UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 13 12 11 [10] 9 8 7 … 1 » Show All

  1. 250
    Riza Says:

    Hai dok yg baik,

    Senang sekali baca artikel dok yg banyak dan lengkap ini, saya jg ada masalah dgn lambung tp kenapa hub lebih kepada terasa tertekan di kepala dan leher belakang, saya tidak pernah merasakan perih di lambung tetapi saya hanya merasakan perut saya seperti kembung dan ada bunyi-bunyi spt angin, BAB saya bagus tiap pagi dan saya jg sudah makan aloe vera spt saran dok, pertanyaan saya mengapa masalah lambung saya berkaitan dengan kepala spt pusing dan rasa tegang di leher ? sya sudah berobat kedokter,akhirnya hanya di berikan PPI dan antasida, namun saya rasakan perbaikan setelah sabar dan makan aloe vera, dan akhir2x ini saya minum enzyplex dan lumayan agak berkurang tiap setelah makan tetapi apakah ada efek samping penggunaah enzyplex ini karena saya berusaha meminimalisir dosis obat2x kimia, terima kasih dok saya tunggu penjelasan dari dokter. Thk

  2. 249
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ardi,

    Soal mual memang agak sulit dengan adanya gejala maag. Kalau tidak bermasalah lambung anda, bisa dicoba dengan menghisap permen asem/ tamarind.

    Soal mulut terasa panas, agak aneh juga. Setelah dikunyah, coba aloevera dikulum didalam rongga mulut agak lama, baru ditelan. Mudah2an bisa tertolong.

    Satu lagi, mungkin anda bisa coba berendam dalam bath tube, pakai air dingin, jangan hangat. Pastikan bagian pinggang kebawah terendam didalam air. Lakukan hal ini agak lama, 1-2 jam pada saat anda senggang. Good luck..

    Makanan pantangan baca di artikel ini, atau pada jawaban saya untuk penanya lain. Mengenai berapa lama konsumsi aloevera, jawaban saya sama seperti ke penanya lain atau as you wish..

  3. 248
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ratna,

    1. Ada hubungan dengan gangguan enzim pencernaan anda.
    2. Bisa sembuh, mungkin dibantu juga dengan mengunyah-ngunyah permen karet/ chewing gum, agar enzim pencernaan anda terangsang untuk diproduksi.
    3. Vitamin C dosis tinggi lebih baik, asalkan yang tidak menggaggu lambung. Seperti : Ester-C atau Vitalong C yang coated dan slow released.
    4. Boleh pakai aloevera dari kebun sendiri. Tapi tentu saja ngambilnya agak banyak, agar dagingnya yang berkhasiat cukup jumlahnya.

  4. 247
    Ardi Says:

    Kepada Yth
    Dr. Sukma

    Saya sudah mengkonsumsi lidah buaya selama satu minggu tapi rasa mual dan mulut serasa panas dalam belum berkurang, tetapi rasa perih dan sakit pada lambung sudah mulai hilang dan makan apa saja yang harus saya pantang, berapa lama jangka waktu saya harus mengkonsumsi lidah buaya terimakasih ibu Sukma.

    regars

    Ardi

  5. 246
    ratna Says:

    Dear dr. Sukma yang baik
    Saya ada pertanyaan lagi dok, belakangan ini saya juga sering sakit tenggorokan, sudah periksa ke dokter dan diberi antibiotik, beberapa hari sembuh tapi sakit lagi.
    1. Apa ada hubungannya dengan gejala mag dan kekurangan enzim saya dok?
    2. Untuk kasus kekurangan enzim apa bisa sembuh atau selamanya harus mengkonsumsi enzyplex?
    3. Bolehkah saya minum vit C dengan dosis kecil untuk menjaga daya tahan tubuh karena saya sering flu dan sariawan.
    4. Di daerah saya susah dok mencari aloevera yang bukan kemasan jadi di supermarket, bisakah aloevera yang saya tanam sendiri di rumah yang saya konsumsi karena dagingnya tidak begitu tebal?
    Maaf ya dok, pertanyaannya banyak sekali. Terima kasih.

  6. 245
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ratna,

    Sebenarnya obat yang anda minum sudah tepat. Karena keluhannya agak mirip dengan sakit maag, maka aloevera bisa saja sebagai pelengkap yang akan mengurangi keluhan karena kekurangan enzim pencernaan anda. Aloevera akan menenangkan lambung dan pencernaan anda. Tidak perlu setiap hari, cukup 2-3 kali per minggu.
    Tidak ada efek samping mengkonsumsi aloevera.

  7. 244
    ratna Says:

    Dear dr. Sukma yang baik
    Dok, saya sering mengalami gejala mag seperti mual, ulu hati terasa sesak dan pusing. Selain itu saya juga sering bersendawa, perut berbunyi kriuk-kriuk dan kadang – kadang diare.Dari artikel yang saya baca, itu adalah gejala kekurangan enzim sehingga proses pencernaan dan penyerapan makanan tidak optimal. Sekarang saya mengkonsumsi enzyplex sehari 3X setiap habis makan. Bisakah gejala yang saya alami tersebut disembuhkan dengan mengkonsumsi lidah buaya seperti yang dr. Sukma anjurkan? Terimakasih atas perhatian dan jawabannya.

  8. 243
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ardi,

    Kenapa saya anjurkan aloevera buatan sendiri ? Karena sudah pasti tanpa pengawet/bahan kimia. Aloeveranya juga asli, ciptaan Tuhan dan bukan sintetik. Sehingga kandungan bahan aktifnya yaitu bagian daging aloevera yang berlendir itu benar-benar PURE, murni dari alam.

    Soal berapa banyak, sebenarnya tergantung anda sendiri. Artinya konsumsilah aloevera sampai terasa kenyang, dan tidak perlu makan yang lain saat itu.Dengan demikian khasiatnya betul2 DAHSYAT. Semua keluhan : panas, mual, kembung dan sebah hilang begitu saja.

    Satu-satunya kekurangan menikmati aloevera cara ini yaitu agak merepotkan : ngupas, potong dadu dan tangan agak berlendir. Buat saya itu tidak masalah. Karena khasiatnya yang didapat benar-benar AMPUH.

  9. 242
    Ardi Says:

    Yth,
    Dr. Sukma

    Saya sudah konsumsi lidah buaya tiga kali memang rasa mual sudah agak berkurang, tapi rasa seperti panas dalam masih saya rasakan terutama menjelang siang, dan berapa banyak takaran yang harus saya konsumsi, boleh tidak makan yang sudah jadi atau dalam kemasan

    terimaksih dokter

  10. 241
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ardi,

    Dari keluhan anda dan obat2 yang anda minum menunjukkan anda memang terkena gastritis / sakit maag. Cobalah aloevera dari alam dan bukan bahan kimia. Rasakan manfaat segera dari aloevera serta harganya yang murah meriah dibanding obat apotik.

  11. 240
    Ardi Says:

    perut terasa kembung dan lapar, disertai tenggorokan terasa kering dan seperti panas dalam, kira apa nama penyakitnya dan apa obatnya serta bagaimana cara mencegahnya dan ini sudah saya rasakan selama dua bulan saya sudah berobat ke dua dokter dan diberi inpepsa danlansoprazole

    terimakasih Dr. Sukma yang terhormat

  12. 239
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sri (post 235, 236),

    Memang agak sulit menjaga kesehatan lambung tetap prima. Karena godaan makanan disekeliling kita. Jadi agar maag anda tidak kambuh, tidak ada jalan lain kecuali hindari semua pantangan.

    Bila terlanjur makan makanan yang seharusnya dipantang, sy biasanya rutin lagi konsumsi aloevera. Setelah agak tenang, 2x seminggu lalu 1x seminggu.

    Obat2 pankreoflat, dysflatyl dan semua obat pada umumnya tidak baik dikonsumsi terlalu lama. Akan memberatkan bahkan merusak jaringan hati/liver anda.

  13. 238
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ayu,

    1. Persis. Bila tidak ingin maag anda kambuh, sebaiknya hindari semua pantangan : asem, pedes, santan, gorengan, kopi, soft drink, alkohol, ragi, dst.

    2.Karena anda harus mengkonsumsi obat anti covulsant, sebaiknya minimalisir minum obat lain, termasuk obat maag. Cobalah aloevera seperti penjelasan dalam artikel ini. Daging aloevera jangan dicuci, karena lendirnya justru yang paling bermanfaat. Getahnya yang kuning, buang saja.

    3. Kunyit setahu saya bersifat antiseptik. Jadi bila maag anda disebabkan radang oleh kuman, termasuk Helicobacter Pylori (HP), boleh dicoba (baca juga artikel tt. HP). Ampuh atau tidak, saya kurang tahu.

  14. 237
    ayu Says:

    Halo dokter,
    saya senang sekali menemukan blog ini karena keluhan saya tentang Maag cukup banyak dibahas disini..
    sejak 2 bulan yang lalu, saya terkena Maag, perut sering kembung dan sering sendawa. padahal sebelumnya lambung saya baik2 saja, sehat2 saja walaupun saya tidak pernah sarapan dan jarang makan (makannya tidak teratur). mungkin karena hal tersebut akhirnya terkena juga.. bila Maagnya datang, ulu hati saya suka sakit, kalo perutnya kembung suka sakit dan kadang sesek. biasanya saya minum promag dulu dan bila tidak mempan baru saya minum ranitidine.
    yang ingin saya tanyakan adalah:
    1. bila menderita maag, apakah artinya bahwa kita sama sekali tidak boleh memakan makanan yg pedas dan asam, karena sejak maag saya tidak berani lagi makan buah2an yg rasanya asam seperti jeruk, mangga, dll?
    2. apakah boleh mengkonsumsi obat maag yg berbeda hanya 1 jam dengan obat lain karena saya teratur mengkonsumsi obat anti konvulsi?
    3. yang terakhir, kata orang bila memiliki penyakit maag dapat sembuh bila mengkonsumsi kunyit, apakah hal tersbut benar?
    mohon sarannya, dokter..
    terimakasih banyak sebelumnya..

  15. 236
    sri Says:

    Dear Dokter
    Apakah meminum obat pankreaoflat seperti Disflatyl atau Enzyplex terus menerus akan ada efek sampingnya ?

    Thank You and Regards
    Sri

  16. 235
    sri Says:

    Dear dr
    Saya sudah dua bulan ini merasa sehat sejak minum aloe vera. Kemudian dua minggu lalu teman saya mentraktir ayam taliwang, pedas sekali memang. Otomatis perut saya sakit lagi. Ternyata maag itu memang tidak bisa sembuh total. Sampai sekarang maag saya masih sakit, sejak makan ayam taliwang itu. Saya lanjutkan terapi lidah biaya. Apa yang harus saya lakukan supaya maag saya sembuh lagi ya dok.

    Terimakasih banyak sebelumnya dok.

    Thank You and Regards
    Sri

  17. 234
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ogi nugraha,

    Sama. Saya juga merasakan, meski lambung saya sedang tenang, tatkala saya kangen makan keju atau minum soft drink, maka kambuh lagi dech maag saya.

    Jadi kesimpulannya semua pantangan itu hendaknya terus dihindari, bila tidak mau repot lagi urusan sakit maag.

    Konsumsi aloe vera untuk maintenance, sebaiknya setiap satu minggu satu kali, menjaga kestabilan kondisi lambung. Atau seperti anda saat ini, setiap ‘melanggar’ pantangan (habis makan junk food), sebaiknya disusul segera dengan konsumsi aloe vera. Good luck..

  18. 233
    Ogi Nugraha Says:

    selamat pagi dok,

    dok saya udah mencoba terapi dengan aloe vera alhamdullilah lambung saya agak baikan, tetapi saya coba makan fast food wah kumat lagi dok, apa saya harus terus makan aloe vera. Berapa hari sih dok pengobatan dengan aloe vera sampai lambung sembuh total. Mohon bantuannya dok terima kasih

  19. 232
    Dr. Sukma Says:

    Halo Eizhra,

    Sebenarnya pada anak terutama bayi sampai dengan usia satu tahun, bentuk tubuhnya kelihatan sedikit kurang proporsional, yaitu perut kelihatan relatif buncit.

    Saya berpendapat, disamping vitamin penambah nafsu makan sebaiknya anak juga mulai dikenalkan dengan buah, sayuran dan makanan lain yang berserat tinggi misalnya cereal yang dicampur susu untuk makan pagi.

    Dengan demikian diharapkan gerakan atau motilitas usus dan pencernaan menjadi baik dan normal. Sehingga anak akan BAB secara teratur, yaitu satu kali perhari, setiap pagi. Hal ini disebut ‘toilet training’- baca artikel saya tentang hal ini pada ” Why high fiber food so Important ?’-

    Bisa dibantu dengan menggosokkan minyak telon setiap habis mandi, agar bila ada banyak udara didalam pencernaan akan keluar karena hangatnya dinding perut.

  20. 231
    eizhra Says:

    selamat pagi dokter,saya ada pertanyaan mengenai kondisi anak saya, umurnya tiga tahun. selama bayi sampai skr ga pernah bebas dari perut kembung. sudah saya konsultasikan kedokter anak, tapi hasilnya tidak memuaskan. anak saya hanya diberi vitamin penambah nafsu makan aja.krn selami ini anak saya susah makan dan juga susah B.A.B. kira -kira ada apa dengan anak saya.waktu bayi minum asi juga kembung.dokternya hanya bilang pola makan aja. tapi ga dijelasin pola yang baik seperti apa. mohon bantuanya dokter, terimakasih.

  21. 230
    Dr. Sukma Says:

    Halo David,

    Setelah 3 tahuin mengkonsumsi segala macam obat yang anda tulis itu, sebaiknya kontrol ke dokter internist/ penyakit dalam. Karena SGOT dan SGPT anda juga meningkat, dikhawatirkan organ hati atau liver anda sudah kecapaian memetabolisir semua itu.

    1. Gejala sakit baru timbul malam hari, karena saat siang hari anda sibuk dengan pekerjaan, sehingga rasa sakitnya ter’abaikan’.Sedangkan pada malam hari anda relax,lebih sensitif dalam merasakan suatu kelainan pada diri anda. Juga kepenatan beraktivitas disiang hari jadi ‘rebound’.
    2. Sebaiknya jangan mengobati sendiri. Keluhan anda dengan beberapa kelainan lab, perlu ditangani serius dan tuntas oleh dokter internist. Segeralah kunjungi dokter langganan anda.

  22. 229
    David Says:

    Selamat Tahun Baru dok…
    Nama sy david,umur 32 thn,sudah hampir 3 tahun sy terkena hypertensi,kadar kolestrol & trigliserida sy jg agak tinggi,SGPT & SGOT jg 3x diatas angka normal.
    Tiap hr sy rutin minum obat darah tinggi (betablock 50mg) 1 hr 2x,pagi & sore masing2 1/2.
    Tiap 3 hr sekali jg sy minum obat trigliserida & liver.
    Yang hampir 1 tahun ini sy rasakan,nafas sy berat kl menjelang sore hari,kpala pusing,nyeri di tengkuk kepala belakang dan perut juga kembung menjelang sore & malam hari,sy sudah meminum obat maag (Omeprazole),tp tidak terlalu membantu.
    Yang sy mau tanyakan ke dokter
    1.kenapa gejala2 sakit sy hanya timbul di malam hari?
    2.obat apa yg dapat menyembuhkan sy dr sakit2 sy dok?
    Thanks

  23. 228
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andi Amnur,

    Saran saya sebaiknya obat yang diresepkan untuk anda dihabiskan dan diminum sesuai aturan. Sedangkan aloevera sebagai pelengkap, untuk menstabilkan kondisi lambung anda yang menjadi bagian dari dyspepsia.

    Setelah obat habis, kontrol lagi ke internist. Nanti kondisi anda akan dinilai, apakah perlu dilakukan pemeriksaan endoskopi atau tidak.
    Jadi penanganan dyspepsia ada step-stepnya…

  24. 227
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ogi Nugraha,

    Bila terjadi sumbatan saluran empedu, maka akibatnya feces/kotoran BAB anda akan berwarna pucat atau putih-abu2. Dan ini biasanya terjadi pada bayi yang pada kebanyakan kasus terlihat perutnya membuncit, dengan kelainan bawaan yang disebut Atresia Biliaris. Pada dewasa, saya belum pernah melihat kasus itu.

    Jadi jelas sumbatan empedu dengan sakit maag sangat jauh berbeda.

  25. 226
    andi amnur Says:

    Tks dok, sore ini saya sudah mengkonsumsi aloevera. Saya kupas kulitnya dan saya makan tanpa dimasak (mentah), tentunya setelah dicuci. Benarkan begitu dokter? Saya bingung kenapa pada saat perut tidak nyaman, terjadi keringat pada selurh badan termasuk telapak tangan dan telapak kaki, dan kadang-kadang pundak (punggung bagian atas) terasa berat, tapi gejala itu hilang beberapa saat rasa tidak nyaman di lambung itu hilang.
    Dok, apakah saya masih harus minum obat maag sebelum makan, atau pada saat ada gejala? Sekarang tidak saya minum obat, begitu ada gejala perih saya makan sedikit roti tawar, dan minum air putih.Saran dokter ?
    Apa sakit (dyspepsia) ini bisa sembuh total dokter? Dokter tidak atau belum menyarankan untuk endoskope atau cek darah untuk bakteri HP. Apa saya harus tanya sama dokter internist?
    Saya berharap sekali aloevera bisa membantu. Mohon saran dokter.
    Tks/sala,

Pages: « 74 … 13 12 11 [10] 9 8 7 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe