SupraclavBelum lama, sekitar 2 mingguan ini, saya menemukan kasus yang sangat jarang, yaitu anak sebar kanker kelenjar tiroid pada lokasi supraclavicula, yaitu tulang dikiri-kanan pangkal leher. Persisnya tulang yang pada orang kurus sering dianggap sebagai ‘tempat sabun’, karena cekung seperti wadah sabun di kamar mandi.

Saya sebut sangat jarang, karena meskipun lokasi supraclavicula biasa menjadi tempat anak sebar kanker ganas, namun untuk kelenjar tiroid/ kelenjar gondok sangat jarang ke lokasi itu. Biasanya dia menyebar ke leher didekat muskulus sternocleidomastoideus.

Supraclavicula adalah tempat favorit anak sebar kanker ganas dari berbagai tempat, seperti : payudara, paru, lambung, usus dan ovarium pada penderita wanita. Sedangkan pada laki-laki tersering berasal dari : paru, lambung, usus dan kelenjar prostat. Bagaimana mengetahui adanya benjolan yang berbahaya itu dan kenapa tumor ganas harus menyebar lokasi itu ? 

Untuk mengetahui adanya benjolan secara dini, maka dianjurkan kepada kita semua agar rajin meraba-raba cekungan diatas tulang iga paling atas, setiap saat kita mandi. Jadi sambil menyabuni bagian leher dan dada, pastikan tangan meraba dan sedikit menekan seluruh leher sampai ke pangkal leher, dan dilanjutkan ke dada bagian atas, pada lokasi supraclavicula  tadi.

Apabila ditemukan sekecil apapun benjolan yang tidak biasa, agar segera mengunjungi dokter anda. Hal ini juga berlaku pada khusus wanita, agar rajin meraba-raba payudaranya sendiri yang biasa disebut ‘sarari’, untuk deteksi dini adanya kanker payudara.

Kenapa hal itu penting ? Karena seringkali tumor ganas dari organ didalam tubuh, akan sulit dilihat dari luar. Apalagi bila keluhan belum ada, biasanya kanker tersebut terus tumbuh membesar, tanpa kita sadari.  Maka akibatnya tumor ganas sudah berada pada stadium lanjut, ketika diagnosis ditegakkan..

Kenapa ke lokasi supraclavicula ? Lokasi ini menjadi daerah muara aliran cairan limfe dari berbagai organ didalam rongga dada dan rongga perut/abdomen. Seperti : paru, jantung, hati, limpa, lambung, usus kecil dan usus besar serta rektum dan anus. Demikian juga aliran limfe berasal dari kelenjar prostat, testis, kandung kemih dan ginjal kanan dan kiri. 

Karena itu lokasi supraclavicula menjadi sangat penting untuk mengetahui adanya kelainan di organ dalam tubuh kita. Keberhasilan terapi kanker dan penyakit lain pada umumnya adalah : semakin dini diketahui dan ditangani, akan semakin baik hasil akhir dan prognosisnya.

Menghadapi segala macam penyakit termasuk kanker, kita seolah berpacu dengan waktu, makin lambat kita bertindak maka itu akan memberi kesempatan dan peluang emas bagi penyakit untuk berkembang dan menyebar ke jaringan sekitarnya.

Jadi segeralah bertindak, bila tidak mau kalah cepat dibandingkan  progresivitas  penyakit termasuk kanker yang kemungkinan ada didalam tubuh kita…

Popularity: 20%

Posted Thursday, October 23rd, 2008 at 2:39 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

330 Responses to “Perhatikan benjolan diatas clavicula, tulang iga paling atas, biasanya anak sebar tumor ganas”

Pages: « 14 … 9 8 7 [6] 5 4 3 … 1 » Show All

  1. 150
    Yang Rita Says:

    Dokter,saya ingin bertanya. Pada payudara saya sebelah kanan terdapat benjolan.Setelah dilakukan USG ternyata ada 2 buah benjoalan dengan diameter 4cm dan 3cm.Setelah konsultasi denagn dr,onkologi ternyata itu hanya kista(tumor jinak).Pada hari kamis dilakukan biopsi aspirasi dan saya tinggal menunggu hasil pemeriksaan sitologinya. Apakah hal tersebut tidak ada efek sampingnya?karena setelah 2 hari ini saya sering merasakan nyeri dan sakit di sekitar payudara.
    Dan apakah itu benar kista/bukan kanker payudara?
    Mohon jawabannya.Terima kasih dokter…..

  2. 149
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fery,

    Yang ditakutkan bila benjolan supraclavicula itu adalah anak sebar kanker ganas. Berapa usia ibu anda? Jadi paling objektif dilakukan biopsi pada benjolan tsb. Agar diketahui pasti diagnosinya. Sehingga kemudian dapat diberikan terapi yang tepatdan akurat, tidak mencoba-coba..

  3. 148
    Dr. Sukma Says:

    Halo Fery,

    Karena kondisi dan keluhan ibu anda seperti itu, maka baca lengkap posting saya ini. Biasanya yang ditakutkan adalah anak sebar kanker ganas. Akan tetapi bisa juga disebabkan TBC kelenjar. So, paling tepat dan objektif bila dilakukan biopsi jarum halus ( BAJAH atau FNAB) pada benjolan tsb, sehingga diketahui pasti apa itu. Kemudian barulah di terapi sesuai hasil FNAB, OK.

  4. 147
    fery Says:

    dok,pada tulang sabun ibu saya terdapat benjolan yang smakin hari smakin membesar,jika di tekan terasa sakit dan keras,nafsu makan berkurang shingga badanya smakin kurus.ibu saya juga mengalami kelumpuhan krn strok sejak 4 tahun lalu,benjolan itu apa ya dok?trus apa yang harus saya lakukan?

  5. 146
    Dr. Sukma Says:

    Halo Angga,

    Operasi FAM yang belum begitu lama (kurang dari 6 bulan), terkadang masih menyisakan rasa sakit yang timbulnya kadang-kadang. Bila tidak ada benjolan, sebaiknya anda tenang saja dan berpikir positif bahwa rasa sakit yang terjadi adalah sisa-sisa atau proses penyembuhan luka-luka bekas sayatan operasi. Terus berpikir positif, sambil jangan lupa beristirahat yang cukup dan makan yang bergizi, OK.

  6. 145
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ayu Mala,

    Benjolan tsb biasanya adalah kista Bartholin yang terjadi akibat sel-sel radang yang berkumpul disitu. Sebaiknya dibawa ke dokter SpOG, untuk diperiksa. Karena ada juga kista lain di lokasi tersebut. Semua kista biasanya harus diangkat/operasi untuk penyembuhannya.

  7. 144
    ayu mala Says:

    dok saya mau menayakan,,beberapa hari yang lalu saya meraba vagina saya dam di dalam vagina saya sebelah kiri paling atas terdapat benjolan namun saya tidak pernah ada keluhan mengenai organ intim saya,,yang saya ingin tanyakan apakah benjolan itu berbahaya……….trims

  8. 143
    angga Says:

    Dear Dr..

    Saya wanita 29thn, single. Kira2 10thn ygll melakukan operasi tumor jinak FAM pd payudara kiri. namun sebulan terakhr sering terasa nyeri n perih kadang panas. Tp saya sdh merasa payudara kiri n kana se details mgkn namun tdk menemukan benjolan.
    Apakah mgkn saya terkena kanker payudara tanpa ada indikasi benjolan sama sekali??
    Oia saat ini saya sdg bekerja d luar Indonesia, jd agak sulit u periksa details k Rumah sakit. Mohon banutannya secepatnya, terima kasih Dokter

  9. 142
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andre,

    Bila benjolan dileher ayah anda sudah ada sejak lama (16 tahun) dan baru akhir2 ini cepat membesar, biasanya itu tumor jinak. Saya sependapat kemungkinan besar Struma Adenomatosa.

  10. 141
    andre Says:

    Hallo Dok,

    Dok saya mau tanya, papa saya baru minggu kemarin baru saja dioperasi karena adanya dugaan struma adenomatosa pada bagian leher sebelah kiri. ini disebabkan secara tiba2 pada malam hari leher sebelah kirinya lgs timbul tonjolan yg sangat besar. sebelumnya selama 16 tahun tonjolan itu sudah ada tapi kecil. sehingga lgs dioperasi dan diangkat benjolannya. sampai saat inipun dokter masih belum tahu apakah itu tumor,kanker atau bukan. yg saya ingin tanyakan dok, apakah itu tumor,kanker atau bukan? Thx

  11. 140
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andy,

    Saya setuju dengan pendapat dokter bedah yang terakhir. Ambil contoh jaringan (biopsi operasi), untuk diperiksa lebih lanjut di lab. PA (patologi anatomik) agar diagnosis menjadi terang-benderang. Anda tidak perlu opname, hal ini disebut ODS (one day surgery). Setelah diagnosis jelas, dilanjutkan minum obat sampai tuntas..

  12. 139
    andy Says:

    andy

    terima kasih dokter sukma atas masukan dan jawabannya
    saya dah periksakan ke dokter bedah kembali ( tapi lain dokter ) beliau menyarankan untuk dioperasi kecil / dimbil ,tanpa harus opname ,, beliau mengatakan kalo dikasih obat kadang hasilnya kurang maximal ,,,, saya bingung ,, saya coba konsultasi di 2 dokter tapi ko lain..yang satu bilang harus operasi besar minimal opnama 5 hari .. tapi yang satunya bilang cuma harus operasi kecil … saya sebagai orang awam merasa bingung..tolong dokter sukma kasih masukan

    terima kasih sebelumnya

  13. 138
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andy,

    Dari hasil FNAB terdiagnosis Peradanga Khronik-spesifik (TBC). Jadi sebaiknya anda mendapatkan terapi Obat anti TBC (OAT) dari dokter penyakit dalam. Agar bisa diobati sampai tuntas yang biasanya minimal selama 6(enam) bulan. Bila dianggap perlu, akan dilakukan counter check dengan pemeriksaan LED dan test Mantoux untuk memperkuat diagnosis TBC kelenjar.

  14. 137
    andy Says:

    dear Dr.sukma saya andy ..
    saya lampirkan hasil pemeriksaan lab biopsi

    laporan pemeriksaan:
    dilakukan puncture biopsy pada nodul bawah kulit,
    uk 1 1/2 X 1 cm ,didaerah preauricular dextra

    Mikroskopik :
    hapusan menunjukkan masa nekrosis luas dengan sebaran banyak mikrofag yang degeneratif,dengan sejumlah PMN dan sel radang mononuklear lainnya

    tidak didapatkan keganasan

    kesimpulan : nodul pipi kanan ,FNA : tidak menunjukkan keganasan

    NB:-bisa dijumpai pada proses tuberculosa

    demikian dokter ,mohon bantuannya , saya ucapkan banyak terima kasih sebelumnya……………

  15. 136
    andy Says:

    dear Dr.sukma saya andy ..
    saya lampirkan hasil pemeriksaan lab biopsi

    laporan pemeriksaan:
    dilakukan puncture biopsy pada nodul bawah kulit,
    uk 1 1/2 X 1 cm ,didaerah preauricular dextra

    Mikroskopik :
    hapusan menunjukkan masa nekrosis luas dengan sebaran banyak mikrofag yang degeneratif,dengan sejumlah PMN dan sel radang mononuklear lainnya

    tidak didapatkan keganasan

    kesimpulan : nodul pipi kanan ,FNA : tidak menunjukkan keganasan

    NB:-bisa dijumpai pada proses tuberculosa

    demikian dokter ,mohon bantuannya , saya ucapkan banyak terima kasih sebelumnya

  16. 135
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ina,

    Perkiraan saya hanya masalah otot leher yang disebut myalgia. Sebaiknya diperiksa oleh dokter penyakit dalam agar jelas. Sepertinya bukan kanker, jangan takut..

  17. 134
    ina Says:

    Halo dok, mau konsultasi sedikit..
    umur saya 24, sejak 3 tahun lalu saya sering menderita sakit pada bagian tubuh sebelah kiri tubuh, pusatnya di belakang lengan dan bagian pinggang belakang..sejak 2 minggu lalu saya selalu mual pada pagi hari dan pusing, lalu tiba2 muncul seperti bengkak pada leher bagian kiri..
    Saya sudah periksakan ke dokter umum, dan menurut dia itu kemungkinan masalah otot,karena tidak seperti kelenjar..saya pun diberi obat relaksasi otot..dan dirujuk ke bagian bedah umum jika ternyata bengkaknya tidak hilang…sudah 2 hari tapi bengkaknya masih ada dan rasa pusing dan mual malah semakin terasa juga seperti sesak dan berat…kira-kira kenapa ya dok?
    saya takut ada hubungannya sama kanker atau yang berbahaya lainnya…

    terimakasih..:)

  18. 133
    ina Says:

    Halo dok, mau konsultasi sedikit..
    umur saya 24, sejak 3 tahun lalu saya sering menderita sakit pada bagian tubuh sebelah kiri tubuh, pusatnya di belakang lengan dan bagian pinggang belakang..sejak 2 minggu lalu saya selalu mual pada pagi hari dan pusing, lalu tiba2 muncul seperti bengkak pada leher bagian kiri..
    Saya sudah periksakan ke dokter umum, dan menurut dia itu kemungkinan masalah otot,karena tidak seperti kelenjar..saya pun diberi obat relaksasi otot..dan dirujuk ke bagian bedah umum jika ternyata bengkaknya tidak hilang…sudah 2 hari tapi bengkaknya masih ada dan rasa pusing dan mual malah semakin terasa juga seperti sesak dan berat…kira-kira kenapa ya dok?
    saya takut ada hubungannya sama kanker atau yang berbahaya lainnya…
    terimakasih..

  19. 132
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lia,

    Benjolan sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus atau FNAB oleh dokter spesialis PA (patologi anatomik). Kunjungi dokter umum untuk surat rujukan ke dokter spesialis PA agar dilakukan FNAB. Hasil atau diagnosis FNAB lalu dibawa ke dokter penyakit dalam untuk diberikan terapi yang tepat sesuai diagnosis FNAB.

  20. 131
    lia Says:

    Dok, sy mau tany.. Dibagian tulang iga sebelah kanan bawah sy spt ada pembengkakan,dan terasa sgt nyeri, apalagi bila ditekan… Kira2 ada hubunganny sm liver or ginjal gk y dok. Trus sy hrs konsul kdokter umum apa lgs dktr penyakit dlm y? Trima ksh sblmny

  21. 130
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ana,

    Benjolan sebesar kelereng sudah dapat dilakukan biopsi aspirasi jarum halus/FNAB, agar dapat diketahui apa sebenarnya benjolan tsb. Bila sudah diketahui, maka akan mudah dilakukan terapi yang tepat untuk kelainan tsb.

  22. 129
    ana Says:

    dok,di wajah saya,tepatnya di dagu, ada benjolan merah sebesar kelereng,tidak nyeri namun bila ditekan terasa sakit,awalnya saya fikir bengkak karena jerawat,namun ternyata 3 hari ini ukurannya tidak kunjung berubah. Malah rasanya ada benjolan lain yang juga muncul seperti benjolan sebelumnya namun ukurannya lebih kecil.
    Apa yang sedang saya derita dok? saya takut ini adalah kanker, atau malah limfadenopati?
    mohon penjelasannya dok,,,
    makasih

  23. 128
    Dr. Sukma Says:

    Hai Karima,

    Pendapat saya sebaiknya ditunggu sampai usia anak 3 tahun, karena ada kemungkinan hemangioma capillare bisa regressi sendiri pada usia 2-3 tahun. Bila masih ada dan lokasinya superficial tipis artinya kelainan itu tidak dalam , sebaiknya di laser dibagian kulit (dermatologi), mengingat hemangioma itu di wajah. Untuk meminimalisir cacat bekas jahitan.

    Bila hemangioma besar dan tebal, sebaiknya dioperasi/bedah, agar dapat diangkat sebersih-bersihnya. Antisipasi agar tidak kambuh nantinya…

  24. 127
    karima Says:

    dok,anak saya umur 14 bulan mempunyai hemangioma di wajah diameter 2 cm..apa yg hrs saya lakukan untuk menghilangkan hemangioma tsb?karena masing” dokter yang saya datangi berbeda sarannya..ada yg mengatakan ditunggu saja sampai 3 tahun, ada yg menyarankan dilaser dan ada jg yg menyarankan untuk dibedah..mohon penjelasannya.terima kasih.

  25. 126
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andy,

    Sebaiknya diperiksa dulu apa benjolan itu sebenarnya yaitu dengan biopsi jarum halus (FNAB). Kunjungi dokter um7um untuk surat rujukan ke dokter spesialis PA (patologi anatomik), agar dilakukan biopsi FNAB.

    Hasil FNAB boleh anda tulis di blog ini, akan saya arahkan nanti kemana selanjutnya. Apakah cukup minum obat atau harus dioperasi, OK.

Pages: « 14 … 9 8 7 [6] 5 4 3 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe