UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 16 15 14 [13] 12 11 10 … 1 » Show All

  1. 325
    Faizin Says:

    Oh ya saya sering bersendawa trutama sehabis makan + minum walau dlm porsi sedikit. Saya makanny sedikit + ngemil. Mksh atas jawabannya

  2. 324
    Faizin Says:

    Oh ya dok. Saya juga sudah endoskopi. Kesanny gastritis antum. Soalny tetangga saya yg terkena lambungny juga minum ekstrak kunyit+madu

  3. 323
    Faizin Says:

    Saya penderita asam lambung, selain minum obat yang diberikan dokter. Malam harinya saya minum ekstrak kunyit + madu. Apakah kunyit + madu juga baik untuk asam lambung?

  4. 322
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rudi,

    Pendapat saya, sebenarnya masalah anda ada di SEPTUM DEVIASI alias tulang hidung kiri yang bengkok. Hal ini mengakibatkan anda sering sesak nafas.

    Akibat sesak nafas, maka secara tidak sengaja anda bernafas lewat mulut. Maka terjadilah perut kembung.

    Perut kembung pada kasus anda ini BUKAN gastritis atau sakit maag, akan tetapi akibat AEROPHAGIA alias banyak tertelan udara ke saluran cerna/lambung salah satunya.

    Solusinya mungkin perlu operasi untuk meluruskan tulang hidung yang bengkok/septum deviasi tersebut.

  5. 321
    rudi Says:

    hallo dok,saya punya penyakit menahun sering ke dokter tapi tdk jelas apa penyakitnya,gejalanya perut keras makan sedikit perut langsung terasa penuh,seringkali disertai susah bernafas,hidung terasa kering,nafas pendek,oh ya saya pernah dirontgen tulang hidung sebelah kiri bengkok,dan saya juga mengidap alergi terhadap asap dan bau yang menyengat,keluhan yang paling merepotkan sesak dan nafas dan perut kembung,sebenarnya apa penyakit saya dan apa obatnya ,terima kasih banget dok,

  6. 320
    Dr. Sukma Says:

    Hai Santi,

    Buah pepaya, pier dan semangka biasanya aman untuk penderita maag. Sayuran labu siam dan bayam terasa nyaman diperut saya. Terutama bayam merah, teksturnya halus dan rasanya enak.

  7. 319
    Santi Says:

    Dear dr sukma.. Ini santi (again) berkat baca di blok dokter tentang manfaat lidah buaya sakit mag aq jd mendingan, bln desember kemarin aq opname selama 4 hari di rumah sakit krn mag skrg dah mendingan krn aloevera big2 thanks ya dok.. Skrg aq mo nanya sayur n buah apa yg boleh di konsumsi utk penderita mag coz sejak keluar dari Rs aq sering susah buang air besar.. Thanks before n after..

  8. 318
    Dr. Sukma Says:

    Hai Santi,

    Aloevera dikonsumsi saat diperlukan. Tidak ada batasan berapa hari. Bila lambung dan perut sudah terasa nyaman cukup satu kali seminggu.

    Bila melanggar pantangan makan dan minum, sebaiknya langsung ambil aloevera sebelum terjadi gejala maag lagi.

  9. 317
    Dr. Sukma Says:

    Halo Evi,

    1. Benar. GERD anda kambuh lagi
    2. Pantangan makan pada GERD sama dengan pantangan pada sakit maag. Jadi baca artikel dari awal sampai akhir tulisan. Banyak pantangan makanan dan minuman, selain kopi.
    3. Pengobatan GERD TIDAK cukup 3 minggu. Penyakit itu akan kambuh-kambuh lagi bila pantangan makan dilanggar
    4. Chlorophyl aman, akan tetapi sangobion dengan kandungan zat besi didalamnya akan meng-iritasi lambung, sehingga sebaiknya distop.

  10. 316
    evi Says:

    Dok saya hampir bulan lalu mengalami sakit dada,tenggorongan seperti tercekik dan dan nafas pendek2,susah sekali sendawa, sekalinya sendawa makanan keluar lagi walaupun sedikit, waktu diperiksa kedokter internist 1 malah disuruh ekg dan echo (alhamdulillah hasilnya masih normal), kemudian periksa ke internis ke 2(yang berbeda) katanya GERD dan diberikan mucosta dan lanzoprazol selama 3 minggu,selama pengobatan keluhan dan banyak berkurang sih, tapi sekarang muncul lagi, malah setiap dini hari perut saya ribut banget seperti banyak gas, dan setiap bangun tidur perut kiri saya(dekat tulang iga perih banget),yang saya tanyakan
    1.apa GERD saya kumat lagi dok?
    2.makanan yang dipantang apa aja yah biar maag/gerd ga kumat2 lagi soalnya selama pengobatan pantangan saya cuma kopi aja
    3.pengobatannya gerd itu apa cukup cuma 3 minggu dok?
    4.hasil tes darah saya eritositnya dibawah normal,dan saya minum klorofil serta sangobion, berpengaruh ga dok terhadap penyembuhan GERD
    makasih dok atas perhatiannya, maaf yah pertanyaan saya banyak banget :)

  11. 315
    Santi Says:

    Dear dr Sukma merati.. Aq mo nanya berapa lama kita harus mengkonsumsi lidah buaya? Thanks before n after..

  12. 314
    Dr. Sukma Says:

    Halo Gun,

    Perut sebelah kanan itu lokasi hati/hepar. Bila kelihatan membesar, sebaiknya periksa ke dokter internist, kalau perlu akan dilakukan pemeriksaan test fungsi hati(LFT).

    Angin yang terlalu banyak sehingga suara sendawa keras banget, sebaiknya minum pankreoflat. Semoga udaranya berkurang. Coba konsumsi aloevera, perut anda akan terasa enak dan nyaman.

    Frequent small feeding diterapkan saat kita terjaga. Pada saat tidur malam hari atau ‘napping’ disiang hari -seperti yang biasa dilakukan mantan Presiden Bush- TIDAK PERLU BANGUN KHUSUS UNTUK MAKAN. Sebab, tidur atau istirahat adalah SANGAT PENTING dan BISA MENYEMBUHKAN segala macam penyakit, termasuk sakit maag.

    Pada saat tidur, badan dan pikiran kita juga istirahat termasuk saraf yang biasanya mengaktifkan sekresi asam lambung sehingga ini bagus untuk menetralisir stress yang ada disaat kita terjaga.TIDUR adalah OBAT mujarab.

  13. 313
    Dr. Sukma Says:

    Hai haries,

    Psikolog biasanya menangani kelainan psikologis yang bersifat ringan dan masih dalam batas gangguan mental ringan seperti : anxietas, stressful,psikosomatis, dst.

    Psikiater adalah dokter spesialis saraf, yang biasanya menangani kasus kelainan mental yang bersifat berat : psikosis, skizofrenia, dst.

  14. 312
    Gun Says:

    dok saya mau tanya nih…
    Kenapa yah perut saya sering terasa kembung/ agak mual, pokoknya terasa tidak enak sekali terutama pagi hari. Kalo mau sarapan susah sekali tapi tetap saya paksakan minimal minum susu segelas. Sering sendawa (suaranya besar bgt) jadi spt muntah tapi keluarnya angin.
    Kalo makan siang/malem biasa walaupun sepanjang hari perut masih terasa tidak enak.
    Trus kalo saya perhatikan perut sebelah kanan saya (uluhati yah…?) ko’ agak sedikit lebih besar daripada perut sebelah kiri.
    Sudah ke dokter dapet obat Laprotan sama Antasida (masih saya makan). Kira2 kenapa yah dok ??
    Gimana kalo kita menerapkan frequent small feeding gimana pada malam hari apakah kita harus bangun setiap beberapa jam utk makan kecil ?
    Mohon bantuannya dok. Terima kasih

  15. 311
    haries Says:

    Ass. Dok
    terima kasih dok atas penjelasannya
    mudah mudah2an saya dapat mengobati GERD ini
    Dok saya mau nanya lagi nih. apa beda psikilog dan psikiater Dok

    terima kasih dok
    Wass

  16. 310
    haries Says:

    Ass, terima kasih dok
    cepat sekali responnya
    Semoga sukses selalu Dok, Amien

  17. 309
    Dr. Sukma Says:

    Hai belinda,

    Kemungkinan tubuh anda terlalu sensitif terhadap suhu panas. Sehingga udara didalam lambung dan pencernaan anda jadi memuai, bertambah volumenya. Mengakibatkan rasa kembung, mual sampai keringat dingin.

    Bila demikian halnya, sebaiknya HINDARI TERPAPAR SINAR MATAHARI disiang hari. Tidak ada jalan lain.

  18. 308
    Dr. Sukma Says:

    Halo haries,

    Dari hasil lab, triglyceride yang agak tinggi. Namun dengan pola hidup anda yang sudah baik seperti tulisan anda, terutama dengan berolahraga, maka triglyceride akan turun dengan sendirinya.

    Inti permasalahan anda adalah GERD,yaitu akibat aliran balik asam lambung ke atas, sehingga anda merasa tenggorokan sakit dan mampet. Udara rasa terperangkap antara perut dan dada. Cobalah aloevera yang bisa menenangkan asam lambung yang berlebihan. Efek aloevera melapisi dinding lambung dan seluruh pencernaan, sehingga tidak terjadi EROSI yang berakibat rasa sakit dan perih..

    Coba juga ‘Knee to Chest position’,lutut ditempelkan ke dada alias nungging, sehingga udara didalam perut dapat keluar dengan lancar. Last but not least kunjungi psikolog, agar Kecemasan pada diri anda dapat dikurangi berangsur-angsur. Dengan pikiran TENANG, Insya Allah GERD anda akan sembuh..

  19. 307
    belinda Says:

    Dear Dr Sukma

    Dokter,tiap saya keluar siang hari dan terpapar matahari,perut sy jd mual,kembung dan kadang keluar keringat dingin,tanpa ada rasa pusing ataupun merah dan ruam2 di kulit.Kenapa dgn saya ya dok?

    Terimakasih banyak sebelumnya

  20. 306
    haries Says:

    Selamat Pagi Dok,
    Mohon bantuannya nih Dok
    Begini Dok, saya ucok, pria 28 Th, berat 78 kg tinggi 168 kg, sudah 1 tahun lebih menurut 3 dokter Internist (1 diantaranya Dokter KGEH)saya menderita GERD (namun saya tidak pernah direkomendasikan untuk Endoscopy, adapun yang saya rasakan nyeri didada, panas didada, pernah muntah asam, mual, kembung, sesak nafas, sering sendawa (namun untuk sendawa kadang kadang susah untuk mengeluarkan udara dari dada saya jadi terkesan sendawa agak dipaksain seolah-olah ada udara yang terperangkap didada namun terasa lega apabila sendawa saya plong), adapun saya sudah check Up test Lab darah complette bulan Desember 2008 :
    Hasil Test Lab semuanya normal kecuali :
    1. Asam urat 8,2
    2. Kolesterol total 203
    3. Trigliserida 232
    4. Hasil EKG Normal ( 3x dalam 1 th ini)
    Adapun obat-obatan yang saya konsumsi antara lain :
    1. Pupepsa
    2. Lancid (lansoprazole
    3. Anprazolam/alganax (namun sekarang saya kurangin)
    4. Spasmomen (saya kurangin pemakaiannnya)
    Pola Hidup saya sekarang :
    1. Jogging 6 x 30 menit dalam seminggu
    2. Rajin Konsumsi buah (apel, pisang)
    3. Setiap pagi konsumsi madu + teh hijau
    4. Konsumsi Outmel (gandum) setiap pagi
    5. Makan secukupnya (sayur-sayuran)
    Namun Dok sampe sekarang penyakit saya sering kambuh, asal terpicu sedikit saja maka gejala diatas akan datang yang sering menyiksa saya Dok apabila saya sering sendawa seperti saya ceritakan diatas Dok, yaitu ingin sendawa namun udara tersebut seolah olah terperangkap antara leher dan dada yang mengakibatkan tidak nyaman & mual Dok (namun sempat 2 bulan saya tidak merasakan sendawa lagi Dok) namun gantinya saya sering mengalami Sakit ditenggorokan (terasa mampet, kejang, susah menelan, kaku, rahang & telinga saya juga sering sakit, namun saya ke Dokter THT tenggorokan saya sehat sehat aja malah saya dikasih lanzoprazole & obat penenang) dan tengkuk berat, kaku dan kepala saya sakit sekali namun tensi darah normal 120/80 menurut dokter karena GERD lagi. Dan menurut semua dokter yang saya konsultasikan penyakit saya dari GERD yang dipicu dari Stress (memang saya semenjak sakit memiliki kecemasan yang berlebihan). Semuanya akan nyaman apabila saya banyak gerak/olah raga
    Yang ingin saya tanyakan Dok :
    1. Bagaimanakah mengobati sendawa yang seperti saya ceritakan diatas Dok (susah bersendawa) ?
    2. Mengapa leher saya sakit & begitu jg tenggorokan saya itu dok ?
    3. Apakah GERD dapat sembuh Dok ?
    4. Saya suka sekali dengan cerita Dokter merekomendasikan Aloe vera ( apakah khasiatnya Dok) dan bagaimana cara penggunaannya ?
    5. Apakah Ada yang salah dengan saya Dok atau obatnya yang kurang tepat ?
    6. Saya selalu ketakutan Dok dengan penyakit saya padahal menurut Dokter yang saya temuin (saya tidak ada penyakit apa-apa semuannya baik baik saja hanya kecemasan saya yang membuat penyakit saya jadi berlarut-larut), apakah Dokter Setuju ?
    Maaf Dok apabila terlalu panjang keterangan yang saya buat, semata-mata agar dokter dapat menganalisa penyakit saya dengan baik & jelas.
    Terima kasih banyak Dok atas bantuannya.
    NB : – Jangan Marah ya Dok
    Semoga sukses selalu Dok salam

  21. 305
    inonk Says:

    Terimakasih dok atas jwbnnya sangat membantu sekali.

  22. 304
    Dr. Sukma Says:

    Hai Inonk (post 291 dan 303),

    Maaf pertanyaan anda terlewatkan, tidak terbaca mungkin karena saya belakangan waktunya sangat sempit, jadi menjawab pertanyaan ter-gesa2.

    Pankreoflat itu bagus untuk mengurangi keluhan kembung diperut. Isinya enzim dan membuat flatus anda lancar.
    Pankreoflat sebaiknya diminum saat ada keluhan. Bila kembung sudah hilang, stop minum obat itu.

    Aloevera sebenarnya untuk mendinginkan, melapisi dinding lambung dan pencernaan lainnya, sehingga luka2 kecil disepanjang lambung dan usus tidak bertambah parah bisa anda konsumsi berbarengan dengan pankreoflat.

    Aloevera TIDAK PERLU SETIAP HARI, cukup 3 kali seminggu.

  23. 303
    inonk Says:

    maaf dok, saya mau menanyakan bagaimana cara untuk mendapatkan jawaban dari dokter? apakah harus mendaftar jd anggota dl? karena saya sangat menunggu jwbn dari pertanyaan saya (291).

    terimaksih

  24. 302
    Dr. Sukma Says:

    Halo Fei Lie,

    Kembung pada anak usia 2 tahun sebaiknya dioleskan minyak telon setiap habis mandi. Rutin dilakukan, jangan menunggu kembung. Tidur sebaiknya dengan posisi perut dibawah (tengkurep).

    Penyebab kembung banyak, al. : sering tertelan udara saat menangis dengan mulut dibuka lebar(aerophagia), makanan yang memproduksi gas banyak, seperti : kol atau kubis dan lain2.

  25. 301
    Dr. Sukma Says:

    Halo Randy,

    Dari hasil lab sepertinya anda terkena demam tifoid ringan/subklinis dari hasil Widal.

    Jadi sebaiknya berhati-hati dengan asupan makanan. Pilih yang makanan lunak seperti bubur dan juice buah serta susu. Teruskan makan dan minum seperti ini sampai satu bulan kedepan. Diharapakan pada saat itu usus dan pencernaan anda sudah kembali normal..

    Hasil lab yang lain dalam batas normal.

Pages: « 74 … 16 15 14 [13] 12 11 10 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe