En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier kjøpe Generisk Viagra Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

HP 2HP 1HPSakit lambung atau yang biasa disebut sakit maag-dari bahasa Belanda- awalnya memang disebabkan oleh asam lambung yang melimpah dibandingkan jumlah makanan didalam lambung.

Namun sejak 1983, dua dokter dari Perth-Australia, yang kemudian mendapatkan Hadiah Nobel di bidang Kedokteran : Dr. Warren dan Dr. Marshall, mereka  masing-masing adalah pathologist dan internist yang telah menemukan sejenis bakteri didalam sediaan penderita gastritis yang dibiopsi dan kemudian  diberi nama Helicobacter Pylori (HP). Apa dan bagaimana sifat HP ?

HP berbentuk seperti sosis dengan posisi agak melengkung, tampak dua kutub, salah satunya berflagella untuk pergerakan bakteri. Sifat HP sangat kompleks, dan boleh dikatakan mempunyai berbagai senjata, sehingga bisa ‘survive’ didalam lingkungan yang sangat asam dari lambung/ gaster/ maag.

Pertama, HP dapat merubah lingkungan mikro disekitarnya menjadi bersifat agak basa, sehingga dia bisa tinggal dan berkoloni dilapisan lendir mukosa lambung.

Kedua, dia mempunyai alat flagella, untuk membor mukosa lambung, sehingga bisa lebih mudah masuk kedalam dasar kripta/ cekungan mukosa dan menetap ditempat itu.

Ketiga, HP mempengaruhi sistem imunitas tubuh kita untuk tidak mengenali dirinya sebagai benda asing/non-self, melainkan sebagai bagian organ jaringan lambung/self sehingga tidak dapat dikenali sebagai ‘invader’ atau penyusup yang harus diberantas oleh sel limfosit-T. Maka luputlah bakteri HP dari penyisiran sistem imun kita, karena HP tidak terdeteksi sebagai benda asing/non-self.

Ke-empat, HP bisa resisten terhadap terapi yang diberikan, dengan cara bakteri tersebut membuat zat anti terhadap bahan aktif anti-mikroba yang diberikan.

Dan banyak lagi senjata yang dimiliki HP, sehingga dampak yang ditimbulkan oleh peradangan lambung oleh HP menjadi semakin kompleks. Terutama bila HP tidak terdeteksi, maka bakteri akan terus berkembang-biak meluas membentuk tukak lambung, displasia, adenoma dan akhirnya kanker lambung yang sangat ditakuti.

Dan semenjak ditemukan bakteri HP, maka paradigma bahwa ‘sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebih’ telah bergeser menjadi ‘sakit maag disebabkan oleh infeksi/peradangan lambung oleh kuman HP’.

Sudah tentu akibat perubahan paradigma tersebut akan juga pasti mempengaruhi pengobatan sakit maag. Maka tidak mengherankan saat ini pasien gastritis akan diberikan antibiotika yang sesuai untuk HP, bila ternyata pada pemeriksaan biopsi endoskopi lambung pasien ditemukan HP positif.

Bagaimana seseorang tertular HP? Banyak cara dapat dilalui oleh bakteri HP untuk mencapai lambung dan menyebabkan peradangan/infeksi disana.

Pertama, anak-anak akan mewarisi HP dari ibunya/orang dewasa lain yang terinfeksi HP melalui makanan yang dikunyah dulu oleh ibu/orang dewasa lain , sebelum disuapkan ke mulut anak. Makanan yang terkontaminasi HP dari air ludah si ibu/ pemberi makanan yang sebelumnya dikunyah/mastikasi. Kebiasaan seperti ini sangat populer dan biasa dilakukan di Afrika dan berbagai daerah di Indonesia. Jalan penularan seperti ini disebut ‘oro-oral route’.

Seperti penyakit tifus dan cholera, HP dapat juga ditularkan lewat vektor yaitu lalat kotor yang hinggap difeces penderita, dan kemudian  hinggap pada makanan yang tidak tertutup dan  kita lahap sesudah itu.

 Bila tangan yang kotor terkontaminasi feces tidak dibersihkan dengan cermat, maka kotoran yang menempel akan masuk kedalam mulut, bila makan tidak menggunakan sendok alias makan dengan tangan.Cara penularan seperti ini disebut ‘feco-oral route’.

Disinilah pentingnya jamban tertutup dan WC yang  memenuhi syarat kesehatan serta hygiene kesehatan umum yang memadai, dengan menjaga lingkungan selalu bersih dan membiasakan menutup makanan diatas meja yang nanti akan dikonsumsi keluarga.

Tiga gambar pada artikel ini, ditengah kelenjar/kripta lambung dimana tampak beberapa HP dibagian tengah/lumen kelenjar. Gambar kiri dan kanan bila diperhatikan dengan cermat, tampak bakteri HP berbentuk cacing pendek kecil-kecil, diantara massa lendir mukosa lambung, dan berwarna pink-gelap..

Popularity: 25%

Posted Sunday, August 10th, 2008 at 3:50 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

345 Responses to “Helicobacter Pylori (HP), bakteri penyebab sakit maag. Bila tidak dibasmi tuntas, kanker lambung akibatnya”

Pages: « 14 … 12 11 10 [9] 8 7 6 … 1 » Show All

  1. 225
    dewi's Says:

    halo dok,
    saya menderita sakit pada lambung sebelah kanan apa itu juga bisa di sebut sakit maag?kalau sedang kambuh sakitnya sampai ke pinggang.apa nama yang tepat untuk penyakit saya ini.obat maag yang diberikan dokter kayaknya g ada perubahan.

  2. 224
    yudy Says:

    hallo dok….. sya yudy, apakah dgan mngkonsumsi klorophil bsa mnyembuhkan pnyakit , yg dsebabkan krn suntikan bhan kimia yg dmasukkan ke btang mr p , shingga mnimbulkan pembengkakan dan pgerasan yg mngkin dsbabkan trsumbatnya pembuluh drah pda area mr p..? yg mngkin mngandung toxsic, apakah dgn mngkonsumsi klorophil bsa mghilangkan atw mgangkat toxsic itu????

  3. 223
    putra Says:

    Halo dok, makasih ya atas jwaban pertnyaan yg sblmnya. Ternyata emg yg kmrin krn mag kumat.Dok, saya tanya lagi ya.
    Bagaimana mnurut anda ttg gurah itu? yg ktanya klu lndir g bsa klwr dri tbuh akan mnyebabkan pnykit, mnghmbat brpkir dsb. trus trang sy lg mrasa ada lndir ato dhak yg g bsa klwr2, krn sy tpe yg g bsa nglwrin dhak dgn mdah.
    Trims dok..

  4. 222
    Vinna Says:

    Dok, sy sering merasa sesak, kadang nyeri di dada kiri maupun kanan sampai kepunggung. Kt dr asam lambung naik.Tp sepertinya lambung sy jd sangaaattt sensitif. Nggak Bila sedikit sj makan asam atau pedas lsg kambuh. Kenapa begitu dok? Apa sebabnya?Trims

  5. 221
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yulianus z,

    Khlorofil boleh diminum penderita GERD. Boleh dicoba Omega-3, vitamin anti-stress.

    Soal beaya endoskopi, saya kurang paham. Setiap RS atau dokter operator endoskopi berbeda-beda.

  6. 220
    yulianus z Says:

    dok, saya sering sesak karena gerd. apa saya bisa minum khlorofil ? selain inpepsa dan omeprazol apakah ada obat lain yg bisa sy konsumsi? kalau endoskopi itu berapa biayanya dok?

  7. 219
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yessi,

    Pada dasarnya hampir semua obat bersifat toxic terhadap tubuh kalau diminum dalam jangka panjang.

    Ada yang mengganggu kerja hati (hepatotoxic) dan ada yang mengganggu kerja ginjal (renotoxic).

    Jadi bila sudah lama konsumsi obat2 namun belum ada perbaikan berarti, sebaiknya obat distop saja.

    Sebaiknya kita merubah life style yang tadinya sibuk penuh kompetisi dan stressful menjadi nyantai dan ‘back to nature’.

    Lakukan latihan nafas atau meditasi atau yoga. Hindari semua makanan dan minuman pantangan penderita sakit maag. Dan berpikir positif, jauh dari rasa dengki, irihati, permusuhan, culas, dst.

    Perlu waktu, dan secara berangsur-angsur niscaya kondisi anda akan pulih kembali. Trust me…

  8. 218
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sugi,

    Ada kemungkinan gastritis anda disebabkan kuman HP. Untuk itu perlu dilakukan biopsi endoskopi, agar dibuktikan ada tidaknya HP.

  9. 217
    ratnaningsih Says:

    ytc Dr Sukma
    adik sy umur 27 sedang hamil 8 minggu punya penyakit maag sekarang mengalami NGIDAM rasa mual perut terasa panas apakah boleh mengkonsumsi LIDAH BUAYA dan solusinya bagaimana? tks

  10. 216
    yessi Says:

    hallo dokter yg baik hati sy sdh mngkonsumsi aleo vera paginya klau mlm sy minum rebusan daun binahong sdh dua mggu ini rutin tp sy msh sesak nafas dan ulu hati saya msh skt dan daerah perut sya ngga karuan deh dok apakah menurut dokter sy balik lg k dokter dan mt di endoskopi lg biar pengobatan lbh tepat yah dok`,krna sy tkt jadi tambahparah .dokter apakah obat maag bisa merusak ginjal kita klau banyak n lama dikonsumsi tp sy byk minum air putih sih dok.saya berharap jawaban dari dokter

  11. 215
    sugi Says:

    Bu dokter,saya mengalami gejala ulu hati sakit/perih, terasa dingin serta nafas terasa sesak, selain itu saya merasa kepala saya pusing dan demam ringan, saya sudah berobat ke internist dan akhirnya disuruh buat usg, hasil usg menyatakan saya menderita gastritis,

    kemudian saya diberikan obat omeprazole, acitral,obat racikan yang terdiri dari campuran vometa dan braxidin, serta obat enzim pencernaan. tetapi setelah mengkomsumsi obat selama sebulan lebih hasilnya belum ada kemajuan berarti, kadang-kadang ulu hati masih suka perih, dan pasti diikuti dengan demam ringan, tetapi saya perhatikan bagian tubuh yang demam hanya pada bagian perut dan leher saja, sedangkan bagian tubuh lain seperti tangan, kaki dan dada normal saja suhunya.

    pertanyaan saya apakah ada kemungkinan saya terkena kuman HP berdasarkan gejala yang saya alami?
    sudah beberapa kali saya bolak balik dokter karena sakit saya belum sembuh, tetapi dokter ga pernah menyinggung kemungkinan sakit maag karena bakteri ini

    apakah normal sakit maag saya diikuti dengan demam ringan dan pusing ?

  12. 214
    Dr. Sukma Says:

    Halo Fang Fang,

    Polip multipel di lambung biasanya adalah hyperplastic polyp. Polip ini kalau tidak mengalami iritasi khronik dan berlanjut menjadi displasia sel-sel epitelnya, sebenarnya aman.

    Adanya polip sering menyebabkan gangguan pencernaan dan atau perdarahan. Dan polip juga akan membesar dari hari-kehari.

    Saya pribadi cenderung untuk membuang polip tsb, sebelum terjadi komplikasi.

    Sebaiknya anda konsultasi dengan dokter gastro-enterologist handal di RSCM atau di Singapore. Dengarkan pendapat mereka..

  13. 213
    fang fang Says:

    halo dokter saya penderita mag dan sudah di endoskopi dan hasilnya terdapat kira kira sepuluh polip. Apakah polip itu harus dibuang .Hasil pemeriksaan darah ada marker tumor tp sdh dua jali diendoskopi tdk ditemukan tumor hanya polip saja. Apa yang sy hrs sy lakukan dokter? Salam dari Fang Fang

  14. 212
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tiur,

    Prinsip utama dan terpenting penyembuhan sakit maag dan tukak lambung adalah PIKIRAN TENANG.

    Untuk tujuan itu, sebaiknya lakukan latihan nafas panjang atau yoga atau meditasi. Lakukan setiap hari, dua kali sehari yaitu pagi dan malam hari sebelum tidur.

    Setiap sesi latihan minimal setengah jam sampai satu jam idealnya.

    Rasakan PERUBAHAN yang terjadi pada lambung anda, setelah melakukan latihan nafas panjang/ yoga/meditasi minimal selama 2(dua) minggu secara rutin.

  15. 211
    Dr. Sukma Says:

    Hai Alfan,

    Semoga anda dapat menyelesaikan kuliah di FK tepat waktu. Dan menjadi dokter yang baik dan berguna bagi masyarakat luas. Amien …

  16. 210
    Tiur Says:

    met mlm Dok..
    Slm kenal, nama sy Tiur, umur sy 25 thn.
    Dok, 4 thn yg lalu syr rawat inap dRS Siloam Tangerang krn sakit tukak lambung. tpi sampai skrg perut sy sering perih, berbunyi dan kepala sy sering pusing, seperti mau pingsan, badan juga lemas Dok.
    Saya hrs bagaimana Dok, saya ingin sembuh.;
    mkasi Dok

  17. 209
    alfan Says:

    maaf dok, izin buat testiny..
    saya Alfan, mahasiswa dokter di FK UNRI angkatan 2005, teman Boby..
    saya cuma menyampaikan salut buat dokter, di sela kesibukannya masih sempat mejawab konsultasi siapapun di blog ini…
    mudah”an ini semua dapat menjadi motivasi saya kelak menjadi dokter.. terima kasih dok..

  18. 208
    Dr. Sukma Says:

    Halo Agus,

    Jangan terlalu agresif. Untuk mual anda boleh coba ngemut permen asem/tamarind yang banyak dijual.. You should try..

  19. 207
    agus Says:

    dear dok,
    sy punya keluhan mual, perut penuh trus dah tes SGOT, SGPT, ECG, HP semua normal aj trus ke dokter umum di kasih vometa, pumpitor n sanmag, yang jadi masalah kok mualnya kadang muncul kadang ilang itu kira2 kenapa ya coz mualnya cukup mengganggu, apa perlu endoskipi ya? terima kasih sebelumnya

  20. 206
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dewi,

    Coba baca jawaban saya untuk Yessy di posting # 205. Saran saya persis seperti itu.

  21. 205
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yessi,

    Saya setuju anda berhenti konsumsi obat2an dan berobat ke alternatif. Sambil dibarenngi konsumsi aloevera baca di artikel saya ini.

    Buang getahnya yang kuning, akan tetapi lendirnya yang bening harus dimakan. Karena bagian berlendir dan dagingnya yang transparan bagai kristal itu merupakan BAHAN AKTIF dari aloevera.

    Terakhir anda berlatih nafas panjang. Hirup dari hidung dan keluarkan nafas dari mulut.Latihan 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Setiap sesi latihan minimal setengah jam sampai satu jam.

    Agar pikiran anda tenang. PIKIRAN TENANG paling penting dalam penyembuhan gastritis/sakit maag.

  22. 204
    dewi Says:

    Yth
    Dr.Sukma

    Nama saya dewi Kartika sekarang saya sedang mengalami sakit pada lambung hingga ke ulu hati dan sekarang sering mengalamisesak napas keadaan ini sudah 3 bulan lamanya , saya sudah mencoba berbagai obat seperti Propepsa, pantazol, dll dari dokter saya tapi tidak ada perubahan…dan saya sudah mencoba juga saran dokter sukma yaitu lidah buaya saya sudah mengkonsumsi sejak 3 hari yang lalu tapi tidak ada perubahan mohon saran bu dokter sukma kira2 penyakit saya apa ya …mohon penjelasannya

  23. 203
    yessi Says:

    mlm dok sy skt maag sdh 5 thn, 3thn yg lalu sy prnh endoscopy hslnya gasritis rgn tp 2 bln blkgan ini sy srg sesak nafs lalu sy priksa jantung dgn tritmiil dan eho hslnya bagus sy diksh obat pariet narfos dan xanak utk 2 mgg tp keluhan sy tdk hlg juga seprti sesak nafas skt ulu hati dan pert sy bunyi2 sperti ada yg jln skrg sy hya berobt terapi refleksi saja karna sy tkt kn ginjal sy klu kbykan mnm obat tp sy ingin cb aleo vera gmana caranya dan brpa kali sehari apakah hrs mkn dulu ? sy berhrp atas jawbannya trms

  24. 202
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fazri,

    Waktu 2 bulan masih belum cukup untuk penyembuhan tukak lambung akibat kuman HP.Jadi kontrol teratur ke dokter yang merawat anda. Agar dapat dinilai sejauh mana dampak obat terhadap kondisi anda. Kalau perlu diberi tambahan anti-HP.

    Disamping obat2 dari dokter untuk membasmi HP, anda boleh barengi dengan aloevera dan makan singkong rebus sering-sering, untuk melapisi dinding yang luka-luka lecet sampai luka serius yang berbentuk tukak/ulkus pada lambung anda.

  25. 201
    fazri Says:

    halo dok,
    saya fazri usia 22 tahun, saya sudah periksa kedokter dan hasilnya, ditemukan kuman Helicobacter Pylori yang menyebabkan saya menderita Tukak Lambung. sudah 2 bulan saya menjalani pengobatan dengan minium obat secara teratur, tapi asam lambung saya masing sering kambuh, kembung, nyeri, dan rasa terbakar didalam lambung jika berada dalam ruang ber-AC! Dan saya sering mengalami pusing, disertai lemas seperti mau pingsan.
    pertanyaan saya, apakah tukak lambung yang saya alami ini bisa mengakibatkan kepala sering pusing dan lemas? apa yang saya lakukan? Terimakasih.

Pages: « 14 … 12 11 10 [9] 8 7 6 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe