UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 15 14 13 [12] 11 10 9 … 1 » Show All

  1. 300
    fei lie Says:

    haloo mau tanya ne dok,,anak sy berumur 2 thn skr ini sedang skt perut ga jelas skt perut gmn tapi kadar kerja usus meningkat (suka bunyi duk duk duk yg keras) 2 hr yg lalu sempat muntah2, bdn tidak demam dan tidak maaf mencret..sudah minum obt dialac, farmachol dan voneta,, skr sy merasa anak sy ini sudah BAB tu dok, terkadang kalau dia sdang sakit perut dan jika sudah megneluarkan angin, maka dia tidak terlalu rewel apa memang kembung? dan kira2 mknan apa sj yg tidak di sarankan untuk di makan dan sebaliknya mknan apa sj yg kira2 bisa mengurangi gas dlm lambung? thx atas penjelasannya..sy membutuhkan sekali..thx

  2. 299
    Randy Says:

    sebelumnya terima kasih dok atas jawaban dari dokter no posting 296. berikut saya sertakan hasil dari tes darah saya :
    Hemoglobin :13.1
    Leukosit : 6.100
    LED : 20-38
    Hematokrit (PVC) : 41
    Band : 1
    Segmen : 66
    Limfosit : 32
    Monosit : 1
    Eritrosit : 408
    Trombosit : 220.000
    WIDAL
    Salmonella Typhi H : 1/160
    Salmonella Typhi O : 1/80

    menurut dokter, bagaimana dengan hasil tes diatas? apakah ada peradangan atau mungkin kelainan dalam tubuh saya? saya mohon jawaban dan juga saran obat dari dokter. sebelum dan asesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih dok.

  3. 298
    Dr. Sukma Says:

    Halo Haries,

    Bila anda berumur 40 tahun keatas, sebaiknya dilakukan General Check-Up setiap 6 (enam) bulan sekali.

    Sedangkan pemeriksaan EKG, bila ada indikasi.Hal ini baru dapat diketahui bila pada pemeriksaan rutin dan hasil medical Check-Up ditemukan gejala yang mengarah ke jantung.

  4. 297
    haries Says:

    Selamat pagi dok
    Saya mau tanya ni untuk test lab Complette minimal berapa kali dalam setahun, tensi darah dalam sebulan & test EKG (jantung) dalam setahun Dok
    Atas bantuannya diucapkan terima kasih dok

  5. 296
    Dr. Sukma Says:

    Hai Randy,
    (Jawaban untuk posting 272)

    Sepertinya anda ada gangguan diperut, mulai lambung, dstnya kebawah. Jadi sebaiknya diperiksa darah untuk Test Widal, untuk demam tifoid dan juga test darah lengkap (DL): HB, Ht, leko, diff count, trombosit.Dari hasil DL dapat diketahui peradangan apa atau kelainan apa yang ada dalam tubuh anda.

    Sebenarnya aloevera aman untuk kondisi apa saja: normal, sakit maag atau sakit tifus. Karena sifatnya yang mendinginkan dan lembut/lunak, mudah dicerna.

  6. 295
    Dr. Sukma Says:

    Hai Indra,

    Umumnya pada hipertensi. Tentu ada perkecualian. Bila tensi anda normal, coba minum SKELAN, untuk melemaskan otot2 leher yang kramp/ kontraksi.

  7. 294
    Anonymous Says:

    Maaf dok,
    Saya mau bertany,saat ini sya sdang trkna gejala mag.
    Dan sya sdah mncba mnum dgng ldah buay,pi dcmpur dgn juz tomat..
    Dan sbaikny pengunaan dgn ldh buay min bbrpa kali,seminggu d0k..

  8. 293
    indra Says:

    terima kasih dok atas penjelasannya, satu lagi pertanyaan saya apakah tekuk dan leher pegal itus sudah pasti hipertensi, saya sering merasakan itu tapi ketika saya konsultasi ke dokter internis dan syaraf dan di cek tekanan darah bagus 120/80.mohon penjelasanya . terima kasih.

  9. 292
    santi Says:

    hai, dok, saya punya anak laki-laki, umur 2 thn 11 bulan, semenjak dia berumur 2 tahun, hampir setiap bulan sakit, yaitu demam, batuk dan pilek. kadang sebulan sampai sakit 2 x. saya stres rasanya. kasihan melihatnya, harus minum obat terus. dan puncaknya 3 bulan lalu dia masuk rmh sakit. dan divonis sakit tipes dan radang tenggorokan, amandelnya udah besar dan bernanah. saya sedih sekali melihatnya. Batuknya itu loh dok yang gak tahan saya lihatya,karna kalo udah batuk pasti dia ga bisa tidur, dan demamnya naik. Obat alami apa ya yang cocok intuk anak seusia dia? sekarang dia dah kurus sekali. Tolong yan dok, terima kasih banyak atas jawabannya.

  10. 291
    inonk Says:

    Yth. Dokter Sukma

    Saya sedang merasakan perut sering kembung, kadang2 sakit diperut sebelah kiri dan sering flatus. sempat ke dokter katanya ususnya bising / gerak bnyk. Oleh dokter diksh obat pankreoflat, tp belum saya minum obatnya karena msh ragu2 dan tidak biasa mengkonsumsi obat2an dokter. Saya lebih tertarik mengkonsumsi lidah buaya. Baru hari ini saya coba , merasa agak enakan diperut. Apakah saya msh harus menkonsumsi “pankreoflat” yg diberikan oleh dokter atau lanjutkan mengkonsumsi lidah buaya? sebenarnya pankreoflat itu buat apa yah dok?

    terimakasih

  11. 290
    Randy Says:

    Maaf dok, pertanyaan saya no. 272 kok belum dijawab?
    Makasih dok sebelum dan sesudahnya.

  12. 289
    Dr. Sukma Says:

    Hai Haries,

    1.Pendapat saya anda kemungkinan menderita hipertensi. Karena penderita hipertensi biasanya tengkuk dan leher terasa kaku, dst seperti yang anda tulis.
    2. Bukan pengaruh GERD
    3. Disamping hipertensi, bisa juga kramp otot sekitar leher. Bisa dicoba dengan mengoleskan voltaren cream.
    4. Kemungkinan banyak pikiran. Jadi cobalah MENENANGKAN DIRI dan istirahat/tidur malam yang cukup. Coba permen pala, maka tidur anda akan lelap sampai pagi.

  13. 288
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ila,

    Aloevera sebaiknya dibuat sendiri dari batang lidah buaya yang dikupas dan TIDAK dimasak. Getahnya yg kuning dibuang, dagingnya yang berlendir putih transparan dikonsumsi.

    Obat2 yang diresepkan biasanya manjur sebentar, setelah itu tidak mempan lagi.Apalagi harganya mahal, sehingga saya sendiri tidak pernah minum obat maag farmasi.

    Aloevera sebaiknya dikonsumsi sebelum makan, jadi saya kenyang makan aloevera. Nanti waktu makan berikutnya barulah saya makan seperti biasa. Aloevera cukup dinikmati 2-3 kali per minggu. Jadi tidak setiap hari.

    Asal semua pantangan makanan dan minuman untuk penderita maag DIHINDARI, maka lambung anda akan baik dan normal lagi. Begitu pantangan tsb dilanggar, maag anda akan kambuh kembali. Jadi TIDAK ada jaminan sembuh seterusnya. And last but not least PIKIRAN HARUS TENANG.

  14. 287
    haries Says:

    Salam
    Salam kenal Dok, saya Haries 28 Th, sudah berkeluarga, anak 1 (umur 14 bulan)
    Adapun mengenai saya sudah stop merokok 2 th, rajin jogging ( 5 x seminggu x 30 mnt)
    berat badan 78 kg, tidak konsumsi alkohol, konsumsi sayur, buah & serat (outmeal)
    Adapun sejarah penyakit saya adalah GERD selama hampir 1 Th lebih Dok. dimana saya sering merasakan nyeri dada, sesak nafas, sendawa yang berlebihan, muntah asam, pusing kepala adapun saya test Lab menunjukkan hasil semuanya normal hanya ada asam urat & kolesterol total yang agak tinggi sedikit & saya 1 th ini sudah 2x test EKG hasilnya normal.
    Saya bingung Dok karena penyakit GERD saya sering kambuh kambuh, saya juga sudah 1 th ini berobat jalan terus ke dok Internist (3 dokter), namun untuk GERD tersebut sekarang sudah agak sembuh Dok (karena menurut Dokter Saya karena Psikis).
    Namun dok sudah 2 bulan ini tengkuk saya pegal, tenggorokan saya sakit Dok (terasa ditarik-tarik, ditekan, terasa ada yang nganjal, kaku, kadang kadang susah menelan, seolah olah otot otot saya ditarik tarik), kemudian saya berobat ke syaraf dan menurut dokter syaraf karena pikiran (stress) jadi otot otot leher saya kejang, namun belum ada perubahan yang berarti, sekarang saya bingung Dok mengenai penyakit tenggorokan saya ini karena sangat menggangu sekali Dok.
    Yang ingin saya tanyakan Dok :
    1. Sakit Apa ini namanya Dok, apa ini disebut Radang tenggorokan & mengapa tengguk saya jg sakit dok ?
    2. Apa ini pengaruh dari GERD ?
    3. dan saya juga ke dokter THT, menurut dokter THT tenggorokan saya tidak ada masalah, namun saya bingung dengan tenggorokan saya yang sakit ini dok ?
    4. Dan apa Faktor penyebab sakit Saya ini Dok & apakan bisa sembuh ?
    demikianlah Dok, maaf saya terlalu banyak bertanya, karena semata mata saya bingung harus berbuat apa Dok.
    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya Dok.

    Salam
    Semoga Sukses selalu

    Haries Taufik Siregar

  15. 286
    ila Says:

    hallo dok, saya beusia 35 tahun, 3 bulan ini saya di vonis sakit mag.oleh internist,saya di beri obat lansoprazole dosis tunggal dengan kombinasi domperidone, kadang acitral, braxidin atau strocain tergantung kondisi yang saya rasakan.saya bolak balik ke odkter karena setiap obat yang doketr berikan habis, perut saya pedih dan panas lagi.tapi ketika minum, kadang rasanya “tenang”.belakangan saya di beri omeprazole 20 mg 2 kali sehari.dan sucralfat 15 mg 3 kali sehari.saya tidak di rujuk melakukan endoskopi tapi sudah di terapi antibiotik untuk membunuh bakteri pilory.yang saya tanyakan dok, cukupkah terapi pilory itu dalam 5 hari?
    kenapa meski minum obat kadang perut saya masih terasa pedih dan panas? saya sedang mencoba resep dokter untuk minum aloe vera.sebaiknya di minum setelah makan atau sesudah makan? berapa kali sehari?apakah memang pengobatan mag itu memakan waktu lama? internist saya bilang, harusnya sih kalo mag nggak terus-terusan seperti saya.
    terimakasih atas perhatiannya dok..

  16. 285
    dian Says:

    makasi dok, atas penjelasanx……oh ya dok lidah buaya selain u maag…bisa u radang tenggorokan ga? Lendir lidah buaya ga pengaruh gatal di tenggorokan?

  17. 284
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dian ,

    Dari tulisan anda yang panjang itu saya simpulkan bahwa lendir bening seperti sagu itu berasal dari saluran nafas atas alias hidung, sinus, dst. Apalagi anda telah didiagnosis Rhinitis Allergica dan Septum deviasi.

    Keluhan anda bukan maag, akan tetapi lebih pada Rhinitis dan sekat hidung anda yang berdeviasi/bengkok.

    Letak esofagus persis dibawah tenggorokan, dan menghubungkan tenggorokan dengan lambung.

    Beda esofagitis dengan radang tenggorokan hanya LOKASInya saja. Radang tenggorokan disebut pharingitis lokasi lebih diatas dibandingkan esofagitis.

  18. 283
    Dr. Sukma Says:

    Hai Weda,

    Penderita maag tidak ada pantangan terhadap vitamin E. Karena sifatnya tidak asam, jadi teruskan minum vit E.

  19. 282
    Weda Says:

    Yth. dokter Sukma
    Dok, kalau punya sakit mag boleh atau tidak mengkonsumsi vit E seperti Natural E, evion dll? Ada efeknya tidak karena saat ini saya juga sedang minum obat mag dari dokter. Terimakasih.

  20. 281
    dian Says:

    met malam dok yang baik hati,smenjak tipes 05 maag sy sering kambuh, sy jg sering mengalami radang tenggorokan…8 bln terakhir ini sy sangat bingung dg kondisi sy, sy sering batuk2 karena ada lendir di tenggorokan yg maksain sy bwt batuk, stlah ke dok ahli dalam katanx faringotis kronik, sy dah minum sanexon, jga pengencer dahak epexol tapi batukx tetap ada, oh ya dok dahakx warna putih kaya sagu dan selama 8 bln ini ga pernah berubah warna kuning tw hijau, akhirx sy pindah dok n hasilx lagi2 maag juga alergi. Belum puas sy ke dok tht stlah di ct scan hidung,hasilx rhinitis alergi dan deviasi septi. Keluhan yg sering sy alami perut kembung, bunyii2, sendawa ga brenti,sakit tenggorokan, masi batuk berlendir, biasa hdung sering meler dan tersumbat kalo cuaca dingin tetapi sebulan terakhir ini udah berkurang stlah terapi bio e untuk alergi. Dok jg mengatakan kalo sy kena gerd, yang sy mau ? 1.Dok apakah lendir bening itu asalx dari asam lambung, atau dari tenggorokan. Soalx kalo ga dikeluarin tenggorokan rasax perih.2. Bila kena ac terlalu dingin berasa jg byk lendir di tenggorokan yg memaksa sy u batuk dan meludah mengeluarkan lendir bening tsb. Jdi dok yang mana yang menyebabkan adax lendir tsb, apa dari hdung yg rhinitis atau asam lambung yg naek.3. Esofagus letak spesifikx dimana? 4.bedanya sakit di tenggorokan karena radang dengan esofagitis. Jawaban dok mdah2an bs menjawab kebingungan sy selama krang lbih 8 bln terakhir ini. Makasi

  21. 280
    himawan Says:

    MENGATASI SAKIT MAAG / NYERI LAMBUNG :
    1. Jangan makan or minum : pedas, panas, masam, alkohol, makanan berkolesterol tinggi, makanan yg bersifat kasar/ keras.
    2. Makan nasi hangat beserta lauknya tiap 4 jam sekali yaitu jam 7, 11, 15, 19, 22 dg porsi tiap kali makan setengah piring nasi aja.
    3. Tiap kali habis makan, minum air putih 1,5 gelas untuk menetralkan dan mengeluarkan asam lambung yg berlebihan saat buang air kecil.
    4. Minum susu yang berkadar lemak rendah pada jam 11.30 siang seperti susu anlene.
    5. Jangan banyak pikiran apalagi sampa stress, bersikap santai dan rilekS aj.
    6. Istirahat yang cukup.
    7. Olah raga pagi dg jalan kaki kurang lebih 15 menit aja,
    8. Minum obat Mylanta or ranitidine, or omeprazole or obat yang diresepkan dokter.
    Lakukan dg disiplin hal diatas, Smoga para penderita maag cepat sembuh. bye e-tradezone.com

  22. 279
    Dr. Sukma Says:

    Halo Riza,

    Insya Allah dengan aloevera keluhan maag anda dapat disembuhkan. Namun, bila pantangan penderita maag dilanggar (makanan dan minuman), keluhan akan muncul lagi. Jadi tidak ada jaminan seterusnya sembuh, KECUALI bila semua pantangan tsb. anda hindari seumur hidup.

  23. 278
    Dr. Sukma Says:

    Hai Gandara,

    Yang saya tahu batu empedu obatnya diangkat alias dioperasi. Tidak satupun bahan yang bisa mengecilkan batu yang terlanjur terbentuk.

    Saran saya, bisa dicoba kurangi makanan berlemak kalo bisa pantang lemak dan banyak minum air putih.

  24. 277
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yoga,

    Terapi aloevera berguna untuk menetralisir KELUHAN maag termasuk juga GERD. Namun aloevera BUKAN menyelesaikan ke akar permasalahan.

    Pantangan makan pada GERD mirip/ hampir sama dengan pantangan penderita maag pada umu7nya. Baca jawaban saya pada penanya lain.

  25. 276
    Yoga Says:

    eh iya satu lagi dok..
    therapy aloe vera buat penderita GERD bisa juga?..
    lalu apa bisa juga dengan mengkonsumsi aloe vera yang sudah dijual dalam bentuk kemasan ( tinggal disantap )
    atow harus aloe vera yang segar?..

    terima kasih..

Pages: « 74 … 15 14 13 [12] 11 10 9 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe