En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

HP 2HP 1HPSakit lambung atau yang biasa disebut sakit maag-dari bahasa Belanda- awalnya memang disebabkan oleh asam lambung yang melimpah dibandingkan jumlah makanan didalam lambung.

Namun sejak 1983, dua dokter dari Perth-Australia, yang kemudian mendapatkan Hadiah Nobel di bidang Kedokteran : Dr. Warren dan Dr. Marshall, mereka  masing-masing adalah pathologist dan internist yang telah menemukan sejenis bakteri didalam sediaan penderita gastritis yang dibiopsi dan kemudian  diberi nama Helicobacter Pylori (HP). Apa dan bagaimana sifat HP ?

HP berbentuk seperti sosis dengan posisi agak melengkung, tampak dua kutub, salah satunya berflagella untuk pergerakan bakteri. Sifat HP sangat kompleks, dan boleh dikatakan mempunyai berbagai senjata, sehingga bisa ‘survive’ didalam lingkungan yang sangat asam dari lambung/ gaster/ maag.

Pertama, HP dapat merubah lingkungan mikro disekitarnya menjadi bersifat agak basa, sehingga dia bisa tinggal dan berkoloni dilapisan lendir mukosa lambung.

Kedua, dia mempunyai alat flagella, untuk membor mukosa lambung, sehingga bisa lebih mudah masuk kedalam dasar kripta/ cekungan mukosa dan menetap ditempat itu.

Ketiga, HP mempengaruhi sistem imunitas tubuh kita untuk tidak mengenali dirinya sebagai benda asing/non-self, melainkan sebagai bagian organ jaringan lambung/self sehingga tidak dapat dikenali sebagai ‘invader’ atau penyusup yang harus diberantas oleh sel limfosit-T. Maka luputlah bakteri HP dari penyisiran sistem imun kita, karena HP tidak terdeteksi sebagai benda asing/non-self.

Ke-empat, HP bisa resisten terhadap terapi yang diberikan, dengan cara bakteri tersebut membuat zat anti terhadap bahan aktif anti-mikroba yang diberikan.

Dan banyak lagi senjata yang dimiliki HP, sehingga dampak yang ditimbulkan oleh peradangan lambung oleh HP menjadi semakin kompleks. Terutama bila HP tidak terdeteksi, maka bakteri akan terus berkembang-biak meluas membentuk tukak lambung, displasia, adenoma dan akhirnya kanker lambung yang sangat ditakuti.

Dan semenjak ditemukan bakteri HP, maka paradigma bahwa ‘sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebih’ telah bergeser menjadi ‘sakit maag disebabkan oleh infeksi/peradangan lambung oleh kuman HP’.

Sudah tentu akibat perubahan paradigma tersebut akan juga pasti mempengaruhi pengobatan sakit maag. Maka tidak mengherankan saat ini pasien gastritis akan diberikan antibiotika yang sesuai untuk HP, bila ternyata pada pemeriksaan biopsi endoskopi lambung pasien ditemukan HP positif.

Bagaimana seseorang tertular HP? Banyak cara dapat dilalui oleh bakteri HP untuk mencapai lambung dan menyebabkan peradangan/infeksi disana.

Pertama, anak-anak akan mewarisi HP dari ibunya/orang dewasa lain yang terinfeksi HP melalui makanan yang dikunyah dulu oleh ibu/orang dewasa lain , sebelum disuapkan ke mulut anak. Makanan yang terkontaminasi HP dari air ludah si ibu/ pemberi makanan yang sebelumnya dikunyah/mastikasi. Kebiasaan seperti ini sangat populer dan biasa dilakukan di Afrika dan berbagai daerah di Indonesia. Jalan penularan seperti ini disebut ‘oro-oral route’.

Seperti penyakit tifus dan cholera, HP dapat juga ditularkan lewat vektor yaitu lalat kotor yang hinggap difeces penderita, dan kemudian  hinggap pada makanan yang tidak tertutup dan  kita lahap sesudah itu.

 Bila tangan yang kotor terkontaminasi feces tidak dibersihkan dengan cermat, maka kotoran yang menempel akan masuk kedalam mulut, bila makan tidak menggunakan sendok alias makan dengan tangan.Cara penularan seperti ini disebut ‘feco-oral route’.

Disinilah pentingnya jamban tertutup dan WC yang  memenuhi syarat kesehatan serta hygiene kesehatan umum yang memadai, dengan menjaga lingkungan selalu bersih dan membiasakan menutup makanan diatas meja yang nanti akan dikonsumsi keluarga.

Tiga gambar pada artikel ini, ditengah kelenjar/kripta lambung dimana tampak beberapa HP dibagian tengah/lumen kelenjar. Gambar kiri dan kanan bila diperhatikan dengan cermat, tampak bakteri HP berbentuk cacing pendek kecil-kecil, diantara massa lendir mukosa lambung, dan berwarna pink-gelap..

Popularity: 25%

Posted Sunday, August 10th, 2008 at 3:50 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

345 Responses to “Helicobacter Pylori (HP), bakteri penyebab sakit maag. Bila tidak dibasmi tuntas, kanker lambung akibatnya”

Pages: « 14 [13] 12 11 10 9 8 … 1 » Show All

  1. 325
    Agoes Boediharjo Says:

    Salam kenal dok,
    Dari hasil laboratorium, ternyata sakit maag saya terkena virus HP. Dan oleh dokter yang merawat saya diberikat obat sbb : Amoxicilin 1000 mg dan Bicrolid 500 mg. Bagaimana menurut dokter, apakah virus HP bisa dimatikan dgn obat tersebut. Mohon saranya. Terima kasih.

  2. 324
    syamsul Says:

    dokter yth,
    saya mohon bantuan, nama saya syamsul usia 36 thn saya kemarin melakukan test omd dan hasilnya gastritis kronis lalu dokter memberikan obat: impepsa, acitral, braxidin, pariet sodium rabeprazole dan cliad, yg ingin saya tanyakan apakah obat2 ini.betul untuk pengobatan gastritis bu? dan saya melihat komposisi obat antara braxidin dan cliad sama kenapa kok d suruh minum sama, sekali lg kami penjelasan bu dokter,terima kasih sebelumnya bu dokter

  3. 323
    Denny Says:

    Saya penderita maag akut diare dan rasa nya ambeyen apa obat nya Dok

  4. 322
    mrs.fajar Says:

    salam kenal dok..

    dok ada bbrp pertanyaan yg ingin saya ajukan, umur saya 29thn,saya sudah 5 bln menikah tp blm juga hamil dok, nah yg jd pertanyaan saya, setiap habis berhubungan knp sperma selalu “tumpah” padahal saya sudah mengikuti saran tmn seperti di ganjel bantal,miring kiri miring kanan,dan kaki diangkat keatas, namun setelah itu msh saja “tumpah”dok, apakah hal ini wajar? dan apakah ada penyumbatan pd rahim saya? dan apa benar unt bisa hamil, ketika berhubungan itu suami istri harus mencapai klimaks secara bersamaan?

    dan suami saya pernah mengalami pecah pembuluh darah di otak, dan sampai skarang mengkonsusmi penitoin, stugeron dan merislon, apakah minum obat dlm jangka waktu panjang bisa mempengaruhi “kadar” sperma dok?
    dan apakah ada tips tips khusus unt cepat hamil?

    terima kasih sebelumnya atas jawaban dokter.

  5. 321
    awin Says:

    dok saya ingin nanya obat novipide itu untuk penyakit apa ? terus bisa didapatkan di mana saja terimakasih dok

  6. 320
    sarah Says:

    dok saya ingin bertanya, mama saya sudah 2bulan ini sakit maagh dan sudah bolak-balik kerumah sakit tetapi belum sembuh akhirnya di endoscopi hasil endoscopinya ada luka di lambung mama saya, lalu diberikan obat librax, lansoprazole, omeprazole,novepide, musin, magtral tetapi pas diminumin obat itu perut mama saya makin sakit rasanya kayak ditusuk-tusuk, mual, muntah, pusing, rasa panas diperut, susah kentut, itu kenapa ya dok? apa karna tidak cocok oleh obatnya atau kenapa? apa ada obbat yg bisa menyembuhkannya penyakit mama saya? terimakasih ya dok

  7. 319
    David Says:

    Dok,anak saya umur 8tahun sudah 3minggu sakit gastritis( sudah ct scan dan usg )oleh internist di beri obat 1) nexium, neciblok, vomitas, braxidin 2)nexium, melidox, becantex, vomitas, neciblok.tetapi sekarang masih sakit saja belum ada perubahan.apakah ada kemungkinan ada bakteri HP?apakah harus ada pemeriksaan lanjutan?tolong jawabannya dok.hari ini obatnya habis.terimakasih

  8. 318
    sidik Says:

    Dok apakah gangguan pencernaan dyspepsia bisa sembuh total dok?trmksh

  9. 317
    antoni s Says:

    Selamat sore Dokter,

    Mohon maaf akhir akhir ini saya merasakan sedikit nyeri di ulu hati dan jadi gampang ngos ngosan, saya sudah periksa ke Dokter Spesialis dan dikatakan maag dan disuruh endoskopi, apakah ini gejala maag ? dan apakah endoskopi itu menyakitkan ? Untuk saat ini apa yang harus saya lakukan yah dok sambil menunggu saya siap materi untuk endoskopi ? apakah ada obat tradisional yang menolong ? bagaimana dengan propolis dok ?

    Terimakasih banyak

    Salam

    Antoni

  10. 316
    Dr. Sukma Says:

    Hai Stephen,

    Yang paling berperan atas terjadinya sakit maag adalah stress. Jadi sebaiknya dilakukan usaha untuk menghilangkan stress yaitu dengan MEDITASI menenagkan pikiran plus suplemen ANTI STRESS yang biasa saya minum berupa Omega-3. Kebanyakan kita penderita maag selalu mengharapkan satu kali minum Omega-3 LANGSUNG hilang stress nya. Padahal faktanya tidak seperti itu. Jadi minumlah terus-menerus selama 2-3 bulan, baru mulai terasa dampak/efek Omega-3 thd emosi dn sikap kita menghadapi berbagai persoalan hidup di era yg serba modern dan berkompetisi ini.. Anda akan lebih sanytai menghadapi berbagai maslah yg dahulu sebelum minum Omega-3 reaksi anda sangat reaktif, berpikir negatif dan cenderung cari musuh.. Buktikan sendiri PERANAN OMEGA-3 terhadap sress..
    Mengenai cacing tanah saya tidak tahu bahan atau zat aktif apa yg bisa bertindak sbg obat anti-maag.

  11. 315
    stephen Says:

    salam kenal dok saya stephen baru 1
    bulan lebih ini saya periksa
    KEDOKTER kata dokter asam
    lambung saya naik tapi saya
    belum periksa endoskopi tapi saya
    baca gejala asam lambung yang
    saya baca di blog-blog kesehatan sama
    seperti yang saya rasakan saya
    coba untuk memakan obat yang
    terbuat dari cacing tanah 2 hari
    saya mengkonsumsi obat tersebut
    sudah agak baikan. tapi masih
    suka kambuh walaupun tidak
    parah.apa cacing tanah bagus
    untuk asam lambung? kenapa
    asam lambung rasanya berbeda-
    beda gejalanya. kenapa setiap
    bangun pagi saya sudah agak
    enakan tapi kalau sudah siang
    sudah tidak enak khas terutama
    beberapa menit setelah makan
    rasanya tidak enak lg apa itu
    memang gejala asam
    lambung.memang saya stres
    berlebih ditempat kerja sampai
    karena penyakit ini saya resign dr
    tempat kerja.
    ada lagi dok kalau kalau perut
    saya tidak perih rasanya badan
    saya kurang enak.apa itu karna
    refluks? trimakasih.

  12. 314
    Nurani Says:

    Ass,bgn dok tmn sy kira2 udh 3-4thn mengalami skt maag,trus dia udh komputer ktX gjl gastritis,trus tlpk kakiX sering panas,mual2,bersendawa trus dlm perutX ada suara kyak air mengalir bgt cpt,trus dia g’ prn tdr slm skt it datang trus,obat yg dia mkn ranitidine&lapras tp g’ ada perubahan,gmn dok solusiX

  13. 313
    david Says:

    met mlm dr
    jika maag saya kambuh rasa perih kurang terasa sakit d ulu hati ,,tp nafas sesak dan rasa melayang dan ingin pingsanlah yg lbh terasa tdk nyaman,,yg jd pertanyaan saya apa nafas sesak dan rasa melayang ni akibat dari maag ???

  14. 312
    made widia Says:

    selamat siang saya dair bali
    saya maus tanya kalau kita kena hilocobacter pyolri rumah sakit di bali yang bisa check dan pengobatanya di mana bagus

    terima kasih

  15. 311
    dany Says:

    mlm dok.
    apa benar ngopi sambil merokok dapat menyebabkan penyakit AS?

    tolong di jawab ya dok… trimakasih

  16. 310
    ocha Says:

    Dok saya mau tanya sudah 1 bulan ini saat saya tidur dan ketika bangun pagi awalnya bagian tengah” payudaya saya terasa nyeri sesak dan lama kelamaan 3 hari ni ketika bangun tidur sakitnya sudah bergeser ke bagian kanan bawah payudara. Apakah ini salah satu ciri-ciri magh ato penyebab yg lain?
    Apa saya bisa mnta rujukan kemana saya harus periksa atau berobat.
    Terima kasih dok.
    Saya tunggu saran’y.

  17. 309
    tata Says:

    salam kenal dok,

    Dok, saya mau tanya, saya sudah punya mengalami sakit maag sudah hampir 6 tahun. tapi akhir akhir ini maag saya semakin parah. walau saya sudah tidak makan pedas, gorengan, mie instant, kopi,dan makanan lain yang mengandung gas ataupun asam. Bahkan mencium aroma jeruk pun sekarang saya menjadi takut. tetapi pada saat makan dan sehabis makan perut saya terasa nyeri. perut, dan ulu hati terasa sakit. begitu pula sering terdengar bunyi bunyi seperti orang kelaparan, tetapi suaranya cukup keras dan mengganggu sekali. Biasanya sebelum bunyi bunyian itu terdengar perut terasa sangan sakit seperti di ikat-ikat, tetapi sesudah bunyi tersebut terdengar rasa sakit nya hilang. Yang jadi masalah ini terjadi sepanjang hari. Jika sudah parah saya akan merasakan mual dan jika sudah muntah tidak akan berhenti sampai saya merasakan asam dari mulut saya dan itu sangat membuat saya lemas. Dalam kasus ini apakah saya perlu melakukan endoskopi dok? untuk mengetahui adakah bakteri di dalam perut saya.Oiya dok, saya juga menjadi takut makan karena rasa yang saya derita. jadi jikalau makan pun saya tidak bisa makan dalam porsi yang normal, saya hanya makan dalam porsi sedikit. Saya sudah sering ke dokter dan obat yang diberikan hampir sama , ranitidine, plazol, joplam, trypanzm, dan obat maag lainnya. Jadi, apakah say memang harus melakukan endoskopi atau cek darah saja ya dok? terima kasih sebelumnya dokter.

  18. 308
    iskandar Says:

    salam kenal dok..saya mau tanya..
    ibu saya kena penyakit lambung tapi sudah nyampai ke hati dan jantung sampai sudah di iccu selama 4 hari..tapi sekarang masih belum sembuh..gejala y seperti kembung,sebah, sesak napas dan batuk..tolong jelas organ tubuh apa yg rusak dengan ciri-ciri di atas

  19. 307
    irwan Says:

    Salam kenal dok,,,membaca beberapa pertanyaan dan jawaban dari dokter,,,sepertinya saya terkena bakteri HP…
    kalo saya salah makan atau telat makan, darah naik ke kerongkongan,dan muntah darah (kadang hanya dalam bentuk batuk dok).
    sementara ini saya berobat di dokter dan memberi saya resep, lansoprazole, serta racikan yg terdiri dari Nucral,braxidin,famotidin…
    di penjelasan dokter diatas dikatakan bahwa menekan bakteri HP bisa dengan antibiotik dan mkanan2 khusus…kalo boleh saya minta resep antibiotik nya dok,,,sebelumnya saya ucapkan terima kasih…

  20. 306
    nena Says:

    Slm knl dok,sy menglmi sakit maag,dan sdh
    melakukan cek drh,jg usg hasilnya bgs,tp sy tdk melkukn ck hp,tp ad mslh lgternya saya sdng hml5 minggu,???? ingn sy tnykn apkh wnt hml blh melkukan cek hp?dan blhkh wnt hamil mkn lidah buaya ???? dok sarankan?selam ini kl sy mkn teratu perut sy enakan,t kdng2 msh sakit jg msh sk sesak,apkh krn ad janin di erut saya?tq ya dok u sarannya…!

  21. 305
    iwan Says:

    Halo dok, mau nanya nih, saya kena penyakit tifus dan sudah 3x opname di RS dalam sebulan ini. Test Tubex terakhir nilainya 6 (positiv kuat). Kenapa yah Virusnya tuh gak mau hilang hilang, padahal udah bedrest total, dan berapa lama masa recovery biar virusnya tuh bener2 hilang . Terima kasih dok

  22. 304
    sukamto Says:

    Selamat malam dr,
    Saya punya masalah halitosis dr,
    Sudah menahun,,, orang bilang kalau kunyah permen karet atau pakai listerin sudah dapat hilang bau mulutnya,,, tetapi malah semakin sy pakai obat kumur, mknan manis, permen, bau mulut malah makin menyiksa.
    Sy sudah berusaha dengan kebersihan mulut, gigi, mkn sayiran, buah buahan,,, tetapi tidak ada hasilnya,,,,
    Yang sy mau tanya sy kena penyakit apa dr,,, apakah karena bakteri apa?
    kalau sy ingin konsultasi ke dr, dr praktek dimana, dan hari apa?
    Sebelumnya terima kasih banyak dr!

  23. 303
    jope Says:

    halo dok hasil pemeriksaan darah saya bakteri hypilori positif 1.1
    sedangkan nilai rujukan 1.0 positif. keluhan saya kadang sesak nafas dan pusing, saya sudah konsultasi ke dokter internist gerd.tapi saya tidak diberi antobiotik.hanya dikasih disflux.pantozol40mg,mucosta dan disflat. yang sy ingin tanyakan haruskah saya meminta antibiotik untuk bakteri hypilori ini, trimakasih sebelumnya.

  24. 302
    mcmarz Says:

    Bermula dari googling sampai akhirnya saya menemukan blog ini. Tadinya saya ingin bertanya ttg penyakit lambung istri saya, tapi setelah membaca semua pertanyaan yg dijawab dgn sabar oleh dokter akhirnya semua mendapat jawaban dari kasus yg relatif sama. Salut buat dokter Sukma, itu testimoni saya. Salam

  25. 301
    Yuda Says:

    Salam kenal dok, saya yuda 33th, kemarin malam setelah makan martabak telor, perut langsung kejang melilit, dari dokter diberi vitamin dan braxidin, sekarang perut saya terasa pedas dan ingin muntah tiap makan, dari yg sy baca harus tes HP, jenis tes mana yg paling murah dan tepat, demikian, saya hanya bs memberikan doa untuk bu sukma, terimaksih banyak

Pages: « 14 [13] 12 11 10 9 8 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe