UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 41 40 39 [38] 37 36 35 … 1 » Show All

  1. 950
    dian Says:

    malam dok, kalo konsumsi madu untuk orang maag atau gerd bisa gak??? Soalx dah hampir seminggu terutama tiap pagi habis sarapan sy minum madu satu sendok makan, tapi skrg perut sy rasax mual dan gak enak…sy emg maag kronis tp ga prnah sakit uluhati, mksi dok tas perhatiax

  2. 949
    Midian Says:

    Selamat Sore Dok,

    Kembali saya bertanya lagi Dok,
    Hasil Lab Glukosa puasa saya bisa antara 85 – 115 dan dua jam kemudian (ssdh makan) antara 70 – 85, seharusnya antara 120 – 160. Sepertinya hasil tsb aneh (terbalik) . Dan sudah ke Dokter Bag.Internis dikasi obat Glukobay (diminum bersamaan waktu makan) tetapi sampai sekarang belum normal (masih tetap terbalik)

    Kenapa itu Dokter ? Gejala apa atau ada penyakit lain ?
    Atau ada obat lain yang harus saya makan selain Glucobay tsb ? Aku tanya teman2 senasib (diabetes) tidak pernah menemukan hasil lab seperti itu ?

    Mohon bantuannya Dok, dan sebelumnya terima kasih.

  3. 948
    fauzan Says:

    saya di daignosis terkena GERD. apakah ada kaitannya dengan ASTHMA yang saya derita dok. terimakasih

  4. 947
    Dr. Sukma Says:

    Halo Iwan,

    Saran saya sebaiknya atasi beban pikiran yang ada. Dalam keadaan stress, organ tubuh akan bekerja secara tidak normal seperti jantung , pencernaan dan pernafasan.

    Ada baiknya anda minum obat anti-stress Omega-3 disertai latihan meditasi agar pikiran anda menjadi tenang dan damai…

    Bila pikiran sudah enteng demikian, maka anda tidak memerlukan obat-obatan lagi. Latihan meditasi anda lanjutkan sampai waktu tak terbatas.

    Semakin damai dan tenang pikiran anda, semakin sehat jasmani anda…

  5. 946
    Dr. Sukma Says:

    Hai Safitri Pandansari,

    Penilaian saya pokok permasalahan anda ada pada pikiran yang cemas. Jadi apapun obat yang anda minum, semasih pikiran terbebani rasa khawatir, dst itu akan menyulitkan untuk menjadi normal dan sembuh.

    So, lakukan latihan nafas panjang atau meditasi atau yoga. Jangan sepelekan latihan nafas ini, karena bila anda lakukan secara teratur dan benar disertai niat yang kuat untuk sembuh. Dalam 2-3 bulan dapat dirasakan manfaatnya..

  6. 945
    Iwan Says:

    Dokter, saya sekarang sedang menderita maag yg tdk kunjung sembuh juga (sdh 4 bulan). Saya sudah ke dokter berulang kali dan dikasih obat berganti-ganti. Mulai dari Magard FA, Tetrin, Mucosta dan yg terakhir Prosogan. Dan kesemuanya hanya menghasilkan kesembuhan yang tdk signifikan. Dulunya perut saya terasa sakit di bagian samping kiri dan ada rasa panas. Dan sekarang rasa itu sdh hilang tp ulu hati jd sering nyeri. Dan saya harus makan setiap 2 jam sekali. Krn kalo tidak bisa tambah nyeri dan kadang disertai sakit pada punggung. Karena pola makan yang jadi begitu sering itu sehingga mengganggu aktivitas saya. karena terpacu harus makan setiap 2 jam.
    Yang saya tanyakan :
    - Apakah hal tersebut normal untuk penderita maag?
    - Berapa lama biasanya hal tersebut dapat berakhir? Krn memang sangat mengganggu.
    - Apa yang seharusnya saya lakukan selanjutnya?
    Terima kasih

  7. 944
    Safitri Pandansari Says:

    Assalamu alaikum wr. Wb & Met malam dok,, Sy mau tanya.. sekitar 2 minggu yg lalu ketika sy sedang tidur di malam hari tiba2 terjaga & akhirnya terbangun akibat sy merasakan nafas sy hampir putus & ada rasa yg tidak enak di sekitar dada bagian atas.. Rasa2x seperti ada yg melayang2 di bangian da2 sy tersebut ditambah lagi rasa cemas..& mual. Akhirx sy memutuskan ke dokter spesialis ahli penyakit dalam. setelah dokter mendiagnosa penyakit sy,, dokter mengatakan kalau sy menderita asam lambung (maag). Sy juga diberikan surat penganta untuk melakukan foto rontgen ke rumah sakit untuk mengecek organ2 seperti paru2 & jantung krn dikhawatirkan kalau bukan maag. Dari hasil rontgen, Alhamdulillah smuax baik.. Tapi keluhan sy masih tetap sama. Lalu setelah di diagnosa.. Dokter mengatakan kalau memang maag. Sy diberi obat & setelah konsumsi obatx selama 2 hari sy merasa agak enakan. Trus sy berhenti minum obat.. & ternyata ke esokan harinya kambuh lagi. Sy minum lagi obatx & akhirx Alhamdulillah sdh agak enak. Tapi dok,, belakangan ini.. Setiap malam sy merasa da2 sy bagian atas serasa penuh dgn makanan yg hax melayang2 bahkan hampir sampai ke leher,, tapi sy tidak merasakan mual & lambung sy tdk sakit. Rasa2x sy ingin memuntahkan makananx tapi smuax terasa sulit. Krn rasa penuh itulah kadang2 membuat da2 sy serasa gimana gitu.. Jika makanan tersebut seperti berputar2 di dada bagian atas. Padahal sudah 1 minggu lebih sy konsumsi bu2r, ikan bakar non minyak, & sayur bayam/sayur kacang merah. Sebenarx saya sakit apa dok?? Kapan sy bisa makan nasi seperti dulu lagi?? Padahal secara fisik sy sudah merasa fit. Tapi.. Entah kenapa kdg2 muncul rasa penuh di da2 & makananx seolah2 hampir naik ke leher rasax.. & da2 rasax seperti panas & nyeri. & itu lebih sering terjadi pada malam hari krn sudah 2 malam sy merasakan hal yg sama. Sy takut dok,, sebenarx sy sakit apa?? Terimakasih atas bantuan & penjelasan dari dokter..

  8. 943
    Gradius Says:

    Dear bu. .gni sy mw tnya.aq ni pnguna obt charnophen. .sx mnum 8butir. .tiap 2x shari. .kra2 bhaya gk y bu?

  9. 942
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dewi,

    Anda yang sedang menyusui sebaiknya menjaga kebersihan puting susu dan tangan anda. Apalagi dalam keadaan diare seperti saat ini.

    Sering cuci tangan dengan sabun anti-septic atau betadine. Sedangkan puting susu dibersihkan dengan alkohol 70%. Dengan demikian mencegah bayi anda ikut terkena diare.

    Obat herbal yang anda minum bagus dan cocok untuk diare ringan yang telah mulai membaik.

    Pantangan bagi ibu yang menyusui agar bayinya tidak diare adalah : makan pedas, santan, asam dan jamu. Selain itu boleh.

  10. 941
    Dewi Says:

    Dr. Sukma yth
    Saya ibu menyusui,ank sy umur 17 hari.perut sy kmrn melilit waktu mau BAB.Sy diare 2x.kmrn sy dh minum oralit,minum teh pahit,mkan daun jambu biji yg msh muda.malm hri dh g diare.tp pgi ini tiap mau buang angin perut sakit mlilit.hal itu apa krn akhir2 ini sy makan tdk teratur. Sy m tny apa bayi sy jg bs ikut skit krn minum asi sy.trus kl sy mkn lidah buaya bgmn dok?apakah tdk mempngrhi byi sy? sy dulu prnh skit typus dok. makasih

  11. 940
    Iwan Says:

    Bu Dr. Sukma,

    Baik Bu, segera akan saya follow up, atas advise Bu Dr. Sukma, Blog ibu sangat bermanfaat bagi kita semua, saya sekeluarga mengucapkan terima kasih.

    Salam,
    Iwan Sekeluarga

  12. 939
    Dr. Sukma Says:

    Halo Iwan,

    Sebaiknya istri anda periksa ke dokter urologist di RSCM
    mungkin ada cara atau terapi untuk menghentikan hematuria alias perdarahan mikroskopik didalm urine yang telah berlarut-larut itu.

    Bila dibiarkan terus, akan berlanjut ke gagal ginjal. Saya tidak setuju kalau dibiarkan seperti kata dokter yang merawat istri anda.

  13. 938
    Iwan Says:

    Dr. Sukma Yth,

    Bu, benar seperti yang Ibu sampaikan, saat ini dari hasil checkup ke Dokter Internis dan hasil lab terakhir, istri saya, menurut dokter mengalami hematoria mikroskopik dan ketonuria.

    Ketika kami konsul ke Dokter yang ditugaskan rumah sakit tersebut ditempat kami bekerja, kami mendapatkan jawaban bahwa kondisi tersebut masih dalam batas normal dan untuk Hepatitis tidak perlu dikhawatirkan, benarkah Bu hal tersebut, apakah kelelahan ketika bekerja dapat memperburuk keadaan, apakah hal tersebut dapat disembuhkan secara total, saat ini kami tinggal di Bontang, Kalimantan Timur, rumah sakit ditempat kami terbatas dokter specialistnya sementara saya tidak punya referency untuk berobat ke rumah sakit diluar rumah sakit yang ditunjuk perusahaan tempat kami bekerja, Bu, rumah sakit mana yang dapat kami tuju Bu dan adakah obat herbal atau referency obat lainnya yang dapat kami peroleh Bu.

    Atas advice Bu Dr.Sukma, saya haturkan terima kasih.

    Salam,
    Iwan

  14. 937
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rinaldi,

    Karena anda telah menderita sakit maag sudah 20 tahun dan telah begitu banyak menelan berbagai obat kimia.

    Anjuran saya sebaiknya kita kembali ke alam, sebagai berikut : 1. Latihan meditasi atau yoga, untuk menenangkan pikiran. Lakukan minimal satu kali sehari, sebelum tidur malam. 2. Minum obat anti-stress berupa omega-3 yang dibuat dari minyak ikan salmon.3. Konsumsi aloevera dan singkong rebus sebanyak yang anda mau. Keduanya akan melapisi dinding pencernaan termasuk lambung sehingga tidak bertambah lecet luka2 yang ada.
    4. Hindari semua makanan dan minuman pantangan penderita maag : semua yang pedas, asam, tape, gorengan, santan, duren, nenas, nangka, cempedak. Demikian juga segala minuman : kopi, alkohol, minuman soda/ soft drink, air tape, dst.
    5. Istirahat yang cukup. Tidur malam tidak kurang dari 8(delapan)jam. Demikian, semoga berhasil…

  15. 936
    Dr. Sukma Says:

    Hai Iwan,

    Analisa saya, penyakit istri anda bila dikaitkan dengan hasil lab yang anda tulis mengarah ke gangguan fungsi ginjal dengan adanya eritrosit atau sel darah merah yang selalu full. Disamping tentu saja yang utama adalah hepatitis B.

    Gangguan ginjal ini bisa disebabkan 2 hal, yaitu akibat organ liver yang bermasalah akhirnya menggaggu fungsi ginjal yang disebut ‘hepato-renal syndrome’. Yang kedua bisa faktor keturunan, dimana ayah mertua anda menderita gagal ginjal.

    Dengan hasil lab seperti itu, seharusnya istri anda akan mengeluh hematuria atau kencingnya berdarah. Sebaiknya konsultasi ke dokter urologist khusus untuk mengatasi hal ini.

  16. 935
    Rinaldi Says:

    Bu dokter yang terhormat,
    Saya Rinaldi,umur 44 tahun.Saya menderita maag sejak 1989 dan kemudian membaik beberapa tahun kemudian.2tahun belakangan ini maag saya “ngamuk”kembali.Sudah berobat kesana kemari belum sembuh-sembuh juga.Stress jadinya,dok.Sekarang ulu hati terasa nyeri sekali,sampai ke punggung,pinggang dan punggung di bawah leher.Sudah EKG dan jantung saya dinyatakan dokter tidak bermasalah.Kalau lagi kambuh,rasa nyeri selalu diikuti perut yang terasa panas dan penuh serta diiringi rasa cemas.
    Terakhir berobat saya diberi dokter protica 30mg dosis 1×1 ssdh makan,Nutriflam kapsul 2×1 ssdh makan,ulcumaag 3×1 sblm makan,serta escovit kapsul 1×1 padi ssdh makan.
    BAB(maaf) pernah hitam dan bulat2 seperti kotoran kambing.Tapi sekarang sudah normal kembali,cuman agak susah BAB sehingga setiap hari saya konsumsi jus pepaya 3x sehari.
    Pernah berobat di Medan dan hanya diberi obat penghilang rasa cemas,dan dokter bilang hanya akibat stress saja.Merasa baikan kira2 2 minggu trus kumat lagi.Dalam sebulan paling seminggu perut saya terasa nyaman.Selebihnya pasti saya tersiksa…..
    Mohon bantuan dokter,apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi sakit yang saya derita,yang sudah sangat mengganggu aktifitas saya mencari nafkah keluarga.
    Maaf bila terlalu panjang lebar,sebelumnya terima kasih banyak atas saran dan nasehatnya.
    Hormat saya :
    Rinaldi

  17. 934
    Iwan Says:

    Selamat Pagi Bu Dokter Sukma,

    Bu, maaf saya Iwan, saya ingin melengkapi data saya yang sebelumnya mengenai keluhan istri saya agar lebih lengkap, mohon bantuan advise Ibu atas hasil analisa medical checkup istri saya sbb :hasil medical checkup istri saya pada tahun 2001 adalah : Positip Hepatitis B, darah dalam urine +++, eriterosit dan lekosit full, tahun 2005 kondisi tetap tetapi darah dalam urine sudah ++++, Alkali fosfate 316, tahun 2006 darah dalam urine +++ dan kondisi lainnya sama seperti sebelumnya, tahun 2008 : Hepertensi stage 1, overweight at risk, IMT 25,08, darah dalam urine +++++, erierosit dan lekosit full, tetap positip Hepatitis B dan hasil medical checkup tahun 2009 : Urine sangat kuning, darah dalam urine +++++, Keton ++++, Urobilinogen ++, eriterosit full dan Lekosit 4-5, SGOT 16.6 U/L, SGPT 12.4 U/L, GGT 6.1 U/L, Albumin 4.3 g/dl, total protein 8.0 g/dl, globulin 3.7 g/dl, ureum 18 mg/dl, creatin ver.2 0.6 mg/dl.

    Saat ini usia istri saya 32 tahun, istri saya seorang analis kimia dan masih active sampai sekarang ini, mohon bantuan ibu, apa sebenarnya yang terjadi dengan hasil medical checkup yang setiap tahunnya selalu tidak begitu baik, saya coba bicarakan dengan istri saya tetapi selalu istri mengatakan menurut dokter tidak ada masalah dan merasa sehat sehat saja tetapi sepengetahuan saya sejak tahun 2005 sampai dengan sekarang istri saya selalu mengeluh sangat nyeri ditulang belikat kiri dan sering minta dipijitin ditulang belikat tersebut, nyeri pinggang berkepanjangan, sangat sering mimisan, sering migrant dan sesak nafas, dan almarhum ayah istri saya mengidap gagal jantung dan gagak ginjal, Bu, mohon penjelasannya mengenai hasil medical checkup tersebut dan saya harus bagaimana.

    Atas bantuan Ibu, saya haturkan terima kasih
    Salam
    Iwan

  18. 933
    asmawaty Says:

    Dr. sukma yth,
    Seneng banget saya bisa konsultasi dengan dokter. abis cepat tanggap sih. dok kenapa ya kadang saya bisa tidur kadang ngga ( seperti semalam ). hanya karena bingung antara makan obat sakit kepala dan ngga. stress bisa sembuh ngga sih ? dok, boleh ngga saya minum curcuma plus emulsion ? saya ngga napsu makan.

  19. 932
    Ilias Says:

    Greatings, Where are you from? Is it a secret? :)
    Ilias

  20. 931
    Dr. Sukma Says:

    Hai Asmawaty,

    Sayur ditumis dan bihun goreng, bisa dikonsumsi ASAL jangan setiap hari. Once in a while like satu kali seminggu, boleh2 aja…

    Soal mie basah saya nggak tahu. Kalau tidak boleh alasannya apa? So, pls browse elsewhere.

  21. 930
    asmawaty Says:

    Dr.Sukma yth,
    Dokter terimakasih yang atas pencerahannya. Makam pagi saya sudah tidak ada perasaan ngantuk lagi, tidur juga pulas. Dok bagusnya berapa hari sekali makan lidah buaya? saya juga sudah bosen sayur bening dan rebus. Boleh ngga sayur yg ditumis atau bihun goreng misalnya? satu lagi dok apa betul orang sakit maag ngga boleh makan mie basah ? ( bukan indomie).

  22. 929
    Dr. Sukma Says:

    Hai Asmawaty,

    Saya setuju dengan menghentikan segala macam obat-obat kimia. Satu hal yang perlu ditambahkan selain yoga, aloevera dan singkong rebus. Yaitu VITAMIN ANTI-STRESS yang disebut OMEGA-3 dibuat dari minyak ikan salmon.

    Dengan omega-3 dapat menurunkan tekanan darah anda yang saat ini tinggi (130/90). Seharusnya berapapun umur kita, tekanan darah tetaplah 120/80 (kecuali anak-anak).

  23. 928
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dodo,

    Hidup sehat termasuk juga berpikiran sehat atau berpikir positif. Jadi jauhkan segala macam rasa : dengki, irihati, sirik, bermusuhan dan mulailah hidup damai.

    Berdamai dengan alam dan berdamai dengan diri sendiri. Artinya mari kita berusaha untuk bertenggang-rasa meningkatkan toleransi disegala bidang. Dengan kata lain kita hendaknya lebih bersabar menghadapi segala problema hidup.

    Jangan terlalu ambisius dengan tuntutan segala sesuatu maunya cepat. Lakukan ‘tepo seliro’ memposisikan diri sebagai orang lain yang sedang bermasalah, sehingga kita akan lebih arif dalam bertindak…

  24. 927
    asmawaty Says:

    Dokter sukma yth,
    dokter yang saya rasakan kan sekarang perut bunyi kalau mau tidur ( angin ? ), mual dan perasaan ngantuk dan tidak nyaman ( bukan sakit ). dan dokter sukma bilang saya hrs yoga/latihan tarik napas. tapi saya terlanjur pergi ke dokter dan diberi obat racikan xanak & aeran (Kalau ngga salah abis tulisan diresep ngga jelas ), magalat, vosedon, becomion porte. saya sempet tanya sama dokter sukma obatnya dimakan atau jangan ( pertanyaan no.921 tgl.7 des ) dan dokter belum sempet jawab. akhirnya saya makan juga tuh obat. kok leher saya agak tegang,kuping agak berdengung, agak sakit kepala. oh iya tensi saya 130/90 ( Tinggi ? ). dan tadi malam saya cuma bisa tidur 4 jam. jadi kepikiran. dan saya memutuskan untuk tidak makan obat2 kimia lagi.. saya mau mencoba makan lidah buaya aja dan singkong. Bagaimana menurut Dokter? dan bagaimana mengatasi sulit tidur? terimakasih dokter. saya harap kali ini dokter mau menjawab.

  25. 926
    dodo Says:

    Malam Dok….Saya dan ibu saya menderita penyakit yg sama yaitu Perut membesar dan terasa penuh serta susah untuk tahak dan buang angin serta BAB dan sering keluar,kira2 penyakit ini sering sekali kambuh dok padahal saya sudah berusaha hidup secara sehat…terima kasih

Pages: « 74 … 41 40 39 [38] 37 36 35 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe