SupraclavBelum lama, sekitar 2 mingguan ini, saya menemukan kasus yang sangat jarang, yaitu anak sebar kanker kelenjar tiroid pada lokasi supraclavicula, yaitu tulang dikiri-kanan pangkal leher. Persisnya tulang yang pada orang kurus sering dianggap sebagai ‘tempat sabun’, karena cekung seperti wadah sabun di kamar mandi.

Saya sebut sangat jarang, karena meskipun lokasi supraclavicula biasa menjadi tempat anak sebar kanker ganas, namun untuk kelenjar tiroid/ kelenjar gondok sangat jarang ke lokasi itu. Biasanya dia menyebar ke leher didekat muskulus sternocleidomastoideus.

Supraclavicula adalah tempat favorit anak sebar kanker ganas dari berbagai tempat, seperti : payudara, paru, lambung, usus dan ovarium pada penderita wanita. Sedangkan pada laki-laki tersering berasal dari : paru, lambung, usus dan kelenjar prostat. Bagaimana mengetahui adanya benjolan yang berbahaya itu dan kenapa tumor ganas harus menyebar lokasi itu ? 

Untuk mengetahui adanya benjolan secara dini, maka dianjurkan kepada kita semua agar rajin meraba-raba cekungan diatas tulang iga paling atas, setiap saat kita mandi. Jadi sambil menyabuni bagian leher dan dada, pastikan tangan meraba dan sedikit menekan seluruh leher sampai ke pangkal leher, dan dilanjutkan ke dada bagian atas, pada lokasi supraclavicula  tadi.

Apabila ditemukan sekecil apapun benjolan yang tidak biasa, agar segera mengunjungi dokter anda. Hal ini juga berlaku pada khusus wanita, agar rajin meraba-raba payudaranya sendiri yang biasa disebut ‘sarari’, untuk deteksi dini adanya kanker payudara.

Kenapa hal itu penting ? Karena seringkali tumor ganas dari organ didalam tubuh, akan sulit dilihat dari luar. Apalagi bila keluhan belum ada, biasanya kanker tersebut terus tumbuh membesar, tanpa kita sadari.  Maka akibatnya tumor ganas sudah berada pada stadium lanjut, ketika diagnosis ditegakkan..

Kenapa ke lokasi supraclavicula ? Lokasi ini menjadi daerah muara aliran cairan limfe dari berbagai organ didalam rongga dada dan rongga perut/abdomen. Seperti : paru, jantung, hati, limpa, lambung, usus kecil dan usus besar serta rektum dan anus. Demikian juga aliran limfe berasal dari kelenjar prostat, testis, kandung kemih dan ginjal kanan dan kiri. 

Karena itu lokasi supraclavicula menjadi sangat penting untuk mengetahui adanya kelainan di organ dalam tubuh kita. Keberhasilan terapi kanker dan penyakit lain pada umumnya adalah : semakin dini diketahui dan ditangani, akan semakin baik hasil akhir dan prognosisnya.

Menghadapi segala macam penyakit termasuk kanker, kita seolah berpacu dengan waktu, makin lambat kita bertindak maka itu akan memberi kesempatan dan peluang emas bagi penyakit untuk berkembang dan menyebar ke jaringan sekitarnya.

Jadi segeralah bertindak, bila tidak mau kalah cepat dibandingkan  progresivitas  penyakit termasuk kanker yang kemungkinan ada didalam tubuh kita…

Popularity: 20%

Posted Thursday, October 23rd, 2008 at 2:39 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

330 Responses to “Perhatikan benjolan diatas clavicula, tulang iga paling atas, biasanya anak sebar tumor ganas”

Pages: « 14 … 12 11 10 [9] 8 7 6 … 1 » Show All

  1. 225
    retno triweni Says:

    Dokter,2juni2011 anak sy,3th,laki2,opname 5hr krn kena gejala typus dan infeksi bakteri h-pylori,smp 14hr minum antibiotik,3bln sblumnya mmg srg ngeluh skt perut apalg mlm hari. Pertanyaan sy..apakah perlu sy tes darah ulang utk anak sy,sy ngeri skali dmpak bakteri tsb bila tdk tuntas,apalagi anak sy kasian skali 14hr minum puyer antibiotik

  2. 224
    Dr. Sukma Says:

    Biasanya benjolan itu berupa skin tag yang tidak kambuh lagi setelah dioperasi. Coba anda ganti dokter bedah, mungkin ke Jakarta agar dilakukan dengan cermat dan sampai ke akar2nya. Umumnya bila operator smart, tidak akan tumbuh lagi. Sebaiknya jaringan operasi diperiksakan ke lab. PA untuk dilihat dibawah mikroskop apa sebenarnya daging tumbuh tersebut.

  3. 223
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sariajahdech,

    Pendapat saya benjolan itu mammary aberrans. Yaitu adanya jaringan payudara diluar lokasi normal, dalam hal ini di ketiak anda. Biasa terjadi pada wanita. So, kunjungi dokter bedah agar di angkat benjolan tersebut.

  4. 222
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anggre,

    Sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus / FNAB untuk mengetahui pasti apa benjolan itu. Minta rujukan ke dokter umum agar dilakukan biopsi aspirasi jarum halus oleh dokter spesialis PA.

  5. 221
    Dr. Sukma Says:

    Hai Mia Herlina,

    Tahunya benjolan bahaya atau tidak dengan melakukan biopsi jarum halus/ FNAB. Ukuran sebesar telur puyuh itu ideal untuk dilakukan biopsi. Kunjungi dokter umum minta surat pengantar ke dokter spesialis PA untuk biopsi.

  6. 220
    renal Says:

    salam dok,,sy mau tanya.saya mempunyai benjolan di telinga ,awalnya bekas tindikan tapi sudah 2 kali oprasi benjolan itu tumbuh lagi,,apa penyebabnya bejolan itu tumbuh lagi setelah di oprasi,?? trus gimana caranya penyembuhanya?? trima kasih

  7. 219
    Sariajahdech Says:

    dok saya mau nnya nie di ketiak saya ada benjolan kelenjar dan udh 5 tahun benjolan itu semakin besar , saya belum konsultasi sama dokter karena nggak ada biaya
    saya takut sekali kalau kelenjar ini tidak dapat disembuhkan tolong bantuan yea dh0nk

  8. 218
    anggre Says:

    malam dok,,
    saya punya adik yg hiperaktif dan sebulan belakangan ini saya melihat ada benjolan di belakang daun telinga sebelah kiri dan sebulan kemudian timbul disebelah kanan,,benjolan tersebut sebesar kelereng,,apakah itu berbahaya dok??
    terima kasih

  9. 217
    R MIA HERLINA PSD Says:

    dok saya ingin bertanya di atas payudara saya ada benjolan sebesar telur puyuh,,,,
    tidak terlalu sakit namun kalau malam terkadang sedikit sakit. saya mengetahui benjolan ini sejak 2 tahun yang lalu.
    saya mohon penjelasannya benjolan tersebut berbahaya atau tidah,,,
    dan solusinya bagaimana?
    terima kasih.

  10. 216
    widyaningrum Says:

    halo dokter,
    saya berusia 20 tahun. ketika malam hari (sekitar jam 9an) tiba2 saya merasakan sakit di pinggang kanan, saya pikir saya masuk angin karena sering sendawa. tapi disaat yang sama pipis saya mengeluarkan darah. setelah itu saya segera memperbanyak minum air putih,keesokan harinya kencing sudah tidak berdarah tapi masih merasakan anyang-anyang dan sakit ketika pipis. pinggang kanan juga masih sakit. selain itu saya juga demam cukup tinggi.

    sebelum sakit saya sedang dalam kesibukan, sehingga sering lupa minum. dan dihari ketika mulai sakit saya hanya minum segelas di pagi hari, dan malamnya saya makan kue dengan kadar rhum yang cukup tinggi, yg kemudian selang beberapa lama pinggang jadi sakit dan ada rasa ingin kencing. apakah ada pengaruhnya dok?.

    terimakasih

  11. 215
    Anonymous Says:

    dok,saya mau tanya… D selangkangan sbelah kiri dkat vagina ada benjolan agak lunak. Itu merupakan apa y dok? Apakah itu brbahaya?

  12. 214
    tia yandita Says:

    pagi dok,
    dari penjelasan ibu diatas yang sering terdapat benjolan disekitar supraclavicula itu anak yang masih kecil, tapi dalam kasus ini, yg terdapat benjolan di supraclaviculaitu bapak saya (orang dewasa)sudah diperiksa ke rumah sakit (rontgen, cek darah, dll) hasilnya adalah pembengkakan paru2. tapi setelah minum obat, tidak ada perubahan. malah sekarang benjolannya kadang mengeras, kadang lembek, dan kulitnya memerah. sebenarnya itu apa ya dok?? terimakasih sebelumnya :)

  13. 213
    iwan Says:

    yth. dokter sukma,

    slmt malam dok, semoga dokter selalu diberikan kesehatan dari-Nya. Dok, ada yg mau saya tanyakan yaitu ada sebuah benjolan sebesar kacang di (maaf) selangkangan dan rasanya cukup nyeri terutama saat jalan kaki. sekitar thn 2002 jg muncul benjolan nyeri di lipatan siku, ketiak dan leher disertai demam. setelah diperiksa dokter internis, diputuskan hrs operasi. dan setelah dilakukan operasi tiroid di leher, semua benjolan pun hilang. menurut dokter sukma, benjolan yg di selangkangan sy itu apakah getah bening jg ? apa hrs operasi lagi dok ? sebaiknya ke internis atau langsung ke dokter PA ya dok ? terima kasih sudah meluangkan waktunya dok. salam.

  14. 212
    AIMI Says:

    Dok, anak saya perempuan umur 2,5 bulan, berat 5,7kg.. imun BCG tgl 12 Maret 2011, di atas paha sebelah kanan.. 1 bulan setelah imun, ada reaksi, yaitu muncul luka kyk nanah gitu, sekarang udah sembuh.. nah yg buat saya khawatir, ada benjolan di atas paha kanannya, sy baru mengetahuinya, sebesar ibu jari.. kata dokter SPBA, itu pembesaran kelenjar getah bening.. disuruh biopsi, trus di lab kan,, krn pembesaran KGB anak saya, tidak disertai dengan infeksi,panas,batuk, dsb..
    SPBA nya khawatir itu berbahaya.. menurut dokter sy harus bgmn ?? sy kasian kl anak sy harus dibiopsi, msh tll kecil untuk merasakan sakitnya biopsi..

  15. 211
    irina Says:

    Halo Dr. Sukma yg terhormat, salam kenal.
    saya mau nanya nih dok, kk ipar saya baru melahirkan anak melalui operasi, tapi di bagian tulang belakang bagian bawahnya (diatas bokong) ada benjolan yg cukup besar. kira2 itu apa ya dok, apa ada hubungannya dengan meningokel? kk ipar saya ketika hamil tiga bulan terakhir kakinya bengkak dan tekanan darahnya tinggi, dan ketika diuji urinnya positif mengandung urin. tolong ditanggapi ya dokter, terimakasih…

  16. 210
    Rahma Says:

    selamat siang Dok,

    saya wanita berusia 28th dan akan segera menikah. Sudah lama saya memiliki penyakit keputihan dan hampir tdk pernah konsultasi ke dokter, sampai warna keputihan saya berwarna dan bau (tdk gatal)sy bekerja sbg marketing. tapi sudah 6 bln ini sy pindah kerja. skrg bekerja sbg Admin di sebuah perusahaan Kontraktor, dimana aktifitas sy tiap hari duduk terus selama 8 jam kerja. dua bulan terakhir ini saya sering mengalami sakit ditulang pinggang blakang bagian kanan (terasa nyeri,pegal)dan perut bagian bawah sebelah kananpun kadang ikut terasa nyeri. setelah sy raba ternyata ada benjolan dipinggang bagian belakang saya. saya takut nih dok. kira” sy ini knp ya dok? apakah ada kaitannya antara keputihan yg saya derita? dan apakah saya bisa hamil?

  17. 209
    hendri Says:

    assmlkm bu dokter.anak saya perempuan umurny 10 tahun mengeluh payudara kirinya agak meembesar tepatny di bawah ptingny.kalau diraba/ditekan ia merasakan sakit.benjolan nya terasa kenyal..kira2 apa itu dok,tumor bukan?

  18. 208
    diana Says:

    Hi dok, nama saya diana seminggu yg lalu saya melakukan operasi diagnosa mammary abberant axilla right ini hari ketujuh pasca operasi,yang mau saya tanyakan adalah apakah setelah pasca operasi nantinya ini berhubungan sama kesuburan ataw susah mendapatkan anak? saya single female umur 31 thn, tq dok

  19. 207
    Dwiana Rahayu Says:

    pagi dok, ada yang saya mau tanyakan, dibelakang telingaa saya ada benjolan kecil tapi tidak sakit, kalu di pegang agak bergoyang ke kira ke kanan..kira kira itu tumor bukan ya do, mksh atas infonya

  20. 206
    Kurnia Juni Says:

    anak saya berumur 2th,tulang dada kiri sangat menonjol dan pertumbuhan terhambat, apakah ada pengaruh tulang dada?

  21. 205
    chris verdiansyah Says:

    malam ibu dokter, saya senang membaca bahan di sini, bagaimana tertarik tidak saya tawarkan bahan pertanyaan dan materi yg lain dijadikan buku dan dijual ke umum, supaya masyarakat tercerahkan dan tahu arti ingin sehat.

    salam
    chris v/penerbit buku kompas, jakarta

  22. 204
    agustina Says:

    slm siang dok,saya mau tanya umur saya 32thn saya ada benjolan di lehar sebelah kanan dekat bahu. saya baru ketahui waktu saya lepas melahirkan anak saya ke2 waktu ia berumur 1thn sekarang anak saya sudah berumar 3thn benjolannya makin membesar sekarang kira2 sudah sebesar telur ayam kampung.tetapi saya tidak mengalami gejala apapun dan benjolannya tidak sakit walaupun di tekan. apayang harus saya lakukan dan ke dr ahli apa jika saya mau memeriksanya? kalau boleh ibu menyarankan saya ke dr mana? saya tinggal di batam(kepri)
    terima kasih…

  23. 203
    yuli Says:

    yth. dr.sukma.
    anak saya (5 tahun) 2 tahun yg lalu ada benjolan di leher kiri atas belakang telinga, tidak sakit dan bisa bergerak kanan kiri. sy konsultasikan ke beberapa dokter anak katanya itu hanya sekedar kelenjar dan tidak berbahaya. tapi belakangan sy perhatikan ukurannya membesar? apa yg seharusnya sy lakukan dok? dan apa dugaan penyakitnya?trm kasih dok….

  24. 202
    wilhan jaya Says:

    dok knp ya d selangkangan saya kok ada benjolan keras sepertin bakso,,, baru 4 hari di paha jg muncul lg yang lebih besar,,,
    ini penyakit ap ya dok?
    apakah tumor ganas?
    sebaiknya saya bagai mn ya dok
    saya orang tidak mampu
    kasian orang tua saya saya masih berusia 18 th,,,,

  25. 201
    puspita Says:

    alo dok, salam kenal. anak saya perempuan umur 5,5 th. sudah sebulan ini selalu sakit perut setiap krg lebih 10 menit sekali, BAB susah. apakah anak saya terkena kanker usus?. selama ini, dokter mendiaknosis gejala maag, jadi selalu dikasih obat maag, tp tidak mengurangi rasa sakitnya.dari pemeriksaan lab pd urine ada eritrosit tinggi (2-4) dan feses ada eritrosit full. sedangkan pemeriksaan urine dan feses lainnya pada batas normal. pada pemeriksaan USG utk ginjal, limfa, pancreas, lambung, usus buntu, saluran kencing tidak tampak kelainan. Trimakasih dok.

Pages: « 14 … 12 11 10 [9] 8 7 6 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe