En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

SupraclavBelum lama, sekitar 2 mingguan ini, saya menemukan kasus yang sangat jarang, yaitu anak sebar kanker kelenjar tiroid pada lokasi supraclavicula, yaitu tulang dikiri-kanan pangkal leher. Persisnya tulang yang pada orang kurus sering dianggap sebagai ‘tempat sabun’, karena cekung seperti wadah sabun di kamar mandi.

Saya sebut sangat jarang, karena meskipun lokasi supraclavicula biasa menjadi tempat anak sebar kanker ganas, namun untuk kelenjar tiroid/ kelenjar gondok sangat jarang ke lokasi itu. Biasanya dia menyebar ke leher didekat muskulus sternocleidomastoideus.

Supraclavicula adalah tempat favorit anak sebar kanker ganas dari berbagai tempat, seperti : payudara, paru, lambung, usus dan ovarium pada penderita wanita. Sedangkan pada laki-laki tersering berasal dari : paru, lambung, usus dan kelenjar prostat. Bagaimana mengetahui adanya benjolan yang berbahaya itu dan kenapa tumor ganas harus menyebar lokasi itu ? 

Untuk mengetahui adanya benjolan secara dini, maka dianjurkan kepada kita semua agar rajin meraba-raba cekungan diatas tulang iga paling atas, setiap saat kita mandi. Jadi sambil menyabuni bagian leher dan dada, pastikan tangan meraba dan sedikit menekan seluruh leher sampai ke pangkal leher, dan dilanjutkan ke dada bagian atas, pada lokasi supraclavicula  tadi.

Apabila ditemukan sekecil apapun benjolan yang tidak biasa, agar segera mengunjungi dokter anda. Hal ini juga berlaku pada khusus wanita, agar rajin meraba-raba payudaranya sendiri yang biasa disebut ‘sarari’, untuk deteksi dini adanya kanker payudara.

Kenapa hal itu penting ? Karena seringkali tumor ganas dari organ didalam tubuh, akan sulit dilihat dari luar. Apalagi bila keluhan belum ada, biasanya kanker tersebut terus tumbuh membesar, tanpa kita sadari.  Maka akibatnya tumor ganas sudah berada pada stadium lanjut, ketika diagnosis ditegakkan..

Kenapa ke lokasi supraclavicula ? Lokasi ini menjadi daerah muara aliran cairan limfe dari berbagai organ didalam rongga dada dan rongga perut/abdomen. Seperti : paru, jantung, hati, limpa, lambung, usus kecil dan usus besar serta rektum dan anus. Demikian juga aliran limfe berasal dari kelenjar prostat, testis, kandung kemih dan ginjal kanan dan kiri. 

Karena itu lokasi supraclavicula menjadi sangat penting untuk mengetahui adanya kelainan di organ dalam tubuh kita. Keberhasilan terapi kanker dan penyakit lain pada umumnya adalah : semakin dini diketahui dan ditangani, akan semakin baik hasil akhir dan prognosisnya.

Menghadapi segala macam penyakit termasuk kanker, kita seolah berpacu dengan waktu, makin lambat kita bertindak maka itu akan memberi kesempatan dan peluang emas bagi penyakit untuk berkembang dan menyebar ke jaringan sekitarnya.

Jadi segeralah bertindak, bila tidak mau kalah cepat dibandingkan  progresivitas  penyakit termasuk kanker yang kemungkinan ada didalam tubuh kita…

Popularity: 20%

Posted Thursday, October 23rd, 2008 at 2:39 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

330 Responses to “Perhatikan benjolan diatas clavicula, tulang iga paling atas, biasanya anak sebar tumor ganas”

Pages: « 14 13 [12] 11 10 9 8 … 1 » Show All

  1. 300
    raja Says:

    dear dr ,salam bahagia

    Mengenai benjolan d leher(dekat jakun)putra kami raja kami sudah periksakan k dokter d slh satu RS d Pekanbaru buk dokter,utk tindakan pertama putra kami d USG,hasilnya menurut dokter tsb kmungkinan kista atau thyroglosus dan mungkin saja curcoid itu sndiri,,.krn dokternya blm yakin dg hsl tsb,beliau menyarankan utk d lkkn CT scan contras atau Biopsi..mohon sarannya bu dokter,tindakan mana yg lebih baik? krn mengingat anak kami msh usia 10 bln.Dan apabila ternyata hasilnya kista atau thyroglosus,apakah ada cr lain slain dari tindakan operasi bu dokter?.t ksh .

  2. 299
    Wahyu Says:

    Saya mau tanya dok kemarin anak saya, saya bawa ke dter anatomi atu apalah saya kurang memahami pkok e ada tulisan spa gitu. Setelah diperiksa hasil kesimpulanya adalah Lymphadenitis Tuberculosa nah saya kurang paham dngan pnjelasan dr dokter tersbut karna anak saya nangis jd kurang bgitu memahami jd saya mohon penjelasan dari anda bu dokter, itu penyakit apa? Kk pengobatanya harus 6bln.

  3. 298
    Dr. Sukma Says:

    Hai Raja,

    Sebaiknya ananda dilihat lansung oleh dokter spesialis anak. Nanti akan diketahui apa sebenarnya benjolan itu.

  4. 297
    raja Says:

    haii dokterr,,lam kenal
    mau konsul ne bu dokter,,,
    1.apakah hal yg wajar klo putra kami pd wkt umur 2 bln jakunnya dah mulai kelihatan benjolannya bu dokter ?
    2. klo ntu bukan jakun,benjolan tersebut apa ya bu dokter? ( Benjolan tersebut keras sama persis sprti jakun yg saya miliki,namun smpai putra kami saat ini usia 10 bln,benjolan tersebut tidak bertambah besar)
    Mohon bantuan penjelasan dr bu dokter
    klo kami hrs cek , ke dokter apa ya buk dokter ?

    smg dokter sll dlm keadaan berbahagia…t ksh..

  5. 296
    awan Says:

    mau tanya dok, ini saya merasa ada benjolan di bawah kulit pangkal leher sebelah kiri dan agak perih saat disentuh,, ini berbahaya atau tidak ya ?

  6. 295
    oche Says:

    salam kenal dokter.. sdh hampir 2 minggu ini saya merasakan sakit di sekitar tulang atau otot dada saya,andai diambil garis tengah posisi sakitnya sedikit disebelah kanan dok.. awalnya sangat terasa sakit jika saya tidur menghadap ke kanan,tp setelah diurut rasa sakitnya berkurang tp sampai saat ini andai saya tekan sdikit keras tulang atau otot dada saya masih sakit.tp saya sama sekali tidak mengalami sesak atau sakit saat bernafas.. mohon beri penjelasan apa & kenapa dokter.,dan mohon saran nya juga. terima kasih sebelumnya dokter sukma.

  7. 294
    nana Says:

    halo dokter…
    anak saya, usia hampir 4 th, perempuan..beberapa hari ini sy perhatikan di dekat hidung sebelah kanan terlihat lebih besar dan kalo sy raba agak keras. kira-kira 3 minggu yg lalu gigi kanan atas bengkak, dan seminggu kemudian ditambal. tapi seminggu setelah ditambal di dekat hidung tsb, di bwh mata agak bengkak, tp hari berikutnya sudah kempes. sy kira dari giginya tp kata anaknya gigi tidak sakit dan makan seperti biasa. 2 hari kemudian sy konsult ke dokter giginya katanya gigi dan gusinya tidak apa2 jd bisa sj krn hal lain. memang sampai hari ini tidak apa2, tp kalo saya perhatikan dengan seksama berbeda dengan yg kiri dan sy raba agak keras. sy bingung sy periksakan kemana. mohon penjelasannya.
    trimakasih dokter..

  8. 293
    anisa Says:

    haloo dokter sukma :)
    dok, saya didiagnosis sama dokter terkena neoplasma sekunder of brain dan ensefalitis.. tapi sayangnya dokter saya tidak mau menjelaskan penyakit apa yang saya derita itu, dokter hanya menjelaskan itu kepada orang tua saya, orang tua pun tutup mulut rapat2 tentang sakit itu… dokter bisa bantu saya menjelaskan apa sakit yang saya alami? terimakasih banyak dokter sukma :)

  9. 292
    Dr. Sukma Says:

    Halo Morrys,

    1. Tidak berbahaya. Jangan digaruk-hgaruk/ dipegang/ ditekan
    2. Kemungkinan hemangioma, tumor jinak pembuluh darah vena
    3. Tidak ada obat khusus.. Kalo nanti besar dan mengganggu harus dioperasi mengangkat benjolan tsb.

  10. 291
    morrys Says:

    hiii dok salam kenal

    saya mau tanya, saya mempunyai benjolan di dada sebelah kanan, benjolannya berwarna kebiru-biruan, ukuran benjolannya sekitar 1 cm, awal timbulnya benjolan ini karena rasa gatal didada saya, terus saya garuk dan mulailah timbul, tapi ini sudah setahun lebih tidak bertambah lagi ukuranya dan bila dipegang atau ditekan tidak terasa sakit.

    1. apakah ini berbahaya bagi saya?
    2. nama penyakitnya apa?
    3. kalau bisa diobati? pakai obat apa dok?

    tolong di balas ya dok, saya sangat membutuhkan saran dokter. TERIMA KASIH BANYAK DOK

  11. 290
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tari!

    Setiap benjolan disebut tumor. Tumor bisa disebabkan radang atau neoplasma/ kanker. Dan neoplasma ada yg jinak dan ada yg ganas. Begitu garis besar pengertian istilah2 tsb.

    Tumor bisa mengenai siapa saja: laki dan perempuan, umur berapa saja : bayi, anak, remaja, dewasa dan tua. Sedangkan kanker / neoplasma ganas UMUMNYA lebih banyak pada orang tua. Meskipun bayi, anak dan remaja bisa juga terkena kanker ganas, hanya jumlah/insidensinya jauh lebih rendah dibanding orang tua.

    Mengenai benjolan adik anda bisa berupa lipoma, atau akibat radang spsifik/TBC maupun non-spesiik… Periksakan ke dokter anak, kalau perlu dilakukan biopsi jarum halus/ fnab untuk tahu pasti apa benjolan tsb.

  12. 289
    tari Says:

    dok saya mau tanya, saya memiliki seorang adik berumur 7 tahun,di bagian dada sebelah kiri adik saya terdapat benjolan, menurut dokter itu belum tentu kanker, tetapi harus diangkat secepatnya. apakah itu termasuk tumor dok? lalu mengapa bisa terjadi pada anak usia 7 tahun?

  13. 288
    willies Says:

    Dear Dr. Sukma

    dok anak saya umur 7,5 bulan.baru-baru ini saya menemukan benjolan di belakang telinganya.ada juga benjolan dileher belakang agak ke atas di kanan maupun kirinya.agak kuatir coz takut kelenjar getah bening.

    hari ini saya telp ke bidannya, yg menjawab sih asistennya. katanya pada usia tersebut benjolan bs terjadi bila anak sedang sakit panas, demam maupun flu.& bs hilang kalau anak sdh sembuh. dia tdk bs mangatakan apa-apa sblm dperiksa dl.

    memang saat ini kondisi anak saya sedang agak pilek, padahal saya sedang dlm kndisi tdk skt.mgkn dia t’tular lwt jl lain x ya bu?
    saat ini sih pileknya sdh hampir hilang, tp saya p;hatikan benjolannya masih ada & yag dibelakang telinga lumayan menonjol

    bagaimana ini bu?apa yg harus saya lakukan? mohon penjelasannya. terima kasih

  14. 287
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yuda,

    Sebaiknya kunjungi dokter umum minta dirujuk ke dokter spesialis PA(patologi anatomik) agar dilakukan biopsi jarum halus / fnab. Asalkan benjolan ukurannya melebihi 1 cm. Kalau terlalu kecil sulit mengerjakan biopsi, sehingga hasilnya kurang akurat. Diagnosis fnab akan dijadikan dasar terapi untuk menyembuhkan kelainan tsb.

  15. 286
    yudha Says:

    dok,,anak sy di leher sebelah kanan di bwh telinga terjadi pembengkakan. tp bkn gondongen,,knpa ya?? sy sdh pts asa menghadapi nya,,tiap hari makin membengkak. kmren sdh periksa k dktr pembuluh darah tp kata nya ga ada apa2,, sebenar nya penyakit apa sih dok yg di alami anak sy??

  16. 285
    Shinta Says:

    Sore dokter Sukma,

    Saya mau tanya dok, 1,5 tahun lalu, saya melakukan FNAB di RS Borromeus, karena ada benjolan di leher sebelah kanan, kemudian hasil lab menunjukan tidak ada sel – sel ganas, lalu saya di beri obat dan benjolan mengecil, kemudian 1 bulan yg lalu, bekas suntikan FNAB tiba – tiba terasa sakit dok, dan tumbuh benjolan lg di tempat yang sama dan bertambah benjolan lagi di rahang atas sebelah kanan dekat telinga. menurut dokter apa yang harus saya lakukan? jujur saya bingung dan khawatir dok.
    terimakasih banyak dok.

  17. 284
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fifi,

    Minum obat antibiotik selama 5 hari.. Bila tidak ada perubahan/ benjolan tidak mengecil, sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus/ fnab. Asalkan ukuran/ diameter benjolan minimal satu cm.. Dari pem fnab nanti akan dapat diketahui apakah hanya radang atau tumor jinak dan lain2.. Fnab dilakukan dokter spesialis PA (patologi anatomik).

  18. 283
    Fifi Says:

    Salam kenal Dok, saya Fifi. Mau tanya dok, di bahu kiri (dekat tulang bahu) mama saya baru2 ini ditemukan benjolan lembek, tidak sakit. Sudah konsul ke dokter umum, katanya kemungkinan infeksi, diberi obat infeksi, dan diminta tunggu sebulan. Apa yg harus kami lakukan? Terima kasih sebelumnya.

  19. 282
    joe Says:

    selamat mlam dok
    Saya langsung to the point aja ,saya mempunyai benjolan di kepala selebar ujung jari dan tebal 0,4cm ,benjolan itu sudah dari lahir tapi tidak nampak sprti skrg dan sering saya garuk dan kluar darah tapi sedikit
    Dan di benjolan itu tidak di tumbuhi rambut apakah itu tanda lahir atau apa?
    Dan apakah bisa di hilangkan?

  20. 281
    Frida Says:

    malem ibu dokter sukma yang cantik,,
    kebetulan pada leher anak saya yg usianya 2,4 bulan juga terdapat benjolan pada rahang bawah sebelah kiri,klo saya raba ada lebih dari 1,dan ada 1 yg ukurannya sebesar biji salak.
    biasanya kelenjar tersebut terlihat jelas saat anak saya demam terus disertai gatal2 seperti biang keringat di seluruh tubuhnya.
    saya pernah ke dokter dan dibilang radang karena infeksi/virus,saya hanya diberi anti biotik.
    bahaya ga si dok untuk tumbuh kembang anak saya,apakah klo memang menderita tb kelenjar harus selalu disertai batuk,dokter spPA apakah hanya ada di jakarta?,apa yang harus saya lakukan?

  21. 280
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mei,

    Saebaiknya anda baca juga tanya jawab sebelunya dlm postingan ini. Untuk mengetahui apa benjolan tsb biasanya dilakukan fnab yaitu fine needle aspiration biopsy / biopsi aspirasi jarum halus. Biasa dilakukan oleh dokter SpPA yaitu spesialis patologi anatomik. Setelah ada diagnosis PA, barulah diberikan terapi yg sesuai untuk diagnosis tsb.

  22. 279
    mei Says:

    Hai dok , saya wanita 21 th mau tanya
    sudah beberapa bulan ini saya merasakan ada benjolan yang letaknya di telinga dekat dengan pipi (dekat jambang), saya sempat berkonsultasi dengan dokter kata dokter tersebut hanya infeksi/karena sedang tumbuh gigi dan sudah diberikan obat untuk menghilangkan benjolan tsb ,tapi blm ada tanda2 mengecilnya benjolan tsb. Kira2 disebabkan oleh apa ya dok benjolan tsb?
    Trimakasih.

  23. 278
    stan Says:

    dok saya mau tanya, tepat di samping kiri tengkuk leher blakang saya ada benjolan kecil (sudah lama skitar 6 bulan)..
    seminggu terakhir karena pnasaran saya coba tekan2 sehingga skg menjadi sakit sedikit benjolan tersebut.

    mohon petunjuknya apakah benjolan tersebut, dan mohon petunjuk berikutnya apa yang saya harus lakukan..

    untuk pengecekan TB kira2 cek di RS mana yang dianjurkan oleh dokter di daerah jakarta ?
    dan biaya nya kira2 berapa ya dok?

  24. 277
    Dr. Sukma Says:

    Hai Amellie,

    Kunjungi dokter spesialis kulit nanti akan dibereskan.

  25. 276
    amellie Says:

    Dear ibu dokter,

    Saya wanita 23th, punya benjolan kecil berwarna hijau kebiruan di bawah tulang dada sebelah kanan. Udah bertahun2 dan tidak sakit. Besarnya kira2 sebesar kacang hijau.. Bertahun2 Saya biarkan saja karena saya kira hanya benjolan biasa. Tp baru 2 hari ini benjolannya tiba2 sedikit membesar dan kalau dipegang terasa agak ngilu seperti bengkak. Saya jd takut dan khawatir.. Kira2 ini benjolan apa ya dok? Berbahayakah? Sy harus periksa kmn?
    Terimakasih atas bantuannya dokter..

Pages: « 14 13 [12] 11 10 9 8 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe