En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

SupraclavBelum lama, sekitar 2 mingguan ini, saya menemukan kasus yang sangat jarang, yaitu anak sebar kanker kelenjar tiroid pada lokasi supraclavicula, yaitu tulang dikiri-kanan pangkal leher. Persisnya tulang yang pada orang kurus sering dianggap sebagai ‘tempat sabun’, karena cekung seperti wadah sabun di kamar mandi.

Saya sebut sangat jarang, karena meskipun lokasi supraclavicula biasa menjadi tempat anak sebar kanker ganas, namun untuk kelenjar tiroid/ kelenjar gondok sangat jarang ke lokasi itu. Biasanya dia menyebar ke leher didekat muskulus sternocleidomastoideus.

Supraclavicula adalah tempat favorit anak sebar kanker ganas dari berbagai tempat, seperti : payudara, paru, lambung, usus dan ovarium pada penderita wanita. Sedangkan pada laki-laki tersering berasal dari : paru, lambung, usus dan kelenjar prostat. Bagaimana mengetahui adanya benjolan yang berbahaya itu dan kenapa tumor ganas harus menyebar lokasi itu ? 

Untuk mengetahui adanya benjolan secara dini, maka dianjurkan kepada kita semua agar rajin meraba-raba cekungan diatas tulang iga paling atas, setiap saat kita mandi. Jadi sambil menyabuni bagian leher dan dada, pastikan tangan meraba dan sedikit menekan seluruh leher sampai ke pangkal leher, dan dilanjutkan ke dada bagian atas, pada lokasi supraclavicula  tadi.

Apabila ditemukan sekecil apapun benjolan yang tidak biasa, agar segera mengunjungi dokter anda. Hal ini juga berlaku pada khusus wanita, agar rajin meraba-raba payudaranya sendiri yang biasa disebut ‘sarari’, untuk deteksi dini adanya kanker payudara.

Kenapa hal itu penting ? Karena seringkali tumor ganas dari organ didalam tubuh, akan sulit dilihat dari luar. Apalagi bila keluhan belum ada, biasanya kanker tersebut terus tumbuh membesar, tanpa kita sadari.  Maka akibatnya tumor ganas sudah berada pada stadium lanjut, ketika diagnosis ditegakkan..

Kenapa ke lokasi supraclavicula ? Lokasi ini menjadi daerah muara aliran cairan limfe dari berbagai organ didalam rongga dada dan rongga perut/abdomen. Seperti : paru, jantung, hati, limpa, lambung, usus kecil dan usus besar serta rektum dan anus. Demikian juga aliran limfe berasal dari kelenjar prostat, testis, kandung kemih dan ginjal kanan dan kiri. 

Karena itu lokasi supraclavicula menjadi sangat penting untuk mengetahui adanya kelainan di organ dalam tubuh kita. Keberhasilan terapi kanker dan penyakit lain pada umumnya adalah : semakin dini diketahui dan ditangani, akan semakin baik hasil akhir dan prognosisnya.

Menghadapi segala macam penyakit termasuk kanker, kita seolah berpacu dengan waktu, makin lambat kita bertindak maka itu akan memberi kesempatan dan peluang emas bagi penyakit untuk berkembang dan menyebar ke jaringan sekitarnya.

Jadi segeralah bertindak, bila tidak mau kalah cepat dibandingkan  progresivitas  penyakit termasuk kanker yang kemungkinan ada didalam tubuh kita…

Popularity: 20%

Posted Thursday, October 23rd, 2008 at 2:39 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

330 Responses to “Perhatikan benjolan diatas clavicula, tulang iga paling atas, biasanya anak sebar tumor ganas”

  1. 1
    tika Says:

    Dok apa yang terjadi pada anak saya pas aku lihat tulang iga kiri-yang paling bawah
    ko seperti agak menonjol dari yang kanan ya?, Skrg Kian umurnya baru 4 bulan BB 6,5 kg.

  2. 2
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tika,

    Pada bayi dibawah satu tahun, segala sesuatunya dapat berubah setiap saat. Paling jelas adalah raut wajahnya yang sering terlihat berubah dari waktu ke waktu. Demikian juga apa yang anda lihat berupa tulang-iga kiri yang agak menonjol dari yang kanan. Sebaiknya ignored /dicuekin aja.

    Artikel ini dimaksudkan untuk biasanya pada usia dewasa sampai tua.Sangat jarang sekali dan saya sendiri belum pernah melihat terjadinya metastasis atau anak sebar kanker pada bayi seumur 4 bulan seperti bayi anda ke supraclavicula.

  3. 3
    gamal M Says:

    Dokter, salam kenal
    di leher kiri anak saya (usia 5tahun)apabila diraba terasa adanya benjolan. benjolan ini udah ada semenjak anak saya kira2 usia 1-2 tahun. saya udah konsultasi ke beberapa dokter anak, dan beberapa dokter menyatakan bahwa benjolan itu hal biasa, dan tidak perlu kwatir.
    terus terang saya sangat kwatir akan hal itu, dan saya ingin endoskopi(?) tapi karena anak masih kecil saya nggak tega.
    bagaimana sebaiknya dok?
    terima kasih

  4. 4
    Dr. Sukma Says:

    Halo Gamal M,

    Benjolan dileher pada anak 5 tahun sebaiknya dibiopsi jarum halus (BAJAH atau FNAB),bukan endoskopi. Tujuan BAJAH atau FNAB, agar diperoleh sampel jaringan kelenjar yang membengkak di leher itu untuk diproses dan lanjut dilihat/diamati dibawah mikroskop.

    Biasanya akan ditemukan peradangan : TBC atau bukan TBC, oleh virus, oleh jamur, dll. Kemungkinan ditempat domisili anda tidak ada spesialis PA, atau dokter bedah umum yang biasa melakukan BAJAH atau FNAB. Belakangan ini banyak sekali kasus TBC kelenjar baik pada anak maupun orang dewasa.

  5. 5
    Arnold Says:

    Salam kenal bu Dokter,

    Anak saya 8 tahun juga mengalami benjolan di kelenjar getah bening disekitar leher belakang dibawah kuping tanpa ada gejala demam dan kalau ditekan perlahan tidak nyeri, sebelumnya dia mempunyai riwayat sinus dan suka radang tenggorokannya, saya cek ke dokter anak katanya tidak apa2 akan hilang dengan sendirinya nanti diumur 10 tahunan. Tapi kemarin saya lihat muncul lagi benjolan kecil di belakang kepala dekat diatas tengkuk saya jadi agak khawatir, apa yang mesti saya lakukan?mesti cek kemana?terima kasih bu.

  6. 6
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sdr. Arnold,

    Kalau benjolan di tengkuk itu masih kecil, kurang dari 1 cm diameternya sebaiknya dibiarkan saja. Namun bila nanti membesar, diameternya satu sentimeter keatas sebaiknya dilakukan FNAB (fine needle aspiration biopsy) atau bahasa Indonesianya BAJAH (biopsi aspirasi jarum halus). Biasanya tindakan tersebut dilakukan dokter spesialis PA (patologi anatomik).
    So, jangan terlalu cemas..

    Masalahnya ringan, biasanya akibat radang dikarenakan berbagai jasad mikro : virus, bakteri, kuman TBC, jamur, dst. Sedangkan leukemia pada deretan paling akhir, setelah semuanya disingkirkan.

  7. 7
    Dian Says:

    Dok, aku mau tanya…
    Dulu saya pernah ada benjolan di ketiak, kata dokter dirumah sakit itu radang kelenjar dan langsung disarankan operasi dan itu telah saya lakukan, sudah 1 thn setelah operasi tiba2 timbul benjolan lagi di bawah supraclavicula. tadi na tidak terlalu saya kewatiran, tp makin lama kok rada besar. apa radang benjolan itu setelh operasi masih bisa timbul,dok? dan akibat na akan lebih parah tidak? dan ada pantangan nya dokter untuk menghidarinya?

  8. 8
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dian,

    Sayang tidak ada hasil pemeriksaan PA atas kelenjar getah bening pada ketiak anda yang telah dioperasi. Semestinya ada, sehingga dapat diprediksi benjolan itu akan tumbuh lagi atau tidak, tergantung jawaban PA tadi.

    Ok, itu sudah lewat. Sekarang, benjolan yang muncul lagi ini, sebaiknya dilakukan biopsi aspirasi jarum halus (BAJAH atau FNAB), agar dapat diketahui apa yang terjadi dalam benjolan itu. Apakah radang, atau anak sebar tumor ganas. Setelah tahu hasilnya, barulah dapat dilakukan pengobatana yang sesuai untuk jenis kelainan yang ditemukan. Segeralah kunjungi dokter bedah umum atau spesialis PA untuk dilakukan BAJAH / FNAB.

  9. 9
    Eka Says:

    Salam Kenal dan Selamat Tahun Baru Dok,
    Anak laki-laki saya berusia 15,5 thn mempunyai benjolan kecil di bawah telinga di leher sampingnya. Setelah saya bawa ke dokter hari Sabtu lalu tgl 03 Jan 09, ternyata dia mengaku bahwa benjolan itu sudah ada sekitar setahun. Mulanya sih tidak dia rasakan, tapi baru minggu lalu kelihatan agak membesar. Tidak ada demam, tapi dia cuma merasa pegal saja dibagian leher. Saat ini dokter memberikan dia obat antibiotik Cifrofloxacyn yang harus dihabiskan. Sabtu ini tgl 10 Jan 09, saya harus membawa dia lagi ke dokter untuk diperiksa. Kata dokter, kemungkinan itu kelenjar, yang bisa timbul membesar akibat ada infeksi dll. Tapi anak saya katanya tidak ada infeksi, dan dokter bilang kemungkinan juga akibat terlalu banyak bergerak (kecapean). Dokternya bilang, kalau benjolan itu tidak mengempes, maka benjolan itu perlu diangkat.
    Tolong bantuan informasinya ya dok… terima kasih banyak…Eka di Jakarta

  10. 10
    alex Says:

    dear doctor,

    saya mau konsultasi tentang benjolan sebesar ibu jari yg ada di tengah2 tulang rusuk. persis di bawah pangkal tulang rusuk. apakeh benjolan tersebut? apabila saya di Surabaya ke dokter manakah yg bisa membantu untuk mendiagnosa penyakit ini.

    Terima kasih.

  11. 11
    Dr. Sukma Says:

    Halo alex,

    Sepertinya apa yang anda tulis itu adalah tulang dibagian paling ujung tulang dada (manubrium sterni)yang teraba seperti benjolan.

    Namun, untuk kepastiannya sebaiknya anda kunjungi dokter internist, bedah umum atau spesialis PA yang ada di Surabaya. Bila betul benjolan itu abnormal, maka akan dilakukan FNAB atau biopsi jarum halus. Sehingga diagnosis pastinya dapat diperoleh. So, don’t worry..

  12. 12
    Dr. Sukma Says:

    Halo Eka,

    Selamat Tahun Baru juga, kepada anda. Mengenai benjolan dileher bawah telinga putra bapak sepintas lalu perkiraan saya limfadenitis TBC. Karena banyak kasus seperti itu pada anak ABG yang telah saya lakukan FNAB atau biopsi jarum halus.

    Mulanya saya heran, kok banyak sekali kasus TB kelenjar pada saat ini. Namun belakangan sudah tidak aneh lagi. TBC yang dizaman dulu saat saya kecil menjadi stigma dan dianggap penyakit ‘orang miskin’, dst sudah tidak berlaku lagi.

    Pasien saya kebanyakan bergizi baik, pendidikan lumayan tinggi dengan status ekonomi keluarga yang menengah keatas. Jadi terjadi perubahan secara epidemiologi.

    Seharusnya, saat kontrol tg 10 nanti, bila benjolan tidak mengecil, sebaiknya dilakukan FNAB atau Biopsi aspirasi jarum halus (BAJAH) untuk diagnosis pasti.

    Yang melakukan biopsi biasanya dokter spesialis PA atau dokter internist, atau dokter bedah umum.

  13. 13
    Eka Says:

    Hallo Dr Sukma,
    Terima kasih banyak udah nyempetin menjawab ya Dok.
    Mendengar ada kemungkinan TBC serem banget ya bu Dok. Dulu saya pikir TBC itu cuma ada di paru-paru.
    TBC itu menular kan ya dok? Dia tertular dari mana ya?
    Memang dulu sebelum saya hamil dia thn 1992, saya pernah kena gejala pneumonia, dan sama dokter di kasih obat yg harus diminum setiap hari. Setelah saya minum selama +/- 7 bulanan, saya hamil. Lalu saya diX-Ray, dan paru2nya sudah bersih. Jadi sama dokter distop obatnya, dan hamilnya diteruskan.
    Saat ini sih benjolannya sudah mulai mengecil.

    Pertanyaan lagi nih dok:
    1. Mungkinkah penyakitnya tertular dari saya?
    2. Kalau benjolan terus mengecil saat kontrol nanti, apakah masih perlu biopsi dok?

    Salam dari Jakarta, ibu Eka.

  14. 14
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ibu Eka,

    TB kelenjar tidak mesti selalu ada TB paru. Yang saya amati belakangan ini , justru biasanya penderita TB kelenjar hasil pemeriksaan rontgen, paru-parunya bersih, alias normal.

    Penularan kuman TBC melaui droplet infection. Artinya, dari udara pernafasan, kuman masuk kedalam tubuh. Namun karena daya tahan bagus, kuman tertahan dikelenjar getah bening, biasanya di leher. Belum masuk lebih dalam ke saluran pernafasan bawah atau belum menginfeksi paru-paru.

    Obatnya terjangkau dan kunci keberhasilan terapi hanya satu : compliance atau ketekunan minum obat secara teratur, sesuai petunjuk, sampai jangka waktu yang ditentukan. Tidak bolong-bolong, atau ada hari yang terlupakan minum obat. Biasanya penderita cepat bosan, dan setelah minum 2 bulan dan benjolan mengecil, lalu berhenti minum obat. Jadi terjadi drop-out, dan ini tidak boleh, kalau mau sembuh tuntas.

  15. 15
    Henri Says:

    Hallo dr Sukma,

    Pada minggu pagi saya cek di daerah kiri bawah dekat Clavicula saya ada benjolan (saya bandingkan dengan sebelah kanan). Hari seninnya (selang 1 hari) saya langsung ke RS, pas dicek saya dianjurkan untuk ke dokter bedah ortopedi. Lalu saya di foto pada bagian kiri Clavicula. Setelah dianalisa ternyata tidak ada masalah (normal) dengan tulang saya kemudian saya disuruh cek lagi untuk 3 bulan kedepan. Saya diberi obat 10 PONSTAN FCT TAB 500MG. Tapi saya masih ragu akan analisa ini, karena benjolan itu masih ada. Benjolan itu membuat punggung sebelah kiri seperti pegal2, kemudian dokter menyarankan untuk tidak di urut dahulu. Apakah saya salah dokter specialist (seharusnya ke dokter bedah umum yang dapat melakukan FNAB atau Biopsi aspirasi jarum halus (BAJAH), bukan bedah ortopedi)? Apa yang musti saya lakukan ? Mohon analisanya dokter. Terima Kasih.

  16. 16
    Dr. Sukma Says:

    Hai Henri,

    Saya kira anda telah keliru berkunjung. Sebaiknya persis seperti pengakuan anda, kunjungi doktewr SpPA atau spesialis bedah umum. Saya yakin benjolan itu harus di FNAB, agar diperoleh diagnosis pasti.

    Ponstan tidak menyelesaikan masalah. Dia pain killer, hanya menetralisisr rasa sakit di punggung kiri anda.
    Ayo, segera kunjungi spesialis PA atau bedah umum agar cepat tuntas masalah kesehatan anda.

  17. 17
    Henri Says:

    Hi Dokter,

    Mohon maaf sebelumnya, ternyata yang menganjurkan ke spesialis ortopedi itu adalah dokter bedah umum. Jadi awalnya memang saya di arahkan ke dokter bedah umum, tapi dokter bedah umum tersebut menganjurkan sama ke dokter ortopedi. Karena pengetahuan saya kurang ttg hal ini maka saya nurut saja. Kalau saya searching di google, menurut saya hal ini di karenakan pembengkakan Kelenjar Getah Bening (KGB) dan harus ke dokter specialist penyakit dalam. Hal ini menyebabkan saya bingung, sebaiknya saya ke Dokter Bedah Umum atau Penyakit Dalam ??? Rencananya selasa ini saya akan cek lagi di rumah sakit yang berbeda (RSAL Marinir Cilandak). Awalnya saya cek di RSPI, apakah dr. Sukma ada rekomendasi untuk rumah sakit yang saya kunjungi ???

  18. 18
    Dr. Sukma Says:

    Halo Henri,

    Betul sekali. Yang pertama memeriksa anda adalah dokter internist karena anda dewasa. Setelah itu dia akan konsul untuk dilakukan FNAB ke dokter PA atau bedah umum. Jadi jangan bingung. Sangat simple.

  19. 19
    Henri Says:

    Hallo Dok,

    Ternyata dokter Sukma praktek di RSAB Harapan Kita yaks (klo tau dari awal mungkin saya kesana :D soalnya dah pernah saya tanya RS rekomendasi buat FNAB), saya baru tau dokter Sukma praktek di Harapan Kita setelah FNAB di medistra. Tadi saya langsung ke dokter Sp.PA, minggu depan hasilnya keluar katanya. Waktu diskusi secara sekilas, kata dokter tsb untuk kelenjar sepertinya tidak ada, tapi akan ditunggu sampai keluar hasilnya. Kemungkinan sich gara2 tulang yang agak bergeser dikit (mungkin karena jatuh dari motor 1 tahun yg lalu) tapi itu masih perkiraaan.
    Trus ada yang perlu saya tanyakan lagi ke dokter Sp. PA untuk diskusi minggu depan ???
    Btw, muahal bener FNAB-nya euyyy…(FNAB[930rb], Sitologi Cairan[275rb])

  20. 20
    Dr. Sukma Says:

    Hai Henri,

    Itu dulu, saya praktek di RSAB Harapan Kita Jakarta sampai dengan akhir 2005. Semenjak April 2006 saya pindah ke Pekanbaru, Riau.

    Saya cenderung cocok dengan pendapat kemungkinan tulang yang bergeser akibat anda terjatuh dari motor dimasa lalu. So, pls be happy and don’t worry. Anda akan baik2 saja. Bila hasil keluar, saya yakin bukan sesuatu yang serius.. BTW, fee FNABnya memang too much..

  21. 21
    Anonymous Says:

    Dr.sukma
    Saya mendrta TB kelenjar getah bening.saya sudah melakukan pembedahan.saya d anjurkan untuk minum obat selama 3 minggu.padahal saya melihat rata2 pengobatan nya dalam 6 bulan,tp kok saya cuma 3 minggu aja.saya mau tanya,apa Dr.sukma yakin dengan pengobatan yang 3 minggu itu virus TB sudah mati semua,tolong jawaban nya bu dok,wasalam sri

  22. 22
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anonymous,

    Belum pernah saya dengar tentang terapi TB kelenjar hanya dalam 3 minggu. Yang saya tahu terapi selama minimal 6 bulan, bisa lebih.

    Dokter akan meresepkan setiap 1(satu) bulan sekali. Bila obat habis, anda kontrol lagi begitu seterusnya sampai tuntas pengobatan. Dibuku malah ditulis untuk TB extra pulmonal (diluar paru), diperlukan minimal 9 bulan pengobatan.

  23. 23
    meme Says:

    dok mau tanya saya ada benjolan persis dibawah kuping(kalau dari depan tempat pasang anting keliatan naik)benjolan itu agak keras.benjolan itu apa penyebabnya.saya baru mengetahui beberapa hari ini.usia saya 38 tahun.trims meme

  24. 24
    Dr. Sukma Says:

    Hai Meme,

    Tidak ada yang perlu dicemaskan. Benjolan itu biasanya semacam keloid, bila anda pernah ditindik telinga. Biarkan dan lupakan saja… Jangan dipegang-pegang, ini akan merangsang pertumbuhannya.

  25. 25
    wawan Says:

    anak saya 8 th sdh 1 bln ada benjolan dibelakang telinga kaya gondongen(jw) sdh ke dokter diberi obat gak kempis klo dipegang kata anak saya sakit /perih.
    Kira kira apa ya penyakit anak saya disarankan dokter umum ke dokter bedah tx

  26. 26
    Dr. Sukma Says:

    Halo Wawan.

    Benjolan bila dipegang terasa perih, kemungkinan abses yang belum matang.Jadi sebaiknya ke dokter anak agar diperiksa. Bila dianggap perlu akan dianjurkan FNAB, mengambil sedikit sampel dari jaringan yang membengkak itu, agar diketahui penyebab pastinya. Segeralaha kunjungi dokter anak.

  27. 27
    meme Says:

    pagi dok…. saya masih mau bertanya nih.benjolan yang ada itu diatas rahang dekat telinga bawah (bukan bekas tindikan anting)agak lumayan besar dm 1 cm.saya merasakan ada yang nggak enak ketelingga.saya juga mengalami keloid tapi lama mengempes atau menipis setelah caesar.tapi benjolan ini agak keras ada rasa panas sedikit. dan disana tidak ada bekas luka karena saya raba baru di ketahui beberapa hari ini.trims atas penjelasan.meme

  28. 28
    anonim Says:

    dok,anak saya 2,5thn kok dr umur sthn lbh kelenjar d leher dan dan selangkangan mmbsr?tu yg d leher kr2 1,5 cm.anaknya aktif n nafsu mknnya baik.apakah itu limfoma atau tb kelenjar?kl tdk prnh kontak dgn penderita tb?umur brp sebaikx sy memeriksakan anak sy mengingat prosedur biopsi menyakitkan u/ anak2? trimaksh atas infox

  29. 29
    anonim Says:

    o,ya tmbhn info kt anak sy benjolan itu tdk sakit

  30. 30
    Dr. Sukma Says:

    Halo Anonim,

    Anak usia 2,5 tahun sebaiknya dibawa ke dokter anak. Setelah dilakukan pemeriksaan fisik, kemungkinan akan diberikan antibiotika, bila ditemukan ada peradangan di tenggorokan, dll yang menyertai benjolan dileher itu.

    Bila sembuh dengan antibiotika, benjolan kempis, masalah selesai. Bila benjolan masih ada, barulah nanti akan dirujuk untuk dilakukan biopsi jarum halus.

  31. 31
    ayu van gobel Says:

    pagi dokter, saya memiliki bayi lahir 29 feb 2008 dan hari ini berusia 13 bulan….pada bulan oktober saya baru melihat diatas selangkangan ada benjolan seperti gundu..padahal sebelumnya tidak ada dok…lalu saya bawa bayi saya ke RS. Harapan Kita dgn dr specialis bedah anak. pengobatan dilakukan sebulan lebih, dilihat perkembangannya. hasil akhir kata dokter itu kelenjar akibat reaksi dari imunisasi.Saya mempertanyakan dgn dokter tersebut apakah sebaiknya diangkat, katanya dilihat 6 bulan kedepan, benjolan akan kembali megecil diserap tubuh atau pecah diluar seperti bisul……..
    tapi tidak masalah juga apabila diambil / dioperasi…

    saya dan suami ikuti saran dokter tsb, kami amati bulan ini, benjolan smpat berwarna biru, seperti bisul mau pecah, tapi itu sementara dok, sekarang benjolan menyebar memanjang kesamping, segarisan selangkangan….

    saya bingung dok, kira2 itu benjolan apa ya dok….
    dan bagaimana saran terbaik dari dokter sukma…..
    harap dibalas secepatnya, karena hal ini benar2 membuat saya resah…terima kasih dok.

  32. 32
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ayu van Gobel,

    Sebaiknya bayi anda 13 bulan diperiksakan ke dokter spesialis anak. Kunjungi Dr. Eva J. Soleiman di RSAB Harapan KIta. Nanti setelah diperiksa dan dianalisa, kemungkinan anda akan dirujuk ke bagian Hematologi Anak, bila memang dipikirkan kasus hematologi, dst.

    So, pls visit her at the earliest time as you can..

  33. 33
    cei Says:

    Dear Dr. Sukma,

    Dokter perkenalkan saya seorang wanita, berusia 30 thn, tinggi 168 cm, berat 50kg. Saya mengalami penganiayaan (saya tidak dapat menjelaskan penganiayaannya) tapi terjadi rasa sakit di punggung, mata sebelh kiri dan hidung setelah pemukulan yang terjadi pada saya pada tgl 21 mei 2009, setelahnya saya merasakan rasa nyeri pada bagian tulang belakang rusuk kiri terutama beberapa hari setelah kejadian, dan tulang hidung sekarang terlihat agak menonjol (walaupun sesaat setelah kejadian saya tidak mengalami mimisan tapi sempat lebam, baik di tulang hidung maupun di tulang rusuk), apakah saya mengalami luka dalam?, atau adakah tulang yg patah atau retak? atau jaringan otot yg rusak? mohon informasinya ibu Dr. Sukma saya bingung harus tanya kemana, apakah biaya rontgen di rumah sakit jakarta barat mahal?, mohon informasinya karena saya tidak ingin ada hal buruk terjadi pada diri saya , karena saya masih harus bekerja untuk mencukupi kebutuhan anak saya. Terima kasih ibu Dr Sukma. Salam dan GBU.

  34. 34
    Dr. Sukma Says:

    Halo Cei,

    RS di Jakarta Barat ada beberapa,mungkin yang paling ringan beayanya di RSUD Tarakan. Kunjungi dokter radioloog disana, ceritakan musibah anda yang lalu dengan kecurigaan patah tulang.Maka akan dilakukan rontgen tulang kepala/muka dan thorax/dada untuk melihat ada tidaknya tulang yang patah/fraktur.
    OK, semoga berhasil ..

  35. 35
    Vivi Says:

    Dok,tahun 2005 saya pernah dtindik ditelinga bagian atas&tengah.setelah lama dicopot baru setahun ini timbul benjoln dbekas tindikan tsb,rasa ny gatal dan tiap hari makin membesar,saya merasa sangat terganggu&malu karena harus saya tutupi dgn rambut setiap hari..bagaimana cara mengobati ny dok?dan supaya memperlambat pembesaran keloid dtelinga saya?terima kasih

  36. 36
    andre Says:

    Salam Dr Sukma…
    dok ayah saya mempunyai pembesaran KGB di leher,ketiak,dan paha…dan dokter di jogja menyarankan di biopsi..dan hasil nya negativ dari sel kanker..
    yg mau saya tanyakan kenapa penyakit ayah saya tidak sembuh2 ya..sudah 8 minggu, benjolan tersebut tidak hilang,dan tidak ada menunjukan demam juga dan kalau kondisi sedang drop KGB nya membengkak lebih besar.. dimana saya bisa mengobati ayah saya dok?
    terima kasih banyak

  37. 37
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andre,

    Sebaiknya dibawa ke Jakarta, RSCM. Disana banyak dokter spesialis penyakit dalam dan pakar hematologi atau onkologi. Agar dapat diperiksa dengan seksama.

    Bakti anak kepada orang tua nilainya sangat TINGGI dimata agama dan terutama ayahanda. Bawa beliau ke pusat pelayanan medis yang lengkap seperti RSCM, agar dapat ditrace, apa sebenarnya benjolan itu. Mungkin perlu dilakukan open biopsy bila sudah pernah di FNAB, untuk mengetahui secara cepat dan pasti benjolan itu.

  38. 38
    clara Says:

    Dok, sy 35th ktk SMP sy memiliki bisul dketiak kanan, sdh dkeluarkan & smbh. Stlh menikah & mnyusui, ketiak kanan sy tmbh daging spt benjolan yg melebar, membesar, pegal, bdn mriang, skt spt dtusk2 jrum. Ktk ank sy umur 9th sy mlkukn operasi pengangktn daging dketiak sy. Skrg stlh 5th pasca oprasi ketiak sy msh spt wkt sy blm dioprasi. Dok daging yg dl diangkt apa msh bs dlkukan PA di lab? Daging trsbt ada dlm btl, ada airny & msh sy smpn. Bgmn diagnosa – pndpt dokter? Apa ini knker atau apa dok? Trimakasih

  39. 39
    Dr. Sukma Says:

    Halo Clara,

    Saya pikir jaringan yang anda simpan BISA coba dibawa ke lab PA, dengan pengantar dokter bedah/dokter umum. ASALKAN cairan perendam jaringan/daging itu adalah formalin, maka logikanya masih bisa diproses.

    Dugaan saya bukan tumor ganas tetapi MAMMARY ABERRANT, yang kemungkinan masih ada tertinggal didalam axilla/ketiak anda.

  40. 40
    Clara Says:

    Dokter trimakasih atas jawabannya. Maaf dok mammary aberrant itu apa ya dok? Jk kmgknan daging itu tertinggal wkt operasi Mengapa bengkakny skrg spt dl wkt blm dioperasi pdhl sdh doperasi ya dok? Trimakash sblmnya dok, sy akn sgr mlkkn PA.

  41. 41
    Dr. Sukma Says:

    Hai Clara,

    Singkat aja ya. Mammary aberrant adalah jaringan payudara yang salah tempat atau diluar payudara, seperti di ketiak.

    Setiap hari kita makan dan minum. Jadi jaringan sisa dulu yang belum terangkat tuntas, akan tumbuh karena mendapat nutrisi via aliran darah.

  42. 42
    hendra Says:

    Hai Dr Sukma..

    Langsung aja ya Dok. Telinga sebelah kanan saya ada benjolan hampir sebesar kelerang. Awalnya sih kayak jerawat sy pencet dan keluar cairan putih yg agak kental (sudah hampir 1 thn lalu). Saat ini tidak ada rasa sakit ditelinga ini , cuma agak menyebalkan aja. Apakah jenis penyakit yg saya alami ini dan sy ingin operasi saja. Ke Dokter apa yg harus sy datangi ?
    Trimakasih sblmnya dok….

  43. 43
    Dr. Sukma Says:

    Halo Hendra,

    Untuk menghilangkan rasa sebal akibat benjolan ditelinga anda, sebaiknya benjolan diangkat/operasi saja.The sooner,the better… Kunjungi dokter THT atau dokter bedah umum untuk tujuan operasi ini.

    Dengan operasi, selain menghilangkan benjolan yang menyebalkan, sekaligus mengetahui APA SEBENARNYA benjolan tsb. Jaringan operasi biasanya akan dikirim ke lab.PA untuk diperiksa.

  44. 44
    risty Says:

    ciag dok. .
    saya risty umur 19th.saya mengalami haid yamg tidak teratur.kadang dalam 1bln bisa 2x terjadi haid.ini terjadi sudah 4bln berturut-turut.saya takut dok terjadi sesuatu penyakit pada saya.
    Menurut dokter berdampak apa haid yang tidak teratur pada diri saya?
    Apa ada penyakit pada alat kelamin saya

  45. 45
    Dr. Sukma Says:

    Hai Risty,

    Sayang anda tidak mencantumkam usia anda. Bila dibawah 21 tahun, santai aja. Just wait and see.

    Bila lebih 25 tahun, sebaiknya periksa ke dokter SpOG, agar diperiksa kadar hormon dalam tubuh anda.

  46. 46
    Riska Says:

    Halo dok
    Dok,saya mau tanya tapi
    sebelumnya saya minta maaf karena pertanyaan saya bukan tentang benjolan seperti posting dokter yg terbaru.
    Saya ingin bertanya tentang siklus menstruasi yg beberapa waktu lalu dokter bahas.
    Umur saya 19 tahun,dah tubuh saya gemuk.
    Yang ingin saya tanyakan kenapa siklus haid saya tidak normal dok ?
    jeda waktunya bisa mencapai 6bulang lebih
    apa itu ada kaitannya dengan kanker atau hanya karna saya gemuk dok ?
    atas jawaban dokter,saya ucapkan terima kasih.

  47. 47
    luciana Says:

    Dok, saya mau menanyakan…kemarin saya sedang meraba2x leher saya dan saya menemukan ada benjolan di dekat tulang rusuk depan (mgkn ini yg dokter sebut clavicula?). tapi tonjolannya tidak terlihat memang dari luar tapi saya bisa merasakannya. apakah semua benjolan di dekat clavicula memang pasti ganas?

    saya kurang tahu sudah berapa lama benjolan ini ada…tapi apakah ada pengaruh benjolan tersebut bisa saja timbul karena saya sering berolahraga dan angkat beban (barbel)?

    untuk gejala saya tidak merasakan apa2x karena saya merasa sehat dok. saya memang sekarang sedang batuk ringan dan mulai sembuh…

    mohon advise nya dok.

  48. 48
    Dr. Sukma Says:

    Halo Riska,

    Anda baru berusia 19 tahun dan gemuk. Keduanya mempengaruhi siklus haid anda. Sebelum usia 21 tahun atau ada yang buku mnyebutkan 25 tahun siklus haid biasanya masih kacau karena hormon belum stabil. Faktor obesitas/kegemukan juga mempengaruhi siklus haid. Jaringan lemak menekan jaringan ovarium, sehingga fungsinya menjadi tidak optimal.

  49. 49
    Dr. Sukma Says:

    Hai Luciana,

    Sebaiknya anda observasi saja benjolan yang kemungkinan dicurigai supraclavicula itu… Nanti satu saat anda kebetulan ke RS/dokter,coba sampaikan dan tunjukkan benjolan yang mana yang anda maksudkan itu. Dengan demikian,akan didapat pemeriksaan yang obyektif dan benar adanya, OK.

  50. 50
    Andy Says:

    Kenapa ya dokter, sakit di dada yg saya rasakan, tiap bulan pasti kambuh dan bikin saya demam serta nyeri. Apalagi saya masih 24 thn. Nah blan kemarin sakit d bwah jantung, baru baru ini dada kanan atas. Kejadian ini sdh berlangsung selama setahunan. Terima kasih dokter.

  51. 51
    ziaul Says:

    dok.sy mw knsultasi mengaenai tulang clavicula sy.sktr setahun lalu saya mengalami patah clavicula sebelah kanan akibat jatuh main bola.stlah itu sy di operasi di rs.kustati..tapi setelah operasi sy merasakan bahu saya tidak enak semua..padahal semua gerakan bahu bisa smua … yang saya tnyakan apakah rasa yang selama ini saya rasakan g enak apakah bisa hilang? dan di bagian yang pernah patah tersebut kalau di gerakan ada bunyi kres-kres dan juga klu saya buat olah raga terkadang bunyi klek-klek?sy mnta solusinya…………trims

  52. 52
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ziaul,

    Pendapat saya keluhan anda itu biasa pada kejadian patah tulang, termasuk tulang clavicula. Yang penting semua gerakan yang mesti dilakukan oleh anggota gerak dapat dilakukan dengan baik dan sempurna.

    Soal ada bunyi-bunyi itu mungkin karena pertautan kedua patahan tulang itu belum sempurna, baru satu tahun. Sebaiknya agak BERHATI-HATI melakukan gerakan yang melibatkan clavicula kanan anda. Agar penyembuhan dan pertautan kedua tulang menjadi maksimal dan sempurna adanya.

  53. 53
    Rachmat Hidayat Says:

    Dokter, saya mau tanya,.anak saya baru usia 2 minggu , jenis kelamin anak saya laki laki..tapi pada dada kanan nya ada benjolan melingkari payudara nya ( seperti bisul) . benjolan apa itu dok? trus kalo berobat baiknya ke DOkter anak apa ke Dokter Bedah,,mohon penjelasan nya Dokt..terima kasih

  54. 54
    delia Says:

    dok..saya mau tanya..hari ini saya meraba bagian depan telinga saya (tempat jambang rambut) dan menemukan benjolan kecil di bagian dalam, saya berusia 22 tahun dan pernah menjalani operasi tumor otot perut tepatnya setahun yang lalu dan tumor itu dinyatakan oleh dokter mengarah ke ganas dengan ukuran yg cukup besar krg lbh 4×7 cm. Yang ingin saya tanyakan pada dokter, apakah benjolan itu merupakan sebaran tumor dari tumor yang telah diangkat atau penyakit lainnya?? mohon penjelasannya dok.thx

  55. 55
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rachmat Hidayat,

    Maaf pertanyaan anda terlompati dan belum dijawab.
    Ok, benjolan melingkar pada payudara bayi laki-laki kurang dari satu bulan sebaiknya diobservasi saja. Artinya dipantau akan tetapi JANGAN dipegang-pegang atau ditekan.

    Karena dengan menekan dan sering dipegang, benjolan akan bertambah besar. Biasanya pada bayi kurang dari sebulan,maka masih ditemukan pengaruh hormon ibunya, sehingga payudara sedikit agak menonjol.

    Maksimal umur 6 bulan,benjolan akan hilang sendiri. Jadi tidak perlu dibawa ke dokter,cukup diobservasi dirumah.

  56. 56
    Dr. Sukma Says:

    Hai Delia,

    Analisa saya benjolan yang anda curigai itu BUKAN anak sebar tumor di dinding perut yang baru satu tahun dioperasi. Sebab lokasinya tidak biasa untuk anak sebar kanker ganas.

    Kemungkinan jerawat atau bisul kecil. Just observe…

  57. 57
    ayaya Says:

    dok..
    teman saya ada tonjolan aga keras di daerah bawah kulit di selangkangan, tidak sakit, tdk ada perubahan warna sekitar..
    apa itu ya dok?

  58. 58
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ayaya,

    Benjolan itu pendapat saya cuma tulang. Biarkan saja,cukup diamati.

    Bila nanti membesar dan menimbulkan keluhan/gangguan aktivitas sehari-hari BARULAH benjolan itu diperiksakan ke dokter penyakit dalam. Dari sana KALAU PERLU akan dirujuk ke dokter bedah umum.

  59. 59
    nastasia norman Says:

    pagi dok saya mau tanya lagi neh soal penyakit dok kenapa ya kalo saya pipis urine saya selalu mengeluarkan darah terus saya juga merasakan anyang-anyangan pengen pipis terus terus pinggang saya sakit sekali apakah saya terkena sakit ginjal

  60. 60
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nastasia Norman,

    Anda terkena radang kandung kemih alias Cystitis. Gejalanya persis seperti yang anda tulis. Kunjungi dokter urologi, agar dibereskan keluhan anda itu.

    Bila anda tunda2 atau tidak dituntaskan ,biasanya radang akan menjalar keatas kearah : ureter lalu ke ginjal.

    So, hurry up, jangan menyesal nanti kalau sampai cuci darah, dst hingga tranplantasi ginjal.

  61. 61
    Aa_ceam Says:

    Benjolan pada bayi di belakang kepala dekat leher dan kalao di raba bisa lari kekanan kiri,,itu apa dok?

  62. 62
    Dr. Sukma Says:

    Hai Aa Ceam,

    Benjolan itu kemungkinan jaringan lemak atau kelenjar getah bening . Tidak berbahaya.

    Pesan saya, JANGAN dipegang-pegang atau diraba-raba atau ditekan-tekan.Tindakan tsb akan merangsang pertumbuhan menjadi tambah besar. So, lupakan saja. Ignore it..

  63. 63
    fatma Says:

    Dokter,anak saya umurnya baru 5 bulan BB 7kg. di payudara yang sebelah kanan (bagian puting nya) ada benjolan yang kalo diraba bisa lari kanan kiri.Dokter di tempat saya masih mau observasi untuk 2 bulan ke depan. kalo menurut dokter?terima kasih sebelumnya

  64. 64
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fatma,

    Saya sependapat agar benjolan pada payudara bayi anda ditunggu 2-3 bulan. Observasi saja. Jangan dipegang-pegang atau ditekan karena akan merangsang pertumbuhannya

    Biasanya benjolan akan mengecil sendiri, pada saat pengaruh hormon si ibu yang melahirkan telah habis didalam tubuh bayi.

  65. 65
    Ria Says:

    Dok, apakah resep lidah buaya itu bisa diminum tiap hari? apakah bisa diikuti dengan obat dokter atau ramuan yang lain, misalkan kunyit secara bergantian tiap hari? Apakaah ada efek sampingnya bagi perempuan?
    Terima kasih Dok….

  66. 66
    Anonymous Says:

    Hai Dr. Sukma…
    Langsung aja ya dok, saya punya benjolan d atas alat kelamin, tepatnya d area tumbuhnya rambut. Klo d pegang rasanya sakit, besarnya seperti biji kacang tanah dan keras. Mohon bantuan Dokter, penyakit jenis apa yg saya derita??

  67. 67
    dhila Says:

    Dear bu dokter,

    Baru saja, saya merasa ada benjolan seperti ‘tulang’ di bawah supraclavicula yang sebelah kiri. Apakah ada kemungkinan kanker ya, dok?

  68. 68
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dhila,

    Observasi saja dulu. Belum tentu itu sesuatu yang berbahaya. Jangan2 memang tulang iga yang anda raba.

    Saran saya jangan sering dipegang atau ditekan. Diamati saja/dilihat saja.

  69. 69
    ade Says:

    hai dok..
    Langsung aja ya dok, saya punya benjolan d atas alat kelamin, tepatnya d area tumbuhnya rambut. Klo d pegang rasanya sakit, besarnya seperti biji kacang tanah dan keras. Mohon bantuan Dokter, penyakit jenis apa yg saya derita??

  70. 70
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ade ,

    Kemungkinan itu abses yang belum matang. Sebaiknya diobati agar peradangan cepat dapat diatasi.

    Kunjungi dokter SpOG.Bila dibiarkan abses akan pecah dan radang akan meluas.

  71. 71
    liana Says:

    Dear Dokter Sukma,
    Baru saja saya perhatikan di daerah payudara anak saya (laki-laki, 13 bulan) ada benjolan seperti kelereng yang kalau dipegang terasa bergerak kanan-kiri. Kira-kira berbahaya kah, Bu Dokter??? Trims.

  72. 72
    angie Says:

    Hi Dok,

    Beberapa bulan yg lalu saya menemukan benjolan seperti yg dokter sebutkan, di depan leher sebelah kiri, diatas tulang clavicula. Saya konsultasi ke dokter THT dan diminta utk USG. Ternyata ada kista soliter di thyroid kiri 2.5 x 1.1 cm, tepi normal, tanpa calsifikasi. Color flow imaging nya jg normal. Lantas saya dianjurkan utk FNAB di dokter bedah kepala dan leher.
    Apakah kista saya ini berbahaya? Seberapa beresiko kah FNAB? karena saya tidak kenal dokter bedah ini, apakah dokter bedah umum bisa jg melakukan FNAB di leher saya?

    Terima kasih sebelumnya, Dok.

  73. 73
    Dr. Sukma Says:

    Hai Liana,

    Benjolan dipayudara anak lelaki anda sebaiknya diobservasi atau diamati saja. Ke mungkinan sisa hormon ibu pada saat anak didalam rahim. Tunggu sampai usia 2 tahun, bila masih ada, baru dibawa ke dokter anak.

    Jangan ditekan-tekan atau dipegang-pegang. Tindakan itu akan merangsang tumbuhnya benjolan semakin besar.

  74. 74
    Dr. Sukma Says:

    Halo Angie,

    Tindakan FNAB umumnya dikerjakan oleh dokter spesialis PA, seperti saya. Dokter bedah atau yang lain boleh saja melakukan FNAB, asal yakin dan berpengalaman.

    Kemungkinan benjolan kelenjar tiroid anda ada dua : radang subakut atau struma adenomatosa yaitu tumor jinak yang harus dioperasi agar pulih.

    Bila cuma radang, cukup diobati dengan antibiotika dan steroid.

  75. 75
    bambang tri Says:

    halo dok . langsung ajaya di pangkal paha saya ada benjolan di kanan dan di kiri apa ada kemungkinan saya terkena tb kata dokter bedah mau di trayel 30 hari pakai obat tb . ini termasuk bahaya tdk dok ,umur saya 29 th laki2.

  76. 76
    Dr. Sukma Says:

    Hai Bambang Tri,

    Saya kurang setuju kalau langsung ditrial dengan obat anti-TBC(OAT) selama 30 hari. Harigini, masih ada yang coba2 mengobati… Kasihan liver anda, bila ternyata bukan TBC.

    Sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus/FNAB pada benjolan itu. Nah, dari hasil FNAB, barulah kita terapi sesuai dengan penyebabnya.

    Kunjungi dokter umum untuk dirujuk ke dokter spesialis PA, agar dilakukan FNAB, OK.

  77. 77
    bambang tri Says:

    hallo dok
    triamakasih jawabanya td tp sya blm mengerti apa itu FNAB .sama dokter PA itu spesialis apa gampanganya maaf saya orang awm .trs tes FNAB apakah mahal biayayanya karna saya krng mampu mahal mana dngn biopsi dioprasi .klu di solo jawa tengan ada enggak yg bisa FNAB. maaf bu bisa enggak konsultasi lewat telepon

  78. 78
    Dr. Sukma Says:

    Hai bambang tri,

    FNAB= fine needle aspiration biopsy. Adalah biopsi menggunakan jarum halus, tidak ada efek samping serta tingkat akurasinya >80%.

    Beaya FNAB sudah tentu jauh lebih murah dibandingkan biopsi operasi. Tidak perlu dibius umum dan proses pengambilan sangat cepat (5 menit).

    Dokter spesiali PA= patologi anatomik. Khusus mendiagnosis apakah tumor tertentu itu jinak atau ganas. Periksa Pap’s Smear dan semua jaringan yang dioperasi, seperti : usus buntu, polip hidung , wasir, miom, kista, segala macam tumor di tulang, otot, otak, dsb.

    Semua itu dilakukan dengan cara melihat struktur sel dan jaringan dibawah mikroskop. Jadi tingkat akurasinya sangat tinggi, karena yang dilihat adalah sel-sel dan kalau perlu sampai tingkat molekuler jaringan yang sakit.

    Disemua kota besar di Indonesia sudah ada dokter spesialis PA, termasuk kota Solo.

  79. 79
    bambang tri Says:

    terima kasih dok .
    klu menurut dok sendiri apakah kemunkinan saya terkena tbkelenjar.soalnya sudah 3 hari ini saya tdr berkeringat tdk biasa.dan obat TB yg di ksih dokter br sy minum sekali hari ini sy stop rencana hr senin ke dokter PA krn hari ini libur .bagai mana dok

  80. 80
    bambang tri Says:

    maaf dok nambah
    bengkak sy di pangkal paha kanan dan kiri tdk ada rasa sakit.dan ini hasil usg bagian perut.Gaster:mukosa normal,hyperperistaltik dg hyperaciditas dan refluks asm lambui tukak tak jelas.Ren Dekstra dan ren sinsitra:pcs tak melebar,struktur echoparenchim in homogen batas kortek mendula kurang tegas multiplem kristal di batas kortek mendula.hepar lien:ukuran dan strutur echoparenchim normal densitas lebih hyperechoik(gambaran dr fatty liver).Gb aorta dan P :tdk tampak kelainan n

  81. 81
    bambang tri Says:

    lanjutan: Gb aorta dan p:tdk tampak kelainan n kljr lymfe regional para aorta tidak membesar . Organ lainya:tak tampak pembesaran kljr lymfe regional para orta tak tampak kelainan. demikian dok hasil usg nya gimana menurut dokter .dan termakasih atas jawaban dan pecerahanya .semoga allah melimpahkan karunianya kepada andha

  82. 82
    Dr. Sukma Says:

    Halo bambang tri,

    Bagus anda telah diperiksa USG abdomen.

    Dari hasil USG tsb saya garis bawahi 2 point, yaitu : 1. ada banyak kristal-kristal kecil pada ginjal anda yang harus diwaspadai dapat menjadi batu ginjal diwaktu yang akan datang.Banyaklah minum air putih, jangan menunda BAK, olahraga yang cukup’ 2. Terdapat perlemakan pada hati anda, kemungkinan anda obese/kelebihan BB. Jadi perbanyak olah raga untuk mengurangi lemak serta minum vit. E rutin mulai dari sekarang, 400mg/hari.

    Dari USG kita yakin tidak terdapat tumor/kanker didalam abdomen. Jadi kemungkinan besar pembesaran KGB dilipat paha kiri dan kanan anda, BUKAN anak sebar tumor ganas.Paling mungkin adalah infeksi atau peradangan.

    Tetap saja saya tidak setuju langsung diobati anti-TBC. Karena TBC kelenjar sangat jarang dilokasi itu, tersering di leher.

    So, sebaiknya dilakukan FNAB agar tidak menyesal nanti, bila ternyata bukan TBC.

  83. 83
    bambang tri Says:

    dok berat badan saya 57kg dan tinggi badan saya 155cm apa saya termasuk obese /kelebian bb.idealnya brp. dan benjolan itu bkn di lipatan paha tapi dibawah garis lipatan paha.apakah mungkin dikarnakan aktivitas saya yg berdiri berjam2 dr jam 11 sampai jam 8_9 malam .yaitu sbg tukang cukur rambut .apa itu ikut berperan dok.trims.

  84. 84
    Ika Says:

    Dear dr.Sukma,

    Sy wanita 28 thn. Tiga minggu yg lalu saya mengikuti medical test sebagai persyaratan penerimaan kerja. Hasil dari test tsb saya dinyatakan UNFIT, dikarenakan adanya ‘nudule pada otot sekitar clavicula kanan’ dan ini terlihat pada hasil foto rontgen.

    Saya kemudian dirujuk ke Onkologis (setelah nyasar di Pulmonologis). Oleh dokter onkolog saya diminta untuk melakukan USG besok. Iseng saya sempat bertanya ke Onkolog (setelah membaca website ini) apakah akan dilakukan FNAB. Tapi dokter menyatakan bahwa akan lebih baik jika dilakukan operasi pengangkatan karna FNAB hasilnya kurang akurat. Apa benar begitu Dok?

    Ibu saya cerita kalau dulu waktu kecil, kata dokter di sekitar bahu saya ada ‘pengapuran’ namun tidak berbahaya. Apa mungkin benjolan saya itu disebabkan pengapuran itu ya Dok?

    Trims atas jawabannya.. :)

  85. 85
    yosi Says:

    hloo Dr.Sukma
    Istri saya, 28 th, berat 43, tinggi 158, saat ini sedang hamil 3 bln, ada benjolan di bawah ketiak sebesar ibu jari(memanjang), sbelum hamil tidak ada gejala seperti itu. Apakah berbahaya dok? atau memang efek dari kehamilan? apabila perlu di periksa, saya bawa ke dokter bagian apa dok?
    Trima kasih.

  86. 86
    Dr. Sukma Says:

    HAI ika,

    Bisa juga dioperasi/diangkat, agar sekalian tuntas. Jaringan operasi kemudian diperiksa ke lab. PA, sehingga diagnosis pastinya terungkap..

    Sesuai hasil pemeriksaan PA itu, barulah diberikat terapi yang tepat terarah.

  87. 87
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yosi,

    Dugaan saya benjolan istri anda adalah payudara tambahan atau supernummery atau mammary aberrant.

    Baiknya di FNAB untuk kepastiannya. Setelah diagnosis pasti, bila payudara tambahan sebaiknya diangkat karena kehamilan akan memperbesar benjolan itu lebih cepat.

    Bila hasil FNAB HANYA RADANG, CUKUP DIOBATI PER ORAL.

  88. 88
    yosi Says:

    dear dr. Sukma
    terimakasih atas jawabannya, untuk pemeriksaan FNAB, saya harus ke dokter bagian apa?, atau bisakah saya minta rujukan dari Dr. Sukma? pls help
    terimakasih.

  89. 89
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yosi,

    Kunjungi dokter umum untuk minta dirujuk ke dokter spesialis PA (patologi anataomik) agar dilakukan FNAB, OK.

  90. 90
    yosi Says:

    Trima kasih Ibu Dr.Sukma yang baik…

  91. 91
    Ika Says:

    Dear Dokter,
    Trims utk jawaban sebelumnya. Setelah di USG, keterangan yg saya dapat ‘curiga myositis ossificans circumscripta’.
    MOC itu apa ya dok? Apakah berbahaya? Untuk selanjutnya apa tidak ada jalan lain selain operasi?

    Trims ya Dok..

  92. 92
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ika,

    Myositis Ossificans Circumscripta(MOC) adalah proses peradangan pada otot yang akhirnya membentuk penulangan berbatas tegas,saat penyembuhan. Biasanya akibat trauma pada waktu yang lampau seperti : benturan, dsb.

    MOC jinak, akan tetapi sebaiknya diangkat/operasi agar tidak makin membesar dan menekan organ sekitar.

  93. 93
    alya Says:

    Dok, saya adalah seorang mahasiswi yang baru berusia 17 tahun, baru-baru ini saya mengalami gejala yang tidak wajar,saya lebih susah untuk tidur karena perut atas saya yang bagian kiri saya merasakan ada sesuatu yang aneh seperti benjolan,
    dan anehnya penyakit saya itu hanya sakit pada saat malam hari ketika saya mau tidur, setiap saya miring kekiri rasanya sakit sekali dan saya menjadi susah untuk bernafas.
    sebenarnya benjolan apa itu?
    apakah berbahaya ?
    karena saya takut kalo itu adalah tumor.

  94. 94
    Dr. Sukma Says:

    Hai Alya,

    Dugaan saya something is wrong pada organ limpa anda. Cuma agak aneh juga bila rasa sakit timbul hanya pada malam hari. Kemungkinan karena posisi tidur yang miring kekiri akan menekan bagian yang bermasalah itu (limpa).

    Masalah ini cukup serius. Sebaiknya periksa ke dokter penyakit dalam, kalau perlu di USG, dll. Jangan tunda2, karena penyakit akan berjalan terus dan berkembang dari hari-kehari.

    Segeralah dituntaskan masalah ini , agar tidak menyesal nanti.

  95. 95
    robert Says:

    Dear Dr Sukma,
    Anak saya umur 1 tahun baru 10 hari yang lalu terdapat benjolan yang cukup besar (sebesar telur puyuh) di daerah claviculanya. Tidak sakit bila dipegang dan kenyal. Dan anak saya juga sehat2 dan aktif seperti biasanya. Sewaktu dilaksanakan FNB ternyata didalamnya tersebut darah, jadi dipastikan itu bukan kelenjar. Kami sedang menunggu hasilnya dalam 3 hari kedepan.
    Kira2 itu apa ya Dok, kenapa bisa ada benjolan seperti itu? Terima kasih.

  96. 96
    Dr. Sukma Says:

    Hai Robert,

    Dugaan saya benjolan sebesar telur puyuh pada anak anda adalah radang TB (Limfadenitis TBC).

    Meski saat dilakukan FNAB berwarna merah, itu tidak menyingkirkan kemungkinan satu kelenjar getah bening(KGB).

    FNAB tergantung operator, prosedur itu bisa berdarah banyak atau minimal..

  97. 97
    Robert Says:

    Terima kasih atas jawabannya Dr Sukma, tetapi anak saya mendapat vaksin BCG pada umur 3 minggu dan disuntik didaerah paha.
    Yang dimaksud Dokter tidak menyingkirkan 1 kelenjar getah bening apa ya Dok?
    Lalu tindakan apa yang selanjutnya harus saya lakukan?
    Terima kasih

  98. 98
    Dr. Sukma Says:

    Hai Robert,

    Saya menduga kearah TB karena begitu banyaknya kasus-ksus TBC kelenjar dalam 2-3 tahun terakhir yang saya amati.

    Terkena infeksi TB sekarang bukan lagi merupakan stigma bahwa yang bersangkutan golongan ekonomi lemah, dst.

    Dimana-mana di seluruh dunia termasuk Amerika Serikat angka kejadian TBC (paru, kelenjar getah bening, dll) meningkat sejak ditemukannya penyakit HIV/AIDS. Tidak pandang kaya atau miskin, berpendidikan tinggi atau rendah, dst semua terkena tergantung daya tahan tubuh seseorang.

    Beberapa pasien juga terkena radang TB, padahal sudah divaksinasi TBC seperti putra anda. Penjelasannya adalah : kemunngkinan vaksin BCG-nya sudah expired, atau cara pemberian kurang tepat (intra-cutan), atau dosis yang diberikan kurang, dst. So, abaikan dulu jawaban saya.

    Let’s see apa jawaban FNAB yang akan anda terima nanti..

  99. 99
    robert Says:

    Hasil FNABnya adalah aspirasi memeng hanya terdiri atas sel darah merah dan tidak tampak sel tumor. Apakah ini bukan suatu hemangioma kavernosum?
    Sy sudah banyak baca tentang hemangioma, mungkinkah ini akan hilang dengan sendirinya ketika anak beranjak besar mengingat benjolannya sebesar telur puyuh? Ataukah harus di USG dan dioperasi?
    Kl memang hemangioma, ke dokter mana lebih baik, apakah ke dokter anak ataukah harus ke dokter bedah anak? Apakah ada dokter anak khusus yang menangani pembuluh darah?
    Mohon tanggapannya. Thanks

  100. 100
    Dr. Sukma Says:

    Hai Robert,

    OK. Sekarang sudah jelas dari FNAB dx/. hemangioma.

    Pendapat saya diobservasi dulu , sampai anak berusia dua tahun. Biasanya hemangioma capillare akan regressi dengan sendirinya.

    Bila benjolan cepat membesar, sebaiknya anda konsultasi ke dokter bedah anak agar dapat ditangani dengan baik, OK.

  101. 101
    Robert Says:

    Ok Dr Sukma. Terima kasih atas jawabannya.

  102. 102
    Ika Says:

    Halo dr. Sukma,

    Kira-kira seminggu yang lalu, saya konsultasi kembali ke onkolog lain mengenai MOC, menurut beliau karena saya tidak merasa ada gangguan ataupun keluhan sehubungan dengan benjolan tersebut maka tidak perlu dilakukan biopsi bedah. Saya kemudian dirujuk ke SpPA untuk FNAB dan kesimpulannya adalah ‘Limfadenitis kronik non spesifik’. Dengan kata lain ada ‘infeksi’. Dokter SpPA bilang mungkin ada ‘sakit gigi’, sedangkan Onkolog bilang bisa juga karena ‘ketombe’. Kira-kira 3 bulan yg lalu saya memang terkena penyakit typhus, apa ada pengaruhnya? Karena menurut saya alasan ‘sakit gigi’ ataupun ‘ketombe’ kok rada kurang nyambung ya Dok?

    Selanjutnya oleh onkolog saya diberikan obat/vitamin: Nutriflam, Forneuro, dan Ciprofloxacin 500 mg, dianjurkan untuk melakukan olahraga dengan konsentrasi gerakan di bahu, dan kompres hangat di daerah benjolan tsb.

    Berapa lama saya harus mengkonsumsi obat tersebut agar benjolan tersebut hilang? Karena sesuai resep, obat tersebut semuanya sudah habis saya konsumsi dalam waktu +/- seminggu. Apa perlu dilanjutkan lagi? Saya juga dianjurkan mengkonsumsi vit.E dosis tinggi, di luar obat/vitamin yg diresepkan. Seberapa besar fungsi vit.E ini untuk kondisi saya ya, Dok?

    Terima kasih sebelumnya, dr. Sukma.

  103. 103
    fiz Says:

    terdapat benjolan di belakang bdn saya blh kiri,apkh itu norml dok?atau bisa diubati?

  104. 104
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fiz,

    Sebaiknya dilakukan FNAB pada benjolan anda terlebih dahulu, agar tahu diagnosis pastinya. Setelah itu baru diobati sesuai hasil FNAB.

  105. 105
    eksi Says:

    Dok, pacar saya terkena tumor lambung dan sekarang kondisinya semakin membesar serta tiap hari selalu muntah darah. Saat ini ada niatan untuk operasi. Kalo dioperasi, kemungkinan untuk sembuhnya bagaimana Dok? Apa setelah operasi kemungkinan munculnya tumor2 lagi lebih cepat? Bagaimana sebaiknya menurut Dokter? Terimakasih

  106. 106
    riza Says:

    dok…. di belakang kepala saya ada benjolan kecil dan keras seperti tulang.jika di pegang / digencet tdk sakit dan benjolan ini sudah ada pada saat sy kecill. kira2 bahaya ga dokk??

  107. 107
    Dr. Sukma Says:

    Halo Eksi,

    Sebaiknya tumor dibuang ASAP. Karena semakin cepat dilakukan operasi tentu semakin baik karena banyak alasan.

    Ditangan operator handal dan berpengalaman, operasi akan berhasil baik dan sukses. Setelah diketahui pasti JENIS kanker lambung itu secara PA(patologi anatomik), maka akan ditentukan regimen khemoterapi yang tepat untuk jenis kanker.

    Bila ditangani dengan baik dengan langkah terapi yang benar biasanya kanker TIDAK akan kambuh lagi, tergantung staging atau stadiumnya.

    Pada stadium 1 dan 2 biasanya hasil terapi operasi dan khemo sangat bagus dan memuaskan…

  108. 108
    Dr. Sukma Says:

    Hai Riza,

    Benjolan kecil keras dibagian belakang kepala anda , just forget it… Paling tonjolan tulang kepala.

    So, enjoy life and think positive always..

  109. 109
    cha Says:

    dok mau tanya, saya wanita berusia 21 tahun saya punya keluhan, disekitar pinggang belakang sebelah kanan saya ada benjolan dekat tulang belakang saya.. jd kalo lama duduk sering terasa perih di tulang dekat benjolan tersebut.. benjolan itu sudah hmpir 3 bulan lebih, tadinya tidak terasa sakit.. trims.. boleh balas k email saya dok..

  110. 110
    Dr. Sukma Says:

    Halo Cha,

    Sebaiknya diperiksakan benjolan dekat tulang belakang anda. Saya curiga kemungkinan radang TBC tulang.

    Cukup ke de dokter umum, nanti minta dirujuk ke dokter spesialis PA, agar dilakukan FNAB atau biopsi jarum halus.

    Hasil FNAB boleh anda tulis ke blog ini. Nanti akan saya arahkan kemana selanjutnya…

  111. 111
    verro Says:

    Hallo dok, saya verro usia 18 tahun.
    saya mempunyai masalah, ada benjolan di tulang leher kiri dan kanan saya. Serta ada juga pada tulang kering saya kiri dan kanan. Saya sudah mempunyai benjolan ini dari kecil, mama saya juga mempunyainya. Tapi bukan di leher melainkan pada kaki kanannya. Benjolan itu kanker atau bukan dok? Terima kasih

  112. 112
    verro Says:

    Dok, tapi benjolaN itu kecil, dulu agak banyak namun sekarang sudah berkurang. saya juga sempat minum obat paket 6 bulanan untuk TBC. dan sampai sekarang benjolan itu kecil. mohon bantuannya dok :)

  113. 113
    Susanto Says:

    Dokter calon anak saya umur 5 bulan di dalam kandungan ditemukan benjolan di bagian tulang belakan pinggul. Kalau boleh tahu Dok itu penyebabnya apa ya? dan bisa diobatin nggak? atau ada Obatnya. Mohon informasinya dok agr bayi saya nanti dapat lahir sempurna.
    Terima ksih dok

  114. 114
    sarah Says:

    dok di leher kiri saya ada benjolan, baru sekitar 9 bulan ini ada. Rasanya tdk sakit sama sekali. Kemudian saya di suruh dokter untuk ke lab pathology. Di lab tsb mrk mengambil jaringan dgn cara disuntik (sedot). Tapi malamnya setelah di suntik knp bengkak saya jadi makin besar sekali dan keras. Padahal awalnya bengkak kecil dan lembek.
    Hari ini sudah 2×24 jam tapi bengkak tsb tdk berkurang, malah skrg rasanya ngilu2 pegal, nyut2an.
    Mohon info nya dok.
    Terimakasih banyak

  115. 115
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yanah,

    Sepertinya anda menderita radang atau gangguan pada saraf diafragma kanan. Sebaiknya periksa ke dokter saraf, agar diteliti dan diobati..

  116. 116
    Firdaus Says:

    Salam Dr. Sukma..
    Saya firdaus umur 27 tahun, 3 hari terakhir saya perhatihan ada benjolan kecil di pangkal bawah leher sebelah kiri, entah apa itu di clavicula atau bukan, seperti bentol kalo di gi2t nyamuk, dan juga gatal dan agak merah, sekedar informasi, saya sejak 6 bulan terakhir punya masalah di usus, menurut dokter radang di usus besar, sampe sekarang pencernaan saya kurang bagus sehingga BAB jg krg lancar, dan terkadang saya suka merasakan sakit di perut bagian kiri atau kanan, apakah benjolan tersebut ada hubungan nya dengan riwayat di usus saya itu? Dan apakah benjolan di clavicula itu selalu merupakan anak sebar kanker? Tepatnya saya harus kontrol ke dokter apa Dok?
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

  117. 117
    Dr. Sukma Says:

    Hai Firdaus,

    Tidak ada hubungan antara benjolan di clavicula dengan gangguan usus anda. Tunggu sampai benjolan berdiameter MINIMAL 1 cm, barulah dilakukan biopsi atau FNAB agar diketahui pasti penyebabnya. Kunjungi dokter umum agar dibuat rujukan ke dokter spesialis PA (patologi anatomik) untuk tujuan FNAB. Hasil FNAB lalu diserahkan ke dokter penyakit dalam, untuk diterapi secara akurat, sesuai diagnosis FNAB.

  118. 118
    andi luhur Says:

    Dear dokter sukma ,
    Barusan ini saya menemukan adnya benjolan di dekat daerah selangkangan saya bagian atas kanan ,saya kuatir dok apakah ini tumor atau hernia , saya masih blum mengonsultasikany dgn dokter pribadi sy krn takut.mohon jawabanya ,
    Trimakasih dok
    Andi laki” 20 tahun

  119. 119
    dewi Says:

    Salam hangat dokter Sukma
    dok, saya seorang ibu rumah tangga berusia 28 tahun, sejak usia 6 tahunan saya mempunyai benjolan kecil dibelakang leher sebelah kiri, tidak sakit bila dipegang dan tidak membesar..kata dokter saya waktu itu ga apa-apa akan hilang dengan sendirinya..tapi sampai saya dewasa koq ga hilang juga? perlukah diperiksakan lagi? terima kasih sebelumnya..

  120. 120
    dini Says:

    dok saya mhon kasih saya saran apakah benjolan diatas tulang dada kiri saya.umur saya 21

  121. 121
    angela Says:

    Dear dr. sukma…
    anak perempuan sy berumur 20 bulan dan dr lahir ditangan kiri anak sy terdapat hemangioma (sy tanya ke dokter anak & dr bedah anak) tp sayangnya sy tdk bertanya jenis hemangioma apa yg diderita anak saya…
    setelah sy mencari informasi sepertinya yg paling pas dengan kondisi anak sy adalah hemangioma kavernosum…
    dr kulit jg bilang katanya tdk ada obatnya krn akan hilang sendiri pd saat umur 2 thn..
    Tp sy bimbang krn sdh hampir 2 thn tp sy tdk melihat adanya pengurangan/pengecilan dr bsr hemangioma anak sy..
    (oya, hemangioma anak sy mkn bsr dr semenjak lahir, tp perkembangannya lambat)..
    apa yg musti sy lakukan dok?
    dktr bedah bilang bisa diopersi.. tp pd umur berapa sebaiknya sy lakukan operasi utk anak sy dok?
    sy msh berharap bisa hilang sendiri dok, tp pd usia brp?
    sebainya utk konsultasi yg lebih jelas ke dokter apa dok?
    apa anak sy jg perlu dilakukan FNAB dok?
    trimakasih sebelummnya dok…

  122. 122
    Dr. Sukma Says:

    Hai Angela,

    Hemangioma pada anak/bayi biasanya jenis hemangioma capillary. Biasanya jenis hemangioma tersebut akan menghilang sendiri mulai usia bayi 6 bulan keatas. Sebaiknya dibawa periksa ke dokter kulit agar diketahui pasti jenis hemangioma tsb. Karena ada yang disebut ‘Portwine stain’ yang warnanya merah-keunguan biasanya susah dihilangkan sehingga disebut ‘tanda lahir’ atau birth mark.

  123. 123
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yurisanti,

    Perasaan saya benjolan di tulang dada anak anda itu tidak berbahaya. Kalau mau dicross-check kunjungi dokter anak agar diraba dan diperiksa detil. Belum perlu CTscan.

  124. 124
    angela Says:

    terimakasih atas infonya dok….
    tp saya mau tanya jadwal praktek dokter di RPC?
    krn sy kbtln jg tinggal di PKU….
    trims…

  125. 125
    andy Says:

    Dear Dr.sukma
    saya punya putri sekarang berumur 1 tahun , didepan telinga sebelah kiri ada benjolan kayanya sejak bulan oktober 2008 ,benjolan tersebut kayanya melebar,dan kadang berwarna merah..dan kadang anak saya mengeluarkan air liur yang sangat banyak,setelah seminggu kemaren periksa ke dokter anak,disarankan ke dokter bedah,kata dokter ada penyumbatan saluran ludah / apa gitu soalnya kayanya dokternya kurang bisa menjelaskan dan solusinya harus diangkat , ketika saya tanya resikonya apa kalo dibiarkan, beliau menjawab benjolan ini akan membesar dan menekan saluran saraf yang lain dan dapat menimbulkan nyeri ,, bisa kah dokter sukma memberikan sedikit solusi pengobatan selain operasi,, dikarenakan biaya yang cukup besar….
    terima kasih banyak sebelumnya dokter ..

  126. 126
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andy,

    Sebaiknya diperiksa dulu apa benjolan itu sebenarnya yaitu dengan biopsi jarum halus (FNAB). Kunjungi dokter um7um untuk surat rujukan ke dokter spesialis PA (patologi anatomik), agar dilakukan biopsi FNAB.

    Hasil FNAB boleh anda tulis di blog ini, akan saya arahkan nanti kemana selanjutnya. Apakah cukup minum obat atau harus dioperasi, OK.

  127. 127
    karima Says:

    dok,anak saya umur 14 bulan mempunyai hemangioma di wajah diameter 2 cm..apa yg hrs saya lakukan untuk menghilangkan hemangioma tsb?karena masing” dokter yang saya datangi berbeda sarannya..ada yg mengatakan ditunggu saja sampai 3 tahun, ada yg menyarankan dilaser dan ada jg yg menyarankan untuk dibedah..mohon penjelasannya.terima kasih.

  128. 128
    Dr. Sukma Says:

    Hai Karima,

    Pendapat saya sebaiknya ditunggu sampai usia anak 3 tahun, karena ada kemungkinan hemangioma capillare bisa regressi sendiri pada usia 2-3 tahun. Bila masih ada dan lokasinya superficial tipis artinya kelainan itu tidak dalam , sebaiknya di laser dibagian kulit (dermatologi), mengingat hemangioma itu di wajah. Untuk meminimalisir cacat bekas jahitan.

    Bila hemangioma besar dan tebal, sebaiknya dioperasi/bedah, agar dapat diangkat sebersih-bersihnya. Antisipasi agar tidak kambuh nantinya…

  129. 129
    ana Says:

    dok,di wajah saya,tepatnya di dagu, ada benjolan merah sebesar kelereng,tidak nyeri namun bila ditekan terasa sakit,awalnya saya fikir bengkak karena jerawat,namun ternyata 3 hari ini ukurannya tidak kunjung berubah. Malah rasanya ada benjolan lain yang juga muncul seperti benjolan sebelumnya namun ukurannya lebih kecil.
    Apa yang sedang saya derita dok? saya takut ini adalah kanker, atau malah limfadenopati?
    mohon penjelasannya dok,,,
    makasih

  130. 130
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ana,

    Benjolan sebesar kelereng sudah dapat dilakukan biopsi aspirasi jarum halus/FNAB, agar dapat diketahui apa sebenarnya benjolan tsb. Bila sudah diketahui, maka akan mudah dilakukan terapi yang tepat untuk kelainan tsb.

  131. 131
    lia Says:

    Dok, sy mau tany.. Dibagian tulang iga sebelah kanan bawah sy spt ada pembengkakan,dan terasa sgt nyeri, apalagi bila ditekan… Kira2 ada hubunganny sm liver or ginjal gk y dok. Trus sy hrs konsul kdokter umum apa lgs dktr penyakit dlm y? Trima ksh sblmny

  132. 132
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lia,

    Benjolan sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus atau FNAB oleh dokter spesialis PA (patologi anatomik). Kunjungi dokter umum untuk surat rujukan ke dokter spesialis PA agar dilakukan FNAB. Hasil atau diagnosis FNAB lalu dibawa ke dokter penyakit dalam untuk diberikan terapi yang tepat sesuai diagnosis FNAB.

  133. 133
    ina Says:

    Halo dok, mau konsultasi sedikit..
    umur saya 24, sejak 3 tahun lalu saya sering menderita sakit pada bagian tubuh sebelah kiri tubuh, pusatnya di belakang lengan dan bagian pinggang belakang..sejak 2 minggu lalu saya selalu mual pada pagi hari dan pusing, lalu tiba2 muncul seperti bengkak pada leher bagian kiri..
    Saya sudah periksakan ke dokter umum, dan menurut dia itu kemungkinan masalah otot,karena tidak seperti kelenjar..saya pun diberi obat relaksasi otot..dan dirujuk ke bagian bedah umum jika ternyata bengkaknya tidak hilang…sudah 2 hari tapi bengkaknya masih ada dan rasa pusing dan mual malah semakin terasa juga seperti sesak dan berat…kira-kira kenapa ya dok?
    saya takut ada hubungannya sama kanker atau yang berbahaya lainnya…
    terimakasih..

  134. 134
    ina Says:

    Halo dok, mau konsultasi sedikit..
    umur saya 24, sejak 3 tahun lalu saya sering menderita sakit pada bagian tubuh sebelah kiri tubuh, pusatnya di belakang lengan dan bagian pinggang belakang..sejak 2 minggu lalu saya selalu mual pada pagi hari dan pusing, lalu tiba2 muncul seperti bengkak pada leher bagian kiri..
    Saya sudah periksakan ke dokter umum, dan menurut dia itu kemungkinan masalah otot,karena tidak seperti kelenjar..saya pun diberi obat relaksasi otot..dan dirujuk ke bagian bedah umum jika ternyata bengkaknya tidak hilang…sudah 2 hari tapi bengkaknya masih ada dan rasa pusing dan mual malah semakin terasa juga seperti sesak dan berat…kira-kira kenapa ya dok?
    saya takut ada hubungannya sama kanker atau yang berbahaya lainnya…

    terimakasih..:)

  135. 135
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ina,

    Perkiraan saya hanya masalah otot leher yang disebut myalgia. Sebaiknya diperiksa oleh dokter penyakit dalam agar jelas. Sepertinya bukan kanker, jangan takut..

  136. 136
    andy Says:

    dear Dr.sukma saya andy ..
    saya lampirkan hasil pemeriksaan lab biopsi

    laporan pemeriksaan:
    dilakukan puncture biopsy pada nodul bawah kulit,
    uk 1 1/2 X 1 cm ,didaerah preauricular dextra

    Mikroskopik :
    hapusan menunjukkan masa nekrosis luas dengan sebaran banyak mikrofag yang degeneratif,dengan sejumlah PMN dan sel radang mononuklear lainnya

    tidak didapatkan keganasan

    kesimpulan : nodul pipi kanan ,FNA : tidak menunjukkan keganasan

    NB:-bisa dijumpai pada proses tuberculosa

    demikian dokter ,mohon bantuannya , saya ucapkan banyak terima kasih sebelumnya

  137. 137
    andy Says:

    dear Dr.sukma saya andy ..
    saya lampirkan hasil pemeriksaan lab biopsi

    laporan pemeriksaan:
    dilakukan puncture biopsy pada nodul bawah kulit,
    uk 1 1/2 X 1 cm ,didaerah preauricular dextra

    Mikroskopik :
    hapusan menunjukkan masa nekrosis luas dengan sebaran banyak mikrofag yang degeneratif,dengan sejumlah PMN dan sel radang mononuklear lainnya

    tidak didapatkan keganasan

    kesimpulan : nodul pipi kanan ,FNA : tidak menunjukkan keganasan

    NB:-bisa dijumpai pada proses tuberculosa

    demikian dokter ,mohon bantuannya , saya ucapkan banyak terima kasih sebelumnya……………

  138. 138
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andy,

    Dari hasil FNAB terdiagnosis Peradanga Khronik-spesifik (TBC). Jadi sebaiknya anda mendapatkan terapi Obat anti TBC (OAT) dari dokter penyakit dalam. Agar bisa diobati sampai tuntas yang biasanya minimal selama 6(enam) bulan. Bila dianggap perlu, akan dilakukan counter check dengan pemeriksaan LED dan test Mantoux untuk memperkuat diagnosis TBC kelenjar.

  139. 139
    andy Says:

    andy

    terima kasih dokter sukma atas masukan dan jawabannya
    saya dah periksakan ke dokter bedah kembali ( tapi lain dokter ) beliau menyarankan untuk dioperasi kecil / dimbil ,tanpa harus opname ,, beliau mengatakan kalo dikasih obat kadang hasilnya kurang maximal ,,,, saya bingung ,, saya coba konsultasi di 2 dokter tapi ko lain..yang satu bilang harus operasi besar minimal opnama 5 hari .. tapi yang satunya bilang cuma harus operasi kecil … saya sebagai orang awam merasa bingung..tolong dokter sukma kasih masukan

    terima kasih sebelumnya

  140. 140
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andy,

    Saya setuju dengan pendapat dokter bedah yang terakhir. Ambil contoh jaringan (biopsi operasi), untuk diperiksa lebih lanjut di lab. PA (patologi anatomik) agar diagnosis menjadi terang-benderang. Anda tidak perlu opname, hal ini disebut ODS (one day surgery). Setelah diagnosis jelas, dilanjutkan minum obat sampai tuntas..

  141. 141
    andre Says:

    Hallo Dok,

    Dok saya mau tanya, papa saya baru minggu kemarin baru saja dioperasi karena adanya dugaan struma adenomatosa pada bagian leher sebelah kiri. ini disebabkan secara tiba2 pada malam hari leher sebelah kirinya lgs timbul tonjolan yg sangat besar. sebelumnya selama 16 tahun tonjolan itu sudah ada tapi kecil. sehingga lgs dioperasi dan diangkat benjolannya. sampai saat inipun dokter masih belum tahu apakah itu tumor,kanker atau bukan. yg saya ingin tanyakan dok, apakah itu tumor,kanker atau bukan? Thx

  142. 142
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andre,

    Bila benjolan dileher ayah anda sudah ada sejak lama (16 tahun) dan baru akhir2 ini cepat membesar, biasanya itu tumor jinak. Saya sependapat kemungkinan besar Struma Adenomatosa.

  143. 143
    angga Says:

    Dear Dr..

    Saya wanita 29thn, single. Kira2 10thn ygll melakukan operasi tumor jinak FAM pd payudara kiri. namun sebulan terakhr sering terasa nyeri n perih kadang panas. Tp saya sdh merasa payudara kiri n kana se details mgkn namun tdk menemukan benjolan.
    Apakah mgkn saya terkena kanker payudara tanpa ada indikasi benjolan sama sekali??
    Oia saat ini saya sdg bekerja d luar Indonesia, jd agak sulit u periksa details k Rumah sakit. Mohon banutannya secepatnya, terima kasih Dokter

  144. 144
    ayu mala Says:

    dok saya mau menayakan,,beberapa hari yang lalu saya meraba vagina saya dam di dalam vagina saya sebelah kiri paling atas terdapat benjolan namun saya tidak pernah ada keluhan mengenai organ intim saya,,yang saya ingin tanyakan apakah benjolan itu berbahaya……….trims

  145. 145
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ayu Mala,

    Benjolan tsb biasanya adalah kista Bartholin yang terjadi akibat sel-sel radang yang berkumpul disitu. Sebaiknya dibawa ke dokter SpOG, untuk diperiksa. Karena ada juga kista lain di lokasi tersebut. Semua kista biasanya harus diangkat/operasi untuk penyembuhannya.

  146. 146
    Dr. Sukma Says:

    Halo Angga,

    Operasi FAM yang belum begitu lama (kurang dari 6 bulan), terkadang masih menyisakan rasa sakit yang timbulnya kadang-kadang. Bila tidak ada benjolan, sebaiknya anda tenang saja dan berpikir positif bahwa rasa sakit yang terjadi adalah sisa-sisa atau proses penyembuhan luka-luka bekas sayatan operasi. Terus berpikir positif, sambil jangan lupa beristirahat yang cukup dan makan yang bergizi, OK.

  147. 147
    fery Says:

    dok,pada tulang sabun ibu saya terdapat benjolan yang smakin hari smakin membesar,jika di tekan terasa sakit dan keras,nafsu makan berkurang shingga badanya smakin kurus.ibu saya juga mengalami kelumpuhan krn strok sejak 4 tahun lalu,benjolan itu apa ya dok?trus apa yang harus saya lakukan?

  148. 148
    Dr. Sukma Says:

    Halo Fery,

    Karena kondisi dan keluhan ibu anda seperti itu, maka baca lengkap posting saya ini. Biasanya yang ditakutkan adalah anak sebar kanker ganas. Akan tetapi bisa juga disebabkan TBC kelenjar. So, paling tepat dan objektif bila dilakukan biopsi jarum halus ( BAJAH atau FNAB) pada benjolan tsb, sehingga diketahui pasti apa itu. Kemudian barulah di terapi sesuai hasil FNAB, OK.

  149. 149
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fery,

    Yang ditakutkan bila benjolan supraclavicula itu adalah anak sebar kanker ganas. Berapa usia ibu anda? Jadi paling objektif dilakukan biopsi pada benjolan tsb. Agar diketahui pasti diagnosinya. Sehingga kemudian dapat diberikan terapi yang tepatdan akurat, tidak mencoba-coba..

  150. 150
    Yang Rita Says:

    Dokter,saya ingin bertanya. Pada payudara saya sebelah kanan terdapat benjolan.Setelah dilakukan USG ternyata ada 2 buah benjoalan dengan diameter 4cm dan 3cm.Setelah konsultasi denagn dr,onkologi ternyata itu hanya kista(tumor jinak).Pada hari kamis dilakukan biopsi aspirasi dan saya tinggal menunggu hasil pemeriksaan sitologinya. Apakah hal tersebut tidak ada efek sampingnya?karena setelah 2 hari ini saya sering merasakan nyeri dan sakit di sekitar payudara.
    Dan apakah itu benar kista/bukan kanker payudara?
    Mohon jawabannya.Terima kasih dokter…..

  151. 151
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yang Rita,

    Akhir-akhir ini saya juga mendapat kasus yang sama dengan anda. Yaitu wanita muda 30-an tahun ditemukan kista. Pada FNAB tidak ditemukan sel ganas dengan latar belakang yang jernih. Jadi kemungkinan itu kista simpel atau kista oleh adanya infeksi. Bila kista simpel, meskipun jinak harus diangkat/operasi agar tidak berulang atau relaps lagi. Sebab dinding kista harus dibuang, agar tidak memproduksi cairan lagi. Sedangkan kista akibat infeksi cukup diberikan obat anti-penyebab kista seperti anti jamur atau lainnya…

  152. 152
    kristian Says:

    ibu dokter saya pria 24 tahun sudah 4 bulan belakangan ini saya merasa terkejut saya menjumpai ada benjolan di testis sebelah kiri sebesar butiran jagung tapi tidak merasa sakit setelahsaya periksa ke dokter dokter mengatakan itu adalahj tumor jinak atau lipom benjolan tersebut tidak menempel pada testis tetapi pada kelenjar nya .apa yang harus saya lakukan dokter klo mau diangkat saya takut berefek pada fertilitas karna saya belum menikah trims

  153. 153
    Dr. Sukma Says:

    Hai Kristian ,

    Kalau betul lipoma, anda santai saja karena tidak berbahaya. Saran saya sebaiknya diobservasi dulu, perhatikan apakah pertumbuhannya cepat atau lambat. Jangan dipegang-pegang atau sering ditekan dan diraba-raba. Hal itu akan merangsang pertumbuhannya.. Bila cepat membesar, harus diangkat meski tumor jinak. Operasi TIDAK akan mempengaruhi fertilitas anda, karena letaknya yang superficial/dipermukaan dan gampang diambil, termasuk operasi kecil dan ringan…

  154. 154
    reza Says:

    bu dokter saya mahasiswa 18 tahun, saya mau tanya saya ada benjolan agak merah sebesar kacang di bawah pusar yang sakit/perih kalau dipegang. itu kira2 apa ya dok? soalnya belum saya konsultasikan ke dokter trims

  155. 155
    Dr. Sukma Says:

    Hai Reza,

    Kemungkinan hanya infeksi atau radang saja. Sebasiknya periksa ke dokter umum untuk diresepkan antibiotika, bila memang infeksi…

  156. 156
    Santy Says:

    Dok, saya santy 26 th, apakah mammary aberrant itu bisa menimbulkan rasa nyeri? soalnya dibawah ketiak saya nyeri sekali kalo mau menjelang haid. bila diraba tekstur dalamny seperti grinjil2 dan sakit. sehingga menjalar ke tangan, bila menggenggam sesuatu rasanya tidak kuat, agak lemas. Dok saya mohon jawabannya. atas perhatian bu dokter saya ucapkan banyak terimakasih.

  157. 157
    Dr. Sukma Says:

    Halo Santy,

    Iya benar. Mammary aberrant atau super numery mammae memang menimbulkan rasa nyeri menjelang haid dan keluhan lain yang anda tulis. Sebaiknya SEGERA dioperasi agar anda terbebas dari rasa nyeri dan keluhan lain..

  158. 158
    Santy Says:

    Terima kasih atas jawaban dokter,maaf saya tanya lagi, Dok kalau di operasi tidak sampai kena payudara kan? saya takut bu dokter.

  159. 159
    sherly Says:

    Halo Dok,anak saya sekarang berumur 9 bln bb 10kg..dileher bagian tengah/jakun timbul benjolan sebesar jagung trus kalau dipegang benjolan itu bisa ke kanan & kiri..agak lunak jd saya mohon kiranya Dok bisa memberikan saran..trima kasih.

  160. 160
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sherly,

    Pada bayi umur 9 bulan, sebaiknya dan cukup kalau di-observasi/ dilihat saja perkembangan benjolam itu. Jangan sering dipegang-pegang atau ditekan karena tindakan itu akan merangsang pertumbuhannya. Palingan radang sehingga no need to worry about… Bila nanti sudah berdiameter lebih dari 1 cm, barulah diperiksakan ke dokter spesialis anak.

  161. 161
    DUMILA Says:

    pagi Dr. Sukma

    ibu dokter saya wanita 27 thn .
    sudah 2 bulan ini didada atas saya ada benjolan besar seperti bengkak (saya sdh merongtennya tp hasilnya bagus) yg saya ingin tanyakan setiap saya bgn dari posisi tidur miring di sebelah kiri payudara saya sakit seperti terkena sentuhan benjolan di dada
    penyakit apa yah bu, bila saya ingin periksa ke bagian apa?
    mohon di reply yah bu

    terima kasih

  162. 162
    Anna Ariesa Says:

    Yth, Dr.Sukma…
    sy akan operasi mamae aberant di kedua ketiak, cm yg sy tanyakan : 1. berapa lama proses penyembuhannya
    2. obat/salep apa yg bisa mempercepat keringnya luka sayatan tsb 3. apakah ada efek samping dr operasi tsb thdp gerak tangan sy 4.apakah operasi di ketiak tidak berpengaruh thdp payudara krn kelenjar mis ;kanker/tumor 5. apakah kelenjar MA berhubungan dgn payudara krn sering ngilu. Thanx Dok

  163. 163
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anna Ariesa,

    1. Biasanya luka sayatanoperasi cepat sembuh, max. satu minggu. Terutama bila dijaga kebersihan daerah ketiak dan kondisi dijaga selalu tetap kering, agar tidak bisa kuman berkembang biak
    2. Nanti akan diberikan antibiotika topikal oleh dokter operator
    3. Tidak ada efek samping karena lokasi yang superficial dan mudah diambil
    4. Dokter operator akan memberi info bila ternyata benjolan di ketiak bukan mammae aberant, setelah ada hasil pemeriksaan PA
    5. Apa yang anda maksud dengan kelenjar MA? Yang ngilu payudara atau ?

  164. 164
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dumila,

    Sebaiknya anda periksa ke dokter bedah umum. Nanti akan diperiksa teliti untuk mengetahui apa kiranya benjolan itu, kalau perlu dilakukan biopsi. Dari hasil biopsi akan ketahuan jelas apa kelainan tsb.

  165. 165
    budi Says:

    dok saya mau tanya isteri saya mau operasi mammae aberant, apakah setelah operasi benjolan tersebut masih bisa tumbuh lagi? terus solusinya bagaimana dok agar tidak tumbuh lagi, satu lagi dok apakah obat penyubur bisa merangsang tumbuhnya benjolan tersebut? terima kasih dok…

  166. 166
    Dr. Sukma Says:

    Hai Budi,

    Umumnya bila tidak ada hal-hal luar biasa, maka operasi mammae aberant tidak menimbulkan kekambuhan atau relaps.

    Obat penyubur karena mengandung hormon, berpotensi menimbulkan kambuh pada lokasi yang diangkat, BILA tidak bersih pengangkatannya…

  167. 167
    Mery Says:

    Salam kenal dokter.
    saya mery usia 30th.saya merasakan benjolan kecil di leher bagian belakang kanan (diatas pangkal tlg belakang/dibawah otak kanan). Dulu saya sempat menyadari keberadaannya tp saya biarkan sj dan kemudian hilang atau tdk terasa lg. Baru pada hari ini setelah kemarin mdpt serangan migrain,saya kembali merasakan pegal2/terasa agak kenceng ditengkuk saya meraba ternyata terasa ada benjolan lg. Benjolan apakah ini dok?dan kemana saya harus periksakan?
    trims n salam..

  168. 168
    Dr. Sukma Says:

    Hai Mery,

    Periksa ke dokter penyakit dalam. Agar dinilai, apakah sudah pantas dan perlu dilakukan FNAB atau biopsi jarum halus, dll. Untuk mengetahui diagnosis pasti benjolan itu.

  169. 169
    Nirmala Says:

    bu dokter saya mw tanya , di daerah tulang iga atas saya ada benjolan merah ,, awalnya dari jerawat kemudian berubah menjadi benjolan merah ,,persis seperti bekas luka yang tdak dijahit yang biasanya menjadi bnjolan da n berisi daging ,,

    benjolan ini sudah lama dokter ada dua tahun lebih ,,akhir akhir ini terasa agak sakit ,,,

    mohon penjelasannya

    umur saya 22 tahun brat 75 kg tinggi 160 cm ,, tks

  170. 170
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nurmala,

    Kemungkinan benjolan itu Scrofuloderma, yaitu TBC kulit didaerah iga yang bentuknya seperti jaringan parut atau luka yang tidak dijahit. Sebaiknya kunjungi dokter kulit atau dokter penyakit dalam. Agar diobati tuntas dan tidak bertambah parah…

  171. 171
    as Says:

    saya punya benjolan multiple (6) di suprakalvikula kanan keras, mobile, terasa sakit, hasil fnab limfadenitis non spesifik, kira kira apa dok ?

  172. 172
    ririe Says:

    Dok, anak saya 9 bulan ada benjolan di tulang leher bagian bawah kanan
    Sebesar biji kacang tanah, agak lunak kalau diraba bisa goyang ke kiri
    Ke kanan, tp sejauh ini bayi saya sehat dan tidak ada masalah, dok..benjolan
    Itu bisa dikategorikan penyakit berbahaya ?, terima kasih ya dok

  173. 173
    Andhina Says:

    Halo ibu dokter, kemarin saya merasakan benjol kecil di bagian tulang di dekat leher, yg bagian cekung itu, rasanya sakit jika ditekan.Dan saya seperti merasa bahwa tulang saya yg benjol, kira2 seperti itukah gejala penyakit yg ibu maksud?
    Benjolnya kecil sekali,tidak berwarna,dan tidak kelihatan hanya kira2 sebesar ujung kuku,tapi saya bisa merasakannya. Apa penanganan yg bisa saya lakukan? Apakah ini penyakit? Mohon dibalas, terima kasih.

  174. 174
    Dr. Sukma Says:

    hai As,

    Obatnya minta resep di dokter umum juga boleh. Cukup Antibiotika…..

  175. 175
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ririe,

    Sebaiknya diperiksakan bayi anda ke dokter anak. Mungkin perlu dilakukan biopsi/ fnab. Yang menegerjakan fnab biasanya dokter spesialis PA. Dari diagnosis FNAB tadi, akan diketrahui pasti penyebab benjolan tsb. Dari situ barulah diberikan terapi sesuai diagnosis FNAB..

  176. 176
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andhina,

    Bila benjolan minimal ukuran 1 cm, maka sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus/FNAB. Dari hasil FNAB barulah ketahuan, apa sebenarnya benjpolan itu..

  177. 177
    sony mandala Says:

    dok saya mempunya benjolan di dada kanan saya di iga 5 dan 6 kira kira panjangnya sudah 8 cm,waktu saya konsul ke RS katanya ini tumor dan sudah masuk ke dalam rusuk saya,jadi harus bagaimana saya dok ?
    terima kasih

  178. 178
    ayu Says:

    Malam dok,

    Usia saya 25th belum menikah,1. saya mau tanya dibelakang telinga kiri saya ada benjolan. Awal mulanya saya fikir akan menghilang. Tapi sudah berjalan 3 minggu ini benjolan itu belom hilang dan bahkan terasa nyeri sekarang.belom sempat saya cek ke dokter karna saya fikir hanya benjolan biasa. Kira2 klo saya mau cek harus ke dokter yg ahli bedah atau bgmn dok!?
    2. Persis di sebelah kiri payudada saya di bawah ketiak payusara saya seperti terasa sakit dan nyeri saat di raba.dan bentuknya hampir lebih besar dari payudara disebelah kanan saya. Kira2 kenapa ya dok. Apa ada sangkut pautnya dengan kista yang terdapat pada rahim saya. Terima kasih ya dok. Mohon sarannya. Selamat malam.

  179. 179
    ema Says:

    Dok..mau nanya donk…kakak saya usianya 40thn sblmnya gak ada keluhan..tapi tiba2 baru 2 minggu ini suka merasakan nyeri di costae 3 dan 4 deh dok…nyeri dok..tp gak ada benjolan..jd utk bergerak pun sakit..apa ada hubgnnya dengan pencernaan??krn sblmnya kakak saya sempet mengalami GERD…jd terkadang suka sesek juga…gimana dok??mohon penjelasannya dok..makasih..

  180. 180
    Shera Says:

    Assalamualaikum wr.Wb dokter Sukma.Saya ibu muda berusia 26 thn,ketika saya masih smu ada bisul di ketiak saya setelah itu sembuh dan bisulnya pecah.Tapi lama kelamaan ketiak kanan saya menjadi gendut dan bergelambir.Pada saat payudara saya bengkak setelah melahirkan krn berisi asi,ketiak kanan saya juga membengkak seolah2 berisi asi juga.Tetapi setelah asi saya lancar keluar,ketiak sayapun mengempis kembali dan menggelambir seperti semula.Apakah ini penyakit dokter?Kenapa saya tidak merasa sakit kalo saya pegang hanya lembek?Tlg saya dok,saya jadi bingung sekali…Wassalam.

  181. 181
    ayu Says:

    Dok.. Saya baru sadar ada benjolan sebesar telur ayam kampung d belakang kepala dekat leher, dekat tengkuk leher, d belakang telinga sbelah kanan. Saya tidak sengaja meraba leher saya karna pusing. Oh ya waktu saya raba dan tekan, benjolan nya rasanya sakit dan pegal, dan terasa agak panas, saya juga dalam kondisi demam. Apa arti nya penyakit ini dok?? Kpala saya memang suka pusing dari kecil, yang saya rasakan dr smp sampai umur saya 28thn ini. Saya tisak pernah periksa sakit kpala ini krna saya pikir ini hal biasa. Tolong jawaban nya segera dok… Trima kasih sbelumnya dok…

  182. 182
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ayu,

    Perkiraan saya benjolan itu abses atau radang yang lain. Tapi untuk pastinya sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus (FNAB). Kunjungi dokter umum minta dirujuk ke dokter spesialis PA agar dilakukan FNAB. Diagnosis FNAB kemudian dibawa ke dokterpenyakit dalam untuk diberikan terapi, OK…

  183. 183
    Dr. Sukma Says:

    Halo Shera,

    Benjolan diketiak anda sebaiknya dioperasi/ angkat. Agar tidak terus menjadi masalah. Analisa say itu jaringan payudara yang salah tempat atau biasa disebut Mammary Aberrant.
    Kunjungi dokter bedah umum agar diangkat. Operasi termasuk kecil dan cepat selesai….. So, tunggu apa lagi …. the sooner the better….

  184. 184
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ema,

    Pendapat saya keluhan itu bisa oleh GERD atau bisa juga radang selaput paru atau Pleuritis yang biasanya nyeri atau sangat nyeri….. Sebaiknya kunjungi dokter internist agar diperiksa dan diobati….

  185. 185
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ayu,

    Anda bisa kunjungi dokter internist atau bedah umum untuk diperiksa payudara kiri yang terasa sakit dan membesar. Takutnya ada massa tumor, yang bisa jinak bisa ganas. Dari sana abda akan dirujuk ke dokter spesialis PA untuk biopsi jarum halus/FNAB agar tahu pasti benjolan itu apa.

    Juga benjolan dibelakang telinga kiri sama dengan yang di payudara harus di FNAB agar tahu pasti apa benjolan itu sehingga nanti pengobatan sudah terarah benar dan tidak coba-coba…

  186. 186
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sony Mandala,

    Maaf ya saya baru lihat pertanyaan anda. Penyakit anda cukup SERIUS. Untuk mengetahui pasti apakah tumor itu jinak atau ganas dan jenisnya apa, seharusnya benjolan di iga tersebut dilakukan BIOPSI jarum halus yang disebut FNAB. Kunjungi dokter umum untuk dirujuk ke dokter spesialis PA (patologi anatomik) agar dilakukan FNAB. Jawabasn FNAB lalu dibawa ke dokter bedah untuk ditindak lanjuti. Atau ke dokter onkologist/akhli tumor dan kanker…

  187. 187
    ROMMY KEMAL Says:

    Selamat siang, Dokter Sukma

    2 hari yg lalu saya merasa ada yang ganjil pada telinga kanan saya ada sedikit benjolan di bagian dalam telinga klo ditekan2 agak sakit dok.Saya harus periksa dimana dok???atau saya sebaiknya konsultasikan ke dokter umum apa bisa???atau saya harus bagaimana..??? Saya domisili di Bandung.

  188. 188
    ROMMY KEMAL Says:

    oh ya umur saya 34 tahun

  189. 189
    riri Says:

    kebetulan sekali saya menemukan blog ini saya merasa senang ada tempat bertanya yang tepat

    dok,,saya mau tanya
    di payudara kiri saya terdapat benjolan dan saya sudah periksa k dkter bedah dan dirujuk utk periksa ke patologi anatomi
    stlh periksa FNAB
    hasil kesimpulannya
    FNA nodul payudara kiri: benign epithelial hiperplasia
    tdk didapatkan tanda ganas

    itu artinya apa ya dok?
    jdwl konsul dg dokter saya masih minggu depan,dan saya udah kadung penasaran =D

    mohon penjelasan n infonya ya dok
    terimakasih

  190. 190
    hasan Says:

    Ass. istri sy pd saat melahirkan tdk bisa menyusui, krn payudaranya bengkak, dan pada saat itu mau di operasi, tetapi kami mencoba pengobatan alami dengan cara menkompres pake air dingin saat itu nanah bercampur darah keluar dan sy sangat kwatir, dan alhamdullihan selama seminggu payudarax normal dan tdk kesakitan lagi, pertanyaan saya, anak kami sekarang sdh berumur 5 thn, dan kami berencana mau punya anak lagi, bagaimana dampakx dan apa yang perlu di perhatikaan. terima sebelumnya.

  191. 191
    Kaisah Says:

    slmt malm dok,

    saya mau tanya dok.. knp ya mkn hari leher saya smkn membesar??klu di pegang urat2 saya terasa mkn hari smkn membesar. sy sdh periksa k 2′dok spes THT yg berbeda dan jawaban mereka pun sama,katax ini tidak apa2 jd tdk usah khawatir..dan sy jg di kasih obat yg berbeda pula. dok 1_sy di ksh obat BELLAMOX 500mg dan NONFLAMIN 50mg. dok yg k_2 di kasih obat NUTRIFLAMkapsul dan SANEXON 4mg.
    pertaxaan saya :
    obat mana yang baik di gunakan dlm jangka panjang?
    dan apakah obat2an i2 bisa menghilangkan pembengkakkan pd leher saya?

    saya mohon bantuanx dok

  192. 192
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rommy Kemal,

    Paling tepat anda berkunjung ke dokter spesialis THT. Agar dilihat dan diperiksa teliti untuk kemudian diberikan solusi terbaik, OK.

  193. 193
    Dr. Sukma Says:

    Hai Riri,

    Benign epithelial hyperplasia artinya tumor jinak payudara jenis epitel. Obatnya tidak ada lain kecuali diangkat/operasi..

  194. 194
    Dr. Sukma Says:

    halo Hasan,

    Menghindari kejadian sama payudara bernanah, maka saya anjurkan jangan sampai terjadi luka luka yang meskipun kecil akan berisiko terjadinya infeksi pada payudara sampai bernanah dan berdarah seperti kasus istri anda tsb. Luka-luka kecil dan lecet bisa disebabkan oleh gigitan pasangan saat melakukan ML… So, lakukan hubungan sex yang normal-normal aja, TIDAK perlu terlalu hot dan aneh-aneh….

  195. 195
    Dr. Sukma Says:

    hai Kaisah,

    Semua obat yang anda tulis TIDAK cocok untuk mengecilkan leher anda yang terasa membesar… Sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus/ FNAB, agar dapat diketahui secara pasti apa sebenarnya benjolan itu. Apakah radang, tumor jinak, tumor ganas, kelainan hormonal, dll. Biopsi biasa dilakukan oleh dokter spesialis PA (patologi anatomik).

  196. 196
    Lina Says:

    Dr, Sukma,

    Saya mau tanya, Saya punya balita perempuan umur 15 bulan, payudara kelihatan agak menonjol / bentuk agak lancip (tidak rata seperti bayi lainnya), apakah itu berbahaya dokter, atau ada kelainan hormon. atau pada umur berapa payudara putri saya akan kelihatan rata, atau memang bentuk setiap payudara bayi berbeda.

    Terima kasih atas jawabannya.

    Salam
    Lina

  197. 197
    Dr. Sukma Says:

    Halo Lina,

    Sebaiiknya diobservasi saja bentuk payudara bayi anda. Jangan dipegang-pegang atau ditekan-tekan, perhatikan saja kalau-kalau membesar atau ada kelainan lain. Biasanya nanti akan normal sendiri pada usia 3 tahun-an. Bila selama observasi ternyata membesar dari minggu ke minggu dst, barulah dibawa periksa ke dokter spesialis anak, oke…

  198. 198
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ryana,

    Sebaiknya observasi saja dulu pembengkakan yang anda tulis tsb. Tunggu sampai panas dalam dan sakit tenggorokan anda sembuh…. Bila terrnyata masih ada juga benjolan itu dan bahkan bertambah besar, barulah dibawa periksa ke dokter internist. Lokasi benjolan itu kompatibel dengan kelenjar parotis, termasuk salah satu kelenjar ludah yang besar….

  199. 199
    fikry Says:

    kalo tulang rusuk saya saat berdiri dan badan di tarikan ke atas tulang rusuk terlihat besar sebelah ?
    dan ke dua tulang belikat saya jadi membesar ?

  200. 200
    Nia Says:

    Dok,nama saya Nia. Saya mau tanya,ibu saya memiliki 2 benjolan yang bersebelahan di daerah kepala bagian depan,yang 1 lebih ke depan dan tidak sampe tertutup rambut,sementara yg satu bersebelahan ke belakang dan tertutup rambut. Diameternya kurang lebih 2cm. Saya khawatir karna dia sering merasa pusing,terutama jika kepanasan dan kecapean. Dulu dia sempat diperiksa kemudian didiagnosa bahwa itu kanker dan harus dioperasi tapi selain merasa hasil diagnosa tidak memuaskan krn cuma dilihat saja, dia juga takut operasi mengingat letaknya yang berada di kepala yang bisa fatal akibatnya jika gagal. Yang ingin saya tanyakan,mungkin gak kalo diagnosa itu benar?haruskah ditindak melalui operasi?dan besarkah kemungkinannya dia bisa sembuh? :( Mohon bantuan penjelasannya.. Terima kasih banyak dok. :)

  201. 201
    puspita Says:

    alo dok, salam kenal. anak saya perempuan umur 5,5 th. sudah sebulan ini selalu sakit perut setiap krg lebih 10 menit sekali, BAB susah. apakah anak saya terkena kanker usus?. selama ini, dokter mendiaknosis gejala maag, jadi selalu dikasih obat maag, tp tidak mengurangi rasa sakitnya.dari pemeriksaan lab pd urine ada eritrosit tinggi (2-4) dan feses ada eritrosit full. sedangkan pemeriksaan urine dan feses lainnya pada batas normal. pada pemeriksaan USG utk ginjal, limfa, pancreas, lambung, usus buntu, saluran kencing tidak tampak kelainan. Trimakasih dok.

  202. 202
    wilhan jaya Says:

    dok knp ya d selangkangan saya kok ada benjolan keras sepertin bakso,,, baru 4 hari di paha jg muncul lg yang lebih besar,,,
    ini penyakit ap ya dok?
    apakah tumor ganas?
    sebaiknya saya bagai mn ya dok
    saya orang tidak mampu
    kasian orang tua saya saya masih berusia 18 th,,,,

  203. 203
    yuli Says:

    yth. dr.sukma.
    anak saya (5 tahun) 2 tahun yg lalu ada benjolan di leher kiri atas belakang telinga, tidak sakit dan bisa bergerak kanan kiri. sy konsultasikan ke beberapa dokter anak katanya itu hanya sekedar kelenjar dan tidak berbahaya. tapi belakangan sy perhatikan ukurannya membesar? apa yg seharusnya sy lakukan dok? dan apa dugaan penyakitnya?trm kasih dok….

  204. 204
    agustina Says:

    slm siang dok,saya mau tanya umur saya 32thn saya ada benjolan di lehar sebelah kanan dekat bahu. saya baru ketahui waktu saya lepas melahirkan anak saya ke2 waktu ia berumur 1thn sekarang anak saya sudah berumar 3thn benjolannya makin membesar sekarang kira2 sudah sebesar telur ayam kampung.tetapi saya tidak mengalami gejala apapun dan benjolannya tidak sakit walaupun di tekan. apayang harus saya lakukan dan ke dr ahli apa jika saya mau memeriksanya? kalau boleh ibu menyarankan saya ke dr mana? saya tinggal di batam(kepri)
    terima kasih…

  205. 205
    chris verdiansyah Says:

    malam ibu dokter, saya senang membaca bahan di sini, bagaimana tertarik tidak saya tawarkan bahan pertanyaan dan materi yg lain dijadikan buku dan dijual ke umum, supaya masyarakat tercerahkan dan tahu arti ingin sehat.

    salam
    chris v/penerbit buku kompas, jakarta

  206. 206
    Kurnia Juni Says:

    anak saya berumur 2th,tulang dada kiri sangat menonjol dan pertumbuhan terhambat, apakah ada pengaruh tulang dada?

  207. 207
    Dwiana Rahayu Says:

    pagi dok, ada yang saya mau tanyakan, dibelakang telingaa saya ada benjolan kecil tapi tidak sakit, kalu di pegang agak bergoyang ke kira ke kanan..kira kira itu tumor bukan ya do, mksh atas infonya

  208. 208
    diana Says:

    Hi dok, nama saya diana seminggu yg lalu saya melakukan operasi diagnosa mammary abberant axilla right ini hari ketujuh pasca operasi,yang mau saya tanyakan adalah apakah setelah pasca operasi nantinya ini berhubungan sama kesuburan ataw susah mendapatkan anak? saya single female umur 31 thn, tq dok

  209. 209
    hendri Says:

    assmlkm bu dokter.anak saya perempuan umurny 10 tahun mengeluh payudara kirinya agak meembesar tepatny di bawah ptingny.kalau diraba/ditekan ia merasakan sakit.benjolan nya terasa kenyal..kira2 apa itu dok,tumor bukan?

  210. 210
    Rahma Says:

    selamat siang Dok,

    saya wanita berusia 28th dan akan segera menikah. Sudah lama saya memiliki penyakit keputihan dan hampir tdk pernah konsultasi ke dokter, sampai warna keputihan saya berwarna dan bau (tdk gatal)sy bekerja sbg marketing. tapi sudah 6 bln ini sy pindah kerja. skrg bekerja sbg Admin di sebuah perusahaan Kontraktor, dimana aktifitas sy tiap hari duduk terus selama 8 jam kerja. dua bulan terakhir ini saya sering mengalami sakit ditulang pinggang blakang bagian kanan (terasa nyeri,pegal)dan perut bagian bawah sebelah kananpun kadang ikut terasa nyeri. setelah sy raba ternyata ada benjolan dipinggang bagian belakang saya. saya takut nih dok. kira” sy ini knp ya dok? apakah ada kaitannya antara keputihan yg saya derita? dan apakah saya bisa hamil?

  211. 211
    irina Says:

    Halo Dr. Sukma yg terhormat, salam kenal.
    saya mau nanya nih dok, kk ipar saya baru melahirkan anak melalui operasi, tapi di bagian tulang belakang bagian bawahnya (diatas bokong) ada benjolan yg cukup besar. kira2 itu apa ya dok, apa ada hubungannya dengan meningokel? kk ipar saya ketika hamil tiga bulan terakhir kakinya bengkak dan tekanan darahnya tinggi, dan ketika diuji urinnya positif mengandung urin. tolong ditanggapi ya dokter, terimakasih…

  212. 212
    AIMI Says:

    Dok, anak saya perempuan umur 2,5 bulan, berat 5,7kg.. imun BCG tgl 12 Maret 2011, di atas paha sebelah kanan.. 1 bulan setelah imun, ada reaksi, yaitu muncul luka kyk nanah gitu, sekarang udah sembuh.. nah yg buat saya khawatir, ada benjolan di atas paha kanannya, sy baru mengetahuinya, sebesar ibu jari.. kata dokter SPBA, itu pembesaran kelenjar getah bening.. disuruh biopsi, trus di lab kan,, krn pembesaran KGB anak saya, tidak disertai dengan infeksi,panas,batuk, dsb..
    SPBA nya khawatir itu berbahaya.. menurut dokter sy harus bgmn ?? sy kasian kl anak sy harus dibiopsi, msh tll kecil untuk merasakan sakitnya biopsi..

  213. 213
    iwan Says:

    yth. dokter sukma,

    slmt malam dok, semoga dokter selalu diberikan kesehatan dari-Nya. Dok, ada yg mau saya tanyakan yaitu ada sebuah benjolan sebesar kacang di (maaf) selangkangan dan rasanya cukup nyeri terutama saat jalan kaki. sekitar thn 2002 jg muncul benjolan nyeri di lipatan siku, ketiak dan leher disertai demam. setelah diperiksa dokter internis, diputuskan hrs operasi. dan setelah dilakukan operasi tiroid di leher, semua benjolan pun hilang. menurut dokter sukma, benjolan yg di selangkangan sy itu apakah getah bening jg ? apa hrs operasi lagi dok ? sebaiknya ke internis atau langsung ke dokter PA ya dok ? terima kasih sudah meluangkan waktunya dok. salam.

  214. 214
    tia yandita Says:

    pagi dok,
    dari penjelasan ibu diatas yang sering terdapat benjolan disekitar supraclavicula itu anak yang masih kecil, tapi dalam kasus ini, yg terdapat benjolan di supraclaviculaitu bapak saya (orang dewasa)sudah diperiksa ke rumah sakit (rontgen, cek darah, dll) hasilnya adalah pembengkakan paru2. tapi setelah minum obat, tidak ada perubahan. malah sekarang benjolannya kadang mengeras, kadang lembek, dan kulitnya memerah. sebenarnya itu apa ya dok?? terimakasih sebelumnya :)

  215. 215
    Anonymous Says:

    dok,saya mau tanya… D selangkangan sbelah kiri dkat vagina ada benjolan agak lunak. Itu merupakan apa y dok? Apakah itu brbahaya?

  216. 216
    widyaningrum Says:

    halo dokter,
    saya berusia 20 tahun. ketika malam hari (sekitar jam 9an) tiba2 saya merasakan sakit di pinggang kanan, saya pikir saya masuk angin karena sering sendawa. tapi disaat yang sama pipis saya mengeluarkan darah. setelah itu saya segera memperbanyak minum air putih,keesokan harinya kencing sudah tidak berdarah tapi masih merasakan anyang-anyang dan sakit ketika pipis. pinggang kanan juga masih sakit. selain itu saya juga demam cukup tinggi.

    sebelum sakit saya sedang dalam kesibukan, sehingga sering lupa minum. dan dihari ketika mulai sakit saya hanya minum segelas di pagi hari, dan malamnya saya makan kue dengan kadar rhum yang cukup tinggi, yg kemudian selang beberapa lama pinggang jadi sakit dan ada rasa ingin kencing. apakah ada pengaruhnya dok?.

    terimakasih

  217. 217
    R MIA HERLINA PSD Says:

    dok saya ingin bertanya di atas payudara saya ada benjolan sebesar telur puyuh,,,,
    tidak terlalu sakit namun kalau malam terkadang sedikit sakit. saya mengetahui benjolan ini sejak 2 tahun yang lalu.
    saya mohon penjelasannya benjolan tersebut berbahaya atau tidah,,,
    dan solusinya bagaimana?
    terima kasih.

  218. 218
    anggre Says:

    malam dok,,
    saya punya adik yg hiperaktif dan sebulan belakangan ini saya melihat ada benjolan di belakang daun telinga sebelah kiri dan sebulan kemudian timbul disebelah kanan,,benjolan tersebut sebesar kelereng,,apakah itu berbahaya dok??
    terima kasih

  219. 219
    Sariajahdech Says:

    dok saya mau nnya nie di ketiak saya ada benjolan kelenjar dan udh 5 tahun benjolan itu semakin besar , saya belum konsultasi sama dokter karena nggak ada biaya
    saya takut sekali kalau kelenjar ini tidak dapat disembuhkan tolong bantuan yea dh0nk

  220. 220
    renal Says:

    salam dok,,sy mau tanya.saya mempunyai benjolan di telinga ,awalnya bekas tindikan tapi sudah 2 kali oprasi benjolan itu tumbuh lagi,,apa penyebabnya bejolan itu tumbuh lagi setelah di oprasi,?? trus gimana caranya penyembuhanya?? trima kasih

  221. 221
    Dr. Sukma Says:

    Hai Mia Herlina,

    Tahunya benjolan bahaya atau tidak dengan melakukan biopsi jarum halus/ FNAB. Ukuran sebesar telur puyuh itu ideal untuk dilakukan biopsi. Kunjungi dokter umum minta surat pengantar ke dokter spesialis PA untuk biopsi.

  222. 222
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anggre,

    Sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus / FNAB untuk mengetahui pasti apa benjolan itu. Minta rujukan ke dokter umum agar dilakukan biopsi aspirasi jarum halus oleh dokter spesialis PA.

  223. 223
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sariajahdech,

    Pendapat saya benjolan itu mammary aberrans. Yaitu adanya jaringan payudara diluar lokasi normal, dalam hal ini di ketiak anda. Biasa terjadi pada wanita. So, kunjungi dokter bedah agar di angkat benjolan tersebut.

  224. 224
    Dr. Sukma Says:

    Biasanya benjolan itu berupa skin tag yang tidak kambuh lagi setelah dioperasi. Coba anda ganti dokter bedah, mungkin ke Jakarta agar dilakukan dengan cermat dan sampai ke akar2nya. Umumnya bila operator smart, tidak akan tumbuh lagi. Sebaiknya jaringan operasi diperiksakan ke lab. PA untuk dilihat dibawah mikroskop apa sebenarnya daging tumbuh tersebut.

  225. 225
    retno triweni Says:

    Dokter,2juni2011 anak sy,3th,laki2,opname 5hr krn kena gejala typus dan infeksi bakteri h-pylori,smp 14hr minum antibiotik,3bln sblumnya mmg srg ngeluh skt perut apalg mlm hari. Pertanyaan sy..apakah perlu sy tes darah ulang utk anak sy,sy ngeri skali dmpak bakteri tsb bila tdk tuntas,apalagi anak sy kasian skali 14hr minum puyer antibiotik

  226. 226
    Rizal Says:

    Hallo dokter..
    Anak saya laki-laki umur 11 hari, bb 3,2 lahir operasi. Anak saya sehat dan aktif, rewel kalo dipasangi kain bedung. Ada benjolan di kedua payudaranya. Apa yg terjadi pd anak saya dok? Apa yg mesti saya lakukan? Terima kasih

  227. 227
    Dok,saya mau tanya di bagian atas bibir vagina saya ada tonjolan kecil sebesar kacang ijo itu seperti jerawat dan tidak sakit jika di tekan rasa sakitnya pun seperti menekan jerawat,itu penyakit atau hanya jerawat biasa dok? Says:

    http://www.yahoo.com

  228. 228
    Rina Says:

    Dok mau nanya :
    1. Anak saya berusia 4 th, waktu usia 10 bulan terjangkit kelenjar (kelenjarnya membesar) dan telah berobat selama 6 bulan dan dinyatakan sehat oleh dokter. sekarang anak saya berusia 4 tahun dan benjolan di leher tersebut tetap ada. apakah harus ke dokter lagi ?
    2. Pada selangkangan kiri dan kanan saya terdapat benjolan kecil sampai sekarang sudah 2 bulan masih belum hilang. penyakit apakah ini ? kalau mau berobat ke dokter bagian apa ?

  229. 229
    anwarhadi Says:

    malam dok..aku mau nanya dok..bapak saya jatuh dari pohon dok, trus bagian tulang rusuknya terasa sakit dok sampai ga bisa bangun..giman cara untuk menyembuhkannya dok…terimakasih

  230. 230
    Dr. Sukma Says:

    Halo Anwarhadi,

    Paling tepat dibawa ke bagian radiologi RS, agar ddironsen bagian tl iga yang kemungkinan patah atau tidak. Setelah dipastikan tidak ada tulang yg patah, barulah kita merasa lega, karena tidak ada yg berbahaya.

    Sekarang tinggal minum anti bengkak dan anti sakit. Minyta resep ke dokter. Ponstan anti sakit dan non flamin anti bengkak.

  231. 231
    Hadi Says:

    Selamat siang Bu Dokter, sy Hadi dr Batam,

    ada yg ingin saya tanyakan, hal ini mengenai benjolan yg ada di belakang telinga kiri putra staf saya, umur 3 tahun, berat badan kurus (ortunya membiasakan si anak tuk tirakat, pdhl NB pdhal PNS depkeu)
    informasi terakhir yg sy dapatkan via keluarganya yg sering ke rumah utk nitipkan anaknnya sementara beliau bersama si suami (staf) memeriksakan ke dokter spesialis bedah di suatu RS, diagnosanya TB getah bening , sempat diberi option, berobat selama 1 bulan atau besok lgsg operasi.
    dg berjalannya waktu si ortu ini sempat shock mendengar berita anaknya kena penyakit TB Getah bening.

    yg ingin sy tanyakan, krn trs trg kami buta ttg penyakit ini, apakah penyakit getah bening itu berbahaya, sebaiknya mereka berkonsultasi sama dokter umum/spesialis atau spesialis apa? utk smentara langkah2 apa yg hrs mereka lakukan terhadap anak itu?

    terima kasih atas perhatian Bu Dokter, kami tunggu informasi selanjutnya
    permisi

  232. 232
    Dr. Sukma Says:

    Halo Hadi,

    Dari tulisan anda yg panjang itu TBC kelenjar benar adanya. Untuk membuktikan hal itu sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus/ fnab thd benjolan tsb asalkan diameternya sudah satu centimeter keatas. Sebab kalau masih kecil, akan sulit melakukan biopsi, apalagi pada anak kecil yg sudah pasti akan goyang2/ berontak saat dilakukan fnab.

    Bila benjolan cukup besar, dua cm keatas, sebaiknya dianghkat/operasi sekalian diperiksa lagi histo-PA untuk meyakinkan itu benar proses radang TBC. Baru setelah dipastikan proses TBC baru minum obat anti tuberkulosis/ OAT. Obat ini diminum minimal selama 6 bulan, bisa lebih tergantung keadaan klinisnya.

    Pertama ke dokter umum minta dirujuk ke dokter spesialis PA untuk dilakukan biopsi fnab. Hasil pem fnab lalu dibawa ke dokter spesialis anak agar diberikan terapi sesuai hasil fnab.

  233. 233
    Yuli Says:

    Selamat malam Dr. Sukma. Saya ingin bertanya mengenai benjolan. Awalnya yang terdapat pada selangkangan kanan saya adalah jerawat kecil namun mengeluarkan darah kalau dipencet. Namun skrg menjadi agak sedikit lbh besar menyerupai benjolan kecil. Itu berbahaya/tidak dok dan bagaimana untuk menghilangkannya karna kalo terkena tekanan sedikit aga terasa perih. Terimakasih Dr. Sukma atas perhatiannya.

  234. 234
    Elly Says:

    Hi Dokter Sukma,
    Saya mau tanya,anak saya sejak berumur 2 bln sudah saya dapati benjolan di atas alis sebelah kirinya.skrg anak saya berumur 5 bln dan benjolan itu tetap dengan ukuran yg sama,dalam arti tdk membesar.saya sudah bawa ke dr.specialist tp dr.juga tdk tau benjolan apa itu,dia hanya menganjurkan untuk operasi bila ingin mengetahui benjolan itu tp bisa juga tunggu beberapa bulan lg untuk melihat perkembangannya.Saya masih bingung,apa benjolan itu dr.mohon saran dan infonya.
    Thank You…..

  235. 235
    Dr. Sukma Says:

    Hai Elly,

    Sebaiknya diobservasi saja, lihat dan perhatikan perkembangannya. Jangan dipegang2 atau ditekan karena akan merangsang pertumbuhannya menjadi lebih cepat. Cukup dilihat dan diamati dari hari ke hari. Bila menurut pendapat anda benjolan tumbuh cepat, barulah dibawa ke dokter bedah anak untuk konsultasi dan diambil tindakan yg diperlukan.

    Jangan cemas, benjolan itu tidak berbahaya dan TIDAK memerlukan tindakan segera/ cepat.

  236. 236
    lugi Says:

    Hallo dokter,,dikter anak laki laki saya 3 tahun 5 bulan,sejak lahir tulang dada bagian depan nya agak menonjol,,mirip dada burung,,anak saya kenapa ya dok,,normal kah itu?terimakasih dokter,,

  237. 237
    lita Says:

    hallo dokter,
    dokter saya punya benjolan di pipi sebelah kiri, benjolannya kecil, mobile,tidak sakit, tidak merah dan tidak terlihat benjolan, benjolannya baru terasa jika di raba,dan tidak menggangu aktvitas, benjolan itu sudah ada sejak saya duduk dibangku SD,dulu sy pernah mengeluh pd ayah sy dan kt beliau,itu kelenjar dan jg dipegang2 nnti membesar dan benjolanny jg nt hilang sendiri,tp tnp sy sadari minggu2 ini sy mulai menyadari kembali bahwa benjolan tsb belum hilang jg stelah 13 tahun, apakh benjolan tsb dokter, mohon penjelasaanny, apkah perlu dilakukan pengangkatan thd benjolan itu?

  238. 238
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lugi,

    Yang paling mungkin dada burung tanpa gejala lain disebabkan kekurangan vitamin D. Berikan anak anda minyak ikan atau Scotch’s Emulsion sesuai anjuran dalam botol. Sambil sering dibawa berjemur dibawah matahari pagi jam 8-9 pagi. Jangan sianghari/ melewati jam 9 pagi agar terhindar dari sinar ultraviolet yg berbahaya.

  239. 239
    Dr. Sukma Says:

    Hai lita,

    Untuk sementara sebaiknya diobservasi dulu aja benjolan dipipi anda tsb. Bila nanti membesar dan mulai mengganggu penampilan, barulah dilakukan operasi kecil mengangkat benjolan tsb. Untuk tujuan itu kunjungi dokter bedah plastik atau bedah umum.

  240. 240
    mei Says:

    pagi dok……….

    saya mw tanya, teman saya mengalami benjolan pada sebelah pergelangan kakinya & di telapak tangannya sebelah pergelangan ibu jari, kr2 sakit apa y dok???trus klo mw berobt tjuannya k dokter spesial apa y???

    Mohon jawbannya. terimakasih.

  241. 241
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mei,

    Kemungkinan benjolan yg anda tulis itu kelainan yg disebut ‘ganglion’. Jadi hubungi dokter bedah umum agar dilakukan operasi pengangkatan ganglion. Operasi kecil dan dalam waktu kuang dari setengah jam.

  242. 242
    Febri Says:

    Hallo Dokter Sukma,

    Saya, pada hidung saya bagian dalam (posisi dekat lubang hidung bagian kiri), ada benolan keras yang semula hanya kecil, tapi sekarang menjadi besar.Kalau dipegang,…benjolan ini seperti tersambung ke bagian gigi depan saya (terasa nyeri dr benjolan sd gigi depan kiri). Sebelum muncul benjolan ini,..saya memang melakukan tambal gigi depan (dibor dan ditambal), seminggu setelah penambalan tidak ada keluhan. Namun selanjutnya,..gigi depan menjadi sangat sakit selama beberapa hari,..seolah olah ada beban seberat 1 Kg di gigi, kesenggol dikit sakit sekali. Setelah sakit gigi hilang, muncul benjolan dihidung, yg terasa berdenyut sampai gigi depan. Sudah saya periksa ke dokter umum, katanya tidak masalah, dikasih obat jalan. Selama mengkonsumsi obat, benjolan mengecil, namun setelah obat habis, benjolan kembali membesar. Saya pindah ke dokter umum yg lain utk second opinion, dan kembali dikasih obat minum. Selama diminum memang benjolan juga mengecil, namun tdk hilang. SEkarang obat sdh habis sekitar 10 hr yg lalu, dan benjolan kembali membesar dan terasa berdenyut .Mohon saran…apa yg harus saya lakukan? Ke dokter THT, dokter gigi atau apa dok? Saya takut benjolan ini menjadi kanker ganas juga.

    Salamiin

  243. 243
    aan Says:

    sore dokter saya mau tanya..
    obat yang ampuh untu menghilangkan tanda lahir seperti toh yang bewarna coklat, apa?
    kalau dihilangin pakai laser kira berapa biayanya dok,
    erima kasih jawaban anda segera aku tunggu.

  244. 244
    Dr. Sukma Says:

    Halo Aan,

    Obat penghilang tattoo, tanda lahir, dst tidak ada. Dengan sinar laser beaya kurang lebih 1000 US $ atau sekitar 8,6 juta rupiah.

  245. 245
    Dr. Sukma Says:

    Halo Febri,

    Sebaiknya segera ke dokter THT. Kemungkinan benjolan itu polip, atau papilloma, dst yang adalah tumor jinak. Biasanya benjolan akan diangkat/ dibuang serta diperiksa PA. Tergantung hasil diagnosis dokter SpPA kalau tumor jinak terapi cukup sampai disitu. Kalau ganas nanti ada protokol pengobatan dr. THT.

  246. 246
    rudyanto djaputra. Says:

    Halo Dokter Sukma,anak saya perempuan ,berusia 20 th,ada benjolan dibawah telinga kanan pas sambungan rahang atas/bawah kira kira sebesar diameter 2 cm,sudah mulai kurang lebih 4 th yang lalu mulanya sebesar jerawat.Jadi menurut Dokter sebenarnya itu benjolan apa,apa penyebabnya,. dan bagaimana cara penanganannya ?.Saya mohon petunjuk dari Dokter,sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih

  247. 247
    Dr. Sukma Says:

    Hai pak Rudyanto D,

    Sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus/ fnab pada benjolan putri anda. Fnab biasanya dilakukan oleh dokter spesialis PA/ patologi anatomik. Untuk itu kunjungi dokter umum minta dirujuk ke dokter spesialis PA. Diagnosis atau hasil pemeriksaan fnab kemudian dibawa ke dokter bedah atau dokter internist, sesuai diagnosis dokter PA. Untuk ini anda bisa tanyakan ke dokter spesialis PA kemana hasil pem biopsi harus dibawa: bedah umum atau internist ?

  248. 248
    Yudha Says:

    Ass Dr.Sukma,
    Di wajah saya sejak 4thn yg lalu ada benjolan yg menonjol warnanya sama dengan warna kulit wajah saya lainnya, tidak sakit, tidak ada bintik merah seperti jerawat, kira2 itu penyakit apa ya dok? Saya juga belum pernah memeriksanya, saya biarkan saja tp ko lama2 ga hilang juga. Awalnya memang wajah saya berjerawat sampai sekarang. Terima Kasih dok.

  249. 249
    mei Says:

    pagi dok……..

    makasih atas jwbannya, tp apa resiko gonglion kl tdk d operasi & apa resiko paska tidak stlh operasi?????

  250. 250
    Jenn Says:

    dokter.sukma
    di bawah telinga kiri diatas leher (sudah didaerah dagu gitu)
    Ada benjolan kecil..
    kalau misalnya hadap ke kanan, benjolan tersebut kelihatan,
    Kira”itu penyakit apa ya dok?
    Berbahaya tidak?
    Apakah dapat menyebabkan kematian?

  251. 251
    aan Says:

    bunda dokter tanya lagi.
    selain laser dan operasi tanda lahir ( toh coklat ).
    apa ada apat / saleb yg bisa ngilanginnya?
    terus harganya sekitar brp bun??
    senang bertanya dengan bnda dokter yg baik ^_^

  252. 252
    Puspita Anggraeni Says:

    Halo Dokter Sukma….saya mau nanya. Sekarang ini saya sering merasakan pusing2 dan badan jg pegal2. Apa ini disebabkan oleh benjolan yang ada di belakang telinga saya ya…Benjolan ini sudah lama ada dari saya SMP dsamapi usia saya sekarang 32 thn. Saya takut ke Dokter karena takut dengan hasil diagnosanya. Tolong diberikan petunjuk ya dok… Terima kasih

  253. 253
    aprie Says:

    Sore dok, anak saya 8 bulan ada benjolan di kepala bagian bawah dibelakang leher..dari bayi sudah ada pernah tanyakan ke dsa katanya selama tidak membesar tdk apa2..tapi sampe sekarang masih di kanan dan kiri, sekedar info anak saya terkena tortikolis kiri..apakah benjolan tsb pengaruh dari tortikolisnya?utk tortikolis saat ini masih fisioterapi.saya khawatir banget dok..mohon jawabannya..thx

  254. 254
    Anonymous Says:

    hai dok slam knal,nma sya cip,sya gdis brusia 19 tahun,,,,tlang iga saya d sebelah kiri membesar dok d bandingkan d sbelah kanan dan lher sya jga mngalami sdikit pembekakan dan sya sring mngeluarkan dahak yg brwarna kuning,,,,hmpir stiap hari sya mngeluarkan dahak sperti itu dok,,,kra2 saya mnderita skit apa dok,tlong ksi sya solusi na dok

  255. 255
    Rina Says:

    Dok saya mau tanya didalam hidung saya sebelah kiri atas terasa ada benjolan daging,tidak terasa sakit,apakah benjolan tsb berbahaya dok? Awalnya saya pikir jerawat tp kok ga terasa sakit? Udah ada sktr 1 mingguan ini dok.. Kalo saya memasukan jari saya kedalam hidung baru benjolan tsb terasa tp dr luar tdk terlihat apapun,mhn jwbnnya ya dok trmksh..

  256. 256
    yuni Says:

    halo dr.sukma..saya mahasiswi umur 21 th ingin bertanya..sudah seminggu lebih asam lambung saya meningkat.saya sudah dtg ke dr.umum,diberi promaag dan ranitidin.sebelumnya saya memang menderita sakit maag.namun,kejadian kali ini lebih parah karena setiap makan nasi saya mual hebat sampai2 memuntahkan apa yg saya makan.saya kembali ke dr.umum diberi ranitidin dan obat mual.alhamdulillah saat ini asam lambung berkurang dan tidak mual lagi.kemudian saya minum obt herbal habbatussauda atau nigela sativa.sekarang saya merasa setiap bgun pagi perut saya serasa diremas2 sebelum buang angin.
    Kenapa ya dok?
    Selain itu di perut kiri atas terasa nyeri kalau sdh wktunya saya harus makan.tpi sesudh mkan perut terasa penuh hgga sulit bernafas.setelah saya raba,kok sepertinya tlg rusuk kiri saya lebih tinggi dibanding yg kanan.apa ada kelainan dok?
    Selain itu saya merasa punggung kiri ngilu sesekali,mohon penjelasannya ya dok.
    Terima kasih sebelumnya.

  257. 257
    sofian Says:

    hallo dr.sukma..saya mengalami benjolan di leher kiri dan kanan dan juga di selangkangan..saya umur 23thn.
    saya sudah lama menderita penyakit ini 5 thn..saya uda mencoba rumah sakit,alternatif dan juga obat herbal.tapi smp skrng blm ada perubahan.saya harus bagaimana dr.sukma untuk mengatasi penyakit ini.tx

  258. 258
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sofian,

    Dari apa yg anda tulis, secara teoritis mengindikasikan ke arah limfoma. Namun hal ini perlu dibuktikan dg melakukan FNAB/ biopsi jarum halus serta pemeriksaan MRI untuk melihat apakah kelenjar getah bening(KGB) dibagian dalam seperti para aorta dan mesenterium juga membesar. Bila membesar dan diagnosis FNAB adalah NHL/ non-Hodgkin Lymphoma diserta pemeriksaan darah tepi ditemukan banyak sel2 muda/ blast cells maka sangat confirmed limfoma.

  259. 259
    Akhmad Says:

    Ibu..dokter ..saya mau tanya.., 2 bula yang lalu secara tidak sengaja terjadi pembengkakakn di kandung kemih sebelah kiri, dan baru minggu ini aku mengalami keluar darah dari ujung penis, bersamaan dengan kencing..darah nya agak beku …, hal serupa pernah terjadi , 8 bulan yang lalu..tetapi pada saat saya berhubungan intim, darah yang keluar bersamaan dengan sperma..mohon penjelasan dan pencerahan ibu..Terima kasih.

  260. 260
    teddy Says:

    dok,baru2 ini muncul benjolan di bawah telinga dan sudah seminggu ini membesar,skarang sdh berdiameter -+ 2cm,di tengah2 benjolan ada cekungan seperti terisi air.kira2 itu apa ya dok?.mohon sedikit penjelasannya.sebelumnya saya ucapkan terima kasih.tolong kirim penjelasannya ke email saya.

  261. 261
    endang Says:

    Dear Dr. Sukma,

    beberaoa bulan ini saya baru menyadari bahwa ada benjolan keras (seperti tulang) di atas tulang selangka (clavicle) di ujung sebelah kanan. Tadinya saya mengira itu tulang tetapi beberaoa minggu ini kalau ditekan dengan keras, benjolan tersebut menghilang dan beberapa jam kemudian akan muncul lagi. Kira-kira itu apa ya Bu, lalu saya harus pergi ke dokter spesialis apa untuk menge-cek benjolan tersebut berbahaya atau tidak.

    Terima kasih

  262. 262
    Ivana Says:

    Selamat malam,Dr. Sukma. Sy seorang gadis berusia 23 thn. Sudah hampir 1 bulan saya merasakan ada sesuatu yang tidak benar pada lambung saya. Awalnya sakit kepala yg hebat, sesak napas dan bdn panas dingin3x…Sy udh ke dokter internis beserta tes darah lengkap dan dinyatakan negatip tipus namun di sisi lain sy memiliki trombosit abnormal di mana jumlah trombosit melebihi batas normal..Slain itu, dikatakan sy terkena infeksi usus. Pengobatan udh berjalan dan selesai 2 minggu lalu…Ttapis sekarang2 malah saya merasakan ksulitan bernapas disertai perih pada lambung serta terdapat benjolan yg kadang muncul dan hilang persis di atas pusar…Gejala apakah itu,Dok?

  263. 263
    Beli Harga Emas hari ini Says:

    Jual Harga Logam mulia …

    [...]Dr. Sukma Merati » Blog Archive » Perhatikan benjolan diatas clavicula, tulang iga paling atas, biasanya anak sebar tumor ganas[...]…

  264. 264
    Hanny Says:

    Hi Dok,saya mo minta petunjuknya nee,sya punya benjolan dileher kanan sya,dah periksa kedokter bedah dah dironngent dan periksa darah,semua hasilnya bagus kecuali laju endap darah yg tinggi,dokter ingin diopersi untuk pemeriksaan lebih lanjut…jujur sya agak takut,benjolan itu ada 2 dok…pa pengangkatan itu ga mengerikan dok??? makasih.

  265. 265
    Cara menghilangkan jerawat Says:

    Cara menghilangkan jerawat…

    [...]Dr. Sukma Merati » Blog Archive » Perhatikan benjolan diatas clavicula, tulang iga paling atas, biasanya anak sebar tumor ganas[...]…

  266. 266
    citra Says:

    met pgi doktr. sy mau nanya,,, mff ya dok, udh mrpotkn. sy mhsswa, umr sya bru 21, sya dok, mau nanya, d bgian leher, klo pd laki~laki sprti jakung, koq sya wnita ad sprti itu tpi dok, daerah knan, klo d raba sprti dging yg mnonjol. mhon dok, in kanker ato tumor?

  267. 267
    ahmad Says:

    Dokter, nama saya ahmad dari jateng… Mau nanya, anak saya cowok umur 22 bulan hampir 2 tahun… Tulang dada anak saya kok terlihat agak menonjol keliatan sekali kalo pas tidur kenapa yah? Itu kami dapatkan sejak lahir dan dokter anak yg kami tanyakan smua jawabnya sama “tidak apa2 nanti kalo suidah besar dan gemuk tidak keliatan”… Apakah ada kelainan dok? Terus solusinya gimana? Kalo saya harus konsultasi ke dokter specialis apa yah? Terima kasih…

  268. 268
    riko Says:

    dok,nama saya riko umur 29th,mau tanya dok,,ada benjolan mf sebelumnya di belahan pantat saya dok,,tp saya raba2 kayak ada benjolan tulang yg tidak rata sehingga membentuk benjolan itu,,???makasih sebelumnya dok.

  269. 269
    chelsea Says:

    bu dokter,saya punya tmen cwe,,
    dia sering ngeluh ada benjolan di atas payudara sebelah kirinya,,,kta’x sie sakit kalau di pegang,,
    payudara yang da benjolann’x lebih kenceng daripada yang gak da benjolannya n letaknya di sebelah kiri…
    terus dia udah ada benjolan itu dah ada 2 tahun,,,bahaya gak dok???tolong jawab

  270. 270
    Hanum Says:

    Malam dok…
    Saya mau tanya,anak saya baru 5 bulan dan saya baru tahu kalo di belakang telinga kiri mungkin di tulang tengkuknya ada benjolan kecil. Kalo saya pegang,dia tidak merasa kesakitan.
    Apa itu ya dok? Apa otot-otot yang mengkerut ya dok? Karena dia sudah tengkurap dan banyak sekali tingkahnya..
    Saya takut kalo itu penyakit yang aneh2.. Mohon infonya dok.. Terima kasih

  271. 271
    Nelda Says:

    Sore dr.sukma.saya berumur 30th.belakangan ini saya merasa ada benjolan di tengah tengkuk bagian atas kira-kira sebesar telur puyuh.dari benjolan tidak menimbulkan rasa nyeri.yg ingin saya tanyakan apa berbahaya?sebelumny saya ucapkan terima kasih.

  272. 272
    heri Says:

    selamat siang dok,.

    Saya mau tanya gejalanya kanker otak itu apa ya dok?

  273. 273
    irma Says:

    Sore dok.anak laki2 sy umur 12 thn berat 40kg tinggi sesuai umur.payudaranya kelihatan lebih besar.apakah normal?terimakasih

  274. 274
    misra Says:

    hai dokter

    bayi saya sekarang umurnya 4,5 bulan. saat umurnya 1 bulan ada benjolan keras di leher samping kanan, sehingga iya susah menghadap kekanan, sampai 2 bulan tetap begitu, kemudian saya bawa ke dokter anak, dan di USG, hasinya urat leher anak saya itu panjang sebelah kanan dari pada yang kiri, kemudian dikasih salap thrombophob gel heparin sodium. sekarang anak saya bisa menoleh kekanan tetapi tidak full seperti yang dikiri,
    1. benarkah menurut dokter seperti itu adanya ?
    2. menurut dokter itu apa, dan berbahayakah, bagaimana mengobatinya ?
    3. dimana saya bisa konsultasi secara langsung sehingga dapat memperlihatkan hasil hasil USG ?

    terima kasih dok,

  275. 275
    amellie Says:

    Dear ibu dokter,

    Saya 23th, punya benjolan kecil berwarna hijau kebiruan di bawah tulang dada sebelah kanan. Udah bertahun2 dan tidak sakit. Besarnya kira2 sebesar kacang hijau.. Bertahun2 Saya biarkan saja karena saya kira hanya benjolan biasa. Tp baru 2 hari ini benjolannya tiba2 sedikit membesar dan kalau dipegang terasa agak ngilu seperti bengkak. Saya jd takut dan khawatir.. Kira2 ini benjolan apa ya dok? Berbahayakah? Sy harus periksa kmn?
    Terimakasih atas bantuannya dokter..

  276. 276
    amellie Says:

    Dear ibu dokter,

    Saya wanita 23th, punya benjolan kecil berwarna hijau kebiruan di bawah tulang dada sebelah kanan. Udah bertahun2 dan tidak sakit. Besarnya kira2 sebesar kacang hijau.. Bertahun2 Saya biarkan saja karena saya kira hanya benjolan biasa. Tp baru 2 hari ini benjolannya tiba2 sedikit membesar dan kalau dipegang terasa agak ngilu seperti bengkak. Saya jd takut dan khawatir.. Kira2 ini benjolan apa ya dok? Berbahayakah? Sy harus periksa kmn?
    Terimakasih atas bantuannya dokter..

  277. 277
    Dr. Sukma Says:

    Hai Amellie,

    Kunjungi dokter spesialis kulit nanti akan dibereskan.

  278. 278
    stan Says:

    dok saya mau tanya, tepat di samping kiri tengkuk leher blakang saya ada benjolan kecil (sudah lama skitar 6 bulan)..
    seminggu terakhir karena pnasaran saya coba tekan2 sehingga skg menjadi sakit sedikit benjolan tersebut.

    mohon petunjuknya apakah benjolan tersebut, dan mohon petunjuk berikutnya apa yang saya harus lakukan..

    untuk pengecekan TB kira2 cek di RS mana yang dianjurkan oleh dokter di daerah jakarta ?
    dan biaya nya kira2 berapa ya dok?

  279. 279
    mei Says:

    Hai dok , saya wanita 21 th mau tanya
    sudah beberapa bulan ini saya merasakan ada benjolan yang letaknya di telinga dekat dengan pipi (dekat jambang), saya sempat berkonsultasi dengan dokter kata dokter tersebut hanya infeksi/karena sedang tumbuh gigi dan sudah diberikan obat untuk menghilangkan benjolan tsb ,tapi blm ada tanda2 mengecilnya benjolan tsb. Kira2 disebabkan oleh apa ya dok benjolan tsb?
    Trimakasih.

  280. 280
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mei,

    Saebaiknya anda baca juga tanya jawab sebelunya dlm postingan ini. Untuk mengetahui apa benjolan tsb biasanya dilakukan fnab yaitu fine needle aspiration biopsy / biopsi aspirasi jarum halus. Biasa dilakukan oleh dokter SpPA yaitu spesialis patologi anatomik. Setelah ada diagnosis PA, barulah diberikan terapi yg sesuai untuk diagnosis tsb.

  281. 281
    Frida Says:

    malem ibu dokter sukma yang cantik,,
    kebetulan pada leher anak saya yg usianya 2,4 bulan juga terdapat benjolan pada rahang bawah sebelah kiri,klo saya raba ada lebih dari 1,dan ada 1 yg ukurannya sebesar biji salak.
    biasanya kelenjar tersebut terlihat jelas saat anak saya demam terus disertai gatal2 seperti biang keringat di seluruh tubuhnya.
    saya pernah ke dokter dan dibilang radang karena infeksi/virus,saya hanya diberi anti biotik.
    bahaya ga si dok untuk tumbuh kembang anak saya,apakah klo memang menderita tb kelenjar harus selalu disertai batuk,dokter spPA apakah hanya ada di jakarta?,apa yang harus saya lakukan?

  282. 282
    joe Says:

    selamat mlam dok
    Saya langsung to the point aja ,saya mempunyai benjolan di kepala selebar ujung jari dan tebal 0,4cm ,benjolan itu sudah dari lahir tapi tidak nampak sprti skrg dan sering saya garuk dan kluar darah tapi sedikit
    Dan di benjolan itu tidak di tumbuhi rambut apakah itu tanda lahir atau apa?
    Dan apakah bisa di hilangkan?

  283. 283
    Fifi Says:

    Salam kenal Dok, saya Fifi. Mau tanya dok, di bahu kiri (dekat tulang bahu) mama saya baru2 ini ditemukan benjolan lembek, tidak sakit. Sudah konsul ke dokter umum, katanya kemungkinan infeksi, diberi obat infeksi, dan diminta tunggu sebulan. Apa yg harus kami lakukan? Terima kasih sebelumnya.

  284. 284
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fifi,

    Minum obat antibiotik selama 5 hari.. Bila tidak ada perubahan/ benjolan tidak mengecil, sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus/ fnab. Asalkan ukuran/ diameter benjolan minimal satu cm.. Dari pem fnab nanti akan dapat diketahui apakah hanya radang atau tumor jinak dan lain2.. Fnab dilakukan dokter spesialis PA (patologi anatomik).

  285. 285
    Shinta Says:

    Sore dokter Sukma,

    Saya mau tanya dok, 1,5 tahun lalu, saya melakukan FNAB di RS Borromeus, karena ada benjolan di leher sebelah kanan, kemudian hasil lab menunjukan tidak ada sel – sel ganas, lalu saya di beri obat dan benjolan mengecil, kemudian 1 bulan yg lalu, bekas suntikan FNAB tiba – tiba terasa sakit dok, dan tumbuh benjolan lg di tempat yang sama dan bertambah benjolan lagi di rahang atas sebelah kanan dekat telinga. menurut dokter apa yang harus saya lakukan? jujur saya bingung dan khawatir dok.
    terimakasih banyak dok.

  286. 286
    yudha Says:

    dok,,anak sy di leher sebelah kanan di bwh telinga terjadi pembengkakan. tp bkn gondongen,,knpa ya?? sy sdh pts asa menghadapi nya,,tiap hari makin membengkak. kmren sdh periksa k dktr pembuluh darah tp kata nya ga ada apa2,, sebenar nya penyakit apa sih dok yg di alami anak sy??

  287. 287
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yuda,

    Sebaiknya kunjungi dokter umum minta dirujuk ke dokter spesialis PA(patologi anatomik) agar dilakukan biopsi jarum halus / fnab. Asalkan benjolan ukurannya melebihi 1 cm. Kalau terlalu kecil sulit mengerjakan biopsi, sehingga hasilnya kurang akurat. Diagnosis fnab akan dijadikan dasar terapi untuk menyembuhkan kelainan tsb.

  288. 288
    willies Says:

    Dear Dr. Sukma

    dok anak saya umur 7,5 bulan.baru-baru ini saya menemukan benjolan di belakang telinganya.ada juga benjolan dileher belakang agak ke atas di kanan maupun kirinya.agak kuatir coz takut kelenjar getah bening.

    hari ini saya telp ke bidannya, yg menjawab sih asistennya. katanya pada usia tersebut benjolan bs terjadi bila anak sedang sakit panas, demam maupun flu.& bs hilang kalau anak sdh sembuh. dia tdk bs mangatakan apa-apa sblm dperiksa dl.

    memang saat ini kondisi anak saya sedang agak pilek, padahal saya sedang dlm kndisi tdk skt.mgkn dia t’tular lwt jl lain x ya bu?
    saat ini sih pileknya sdh hampir hilang, tp saya p;hatikan benjolannya masih ada & yag dibelakang telinga lumayan menonjol

    bagaimana ini bu?apa yg harus saya lakukan? mohon penjelasannya. terima kasih

  289. 289
    tari Says:

    dok saya mau tanya, saya memiliki seorang adik berumur 7 tahun,di bagian dada sebelah kiri adik saya terdapat benjolan, menurut dokter itu belum tentu kanker, tetapi harus diangkat secepatnya. apakah itu termasuk tumor dok? lalu mengapa bisa terjadi pada anak usia 7 tahun?

  290. 290
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tari!

    Setiap benjolan disebut tumor. Tumor bisa disebabkan radang atau neoplasma/ kanker. Dan neoplasma ada yg jinak dan ada yg ganas. Begitu garis besar pengertian istilah2 tsb.

    Tumor bisa mengenai siapa saja: laki dan perempuan, umur berapa saja : bayi, anak, remaja, dewasa dan tua. Sedangkan kanker / neoplasma ganas UMUMNYA lebih banyak pada orang tua. Meskipun bayi, anak dan remaja bisa juga terkena kanker ganas, hanya jumlah/insidensinya jauh lebih rendah dibanding orang tua.

    Mengenai benjolan adik anda bisa berupa lipoma, atau akibat radang spsifik/TBC maupun non-spesiik… Periksakan ke dokter anak, kalau perlu dilakukan biopsi jarum halus/ fnab untuk tahu pasti apa benjolan tsb.

  291. 291
    morrys Says:

    hiii dok salam kenal

    saya mau tanya, saya mempunyai benjolan di dada sebelah kanan, benjolannya berwarna kebiru-biruan, ukuran benjolannya sekitar 1 cm, awal timbulnya benjolan ini karena rasa gatal didada saya, terus saya garuk dan mulailah timbul, tapi ini sudah setahun lebih tidak bertambah lagi ukuranya dan bila dipegang atau ditekan tidak terasa sakit.

    1. apakah ini berbahaya bagi saya?
    2. nama penyakitnya apa?
    3. kalau bisa diobati? pakai obat apa dok?

    tolong di balas ya dok, saya sangat membutuhkan saran dokter. TERIMA KASIH BANYAK DOK

  292. 292
    Dr. Sukma Says:

    Halo Morrys,

    1. Tidak berbahaya. Jangan digaruk-hgaruk/ dipegang/ ditekan
    2. Kemungkinan hemangioma, tumor jinak pembuluh darah vena
    3. Tidak ada obat khusus.. Kalo nanti besar dan mengganggu harus dioperasi mengangkat benjolan tsb.

  293. 293
    anisa Says:

    haloo dokter sukma :)
    dok, saya didiagnosis sama dokter terkena neoplasma sekunder of brain dan ensefalitis.. tapi sayangnya dokter saya tidak mau menjelaskan penyakit apa yang saya derita itu, dokter hanya menjelaskan itu kepada orang tua saya, orang tua pun tutup mulut rapat2 tentang sakit itu… dokter bisa bantu saya menjelaskan apa sakit yang saya alami? terimakasih banyak dokter sukma :)

  294. 294
    nana Says:

    halo dokter…
    anak saya, usia hampir 4 th, perempuan..beberapa hari ini sy perhatikan di dekat hidung sebelah kanan terlihat lebih besar dan kalo sy raba agak keras. kira-kira 3 minggu yg lalu gigi kanan atas bengkak, dan seminggu kemudian ditambal. tapi seminggu setelah ditambal di dekat hidung tsb, di bwh mata agak bengkak, tp hari berikutnya sudah kempes. sy kira dari giginya tp kata anaknya gigi tidak sakit dan makan seperti biasa. 2 hari kemudian sy konsult ke dokter giginya katanya gigi dan gusinya tidak apa2 jd bisa sj krn hal lain. memang sampai hari ini tidak apa2, tp kalo saya perhatikan dengan seksama berbeda dengan yg kiri dan sy raba agak keras. sy bingung sy periksakan kemana. mohon penjelasannya.
    trimakasih dokter..

  295. 295
    oche Says:

    salam kenal dokter.. sdh hampir 2 minggu ini saya merasakan sakit di sekitar tulang atau otot dada saya,andai diambil garis tengah posisi sakitnya sedikit disebelah kanan dok.. awalnya sangat terasa sakit jika saya tidur menghadap ke kanan,tp setelah diurut rasa sakitnya berkurang tp sampai saat ini andai saya tekan sdikit keras tulang atau otot dada saya masih sakit.tp saya sama sekali tidak mengalami sesak atau sakit saat bernafas.. mohon beri penjelasan apa & kenapa dokter.,dan mohon saran nya juga. terima kasih sebelumnya dokter sukma.

  296. 296
    awan Says:

    mau tanya dok, ini saya merasa ada benjolan di bawah kulit pangkal leher sebelah kiri dan agak perih saat disentuh,, ini berbahaya atau tidak ya ?

  297. 297
    raja Says:

    haii dokterr,,lam kenal
    mau konsul ne bu dokter,,,
    1.apakah hal yg wajar klo putra kami pd wkt umur 2 bln jakunnya dah mulai kelihatan benjolannya bu dokter ?
    2. klo ntu bukan jakun,benjolan tersebut apa ya bu dokter? ( Benjolan tersebut keras sama persis sprti jakun yg saya miliki,namun smpai putra kami saat ini usia 10 bln,benjolan tersebut tidak bertambah besar)
    Mohon bantuan penjelasan dr bu dokter
    klo kami hrs cek , ke dokter apa ya buk dokter ?

    smg dokter sll dlm keadaan berbahagia…t ksh..

  298. 298
    Dr. Sukma Says:

    Hai Raja,

    Sebaiknya ananda dilihat lansung oleh dokter spesialis anak. Nanti akan diketahui apa sebenarnya benjolan itu.

  299. 299
    Wahyu Says:

    Saya mau tanya dok kemarin anak saya, saya bawa ke dter anatomi atu apalah saya kurang memahami pkok e ada tulisan spa gitu. Setelah diperiksa hasil kesimpulanya adalah Lymphadenitis Tuberculosa nah saya kurang paham dngan pnjelasan dr dokter tersbut karna anak saya nangis jd kurang bgitu memahami jd saya mohon penjelasan dari anda bu dokter, itu penyakit apa? Kk pengobatanya harus 6bln.

  300. 300
    raja Says:

    dear dr ,salam bahagia

    Mengenai benjolan d leher(dekat jakun)putra kami raja kami sudah periksakan k dokter d slh satu RS d Pekanbaru buk dokter,utk tindakan pertama putra kami d USG,hasilnya menurut dokter tsb kmungkinan kista atau thyroglosus dan mungkin saja curcoid itu sndiri,,.krn dokternya blm yakin dg hsl tsb,beliau menyarankan utk d lkkn CT scan contras atau Biopsi..mohon sarannya bu dokter,tindakan mana yg lebih baik? krn mengingat anak kami msh usia 10 bln.Dan apabila ternyata hasilnya kista atau thyroglosus,apakah ada cr lain slain dari tindakan operasi bu dokter?.t ksh .

  301. 301
    Dr. Sukma Says:

    Halo Wahyu,

    Artinya secara singkat TBC kelenjar. Yaitu radang oleh kuman TBC yang mengenai kelenjar getah bening. Biasanya TANPA disertai TBC paru. Meskipun paru tidak kena, namun terapi standar untuk radang TBC yaitu MINIMAL selama 6 bulan. Tujuannya agar seluruh kuman TBC didalam tubuh (kelenjar getah bening dan aliran darah dan organ lai kalau ada) benar2 mati semua alias eradikasi kuman TBC.

  302. 302
    Wahyu Says:

    Terikasih bu atas penjelasanya.. Tapi saya mau tanya lagi bu tentang benjolan yang ada di kening anak saya yg semula hanya merah biasa, wktu itu umur lima hari dan setelah anak saya umur 1,4th ini, menjadi benjolan yg lumayan besar, apakah benjolan itu disebabkan oleh faktor yg sama atau ada faktor yg laen bu? Pernah juga saya priksakan kedokter waktu itu umur 8bln katanya itu hemanium. Tp wktu itu tanpa melakukan uji anatomi.. Jadi kesimpulan yg kmrin itu didapat dari benjolan yg terdpt dileher anak saya dan sudah dibedah,. Wktu saya ke dokter sppa itu saya tanyakan juga katanya itu pembekakan pembuluh darah.. Yg membuat saya bingung apakah hemanium itu atau pembekakan pembuluh darah yg disebabkan oleh faktor yg sama,? Sekali lagi Mohon penjelasan tetang penyakit anak saya ini bu ? Dan bgaimana solusi terbaiknya bu? Saya ini seorang bpak muda yg penghasilan minim dan gk tau harus bagaimana.. Terimakasih sebelumnya bu,,..

  303. 303
    windz Says:

    Mlm dok..saya mau tnya soal penyakuit pacar saya..harap segera di balas ya..pacar saya berumur 25th.dia mengaku punya sakit liver,jg di jantungnya kadang2 muncul rasa berdebar2 dan sakit.kl sudah begitu biasanya,muncul benjola sebesar telur puyuh di perut sebelah kanan bawah..kadang juga mimisan.tp kalo di pake istirahat gitu benjolan itu kempis.tp kalo di pencet benjolan itu sakit.kira2 itu sakit apa ya??kalo di operasi apa bisa bener2 sembuh??mohon pencerahannya dok..trims

  304. 304
    Reza Says:

    Hi dokter, salam kenal, perkenalkan nama saya Reza, saya seorang wanita berumur 31 tahun dan saya ingin bertanya. Di pinggul (bagian belakang bawah) saya sebelah kiri ada benjolan yang ukurannya agak besar dan memanjang (lebar 2cm dan panjang 3cm), benjolan tersebut sering terasa sakit dan terkadang rasa sakit tersebut menjalar sampai ke punggung. Kira-kira apa ya itu dokter, gejala ini sudah lama saya rasakan, kurang lebih sudah 2 tahun. Mohon informasinya. Terima kasih dokter. Salam hangat, Reza.

  305. 305
    Anonymous Says:

    Malam dok,
    Saya melahirkan putri kembar,salah satunya prematur dgn berat 2,1 kg & sejak lahir ada benjolan 2 dipinggir kaki kanan.Sewaktu lahir benjolannya berwarna putih.Umur 2 thn sy mencoba periksa ke RSCM dgn dokter spesialis bedah,katanya benjolannya sejenis kapalan & pertumbuhannya hanya 1%,bisa dioperasi menunggu umur 3 thn.Skrng putri sy berusia 3.5 thn,benjolannya mengalami perubahan warna dari putih menjadi hitam,trkadang kalo kecapekan timbul bintik2 hitam spt tahi lalat & bs trkelupas & mengeluarkan darah sdikit.Benjolan putri sy itu apa y dok?Selain ke RSCM,ke RS mana yg bs menangani putri srta ke dokter apa ya? Mohon jawaban dokter.Terima kasihma

  306. 306
    Dr. Sukma Says:

    Halo Halimah,

    Sebaiknya diperiksa dan dilihayt oleh dokyer spesialis anak dan dokter kulit, kalau perlu. Artinya bila penjelasan atau pendapat dokter anak kurang memuaskan. Dokter kulit bisa memberikan penjelasan krn ada lesi yg berubah dari putih jadi kehitaman disertai bintik2 perdarahan dan terjadi pengelupasan/ deskuamasi.

  307. 307
    Okta Says:

    Assalamualaikum dok, saya mau tanya

    Dok, pacar saya ada benjolan di tulang rusuk ( agak atas ) atau mungkin tepatnya di tulang belikat. apakah itu bisa dikatakan sebagai tumor tulang? lalu apakah ada terapi simpel atau standard untuk menghilangkan benjolan tersebut? sudah sekitar 5 atau 6 bulan benjolannya, benjolan tersebut pun tidak membesar ataupun mengecil, dan sekarang pacar saya tersebut sering merasakan perih seperti kulit yg tersayat, apakah ada cara simpel atau cara tanpa bedah untuk memperkecil benjolan tersebut? soalnya pacar saya ini tidak mau diperiksa ke dokter ataupun bilang kepada orang tua nya dok.
    mohon balas comment saya ini dok.
    terima kasih

  308. 308
    Tarmizi Says:

    Dear dr. Sukma
    dok, gini kata dokter neuro intervensi di RSUP WAHIDIN. saya di vonis menderita suatu penyakit yang disebut myositis ossificans. Yang terdapat di kaki kanan sampai paha saya, trus kata dokter kemungkinan besar itu penyakit bawahan sejak lahir. Saya ingin bertanya apakh penyebabnya sampai saya bisa menderita penyakit ini, apakah sejak saya berada di dalam kandungan ada pengaruh mutasi gen atau sebab yang lain?
    Di mohon jawabannya.

  309. 309
    Marito Parlinggoman Manik Says:

    Selamat sore dokter..
    baru dua hari ini saya merasakan sakit di bahwa rusuk kanan saya pada saat saya menarik nafas. Sakit ini terasa juga saat saya bersin – bersin atau cegugukan. Sakit ini paling terasa apabila saya menarik nafas panjang.
    Pertanyaan saya dokter.. apa penyebab rasa sakit itu, Dok?
    Bagaimana cara mengatasinya ?
    Trim’s Dokter.

  310. 310
    Nunung Says:

    Dear dr. Sukma

    Dokter, di belakang telinga kanan suami saya terdapat benjolan besar dan keras. Kira2 itu apa dan berbahaya atau tidak? Jika harus diperiksakan, saya harus membawanya terlebih dahulu ke dokter mana? Apakah TB kelenjar juga menular? Tolong dibantu ya dok, terima kasih sebelumnya.

  311. 311
    Cece Says:

    Saya cece dok, umur 19th.
    di ketiak saya terdapat benjolan yg jika ditekan terasa sakit, bahkan bernanah dok.
    Saya belum prnh mlakukan pmriksaan k dokter, karna sy tkut.
    kira-kaira berbahaya atau tidak dok? trima kasih..

  312. 312
    Cece Says:

    Saya Cece dok, umur 19th. Di Clavicula saya terdapat benjolan keras seperti tulang. apakah itu dok? apakah berbahaya? tolong jawabannya, trims..

  313. 313
    juita Says:

    Hi, dok.mohon bantuannya.
    Hasil FNAB saya
    Inguinal kiri: ( pada saat AJH didapat masa sebum ) sel-sel epitel sedikit dengan debris dan sedikit limfosit.
    Glutea kanan : Banyak sel epitel skuaneus dengan masa keratin.
    Semua (inguinal dan Glutea) tida terdapat sel ganas.

    Kesimpulan :
    Inguinal kiri : kista retrusi kemungkinan kista Bartholini
    Glutea kanan : kista epidermoid (atheron)

    Ukuran kista tersebut sebesar bola pingpong.
    Dari dokter spesialis tumor, menganjurkan untuk dilakukan pengangkatan.
    Namun saya belum ada biaya utk melakukan tindakan tsb..
    Selain di konsultasi pada sokter spesialis tumor, apakah bisa dikonsultasikan ke dokter spesialis lainnya?
    Selain dilakukan pengangkatan, termasuk tindakan operasi type minor/ intermediate? apakah ada tindakan lain yg lebih murah dan tdk berbahaya?
    Masih bisakah ditangguhkan setahun kemudian?
    Mohon penjelasannya…terimakasih..

  314. 314
    miftaqul hidah Says:

    dok saya mau tanya. dileher saya yang bagian belakang sebelah kiri. itu ada benjolan yang makin besar dok. itu kira” kenapa ya dok? kalo aku teken rasanya gak terlalu sakit. tapi beberapa waktu kemudian kepalaku terasa sangat pusing

  315. 315
    Umar Syarif Says:

    Malam dok,q mu tanya .Kenapa yah aku merasa ditenggorokanku ada yang sangkut,sehingga membuat aku tidak nyaman dok,kira2 bgmana cara mengatasinya?

  316. 316
    nino Says:

    selamat sore dok, saya mau brtanya d depan telingga kiri saya(dekat jambang)ada benjolan. ukuran nya tidak trlalu besar, lunak/empuk tidak sakit baru ada skitar 2mnggu yg lalu. apakah itu tumor atau apa? dn bagaimana cara mngatasinya.. sblm nya saya mengucapkan terima kasih…

  317. 317
    Madya Says:

    Salam dok,
    Sejak lahir anak saya memiliki benjolan tepat diatas Bokong yg sifatnya lunak, ketika di tekanpun bayi saya tidak menangis. apakah ini bahaya biat anak saya dok, dan kira-kira penyakit apa dok..?? mohon penjelasnnya trima kasih sebelumnya

  318. 318
    iqbal Says:

    dokter sukma. anak saya umur 3th. terdapat benjolan di payudaya kanannya sejak umur 2 th.kalu dipegang sakit. mohon infonya dok

  319. 319
    vink Says:

    selamat malam bu dokter, saya wanita umur 23 tahun 2 minggu ini di dekat alis tepatnya di atas hidung dekat alis bagian kanan terdapat benjolan kecil dan keras, saya pikir itu jerawat tp kok masih ada di dalam belum muncul kepermukaan kuli.saya tidak merasakan sakit kepala atau demam dan kalau di pencet benjolan itu tidak sakit, saya harus bagaimana dok apakah itu berbahaya?

  320. 320
    Dwi Susanti Says:

    dear Dr. Sukma

    Dok saya dwi umur 20thn, baru kemarin saya merasakan ada benjolan dipipi krii dekat telinga sebesar biji jeruk, dan rasanya sangat sakit kalau di pegang, sakitnya sampai ke telinga saya .
    itu kira kira kenapa yaa ? solusinya bagaimana?

    terimakasih dok ..

  321. 321
    Asis Says:

    Siang Dok,
    Anak saya ketika berumur 1 tahun terdapat benjolan dikakinya di atas tumit, beberapa tahun kemudian muncul benjolan disetiap sambungan tulang tubuhnya seperti di pergelangan tangan, dada, tulang belikat, paha,dan si anak tidak merasa sakit…badannya kurus tetapi aktif…
    apakah itu pertanda dia terkena kanker tulang atau hanya pertumbuhan tulang yang lebih?? mohon petunjuknya dok

  322. 322
    yachubson Says:

    selamat sore Dok nama saya yachub,saya mempunyai anak yg masih berumur 4th dan dipunggung anak saya terdapat benjolan kecil dan kalau di pegang tdk terasa sakit,yg saya tannyakan apakah benjolan tsb berbahaya apa tidak dan kalau di periksakan ke Dokter spesialis apa ya? terima kasih.

  323. 323
    iyan Says:

    Istri saya berusia 21 tahun dok, ada benjolan diatas dada dibawah leher depan
    Apakah itu bisa dikatakan sebagai tumor dok
    Mohon penjelasan nya

  324. 324
    Dr. Sukma Says:

    Hai Iyan, semua benjolan bahasa Yunani disebut tumor. Sebaiknya dilakukan biopsi FNAB untuk mengetahui jenis tumor. Dan juga ganas tidaknya.

  325. 325
    Yanti Says:

    dok saya punya ade dia ada benjolan persis di tengah2 clavicula dan merasakan sakit, seminggu sebelum benjolan itu muncul ketika dia bangun tidur dia tdk bs lgsg bangun dia hrs memiringkan badannya. kira2 itu ap ya dok??mgkn kah ad tanda2 menuju ke tumor ganas? terima kasih.

    salam,
    yanti

  326. 326
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yanti, untuk mengetahui apa benjolan itu harus dilakukan biopsi jarum halus/ fnab. Dari hasil pemeriksaan sitologi biopsi tsb baru diberikan terapi. Bisa radang atau tumor jinak bahkan tumor ganas. Umumnya radang TBS pada anak2 dan ABGm

  327. 327
    dputri Says:

    hallo dr.sukma saya mau tanya. ayah saya memiliki benjolan keras di dalam perut di bawah tulang rusuk apa itu penyakit berbahaya dok. dan solusi menghilangkan nya apa ya? saya mohon jawabannya ya dokter

  328. 328
    rahmi Says:

    Dokter, anak saya ketika lahir ada benjolan di bahu kanan. Benjolannya sebesar telur ayam. Perawat bilang itu adalah limfoma. Saya sudah konsul ke dokter anak, terus dirujuk ke dokter bedah. Dari dokter bedah disuruh ronsen dulu & diagnosanya “soft tissue massa regio supraclavicula dextra” nunggu usia 1 bulan untuk kontrol, setelah satu bulan ternyata benjolannya mengecil meski sangat lambat. Dan dokter blm memutuskan apapun, dioperasi atau diobati. Sebagai ibu saya jadi bingung & kawatir. Sebenarnya benjolan itu berbahaya atau tidak ya dok, mengingat benjolannya kian hari kian mengecil & sekarang usia anak saya 2 bulan.

  329. 329
    Robert H. Ginting Says:

    Dokter, saya ada benjolah di tengah tengah bahagian bawah diantara rusuk kiri dan kanan. Benjolan ini sakit apabila di sentuh. Apakah ini tumor dokter ?terimakasih sebelumnya,

  330. 330
    sumiyati Says:

    ass bu dokter,, bapa saya umur 50, di atas pusar’y ada benjolan sebesar telor keras tp kata’y ga sakit,, kira2 bahaya tidak trus apa yg di lakukan

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe