UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 45 44 43 [42] 41 40 39 … 1 » Show All

  1. 1050
    cempaka Says:

    Dear dr Sukma,
    saya baru nemu artikel ini setelah lebih dari 3 hari ada yg nggak beres sama entah saluran pencernaan saya atau apa.
    setelah makanan masuk ke tenggorokan dan jalan ke daerah dada/ulu hati kayak seret dan nggak enak.
    perasaan nggak enak ini kurang lebih sama rasanya kalau saya makan kuah bakso super pedas + lada. fyi, saya pecinta sambel dan kecut2an. dan makan saya nggak teratur agak parah. kalau kerja suka nggak ingat makan. tapi kalau udah ngemil susah berhenti.
    apakah saya kena maag? atau jangan2 lambung saya mengalami semacam iritasi? hiks…
    tengkyu dok!

  2. 1049
    Dian Says:

    mengenai urine itu, yg tdk normal adl:
    keruh, protein +, lekosit banyak, eritrosit 8-10 (hrsnya 0-2), silinder 1-2-1lekosit,
    oh iya dok, tambahan lagi, saya sedang menyusui anak ke3 yg berumur 1th 4 bl.
    Apakah ada hub2nya dg jantung berdebar ini?
    Makasih atas tanggapannya dok…

  3. 1048
    Dian Says:

    Dokter,

    Saya sudah menderita maag dari kecil, dan terbiasa minum mylanta jika maag saya kambuh. Baru2 ini tiba2 jantung saya berdebar2, lemas dan kaki dingin sekali. Setelah di EKG dan check darah lengkap semuanya normal, hanya saja urine saya yg diluar normal (sy lupa, nanti sy check lg). Saya sudah diberikan obat plycrol dan braxidin shg sy terus bersendawa dan buang gas. Agak baikan ttp masih kambuh tiba2 jantung berdebarnya. Apakah ini tanda2 maag mengingat saya masih meminum policrol (braxidin sdh habis). Terus terang sy orgnya gampang stress dan saya sangat panik jika kambuh lagi (kepikiran terus). Apa yang harus saya perbuat? Makasih atas replynya dok.

  4. 1047
    Nadia Says:

    Halo dokter,
    Saya mau bertanya beberapa hari ini saya merasa bersendawa terus, perut terasa penuh (keras), dan mual.. Kenapa ya dok? Terima kasih

  5. 1046
    Anonymous Says:

    dok, perut bagian tengah saya kok keras n padat za, kmren kt dokter saya kena maag, tapi setelah sembuh, malah perut bagian tengah atas jd padat n agak keras, kenapa ya ?

  6. 1045
    pipit Says:

    Dokter Sukma salam kenal
    mau nanya neh….kenapa ya dok saya sering nyeri perut klo belum atau pun sudah makan dok…apa ini juga gejala maag???biasanya saya minum anti biotik dok sudah agak baekan tetapi kadng kambuh nyeri nya Dok ,,Thx

  7. 1044
    Aji Says:

    Dok, saya termasuk punya penyakit maag, tapi kemarin sdh tiga hari saya sakit dengan gejala yang belum pernah saya rasakan sebelumnya, yang biasanya saya rasakan perut terasa kembung, punggung kaku, kadang juga sakit kepala, tapi tiga hari kemarin saya bangun tidur tiba-tiba badan rasa lemas sekali seperti tidak ada tenaga, tapi perut normal dan tidak sakit kepala serta suhu badan normal, saya sudah coba minun sangobion tapi tetap saja, kira-kira ini gejala apa dok?

  8. 1043
    Kartika Patricya Says:

    Salam kenal dokter Sukma,

    Dokter, saya mau konsultasi nih…beberapa waktu yang lalu saya sempat mengalami diare. kemudian saya bawa ke dokter. malamnya saya justru demam tinggi, muntah dan diare terus menerus. Paginya saya kembali ke dokter. kemudian kondisi saya mulai membaik. hanya sejak itu sampai hari ini (terakhir saya diare disertai muntah itu tanggal 17 Desember 2009), perut saya setiap malam kembung, sering buang angin dan sendawa. saya sekarang lebih sering mengkonsumsi oat sebagai pengganti nasi, tidak makan pedas, minum madu setiap pagi. tadi pagi saya mencoba minum VCO, tetapi beberapa saat kemudian justru muntah. lalu saya coba campur dengan oat, cukup bisa tertelan.
    Dokter, kira-kira ada apa ya dengan perut saya? makanan apa saja yang perlu saya konsumsi? oya Dokter, buang air besar saya selalu lembek dan tidak pernah keras.
    Dokter, terima kasih banyak untuk informasi dan bantuannya.

    Salam – tika

  9. 1042
    dian Says:

    malam dok ” 1).kalo konsumsi madu bagus gak untuk orang maag,,apa madu gak naikin kolesterol ? cz sy kolesterolx tinggi…2) sy juga sedang batuk2 berdahak, karna memaksa batuk untuk mengeluarkan dahak, dada kiri sy sakit dan nyeri sy takutx jantung,,,tapii hasil EKG saya dalam batas normal….mkasi sebelumnya dok

  10. 1041
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fazri,

    Rasa lemas dan gampang masuk angin ada hubungannya dengan tukak lambung anda. Teruskan kunyit yang terbukti baik bagi kondisi anda.

    Anda bisa minum vitamin C yang aman bagi penderita maag, Ester-C, harus dilarutkan dalam segelas air matang. Atau vitalong-C yang diminum setelah makan, jangan dalam kondisi perut kosong.

  11. 1040
    fazri Says:

    halo dok,
    Sy fazri usia 23th. Sy menderita tukak lambung, sy mengkonsumsi kunyit scara teratur 2X Sehari. Pagi dan malam. Lambung saya sudh terasa enakan stlh mengkonsumsi kunyit. Tp bdn sy sering terasa lemas, pusing, dan sering masuk angin. Tensi 120/80. Hb dan trombosit sy normal. Apakah gejala lemas yg sy alami ini ada hubungan dgn lambung sy dok?
    Trmksh.

  12. 1039
    Dr. Sukma Says:

    Hai Christoffel Maninem,

    Mengatasi nyeri lambung yang terpenting adalah pikiran harus tenang. Lakukan latihan meditasi/bernafas panjang, dua kali sehari pagi dan malam sebelum tidur.

    Atur pola makan yang disebut FSF, yaitu setiap kali makan dalam porsi kecil namun sering-sering. Misalnya setiap 2 jam sekali.

    Sering minum susu. Setiap kali haus minum susu 1/4 atau 1/3 gelas. Agar asam lambung bisa dinetralisir secara bertahap oleh susu yang bersifat basa..

    Pantangan makan dan minum seperti yang tertulis dalam artikel saya ini. Jenis makanan dan minuman tsb harus dihindari agar lambung anda sehat..

    Membantu meringankan nyeri dan melindungi dinding bagian dalam lambung agar lecet dan luka tidak bertambah luas dengan aloevera dan singkong rebus..

  13. 1038
    christoffel maninem Says:

    selamat sore dok…
    saya chris saya penderita nyeri bagian bawah perut saya selama 1 tahun ini, saya sudah mencoba semua obat dari dokter, namun nyeri lambung saya masih ada, kira kira bagaimana solusi buat saya dan cara agar terbebas dari nyeri lambung thx.

  14. 1037
    Iqbal Says:

    Trimakasih atas jawaban Bu Dokter..

    Trus gmn biar untuk sementara BAB sy bisa lancar Bu Dokter?

    Krn Alhamdulillah stlh mengkomsumsi Aloe Vera memang perut sy jd gak kembung dan trasa lbh nyaman tp BAB sy msh susah (maaf agak jorok Bu Dokter…sy klo BAB slalu malam hari dan harus memasukkan jari tangan untuk membuka otot ring yg menahan Feces supaya Fecesnya bs kluar…mngkn itu jg penyebab Prolaps Anus sy…dan Feces sy msh keras pdhl sy dah 2 bln mkn cuma Bubur ato Nasi biasa + sayur + telur rebus + pepaya ato buah2 yg empuk…klo tdk keras Feces sy mlh jg kadang lembek dan alot dgn kata lain Feces sy tdk pernah normal), karena sy akan memutuskan operasi stlh sakit perut dan BAB sy bs lancar tp bkn di RS Swasta yg kmrn krn Dokter2 disana ngotot bhw tdk ada hubungan antara sakit perut dan Prolaps Anus sy…

    Sy melihat di reply2 sblmnya Bu Dokter menyarankan manggunakan Laxadin biar BAB di pagi hari lancar…
    Apakah tidak berbahaya mengkomsumsi Laxadin untuk jangka waktu yg lama?

    Apakah penyebab Feces bs keras dan kelihatan kehitaman dan apa penyebab Feces bs lembek…?

    Note:
    3 thn lalu sy pernah operasi Hemoroid dan selama msh dlm perawatan selama 2 minggu oleh Dokter yg mengoperasi sy, Feces sy bs Normal lg, tp stlh kluar RS 6 bln kmudian Hemoroid sy kambuh lg + Prolaps Anus…(tp obat2an yg sy komsumsi tdk pernah sy tanyakan)

    Trimakasih atas jwban Bu Dokter…
    Smoga ditambahkan ilmunya dan makin bermanfaat…

  15. 1036
    yulianus zalukhu Says:

    dok, saran dokter untuk lidah buaya udah sy jalani kl. 3 minggu pakai ekstrak aloevera dari herbal life. tapi kayaknya nggak ada perubahannya, penyakit sy seperti sesak kayak ada yg mengganjel di kerongkongan dan sering bunyi seperti kalau perut kembung bunyi, keringat dingin, badan lemas seperti mau pingsan, kl nelan seperti kesedak tetap ada tiap hari. selama ini sy minum inpepsa 3 kali/hari dan omeprazol 1 x/hari sudah mau 5 minggu saya jalani. apa dokter punya obat lain ? dan kalau operasi dimana sebaiknya dok dan biayanya berapa. thanks.Saya tinggal di Gunungsitoli Kab. Nias-Sum.Utara met’ tahun baru

  16. 1035
    Dody Says:

    Halo Dok..
    Skitar 2 minggu lalu saya periksa ke dokter,dan diberi Kalnex,karena di hasil lab. saya pada urine ada eritrositnya. Tp setelah 3 hari minum Kalnex,perut saya sbelah atas jadi sakit sekali,hampir tiap hari. Apa ini maag Dok? Soalnya sebelumnya saya tdk pernah mengalami sakit ini. Hanya saja sebelumnya memang hampir tiap hari terasa kembung. Apa memang Kalnex bisa menyebabkan maag? Apa ini sudah termasuk luka lambung?
    Terima kasih atas jawabannya Dok..

  17. 1034
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ari,

    Boleh dicoba minum obat masuk angin. Pastikan obat itu diminum SESUDAH MAKAN. Agar tidak mengiritasi lambung.

  18. 1033
    Ari Says:

    Dok, boleh ngga minum obat masuk angin? Sejak saya sakit saya jadi paranoid sama obat dan makanan

  19. 1032
    Dr. Sukma Says:

    Halo Iqbal,

    Langsung dijawab aja pertanyaan anda :

    1. Ada hubungan antara nyeri perut dengan prolaps anus.
    2. Yang keluar saat BAB sebesar bola tenis warna merah-berlendir, itu dia bagian dubur yang melorot.

    A.Bahasa awamnya ‘bol yang keluar’. Seharusnya, bila otot sekitar dubur kuat dan normal, bagian itu tidak keluar dari anus. Fungsinya menampung feces sebelum dikeluarkan via BAB.
    B. Hemorrhoid interna adalah pelebaran pembuluh darah vena atau varices yang berlokasi agak dalam, diatas dubur. Hemorrhoid interna ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan bol yang keluar itu. Prolaps anus adalah bagian usus-bukan pembuluh darah- jauh lebih besar dari hemorrhoid.
    C. Penyebab keduanya mirip tetapi tidak sama. Yang sama misalnya akibat BAB keras dan mengedan sangat keras untuk mengeluarkan feces. Juga karena terlalu sering batuk2 kuat dan dalam mengakibatkan tekanan intra-abdominal tinggi bisa terjadi prolaps dan hemorrhoid.

    Khas pada prolaps anus bisa disebabkan tindakan ‘sodomi’(hubungan sex pada kaum gay), otot sphincter perianal menjadi kendor memungkinan prolaps anus.
    Sedangkan khusus hemorrhoid bisa akibat duduk terlalu lama, pembuluh darah vena jadi melebar menimbulkan varices.

    D. Setahu saya tidak ada. Satu2nya terapi pada prolaps anus adalah operasi untuk memperbaiki dan memperkuat otot2 penyangga disekitar anus.

  20. 1031
    Iqbal Says:

    Trimakasih atas jwban Bu Dokter…

    Mo nanya lagi Bu Dokter…
    Dari hasil meeting dgn Dokter2 kmrn kok kt Dokter2 ahli Internis yg memeriksa sy bhw tdk ada hubungan antara Prolaps Anus dgn sakit perut sy tsb pdhl slama ini sy klo BAB justru mengedan krn perut yg terasa nyeri klo jongkok.

    1. Benarkah bhw tdk ada hubungan antara Prolaps Anus dgn sakit perut sy tsb?
    2. Setiap BAB ada kelenjar yg kluar sebesar bola tenes/segempok tangan bila dipegang,warnanya merah dan berlendir,dan Alhamdulillah kelenjar tsb msh bs masuk setelah BAB tp hrs nunggu lama dan dgn cara dan posisi tertentu. Semula sy mengira itu hemoroid tp kt Dokter Spesialis bedah RS tsb itu adalah Prolaps Anus.
    A. Apa yg dimaksud Prolaps Anus?
    B. Apa beda Prolaps Anus dgn Hemoroid Interna?
    C. Apakah sama penyebab Prolaps Anus dan Hemoroid Interna?
    D. Adakah pengobatan selain operasi untuk mengobati Prolaps Anus sy tsb misalkan herbal atau obat oles?

    Pd saat sesi pertemuan kmrn sy tdk menanyakan mslh Prolaps Anus sy ini krn Dokter Spesialis Bedah yg memeriksa sy tdk bs hadir.

    Trimakasih atas jawaban Bu Dokter…

  21. 1030
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ari,

    Masalah terpenting pada penyembuhan sakit maag adalah PIKIRAN TENANG, bebas dari stress.

    Jadi upayakan agar pikiran anda ringan tanpa beban. Lakukan latihan nafas panjang semacam meditasi atau yoga.

    Lakukan latihan dua kali sehari pagi dan malam sebelum tidur. Setiap sesi latihan minimal setengah jam sampai satu jam.

    TANPA PIKIRAN TENANG, GASTRITIS TIDAK MUNGKIN SEMBUH. Boleh konsumsi vitamin anti-stress yaitu Omega-3. Omega-3 juga perlu waktu agar kelihatan dampaknya, tidak ada obat yang menyembuhkan secara instan..

  22. 1029
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sulaiman,

    Yang jelas itu bukan gejala sakit maag. Kemungkinan terbesar akibat obat2 psikotropika dan halusinogen..

    So, say no to drugs and stay away from drugs, bro..

  23. 1028
    Ari Says:

    Selamat siang dok, dok umur saya 38 tahun. Saya menderita maag sudah bertahun-tahun. Sdh 3 bulan ini kambuh. Kok ngga sembuh2 ya dok. Mualnya masih. Makan dengan porsi kecil hanya saya 2 bulan kemarin. Sekarang sy makan seperti biasa. Saya makan lidah buaya. Sudah 2 hari sakit kepala mual dan perut kiri agak perih. Kenapa ngga sembuh2 ya dok maag saya

  24. 1027
    Sulaiman Says:

    dok,apa badan rapuh,sakit pinggang,leher,pikiran bingung termasuk pengaruh dari sakit lambung…
    bales thankz dok….

  25. 1026
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rahayu,

    Membedakan sakit kepala akibat sakit maag dan akibat hipertensi gampang2 susah.

    Baru dapat dideteksi penyebabnya, bila dilakukan pengukuran tekanan darah dan ada-tidaknya riwayat sakit maag dan atau riwayat hipertensi.

    Hipertensi biasanya mengakibatkan sakit kepala dengan bagian belakang leher yang terasa kaku/berat.

Pages: « 74 … 45 44 43 [42] 41 40 39 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe