SupraclavBelum lama, sekitar 2 mingguan ini, saya menemukan kasus yang sangat jarang, yaitu anak sebar kanker kelenjar tiroid pada lokasi supraclavicula, yaitu tulang dikiri-kanan pangkal leher. Persisnya tulang yang pada orang kurus sering dianggap sebagai ‘tempat sabun’, karena cekung seperti wadah sabun di kamar mandi.

Saya sebut sangat jarang, karena meskipun lokasi supraclavicula biasa menjadi tempat anak sebar kanker ganas, namun untuk kelenjar tiroid/ kelenjar gondok sangat jarang ke lokasi itu. Biasanya dia menyebar ke leher didekat muskulus sternocleidomastoideus.

Supraclavicula adalah tempat favorit anak sebar kanker ganas dari berbagai tempat, seperti : payudara, paru, lambung, usus dan ovarium pada penderita wanita. Sedangkan pada laki-laki tersering berasal dari : paru, lambung, usus dan kelenjar prostat. Bagaimana mengetahui adanya benjolan yang berbahaya itu dan kenapa tumor ganas harus menyebar lokasi itu ? 

Untuk mengetahui adanya benjolan secara dini, maka dianjurkan kepada kita semua agar rajin meraba-raba cekungan diatas tulang iga paling atas, setiap saat kita mandi. Jadi sambil menyabuni bagian leher dan dada, pastikan tangan meraba dan sedikit menekan seluruh leher sampai ke pangkal leher, dan dilanjutkan ke dada bagian atas, pada lokasi supraclavicula  tadi.

Apabila ditemukan sekecil apapun benjolan yang tidak biasa, agar segera mengunjungi dokter anda. Hal ini juga berlaku pada khusus wanita, agar rajin meraba-raba payudaranya sendiri yang biasa disebut ‘sarari’, untuk deteksi dini adanya kanker payudara.

Kenapa hal itu penting ? Karena seringkali tumor ganas dari organ didalam tubuh, akan sulit dilihat dari luar. Apalagi bila keluhan belum ada, biasanya kanker tersebut terus tumbuh membesar, tanpa kita sadari.  Maka akibatnya tumor ganas sudah berada pada stadium lanjut, ketika diagnosis ditegakkan..

Kenapa ke lokasi supraclavicula ? Lokasi ini menjadi daerah muara aliran cairan limfe dari berbagai organ didalam rongga dada dan rongga perut/abdomen. Seperti : paru, jantung, hati, limpa, lambung, usus kecil dan usus besar serta rektum dan anus. Demikian juga aliran limfe berasal dari kelenjar prostat, testis, kandung kemih dan ginjal kanan dan kiri. 

Karena itu lokasi supraclavicula menjadi sangat penting untuk mengetahui adanya kelainan di organ dalam tubuh kita. Keberhasilan terapi kanker dan penyakit lain pada umumnya adalah : semakin dini diketahui dan ditangani, akan semakin baik hasil akhir dan prognosisnya.

Menghadapi segala macam penyakit termasuk kanker, kita seolah berpacu dengan waktu, makin lambat kita bertindak maka itu akan memberi kesempatan dan peluang emas bagi penyakit untuk berkembang dan menyebar ke jaringan sekitarnya.

Jadi segeralah bertindak, bila tidak mau kalah cepat dibandingkan  progresivitas  penyakit termasuk kanker yang kemungkinan ada didalam tubuh kita…

Popularity: 20%

Posted Thursday, October 23rd, 2008 at 2:39 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

330 Responses to “Perhatikan benjolan diatas clavicula, tulang iga paling atas, biasanya anak sebar tumor ganas”

Pages: « 14 … 7 6 5 [4] 3 2 1 » Show All

  1. 100
    Dr. Sukma Says:

    Hai Robert,

    OK. Sekarang sudah jelas dari FNAB dx/. hemangioma.

    Pendapat saya diobservasi dulu , sampai anak berusia dua tahun. Biasanya hemangioma capillare akan regressi dengan sendirinya.

    Bila benjolan cepat membesar, sebaiknya anda konsultasi ke dokter bedah anak agar dapat ditangani dengan baik, OK.

  2. 99
    robert Says:

    Hasil FNABnya adalah aspirasi memeng hanya terdiri atas sel darah merah dan tidak tampak sel tumor. Apakah ini bukan suatu hemangioma kavernosum?
    Sy sudah banyak baca tentang hemangioma, mungkinkah ini akan hilang dengan sendirinya ketika anak beranjak besar mengingat benjolannya sebesar telur puyuh? Ataukah harus di USG dan dioperasi?
    Kl memang hemangioma, ke dokter mana lebih baik, apakah ke dokter anak ataukah harus ke dokter bedah anak? Apakah ada dokter anak khusus yang menangani pembuluh darah?
    Mohon tanggapannya. Thanks

  3. 98
    Dr. Sukma Says:

    Hai Robert,

    Saya menduga kearah TB karena begitu banyaknya kasus-ksus TBC kelenjar dalam 2-3 tahun terakhir yang saya amati.

    Terkena infeksi TB sekarang bukan lagi merupakan stigma bahwa yang bersangkutan golongan ekonomi lemah, dst.

    Dimana-mana di seluruh dunia termasuk Amerika Serikat angka kejadian TBC (paru, kelenjar getah bening, dll) meningkat sejak ditemukannya penyakit HIV/AIDS. Tidak pandang kaya atau miskin, berpendidikan tinggi atau rendah, dst semua terkena tergantung daya tahan tubuh seseorang.

    Beberapa pasien juga terkena radang TB, padahal sudah divaksinasi TBC seperti putra anda. Penjelasannya adalah : kemunngkinan vaksin BCG-nya sudah expired, atau cara pemberian kurang tepat (intra-cutan), atau dosis yang diberikan kurang, dst. So, abaikan dulu jawaban saya.

    Let’s see apa jawaban FNAB yang akan anda terima nanti..

  4. 97
    Robert Says:

    Terima kasih atas jawabannya Dr Sukma, tetapi anak saya mendapat vaksin BCG pada umur 3 minggu dan disuntik didaerah paha.
    Yang dimaksud Dokter tidak menyingkirkan 1 kelenjar getah bening apa ya Dok?
    Lalu tindakan apa yang selanjutnya harus saya lakukan?
    Terima kasih

  5. 96
    Dr. Sukma Says:

    Hai Robert,

    Dugaan saya benjolan sebesar telur puyuh pada anak anda adalah radang TB (Limfadenitis TBC).

    Meski saat dilakukan FNAB berwarna merah, itu tidak menyingkirkan kemungkinan satu kelenjar getah bening(KGB).

    FNAB tergantung operator, prosedur itu bisa berdarah banyak atau minimal..

  6. 95
    robert Says:

    Dear Dr Sukma,
    Anak saya umur 1 tahun baru 10 hari yang lalu terdapat benjolan yang cukup besar (sebesar telur puyuh) di daerah claviculanya. Tidak sakit bila dipegang dan kenyal. Dan anak saya juga sehat2 dan aktif seperti biasanya. Sewaktu dilaksanakan FNB ternyata didalamnya tersebut darah, jadi dipastikan itu bukan kelenjar. Kami sedang menunggu hasilnya dalam 3 hari kedepan.
    Kira2 itu apa ya Dok, kenapa bisa ada benjolan seperti itu? Terima kasih.

  7. 94
    Dr. Sukma Says:

    Hai Alya,

    Dugaan saya something is wrong pada organ limpa anda. Cuma agak aneh juga bila rasa sakit timbul hanya pada malam hari. Kemungkinan karena posisi tidur yang miring kekiri akan menekan bagian yang bermasalah itu (limpa).

    Masalah ini cukup serius. Sebaiknya periksa ke dokter penyakit dalam, kalau perlu di USG, dll. Jangan tunda2, karena penyakit akan berjalan terus dan berkembang dari hari-kehari.

    Segeralah dituntaskan masalah ini , agar tidak menyesal nanti.

  8. 93
    alya Says:

    Dok, saya adalah seorang mahasiswi yang baru berusia 17 tahun, baru-baru ini saya mengalami gejala yang tidak wajar,saya lebih susah untuk tidur karena perut atas saya yang bagian kiri saya merasakan ada sesuatu yang aneh seperti benjolan,
    dan anehnya penyakit saya itu hanya sakit pada saat malam hari ketika saya mau tidur, setiap saya miring kekiri rasanya sakit sekali dan saya menjadi susah untuk bernafas.
    sebenarnya benjolan apa itu?
    apakah berbahaya ?
    karena saya takut kalo itu adalah tumor.

  9. 92
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ika,

    Myositis Ossificans Circumscripta(MOC) adalah proses peradangan pada otot yang akhirnya membentuk penulangan berbatas tegas,saat penyembuhan. Biasanya akibat trauma pada waktu yang lampau seperti : benturan, dsb.

    MOC jinak, akan tetapi sebaiknya diangkat/operasi agar tidak makin membesar dan menekan organ sekitar.

  10. 91
    Ika Says:

    Dear Dokter,
    Trims utk jawaban sebelumnya. Setelah di USG, keterangan yg saya dapat ‘curiga myositis ossificans circumscripta’.
    MOC itu apa ya dok? Apakah berbahaya? Untuk selanjutnya apa tidak ada jalan lain selain operasi?

    Trims ya Dok..

  11. 90
    yosi Says:

    Trima kasih Ibu Dr.Sukma yang baik…

  12. 89
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yosi,

    Kunjungi dokter umum untuk minta dirujuk ke dokter spesialis PA (patologi anataomik) agar dilakukan FNAB, OK.

  13. 88
    yosi Says:

    dear dr. Sukma
    terimakasih atas jawabannya, untuk pemeriksaan FNAB, saya harus ke dokter bagian apa?, atau bisakah saya minta rujukan dari Dr. Sukma? pls help
    terimakasih.

  14. 87
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yosi,

    Dugaan saya benjolan istri anda adalah payudara tambahan atau supernummery atau mammary aberrant.

    Baiknya di FNAB untuk kepastiannya. Setelah diagnosis pasti, bila payudara tambahan sebaiknya diangkat karena kehamilan akan memperbesar benjolan itu lebih cepat.

    Bila hasil FNAB HANYA RADANG, CUKUP DIOBATI PER ORAL.

  15. 86
    Dr. Sukma Says:

    HAI ika,

    Bisa juga dioperasi/diangkat, agar sekalian tuntas. Jaringan operasi kemudian diperiksa ke lab. PA, sehingga diagnosis pastinya terungkap..

    Sesuai hasil pemeriksaan PA itu, barulah diberikat terapi yang tepat terarah.

  16. 85
    yosi Says:

    hloo Dr.Sukma
    Istri saya, 28 th, berat 43, tinggi 158, saat ini sedang hamil 3 bln, ada benjolan di bawah ketiak sebesar ibu jari(memanjang), sbelum hamil tidak ada gejala seperti itu. Apakah berbahaya dok? atau memang efek dari kehamilan? apabila perlu di periksa, saya bawa ke dokter bagian apa dok?
    Trima kasih.

  17. 84
    Ika Says:

    Dear dr.Sukma,

    Sy wanita 28 thn. Tiga minggu yg lalu saya mengikuti medical test sebagai persyaratan penerimaan kerja. Hasil dari test tsb saya dinyatakan UNFIT, dikarenakan adanya ‘nudule pada otot sekitar clavicula kanan’ dan ini terlihat pada hasil foto rontgen.

    Saya kemudian dirujuk ke Onkologis (setelah nyasar di Pulmonologis). Oleh dokter onkolog saya diminta untuk melakukan USG besok. Iseng saya sempat bertanya ke Onkolog (setelah membaca website ini) apakah akan dilakukan FNAB. Tapi dokter menyatakan bahwa akan lebih baik jika dilakukan operasi pengangkatan karna FNAB hasilnya kurang akurat. Apa benar begitu Dok?

    Ibu saya cerita kalau dulu waktu kecil, kata dokter di sekitar bahu saya ada ‘pengapuran’ namun tidak berbahaya. Apa mungkin benjolan saya itu disebabkan pengapuran itu ya Dok?

    Trims atas jawabannya.. :)

  18. 83
    bambang tri Says:

    dok berat badan saya 57kg dan tinggi badan saya 155cm apa saya termasuk obese /kelebian bb.idealnya brp. dan benjolan itu bkn di lipatan paha tapi dibawah garis lipatan paha.apakah mungkin dikarnakan aktivitas saya yg berdiri berjam2 dr jam 11 sampai jam 8_9 malam .yaitu sbg tukang cukur rambut .apa itu ikut berperan dok.trims.

  19. 82
    Dr. Sukma Says:

    Halo bambang tri,

    Bagus anda telah diperiksa USG abdomen.

    Dari hasil USG tsb saya garis bawahi 2 point, yaitu : 1. ada banyak kristal-kristal kecil pada ginjal anda yang harus diwaspadai dapat menjadi batu ginjal diwaktu yang akan datang.Banyaklah minum air putih, jangan menunda BAK, olahraga yang cukup’ 2. Terdapat perlemakan pada hati anda, kemungkinan anda obese/kelebihan BB. Jadi perbanyak olah raga untuk mengurangi lemak serta minum vit. E rutin mulai dari sekarang, 400mg/hari.

    Dari USG kita yakin tidak terdapat tumor/kanker didalam abdomen. Jadi kemungkinan besar pembesaran KGB dilipat paha kiri dan kanan anda, BUKAN anak sebar tumor ganas.Paling mungkin adalah infeksi atau peradangan.

    Tetap saja saya tidak setuju langsung diobati anti-TBC. Karena TBC kelenjar sangat jarang dilokasi itu, tersering di leher.

    So, sebaiknya dilakukan FNAB agar tidak menyesal nanti, bila ternyata bukan TBC.

  20. 81
    bambang tri Says:

    lanjutan: Gb aorta dan p:tdk tampak kelainan n kljr lymfe regional para aorta tidak membesar . Organ lainya:tak tampak pembesaran kljr lymfe regional para orta tak tampak kelainan. demikian dok hasil usg nya gimana menurut dokter .dan termakasih atas jawaban dan pecerahanya .semoga allah melimpahkan karunianya kepada andha

  21. 80
    bambang tri Says:

    maaf dok nambah
    bengkak sy di pangkal paha kanan dan kiri tdk ada rasa sakit.dan ini hasil usg bagian perut.Gaster:mukosa normal,hyperperistaltik dg hyperaciditas dan refluks asm lambui tukak tak jelas.Ren Dekstra dan ren sinsitra:pcs tak melebar,struktur echoparenchim in homogen batas kortek mendula kurang tegas multiplem kristal di batas kortek mendula.hepar lien:ukuran dan strutur echoparenchim normal densitas lebih hyperechoik(gambaran dr fatty liver).Gb aorta dan P :tdk tampak kelainan n

  22. 79
    bambang tri Says:

    terima kasih dok .
    klu menurut dok sendiri apakah kemunkinan saya terkena tbkelenjar.soalnya sudah 3 hari ini saya tdr berkeringat tdk biasa.dan obat TB yg di ksih dokter br sy minum sekali hari ini sy stop rencana hr senin ke dokter PA krn hari ini libur .bagai mana dok

  23. 78
    Dr. Sukma Says:

    Hai bambang tri,

    FNAB= fine needle aspiration biopsy. Adalah biopsi menggunakan jarum halus, tidak ada efek samping serta tingkat akurasinya >80%.

    Beaya FNAB sudah tentu jauh lebih murah dibandingkan biopsi operasi. Tidak perlu dibius umum dan proses pengambilan sangat cepat (5 menit).

    Dokter spesiali PA= patologi anatomik. Khusus mendiagnosis apakah tumor tertentu itu jinak atau ganas. Periksa Pap’s Smear dan semua jaringan yang dioperasi, seperti : usus buntu, polip hidung , wasir, miom, kista, segala macam tumor di tulang, otot, otak, dsb.

    Semua itu dilakukan dengan cara melihat struktur sel dan jaringan dibawah mikroskop. Jadi tingkat akurasinya sangat tinggi, karena yang dilihat adalah sel-sel dan kalau perlu sampai tingkat molekuler jaringan yang sakit.

    Disemua kota besar di Indonesia sudah ada dokter spesialis PA, termasuk kota Solo.

  24. 77
    bambang tri Says:

    hallo dok
    triamakasih jawabanya td tp sya blm mengerti apa itu FNAB .sama dokter PA itu spesialis apa gampanganya maaf saya orang awm .trs tes FNAB apakah mahal biayayanya karna saya krng mampu mahal mana dngn biopsi dioprasi .klu di solo jawa tengan ada enggak yg bisa FNAB. maaf bu bisa enggak konsultasi lewat telepon

  25. 76
    Dr. Sukma Says:

    Hai Bambang Tri,

    Saya kurang setuju kalau langsung ditrial dengan obat anti-TBC(OAT) selama 30 hari. Harigini, masih ada yang coba2 mengobati… Kasihan liver anda, bila ternyata bukan TBC.

    Sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus/FNAB pada benjolan itu. Nah, dari hasil FNAB, barulah kita terapi sesuai dengan penyebabnya.

    Kunjungi dokter umum untuk dirujuk ke dokter spesialis PA, agar dilakukan FNAB, OK.

Pages: « 14 … 7 6 5 [4] 3 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe