SupraclavBelum lama, sekitar 2 mingguan ini, saya menemukan kasus yang sangat jarang, yaitu anak sebar kanker kelenjar tiroid pada lokasi supraclavicula, yaitu tulang dikiri-kanan pangkal leher. Persisnya tulang yang pada orang kurus sering dianggap sebagai ‘tempat sabun’, karena cekung seperti wadah sabun di kamar mandi.

Saya sebut sangat jarang, karena meskipun lokasi supraclavicula biasa menjadi tempat anak sebar kanker ganas, namun untuk kelenjar tiroid/ kelenjar gondok sangat jarang ke lokasi itu. Biasanya dia menyebar ke leher didekat muskulus sternocleidomastoideus.

Supraclavicula adalah tempat favorit anak sebar kanker ganas dari berbagai tempat, seperti : payudara, paru, lambung, usus dan ovarium pada penderita wanita. Sedangkan pada laki-laki tersering berasal dari : paru, lambung, usus dan kelenjar prostat. Bagaimana mengetahui adanya benjolan yang berbahaya itu dan kenapa tumor ganas harus menyebar lokasi itu ? 

Untuk mengetahui adanya benjolan secara dini, maka dianjurkan kepada kita semua agar rajin meraba-raba cekungan diatas tulang iga paling atas, setiap saat kita mandi. Jadi sambil menyabuni bagian leher dan dada, pastikan tangan meraba dan sedikit menekan seluruh leher sampai ke pangkal leher, dan dilanjutkan ke dada bagian atas, pada lokasi supraclavicula  tadi.

Apabila ditemukan sekecil apapun benjolan yang tidak biasa, agar segera mengunjungi dokter anda. Hal ini juga berlaku pada khusus wanita, agar rajin meraba-raba payudaranya sendiri yang biasa disebut ‘sarari’, untuk deteksi dini adanya kanker payudara.

Kenapa hal itu penting ? Karena seringkali tumor ganas dari organ didalam tubuh, akan sulit dilihat dari luar. Apalagi bila keluhan belum ada, biasanya kanker tersebut terus tumbuh membesar, tanpa kita sadari.  Maka akibatnya tumor ganas sudah berada pada stadium lanjut, ketika diagnosis ditegakkan..

Kenapa ke lokasi supraclavicula ? Lokasi ini menjadi daerah muara aliran cairan limfe dari berbagai organ didalam rongga dada dan rongga perut/abdomen. Seperti : paru, jantung, hati, limpa, lambung, usus kecil dan usus besar serta rektum dan anus. Demikian juga aliran limfe berasal dari kelenjar prostat, testis, kandung kemih dan ginjal kanan dan kiri. 

Karena itu lokasi supraclavicula menjadi sangat penting untuk mengetahui adanya kelainan di organ dalam tubuh kita. Keberhasilan terapi kanker dan penyakit lain pada umumnya adalah : semakin dini diketahui dan ditangani, akan semakin baik hasil akhir dan prognosisnya.

Menghadapi segala macam penyakit termasuk kanker, kita seolah berpacu dengan waktu, makin lambat kita bertindak maka itu akan memberi kesempatan dan peluang emas bagi penyakit untuk berkembang dan menyebar ke jaringan sekitarnya.

Jadi segeralah bertindak, bila tidak mau kalah cepat dibandingkan  progresivitas  penyakit termasuk kanker yang kemungkinan ada didalam tubuh kita…

Popularity: 20%

Posted Thursday, October 23rd, 2008 at 2:39 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

330 Responses to “Perhatikan benjolan diatas clavicula, tulang iga paling atas, biasanya anak sebar tumor ganas”

Pages: « 14 … 8 7 6 [5] 4 3 2 … 1 » Show All

  1. 125
    andy Says:

    Dear Dr.sukma
    saya punya putri sekarang berumur 1 tahun , didepan telinga sebelah kiri ada benjolan kayanya sejak bulan oktober 2008 ,benjolan tersebut kayanya melebar,dan kadang berwarna merah..dan kadang anak saya mengeluarkan air liur yang sangat banyak,setelah seminggu kemaren periksa ke dokter anak,disarankan ke dokter bedah,kata dokter ada penyumbatan saluran ludah / apa gitu soalnya kayanya dokternya kurang bisa menjelaskan dan solusinya harus diangkat , ketika saya tanya resikonya apa kalo dibiarkan, beliau menjawab benjolan ini akan membesar dan menekan saluran saraf yang lain dan dapat menimbulkan nyeri ,, bisa kah dokter sukma memberikan sedikit solusi pengobatan selain operasi,, dikarenakan biaya yang cukup besar….
    terima kasih banyak sebelumnya dokter ..

  2. 124
    angela Says:

    terimakasih atas infonya dok….
    tp saya mau tanya jadwal praktek dokter di RPC?
    krn sy kbtln jg tinggal di PKU….
    trims…

  3. 123
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yurisanti,

    Perasaan saya benjolan di tulang dada anak anda itu tidak berbahaya. Kalau mau dicross-check kunjungi dokter anak agar diraba dan diperiksa detil. Belum perlu CTscan.

  4. 122
    Dr. Sukma Says:

    Hai Angela,

    Hemangioma pada anak/bayi biasanya jenis hemangioma capillary. Biasanya jenis hemangioma tersebut akan menghilang sendiri mulai usia bayi 6 bulan keatas. Sebaiknya dibawa periksa ke dokter kulit agar diketahui pasti jenis hemangioma tsb. Karena ada yang disebut ‘Portwine stain’ yang warnanya merah-keunguan biasanya susah dihilangkan sehingga disebut ‘tanda lahir’ atau birth mark.

  5. 121
    angela Says:

    Dear dr. sukma…
    anak perempuan sy berumur 20 bulan dan dr lahir ditangan kiri anak sy terdapat hemangioma (sy tanya ke dokter anak & dr bedah anak) tp sayangnya sy tdk bertanya jenis hemangioma apa yg diderita anak saya…
    setelah sy mencari informasi sepertinya yg paling pas dengan kondisi anak sy adalah hemangioma kavernosum…
    dr kulit jg bilang katanya tdk ada obatnya krn akan hilang sendiri pd saat umur 2 thn..
    Tp sy bimbang krn sdh hampir 2 thn tp sy tdk melihat adanya pengurangan/pengecilan dr bsr hemangioma anak sy..
    (oya, hemangioma anak sy mkn bsr dr semenjak lahir, tp perkembangannya lambat)..
    apa yg musti sy lakukan dok?
    dktr bedah bilang bisa diopersi.. tp pd umur berapa sebaiknya sy lakukan operasi utk anak sy dok?
    sy msh berharap bisa hilang sendiri dok, tp pd usia brp?
    sebainya utk konsultasi yg lebih jelas ke dokter apa dok?
    apa anak sy jg perlu dilakukan FNAB dok?
    trimakasih sebelummnya dok…

  6. 120
    dini Says:

    dok saya mhon kasih saya saran apakah benjolan diatas tulang dada kiri saya.umur saya 21

  7. 119
    dewi Says:

    Salam hangat dokter Sukma
    dok, saya seorang ibu rumah tangga berusia 28 tahun, sejak usia 6 tahunan saya mempunyai benjolan kecil dibelakang leher sebelah kiri, tidak sakit bila dipegang dan tidak membesar..kata dokter saya waktu itu ga apa-apa akan hilang dengan sendirinya..tapi sampai saya dewasa koq ga hilang juga? perlukah diperiksakan lagi? terima kasih sebelumnya..

  8. 118
    andi luhur Says:

    Dear dokter sukma ,
    Barusan ini saya menemukan adnya benjolan di dekat daerah selangkangan saya bagian atas kanan ,saya kuatir dok apakah ini tumor atau hernia , saya masih blum mengonsultasikany dgn dokter pribadi sy krn takut.mohon jawabanya ,
    Trimakasih dok
    Andi laki” 20 tahun

  9. 117
    Dr. Sukma Says:

    Hai Firdaus,

    Tidak ada hubungan antara benjolan di clavicula dengan gangguan usus anda. Tunggu sampai benjolan berdiameter MINIMAL 1 cm, barulah dilakukan biopsi atau FNAB agar diketahui pasti penyebabnya. Kunjungi dokter umum agar dibuat rujukan ke dokter spesialis PA (patologi anatomik) untuk tujuan FNAB. Hasil FNAB lalu diserahkan ke dokter penyakit dalam, untuk diterapi secara akurat, sesuai diagnosis FNAB.

  10. 116
    Firdaus Says:

    Salam Dr. Sukma..
    Saya firdaus umur 27 tahun, 3 hari terakhir saya perhatihan ada benjolan kecil di pangkal bawah leher sebelah kiri, entah apa itu di clavicula atau bukan, seperti bentol kalo di gi2t nyamuk, dan juga gatal dan agak merah, sekedar informasi, saya sejak 6 bulan terakhir punya masalah di usus, menurut dokter radang di usus besar, sampe sekarang pencernaan saya kurang bagus sehingga BAB jg krg lancar, dan terkadang saya suka merasakan sakit di perut bagian kiri atau kanan, apakah benjolan tersebut ada hubungan nya dengan riwayat di usus saya itu? Dan apakah benjolan di clavicula itu selalu merupakan anak sebar kanker? Tepatnya saya harus kontrol ke dokter apa Dok?
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

  11. 115
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yanah,

    Sepertinya anda menderita radang atau gangguan pada saraf diafragma kanan. Sebaiknya periksa ke dokter saraf, agar diteliti dan diobati..

  12. 114
    sarah Says:

    dok di leher kiri saya ada benjolan, baru sekitar 9 bulan ini ada. Rasanya tdk sakit sama sekali. Kemudian saya di suruh dokter untuk ke lab pathology. Di lab tsb mrk mengambil jaringan dgn cara disuntik (sedot). Tapi malamnya setelah di suntik knp bengkak saya jadi makin besar sekali dan keras. Padahal awalnya bengkak kecil dan lembek.
    Hari ini sudah 2×24 jam tapi bengkak tsb tdk berkurang, malah skrg rasanya ngilu2 pegal, nyut2an.
    Mohon info nya dok.
    Terimakasih banyak

  13. 113
    Susanto Says:

    Dokter calon anak saya umur 5 bulan di dalam kandungan ditemukan benjolan di bagian tulang belakan pinggul. Kalau boleh tahu Dok itu penyebabnya apa ya? dan bisa diobatin nggak? atau ada Obatnya. Mohon informasinya dok agr bayi saya nanti dapat lahir sempurna.
    Terima ksih dok

  14. 112
    verro Says:

    Dok, tapi benjolaN itu kecil, dulu agak banyak namun sekarang sudah berkurang. saya juga sempat minum obat paket 6 bulanan untuk TBC. dan sampai sekarang benjolan itu kecil. mohon bantuannya dok :)

  15. 111
    verro Says:

    Hallo dok, saya verro usia 18 tahun.
    saya mempunyai masalah, ada benjolan di tulang leher kiri dan kanan saya. Serta ada juga pada tulang kering saya kiri dan kanan. Saya sudah mempunyai benjolan ini dari kecil, mama saya juga mempunyainya. Tapi bukan di leher melainkan pada kaki kanannya. Benjolan itu kanker atau bukan dok? Terima kasih

  16. 110
    Dr. Sukma Says:

    Halo Cha,

    Sebaiknya diperiksakan benjolan dekat tulang belakang anda. Saya curiga kemungkinan radang TBC tulang.

    Cukup ke de dokter umum, nanti minta dirujuk ke dokter spesialis PA, agar dilakukan FNAB atau biopsi jarum halus.

    Hasil FNAB boleh anda tulis ke blog ini. Nanti akan saya arahkan kemana selanjutnya…

  17. 109
    cha Says:

    dok mau tanya, saya wanita berusia 21 tahun saya punya keluhan, disekitar pinggang belakang sebelah kanan saya ada benjolan dekat tulang belakang saya.. jd kalo lama duduk sering terasa perih di tulang dekat benjolan tersebut.. benjolan itu sudah hmpir 3 bulan lebih, tadinya tidak terasa sakit.. trims.. boleh balas k email saya dok..

  18. 108
    Dr. Sukma Says:

    Hai Riza,

    Benjolan kecil keras dibagian belakang kepala anda , just forget it… Paling tonjolan tulang kepala.

    So, enjoy life and think positive always..

  19. 107
    Dr. Sukma Says:

    Halo Eksi,

    Sebaiknya tumor dibuang ASAP. Karena semakin cepat dilakukan operasi tentu semakin baik karena banyak alasan.

    Ditangan operator handal dan berpengalaman, operasi akan berhasil baik dan sukses. Setelah diketahui pasti JENIS kanker lambung itu secara PA(patologi anatomik), maka akan ditentukan regimen khemoterapi yang tepat untuk jenis kanker.

    Bila ditangani dengan baik dengan langkah terapi yang benar biasanya kanker TIDAK akan kambuh lagi, tergantung staging atau stadiumnya.

    Pada stadium 1 dan 2 biasanya hasil terapi operasi dan khemo sangat bagus dan memuaskan…

  20. 106
    riza Says:

    dok…. di belakang kepala saya ada benjolan kecil dan keras seperti tulang.jika di pegang / digencet tdk sakit dan benjolan ini sudah ada pada saat sy kecill. kira2 bahaya ga dokk??

  21. 105
    eksi Says:

    Dok, pacar saya terkena tumor lambung dan sekarang kondisinya semakin membesar serta tiap hari selalu muntah darah. Saat ini ada niatan untuk operasi. Kalo dioperasi, kemungkinan untuk sembuhnya bagaimana Dok? Apa setelah operasi kemungkinan munculnya tumor2 lagi lebih cepat? Bagaimana sebaiknya menurut Dokter? Terimakasih

  22. 104
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fiz,

    Sebaiknya dilakukan FNAB pada benjolan anda terlebih dahulu, agar tahu diagnosis pastinya. Setelah itu baru diobati sesuai hasil FNAB.

  23. 103
    fiz Says:

    terdapat benjolan di belakang bdn saya blh kiri,apkh itu norml dok?atau bisa diubati?

  24. 102
    Ika Says:

    Halo dr. Sukma,

    Kira-kira seminggu yang lalu, saya konsultasi kembali ke onkolog lain mengenai MOC, menurut beliau karena saya tidak merasa ada gangguan ataupun keluhan sehubungan dengan benjolan tersebut maka tidak perlu dilakukan biopsi bedah. Saya kemudian dirujuk ke SpPA untuk FNAB dan kesimpulannya adalah ‘Limfadenitis kronik non spesifik’. Dengan kata lain ada ‘infeksi’. Dokter SpPA bilang mungkin ada ‘sakit gigi’, sedangkan Onkolog bilang bisa juga karena ‘ketombe’. Kira-kira 3 bulan yg lalu saya memang terkena penyakit typhus, apa ada pengaruhnya? Karena menurut saya alasan ‘sakit gigi’ ataupun ‘ketombe’ kok rada kurang nyambung ya Dok?

    Selanjutnya oleh onkolog saya diberikan obat/vitamin: Nutriflam, Forneuro, dan Ciprofloxacin 500 mg, dianjurkan untuk melakukan olahraga dengan konsentrasi gerakan di bahu, dan kompres hangat di daerah benjolan tsb.

    Berapa lama saya harus mengkonsumsi obat tersebut agar benjolan tersebut hilang? Karena sesuai resep, obat tersebut semuanya sudah habis saya konsumsi dalam waktu +/- seminggu. Apa perlu dilanjutkan lagi? Saya juga dianjurkan mengkonsumsi vit.E dosis tinggi, di luar obat/vitamin yg diresepkan. Seberapa besar fungsi vit.E ini untuk kondisi saya ya, Dok?

    Terima kasih sebelumnya, dr. Sukma.

  25. 101
    Robert Says:

    Ok Dr Sukma. Terima kasih atas jawabannya.

Pages: « 14 … 8 7 6 [5] 4 3 2 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe