En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

HP 2HP 1HPSakit lambung atau yang biasa disebut sakit maag-dari bahasa Belanda- awalnya memang disebabkan oleh asam lambung yang melimpah dibandingkan jumlah makanan didalam lambung.

Namun sejak 1983, dua dokter dari Perth-Australia, yang kemudian mendapatkan Hadiah Nobel di bidang Kedokteran : Dr. Warren dan Dr. Marshall, mereka  masing-masing adalah pathologist dan internist yang telah menemukan sejenis bakteri didalam sediaan penderita gastritis yang dibiopsi dan kemudian  diberi nama Helicobacter Pylori (HP). Apa dan bagaimana sifat HP ?

HP berbentuk seperti sosis dengan posisi agak melengkung, tampak dua kutub, salah satunya berflagella untuk pergerakan bakteri. Sifat HP sangat kompleks, dan boleh dikatakan mempunyai berbagai senjata, sehingga bisa ‘survive’ didalam lingkungan yang sangat asam dari lambung/ gaster/ maag.

Pertama, HP dapat merubah lingkungan mikro disekitarnya menjadi bersifat agak basa, sehingga dia bisa tinggal dan berkoloni dilapisan lendir mukosa lambung.

Kedua, dia mempunyai alat flagella, untuk membor mukosa lambung, sehingga bisa lebih mudah masuk kedalam dasar kripta/ cekungan mukosa dan menetap ditempat itu.

Ketiga, HP mempengaruhi sistem imunitas tubuh kita untuk tidak mengenali dirinya sebagai benda asing/non-self, melainkan sebagai bagian organ jaringan lambung/self sehingga tidak dapat dikenali sebagai ‘invader’ atau penyusup yang harus diberantas oleh sel limfosit-T. Maka luputlah bakteri HP dari penyisiran sistem imun kita, karena HP tidak terdeteksi sebagai benda asing/non-self.

Ke-empat, HP bisa resisten terhadap terapi yang diberikan, dengan cara bakteri tersebut membuat zat anti terhadap bahan aktif anti-mikroba yang diberikan.

Dan banyak lagi senjata yang dimiliki HP, sehingga dampak yang ditimbulkan oleh peradangan lambung oleh HP menjadi semakin kompleks. Terutama bila HP tidak terdeteksi, maka bakteri akan terus berkembang-biak meluas membentuk tukak lambung, displasia, adenoma dan akhirnya kanker lambung yang sangat ditakuti.

Dan semenjak ditemukan bakteri HP, maka paradigma bahwa ‘sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebih’ telah bergeser menjadi ‘sakit maag disebabkan oleh infeksi/peradangan lambung oleh kuman HP’.

Sudah tentu akibat perubahan paradigma tersebut akan juga pasti mempengaruhi pengobatan sakit maag. Maka tidak mengherankan saat ini pasien gastritis akan diberikan antibiotika yang sesuai untuk HP, bila ternyata pada pemeriksaan biopsi endoskopi lambung pasien ditemukan HP positif.

Bagaimana seseorang tertular HP? Banyak cara dapat dilalui oleh bakteri HP untuk mencapai lambung dan menyebabkan peradangan/infeksi disana.

Pertama, anak-anak akan mewarisi HP dari ibunya/orang dewasa lain yang terinfeksi HP melalui makanan yang dikunyah dulu oleh ibu/orang dewasa lain , sebelum disuapkan ke mulut anak. Makanan yang terkontaminasi HP dari air ludah si ibu/ pemberi makanan yang sebelumnya dikunyah/mastikasi. Kebiasaan seperti ini sangat populer dan biasa dilakukan di Afrika dan berbagai daerah di Indonesia. Jalan penularan seperti ini disebut ‘oro-oral route’.

Seperti penyakit tifus dan cholera, HP dapat juga ditularkan lewat vektor yaitu lalat kotor yang hinggap difeces penderita, dan kemudian  hinggap pada makanan yang tidak tertutup dan  kita lahap sesudah itu.

 Bila tangan yang kotor terkontaminasi feces tidak dibersihkan dengan cermat, maka kotoran yang menempel akan masuk kedalam mulut, bila makan tidak menggunakan sendok alias makan dengan tangan.Cara penularan seperti ini disebut ‘feco-oral route’.

Disinilah pentingnya jamban tertutup dan WC yang  memenuhi syarat kesehatan serta hygiene kesehatan umum yang memadai, dengan menjaga lingkungan selalu bersih dan membiasakan menutup makanan diatas meja yang nanti akan dikonsumsi keluarga.

Tiga gambar pada artikel ini, ditengah kelenjar/kripta lambung dimana tampak beberapa HP dibagian tengah/lumen kelenjar. Gambar kiri dan kanan bila diperhatikan dengan cermat, tampak bakteri HP berbentuk cacing pendek kecil-kecil, diantara massa lendir mukosa lambung, dan berwarna pink-gelap..

Popularity: 25%

Posted Sunday, August 10th, 2008 at 3:50 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

345 Responses to “Helicobacter Pylori (HP), bakteri penyebab sakit maag. Bila tidak dibasmi tuntas, kanker lambung akibatnya”

Pages: « 14 13 [12] 11 10 9 8 … 1 » Show All

  1. 300
    Dr. Sukma Says:

    Halo Jessica,

    Sebenarnya injeksi vit C bisa via pembuluh darah vena (I.v) atau disuntikkan kedlam otot (I.m) pastinya TIDAK melalui saluran cerna. So, pemberian vit C secara injeksi TIDAK mempengaruhi jumlah asam lambung yg disekresi oleh organ tsb.

    Memang kadar asam tertentu dan dilokasi tertentu misalnya vagina/ serviks uteri alias leher rahim berguna untuk mencegah infeksi pada organ tsb. Beda dg lambung, terutama bila ditemukan bakteri helicobacter pylori (HP) biasanya JUSTRU akan berkembang menjadi kanker lambung bila infeksi HP tidak diatasi.

  2. 299
    jessica megan Says:

    morning dokter,
    saya mau tanya. saya sudah 8 kali injek vitamin C (Laroscorbine)…
    setelah itu saya merasakan nyeri pada bagian perut atas. sangat nyeri sekali dok…
    apakah pemberian vitamin C itu dapat meningkatkan kadar asam lambung dan menjadi penyebab penyakit maag. .?
    pertanyaan selanjutnya. apa saja penyebab kanker lambung. karena menurut sepengetahuan saya. kanker lambung itu disebabkan oleh kurangnya kadar keasaman lambung dan apakah maag bisa menjadi penyebab kanker lambung. .?
    terima kasih dok. saya tunggu jawabannya. . :)

  3. 298
    Henny Setyowati Says:

    slmat siang dok,mau tny…terapi penderita asam lambung krn h pylori memakan wktu lama,apakah dampak terapi(kombinasi antibiotik)memang menimbulkn rasa perih slm terapi? trimksh sblumnya….

  4. 297
    Dr. Sukma Says:

    Hai Wini,

    Saran saya sebaiknya ibunda minum ulang lagi antibiotika (AB) yg pernah diminum selama 10 hari itu. Setahu saya pasien gastriitis dg HP positif, umumnya diberi AB selama minimal 2 bulan. Bahkan ada yg mesti diberi AB satu siklus lagi, krn reaksi tubuh seseorang thd terapi yg diberikan itu bersifat individuil alias tidak sama..

    Jadi pada kasus ibu anda berikan saja AB selama 2 bulan terus-menerus tanpa putus. Biasanya bisa sembuh tuntas.

  5. 296
    wini Says:

    haloo bu dokter saya masalah yg lagi bikin saya binggung
    harap ibu bisa kasih saya jawaban….
    mama saya sakit di bagian ulu hati….sempat muntah n tidak bisa makan slama 2 bulan…di rawat 3 rmh sakit n di tes darah ga ketemu penyebab sakit itu….
    setelah klr rmh sakit saya ke kuching buat cek up, menggunakan teropong…dan di temukan bakteri helicobacter pylori…. dokter memberikan obat antibiotik ke mama saya untuk 10 hari… dalam jangka waktu itu mama saya tidak ada keluhan sakit… tetapi stelah itu sakitnya kambuh lagi…
    saya mau tnaya apakah blh mama saya konsumsi ulang obat antibiotik itu????
    kalau blh konsumsi lagi harus untuk jangka waktu brapa lama???/
    apakah ada masalah kalau antibiotiknya sempat putus 1 kali bgt??
    terimakasih atas jawabannya

  6. 295
    dee2 Says:

    Halo Bu Dokter,terima kasih atas sarannya Dok, akan saya coba lakukan, maaf Dok saya bertanya lagi, utk efek obat liparin itu kenapa ya Dok? Krn sdh 3 hari sd hri ini sejak makan obat tersebut saya masih merasa dada sakit, sebah, tangan bahu sd leher ngilu serta semutan, apakah tidak apa2 Dok? Terima kasih banyak sebelumnya atas perhatian Dokter :)

  7. 294
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dee2,

    Jauh lebih penting PIKIRAN TENANG dibanding segala macam obat yg anda minum. Jadi cobalah melakukan meditasi minimal satu kali dan terbaik dua kali sehari yaitu pagi bangun tidur dan malam sebelum tidur. Lakukan setiap sesi minimal 30 menit kalau bisa satu jam. Duduk seperti melakukan yoga, pusatkan pikiran kepada Sang Maha Pencipta. Lakukan pernafasan dengan menaik nafas sedalam-dalamnya dan membuang nafas secara perlahan-lahan. Begitu terus berulang-ulang tarik nafas dari hidung dan lepaskan nafs dari mulut.. Nanti anda akan merasakan keheningan yg luar biasa, yg ada hanyalah anda dg Yang Diatas. Maka anda dapat berkomunikasi langsung dg Sang Pencipta, mohon diberikan kesembuhan dan kesehatan kembali normal. Cobalah, anda belum percaya sebelum melakukan sendiri meditasi. Rasakan hebatnya atau mukjizat meditasi bagi kesehatan lambung anda.

  8. 293
    dee2 Says:

    Halo Dok,

    Saya mau bertanya Dok, sudah 2 bln lebih saya kena sakit radang lambung dok, gejala awalnya dada saya berdebar2, dada sakit,keringat dingin, kepala pusing. Juga terutama sehabis makan dada sakit, berdebar & spt mau pingsan (apabila saya makan indomie)mual, ttp tdk muntah. Ketika cek EKG hasilnya mrnt dokter jantung sy normal. Menurut dokter saya terkena sakit rdg lambung & sempat dirawat di RS selama 7 hari. Lalu test endoskopi hasilnya lambung atas warnanya merah (meradang) dan lambung bawah juga (walau tdk semerah yg atas) tdk ada bakteri HP. Slm di rwt saya diberi obt antibiotik (cair, sy lupa namanya), mucosta dan betalans. Stlh rwt jln mucosta (3×1)dan betalans (2×1) dilanjutkan & antibiotiknya di ganti dgn Zimbramax (2×1). Sd sekarang obat yg saya minum hanya tinggal mucosta & betalans hanya pd malam hari saja dok. Gejala yg saya rasakan skrg masih sakit/begah di ulu hati/dada, kdg2 asam di mulut, ttp sdh jarang brdebar2 & saya skrg sdh tdk mual lg yg dl sy rasakan stp sikat gigi Dok. Yg ingin saya tanyakan mengapa sy masih mrskan sakit di dada n begah pdhl saya sudah diet makanan, semua pantangan mknan tdk pernah sy makan lg dan memang slm sakit sy hanya bisa makan telor rebus dan ayam. Saya masih srg merasa cepat lelah & kesemutan. Ketika sy ke cek up ke dokter saya beri tambahan obat liparin, tetapi ketika sy makan malah ulu hati saya sakit, berdebar2, tangan pegal2, ngilu sampai ke bahu punggung n leher, mengapa ya dok? apakah pengaruh obatnya atau hanya krn radang lambung saya yg belum pulih benar? Mohon sarannya Dok apa yg harus sy lakukan spy cepat sehat & pulih spt sediakala? Saya skrg sedang mencoba saran dokter yaitu minum lidah buaya dok. Terima kasih banyak atas perhatiannya ya dok, maaf kalau banyak sekali pertanyaan saya :)

  9. 292
    aji Says:

    Salam kenal Dok,
    Nama saya Aji, Saya selalu mengikuti forum dokter, wah..menarik sekali. Dokter saya mau tanya, apakah dengan mengkonsumsi rutin fucoidan dapat menghilangkan bakteri HP? dan apakah dalam terapi tersebut Fucoidan perlu di sandingkan dengan obat PPI? Oh ya…saya divonis dokter menderita asam lambung, namun setelah saya meminum obat PPI, mucosta, vometa, musen, kok gak ngefek ya dok? malah sekarang muncul batuk2, bila perut saya agak kembung….apakah normal? atau gejala penyakit yang lain? seperti GERD misalnya.
    Terimakasih banyak dok…,

  10. 291
    Asriani Says:

    Salam kenal dok. Saya selama ini meminum obat nexium,gasflat,renagas itu obat apa dok karena perut dan dada seringtersa nyeri dan suka kembung disertai sesak saat bernafas

  11. 290
    Helicobacter Pylori (HP), bakteri penyebab sakit maag. Bila tidak dibasmi tuntas, kanker lambung akibatnya | Berita Tips Says:

    [...] Sakit lambung atau yang biasa disebut sakit maag-dari bahasa Belanda- awalnya memang disebabkan oleh asam lambung yang melimpah dibandingkan jumlah makanan didalam lambung. Namun sejak 1983, dua dokter dari Perth-Australia, yang kemudian mendapatkan Hadiah Nobel di bidang Kedokteran : Dr. Warren dan Dr. Marshall, mereka  masing-masing adalah pathologist dan internist yang telah menemukan sejenis bakteri didalam sediaan penderita gastritis yang dibiopsi dan kemudian  diberi nama Helicobacter Pylori (HP). Apa dan bagaimana sifat HP ? HP berbentuk seperti sosis dengan posisi agak melengkung, tampak dua kutub, salah satunya berflagella untuk pergerakan bakteri. Sifat HP sangat kompleks, dan boleh dikatakan mempunyai berbagai senjata, sehingga bisa ’survive’ didalam lingkungan yang sangat asam dari lambung/ gaster/ maag. Pertama, HP dapat merubah lingkungan mikro disekitarnya menjadi bersifat agak basa, sehingga dia bisa tinggal dan berkoloni dilapisan lendir mukosa lambung. Kedua, dia mempunyai alat flagella, untuk membor mukosa lambung, sehingga bisa lebih mudah masuk kedalam dasar kripta/ cekungan mukosa dan menetap ditempat itu. Ketiga, HP mempengaruhi sistem imunitas tubuh kita untuk tidak mengenali dirinya sebagai benda asing/non-self, melainkan sebagai bagian organ jaringan lambung/self sehingga tidak dapat dikenali sebagai ‘invader’ atau penyusup yang harus diberantas oleh sel limfosit-T. Maka luputlah bakteri HP dari penyisiran sistem imun kita, karena HP tidak terdeteksi sebagai benda asing/non-self. Ke-empat, HP bisa resisten terhadap terapi yang diberikan, dengan cara bakteri tersebut membuat zat anti terhadap bahan aktif anti-mikroba yang diberikan. Dan banyak lagi senjata yang dimiliki HP, sehingga dampak yang ditimbulkan oleh peradangan lambung oleh HP menjadi semakin kompleks. Terutama bila HP tidak terdeteksi, maka bakteri akan terus berkembang-biak meluas membentuk tukak lambung, displasia, adenoma dan akhirnya kanker lambung yang sangat ditakuti. Dan semenjak ditemukan bakteri HP, maka paradigma bahwa ’sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebih’ telah bergeser menjadi ’sakit maag disebabkan oleh infeksi/peradangan lambung oleh kuman HP’. Sudah tentu akibat perubahan paradigma tersebut akan juga pasti mempengaruhi pengobatan sakit maag. Maka tidak mengherankan saat ini pasien gastritis akan diberikan antibiotika yang sesuai untuk HP, bila ternyata pada pemeriksaan biopsi endoskopi lambung pasien ditemukan HP positif. Bagaimana seseorang tertular HP? Banyak cara dapat dilalui oleh bakteri HP untuk mencapai lambung dan menyebabkan peradangan/infeksi disana. Pertama, anak-anak akan mewarisi HP dari ibunya/orang dewasa lain yang terinfeksi HP melalui makanan yang dikunyah dulu oleh ibu/orang dewasa lain , sebelum disuapkan ke mulut anak. Makanan yang terkontaminasi HP dari air ludah si ibu/ pemberi makanan yang sebelumnya dikunyah/mastikasi. Kebiasaan seperti ini sangat populer dan biasa dilakukan di Afrika dan berbagai daerah di Indonesia. Jalan penularan seperti ini disebut ‘oro-oral route’. Seperti penyakit tifus dan cholera, HP dapat juga ditularkan lewat vektor yaitu lalat kotor yang hinggap difeces penderita, dan kemudian  hinggap pada makanan yang tidak tertutup dan  kita lahap sesudah itu.  Bila tangan yang kotor terkontaminasi feces tidak dibersihkan dengan cermat, maka kotoran yang menempel akan masuk kedalam mulut, bila makan tidak menggunakan sendok alias makan dengan tangan.Cara penularan seperti ini disebut ‘feco-oral route’. Disinilah pentingnya jamban tertutup dan WC yang memenuhi syarat kesehatan serta hygiene kesehatan umum yang memadai, dengan menjaga lingkungan selalu bersih dan membiasakan menutup makanan diatas meja yang nanti akan dikonsumsi keluarga. Tiga gambar pada artikel ini, ditengah kelenjar/kripta lambung dimana tampak beberapa HP dibagian tengah/lumen kelenjar. Gambar kiri dan kanan bila diperhatikan dengan cermat, tampak bakteri HP berbentuk cacing pendek kecil-kecil, diantara massa lendir mukosa lambung, dan berwarna pink-gelap.. sumber [...]

  12. 289
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tom,

    1. Benar. Anda minum omeprazole bila diperlukan. Tidak menimbulkan resistensi atau lain2.

    2. Ada test lain yg validitasnya kurang dibandingkan pemeriksaan endoskopi yaitu urtea breath test (UBT) dan pemeriksaan IgG HP secara serologis.

    3. Kalo lgs minum obat tanpa endoskopi rasanya kurang bijaksana. Karena akan mengakibatkan kekebalan bila nanti benar2 diperlukan. Obat HP termasuk dlm golongan antibiotika.

  13. 288
    tom Says:

    Salam kenal Dok,
    Sy mau ty. Sy penderita maag, saat parah2nya dulu sy dkasi obat omeprazole, mucosta dan vomitas. Saat ini kondisi maag sy sudah membaik sehingga konsumsi obat sudah sy hentikan. Masalahnya adalah kadang2 maag saya suka kambuh kalo stress atau telat makan hehehe. Sy ingin bertanya:

    1. Saat saya rasa mulai agak perih perut saya, sy biasa minum omeprazole (sy sllu sedia cadangan) pada pagi hari 30 menit sebelum makan dan biasanya lgs enakan. Namun sorenya dan besoknya kalo maag sy sudah membaik sy tidak minum Omeprazole itu. Jadi intinya sy minum Omepraz saat sy merasa tidak enak perutnya saja. Apakah itu diizinkan dok? Sy bingung takut kebal tp klo setau sy kan Omeprazole bukan antibiotik jd hrsnya kalo tidak rutin gak masalah bukan Dok?

    2. Sekalipun membaik sy tkut terkena HP. Apakah ad tes utk cek selain dg endoskopi Dok? Jujur aja sy takut sih di endoskopi heheeh.

    3. Seandainya sy tanpa cek lgs minum antibiotik yg biasa dmnum utk pengobatan HP (sesuai aturan) apakah diizinkan Dok? Atau ada efek sampingnyakah?

    Mungkin pertyan sy sekian dulu Dok.

    Many thanks in advance Dok ;)

  14. 287
    ria Says:

    Halo Dok..
    saya mau tanya kalo gejala:
    tangan dan telapak kaki sering berkeringat padahal dingin, sakit dibagian uluh hati bawah, terkadang badan terasa ngilu, pusing, kadang mual,tenggorokan terasa sakit juga sesak nafas.. itu sakit apa ya dok?
    terimakasih dok.

  15. 286
    Sofian Says:

    slmt malam dok & Ibu Lia (sekedar share) krn penasaran kemarin ini sy sdh melakukan endoscopi juga. tp hasilnya usus sy msh terlihat sangat baik. lalu sy konsultasi tdk dgn dokter herdiman lagi, sy coba pidah ke Dokter Daldiono yg praktek di Rs. Saint carolus salemba. kl menurut beliau, positif atau tdknya sy menderita HP, bkn hanya dilihat dari tes darah Hp nya saja, tp beliau menyarankan saya utk melakukan tes UBT. nah nanti dari hasil tes tsb br akan mendapat kesimpulan. apakah benar begitu dok? apakah dengan hasil tes darah & endoscopi saja tidak cukup? ( pdhal di hasil tes drh tsb sdh positif) thx before… utk Ibu Lia kl ibu Lia mau share dgn saya, sy pakai bb, boleh add pin saya 224DF324, atau hp sy di 0818153828, sy slalu welcome. tdk ada salahnya berbagi pengalaman. thx…

  16. 285
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tory,

    Ssebelum kondisi anda stabil, sebaiknya minum. Semua obat yg. Diresepkan. Oleh dokter internist khusus gasto enterologi. Saya lihat ada satu obat yaitu stablon yg berguna sbg ‘mood stabilizer’ untuk mengimbangi aktivitas saraf simpatis yg memicu keluarnya asam lambung. Anda sendiri yg lebih tahu dan bisa menilai kapan kondisi anda mulai stabil, dalam arti produksi asam lambung terkontrol dan tidak sampai tinggi berlimpah.

    Saya setuju dengan terapi aloevera dan singkong yg sebaiknya baru dimulai setelah kondisi lambung anda yterkontrol dg baik. Aloevera mendinginkan dan melapisi dinding lambung yg meradang akibat asam lambung yg berlebih. Sedangkan singkong mengndung starch/ amylum atau kanji yg juga melapisi luka2 dilambung dan melapisi dg sifatnya yg lengket dan licin.

  17. 284
    tory Says:

    malam dok…

    saya penderita maag…. gejalanya semua persis gejala maag yang agak berat…saya sudah medical cek up komplit dan ekg semua baik dok. pekerjaan saya memang berat,susah tepat waktu makan. pantangan makanan yang blm sepenuhnya saya laksanakan dan masih sedikit merokok… tapi skr saya sudah mulai tertib dok, saya diberi obat guarposid-5, trypanzym ,pantozol dan stablon beberapa waktu yg lalu , kalo dari apotik katanya yang aman tripanzim dan pantozolnya…apa benar dok dan saya ingin mecoba aloe vera dan singkong bagaimana saran ibu.
    terima kasih,banyak orang yang terbantu dan mendoakan anda krn anda dr yg sgt baik…

  18. 283
    Dr. Sukma Says:

    Halo Alien,

    Secara klinis sakit maag disebabkan asam lambung berlebih atau disebabkan kuman HP sulit dibedakan. Hanya saja bila disebabkan HP tidak akan sembuh/ hilang meski telah diobati penurun asam lambung plus minum susu. Dan baru diketahui penyebabnya kuman HP setelah. Dilakukan biopsi endoskopi disertai pemeriksaan sample biopsi oleh seorang pathologist.

  19. 282
    Lia Says:

    Salam kenal,sy lia. Kbtln sy jg sudah ke dr herdiman. Stlh di cek hp sy 1,2 . Sy jg dikasi resep 2x sm seperti pak sofian. Yg mau sy tanyakan, apakah pak sofian sudah cek kembali hp nya(sdh normalkah)? Apakah skrg ms sakit? Thks sebelumnya. Tlg di share infonya ya :)

  20. 281
    allen Says:

    halo dok,

    saya mau bertanya, perbedaan antara sakit maag karena asam lambung yang meninggi dengan karena infeksi H pylori itu apa?

    karena saya akhir-akhir ini sering sekali sendawa serta perut terasa kembung, apakah ini gejala sakit maag? thanks

  21. 280
    Sofian Says:

    Selamat mlm & salam kenal Dok..,Usia saya 35 thn,
    Sejak krg lbh thn 2000 an, perut sy sering terasa kembung” dan makanan serasa tdk bs turun dr uluhati, sy sdh pidah” dokter kesana kemari, tp ttp tdk kunjung sembuh.
    terakhir ini, sy ada mendatangi Prof. Dr Herdiman spc internist. beliau menyarankan agar saya tes darah HP, dan ternyata hasilnya positif; 1,1. angka normalnya dibwh 1,00. lalu sy melakukan ter petanda tumor CEA juga, dan hasilnya msh dalam batas normal (walaupun hampir melebihi batas normal), dan obat” yg di berikan: Alcliren 0,5 tab, guarposid 5 mg, farmacol forte 200ml, protop caps20 mg, ceptik 100mg, beliau menyuruh saya minum obat tsb selama 10 hari (2x resep) dan pada hr ke 10 nanti, sy dianjurkan untuk tes nilai HPnya lagi, utk melihat apakah berkurang atau tdk nilai Hpnya… yg mau sy tnykan : apakah obat”an tsb sdh cukup utk membasmi Hp tsb? mohon bantuannya Dok… sblm dan sesdhnya sy ucapkan bnyk terima kasih…hormat saya (Sofian)

  22. 279
    inazz Says:

    dok, perut saya sering mual pada bagian bawaH ulu hati, kembung dan rasa penuh pada perut. saya juga sering muntah dipagi hari pada saat sikat gigi, muntah tsb berwarna kuning rasanya sangat asam dan setelah itu pahit.
    jika telat makan perut saya terasa perih, kemudian keringat dingin dan kepala pusing. mulut saya mengeluarkan bau yang tidak sedap walaupun habis sikat gigi.
    pertanyaan saya dok,
    _apakah lambung saya terjangkit bakteri H.pylori?
    _dan apakah bau mulut saya berhubungan dengan penyakit lambung/bakteri H.pylori?
    mohon dijawab pertanyaan saya, sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak dokter…

  23. 278
    Dr. Sukma Says:

    Jawaban saya bisa iya dan bisa tidak. Untuk kepastiannya dilakukan pemeriksaan biopsi ENDOSKOPI oleh dokyer spesialis penyakity dalam khusus gastroenterologist. Sediaan biopsi lalu diperiksa dan dilihat dibawah mikroskop oleh dokter spesialis PA (patologi anatomik). Demikian

  24. 277
    Nana Says:

    Hallo Dok,

    Saya mau tanya Dok, sejak kecil saya punya sakit maag, ibu dan nenek saya jg punya sakit maag, nah akhir2 ini setiap minum obat maag rasa sakitnya tidak berkurang,seperti sdh tidak ada efeknya, (maaf) BAB jg berwarna coklat kehitaman & lengket,kira2 menurut dokter apa ini jg akibat dari HP..
    Terima kasih sebelumnya..

  25. 276
    harlen tamba Says:

    Halo Dok.
    Saya mengidap HP,sudah makan obat Bricolid 500 mg
    slm 1 minggu,dianjurkan test UBT .lancid slma 3 minggu dri 6 mggu,saran dokter.tapi prasaan saya demam,keringat
    dingin,tangan,kaki terasa ngilu.jika jongkok kaki kiri
    sakit.dan sering pusing.yang saya tanyakan dok,apakah karena H pylory tadi makanya perasaan saya begitu?
    TRimakasih banyak dok.

Pages: « 14 13 [12] 11 10 9 8 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe