UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 43 42 41 [40] 39 38 37 … 1 » Show All

  1. 1000
    Dr. Sukma Says:

    Hai Asmawaty,

    Rasanya saya sudah menjawab pertanyaan anda. Untuk rasa lemes, minum vitamin C dosis tinggi yang aman bagi penderita maag yaitu Ester-C atau vitalong-C.
    Setiap kaplet atau kapsul dosis 500 mg. Cukup satu kaplet atau satu kapsul per hari.

    Khusus Ester-C karena efervescent, harus dilarutkan kedalam segelas air matang, lalu diminum.

  2. 999
    Dian Rachmat R Says:

    Selamat siang dok
    saya mau tanya, kakak saya terkena pneumothorax (pengempisan paru2) sudah hampir 2 minggu beliau ini di rawat di rs. Kemarin sudah ada perkembangan jika paru2nya sudah mulai mengembang, kemudian dr melakukan langkah untuk mengklem selang yg di tempelkan dildalam dada kakak saya. Ternyata perkembangannya belum baik ketika di klem selang tersebut (paru2nya mengempis kembali walaupun tdk signifikan).

    kemudian kleman itu di copot kembali oleh dr, dan dr bilang memang ini harus menunggu dulu sampai mengembang baru dilakukan langkah berikutnya. Pertanyaan saya apakah paru-paru tersebut bisa mengembang seperti sedia kala? dan dr mengatakan jika sudah mulai mengembang kembali ada kemungkinan ada obat yg harus di masukan didalam paru-paru tersebut agar tidak mengempis kembali, itupun jika di perlukan. Seandainya memang obat itu diperlukan (dimasukan kedalam paru2) adakah efek sampih paska dimasukannya obat tersebut?

    Terimaksih sebelumnya
    Salam

  3. 998
    DZAKY Says:

    Saya penederita maag yg sdh menahun, yang ingin saya tanyakan apakah sakit maag bisa menyebabkan BAB seperti air?, dilambung(perut kiri) seperti ada bunyi air turun naik, perut kembung/sebah, perih ulu hati dan ingin buang angin yang keluar BAB air(maaf mencret), apakah ini disebabkan oleh maag juga?, tapi tidak mules atau sering seperti diare tx

  4. 997
    akbar Says:

    Selamay mlm dok…

    Sebelumnya saya mau menjelaskan
    2 hari yang lalu, saya menderita sakit diperut yang luar biasa sampai akhirnya masuk UGD selama 2 jam.
    kata dokter saya menderita sakit di lambung karena asam lambung saya (Analiasa saya berdasarkan brosing di internet yakni maag kronis)
    dan saya diberi 3 macam obat yakni :
    1. Inpepsa
    2. Librax
    3. Inhipraz
    Pertanyaan saya :

    Sakit diperut saya sudah menghilang, tapi masalahnya sekarang saya malah merasa perut saya terasa penuh sampai agak sulit bernafas dan ada sedikit rasa nyeri (hanya sedikit) dibawah uluhati..apa itu wajar, karena proses penyembuhan??
    mohon penjelasannya dok…
    terimaksih

  5. 996
    Udin Says:

    Hallo Dokter Sukma.
    Setelah saya mengkomsumsi aloevera (no.966)sampai dengan sekarang sudah ada perubahan, dan obat2 dari bbrp Dokter sudah saya tinggalkan.
    Di No.917, ada saran Dokter makan singkong rebus untuk melapisi lambung. Untuk penderita diabetes tentu tidak bisa, bagaimana Dok kalau “tales(keladi)” direbus, kata orang baik bagi lambung dan diabetes hanya saya kurang percaya. Juga saya masih banyak (sering2) buang angin dan bau, sehingga tidak nyaman sama kawan2 dikantor. Apa obatnya itu Dokter minimal mengurangi buang angin tersebut dan tidak terlalu bau.

  6. 995
    yulianus zalukhu Says:

    beberapa bulan ini dok sy sering sesak napas kayak ada yg mengganjel di tenggorokan sering bunyi seperti kesedak,sering keringat dingin, ulu hati sering bunyi dan kl ditekan serasa sakit dan sering pingin mau muntah, menurut dokter asam lambung sy tinggi. obat yg diberi inpepsa dan omeprazol tp kayaknya tdk berpengaruh banyak. tolong dok solusinya

  7. 994
    Iqbal Says:

    Bu Dokter Yth:
    Sy pernah berobat ke RS Swasta terkenal dan dirawat 10 hr dgn Gejala seperti judul Artikel Bu Dokter,tp gak ada prubahan jd sy kluar RS sj. Trus sy nanyain hasil Gastroscopy dan Colonoscopy ke Dokternya tp gak mau jelasin apa penyakit sy sebenarnya (pdhl sy tlh mengeluarkan biaya sebesar 17 juta selama dirawat disana atas biaya ASURANSI). Sy minta tlg Bu Dokter bs gak bacain hasil LAB sy:

    1. HASIL PEMERIKSAAN GASTROSCOPY:
    Hasil:
    Esofagus: mukosa normal, tidak tampak varises atau erosi.
    Lambung: mukosa kardia, fundus, korpus normal. Pada antrum tampak mukosa hiperemis sedang dengan 2 buah ulkus.
    Dilakukan biopsi 2 buah di antrum dan 2 buah di korpus untuk PA.
    Duodenum: bulbus sampai pars descendens mukosa normal.

    Kesimpulan:
    Ulkus lambung.
    Gastritis sedang antrum.

    Hasil PA (Patologi Anatomik):
    Histologi dan Sitologi:
    Small Histology Specimen:
    MAKROSKOPIK: Diterima 1 botol berisi 4 keping jaringan berukuran diameter sekitar 0.2 cm, coklat, kenyal.
    Semua cetak 4 kup ( 1 kaset ).
    MIKROSKOPIK: Sediaan terdiri atas keping-keping jaringan mukosa lambung jenis antral dan fundal yang setempat-setempat tampak erosif.
    Lamina propria sembab dan hiperemik bersebukan ringan/sedang sel radang menahun.
    Tidak tampak sel PMN/metaplasia intestinal.
    Tampak atrofi ringan kelenjar.
    H.pylori tidak ditemukan

    KESIMPULAN:
    Histologik sesuai dengan Gastritis kronik non-aktif, dengan atrofi ringan.

    1. HASIL PEMERIKSAAN COLONOSCOPY:
    Hasil:
    Anus: tampak prolaps rekti. Skop diteruskan , didapatkan hemoroid interna.
    Mukosa rektum sampai kolon ascendens tampak hiperemis. Dilakukan biopsi 4 buah untuk PA.
    Kolon transversum, kolon ascendens dan caecum mukosa normal.
    Ileum terminalis mukosa normal.

    Kesimpulan:
    Prolaps rekti.
    Hemoroid interna.
    Proktitis dengan colitis.

    Hasil PA (Patologi Anatomik):
    Hasil PA belum kluar Bu Dokter.

    Saya jg klo BAB bukan tiap pagi tapi tiap malam Bu Dokter trus klo BAB lancar tp trasa ga selesai (sembelit kali ya istilahnya Bu Dokter) trus maaf Bu Dokter agak jorok sy ngomongnya, sy klo BAB gak bs klo gak ngeden trus ada klenjar yg kluar kyk usu yg semula sy kira hemoroid tp menurut dokter bedah RS tsb bukan Hemoroid tp Prolaps Anus (anus turun ya kali Bu Dokter) dan harus dioperasi tp penyakit perut sy yg sakit trus aja ga bs diobatin sm RS tsb mknya sy kluar.
    Bukankah aneh Bu Dokter kronologisnya…harusnya kan sembuhin dulu sakit perut sy trus dioperasi krn menurut sy Prolaps Anus sy itu akibat sy sering ngeden klo BAB krn perut sy yg memang trasa sakit mulai dr ulu hati sampai daerah seluruh sekitar pusar dan lucunya lagi dokter2 RS tsb telah sy mintakan observasi lbh mendalam tp gak direspon, krn sy pernah baca artikel bhw sakit diperut tdk selamanya krn Maag,sebah tp bs krn kerusakan organ lain seperti PANKREAS atau LIMPA atau GINJAL atau ada kanker pd USUS dll…

    Terima kasih yg sebesar-besarnya buat Bu Dokter krn seandainya seluruh Dokter di Indonesia bs kayak Bu Dokter Sukma niscaya masyarakat Indonesia tidak akan berada dalam kebodohan krn setelah sy melihat BLOG Bu Dokter Sukma sy kagum krn bg sy Bu Dokter MEMILIKI KARAKTER kyk Miss Universe atau Miss World yaitu 3B (1.Brain 2.Behaviour 3.Brave)
    1. Brain: sudah jelas dari tulisan2 Bu Dokter pasti smart.
    2. Behaviour: satu2nya BLOG yg dikelola oleh seorang Dokter yg menurut sy sangat2 concern terhdp masyarakat,dan tidak sombong (krn pengalaman sy dirwt 10 hr di RS Swasta itu dokter2nya sombong,nanya2 dikit aja lgsg marah klo gak dipingpong ksana kemari).
    3. Brave: baru niy ada dokter yg concern terhdp suasana politik negara kita.

    Semoga Bu Dokter slalu mendpt lindungan Allah ‘Azza wa Jalla dan Ilmunya makin bertambah dan bermanfaat dunia dan akhirat

  8. 993
    Lusi Says:

    Halo..bu dokter, sy mau tanya kl bu dokter bilang aloevera bgs u yg sakit maag lalu bgmn cara mngolahny apa lsg dcampurkan dlm mnman saja? Lalu bgmn dgn getahnya apa tdk apa2 dkonsumsi?

  9. 992
    maya kkfong Says:

    Hello Ibu..
    menjelang siklus haid bulan ini payudara sy bengkak dan sakit bgt,perut bagian bawah sy kencang spt ditarik”..baru kali ini sy mengalami perut spt kram. yg ingin sy tanyakan,apakah mgkin sy sdg mengalami pra kehamilan ? tp siklus haid sy msh 5 hari lg..mohon penjelasannya..
    trims.

  10. 991
    Anonymous Says:

    Selamat Siang Bu Dokter..
    Kuping sy terasa sakit, apakah itu termasuk gejala maag, berbarengan dlm bbrp Hr ini sy mual2 pusing & lemas.. Sy tunggu jawabannya.. Trims

  11. 990
    intan Says:

    dok mau tanya…
    Sy mengalami kcelakaan lutut sy patah lalu dioperasi,sbelum dioprasi sy tdk mrasakan krngat brkebih,tp stelah operasi kok bdan sya kalau pagi-sore panas kalau malm kluar keringat saja.
    obat yg sy konsumsi adalah cefixime,nutriflam,dan vitamin tulang.
    sebelumya sy punya maslah mag kronis dan kecemasan berlebih
    Apa ada hubungany dgan maag sy.
    Atau ada pnykit lain

  12. 989
    anne Says:

    Selamat malam Dokter,saya ada sakit gastritis kronis,kenapa dada kiri saya sering nyeri bahkan pernah seperti diremas remas.Sudah 4 kali cek jantung,katanya tidak ada masalah dengan jantung saya. Tapi kenapa dada kiri saya sering nyeri ya Dok? Bahaya kah? Bagamana caranya supaya bisa sembuh ya Dok? Terima kasih banyak Dokter Sukma.

  13. 988
    Rahayu Says:

    Dok saya(38 th) menderita maag sudah tahunan. Biasanya kalo mual cukup minum obat maag yg dijual bebas. Tapi 2 bulan ini maag saya kambuh bukan cuma mual tetapi disertai mual muntah dan lemas. Sudah berobat ke 6 kali muntahnya hilang tapi mual dan lemesnya masih ada. Menurut dokter apa sy hrs bagaimana

  14. 987
    Asmawaty Says:

    Dok sudah hampir 3 minggu sy tidak minum obat maag. Tapi dok kok tiap selesai makan sy jd lemes lagi. Sy lagi liburan di luar kota jd sy makanannya banyak yg di tumis dan goreng. Dg terpaksa sy minum obat ranisidin. Lidah buaya sulit di cari disini. Apa betul ranisidine lebih aman buat ginjal di banding obat maag yg lain?

  15. 986
    Ewin Says:

    Bu Dokter Sukma,

    saya Ewin, terima kasih atas sarannya Dok, memang bener dok kalo saya sudah mulai gak lancar BAB..keluhan sebah di ulu hati mulai muncul…

    setelah sayan membaca posting2 yang ada saya akhirnya mencoba resep Dokter untuk minum aloevera dicampur jus.memang terasa nyaman di perut…terima kasih Dok,

    Sukses selalu buat Bu Dokter, semoga bisa terus membawa manfaat dan kebaikan untuk orang banyak…Aminnn

  16. 985
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dian,

    Benar, anda kena gastritis. Cobalah obat di warung/promag. Sambil sering makan singkong rebus, karena baik untuk melapisi dinding lambung.

  17. 984
    Sukamto Jusuf Says:

    Bu dokter,

    maaf, ada ralat sedikit yang dimaskud adalah, nama salep creobic dengan zat aktif tolnaflate dan chlorocresol,

  18. 983
    Sukamto Jusuf Says:

    Bu Dokter,

    Kuku jari jempol, di bagian tengah dengan memanjang lebar +/- 4 mm gelombang gelombang bergerigi searah tumbhuhnya kuku, cekung ke dalam, bagian putihnya rapuh. sehingga permukaan kuku tidak tampak sehat, dokter kulit yg pernah saya kunjungi mengatakan itu jamur kuku, sulit untuk di hilangkan, tidak mungkin jika makan obat. Pengolesan saleppun tidak berguna. Yang saya mau tanyakan: jenis jamur apa yah? koq bandel, apakah microkenazole, ketokenazole, canesten tidak berguna untuk mengatasi itu? bagaimana dengan creobic dgn zat aktif tolfnate, apakah sama sekali tidak dapat mengobati? adakah obat yang dapat menyembuhkan, walaupun lama untuk terapinya, adakah cara lain untuk menyembuhkannya /cara alternatif? terimakasih bu dokter.

  19. 982
    dian Says:

    Hai dok kenapa perut saya tdk enak dan mual di lambung saya perih dan badan tidak enak seperti meriang, kenapa dan apa obatnya ya.

  20. 981
    Dr. Sukma Says:

    Hai Perdi,

    Selain gastritis atau sakit maag, kemungkinan anda juga terkena kolitis, yaitu radang pada usus besar.

    Untuk kepastiannya, harus dilakukan pemeriksaan endoskopi alias kolonoskopi. Kunjungi dokter endoskopist.

  21. 980
    perdi Says:

    Hai, Dok,
    Hari ini sakit saya kambuh lagi: mual muntah, perut penuh, dak ada selera makan, ulu hati sakit, klo tuk duduk dada sakit, sering sendawa tp klo sendawa perut agak kurang sebahnya. Saya juga ada beberapa kali kolik pada perut sebelah kiri bawah dekat pusar menjalar ke bawah pusar, ke pinggang. Kenapa ya dok.. sementara dokter bilang gangguan pencernakan? minta saran.

  22. 979
    Dr. Sukma Says:

    Hai Retno,

    Apabila obat maag yang anda minum bisa menolong, teruskan saja. Daripada lambung anda dibiarkan bermasalah..

    Kalau bisa, bagaimana caranya agar semakin lama semakin berkurang ketergantungan anda terhadap obat-obat maag.

    Mungkin dibarengi dengan aloevera dan makan singkong rebus serta MENJAUHI stress…

  23. 978
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ewin,

    Gangguan BAB yang tidak lancar turut berperan dalam terjadinya keluhan anda. Jadi sebaiknya bereskan masalah ini.

    Banyak makanan berserat, buah dan sayuran serta minum air putih. Bila tidak menolong, anda bisa minum extra vegeta asal JANGAN dijadikan kebiasaan.

    Bila tidak berhasil juga, terpaksa minum pencahar semacam dulcolax, misalnya.

  24. 977
    retno Says:

    selamat pagi dokter,
    Perkenalkan, nama saya retno… saya sudah menderita penyakit maag selama hampir 10 bulan ini dok… semua pantangan sudah saya jalankan tapi penyakit maag saya belum juga sembuh… sekarang hampir setiap hari saya mengkonsumsi obat maag… karena perut saya sering terasa perih, kembung, sebah …. berbahaya kah mengkonsumsi obat maag jangka panjang ?

  25. 976
    Ewin Says:

    Selamat malam Dok,

    saya mau nanyakan kenapa perut saya sering merasa penuh, sebah dan tebal di sekitar ulu bagian kiri? tapi gak sakit..kayak ada sesuatu yang mengganjal aja Dok. ditambah saya agak susah buang air besar..mohon sarannya.
    terima kasih Dok.

Pages: « 74 … 43 42 41 [40] 39 38 37 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe