En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

POLKAStroke merupakan pembunuh ketiga setelah penyakit jantung dan kanker. Dan hipertensi adalah pembunuh diam-diam (silent killer). Pada usia  40 tahun keatas, sebaiknya kita mulai berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang menjadi asupan nutrisi kita sehari-hari. Kebanyakan dari kita, karena tidak atau belum merasakan adanya keluhan, merasa dirinya sehat wal’afiat sehingga bebas mengkonsumsi apapun yang diinginkan.

Padahal apa yang diduga sehat, kemungkinan sudah terjadi gangguan organ dalam, namun belum dirasakan. Seperti tekanan darah yang normalnya adalah 120/80. Berapapun usia anda, tekanan darah yang normal yaitu 120/80 titik. Jadi tidak ada kompromi, dimana dulu katanya kalau kita berumur 50 tahun keatas bila tekanan darah kita 140/90 itu dianggap normal. Padahal hal itu sama sekali tidak benar alias salah total.  Lantas apa yang harus dilakukan ?

Cara hidup yang benar dan sehat adalah, apabila usia sudah mencapai 40 tahun keatas, sebaiknya secara periodik dilakukan check kesehatan, misalnya setiap 3 bulan sekali. Kunjungi dokter penyakit dalam, akan dilakukan pengecekan tanda vital sepertti : suhu badan, tekanan darah, berat badan, tinggi badan. Dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik untuk mengetahui keadaan organ dalam tubuh meliputi : jantung, paru, hati, limpa, ginjal  pencernaan termasuk lambung, usus kecil dan usus besar.

Demikian juga dilakukan terhadap kulit, mata, telinga dan hidung secara umum. Apabila pada inspeksi umum ini ditemukan hal-hal mencurigakan, barulah nanti akan dirujuk ke dokter spesialis lain sesuai bidangnya masing-masing.

Jadi dari check-up medis itu akan dapat diketahui apakah ada yang tidak beres dari seluruh organ tubuh anda. Seperti bila ditemukan hipertensi atau tekanan darah diatas normal, maka anda akan diberikan obat anti hipertensi dan petunjuk makan, minum dan suasana emosi yang benar untuk menormalkan kembali tekanan darah.

Bila perlu, akan dilakukan pengecekan darah untuk mengetahui Hb, eritrosit, lekosit, trombosit dan hitung jenis sel darah. Juga pengecekan kimiawi darah seperti : elektrolit seperti sodium (Na),  potassium (K), Chloride (Cl), gula darah, asam urat, kholesterol- total, HDL, LDL, triglyceride, dst. 

Bila dianggap perlu dan dicurigai ada yang tidak beres dengan sistem perkemihan akan dilakukan pemeriksaan urine lengkap, bagaimana ginjal anda apakah ada infeksi atau perdarahan yang tidak kasat mata, ada kristal yang akan menjadi batu, dll. Jadi medical check-up sangatlah penting untuk antisipasi kemungkinan adanya penyakit dalam tubuh kita sedini mungkin.

Pada tekanan darah tinggi, pada awalnya penderita tidak akan merasakan apa-apa. Nanti setelah perjalanan penyakit sudah ditengah atau lanjut, barulah mulai dirasakan keluhan-keluhan yang subjektif, artinya keluhan yang bervariasi dari orang satu ke orang lain. Dan seperti kita ketahui hipertensi inilah yang menjadi pencetus terjadinya stroke yang sudah sedemikian luas diketahui masyarakat.

Stroke ada beberapa tahapan mulai dari yang ringan, sedang dan berat. Stroke ringan mungkin berupa rasa kaku pada kulit wajah, atau alis yang tidak simetris antara kanan dan kiri. Bisa juga berupa kesemutan pada kepala dan wajah yang berlangsung lama.

Apabila pada tahap ini tidak jeli baik penderita maupun keluarga terdekatnya, pastilah akan luput dari perhatian. Sehingga sudah dapat dipastikan penyakitnya akan berlanjut ke tahap yang lebih berat. Disinilah pentingnya (golden period) bagi penderita dan keluarga terdekat untuk segera membawa penderita ke fasilitas medis terdekat atau dokter spesialis saraf/ neurologi.

Sehingga kemungkinan yang lebih buruk dapat kita cegah seperti : pecahnya pembuluh darah otak yang akan menimbulkan koma atau kesadaran yang menurun dan sudah pasti berakibat luas terhadap fungsi motorik dan sensorik, tergantung tempat lokasi perdarahannya di jaringan otak.

Hampir semua kita sudah tahu akibat stroke seperti : susah bicara(pelo), muka mencong, tangan dan atau kaki lumpuh, mata berkedip tidak normal, dst. Semua keadaan yang sangat memilukan dan penderitaan sangat berat bagi pasien.

Akibat stroke, bukan saja menyangkut fisik penderita, akan tetapi sangat besar menyangkut segi finansial. Karena mau tidak mau, bagi penderita yang berhasil lolos dari cengkeraman maut, biasanya akan memerlukan perawatan rehabilitasi dalam jangka panjang yang akan  menguras seluruh isi kocek penderita dan keluarganya.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, demikian kalimat bijak yang sering kita dengar. Jadi sebaiknya bila kita berusia 40 tahun keatas, sebaiknya mulai saat ini juga jauhi makanan asin/berkadar garam tinggi, makanan manis/berkadar gula tinggi dan makan gorengan yang berkadar kholesterol tinggi.

Hindari melahap bagian kuning telur. Bila makan telur, sebaiknya bagian putih telur saja yang dikonsumsi. Karena pada kuning telur mengandung kholesterol tinggi, meskipun juga berkadar  vitamin A tinggi. Sebaiknya kuning telur diberikan kepada anak-anak yang sedang tumbuh, sampai dengan usia 21 tahun.

Terbaik pada penderita hipertensi mengkonsumsi buah dengan kadar air tinggi dan efek mendinginkan, seperti : mentimun, semangka, melon, belimbing, bisa juga pisang dan pepaya. Hindari minum kopi dan alkohol yang akan meningkatkan tekanan darah.

Konsumsilah  juice daun seledri atau celery yang sangat baik khasiatnya untuk menurunkan dan menormalkan tekanan darah yang tinggi.

And last but not least, hiduplah dalam lingkungan yang tenang, banyak mendengarkan lagu-lagu yang menenangkan dan membuat suasana hati tenang dan bahagia. Jauhi konflik dan ketegangan, upayakan kondisi dan atmosfir dalam keluarga  harmonis, serta beristirahatlah  yang cukup, yaitu tidur tidak kurang dari 8 jam sehari..

Popularity: 18%

Posted Sunday, November 30th, 2008 at 2:11 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

207 Responses to “Bagaimana mencegah jangan sampai ‘kecolongan’ stroke ringan sampai berat ?”

Pages: « 9 [8] 7 6 5 4 3 … 1 » Show All

  1. 200
    She ayy Says:

    Assalamualaikum bu Dr. Sukma,, saya mau tanya obat pereda untuk penyakit pendarahan Thalamus. obatnya itu apa bu Dr.?? terimakasih.

  2. 199
    4laylaj0x Says:

    another conceived will spikes. adventure basketball cleats own much deeper tread/spikes to work through caking will get. ties these animals close so it normally won’t get sucked right off rrnside the soil. drawback might as well as concern. they are not even close to being as the calm maintaining path or shoes individuals don’t and most shoes have sitting around their property.
    garmets
    It depends on the year or so. there was all the KC Ruckus from don’t forget national. our soldier dashboard was in august. concerns creeping by means of scrub, products netting and as a consequence in channels. your goal is an adequate amount security and safety to get come in contact skin care, But not really you have to pick up magnetic as well water. data zapatillas asics running compresion pants best, weak hands. freight leg protection, a rediculous amount of. three apparatus, It could get defeated. not so much is. while it’s 40′s and additionally dark, The contest will make your heart and soul using a pump and you won’t see the common cold. just acquire these incredibly hot comment drive fabric. sometimes, tend have on anything you’ll want to do much more mowing the main back garden in after that. I surely could save singaporefitflops.net our own accessories when i picked schwarze MvT pair of shoes as well as UA far sleeve, UA data compresion pants complete with african american starting. proper after an hour hosing to them up at home and a explain to you the automatic washer and they’re good as innovative new. offers the company trl position. not really much. these are typically fully clean however, not as supple after they used to be. clothes are usually very important, so. they’ll be dealt with for mud as well as completely drenched by the end. a thing to take into consideration it implies fit on much time shorts, clothes rather long hosiery. support constrain string can damage designed for navy handlebars and so on. compression socks might be easy, nonetheless they may get wrecked that’s an attractive steeply-priced proposal unless they have told old lovers sitting around.
    leather gloves

  3. 198
    Aero Cakka Says:

    dibawah telapak tangan saja, ada benjolan kecil, kadang2 benjolan itu membesar, setelah membesar kempes lagi, saya periksakan katanya ada cairan darah yang membeku..,
    saya harus bagaimana adayang bilang tumor adajuga yang bilang uci-uci..

  4. 197
    Tegar Says:

    Dok umur saya 20th, tekanan darah saya 140/90. Tapi selama ini saya tidak pernah ada keluhan terhadap tubuh saya. Apa yang harus saya lakukan?

  5. 196
    Iman Taufiq Says:

    dr. Sukma yth.

    Kakak saya umur 55 stroke sudah 2 tahun yg lalu dan sudah langsung di bawa ko RS, ke adalan beliau sekarang sudah baik (bisa jalan dgn baik/sempurna, tangan bergerak normal, dll semua normal) tapi ada satu yg menjadi masalah, kaki sebelah kiri sering kebas/kesemutan dan panas seperti menginjak bara api di telapak kaki. Kami sudah konsultasi ke dokter ahli tapi dokternya mengatakan ada syaraf yang rusak, mohon tanggapan dari dokter apa yang harus kami lakukan untuk mengatasi hal tersebut kalau kambuh. salam.

  6. 195
    iza Says:

    malam dok…
    perkenalkan sebelumnya nama saya iza. umur 23 tahun, saya mau nanyak ne dok!!! orang tua saya sakit tangannya tidak bisa digengam dengan rapat, terkadang saya perhatikan ketika orang tua tidur mulut beliu agak miring gitu. tidak sama dengan kita yang sehat!!! pernah beberapa kali tangannya tu seperti tersetrum saat mengunakan sapu untuk nyapu, selain itu beliu juga mengalami varises kronis al-a pembuluh darahnya sudah sangat nampak dan pecah2…tekanan darahnya sich naik turun tapi tidak samapai 140 keatas. umur beliu sekitar 45 tahun….apakah orang tua saya juga di katakan mengalami stroke? pernah cek kolesterol tapi hasilnya normal. mohon penjelasan dan arahannya dokter untuk orang tua saya? trmksh

  7. 194
    Bambang Irianto Says:

    Yth.dr. Sukma,
    Nama saya Bambang, 50th, sy baru saja di pasang stent, kemudian harus meminum obat pengencer darah al. plavix & aspilet, disamping itu saya juga minum minyak ikan (salmon), ternyta timbul bercak2 merah (lebam) ditangan menurut dokter kemungkinan darah terlalu encer krn minum salmon, kemudian salmon saya hentikan, bercak berkurang (hilang), agar “pengobatan” bisa secara alami, apakah fungis aspilet bisa saya ganti dengan minum salmon, mohon solusinya. terimakasih.

  8. 193
    ansory hasibuan Says:

    Nama saya ansori hasibuan dok,
    umur saya 23 thn.
    jenis kelamin laki-laki,
    status belum menikah,
    saya tinggal di medan prov. Sumatera utara,,,
    begini dok, ahir-ahir ni tensi darah saya naik sekitar 150/80,tp perasaan saya dok tidak merasa ada yang beda dengan badan saya dok,,,
    jadi yang ingin saya tanyakan sama dokter :
    1. Apa penyebab menaik nya tensi darah saya dok?
    2. Apa yang harus saya lakukan ntuk menurun kan tensi darah tersebut dok?
    tolong dibalas dok,please

  9. 192
    Zumrotun Says:

    Pagi dok, saya mau menanyakan tentang kondisi ayah saya, ayah saya berusia 62th tiba-tiba kaki kanan bengkak dari paha sampai telapak kaki tapi tdk terasa sakit kenapa ya dok?mohon bantuannya terima kasih

  10. 191
    Budi Halomoan Says:

    Selamat Siang Dr.
    Umur saya 31 tahun. tinggi 163 cm. berat 58 kg. jenis kelamin laki-laki.
    Keluhan saya: Bibir atas sebelah kanan bergerak-gerak sendiri. Saya tidak dapat mengontrol pergerakannya. ini gejala penyakit apa ya Dr? terimakasih

  11. 190
    amri Says:

    siang dok…

    apakah kaki kiri yang lumpuh tiba2 itu juga gejala awal dari stroke…???

  12. 189
    meita Says:

    Sore dok,2 bln yg ll suami sy (42thn) opnam krn stroke ringan.dikarenakan kolestrol(tensi normal).kaki kanan berat untuk jln,tp msh bs,telapak tangan(kanan,kiri) dan seluruh kaki kanan berasa ba’al.klu banyak gerak/aktifitas,perut berasa ditali tampar,sampe dia berasa sesak nafas.kontrol dktr syaraf ttp,alternatif akupuntur,tp knp sampe saat ini ngg ada kemajuan.bisakah sembuh kembali,apa yg hrs dikonsumsi?obat dr dktr syaraf hanya oxypen dan brainolin 500.mksh

  13. 188
    ira Says:

    Sore dok,suami sy ada pendarahan batang otak 9-10 cc,skrg sdh tdk sadar 36 hari di RS,namun kondisi skrg sdh bs buka mata sebelah kanan hanya blm ada kontak,tp kdg kl sy besuk dan sy agak sedih dia ikut nangis..dan sdh bs nguap….(Seperti ngantuk mau tidur ),yg sy tanyakan:
    1.Apakah kesadaran suami sy skrg ini sdh mulai membaik?dan masa kritisnya sdh lewat?
    2.Adakah cara atau obat agar iya cepar sadar penuh
    3.Apakah benar asumsi dokter disini,batang otak yg terselamatkan hanya 5%,dan kalaupun terselematkan maksimal hanya bs terbaring sambil mengedipkan mata?
    4.Masih adakah kesempatan bs hidup normal lagi
    5.Informasi dr dokter tdk memerlukan tindakan operasi akan terserap oleh tubuh..apakah ini jenis batang otak tdk parah?
    Terima kasih dok

  14. 187
    Dewa Indra Says:

    Selamat sore dok.. Saya mau tanya:
    Akhir 2010 suara cadel dan ttd juga nulis mengecil..kaki belum kaku..
    Awal 2011 masih cadel dan bicra makin sulit, tulisan kacau, sedang kaki melangkah biasa, namun dipakai lari berat…ini sampai akhir tahun..
    Awal maret 2012 kaki mulai kaku dan. Tidak bisa lari..mulai juni2012 bicara sulit dan langkah
    semakin sulit dan tidak seimbang, sedangkan gerak tangan seperti biasa kecuali nulis dan ttd, sikat gigi kaku serta kurang tenaga..sampai sekarang..
    Saat ini, bicara sulitn nulis dan ttd tidak bisa serta kalau angkat brang berat dikit (3kg) pakai tangan kanan dak kuat dan mau jatuh dan kaki kanan tidak kuat menyangga kebalikan denhgan tangan kiri..kaki melangkah tertatih2 kaku dari paha sampai betis belakang( kalau duduk kaki seperti biasa)..disertai gliyeng, gerak jadi lambat dan mau jatuh…Disamping itu jika dipakai duduk nyaman dan beban tubuh. Seperti di bokong semua..jika duduk kaki mudah di gerakan tidak kaku…

    Hasil MRI 22/9/2011:
    1. Minimal microvasculature corona radiata kiri & subcortical parietal kanan kiri
    2. Daerah pons tak tampak kelainan
    3. Mucosal thickening sinus ethoidalis, maxillaris kanan-kiri
    4. Potency head – neck major arterial vessels, tidak ada steno-occlusive disease maupun other vascular lesion

    Kata dr sraf yang di bali katanya gejala multiple sistem atrophy

    Hasil MRI 1/11/2012

    1.Didapatkan tanda2 pontocerebellar atrophy
    2. Spinal cord dalam batas normal, tidak ada perubahan intensitas
    3. Discc bulging C3-4 ke posterior menekan. Thecal sac dengan mild spondylosis cervicalis, tak tampak foraminal stenosis
    4. Disc bulging C5-6 dan C6-7 ke posterior. Dengan mild spondylosis cervicalis di sertai mild foraminal stenisis bilateral

    Katanya dr syaraf disby. Gejala ringan motor neuron disease…

    Saya jadi bingung dok..terus kira2 saya sakit knapa dok? Soalnya mirip dengan stroke…

    Terimkasih dok- salam sejahtera

  15. 186
    mulyana Says:

    dok ibu sy usia 76. kondisi skr syaraf kiri tak berfungsi, karna ada penyempitan tlg blk. operasi dr sdh tidak. tlg dok apa obatnya termsk herbal kalo ada. mks banget dok sblmnya.

  16. 185
    Firman Says:

    Kalau darah beku di TELAPAK KAKI cara penyembuhannya gimana? saya kecelakaan 2 bulamn lalu, kaki kanan saya sobek di bagian kura2 dalam tapi sudah merapat luka sobeknya. nah karena saat kecelakaan sobek nya panjang itu berefek di telapak kaki saya gumpalan darah lama2 jadi beku dan bengkak kaki saya. bengka nya sudah menurun tp di telapak kaki bener2 darah beku saya jadi susah jalan. cara sembuhin darah beku ini apa saya harus Bekam untuk buang darah beku supaya ganti darah baru dari tubuh saya?

  17. 184
    masda Says:

    Pagi dok..mau bertanya nih..bangun tidur kepala belakang sebelah kanan kesemutan dok..umur 34 riwayat sakit pernah mati saraf wajah sebelah pada umur 19th

  18. 183
    rine mulyantini Says:

    malam dok. . .mw minta sarannya
    Ibu saya sdh 54 thn sdh hampir 1 thn lbh mengidap stroke sblah kiri, pertama kejadian smpat dirawat sminggu dgn syarat tetap kontrol k dokter sp.syaraf, tp stelah hmpir 3 bln tdk ada kemajuan, kontrol pun dhentikan karena tkt ketergntungan dgn obat kimia, lalu coba terapi elektromagnetik dgn obat herbal tp msh blm ada prubahan. Ibu saya sering mengeluh pusing,ksemutan,jari tangan dan kaki kaku seperti dilipat tp bicara dan wajah normal seperti biasa
    minta sarannya ya dok. . .
    Trima kash

  19. 182
    Olivia Says:

    Bu Dokter Saya mau tanya, Saya berusia 37 tahun sudah kurang lebih satu tahun kaki saya lemas dan di telapak kaki kesemutan sehingga saya berjalan mengangkat kaki kanan diangkat mendayu (pincang) tapi tidak ada sakit sama sekali di kaki.Sehingga saya sering jatuh karena tidak ada keseimbangan. Saya bingung Bu Dokter, saya sudah periksa ke dokter saraf sampai di MRI dan di ronsen kaki hasilnya baik dan bagus, mohon petunjuk Bu Dokter, Saya harus bagaimana ? dan periksa ke dokter spesialis apa lagi ? sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.

  20. 181
    abdullah Says:

    sore dok,saya mau minta saran,6 bulan lalu orangtua saya tertimpa motor motor dalam keadaan mesin motor mati,setelah bawa kedokter dan medical alternative hingga sekarang kaki kiri sulit untuk berdiri hingga harus ditopang dgn tongkat,kemarin orang tua saya berobat kepuskesmas,dokter mengatakan bahwa orangtua saya terkena stroke ringan di wajah bagian kiri seperti kesemutan,vitamin apa yang harus diberikan karena orangtua saya sudah berusia 60th

  21. 180
    Dr. Sukma Says:

    Halo pak Sukaryono,
    Dari hasil pemeriksaan MRI yang anda tulis telah terjadi berbagai kelainan didalam berbagai area jaringan otak.Antara lain di Thalamus, basal ganglia, periventrikuler, cornu inferior, dst. Semuanya akibat telah pernah terjadi perdarahan di area tsb. Dan biasanya jaringan otak bersifat tidak bisa meregenerasi kelainan yang sudah terjadi. Maka kemungkinan untuk kembali normal secara teoritis sangat kecil atau tidak mungkin… Namun apapun bisa terjadi kalau Yang Diatas berkehendak. Karena itu tetaplah memohon kepadaNya, agar diberkati dengan kesembuhan… Amien…

  22. 179
    Sukaryono Says:

    DR Sukma,
    Hasil RMA RMI saya mengatakan infrak lama di thalamus kanan kiri, basal ganglia kanan dan periventrikel lateralis cormu interior kiri serta leukoariosis di perivntrikel lateralis kanan kiri dan white mater fobus frontoparental kanan kiri, apakah artinya. Apakah saya bisa kembali dalam keadaan normal?

  23. 178
    vera Says:

    Malam Dokter,

    Dokter tolong bantu jawab pertanyaan saya segera (maaf)> saya wanita, 38 thn, belum menikah. Selama ini saya sehat2 saja, hanya saja beberapa kali dalam kurun 8thn mata saya sering berkedut.
    Dua hari yang lalu tiba-tiba saja saat minum, air yang saya minum muncrat sebagian keluar meskipun saya telah menutup mulut. Keesokan harinya lidah tengah depan seperti mati rasa dan mata kiri saya terasa pedih dan berair. Malam ini saya mulai merasakan mata kiri saya tidak dapat berkedip sama sekali. Akhirnya saya langsung browsing dan menurut beberapa artikel yang saya baca (termasuk milik dokter) saya berkesimpulan terkena bell passy.

    Yang ingin saya tanyakan : Karena baru terjadi dua hari yang lalu,
    1. Selain ke dokter syaraf besok. Terapy pribadi apa yang dapat saya lakukan untuk mencegah lebih lanjut dan mempercepat penyembuhan? Saya sangat khawatir sekali dokter…… :(
    2. Bisa kah kembali normal seperti semula?
    3. Berapa lamakah kira2 pengobatan dan terapi dilakukan?
    4. Obat-obatan apakah yang kira2 akan saya konsumsi dari dokter nanti?

    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih, wassalam.

  24. 177
    Elian Says:

    Yth. Ibu Dr. Sukma
    Perkenalkan Saya Elian, Usia 25 Tahun, awalnya leher saya mungkin kecetit waktu maen futsal, terus dh diurut juga, tpi infrmasi dr beberapa tempat therapy menginfrmasikan tdk apa, tpi sekarang ini sering terjadi pusing di kepala bagian belakang yang diwalai dr sakit leher, aplagi ketika beban kerjaan meningkat hal ini sering terjadi, nah sakit leher ini sering mengganggu banget, mohon arahan dan saran dr ibu apa kiat”nya yg sebaiknya sy lakukan, slnya sy takut apbla gejala tersebut dapat menimbulkan stroke, dimohon saranya, terimkasih.

  25. 176
    Samuel Says:

    Hallo Dr.Sukma.
    Umur sy 4o thn,kadang2 sy merasa pegal di batang leher sebelah belakang,pertanyaanx penyakit/gejala apa yg sy derita? 2.Orang tua sy(Ibu)usia 70 thn,saat ini sering mengalami kram dr kaki hingga ke tangan,klu menginjak lantai yg dingin,kakix terasa panas…Mohon penjelasanx?
    Sebelumx sy ucapkan Terima Kasih……….

Pages: « 9 [8] 7 6 5 4 3 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe