HP 2HP 1HPSakit lambung atau yang biasa disebut sakit maag-dari bahasa Belanda- awalnya memang disebabkan oleh asam lambung yang melimpah dibandingkan jumlah makanan didalam lambung.

Namun sejak 1983, dua dokter dari Perth-Australia, yang kemudian mendapatkan Hadiah Nobel di bidang Kedokteran : Dr. Warren dan Dr. Marshall, mereka  masing-masing adalah pathologist dan internist yang telah menemukan sejenis bakteri didalam sediaan penderita gastritis yang dibiopsi dan kemudian  diberi nama Helicobacter Pylori (HP). Apa dan bagaimana sifat HP ?

HP berbentuk seperti sosis dengan posisi agak melengkung, tampak dua kutub, salah satunya berflagella untuk pergerakan bakteri. Sifat HP sangat kompleks, dan boleh dikatakan mempunyai berbagai senjata, sehingga bisa ‘survive’ didalam lingkungan yang sangat asam dari lambung/ gaster/ maag.

Pertama, HP dapat merubah lingkungan mikro disekitarnya menjadi bersifat agak basa, sehingga dia bisa tinggal dan berkoloni dilapisan lendir mukosa lambung.

Kedua, dia mempunyai alat flagella, untuk membor mukosa lambung, sehingga bisa lebih mudah masuk kedalam dasar kripta/ cekungan mukosa dan menetap ditempat itu.

Ketiga, HP mempengaruhi sistem imunitas tubuh kita untuk tidak mengenali dirinya sebagai benda asing/non-self, melainkan sebagai bagian organ jaringan lambung/self sehingga tidak dapat dikenali sebagai ‘invader’ atau penyusup yang harus diberantas oleh sel limfosit-T. Maka luputlah bakteri HP dari penyisiran sistem imun kita, karena HP tidak terdeteksi sebagai benda asing/non-self.

Ke-empat, HP bisa resisten terhadap terapi yang diberikan, dengan cara bakteri tersebut membuat zat anti terhadap bahan aktif anti-mikroba yang diberikan.

Dan banyak lagi senjata yang dimiliki HP, sehingga dampak yang ditimbulkan oleh peradangan lambung oleh HP menjadi semakin kompleks. Terutama bila HP tidak terdeteksi, maka bakteri akan terus berkembang-biak meluas membentuk tukak lambung, displasia, adenoma dan akhirnya kanker lambung yang sangat ditakuti.

Dan semenjak ditemukan bakteri HP, maka paradigma bahwa ‘sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebih’ telah bergeser menjadi ‘sakit maag disebabkan oleh infeksi/peradangan lambung oleh kuman HP’.

Sudah tentu akibat perubahan paradigma tersebut akan juga pasti mempengaruhi pengobatan sakit maag. Maka tidak mengherankan saat ini pasien gastritis akan diberikan antibiotika yang sesuai untuk HP, bila ternyata pada pemeriksaan biopsi endoskopi lambung pasien ditemukan HP positif.

Bagaimana seseorang tertular HP? Banyak cara dapat dilalui oleh bakteri HP untuk mencapai lambung dan menyebabkan peradangan/infeksi disana.

Pertama, anak-anak akan mewarisi HP dari ibunya/orang dewasa lain yang terinfeksi HP melalui makanan yang dikunyah dulu oleh ibu/orang dewasa lain , sebelum disuapkan ke mulut anak. Makanan yang terkontaminasi HP dari air ludah si ibu/ pemberi makanan yang sebelumnya dikunyah/mastikasi. Kebiasaan seperti ini sangat populer dan biasa dilakukan di Afrika dan berbagai daerah di Indonesia. Jalan penularan seperti ini disebut ‘oro-oral route’.

Seperti penyakit tifus dan cholera, HP dapat juga ditularkan lewat vektor yaitu lalat kotor yang hinggap difeces penderita, dan kemudian  hinggap pada makanan yang tidak tertutup dan  kita lahap sesudah itu.

 Bila tangan yang kotor terkontaminasi feces tidak dibersihkan dengan cermat, maka kotoran yang menempel akan masuk kedalam mulut, bila makan tidak menggunakan sendok alias makan dengan tangan.Cara penularan seperti ini disebut ‘feco-oral route’.

Disinilah pentingnya jamban tertutup dan WC yang  memenuhi syarat kesehatan serta hygiene kesehatan umum yang memadai, dengan menjaga lingkungan selalu bersih dan membiasakan menutup makanan diatas meja yang nanti akan dikonsumsi keluarga.

Tiga gambar pada artikel ini, ditengah kelenjar/kripta lambung dimana tampak beberapa HP dibagian tengah/lumen kelenjar. Gambar kiri dan kanan bila diperhatikan dengan cermat, tampak bakteri HP berbentuk cacing pendek kecil-kecil, diantara massa lendir mukosa lambung, dan berwarna pink-gelap..

Popularity: 25%

Posted Sunday, August 10th, 2008 at 3:50 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

345 Responses to “Helicobacter Pylori (HP), bakteri penyebab sakit maag. Bila tidak dibasmi tuntas, kanker lambung akibatnya”

Pages: « 14 … 10 9 8 [7] 6 5 4 … 1 » Show All

  1. 175
    Aditya Limanto Says:

    Yth. Bu Dr Sukma, saya mengalami diare sudah 2 minggu ini, dan perut sering berbunyi terutama saat tidur,sering terbangun malam hari.Feses rutin diperiksa semua normal,skrg sdg mnunggu hasil kultur feses.Setlh 3 hari minum New Diatabs dan Immodium tdk membaik,oleh Dr internist saya diberikan Danoflox,Metronizadole,Gabbryl,Famotidine dosis 3hari. Lalu krn masih terus diare 3-4x sehari,diberikan Zithromax dosis 4kaplet/2hari ditambah Zinkid,spasmomen dan rillus.Skrg saya masih tetap diare,tidak ada mun. 3bulan yang lalu saya memang pernah kena gastritis TAPI TIDAK DIARE, diendoskopi dan diberikan obat renapepsa,mucosta,lacidophil dan spasmomen. Saya cemas,apakah penyebabnya bakteri HP atau lainnya. Pernah baca di blog klu HP itu bisa diobati dgn Amoksilin,Claritrhomicyn dan omeprazole dosis 10-14hari. Mohon saran Dr sebab saya bingung sudah minum banyak obat, klu bisa ingin mghindari untuk endoskopi lagi.Terima kasih.

  2. 174
    Dr. Sukma Says:

    Hai Putra,

    Pendapat saya kemungkinan ada 2 : sakit jantung atau sakit maag. Sebaiknya kunjungi dokter penyakit dalam, agar diperiksa teliti. Kalau dianggap perlu lakukan rekam jantung (EKG) dan periksa Cholesterol, dll.

    Keduanya sering overlapped, sehingga sulit dikenal tanpa pemeriksaan yang lebih terarah seperti diatas.

  3. 173
    putra Says:

    aslmkm dok,

    mau tanya ya..udah 3 hari ini saya mengalami sakit/nyeri di punggung dan dada disertai sesak napas dan keringat dingin. pertamanya saya kira masuk angin terus saya olesin dada, perut dan punggung dengan balsem. saya sempet kerokan di bag.dada. awlanya sempet baikan tapi malamnya kok sesak napas terus punggung tu linu2 gitu..2 hari kemudian saya juga kerokan di bag.punggung..sempet kerasa baikan dok, tapi magrib kambuh lagi..kata dokter yg periksa ini karena mag saya..tapi saya kurang percaya..gimana ini dok?

  4. 172
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tri,

    Saya tidak tahu dari mana pernyataan yang anda tulis itu. Penyakit maag pada wanita dan pria, sama saja. Yaitu dampaknya sejak sakit dan selama sakit maag. Bukan setelah tua…

  5. 171
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dani,

    Yang penting keluhan sakit maag anda sudah reda dan mulai membaik. Bila begitu, tidak perlu endoskopi.

    Dokter yang merawat anda lebih tahu, kapan harus di
    endoskopi.

  6. 170
    tri Says:

    ass,,,
    mau tanyaa!!!saya mndpatkan info bahwa sakit maag pada wanita akan berdampak pada usia tuaa,,
    dampak seperti apa??n bagaimana cra mengatasi maag??
    biasa nya tuh krna apa ya pnyakit maag itu muncul???
    makasih,,
    wass,,

  7. 169
    Dani Says:

    dok,saya sudah ke5 bulan menderita maag kronis akibat H pilory.apakah saya perlu diendoskopi lg untuk melihat mati gaknya bakteri ini???

  8. 168
    Dr. Sukma Says:

    Hai Na,

    Patogenesis penularan HP antara lain :

    1. HP punya ‘pathogeneity island’, yang bisa merubah lingkungan mikro menjadi kurang asam alias PH-nya naik, sehingga HP dapat survive.
    2. HP juga menghasilkan Vcag dan Ccag yang merupakan antigen yang potent sehingga sulit dikenali T-cell dan sistem imun kita sebagai ‘non-self’ atau benda asing.

    Akibatnya HP bisa lolos dari penyisiran sistem immun kita. Selanjutnya anda baca lebih lengkap di buku text.

  9. 167
    Dr. Sukma Says:

    halo Indah,

    Coba saran dari pak Kunto dengan makan singkong rebus lumayan sering . Siapa tahu gejala maag anda bisa baik.

    Berkeringat malam saat kondisi perut mules, bisa saja. Meskipun gejala itu lebih spesifik untuk radang TB.

  10. 166
    indah Says:

    sore dok,dok saya baru 3 bln ini kena maag,tapi saya ngerasa bln ini sakit nya parah.saya sering mual tpi gk bisa muntah,perih gk ketulungan,kadang perut melilit.terus akhir-akhir ini,kalo tidur suka ngeluarin keringat.itu knp ya dok???makasih.

  11. 165
    Dr. Sukma Says:

    Hai Novie,

    Keluhan anda seperti penderita TBC paru atau TBC kelenjar.
    Coba dicheck ke dokter penyakit dalam, agar dilakukan test Mantoux dan periksa darah LED. Kalau perlu rontgen thorax.

  12. 164
    Novie Says:

    Hi Dok,

    Saya mau tanya, seringkali pada saat malam saya tidur sering mengeluarkan keringat yang berlebihan, dan tidak hanya malam saja kadang kalau saya sedang santai tidak melakukan apa-apa tetap badan saya mengeluarkan keringat, dan akhir-akhir ini tangan saya juga sering berkeringat. Apakah ini berhaya dok? apakah ada hubungannya dengan sakit paru atau jantung?

    Terimakasih banyak dok.

  13. 163
    Dr. Sukma Says:

    Hai Faruq,

    Langsung dijawab, ya.
    1. RS Podok Indah cukup baik di Jakarta Selatan
    2. Lebih dipercaya biopsi endoskopi dibandingkan dengan UBT,dari pengamatan statistik
    3. Beaya endoskopi tanyakan langsung ke RS bersangkutan. Tidak perlu rawat inap, setelah endoskopi istirahat sebentar di recovery room, langsung pulang

  14. 162
    Faruq Says:

    Hai Dok,
    langsung saja dok mau tanya, hampir kurang dari 2 tahun istri saya mempunyai gejala Maag dan sudah berulang-ulang minum berbagai macam obat dari kunjungan beberapa kali ke dokter.istri kadang dengan tiba pusing kepala sempoyongan, ulu hati kadang engap, kadang kalau udah kecapean langsung mual2 sakit di perut.
    terakhir kami sudah kedokter minta surat rujukan untuk endoskopi.
    1. bisa minta informasi rujukan rumah sakit yang terbaik di jakarta selatan karena posisi rumah kami di Depok.
    2.apakah harus biopsi endoskopi atau UBT ?
    3.biaya untuk endoskopi berapa? dan harus rawat inap kah

    ditunggu jawaban secepatnya dok

    Salam,
    FAruq

  15. 161
    Na Says:

    pagi dok.. saya mau bertanya bagaimana patogenesisnya atau patofisiologisnya penularan bakteri H.Pylori? yang saya dapatkan hanya caranya saja yaitu dari ibu ke janin, dari mulut ke mulut, dan dari anus ke mulut. tidak ada perjalanan bagaimana bakteri itu bisa berpindah dan menular kpd orang lain. mohon penjelasannya dok… terima kasih….

  16. 160
    Dr. Sukma Says:

    Hai Eti,

    Pendapat saya sebaiknya anda bebaskan dulu pundak dari ganglion yang ada.Jadi datang ke dokter bedah umum agar ganglion tsb diangkat/operasi.

    Setelah itu,bila masih tetap juga terasa mengganjal didada kanan sebaiknya di rontgen dada (thorax foto).Kemungkinan ada pleuritis atau lainnya di selaput paru anda.

  17. 159
    Eti Says:

    Dokter Sukma yg baik,saya masih menunggu jawaban & saran Dokter.

  18. 158
    igo Says:

    hallo ibu dokter apa kabar ??

    maag saya sekarnag ga begitu mengganggu dok,,hanya saja akhir2 ini kenapa badan saya seperti di cubit2 kaya di punggung,dada,pinggang2 ya dok

    terima kasih dok dan saya minta maaf mengganggu ibu dokter

  19. 157
    Eti Says:

    Halo Dok…
    saya cerita dulu ya Dok, klo terlalu panjang bisa langsung jawabannya saja tdk apa2 Dok…

    pd waktu puasa saya merasakan dada untuk bernafas seperti ada yg menganjal (kadang2) tepatnya di bag tengah dan dada kanan atas seperti ditarik, cenut2 sampai punggung kanan, trus sering batuk sampai mau muntah karena mual, kata dokter gangguan lambung kemudian saya diberi omeprazol, berkurang Dok batuknya hilang mual jg ikut hilang. kemudian setelah lebaran karena makan tidak terkontrol perut saya perih dan panas dan seperti ada yg menganjal (kadang2) lagi Dok di dada dan dada kanan atas masih seperti tertarik trus saya periksa lg di Dokter yg berbeda tidak dikasih obat hanya disuruh minum obat maag bebas yg cair, kata Dokternya dr cara saya berbicara saya stress…(emang ada beban pikiran Dok). kemudian saya minum magasida sampai habis 1 botol perih & panasnya hilang tp rasa mengganjalnya (kadang2)dan rasa tertarik di dada atas kanan masih ada. Kemudian saya periksa ke Dokter yg berbeda lagi Dok, diagnosa masih gangguan lambung karena pikiran di kasih impepsa dan 2 obat lagi saya lupa namanya tp katanya untuk pencernaan semua. Emang jadi lebih baik Dok. tapi rasa mengganjal (kadang2) dan rasa tertarik di dada kanan atas masih ada. Sekarang saya coba terapi aloe vera setiap hari, kembung, sebah, perih, panas dan mual udah hilang tp rasa mengganjal (kadang2) dan rasa tertarik di dada kanan atas itu masih ada Dok…yg sekarang saya rasakan malah rasa mengganjal itu di ulu hati tp agak ke kanan dibawah payudara seperti dekat tulang iga Dok…kadang terasa di dada kiri jg tp hanya kadang2 saja.
    Saya akui Dok…kalau saya cemas atau punya pikiran nagatif jadi semakin terasa gangguan tersebut.
    Pertanyaan saya Dok:
    1. Apa yg sebaiknya saya lakukan Dok? periksa lagi ke Dokter atau gimana Dok? kalau periksa lagi ke Dokter apa Dok?
    2. Saya sakit apa ya Dok?

    NB:
    Saya lupa Dok, saya ada ganglion di persendian pundak kanan, ada hub dengan dada kanan atas yg kadang cenut2 tdk ya Dok?
    Saya sdh periksa kata Dokternya tidak berbahaya dan payudara saya jg bersih dari benjolan.
    Nafas saya agak berat Dok, tp kalau buat jalan pagi dan jogging saya kuat Dok tdk sesak.
    Rasa tertarik di dana kanan atas akan semakin terasa kalau saya membungkuk sambil batuk.

    Terima kasih sebelumnya, dan terima kasih atas kesediaan Dokter membaca keluhan saya yg panjang ini.

  20. 156
    Dr. Sukma Says:

    Hai Eti,

    HP tidak dapat diberantas dengan aloevera. Karena dia adalah kuman, maka HP obatnya antibiotika khusus HP.

  21. 155
    Eti Says:

    Hai Dok…,
    apakah bakteri HP ini jg hilang dan sembuh dengan terapi aloe vera???
    terima kasih…

  22. 154
    Dr. Sukma Says:

    Hai Emma,

    Solusi terbaik masalah kesehatan anda yaitu HILANGKAN STRESS. Lakukan yoga atau latihan nafas panjang.

    Ambil cuti dan pergi rekreasi ke tempat yang anda suka.
    Lakukan apa yang menjadi hobby anda, yang membuat perasaan anda senang dan tenang.

  23. 153
    Emma Says:

    Dok,perut saya sering bunyi meski habis makan..
    Bahkan saya sering mual mendadak serta muntah tanpa sebab yg jelas,,
    pdhl makan saya teratur,,
    banyak teman blg mgqn maag saya sudah akut pengaruh stress..
    Memang bnr kata dokter sakit saya krn stress..
    Solusi apa yg bs dokter beri dan obat apa yg dianjurkan..
    Trims.

  24. 152
    Antonelf Says:

    bu dokter trimakasie.. webnya sangat infoitif bagi kita2 yg pengen tau ttg apa n penyebab sakit maag.. makasie bu

  25. 151
    Dr. Sukma Says:

    Hai moch erick,

    Semua keluhan anda BUKAN akibat sakit maag, tetapi akibat LDL dan kholesterol yang tidak normal.

    Lakukan olah raga teratur dan hindari makanan berlemak serta usahakan pikiran tenang.Tidak perlu check lab.
    Semoga berhasil…

Pages: « 14 … 10 9 8 [7] 6 5 4 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe