UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 46 45 44 [43] 42 41 40 … 1 » Show All

  1. 1075
    Dr. Sukma Says:

    Halo Imam,

    Sayuran bagus untuk penderita diabetes adalah : rimbang atau leunca, pare dan buah pace/buah noni.

  2. 1074
    Dr. Sukma Says:

    Halo Handi,

    Cobalah latihan nafas panjang atau meditasi atau yoga seperti yang seringkali saya anjurkan pada penderita sakit maag.

    Dengan latihan rutin dan teratur 2 kali sehari, pagi dan malam hari sebelum tidur. Anda akan mendapatkan PIKIRAN TENANG dan juga pernafasan LEGA. Sehingga praktis akan juga menghilangkan rasa cemas/parno akan sesak nafas.

  3. 1073
    Dr. Sukma Says:

    Hai Udin,

    Aloevera kecil atau besar, khasiatnya sama saja. Bedanya hanya lebih ribet mengupas dan menyiapkan ukuran kecil serta lumayan kecilnya volume daging aloevera ukuran kecil. Kandungan bahan aktifnya sama yaitu lendir dan dagingnya yang bening seperti kristal.

    Aloevera ukuran besar bisa ditanam dalam pot dirumah-rumah. Saya tidak tahu persis dimana yang jualan bibit besar tsb. Mungkin bisa ditanyakan ke majalah Trubus..

  4. 1072
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rindang,

    Metaplasia intestinal merupakan perubahan jenis epitel lambung kearah epitel jenis usus halus. Biasanya kuman HP sering mengakibatkan metaplasia intestinal.

    Untuk menghentikan metapalsi tsb, penyebab harus dihilangkan. Bila dibiarkan terus, akan berkembang ke arah kanker lambung.

    Bila terkena kanker lambung, tergantung stadium berapa saat dioperasi. Bila stadium masih rendah (1 dan 2), kesembuhan 80-90 %.

  5. 1071
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tony wijaya,

    Sebaiknya batu empedu anda diberesin. Aloevera TIDAK BISA untuk obat batu empedu.

    Coba baca posting seorang pengunjung didalam artikel saya tt. Batu empedu di blog ini.

    Kalau tidak salah disarankan makan apel 4-5 buah per hari, dst. Baca lengkap di artikel batu empedu, OK.

  6. 1070
    imam Says:

    Terimaksih Dok, atas sarannya diatas..
    Selamat Tahun Baru 2010 juga Dok
    saya mau nanya lagi, kira2 ada tanaman atau buah apa yg baik untuk dikonsumsi ibu sy guna mengurangi gula darah tinggi atau menormalkannya kembali gula darahnya Dok..?
    Terimakasih sebelumnya dok..

  7. 1069
    handi Says:

    sekedar tambahan dok…

    saya perokok tp tidak berat… kopi sdh tidak saya sentuh.

  8. 1068
    handi Says:

    hai dok

    mau tanya… perut sdh jarang kembung tp ulu hati msh keras sampai kadang saya sesak napas. dan jg saya sering seperti org parno/sugesti yg takut merem kalo sewaktu2 napas berhenti karena saya pernah hampir pingsan waktu sesak napas dan sangat mengganggu waktu tidur saya.

    apa nasihat dokter, masalah ulu hati saya dan sugesti saya?

    ditunggu jawabannya nd trims dok

  9. 1067
    Udin Says:

    Kembali bertanya lagi Dok,

    Kadang2 saya kesulitan mencari aloevera tsb, baik suwalayan2 dan carefour pun sering tidak ada. Bahkan saya sudah pergi ke Trubus (Cimanggis) disanapun kosong, lalu saya pergi ke Psr Rebo (Cab.Cimanggis), dari sana ada saya beli 4 rumpun. Sebelum dibeli saya tentu bertanya dulu,katanya bahwa bibit tsb adalah bibit yang bisa mencapai 75 s/d 90 cm. Saat itu saya beli masih ukuran kecil kira2 (20 cm). Sejak saya beli dua bulan lalu s/d sekarang kelihatannya masih segitu2 belum ada penambahan yang signifikan. Pertanyaan saya Dok, Apa semua jenis aloevera bisa dikonsumsi, baik itu yang kecil2 (banyak dipekarangan rumah2), atau seperti yang saya beli tsb (20 cm), atau harus yang besar dan panjang ? Jika mencari bibitnya untuk ditanam dimana ada Dok ? Terima kasih Dok.

  10. 1066
    rindang Says:

    Dear Dr Sukma
    Tanya nih saya kena metaplasi intestinal, apa betul itu berbahaya, selama ini saya merasa baik2 saja, keluhan paling cuma nyeri lambung dan BAB berdarah, klo terkena metaplasi intestinal di lambung dimana nih dok cra penangannya? trus sembuhnya berapa lama? klo kena kanker lambung berapa persen kemungkinan sembuh?

  11. 1065
    tony wijaya Says:

    Dokter, saya mau tanya, saya mempunyai gejala gangguan batu empedu, total bilirubun saya 3.3
    dan apakah itu yang menyebabkan perut saya bagian atas pusar kembung dan keras. apakah dengan minum aloevera dan juice dapat mengurangi gejala tersebut.
    Dan apakah itu bisa megakibatkan gangguan sakit maag?
    bagaimana cara mengatasinya,terimakasih

  12. 1064
    Dr. Sukma Says:

    Halo Imam ,

    Saya masih ingat anda. Selamat Tahun Baru 2010.

    Mengenai ibu nertua anda, tekanan darahnya BELUM normal(150/90). Sebaiknya tekanan darah diturunkan, sampai ke nilai normal 120/80. Sebaiknya kontrol ke dokter internis dan minta diresepkan obat penurun tekanan darah. Minta obat GENERIK saja seperti Captopril. Mengenai dosisnya, biar dokter tsb yang menentukan.

    Gula darah juga masih perlu diturunkan sampai ke angka normal 150-200 mg %. Yaitu dengan pola makan sehari-hari yang BEBAS gula.

    Secara singkat lakukan sbb : JANGAN menyediakan gula, garam dan minyak goreng dirumah. Biasakan makan makanan rebusan, bebas garam dan gula..

    And last but not least ibu mertua anda JANGAN PERNAH makan kuning telur.Putih telurnya boleh dan aman.

    Alasannya KUNING TELUR MENGANDUNG KHOLESTEROL TINGGI, disamping vitamin A. Jadi kuning telur TIDAK BAIK BAGI PENDERITA HIPERTENSI dan penyakit JANTUNG.

  13. 1063
    Dr. Sukma Says:

    Hai Asmawaty,

    Gejala sakit maag disebabkan oleh kuman HP dan bukan-kuman HP, sama saja…

    Setelah dilakukan endoskopi barulah ketahuan : ditemukan kuman HP positif atau negatif.

  14. 1062
    Dr. Sukma Says:

    Hai Inez,

    Gejala perut keras dibagian tengah juga bisa menjadi manifestasi klinis dari sakit maag.

    Gejalanya seribu satu macam, semuanya merupakan varian dari gejala dasar yang saya tulis dalam artikel ini.

    Jadi teruskan saja obat sakit maag yang anda rasa cocok.

  15. 1061
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dian # 1059,

    ASTO yang tinggi diseertai LED juga tinggi, kemungkinan anda terkena radang tenggorokan disebabkan Streptococcus Viridans.

    Sebaiknya diobati tuntas oleh dokter penyakit dalam. Biasanya diberikan Penicilline injeksi dosis tinggi, untuk mencegah terjadinga gangguan jantung (RHD).

  16. 1060
    imam Says:

    Selamat pagi Dok,
    masih ingat sy dok yg 2 tahun lalu pernah konsultasi mengenai sakit asam lambung sy, alhamdulillah sudah agak baikan dok…berkat saran dokter juga..Terimakasih Dok
    Dok, sbenarnya skrg sy mau nanya ttg ibu mertua sy
    yg baru 5 hari yg lalu masuk UGD RS, yg ternyata gula darah saat itu 800lebih dan tensi kalau gk salah 200..kemuadian saat itu juga dikasih insulin..kami sendiri sebenarnya baru tahu bahwa ibu terkena gula darah tinggi saat itu…5 hari kemudian tepatnya kemarin hari minggu 10-01-2010 boleh pulang dari RS. namun hasil terkhir gulah darahnya masih 300 dan tensinya 150/90.
    namun kata okter udah boleh pulang, karena ibu sudah agak baikan, yakni udah bisa jalan pelan walau ditemani ke kamar mandi, makan udah lumayan.Nah yg mau sy tanyakan pada Ibu Dokter, saat ini apa yg sebaiknya Ibu sy lakukan untuk lebih memulihkan kesehatan ibu saya, baik dari pola makan, pola hidup dan obat herbalnya mungkin Dok…
    Sebelumnya saya mohon maaf kalau pertanyaannya diisi dikolom ttg maag..
    Terimakasih banyak Dokter
    Imam-Malang Jawa Timur

  17. 1059
    dian Says:

    makasi dok atas jawabanx,,dok saat ini sy merasa agak pusing, nyeri2 di dada, tangan,punggung, agak sesak sy juga lagi batuk berdahak semenjak sebulan yang lalu…sy khawatir dg kondisi sy,,karena radang tenggorokan kronis & maag,, sebulan lalu periksa Asto hasilnya 400, LED 45, Rontgen bronkhitis, pemeriksaan BTA tdk ditemukan bakteri tahan asam..
    1) yg sy mau tanya bagaimana dg ASto demikian dok,, sy takut kena ganguan jantung,atau katup jantung,, tapi hasil EKG sy hasilx dalam batas normal, apakah sy perlu di Echo lg dok??,
    2) sesak yg sy rasakan & nyeri apakah karna maag sy, tau karna pa dok??? mhon penjelasaannya sy harus melakukan pemeriksaan pa lg,, makasi dok…..

  18. 1058
    Kartika Patricya Says:

    Terima kasih Dokter Sukma untuk respon dan sarannya….akan saya perhatikan saran dokter.

  19. 1057
    asmawaty Says:

    dr.sukma yth,
    Dok apa gejala sakit maag biasa dan sakit maag karena kuman hp berbeda ? selama saya sakit dan berobat 6 kali dengan 4 dokter tak pernah diberi antibiotik. ketika saya tanya dokternya bilang tidak perlu.

  20. 1056
    Inez Says:

    Dr. Sukma, saya inez, umur 28thn dan sudah menikah. Saya mau menanyakan, belakangan ini perut saya setiap habis makan langsung terasa sangat keras, saking kerasnya sampai terasa sakit. Saya memang punya riwaya maag, tetapi sdh beberapa lama ini tdk pernah kumat. Nah pertanyaannya apakah sakit yg saya rasakan ini adalah maag, karena gejala maag yg sering saya rasakan tidak sama seperti yg saya rasakan sekarang.
    Mohon penjelasannya.

    Terima kasih

  21. 1055
    Dr. Sukma Says:

    Hai Cempaka,

    Anda so pasti menderita gastritis atau radang lambung alias sakit maag.

    Semua ‘predisposing factors’ ada : workacholic, gampang stress, makan tidak teratur, suka pedas yang super hot, dan senang yang asem dan makanan kecut. Semuanya mendukung kearah terjadinya gastritis.

    Kalu mau sembuh, semua penyebab diatas anda kurangi secara bertahap, termasuk gila kerja sampai lupa makan..

  22. 1054
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dian # 1048 dan #1049,

    Sebaiknya anda konsentrasi pada hasil urine lengkap yang menggambarkan satu radang saluran kemih yang cukup serius. Lekosit banyak, eritrosit banyak, dst. Sebaiknya anda kunjungi dokter penyakit dalam atau urologi agar diberikan antibiotika yang sesuai.

    Apalagi anda sedang menyusui, Jangan sampai infeksi ditularkan ke anak yang menyusui. Akan lebih repot jadinya…

  23. 1053
    Dr. Sukma Says:

    Halo Aji,

    Coba minum vitamin-C yang aman bagi penderita maag, yaitu Ester-C atau vitalong-C. Vit C diminum sehabis makan.

  24. 1052
    Dr. Sukma Says:

    Halo Kartika Patricya,

    Anda sepertinya termakan makanan tercemar atau basi sehingga menimbulkan diare seperti itu.

    Memang perlu waktu agar pulih kembali. Karena diare yang profuse itu telah banyak mengeluarkan cairan dan elektrolit, sehingga badan terasa lemas.

    So, sabar aja sambil usahakan minum cairan banyak/bisa cairan mengandung elektrolit semacam pocari sweat.

    Atau minum air kelapa yang banyak mengandung potassium (kalium). Maka kondisi anda akan segera pulih dan segar kembali.

  25. 1051
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dian #1042,

    Madu TIDAK mengandung kholesterol. Dan baik bagi penderita sakit maag maupun penderita diabetes. Karena rasa manis pada madu BUKAN glukosa.

    Madu kaya akan vitamin dan mineral.

Pages: « 74 … 46 45 44 [43] 42 41 40 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe