En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 7 6 5 4 3 2 [1] Show All

  1. 25
    Dr. Sukma Says:

    Halo Fauzi,
    Usahakan agar anda bisa istirahat dengan baik. Dengan tidur yang cukup, maka semua keluhan dan gejala yang ada, akan tereliminasi. Khasiat tidur yang pulas dan nyenyak sangat manjur untuk menjaga kesehatan.

    Bila debar jantung anda tetap, meski telah istirahat cukup, sebaiknya diperiksa ke dokter jantung, jangan2 ada masalah pada jantung anda.

    Mengenai aloevera dalam kemasan, kalau saya pribadi lebih suka membuat sendiri, karena pasti asli, murni lidah buaya. Produk yang dikemas kita tidak tahu ke’asli’annya, dan tentu menggunakan bahan pengawet..

  2. 24
    imam Says:

    Hallo Dok jumpa lagi
    untuk menjaga kesehatan lambung biskuit crackers yg BAIK yang mana Dok..?
    soalnya biskuit malkist crackers komposisinya ada RAGInya.
    ada juga biskuit yg komposisinya ada SODA KUE dan PATI JAGUNG.
    apa itu semua boleh Dok?

  3. 23
    fauzi Says:

    selamat siang, mau tanya lagi dok, 2 hari ini badan saya terasa lemas bgt, sering mengantuk, mata agak kabur / bebayang, kadang-kadang sesak, dada nyeri dan berdebar, apa ini juga karena ganggunan pencernaan tsb dok? mengingat perut jg msh agak kembung..

    apakah khasiatnya sama dok, aloe vera yang dokter sebutkan dengan yang sudah dalam kemasan, seperti inako aloe vera dsb?

    terima kasih banyak dok..

  4. 22
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fauzi,
    Makasih sudah berkunjung dan juga pertanyaannya.

    Dari keluhan yang anda tulis, semuanya mengarah ke gangguan lambung dan pencernaan.

    Solusinya : konsumsi aloe vera seperti yang ditulis pada artikel ini. Kedua, makanan lembut dan hangat sedikit2, tetapi sering(frequent small feeding). Hindari makanan pedas, santan, asem dan gorengan. Ketiga berusaha tenang dengan melakukan meditasi. Insya Allah berhasil..

  5. 21
    fauzi Says:

    hallo dok, saya fauzi, sudah 2 minggu ini perut kembung terus, mual, pusing (kliengan), badan sering meriang dan lemas, gak enah deh pokoknya, pd awalnya, pas sedang sholat jumat, dari perut, saya merasa ada rasa panas yang menuju keatas, sampai keluar keringet dingin, sesak nafas, dan detak jantung jd cepet, apa ini penyebabnya dari maag juga dok?, mohon solusinya, terima kasih.

  6. 20
    Dr. Sukma Says:

    Sdr. Imam,
    Kacang ijo mengandung vitamin terutama B1, dan vitamin lain. Jadi sudah pasti menyehatkan.

    Akan tetapi, sakit maag dan pencernaan akan bereaksi kurang baik, jika diberikan makanan yang sifatnya kering (disangrai, dst). Bisa saja anda konsumsi nanti, setelah gangguan lambung anda teratasi. Jadi stick to aloe vera first..

  7. 19
    imam Says:

    hallo dok jumpa lagi
    saya sudah menjalankan saran Dokter yakni mengkonsumsi aloevera dan alhamdulillah berangsur baik dan saya terus mengkonsumsinya sampai sekarang dan seterusnya.
    yang saya mau tanyakan ada teman saya menyarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau,dengan cara biji kacang hijau 2 ons dicuci bersih lalu dtiriskan sampai kering lalu digoreng tanpa minyak(disangrai)sampai matang,angkat dan tumbuk sampai halus seperti bubuk kopi,minumlah setiap pagi dengan gula pasir dan air secukupnya. bagaimana Dok apa juga bisa…
    Mohon Maaf dan Terimaksih Banyak

  8. 18
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tresia,

    Makasih sudah mengunjungi blog sy dan juga pertanyaannya. Langsung aja dijawab, ya.
    Dari keluhan yang ditulis, anda sudah terkena gastritis, sebaiknya diterapkan cara makan ‘frequent small feeding’,
    bukan 3x sehari seperti orang normal.

    Antacida dan enziplex dari pengalaman saya hanya membantu sebentar. Anti asam lambung dan enzim buatan manusia, sepertinya kurang manjur dibandingkan aloe vera ciptaan Tuhan.
    Sebaiknya anda mulai mengkonsumsi aloe vera.Agak repot sedikit,namun khasiatnya luar biasa.

    Apalagi bila semua pantangan dihindari :asam ,pedas dan santan.Maka kondisi lambung akan tetap terjaga.Sangat penting cukup istirahat dan pikiran tenang..

  9. 17
    Dr. Sukma Says:

    Halo Kiswah,

    Tq sudah berkunjung ke blog saya dan juga pertanyaannya. Langsung saja dijawab ya.

    Santan dan gorengan akan merangsang pengeluaran empedu oleh kantong empedu.Bila sering konsumsi gorengan dan santan, empedu disekresikan dlm jumlah banyak, sehingga terjadi reflux/aliran balik cairan empedu dari duodenum ke gaster.
    Dinding gaster akan teriritasi oleh asam ampedu maka terjadilah gastritis/luka lecet dinding gaster, semacam sariawan di mulut.

    Sebaiknya coba mengkonsumsilidah buaya(aloe vera)seperti saran saya ke penanya yg lain.Saya telah merasakan bagaimana dahsyatnya khasiat aloe vera terhadap gastritis/pencernaan bermasalah.
    Sangat manjur dan murah-meriah..

    Semua keluhan yang anda tulis insya Allah hilang

  10. 16
    tresia Says:

    Siang dok,
    Saya bru masuk website ini dan baca artikel ini,ada yg mau ditanyakan.
    Saya usia 27 thn, karyawati swasta dan wiraswasta,single, sejak 2 minggu ini oerut saya tersa penuh, sebah, makan sedikit lgs penuh, makan saya jaga 3x sehari tepat waktu, namun gejala tersebut tdk kunjung hilang. Seperti ada gas dlm perut dan kadang terjadi refluks, walaupun tdk sering, perut saya membesar, saya pikir mungkin bertambah gemuk,tapi BB tetap. Perut membesar krn ada sensasi kembung dan sebah, klo besar krn lemak akan melipat2, perut saya ini besar mulai dr ulu hati sampai bagian perut bawah, lurus tanpa lipatan. Sementara ini saya minum antasida dan enziplex.

    Mohon saran dari dokter
    trimakasih banyak,

  11. 15
    kiswah Says:

    assalamu’alaykum,,,

    dok,
    saya mahasiswa sudah terkena gatritis sejak SMP sampai sekarang masih sering kambuh, apalagi kalau mau ujian,
    rasanya perih sekali sampai nda bisa konsen ngerjain ujian, setelah perih kurang lebih 4-5 jam, perut saya terasa mual, kembung dan kepala saya pusing sekali,

    saya sudah ke 3 dokter yang berbeda, dan obat yang diberikan hanya manjur beberapa jam atau bebrapa hari saja, setelah itu saya masih merasa kembung dan mual,

    saya juga selalu mengalami sariawan yang nda perna selesai (satu hilang, muncul sariawan lain), apa itu ada hubungannya dengan gaster saya???

    saya mau tanya, bagaimana kinerja santan dan gorengan dalam mempengaruhi keadaan lambung???

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih, dok
    mohon bantuannya,,,

  12. 14
    Dr. Sukma Says:

    Sdr. Imam,

    Saya dan teman dokter yang lain belum ada yang tahu obat Mozuku yang anda tanyakan. Kemungkinan obat itu dijual bebas, semacam suplemen yang tidak perlu resep dokter.

    Jadi maaf, kalau saya tidak bisa menjelaskan apa isi atau komposisinya.Anda bisa baca dari label botol/kemasan atau kertas kecil didalam kemasan.

  13. 13
    imam Says:

    maaf Dok
    saya belum mendapatkan jawaban dari Dokter mengenai obat Mozuku komposisinya dari Fukoidan,katanya (dari teman saya yg kerjanya sebagai marketing farmasi) bahwa obat tsb berfungsi salah satunya membasmi kuman HP.
    mungkin ada rekomendasi lain dari Dokter…
    mohon maaf Dok…saya murni bertanya.
    Terimakasih banyak Dok

  14. 12
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sdr. Imam,

    Saya senang membaca kondisi anda telah membaik. Jadi seperti saran saya ke ibu Annie, lakukan hal yang sama.Yaitu konsumsi terus aloe vera setiap saat anda merasa gejala2 tersebut.

    Aloe vera mendinginkan dan melapisi dinding lambung yang meradang. Tidak ada efek samping.

    Teruskan obat dari dokter anda. Insya Allah anda tidak memerlukan obat pembasmi HP.

  15. 11
    imam Says:

    Maaf Belum ucapin terimakasih Dok
    Terimakasih banyak Dok…

  16. 10
    imam Says:

    Hallo Dok saya lagi…
    Mengenai domisilinya saya di Malang Jawa Timur
    Kondisi sudah agak membaik nafsuh makan udah baik dengan makan sering tapi dikit.
    mengenai obat untuk membunuh kuman HP kalau boleh tau apa Dok ?
    Kalau obat Mozuku Fukuida itu gimana Dok..?

  17. 9
    Dr. Sukma Says:

    Halo ibu Annie,

    Makasih sudah berkunjung dan pertanyaannya.

    Langsung saja dijawab, ya.Aloe vera ukuran besar yang dibeli dari supermarket, untuk sekali minum saya ambil dagingnya, cukup 1/3 nya saja.
    Tanpa diblender,tetapi dipotong kotak-kotak seperti bentuk es batu didalam kulkas.

    Potongan aloe vera mentah ini dengan getahnya saya masukkan kedalam satu gelas/satu cangkir -sesuai selera- juice apa saja(jangan juice jeruk)

    Nikmati segarnya apel aloe vera buatan sendiri. Lakukan seperti ini, setiap kali anda merasa kembung/telat makan/panas dalam/stress…

    Rasakan khasiatnya yang langsung sangat manjur..

  18. 8
    Annie Says:

    Selamat malam dokter,
    Saya membaca blog anda. saat ini saya sedang megalami keluhan perut kembung , sering bersendawa, nafsu makan berkurang karena perut kembungnya terasa menggangu sekali. dan tenggorokan sering terasa asam-asam pahit….Saya beberapa kali ke dokter, dan diberikan obat anti kembung,ulsikur dan vosea….Tapi obat itu cuma bisa mengurangi kembung dalam waktu tertentu. Ini baru pertama kali saya mengalami sakit kembung yang menyiksa…rasanya seperti masuk angin, kembung ulu hati penuh dan nggak nyaman. Disebabkan stress dan makan yang tidak teratur.Saya bekerja dan menjalankan usaha sendirian, usaha sendiri kecil-kecilan, dan saya orang tua tunggal untuk kedua anak saya…

    Saya kerja sendiri, sering ke lapangan, kadang saya lupa makan….atau kalau inget udah terlambat sekali….

    Saya sedang mencoba resep alami yang dokter berikan, tapi saya bingung ….kok waktu di blender jadi berbusa ya dok….?

    Terimakasih atas sharingnya…. dan mohon pencerahannya….

  19. 7
    Dr. Sukma Says:

    Sdr. Imam,

    Pertama-tama, maaf karena pertanyaan/tulisan anda yang panjang tidak bisa dimuat disini. Namun saya telah mengerti permasalahannya.

    Sepertinya anda telah terkena tukak lambung, dari gejala dan obat-obatan yang anda minum.
    Cimetidine memberikan gejala seperti sakit jantung yang pernah anda rasakan, akibat alergi

    Anda berdomisili dimana? Dari keluhan yang ditulis, sebaiknya dilakukan pemeriksaan endoskopi yaitu melihat keadaan lambung dan usus dengan fiberoptic dan langsung diambil sampel biopsi jaringan yang tidak normal.

    Dari biopsi akan dapat diketahui, apakah penyebab tukak lambung tsb.Kemungkinan anda sudah terinfeksi kuman helicobacter pylori(HP).
    Bila HP penyebab sakit lambung anda,dari obat2 yg anda tulis itu, tidak satupun obat yang telah anda minum cocok untuk bisa membunuh kuman HP. Karena itu keluhan anda belum dapat diatasi sampai saat ini.

    Di RS Awal Bros, Pekanbaru tempat saya bekerja kami sudah biasa melakukan pemeriksaan endoskopi dan saya sendiri sebagai spesialis PA, sering menemukan HP pada biopsi endoskopi..

  20. 6
    Dr. Sukma Says:

    Jumpa lagi Sdr. Imam,

    Sebaiknya bapak segera praktekkan,beli aloe vera di supermarket, konsumsi 1/3 aloe vera mentah tanpa dimasak, dalam satu gelas juice apel..

    Setelah satu atau dua kali minum seperti itu, rasakan perubahan yang terjadi : perut rasa dingin, semuanya terasa nyaman..

    Bila sudah nyaman, silahkan nikmati sayur apa saja, tanpa batasan. Cumi dan ati sapi juga boleh, asal tidak berlebihan..

    Itu saja saran saya.Dan sudah pasti anda bisa bertanya lagi, tidak dibatasi. Saya akan dengan senang hati menjawabnya..

  21. 5
    imam Says:

    Maaf Dok saya lagi….
    Terimakasih atas penjelasannya yg diatas..
    Maaf saya mau nanya lagi Dok…sementara sakit apa boleh makan sayur atau sayur apa saja yg dimakan?
    terus saya disarankan oleh teman juga makan singkong rebus apa boleh Dok?yg saya lihat ditulisan diinternet katanyauntuk ubi menghasilkan asam di perut..?
    maaf lagi Dok..sementara sakit atau barusan sembuh boleh makan cumi-cumi dan hati sapi?..kan itu lemak ya Dok?
    Mohon maaf Dok…banyak pertanyaannya
    sebelumnya terimakasih dan semoga amal ibadahnya diterima ALLAH SWT serta murah rizkinya bagi Dokter Amin ya Rabbalalamin
    Wassalamu’alakum Wr Wb
    NB: kalau nanya lagi gak papa kan Dok..? :-)

  22. 4
    Dr. Sukma Says:

    Halo juga Sdr. Imam,

    Lidah buaya atau aloe vera sangat bagus untuk menenangkan lambung dan usus yang lagi ngamuk dengan ciri2nya : perut kembung, sebah, rasa penuh,terbakar, mual, sering bersendawa, dst.

    Aloe vera baik untuk pencegahan maupun untuk mengobati, seperti halnya pada anda.Untuk pengobatan sebaiknya dikonsumsi 3 kali seminggu, bisa siang atau malam, sesudah makan.

    Untuk pencegahan, saya biasanya minum juice apel ditambah potongan daging aloe vera, apabila merasa terlanjur makan pedas, santan dan gorengan
    Jadi frekuensi tidak tentu, hanya bila merasa bersalah menikmati makanan spt diatas.

  23. 3
    imam Says:

    hallo Dok saya sudah terkena sakit asam lambung dan alhamdulillah sudah mulai baikan. nah pertanyaannya apakah lidah buaya bisa diminum untuk yg sedang terkena asam lambung atau hanya untuk mencega saja.dan berapa aturan banyaknya daun lidah buaya sekali minum. Terimakasih sebelumnya Dok…

  24. 2
    Dr. Sukma Says:

    Halo Kus,

    Benar sekali. Saya perlu tambahkan meditasi untuk meminimalisir stress, sehingga secara tidak langsung mengurangi gejala maag.

    Dengan pikiran yang tenang akan memperbaiki impuls saraf yang tadinya sempat kacau, akibat stress.

    Makasih untuk asupannya..

  25. 1
    Kus Says:

    Denny, tulisan yang bagus sekali. Saya tambahkan saran dengan meditasi bisa mengurangi stress kalau dilakukan dengan benar dan rutin.Sukses ya.

Pages: « 74 … 7 6 5 4 3 2 [1] Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe