SupraclavBelum lama, sekitar 2 mingguan ini, saya menemukan kasus yang sangat jarang, yaitu anak sebar kanker kelenjar tiroid pada lokasi supraclavicula, yaitu tulang dikiri-kanan pangkal leher. Persisnya tulang yang pada orang kurus sering dianggap sebagai ‘tempat sabun’, karena cekung seperti wadah sabun di kamar mandi.

Saya sebut sangat jarang, karena meskipun lokasi supraclavicula biasa menjadi tempat anak sebar kanker ganas, namun untuk kelenjar tiroid/ kelenjar gondok sangat jarang ke lokasi itu. Biasanya dia menyebar ke leher didekat muskulus sternocleidomastoideus.

Supraclavicula adalah tempat favorit anak sebar kanker ganas dari berbagai tempat, seperti : payudara, paru, lambung, usus dan ovarium pada penderita wanita. Sedangkan pada laki-laki tersering berasal dari : paru, lambung, usus dan kelenjar prostat. Bagaimana mengetahui adanya benjolan yang berbahaya itu dan kenapa tumor ganas harus menyebar lokasi itu ? 

Untuk mengetahui adanya benjolan secara dini, maka dianjurkan kepada kita semua agar rajin meraba-raba cekungan diatas tulang iga paling atas, setiap saat kita mandi. Jadi sambil menyabuni bagian leher dan dada, pastikan tangan meraba dan sedikit menekan seluruh leher sampai ke pangkal leher, dan dilanjutkan ke dada bagian atas, pada lokasi supraclavicula  tadi.

Apabila ditemukan sekecil apapun benjolan yang tidak biasa, agar segera mengunjungi dokter anda. Hal ini juga berlaku pada khusus wanita, agar rajin meraba-raba payudaranya sendiri yang biasa disebut ‘sarari’, untuk deteksi dini adanya kanker payudara.

Kenapa hal itu penting ? Karena seringkali tumor ganas dari organ didalam tubuh, akan sulit dilihat dari luar. Apalagi bila keluhan belum ada, biasanya kanker tersebut terus tumbuh membesar, tanpa kita sadari.  Maka akibatnya tumor ganas sudah berada pada stadium lanjut, ketika diagnosis ditegakkan..

Kenapa ke lokasi supraclavicula ? Lokasi ini menjadi daerah muara aliran cairan limfe dari berbagai organ didalam rongga dada dan rongga perut/abdomen. Seperti : paru, jantung, hati, limpa, lambung, usus kecil dan usus besar serta rektum dan anus. Demikian juga aliran limfe berasal dari kelenjar prostat, testis, kandung kemih dan ginjal kanan dan kiri. 

Karena itu lokasi supraclavicula menjadi sangat penting untuk mengetahui adanya kelainan di organ dalam tubuh kita. Keberhasilan terapi kanker dan penyakit lain pada umumnya adalah : semakin dini diketahui dan ditangani, akan semakin baik hasil akhir dan prognosisnya.

Menghadapi segala macam penyakit termasuk kanker, kita seolah berpacu dengan waktu, makin lambat kita bertindak maka itu akan memberi kesempatan dan peluang emas bagi penyakit untuk berkembang dan menyebar ke jaringan sekitarnya.

Jadi segeralah bertindak, bila tidak mau kalah cepat dibandingkan  progresivitas  penyakit termasuk kanker yang kemungkinan ada didalam tubuh kita…

Popularity: 20%

Posted Thursday, October 23rd, 2008 at 2:39 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

330 Responses to “Perhatikan benjolan diatas clavicula, tulang iga paling atas, biasanya anak sebar tumor ganas”

Pages: « 14 … 7 6 5 4 [3] 2 1 » Show All

  1. 75
    bambang tri Says:

    halo dok . langsung ajaya di pangkal paha saya ada benjolan di kanan dan di kiri apa ada kemungkinan saya terkena tb kata dokter bedah mau di trayel 30 hari pakai obat tb . ini termasuk bahaya tdk dok ,umur saya 29 th laki2.

  2. 74
    Dr. Sukma Says:

    Halo Angie,

    Tindakan FNAB umumnya dikerjakan oleh dokter spesialis PA, seperti saya. Dokter bedah atau yang lain boleh saja melakukan FNAB, asal yakin dan berpengalaman.

    Kemungkinan benjolan kelenjar tiroid anda ada dua : radang subakut atau struma adenomatosa yaitu tumor jinak yang harus dioperasi agar pulih.

    Bila cuma radang, cukup diobati dengan antibiotika dan steroid.

  3. 73
    Dr. Sukma Says:

    Hai Liana,

    Benjolan dipayudara anak lelaki anda sebaiknya diobservasi atau diamati saja. Ke mungkinan sisa hormon ibu pada saat anak didalam rahim. Tunggu sampai usia 2 tahun, bila masih ada, baru dibawa ke dokter anak.

    Jangan ditekan-tekan atau dipegang-pegang. Tindakan itu akan merangsang tumbuhnya benjolan semakin besar.

  4. 72
    angie Says:

    Hi Dok,

    Beberapa bulan yg lalu saya menemukan benjolan seperti yg dokter sebutkan, di depan leher sebelah kiri, diatas tulang clavicula. Saya konsultasi ke dokter THT dan diminta utk USG. Ternyata ada kista soliter di thyroid kiri 2.5 x 1.1 cm, tepi normal, tanpa calsifikasi. Color flow imaging nya jg normal. Lantas saya dianjurkan utk FNAB di dokter bedah kepala dan leher.
    Apakah kista saya ini berbahaya? Seberapa beresiko kah FNAB? karena saya tidak kenal dokter bedah ini, apakah dokter bedah umum bisa jg melakukan FNAB di leher saya?

    Terima kasih sebelumnya, Dok.

  5. 71
    liana Says:

    Dear Dokter Sukma,
    Baru saja saya perhatikan di daerah payudara anak saya (laki-laki, 13 bulan) ada benjolan seperti kelereng yang kalau dipegang terasa bergerak kanan-kiri. Kira-kira berbahaya kah, Bu Dokter??? Trims.

  6. 70
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ade ,

    Kemungkinan itu abses yang belum matang. Sebaiknya diobati agar peradangan cepat dapat diatasi.

    Kunjungi dokter SpOG.Bila dibiarkan abses akan pecah dan radang akan meluas.

  7. 69
    ade Says:

    hai dok..
    Langsung aja ya dok, saya punya benjolan d atas alat kelamin, tepatnya d area tumbuhnya rambut. Klo d pegang rasanya sakit, besarnya seperti biji kacang tanah dan keras. Mohon bantuan Dokter, penyakit jenis apa yg saya derita??

  8. 68
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dhila,

    Observasi saja dulu. Belum tentu itu sesuatu yang berbahaya. Jangan2 memang tulang iga yang anda raba.

    Saran saya jangan sering dipegang atau ditekan. Diamati saja/dilihat saja.

  9. 67
    dhila Says:

    Dear bu dokter,

    Baru saja, saya merasa ada benjolan seperti ‘tulang’ di bawah supraclavicula yang sebelah kiri. Apakah ada kemungkinan kanker ya, dok?

  10. 66
    Anonymous Says:

    Hai Dr. Sukma…
    Langsung aja ya dok, saya punya benjolan d atas alat kelamin, tepatnya d area tumbuhnya rambut. Klo d pegang rasanya sakit, besarnya seperti biji kacang tanah dan keras. Mohon bantuan Dokter, penyakit jenis apa yg saya derita??

  11. 65
    Ria Says:

    Dok, apakah resep lidah buaya itu bisa diminum tiap hari? apakah bisa diikuti dengan obat dokter atau ramuan yang lain, misalkan kunyit secara bergantian tiap hari? Apakaah ada efek sampingnya bagi perempuan?
    Terima kasih Dok….

  12. 64
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fatma,

    Saya sependapat agar benjolan pada payudara bayi anda ditunggu 2-3 bulan. Observasi saja. Jangan dipegang-pegang atau ditekan karena akan merangsang pertumbuhannya

    Biasanya benjolan akan mengecil sendiri, pada saat pengaruh hormon si ibu yang melahirkan telah habis didalam tubuh bayi.

  13. 63
    fatma Says:

    Dokter,anak saya umurnya baru 5 bulan BB 7kg. di payudara yang sebelah kanan (bagian puting nya) ada benjolan yang kalo diraba bisa lari kanan kiri.Dokter di tempat saya masih mau observasi untuk 2 bulan ke depan. kalo menurut dokter?terima kasih sebelumnya

  14. 62
    Dr. Sukma Says:

    Hai Aa Ceam,

    Benjolan itu kemungkinan jaringan lemak atau kelenjar getah bening . Tidak berbahaya.

    Pesan saya, JANGAN dipegang-pegang atau diraba-raba atau ditekan-tekan.Tindakan tsb akan merangsang pertumbuhan menjadi tambah besar. So, lupakan saja. Ignore it..

  15. 61
    Aa_ceam Says:

    Benjolan pada bayi di belakang kepala dekat leher dan kalao di raba bisa lari kekanan kiri,,itu apa dok?

  16. 60
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nastasia Norman,

    Anda terkena radang kandung kemih alias Cystitis. Gejalanya persis seperti yang anda tulis. Kunjungi dokter urologi, agar dibereskan keluhan anda itu.

    Bila anda tunda2 atau tidak dituntaskan ,biasanya radang akan menjalar keatas kearah : ureter lalu ke ginjal.

    So, hurry up, jangan menyesal nanti kalau sampai cuci darah, dst hingga tranplantasi ginjal.

  17. 59
    nastasia norman Says:

    pagi dok saya mau tanya lagi neh soal penyakit dok kenapa ya kalo saya pipis urine saya selalu mengeluarkan darah terus saya juga merasakan anyang-anyangan pengen pipis terus terus pinggang saya sakit sekali apakah saya terkena sakit ginjal

  18. 58
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ayaya,

    Benjolan itu pendapat saya cuma tulang. Biarkan saja,cukup diamati.

    Bila nanti membesar dan menimbulkan keluhan/gangguan aktivitas sehari-hari BARULAH benjolan itu diperiksakan ke dokter penyakit dalam. Dari sana KALAU PERLU akan dirujuk ke dokter bedah umum.

  19. 57
    ayaya Says:

    dok..
    teman saya ada tonjolan aga keras di daerah bawah kulit di selangkangan, tidak sakit, tdk ada perubahan warna sekitar..
    apa itu ya dok?

  20. 56
    Dr. Sukma Says:

    Hai Delia,

    Analisa saya benjolan yang anda curigai itu BUKAN anak sebar tumor di dinding perut yang baru satu tahun dioperasi. Sebab lokasinya tidak biasa untuk anak sebar kanker ganas.

    Kemungkinan jerawat atau bisul kecil. Just observe…

  21. 55
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rachmat Hidayat,

    Maaf pertanyaan anda terlompati dan belum dijawab.
    Ok, benjolan melingkar pada payudara bayi laki-laki kurang dari satu bulan sebaiknya diobservasi saja. Artinya dipantau akan tetapi JANGAN dipegang-pegang atau ditekan.

    Karena dengan menekan dan sering dipegang, benjolan akan bertambah besar. Biasanya pada bayi kurang dari sebulan,maka masih ditemukan pengaruh hormon ibunya, sehingga payudara sedikit agak menonjol.

    Maksimal umur 6 bulan,benjolan akan hilang sendiri. Jadi tidak perlu dibawa ke dokter,cukup diobservasi dirumah.

  22. 54
    delia Says:

    dok..saya mau tanya..hari ini saya meraba bagian depan telinga saya (tempat jambang rambut) dan menemukan benjolan kecil di bagian dalam, saya berusia 22 tahun dan pernah menjalani operasi tumor otot perut tepatnya setahun yang lalu dan tumor itu dinyatakan oleh dokter mengarah ke ganas dengan ukuran yg cukup besar krg lbh 4×7 cm. Yang ingin saya tanyakan pada dokter, apakah benjolan itu merupakan sebaran tumor dari tumor yang telah diangkat atau penyakit lainnya?? mohon penjelasannya dok.thx

  23. 53
    Rachmat Hidayat Says:

    Dokter, saya mau tanya,.anak saya baru usia 2 minggu , jenis kelamin anak saya laki laki..tapi pada dada kanan nya ada benjolan melingkari payudara nya ( seperti bisul) . benjolan apa itu dok? trus kalo berobat baiknya ke DOkter anak apa ke Dokter Bedah,,mohon penjelasan nya Dokt..terima kasih

  24. 52
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ziaul,

    Pendapat saya keluhan anda itu biasa pada kejadian patah tulang, termasuk tulang clavicula. Yang penting semua gerakan yang mesti dilakukan oleh anggota gerak dapat dilakukan dengan baik dan sempurna.

    Soal ada bunyi-bunyi itu mungkin karena pertautan kedua patahan tulang itu belum sempurna, baru satu tahun. Sebaiknya agak BERHATI-HATI melakukan gerakan yang melibatkan clavicula kanan anda. Agar penyembuhan dan pertautan kedua tulang menjadi maksimal dan sempurna adanya.

  25. 51
    ziaul Says:

    dok.sy mw knsultasi mengaenai tulang clavicula sy.sktr setahun lalu saya mengalami patah clavicula sebelah kanan akibat jatuh main bola.stlah itu sy di operasi di rs.kustati..tapi setelah operasi sy merasakan bahu saya tidak enak semua..padahal semua gerakan bahu bisa smua … yang saya tnyakan apakah rasa yang selama ini saya rasakan g enak apakah bisa hilang? dan di bagian yang pernah patah tersebut kalau di gerakan ada bunyi kres-kres dan juga klu saya buat olah raga terkadang bunyi klek-klek?sy mnta solusinya…………trims

Pages: « 14 … 7 6 5 4 [3] 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe