SupraclavBelum lama, sekitar 2 mingguan ini, saya menemukan kasus yang sangat jarang, yaitu anak sebar kanker kelenjar tiroid pada lokasi supraclavicula, yaitu tulang dikiri-kanan pangkal leher. Persisnya tulang yang pada orang kurus sering dianggap sebagai ‘tempat sabun’, karena cekung seperti wadah sabun di kamar mandi.

Saya sebut sangat jarang, karena meskipun lokasi supraclavicula biasa menjadi tempat anak sebar kanker ganas, namun untuk kelenjar tiroid/ kelenjar gondok sangat jarang ke lokasi itu. Biasanya dia menyebar ke leher didekat muskulus sternocleidomastoideus.

Supraclavicula adalah tempat favorit anak sebar kanker ganas dari berbagai tempat, seperti : payudara, paru, lambung, usus dan ovarium pada penderita wanita. Sedangkan pada laki-laki tersering berasal dari : paru, lambung, usus dan kelenjar prostat. Bagaimana mengetahui adanya benjolan yang berbahaya itu dan kenapa tumor ganas harus menyebar lokasi itu ? 

Untuk mengetahui adanya benjolan secara dini, maka dianjurkan kepada kita semua agar rajin meraba-raba cekungan diatas tulang iga paling atas, setiap saat kita mandi. Jadi sambil menyabuni bagian leher dan dada, pastikan tangan meraba dan sedikit menekan seluruh leher sampai ke pangkal leher, dan dilanjutkan ke dada bagian atas, pada lokasi supraclavicula  tadi.

Apabila ditemukan sekecil apapun benjolan yang tidak biasa, agar segera mengunjungi dokter anda. Hal ini juga berlaku pada khusus wanita, agar rajin meraba-raba payudaranya sendiri yang biasa disebut ‘sarari’, untuk deteksi dini adanya kanker payudara.

Kenapa hal itu penting ? Karena seringkali tumor ganas dari organ didalam tubuh, akan sulit dilihat dari luar. Apalagi bila keluhan belum ada, biasanya kanker tersebut terus tumbuh membesar, tanpa kita sadari.  Maka akibatnya tumor ganas sudah berada pada stadium lanjut, ketika diagnosis ditegakkan..

Kenapa ke lokasi supraclavicula ? Lokasi ini menjadi daerah muara aliran cairan limfe dari berbagai organ didalam rongga dada dan rongga perut/abdomen. Seperti : paru, jantung, hati, limpa, lambung, usus kecil dan usus besar serta rektum dan anus. Demikian juga aliran limfe berasal dari kelenjar prostat, testis, kandung kemih dan ginjal kanan dan kiri. 

Karena itu lokasi supraclavicula menjadi sangat penting untuk mengetahui adanya kelainan di organ dalam tubuh kita. Keberhasilan terapi kanker dan penyakit lain pada umumnya adalah : semakin dini diketahui dan ditangani, akan semakin baik hasil akhir dan prognosisnya.

Menghadapi segala macam penyakit termasuk kanker, kita seolah berpacu dengan waktu, makin lambat kita bertindak maka itu akan memberi kesempatan dan peluang emas bagi penyakit untuk berkembang dan menyebar ke jaringan sekitarnya.

Jadi segeralah bertindak, bila tidak mau kalah cepat dibandingkan  progresivitas  penyakit termasuk kanker yang kemungkinan ada didalam tubuh kita…

Popularity: 20%

Posted Thursday, October 23rd, 2008 at 2:39 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

330 Responses to “Perhatikan benjolan diatas clavicula, tulang iga paling atas, biasanya anak sebar tumor ganas”

Pages: « 14 … 10 9 8 [7] 6 5 4 … 1 » Show All

  1. 175
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ririe,

    Sebaiknya diperiksakan bayi anda ke dokter anak. Mungkin perlu dilakukan biopsi/ fnab. Yang menegerjakan fnab biasanya dokter spesialis PA. Dari diagnosis FNAB tadi, akan diketrahui pasti penyebab benjolan tsb. Dari situ barulah diberikan terapi sesuai diagnosis FNAB..

  2. 174
    Dr. Sukma Says:

    hai As,

    Obatnya minta resep di dokter umum juga boleh. Cukup Antibiotika…..

  3. 173
    Andhina Says:

    Halo ibu dokter, kemarin saya merasakan benjol kecil di bagian tulang di dekat leher, yg bagian cekung itu, rasanya sakit jika ditekan.Dan saya seperti merasa bahwa tulang saya yg benjol, kira2 seperti itukah gejala penyakit yg ibu maksud?
    Benjolnya kecil sekali,tidak berwarna,dan tidak kelihatan hanya kira2 sebesar ujung kuku,tapi saya bisa merasakannya. Apa penanganan yg bisa saya lakukan? Apakah ini penyakit? Mohon dibalas, terima kasih.

  4. 172
    ririe Says:

    Dok, anak saya 9 bulan ada benjolan di tulang leher bagian bawah kanan
    Sebesar biji kacang tanah, agak lunak kalau diraba bisa goyang ke kiri
    Ke kanan, tp sejauh ini bayi saya sehat dan tidak ada masalah, dok..benjolan
    Itu bisa dikategorikan penyakit berbahaya ?, terima kasih ya dok

  5. 171
    as Says:

    saya punya benjolan multiple (6) di suprakalvikula kanan keras, mobile, terasa sakit, hasil fnab limfadenitis non spesifik, kira kira apa dok ?

  6. 170
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nurmala,

    Kemungkinan benjolan itu Scrofuloderma, yaitu TBC kulit didaerah iga yang bentuknya seperti jaringan parut atau luka yang tidak dijahit. Sebaiknya kunjungi dokter kulit atau dokter penyakit dalam. Agar diobati tuntas dan tidak bertambah parah…

  7. 169
    Nirmala Says:

    bu dokter saya mw tanya , di daerah tulang iga atas saya ada benjolan merah ,, awalnya dari jerawat kemudian berubah menjadi benjolan merah ,,persis seperti bekas luka yang tdak dijahit yang biasanya menjadi bnjolan da n berisi daging ,,

    benjolan ini sudah lama dokter ada dua tahun lebih ,,akhir akhir ini terasa agak sakit ,,,

    mohon penjelasannya

    umur saya 22 tahun brat 75 kg tinggi 160 cm ,, tks

  8. 168
    Dr. Sukma Says:

    Hai Mery,

    Periksa ke dokter penyakit dalam. Agar dinilai, apakah sudah pantas dan perlu dilakukan FNAB atau biopsi jarum halus, dll. Untuk mengetahui diagnosis pasti benjolan itu.

  9. 167
    Mery Says:

    Salam kenal dokter.
    saya mery usia 30th.saya merasakan benjolan kecil di leher bagian belakang kanan (diatas pangkal tlg belakang/dibawah otak kanan). Dulu saya sempat menyadari keberadaannya tp saya biarkan sj dan kemudian hilang atau tdk terasa lg. Baru pada hari ini setelah kemarin mdpt serangan migrain,saya kembali merasakan pegal2/terasa agak kenceng ditengkuk saya meraba ternyata terasa ada benjolan lg. Benjolan apakah ini dok?dan kemana saya harus periksakan?
    trims n salam..

  10. 166
    Dr. Sukma Says:

    Hai Budi,

    Umumnya bila tidak ada hal-hal luar biasa, maka operasi mammae aberant tidak menimbulkan kekambuhan atau relaps.

    Obat penyubur karena mengandung hormon, berpotensi menimbulkan kambuh pada lokasi yang diangkat, BILA tidak bersih pengangkatannya…

  11. 165
    budi Says:

    dok saya mau tanya isteri saya mau operasi mammae aberant, apakah setelah operasi benjolan tersebut masih bisa tumbuh lagi? terus solusinya bagaimana dok agar tidak tumbuh lagi, satu lagi dok apakah obat penyubur bisa merangsang tumbuhnya benjolan tersebut? terima kasih dok…

  12. 164
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dumila,

    Sebaiknya anda periksa ke dokter bedah umum. Nanti akan diperiksa teliti untuk mengetahui apa kiranya benjolan itu, kalau perlu dilakukan biopsi. Dari hasil biopsi akan ketahuan jelas apa kelainan tsb.

  13. 163
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anna Ariesa,

    1. Biasanya luka sayatanoperasi cepat sembuh, max. satu minggu. Terutama bila dijaga kebersihan daerah ketiak dan kondisi dijaga selalu tetap kering, agar tidak bisa kuman berkembang biak
    2. Nanti akan diberikan antibiotika topikal oleh dokter operator
    3. Tidak ada efek samping karena lokasi yang superficial dan mudah diambil
    4. Dokter operator akan memberi info bila ternyata benjolan di ketiak bukan mammae aberant, setelah ada hasil pemeriksaan PA
    5. Apa yang anda maksud dengan kelenjar MA? Yang ngilu payudara atau ?

  14. 162
    Anna Ariesa Says:

    Yth, Dr.Sukma…
    sy akan operasi mamae aberant di kedua ketiak, cm yg sy tanyakan : 1. berapa lama proses penyembuhannya
    2. obat/salep apa yg bisa mempercepat keringnya luka sayatan tsb 3. apakah ada efek samping dr operasi tsb thdp gerak tangan sy 4.apakah operasi di ketiak tidak berpengaruh thdp payudara krn kelenjar mis ;kanker/tumor 5. apakah kelenjar MA berhubungan dgn payudara krn sering ngilu. Thanx Dok

  15. 161
    DUMILA Says:

    pagi Dr. Sukma

    ibu dokter saya wanita 27 thn .
    sudah 2 bulan ini didada atas saya ada benjolan besar seperti bengkak (saya sdh merongtennya tp hasilnya bagus) yg saya ingin tanyakan setiap saya bgn dari posisi tidur miring di sebelah kiri payudara saya sakit seperti terkena sentuhan benjolan di dada
    penyakit apa yah bu, bila saya ingin periksa ke bagian apa?
    mohon di reply yah bu

    terima kasih

  16. 160
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sherly,

    Pada bayi umur 9 bulan, sebaiknya dan cukup kalau di-observasi/ dilihat saja perkembangan benjolam itu. Jangan sering dipegang-pegang atau ditekan karena tindakan itu akan merangsang pertumbuhannya. Palingan radang sehingga no need to worry about… Bila nanti sudah berdiameter lebih dari 1 cm, barulah diperiksakan ke dokter spesialis anak.

  17. 159
    sherly Says:

    Halo Dok,anak saya sekarang berumur 9 bln bb 10kg..dileher bagian tengah/jakun timbul benjolan sebesar jagung trus kalau dipegang benjolan itu bisa ke kanan & kiri..agak lunak jd saya mohon kiranya Dok bisa memberikan saran..trima kasih.

  18. 158
    Santy Says:

    Terima kasih atas jawaban dokter,maaf saya tanya lagi, Dok kalau di operasi tidak sampai kena payudara kan? saya takut bu dokter.

  19. 157
    Dr. Sukma Says:

    Halo Santy,

    Iya benar. Mammary aberrant atau super numery mammae memang menimbulkan rasa nyeri menjelang haid dan keluhan lain yang anda tulis. Sebaiknya SEGERA dioperasi agar anda terbebas dari rasa nyeri dan keluhan lain..

  20. 156
    Santy Says:

    Dok, saya santy 26 th, apakah mammary aberrant itu bisa menimbulkan rasa nyeri? soalnya dibawah ketiak saya nyeri sekali kalo mau menjelang haid. bila diraba tekstur dalamny seperti grinjil2 dan sakit. sehingga menjalar ke tangan, bila menggenggam sesuatu rasanya tidak kuat, agak lemas. Dok saya mohon jawabannya. atas perhatian bu dokter saya ucapkan banyak terimakasih.

  21. 155
    Dr. Sukma Says:

    Hai Reza,

    Kemungkinan hanya infeksi atau radang saja. Sebasiknya periksa ke dokter umum untuk diresepkan antibiotika, bila memang infeksi…

  22. 154
    reza Says:

    bu dokter saya mahasiswa 18 tahun, saya mau tanya saya ada benjolan agak merah sebesar kacang di bawah pusar yang sakit/perih kalau dipegang. itu kira2 apa ya dok? soalnya belum saya konsultasikan ke dokter trims

  23. 153
    Dr. Sukma Says:

    Hai Kristian ,

    Kalau betul lipoma, anda santai saja karena tidak berbahaya. Saran saya sebaiknya diobservasi dulu, perhatikan apakah pertumbuhannya cepat atau lambat. Jangan dipegang-pegang atau sering ditekan dan diraba-raba. Hal itu akan merangsang pertumbuhannya.. Bila cepat membesar, harus diangkat meski tumor jinak. Operasi TIDAK akan mempengaruhi fertilitas anda, karena letaknya yang superficial/dipermukaan dan gampang diambil, termasuk operasi kecil dan ringan…

  24. 152
    kristian Says:

    ibu dokter saya pria 24 tahun sudah 4 bulan belakangan ini saya merasa terkejut saya menjumpai ada benjolan di testis sebelah kiri sebesar butiran jagung tapi tidak merasa sakit setelahsaya periksa ke dokter dokter mengatakan itu adalahj tumor jinak atau lipom benjolan tersebut tidak menempel pada testis tetapi pada kelenjar nya .apa yang harus saya lakukan dokter klo mau diangkat saya takut berefek pada fertilitas karna saya belum menikah trims

  25. 151
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yang Rita,

    Akhir-akhir ini saya juga mendapat kasus yang sama dengan anda. Yaitu wanita muda 30-an tahun ditemukan kista. Pada FNAB tidak ditemukan sel ganas dengan latar belakang yang jernih. Jadi kemungkinan itu kista simpel atau kista oleh adanya infeksi. Bila kista simpel, meskipun jinak harus diangkat/operasi agar tidak berulang atau relaps lagi. Sebab dinding kista harus dibuang, agar tidak memproduksi cairan lagi. Sedangkan kista akibat infeksi cukup diberikan obat anti-penyebab kista seperti anti jamur atau lainnya…

Pages: « 14 … 10 9 8 [7] 6 5 4 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe