En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

SupraclavBelum lama, sekitar 2 mingguan ini, saya menemukan kasus yang sangat jarang, yaitu anak sebar kanker kelenjar tiroid pada lokasi supraclavicula, yaitu tulang dikiri-kanan pangkal leher. Persisnya tulang yang pada orang kurus sering dianggap sebagai ‘tempat sabun’, karena cekung seperti wadah sabun di kamar mandi.

Saya sebut sangat jarang, karena meskipun lokasi supraclavicula biasa menjadi tempat anak sebar kanker ganas, namun untuk kelenjar tiroid/ kelenjar gondok sangat jarang ke lokasi itu. Biasanya dia menyebar ke leher didekat muskulus sternocleidomastoideus.

Supraclavicula adalah tempat favorit anak sebar kanker ganas dari berbagai tempat, seperti : payudara, paru, lambung, usus dan ovarium pada penderita wanita. Sedangkan pada laki-laki tersering berasal dari : paru, lambung, usus dan kelenjar prostat. Bagaimana mengetahui adanya benjolan yang berbahaya itu dan kenapa tumor ganas harus menyebar lokasi itu ? 

Untuk mengetahui adanya benjolan secara dini, maka dianjurkan kepada kita semua agar rajin meraba-raba cekungan diatas tulang iga paling atas, setiap saat kita mandi. Jadi sambil menyabuni bagian leher dan dada, pastikan tangan meraba dan sedikit menekan seluruh leher sampai ke pangkal leher, dan dilanjutkan ke dada bagian atas, pada lokasi supraclavicula  tadi.

Apabila ditemukan sekecil apapun benjolan yang tidak biasa, agar segera mengunjungi dokter anda. Hal ini juga berlaku pada khusus wanita, agar rajin meraba-raba payudaranya sendiri yang biasa disebut ‘sarari’, untuk deteksi dini adanya kanker payudara.

Kenapa hal itu penting ? Karena seringkali tumor ganas dari organ didalam tubuh, akan sulit dilihat dari luar. Apalagi bila keluhan belum ada, biasanya kanker tersebut terus tumbuh membesar, tanpa kita sadari.  Maka akibatnya tumor ganas sudah berada pada stadium lanjut, ketika diagnosis ditegakkan..

Kenapa ke lokasi supraclavicula ? Lokasi ini menjadi daerah muara aliran cairan limfe dari berbagai organ didalam rongga dada dan rongga perut/abdomen. Seperti : paru, jantung, hati, limpa, lambung, usus kecil dan usus besar serta rektum dan anus. Demikian juga aliran limfe berasal dari kelenjar prostat, testis, kandung kemih dan ginjal kanan dan kiri. 

Karena itu lokasi supraclavicula menjadi sangat penting untuk mengetahui adanya kelainan di organ dalam tubuh kita. Keberhasilan terapi kanker dan penyakit lain pada umumnya adalah : semakin dini diketahui dan ditangani, akan semakin baik hasil akhir dan prognosisnya.

Menghadapi segala macam penyakit termasuk kanker, kita seolah berpacu dengan waktu, makin lambat kita bertindak maka itu akan memberi kesempatan dan peluang emas bagi penyakit untuk berkembang dan menyebar ke jaringan sekitarnya.

Jadi segeralah bertindak, bila tidak mau kalah cepat dibandingkan  progresivitas  penyakit termasuk kanker yang kemungkinan ada didalam tubuh kita…

Popularity: 20%

Posted Thursday, October 23rd, 2008 at 2:39 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

330 Responses to “Perhatikan benjolan diatas clavicula, tulang iga paling atas, biasanya anak sebar tumor ganas”

Pages: « 14 13 12 [11] 10 9 8 … 1 » Show All

  1. 275
    amellie Says:

    Dear ibu dokter,

    Saya 23th, punya benjolan kecil berwarna hijau kebiruan di bawah tulang dada sebelah kanan. Udah bertahun2 dan tidak sakit. Besarnya kira2 sebesar kacang hijau.. Bertahun2 Saya biarkan saja karena saya kira hanya benjolan biasa. Tp baru 2 hari ini benjolannya tiba2 sedikit membesar dan kalau dipegang terasa agak ngilu seperti bengkak. Saya jd takut dan khawatir.. Kira2 ini benjolan apa ya dok? Berbahayakah? Sy harus periksa kmn?
    Terimakasih atas bantuannya dokter..

  2. 274
    misra Says:

    hai dokter

    bayi saya sekarang umurnya 4,5 bulan. saat umurnya 1 bulan ada benjolan keras di leher samping kanan, sehingga iya susah menghadap kekanan, sampai 2 bulan tetap begitu, kemudian saya bawa ke dokter anak, dan di USG, hasinya urat leher anak saya itu panjang sebelah kanan dari pada yang kiri, kemudian dikasih salap thrombophob gel heparin sodium. sekarang anak saya bisa menoleh kekanan tetapi tidak full seperti yang dikiri,
    1. benarkah menurut dokter seperti itu adanya ?
    2. menurut dokter itu apa, dan berbahayakah, bagaimana mengobatinya ?
    3. dimana saya bisa konsultasi secara langsung sehingga dapat memperlihatkan hasil hasil USG ?

    terima kasih dok,

  3. 273
    irma Says:

    Sore dok.anak laki2 sy umur 12 thn berat 40kg tinggi sesuai umur.payudaranya kelihatan lebih besar.apakah normal?terimakasih

  4. 272
    heri Says:

    selamat siang dok,.

    Saya mau tanya gejalanya kanker otak itu apa ya dok?

  5. 271
    Nelda Says:

    Sore dr.sukma.saya berumur 30th.belakangan ini saya merasa ada benjolan di tengah tengkuk bagian atas kira-kira sebesar telur puyuh.dari benjolan tidak menimbulkan rasa nyeri.yg ingin saya tanyakan apa berbahaya?sebelumny saya ucapkan terima kasih.

  6. 270
    Hanum Says:

    Malam dok…
    Saya mau tanya,anak saya baru 5 bulan dan saya baru tahu kalo di belakang telinga kiri mungkin di tulang tengkuknya ada benjolan kecil. Kalo saya pegang,dia tidak merasa kesakitan.
    Apa itu ya dok? Apa otot-otot yang mengkerut ya dok? Karena dia sudah tengkurap dan banyak sekali tingkahnya..
    Saya takut kalo itu penyakit yang aneh2.. Mohon infonya dok.. Terima kasih

  7. 269
    chelsea Says:

    bu dokter,saya punya tmen cwe,,
    dia sering ngeluh ada benjolan di atas payudara sebelah kirinya,,,kta’x sie sakit kalau di pegang,,
    payudara yang da benjolann’x lebih kenceng daripada yang gak da benjolannya n letaknya di sebelah kiri…
    terus dia udah ada benjolan itu dah ada 2 tahun,,,bahaya gak dok???tolong jawab

  8. 268
    riko Says:

    dok,nama saya riko umur 29th,mau tanya dok,,ada benjolan mf sebelumnya di belahan pantat saya dok,,tp saya raba2 kayak ada benjolan tulang yg tidak rata sehingga membentuk benjolan itu,,???makasih sebelumnya dok.

  9. 267
    ahmad Says:

    Dokter, nama saya ahmad dari jateng… Mau nanya, anak saya cowok umur 22 bulan hampir 2 tahun… Tulang dada anak saya kok terlihat agak menonjol keliatan sekali kalo pas tidur kenapa yah? Itu kami dapatkan sejak lahir dan dokter anak yg kami tanyakan smua jawabnya sama “tidak apa2 nanti kalo suidah besar dan gemuk tidak keliatan”… Apakah ada kelainan dok? Terus solusinya gimana? Kalo saya harus konsultasi ke dokter specialis apa yah? Terima kasih…

  10. 266
    citra Says:

    met pgi doktr. sy mau nanya,,, mff ya dok, udh mrpotkn. sy mhsswa, umr sya bru 21, sya dok, mau nanya, d bgian leher, klo pd laki~laki sprti jakung, koq sya wnita ad sprti itu tpi dok, daerah knan, klo d raba sprti dging yg mnonjol. mhon dok, in kanker ato tumor?

  11. 265
    Cara menghilangkan jerawat Says:

    Cara menghilangkan jerawat…

    [...]Dr. Sukma Merati » Blog Archive » Perhatikan benjolan diatas clavicula, tulang iga paling atas, biasanya anak sebar tumor ganas[...]…

  12. 264
    Hanny Says:

    Hi Dok,saya mo minta petunjuknya nee,sya punya benjolan dileher kanan sya,dah periksa kedokter bedah dah dironngent dan periksa darah,semua hasilnya bagus kecuali laju endap darah yg tinggi,dokter ingin diopersi untuk pemeriksaan lebih lanjut…jujur sya agak takut,benjolan itu ada 2 dok…pa pengangkatan itu ga mengerikan dok??? makasih.

  13. 263
    Beli Harga Emas hari ini Says:

    Jual Harga Logam mulia …

    [...]Dr. Sukma Merati » Blog Archive » Perhatikan benjolan diatas clavicula, tulang iga paling atas, biasanya anak sebar tumor ganas[...]…

  14. 262
    Ivana Says:

    Selamat malam,Dr. Sukma. Sy seorang gadis berusia 23 thn. Sudah hampir 1 bulan saya merasakan ada sesuatu yang tidak benar pada lambung saya. Awalnya sakit kepala yg hebat, sesak napas dan bdn panas dingin3x…Sy udh ke dokter internis beserta tes darah lengkap dan dinyatakan negatip tipus namun di sisi lain sy memiliki trombosit abnormal di mana jumlah trombosit melebihi batas normal..Slain itu, dikatakan sy terkena infeksi usus. Pengobatan udh berjalan dan selesai 2 minggu lalu…Ttapis sekarang2 malah saya merasakan ksulitan bernapas disertai perih pada lambung serta terdapat benjolan yg kadang muncul dan hilang persis di atas pusar…Gejala apakah itu,Dok?

  15. 261
    endang Says:

    Dear Dr. Sukma,

    beberaoa bulan ini saya baru menyadari bahwa ada benjolan keras (seperti tulang) di atas tulang selangka (clavicle) di ujung sebelah kanan. Tadinya saya mengira itu tulang tetapi beberaoa minggu ini kalau ditekan dengan keras, benjolan tersebut menghilang dan beberapa jam kemudian akan muncul lagi. Kira-kira itu apa ya Bu, lalu saya harus pergi ke dokter spesialis apa untuk menge-cek benjolan tersebut berbahaya atau tidak.

    Terima kasih

  16. 260
    teddy Says:

    dok,baru2 ini muncul benjolan di bawah telinga dan sudah seminggu ini membesar,skarang sdh berdiameter -+ 2cm,di tengah2 benjolan ada cekungan seperti terisi air.kira2 itu apa ya dok?.mohon sedikit penjelasannya.sebelumnya saya ucapkan terima kasih.tolong kirim penjelasannya ke email saya.

  17. 259
    Akhmad Says:

    Ibu..dokter ..saya mau tanya.., 2 bula yang lalu secara tidak sengaja terjadi pembengkakakn di kandung kemih sebelah kiri, dan baru minggu ini aku mengalami keluar darah dari ujung penis, bersamaan dengan kencing..darah nya agak beku …, hal serupa pernah terjadi , 8 bulan yang lalu..tetapi pada saat saya berhubungan intim, darah yang keluar bersamaan dengan sperma..mohon penjelasan dan pencerahan ibu..Terima kasih.

  18. 258
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sofian,

    Dari apa yg anda tulis, secara teoritis mengindikasikan ke arah limfoma. Namun hal ini perlu dibuktikan dg melakukan FNAB/ biopsi jarum halus serta pemeriksaan MRI untuk melihat apakah kelenjar getah bening(KGB) dibagian dalam seperti para aorta dan mesenterium juga membesar. Bila membesar dan diagnosis FNAB adalah NHL/ non-Hodgkin Lymphoma diserta pemeriksaan darah tepi ditemukan banyak sel2 muda/ blast cells maka sangat confirmed limfoma.

  19. 257
    sofian Says:

    hallo dr.sukma..saya mengalami benjolan di leher kiri dan kanan dan juga di selangkangan..saya umur 23thn.
    saya sudah lama menderita penyakit ini 5 thn..saya uda mencoba rumah sakit,alternatif dan juga obat herbal.tapi smp skrng blm ada perubahan.saya harus bagaimana dr.sukma untuk mengatasi penyakit ini.tx

  20. 256
    yuni Says:

    halo dr.sukma..saya mahasiswi umur 21 th ingin bertanya..sudah seminggu lebih asam lambung saya meningkat.saya sudah dtg ke dr.umum,diberi promaag dan ranitidin.sebelumnya saya memang menderita sakit maag.namun,kejadian kali ini lebih parah karena setiap makan nasi saya mual hebat sampai2 memuntahkan apa yg saya makan.saya kembali ke dr.umum diberi ranitidin dan obat mual.alhamdulillah saat ini asam lambung berkurang dan tidak mual lagi.kemudian saya minum obt herbal habbatussauda atau nigela sativa.sekarang saya merasa setiap bgun pagi perut saya serasa diremas2 sebelum buang angin.
    Kenapa ya dok?
    Selain itu di perut kiri atas terasa nyeri kalau sdh wktunya saya harus makan.tpi sesudh mkan perut terasa penuh hgga sulit bernafas.setelah saya raba,kok sepertinya tlg rusuk kiri saya lebih tinggi dibanding yg kanan.apa ada kelainan dok?
    Selain itu saya merasa punggung kiri ngilu sesekali,mohon penjelasannya ya dok.
    Terima kasih sebelumnya.

  21. 255
    Rina Says:

    Dok saya mau tanya didalam hidung saya sebelah kiri atas terasa ada benjolan daging,tidak terasa sakit,apakah benjolan tsb berbahaya dok? Awalnya saya pikir jerawat tp kok ga terasa sakit? Udah ada sktr 1 mingguan ini dok.. Kalo saya memasukan jari saya kedalam hidung baru benjolan tsb terasa tp dr luar tdk terlihat apapun,mhn jwbnnya ya dok trmksh..

  22. 254
    Anonymous Says:

    hai dok slam knal,nma sya cip,sya gdis brusia 19 tahun,,,,tlang iga saya d sebelah kiri membesar dok d bandingkan d sbelah kanan dan lher sya jga mngalami sdikit pembekakan dan sya sring mngeluarkan dahak yg brwarna kuning,,,,hmpir stiap hari sya mngeluarkan dahak sperti itu dok,,,kra2 saya mnderita skit apa dok,tlong ksi sya solusi na dok

  23. 253
    aprie Says:

    Sore dok, anak saya 8 bulan ada benjolan di kepala bagian bawah dibelakang leher..dari bayi sudah ada pernah tanyakan ke dsa katanya selama tidak membesar tdk apa2..tapi sampe sekarang masih di kanan dan kiri, sekedar info anak saya terkena tortikolis kiri..apakah benjolan tsb pengaruh dari tortikolisnya?utk tortikolis saat ini masih fisioterapi.saya khawatir banget dok..mohon jawabannya..thx

  24. 252
    Puspita Anggraeni Says:

    Halo Dokter Sukma….saya mau nanya. Sekarang ini saya sering merasakan pusing2 dan badan jg pegal2. Apa ini disebabkan oleh benjolan yang ada di belakang telinga saya ya…Benjolan ini sudah lama ada dari saya SMP dsamapi usia saya sekarang 32 thn. Saya takut ke Dokter karena takut dengan hasil diagnosanya. Tolong diberikan petunjuk ya dok… Terima kasih

  25. 251
    aan Says:

    bunda dokter tanya lagi.
    selain laser dan operasi tanda lahir ( toh coklat ).
    apa ada apat / saleb yg bisa ngilanginnya?
    terus harganya sekitar brp bun??
    senang bertanya dengan bnda dokter yg baik ^_^

Pages: « 14 13 12 [11] 10 9 8 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe