang harus saya lakukan supaya virus tersebut hilang dari tubuh saya?
    terima kasih dok

Pages: « 14 … 7 6 5 4 3 2 [1] Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe