SupraclavBelum lama, sekitar 2 mingguan ini, saya menemukan kasus yang sangat jarang, yaitu anak sebar kanker kelenjar tiroid pada lokasi supraclavicula, yaitu tulang dikiri-kanan pangkal leher. Persisnya tulang yang pada orang kurus sering dianggap sebagai ‘tempat sabun’, karena cekung seperti wadah sabun di kamar mandi.

Saya sebut sangat jarang, karena meskipun lokasi supraclavicula biasa menjadi tempat anak sebar kanker ganas, namun untuk kelenjar tiroid/ kelenjar gondok sangat jarang ke lokasi itu. Biasanya dia menyebar ke leher didekat muskulus sternocleidomastoideus.

Supraclavicula adalah tempat favorit anak sebar kanker ganas dari berbagai tempat, seperti : payudara, paru, lambung, usus dan ovarium pada penderita wanita. Sedangkan pada laki-laki tersering berasal dari : paru, lambung, usus dan kelenjar prostat. Bagaimana mengetahui adanya benjolan yang berbahaya itu dan kenapa tumor ganas harus menyebar lokasi itu ? 

Untuk mengetahui adanya benjolan secara dini, maka dianjurkan kepada kita semua agar rajin meraba-raba cekungan diatas tulang iga paling atas, setiap saat kita mandi. Jadi sambil menyabuni bagian leher dan dada, pastikan tangan meraba dan sedikit menekan seluruh leher sampai ke pangkal leher, dan dilanjutkan ke dada bagian atas, pada lokasi supraclavicula  tadi.

Apabila ditemukan sekecil apapun benjolan yang tidak biasa, agar segera mengunjungi dokter anda. Hal ini juga berlaku pada khusus wanita, agar rajin meraba-raba payudaranya sendiri yang biasa disebut ‘sarari’, untuk deteksi dini adanya kanker payudara.

Kenapa hal itu penting ? Karena seringkali tumor ganas dari organ didalam tubuh, akan sulit dilihat dari luar. Apalagi bila keluhan belum ada, biasanya kanker tersebut terus tumbuh membesar, tanpa kita sadari.  Maka akibatnya tumor ganas sudah berada pada stadium lanjut, ketika diagnosis ditegakkan..

Kenapa ke lokasi supraclavicula ? Lokasi ini menjadi daerah muara aliran cairan limfe dari berbagai organ didalam rongga dada dan rongga perut/abdomen. Seperti : paru, jantung, hati, limpa, lambung, usus kecil dan usus besar serta rektum dan anus. Demikian juga aliran limfe berasal dari kelenjar prostat, testis, kandung kemih dan ginjal kanan dan kiri. 

Karena itu lokasi supraclavicula menjadi sangat penting untuk mengetahui adanya kelainan di organ dalam tubuh kita. Keberhasilan terapi kanker dan penyakit lain pada umumnya adalah : semakin dini diketahui dan ditangani, akan semakin baik hasil akhir dan prognosisnya.

Menghadapi segala macam penyakit termasuk kanker, kita seolah berpacu dengan waktu, makin lambat kita bertindak maka itu akan memberi kesempatan dan peluang emas bagi penyakit untuk berkembang dan menyebar ke jaringan sekitarnya.

Jadi segeralah bertindak, bila tidak mau kalah cepat dibandingkan  progresivitas  penyakit termasuk kanker yang kemungkinan ada didalam tubuh kita…

Popularity: 20%

Posted Thursday, October 23rd, 2008 at 2:39 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

330 Responses to “Perhatikan benjolan diatas clavicula, tulang iga paling atas, biasanya anak sebar tumor ganas”

Pages: « 14 … 13 12 11 [10] 9 8 7 … 1 » Show All

  1. 250
    Jenn Says:

    dokter.sukma
    di bawah telinga kiri diatas leher (sudah didaerah dagu gitu)
    Ada benjolan kecil..
    kalau misalnya hadap ke kanan, benjolan tersebut kelihatan,
    Kira”itu penyakit apa ya dok?
    Berbahaya tidak?
    Apakah dapat menyebabkan kematian?

  2. 249
    mei Says:

    pagi dok……..

    makasih atas jwbannya, tp apa resiko gonglion kl tdk d operasi & apa resiko paska tidak stlh operasi?????

  3. 248
    Yudha Says:

    Ass Dr.Sukma,
    Di wajah saya sejak 4thn yg lalu ada benjolan yg menonjol warnanya sama dengan warna kulit wajah saya lainnya, tidak sakit, tidak ada bintik merah seperti jerawat, kira2 itu penyakit apa ya dok? Saya juga belum pernah memeriksanya, saya biarkan saja tp ko lama2 ga hilang juga. Awalnya memang wajah saya berjerawat sampai sekarang. Terima Kasih dok.

  4. 247
    Dr. Sukma Says:

    Hai pak Rudyanto D,

    Sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus/ fnab pada benjolan putri anda. Fnab biasanya dilakukan oleh dokter spesialis PA/ patologi anatomik. Untuk itu kunjungi dokter umum minta dirujuk ke dokter spesialis PA. Diagnosis atau hasil pemeriksaan fnab kemudian dibawa ke dokter bedah atau dokter internist, sesuai diagnosis dokter PA. Untuk ini anda bisa tanyakan ke dokter spesialis PA kemana hasil pem biopsi harus dibawa: bedah umum atau internist ?

  5. 246
    rudyanto djaputra. Says:

    Halo Dokter Sukma,anak saya perempuan ,berusia 20 th,ada benjolan dibawah telinga kanan pas sambungan rahang atas/bawah kira kira sebesar diameter 2 cm,sudah mulai kurang lebih 4 th yang lalu mulanya sebesar jerawat.Jadi menurut Dokter sebenarnya itu benjolan apa,apa penyebabnya,. dan bagaimana cara penanganannya ?.Saya mohon petunjuk dari Dokter,sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih

  6. 245
    Dr. Sukma Says:

    Halo Febri,

    Sebaiknya segera ke dokter THT. Kemungkinan benjolan itu polip, atau papilloma, dst yang adalah tumor jinak. Biasanya benjolan akan diangkat/ dibuang serta diperiksa PA. Tergantung hasil diagnosis dokter SpPA kalau tumor jinak terapi cukup sampai disitu. Kalau ganas nanti ada protokol pengobatan dr. THT.

  7. 244
    Dr. Sukma Says:

    Halo Aan,

    Obat penghilang tattoo, tanda lahir, dst tidak ada. Dengan sinar laser beaya kurang lebih 1000 US $ atau sekitar 8,6 juta rupiah.

  8. 243
    aan Says:

    sore dokter saya mau tanya..
    obat yang ampuh untu menghilangkan tanda lahir seperti toh yang bewarna coklat, apa?
    kalau dihilangin pakai laser kira berapa biayanya dok,
    erima kasih jawaban anda segera aku tunggu.

  9. 242
    Febri Says:

    Hallo Dokter Sukma,

    Saya, pada hidung saya bagian dalam (posisi dekat lubang hidung bagian kiri), ada benolan keras yang semula hanya kecil, tapi sekarang menjadi besar.Kalau dipegang,…benjolan ini seperti tersambung ke bagian gigi depan saya (terasa nyeri dr benjolan sd gigi depan kiri). Sebelum muncul benjolan ini,..saya memang melakukan tambal gigi depan (dibor dan ditambal), seminggu setelah penambalan tidak ada keluhan. Namun selanjutnya,..gigi depan menjadi sangat sakit selama beberapa hari,..seolah olah ada beban seberat 1 Kg di gigi, kesenggol dikit sakit sekali. Setelah sakit gigi hilang, muncul benjolan dihidung, yg terasa berdenyut sampai gigi depan. Sudah saya periksa ke dokter umum, katanya tidak masalah, dikasih obat jalan. Selama mengkonsumsi obat, benjolan mengecil, namun setelah obat habis, benjolan kembali membesar. Saya pindah ke dokter umum yg lain utk second opinion, dan kembali dikasih obat minum. Selama diminum memang benjolan juga mengecil, namun tdk hilang. SEkarang obat sdh habis sekitar 10 hr yg lalu, dan benjolan kembali membesar dan terasa berdenyut .Mohon saran…apa yg harus saya lakukan? Ke dokter THT, dokter gigi atau apa dok? Saya takut benjolan ini menjadi kanker ganas juga.

    Salamiin

  10. 241
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mei,

    Kemungkinan benjolan yg anda tulis itu kelainan yg disebut ‘ganglion’. Jadi hubungi dokter bedah umum agar dilakukan operasi pengangkatan ganglion. Operasi kecil dan dalam waktu kuang dari setengah jam.

  11. 240
    mei Says:

    pagi dok……….

    saya mw tanya, teman saya mengalami benjolan pada sebelah pergelangan kakinya & di telapak tangannya sebelah pergelangan ibu jari, kr2 sakit apa y dok???trus klo mw berobt tjuannya k dokter spesial apa y???

    Mohon jawbannya. terimakasih.

  12. 239
    Dr. Sukma Says:

    Hai lita,

    Untuk sementara sebaiknya diobservasi dulu aja benjolan dipipi anda tsb. Bila nanti membesar dan mulai mengganggu penampilan, barulah dilakukan operasi kecil mengangkat benjolan tsb. Untuk tujuan itu kunjungi dokter bedah plastik atau bedah umum.

  13. 238
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lugi,

    Yang paling mungkin dada burung tanpa gejala lain disebabkan kekurangan vitamin D. Berikan anak anda minyak ikan atau Scotch’s Emulsion sesuai anjuran dalam botol. Sambil sering dibawa berjemur dibawah matahari pagi jam 8-9 pagi. Jangan sianghari/ melewati jam 9 pagi agar terhindar dari sinar ultraviolet yg berbahaya.

  14. 237
    lita Says:

    hallo dokter,
    dokter saya punya benjolan di pipi sebelah kiri, benjolannya kecil, mobile,tidak sakit, tidak merah dan tidak terlihat benjolan, benjolannya baru terasa jika di raba,dan tidak menggangu aktvitas, benjolan itu sudah ada sejak saya duduk dibangku SD,dulu sy pernah mengeluh pd ayah sy dan kt beliau,itu kelenjar dan jg dipegang2 nnti membesar dan benjolanny jg nt hilang sendiri,tp tnp sy sadari minggu2 ini sy mulai menyadari kembali bahwa benjolan tsb belum hilang jg stelah 13 tahun, apakh benjolan tsb dokter, mohon penjelasaanny, apkah perlu dilakukan pengangkatan thd benjolan itu?

  15. 236
    lugi Says:

    Hallo dokter,,dikter anak laki laki saya 3 tahun 5 bulan,sejak lahir tulang dada bagian depan nya agak menonjol,,mirip dada burung,,anak saya kenapa ya dok,,normal kah itu?terimakasih dokter,,

  16. 235
    Dr. Sukma Says:

    Hai Elly,

    Sebaiknya diobservasi saja, lihat dan perhatikan perkembangannya. Jangan dipegang2 atau ditekan karena akan merangsang pertumbuhannya menjadi lebih cepat. Cukup dilihat dan diamati dari hari ke hari. Bila menurut pendapat anda benjolan tumbuh cepat, barulah dibawa ke dokter bedah anak untuk konsultasi dan diambil tindakan yg diperlukan.

    Jangan cemas, benjolan itu tidak berbahaya dan TIDAK memerlukan tindakan segera/ cepat.

  17. 234
    Elly Says:

    Hi Dokter Sukma,
    Saya mau tanya,anak saya sejak berumur 2 bln sudah saya dapati benjolan di atas alis sebelah kirinya.skrg anak saya berumur 5 bln dan benjolan itu tetap dengan ukuran yg sama,dalam arti tdk membesar.saya sudah bawa ke dr.specialist tp dr.juga tdk tau benjolan apa itu,dia hanya menganjurkan untuk operasi bila ingin mengetahui benjolan itu tp bisa juga tunggu beberapa bulan lg untuk melihat perkembangannya.Saya masih bingung,apa benjolan itu dr.mohon saran dan infonya.
    Thank You…..

  18. 233
    Yuli Says:

    Selamat malam Dr. Sukma. Saya ingin bertanya mengenai benjolan. Awalnya yang terdapat pada selangkangan kanan saya adalah jerawat kecil namun mengeluarkan darah kalau dipencet. Namun skrg menjadi agak sedikit lbh besar menyerupai benjolan kecil. Itu berbahaya/tidak dok dan bagaimana untuk menghilangkannya karna kalo terkena tekanan sedikit aga terasa perih. Terimakasih Dr. Sukma atas perhatiannya.

  19. 232
    Dr. Sukma Says:

    Halo Hadi,

    Dari tulisan anda yg panjang itu TBC kelenjar benar adanya. Untuk membuktikan hal itu sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus/ fnab thd benjolan tsb asalkan diameternya sudah satu centimeter keatas. Sebab kalau masih kecil, akan sulit melakukan biopsi, apalagi pada anak kecil yg sudah pasti akan goyang2/ berontak saat dilakukan fnab.

    Bila benjolan cukup besar, dua cm keatas, sebaiknya dianghkat/operasi sekalian diperiksa lagi histo-PA untuk meyakinkan itu benar proses radang TBC. Baru setelah dipastikan proses TBC baru minum obat anti tuberkulosis/ OAT. Obat ini diminum minimal selama 6 bulan, bisa lebih tergantung keadaan klinisnya.

    Pertama ke dokter umum minta dirujuk ke dokter spesialis PA untuk dilakukan biopsi fnab. Hasil pem fnab lalu dibawa ke dokter spesialis anak agar diberikan terapi sesuai hasil fnab.

  20. 231
    Hadi Says:

    Selamat siang Bu Dokter, sy Hadi dr Batam,

    ada yg ingin saya tanyakan, hal ini mengenai benjolan yg ada di belakang telinga kiri putra staf saya, umur 3 tahun, berat badan kurus (ortunya membiasakan si anak tuk tirakat, pdhl NB pdhal PNS depkeu)
    informasi terakhir yg sy dapatkan via keluarganya yg sering ke rumah utk nitipkan anaknnya sementara beliau bersama si suami (staf) memeriksakan ke dokter spesialis bedah di suatu RS, diagnosanya TB getah bening , sempat diberi option, berobat selama 1 bulan atau besok lgsg operasi.
    dg berjalannya waktu si ortu ini sempat shock mendengar berita anaknya kena penyakit TB Getah bening.

    yg ingin sy tanyakan, krn trs trg kami buta ttg penyakit ini, apakah penyakit getah bening itu berbahaya, sebaiknya mereka berkonsultasi sama dokter umum/spesialis atau spesialis apa? utk smentara langkah2 apa yg hrs mereka lakukan terhadap anak itu?

    terima kasih atas perhatian Bu Dokter, kami tunggu informasi selanjutnya
    permisi

  21. 230
    Dr. Sukma Says:

    Halo Anwarhadi,

    Paling tepat dibawa ke bagian radiologi RS, agar ddironsen bagian tl iga yang kemungkinan patah atau tidak. Setelah dipastikan tidak ada tulang yg patah, barulah kita merasa lega, karena tidak ada yg berbahaya.

    Sekarang tinggal minum anti bengkak dan anti sakit. Minyta resep ke dokter. Ponstan anti sakit dan non flamin anti bengkak.

  22. 229
    anwarhadi Says:

    malam dok..aku mau nanya dok..bapak saya jatuh dari pohon dok, trus bagian tulang rusuknya terasa sakit dok sampai ga bisa bangun..giman cara untuk menyembuhkannya dok…terimakasih

  23. 228
    Rina Says:

    Dok mau nanya :
    1. Anak saya berusia 4 th, waktu usia 10 bulan terjangkit kelenjar (kelenjarnya membesar) dan telah berobat selama 6 bulan dan dinyatakan sehat oleh dokter. sekarang anak saya berusia 4 tahun dan benjolan di leher tersebut tetap ada. apakah harus ke dokter lagi ?
    2. Pada selangkangan kiri dan kanan saya terdapat benjolan kecil sampai sekarang sudah 2 bulan masih belum hilang. penyakit apakah ini ? kalau mau berobat ke dokter bagian apa ?

  24. 227
    Dok,saya mau tanya di bagian atas bibir vagina saya ada tonjolan kecil sebesar kacang ijo itu seperti jerawat dan tidak sakit jika di tekan rasa sakitnya pun seperti menekan jerawat,itu penyakit atau hanya jerawat biasa dok? Says:

    http://www.yahoo.com

  25. 226
    Rizal Says:

    Hallo dokter..
    Anak saya laki-laki umur 11 hari, bb 3,2 lahir operasi. Anak saya sehat dan aktif, rewel kalo dipasangi kain bedung. Ada benjolan di kedua payudaranya. Apa yg terjadi pd anak saya dok? Apa yg mesti saya lakukan? Terima kasih

Pages: « 14 … 13 12 11 [10] 9 8 7 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe