En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

SupraclavBelum lama, sekitar 2 mingguan ini, saya menemukan kasus yang sangat jarang, yaitu anak sebar kanker kelenjar tiroid pada lokasi supraclavicula, yaitu tulang dikiri-kanan pangkal leher. Persisnya tulang yang pada orang kurus sering dianggap sebagai ‘tempat sabun’, karena cekung seperti wadah sabun di kamar mandi.

Saya sebut sangat jarang, karena meskipun lokasi supraclavicula biasa menjadi tempat anak sebar kanker ganas, namun untuk kelenjar tiroid/ kelenjar gondok sangat jarang ke lokasi itu. Biasanya dia menyebar ke leher didekat muskulus sternocleidomastoideus.

Supraclavicula adalah tempat favorit anak sebar kanker ganas dari berbagai tempat, seperti : payudara, paru, lambung, usus dan ovarium pada penderita wanita. Sedangkan pada laki-laki tersering berasal dari : paru, lambung, usus dan kelenjar prostat. Bagaimana mengetahui adanya benjolan yang berbahaya itu dan kenapa tumor ganas harus menyebar lokasi itu ? 

Untuk mengetahui adanya benjolan secara dini, maka dianjurkan kepada kita semua agar rajin meraba-raba cekungan diatas tulang iga paling atas, setiap saat kita mandi. Jadi sambil menyabuni bagian leher dan dada, pastikan tangan meraba dan sedikit menekan seluruh leher sampai ke pangkal leher, dan dilanjutkan ke dada bagian atas, pada lokasi supraclavicula  tadi.

Apabila ditemukan sekecil apapun benjolan yang tidak biasa, agar segera mengunjungi dokter anda. Hal ini juga berlaku pada khusus wanita, agar rajin meraba-raba payudaranya sendiri yang biasa disebut ‘sarari’, untuk deteksi dini adanya kanker payudara.

Kenapa hal itu penting ? Karena seringkali tumor ganas dari organ didalam tubuh, akan sulit dilihat dari luar. Apalagi bila keluhan belum ada, biasanya kanker tersebut terus tumbuh membesar, tanpa kita sadari.  Maka akibatnya tumor ganas sudah berada pada stadium lanjut, ketika diagnosis ditegakkan..

Kenapa ke lokasi supraclavicula ? Lokasi ini menjadi daerah muara aliran cairan limfe dari berbagai organ didalam rongga dada dan rongga perut/abdomen. Seperti : paru, jantung, hati, limpa, lambung, usus kecil dan usus besar serta rektum dan anus. Demikian juga aliran limfe berasal dari kelenjar prostat, testis, kandung kemih dan ginjal kanan dan kiri. 

Karena itu lokasi supraclavicula menjadi sangat penting untuk mengetahui adanya kelainan di organ dalam tubuh kita. Keberhasilan terapi kanker dan penyakit lain pada umumnya adalah : semakin dini diketahui dan ditangani, akan semakin baik hasil akhir dan prognosisnya.

Menghadapi segala macam penyakit termasuk kanker, kita seolah berpacu dengan waktu, makin lambat kita bertindak maka itu akan memberi kesempatan dan peluang emas bagi penyakit untuk berkembang dan menyebar ke jaringan sekitarnya.

Jadi segeralah bertindak, bila tidak mau kalah cepat dibandingkan  progresivitas  penyakit termasuk kanker yang kemungkinan ada didalam tubuh kita…

Popularity: 20%

Posted Thursday, October 23rd, 2008 at 2:39 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

330 Responses to “Perhatikan benjolan diatas clavicula, tulang iga paling atas, biasanya anak sebar tumor ganas”

Pages: « 14 [13] 12 11 10 9 8 … 1 » Show All

  1. 325
    Yanti Says:

    dok saya punya ade dia ada benjolan persis di tengah2 clavicula dan merasakan sakit, seminggu sebelum benjolan itu muncul ketika dia bangun tidur dia tdk bs lgsg bangun dia hrs memiringkan badannya. kira2 itu ap ya dok??mgkn kah ad tanda2 menuju ke tumor ganas? terima kasih.

    salam,
    yanti

  2. 324
    Dr. Sukma Says:

    Hai Iyan, semua benjolan bahasa Yunani disebut tumor. Sebaiknya dilakukan biopsi FNAB untuk mengetahui jenis tumor. Dan juga ganas tidaknya.

  3. 323
    iyan Says:

    Istri saya berusia 21 tahun dok, ada benjolan diatas dada dibawah leher depan
    Apakah itu bisa dikatakan sebagai tumor dok
    Mohon penjelasan nya

  4. 322
    yachubson Says:

    selamat sore Dok nama saya yachub,saya mempunyai anak yg masih berumur 4th dan dipunggung anak saya terdapat benjolan kecil dan kalau di pegang tdk terasa sakit,yg saya tannyakan apakah benjolan tsb berbahaya apa tidak dan kalau di periksakan ke Dokter spesialis apa ya? terima kasih.

  5. 321
    Asis Says:

    Siang Dok,
    Anak saya ketika berumur 1 tahun terdapat benjolan dikakinya di atas tumit, beberapa tahun kemudian muncul benjolan disetiap sambungan tulang tubuhnya seperti di pergelangan tangan, dada, tulang belikat, paha,dan si anak tidak merasa sakit…badannya kurus tetapi aktif…
    apakah itu pertanda dia terkena kanker tulang atau hanya pertumbuhan tulang yang lebih?? mohon petunjuknya dok

  6. 320
    Dwi Susanti Says:

    dear Dr. Sukma

    Dok saya dwi umur 20thn, baru kemarin saya merasakan ada benjolan dipipi krii dekat telinga sebesar biji jeruk, dan rasanya sangat sakit kalau di pegang, sakitnya sampai ke telinga saya .
    itu kira kira kenapa yaa ? solusinya bagaimana?

    terimakasih dok ..

  7. 319
    vink Says:

    selamat malam bu dokter, saya wanita umur 23 tahun 2 minggu ini di dekat alis tepatnya di atas hidung dekat alis bagian kanan terdapat benjolan kecil dan keras, saya pikir itu jerawat tp kok masih ada di dalam belum muncul kepermukaan kuli.saya tidak merasakan sakit kepala atau demam dan kalau di pencet benjolan itu tidak sakit, saya harus bagaimana dok apakah itu berbahaya?

  8. 318
    iqbal Says:

    dokter sukma. anak saya umur 3th. terdapat benjolan di payudaya kanannya sejak umur 2 th.kalu dipegang sakit. mohon infonya dok

  9. 317
    Madya Says:

    Salam dok,
    Sejak lahir anak saya memiliki benjolan tepat diatas Bokong yg sifatnya lunak, ketika di tekanpun bayi saya tidak menangis. apakah ini bahaya biat anak saya dok, dan kira-kira penyakit apa dok..?? mohon penjelasnnya trima kasih sebelumnya

  10. 316
    nino Says:

    selamat sore dok, saya mau brtanya d depan telingga kiri saya(dekat jambang)ada benjolan. ukuran nya tidak trlalu besar, lunak/empuk tidak sakit baru ada skitar 2mnggu yg lalu. apakah itu tumor atau apa? dn bagaimana cara mngatasinya.. sblm nya saya mengucapkan terima kasih…

  11. 315
    Umar Syarif Says:

    Malam dok,q mu tanya .Kenapa yah aku merasa ditenggorokanku ada yang sangkut,sehingga membuat aku tidak nyaman dok,kira2 bgmana cara mengatasinya?

  12. 314
    miftaqul hidah Says:

    dok saya mau tanya. dileher saya yang bagian belakang sebelah kiri. itu ada benjolan yang makin besar dok. itu kira” kenapa ya dok? kalo aku teken rasanya gak terlalu sakit. tapi beberapa waktu kemudian kepalaku terasa sangat pusing

  13. 313
    juita Says:

    Hi, dok.mohon bantuannya.
    Hasil FNAB saya
    Inguinal kiri: ( pada saat AJH didapat masa sebum ) sel-sel epitel sedikit dengan debris dan sedikit limfosit.
    Glutea kanan : Banyak sel epitel skuaneus dengan masa keratin.
    Semua (inguinal dan Glutea) tida terdapat sel ganas.

    Kesimpulan :
    Inguinal kiri : kista retrusi kemungkinan kista Bartholini
    Glutea kanan : kista epidermoid (atheron)

    Ukuran kista tersebut sebesar bola pingpong.
    Dari dokter spesialis tumor, menganjurkan untuk dilakukan pengangkatan.
    Namun saya belum ada biaya utk melakukan tindakan tsb..
    Selain di konsultasi pada sokter spesialis tumor, apakah bisa dikonsultasikan ke dokter spesialis lainnya?
    Selain dilakukan pengangkatan, termasuk tindakan operasi type minor/ intermediate? apakah ada tindakan lain yg lebih murah dan tdk berbahaya?
    Masih bisakah ditangguhkan setahun kemudian?
    Mohon penjelasannya…terimakasih..

  14. 312
    Cece Says:

    Saya Cece dok, umur 19th. Di Clavicula saya terdapat benjolan keras seperti tulang. apakah itu dok? apakah berbahaya? tolong jawabannya, trims..

  15. 311
    Cece Says:

    Saya cece dok, umur 19th.
    di ketiak saya terdapat benjolan yg jika ditekan terasa sakit, bahkan bernanah dok.
    Saya belum prnh mlakukan pmriksaan k dokter, karna sy tkut.
    kira-kaira berbahaya atau tidak dok? trima kasih..

  16. 310
    Nunung Says:

    Dear dr. Sukma

    Dokter, di belakang telinga kanan suami saya terdapat benjolan besar dan keras. Kira2 itu apa dan berbahaya atau tidak? Jika harus diperiksakan, saya harus membawanya terlebih dahulu ke dokter mana? Apakah TB kelenjar juga menular? Tolong dibantu ya dok, terima kasih sebelumnya.

  17. 309
    Marito Parlinggoman Manik Says:

    Selamat sore dokter..
    baru dua hari ini saya merasakan sakit di bahwa rusuk kanan saya pada saat saya menarik nafas. Sakit ini terasa juga saat saya bersin – bersin atau cegugukan. Sakit ini paling terasa apabila saya menarik nafas panjang.
    Pertanyaan saya dokter.. apa penyebab rasa sakit itu, Dok?
    Bagaimana cara mengatasinya ?
    Trim’s Dokter.

  18. 308
    Tarmizi Says:

    Dear dr. Sukma
    dok, gini kata dokter neuro intervensi di RSUP WAHIDIN. saya di vonis menderita suatu penyakit yang disebut myositis ossificans. Yang terdapat di kaki kanan sampai paha saya, trus kata dokter kemungkinan besar itu penyakit bawahan sejak lahir. Saya ingin bertanya apakh penyebabnya sampai saya bisa menderita penyakit ini, apakah sejak saya berada di dalam kandungan ada pengaruh mutasi gen atau sebab yang lain?
    Di mohon jawabannya.

  19. 307
    Okta Says:

    Assalamualaikum dok, saya mau tanya

    Dok, pacar saya ada benjolan di tulang rusuk ( agak atas ) atau mungkin tepatnya di tulang belikat. apakah itu bisa dikatakan sebagai tumor tulang? lalu apakah ada terapi simpel atau standard untuk menghilangkan benjolan tersebut? sudah sekitar 5 atau 6 bulan benjolannya, benjolan tersebut pun tidak membesar ataupun mengecil, dan sekarang pacar saya tersebut sering merasakan perih seperti kulit yg tersayat, apakah ada cara simpel atau cara tanpa bedah untuk memperkecil benjolan tersebut? soalnya pacar saya ini tidak mau diperiksa ke dokter ataupun bilang kepada orang tua nya dok.
    mohon balas comment saya ini dok.
    terima kasih

  20. 306
    Dr. Sukma Says:

    Halo Halimah,

    Sebaiknya diperiksa dan dilihayt oleh dokyer spesialis anak dan dokter kulit, kalau perlu. Artinya bila penjelasan atau pendapat dokter anak kurang memuaskan. Dokter kulit bisa memberikan penjelasan krn ada lesi yg berubah dari putih jadi kehitaman disertai bintik2 perdarahan dan terjadi pengelupasan/ deskuamasi.

  21. 305
    Anonymous Says:

    Malam dok,
    Saya melahirkan putri kembar,salah satunya prematur dgn berat 2,1 kg & sejak lahir ada benjolan 2 dipinggir kaki kanan.Sewaktu lahir benjolannya berwarna putih.Umur 2 thn sy mencoba periksa ke RSCM dgn dokter spesialis bedah,katanya benjolannya sejenis kapalan & pertumbuhannya hanya 1%,bisa dioperasi menunggu umur 3 thn.Skrng putri sy berusia 3.5 thn,benjolannya mengalami perubahan warna dari putih menjadi hitam,trkadang kalo kecapekan timbul bintik2 hitam spt tahi lalat & bs trkelupas & mengeluarkan darah sdikit.Benjolan putri sy itu apa y dok?Selain ke RSCM,ke RS mana yg bs menangani putri srta ke dokter apa ya? Mohon jawaban dokter.Terima kasihma

  22. 304
    Reza Says:

    Hi dokter, salam kenal, perkenalkan nama saya Reza, saya seorang wanita berumur 31 tahun dan saya ingin bertanya. Di pinggul (bagian belakang bawah) saya sebelah kiri ada benjolan yang ukurannya agak besar dan memanjang (lebar 2cm dan panjang 3cm), benjolan tersebut sering terasa sakit dan terkadang rasa sakit tersebut menjalar sampai ke punggung. Kira-kira apa ya itu dokter, gejala ini sudah lama saya rasakan, kurang lebih sudah 2 tahun. Mohon informasinya. Terima kasih dokter. Salam hangat, Reza.

  23. 303
    windz Says:

    Mlm dok..saya mau tnya soal penyakuit pacar saya..harap segera di balas ya..pacar saya berumur 25th.dia mengaku punya sakit liver,jg di jantungnya kadang2 muncul rasa berdebar2 dan sakit.kl sudah begitu biasanya,muncul benjola sebesar telur puyuh di perut sebelah kanan bawah..kadang juga mimisan.tp kalo di pake istirahat gitu benjolan itu kempis.tp kalo di pencet benjolan itu sakit.kira2 itu sakit apa ya??kalo di operasi apa bisa bener2 sembuh??mohon pencerahannya dok..trims

  24. 302
    Wahyu Says:

    Terikasih bu atas penjelasanya.. Tapi saya mau tanya lagi bu tentang benjolan yang ada di kening anak saya yg semula hanya merah biasa, wktu itu umur lima hari dan setelah anak saya umur 1,4th ini, menjadi benjolan yg lumayan besar, apakah benjolan itu disebabkan oleh faktor yg sama atau ada faktor yg laen bu? Pernah juga saya priksakan kedokter waktu itu umur 8bln katanya itu hemanium. Tp wktu itu tanpa melakukan uji anatomi.. Jadi kesimpulan yg kmrin itu didapat dari benjolan yg terdpt dileher anak saya dan sudah dibedah,. Wktu saya ke dokter sppa itu saya tanyakan juga katanya itu pembekakan pembuluh darah.. Yg membuat saya bingung apakah hemanium itu atau pembekakan pembuluh darah yg disebabkan oleh faktor yg sama,? Sekali lagi Mohon penjelasan tetang penyakit anak saya ini bu ? Dan bgaimana solusi terbaiknya bu? Saya ini seorang bpak muda yg penghasilan minim dan gk tau harus bagaimana.. Terimakasih sebelumnya bu,,..

  25. 301
    Dr. Sukma Says:

    Halo Wahyu,

    Artinya secara singkat TBC kelenjar. Yaitu radang oleh kuman TBC yang mengenai kelenjar getah bening. Biasanya TANPA disertai TBC paru. Meskipun paru tidak kena, namun terapi standar untuk radang TBC yaitu MINIMAL selama 6 bulan. Tujuannya agar seluruh kuman TBC didalam tubuh (kelenjar getah bening dan aliran darah dan organ lai kalau ada) benar2 mati semua alias eradikasi kuman TBC.

Pages: « 14 [13] 12 11 10 9 8 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe