UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 56 55 54 [53] 52 51 50 … 1 » Show All

  1. 1325
    Dr. Sukma Says:

    Hai Talitha,

    Untuk menurunkan BB makan malam diskip, ganti dengan buah apel hijau satu buah. Bisa dijuice atau makan begitu saja. Jangan ditambah susu or gula. Just plain..

    Untuk mengecilkan bagian tertentu tubuh anda, kunjungi fitness center dan ask the trainer.. Dia yang tahu soal itu, OK.

  2. 1324
    talitha Says:

    dokter..dokter..
    aku mau nanyaa dok..
    aku ga pede gtu sma berat badan aku..
    padahal tinggi aku 165 berat 56..apa segitu gendut ya ?
    caranya supaya langsing gmna sih ??
    trus cara ngecilin paha sama betis gmn dok ?
    trimakasih :D

  3. 1323
    martha Says:

    dok terimakasih infonya sangat berguna sekali bagi saya, sebenarnya saya ada pertanyaan apakah penderita mag kronis bisa berpotensi terkena infeksi saluran cerna seperti demam thypoid???

  4. 1322
    marni Says:

    Dr. Sukma yth.

    Maaf saya berkali2 menulis message ke dokter krn saya benar2 merasa bingung dan panik dgn penyakit ini dok (dianosisnya GERD dan gangguan usus besar) karena saat ini saya berada di luar negeri(jepang) jadi konsultasi dgn dokter yg menangani saya juga terbatas….

    selama penyembuhan (sudah 15 hr minum obat)ini banyak sekali keluhan yg saya rasakan dok diantaranya sesak..kembung, sendawa, flatus ,sakit di uluhati bahkan sampai ke bagian blkg perut yg sejajar lambung, hurtburne dan juga kerongkongan di daerah leher yg tiba2 serasa di cekik/sakit, sehingga susah menelan ludah saya …memang saya paham sekali dok bahwa selain dgn obat penyembuhan penyakit ini harus jauh dari stress….tapi setiap gejala2 yg timbul membuat saya panik dok…..saya sudah berusaha melakukan latihan nafas panjang yg dokter sarankan tetapi tidak bisa lama2 karena perut saya mjd banyak angin juga kadang2 di tulang dada atas seperti kaku (ada yg mengganjal)….
    saya mohon sarannya ya dok krn saya benar2 bingung karena sepertinya merasa agak tenang kalo bisa berbicara dgn ahlinya
    terimakasih dokter…

  5. 1321
    Herman Says:

    terimakasih dok atas sarannya..

  6. 1320
    aziz Says:

    wah makasih ya atas infonya,baru tau kalo lidah buaya bisa nyembuhin maag,segera dipraktekkan

  7. 1319
    Dr. Sukma Says:

    Hai Herman,

    Rasa eneg mungkin disebabkan minuman yang anda konsumsi cukup banyak dalam satu malam. Minum susu hangat dan biarkan cuekin aja, nanti juga rasa eneg itu akan hilang sendiri.

  8. 1318
    Dr. Sukma Says:

    Hai Meyli,

    Stop minum buscopan, karena tidak tepat malah membuat kembung bertambah parah. Jangan mengobati dan beli obat sendiri di warung. Sekarang biarkan tanpa obat, bila dalam 1-2 hari masih kembung kunjungi dokter internist, OK.

  9. 1317
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yudhin,

    Penderita maag dapat mengkonsumsi makanan bergizi seperti : susu hangat (bukan susu kental manis), telur yang direbus, daging rebus dalam sop bening dg wortel dan green peas atau kacang kapri. Sop ayam, bakso urat, sop ikan, sop buntut, dll. Demikian banyak pilihan makanan bergizi dan lezat yang cocok untuk penderita maag. Intinya pilih makanan atau lauk yang tidak bersantan, tidak berbumbu pekat dan tidak berminyak serta tidak pedas…

    Bila anda lakukan pilihan makanan seperti itu, selain maag anda semakin hilang dan menuju normal. Yang kedua penampilan anda akan semakin enak dilihat dan langsing karena pilihan makanan sehat dan bergizi tsb.

  10. 1316
    yudhin Says:

    Hay Dok. saya mau tanya
    saya kan terkena penyakit magg.. apa tidak apa-apa dok kalo saya mengkonsumsi Inpepsa secara trus menerus..
    dan semenjak saya terkena penyakit magg… saya cepat capek dok..gampang takut..apalagi kalo sedang kambuh dok..saya kepikiran trus,apa ini bisa sembuh dok.. aktifitas saya sangat terganggu..krana saya cepat capek mungkin karena asupan Gizi yang kurang karena semenjak terkena magg saya cuman makan nasi putih,bubur,lauknya cuman ikan bakar dan sayur bening..lebih dari itu saya takut untuk mengkonsumsi makan-makan yang gampang merangsang asam lambung saya… apa yang harus saya lakukan dok..apa penyakit magg saya ini udagh parah dok?
    apa saya bisa sembuh dari penyakit magg..?
    mohon diberi saran dan cara apa yang saya harus tempuh atau lakukan Dok.. terimaksih sebelumnya..mohon dok bisa menjawabnya…

  11. 1315
    Meyli Says:

    Halo dok..
    saya gadis usia 17 tahun dan kelebihan berat badan..
    sebelumnya tidak punya penyakit mag..
    namun beberapa hari yang lalu, saya merasa sakit kepala dan sedikit demam..
    keesokan harinya sudah tidak, tapi saya merasa mual, perut terasa agak keras dan sulit untuk menahan napas, lalu sendawa terus menerus..
    saya kira msuk angin, jd saya mnum obat tolak angin..
    namun sendawa tidak juga berhenti..
    kakak saya bilang, saya terkena mag..
    tp saya merasa perut saya tidak perih..
    saya saat ini minum buskopan, namun sampai saat ini (sdah hampir 3 hr) masih sendawa terus-terusan dan perut seperti kembung…
    apa yg hrus saya lakukan dok?

  12. 1314
    Herman Says:

    Malem Dok..

    Saya mau tanya, sebelumnnya maaf klo melenceng dari pembahasan artikel diatas. Saya merasakan eneg di perut, terus kepala saya pusing. Kira2 saya sakit apa ya dok..?
    sebelumnya saya mengkonsumsi teh kemasan hingga 1 liter namun minumnya bertahap dalam semalem..

    Terimakasih..

  13. 1313
    Dr. Sukma Says:

    Halo Didi,

    1.Asam lambung yang membalik ke kerongkongan (esofagus), mengakibatkan iritasi/esofagitis yang dirasakan perih dan seperti diremas-remas. Karena lokasi jantung berdekatan dengan kerongkongan, maka anda juga merasakan remasan dan pperih itu di jantung anda.
    2. Benar dispepsia dan gastritis pada umumnya berdampak nyeri kepala atau kliyengan
    3. Susu rendah lemak dan tinggi calcium itu bagus. Sebaiknya bentuk bubuk agar mudah disimpan dan lebih praktis. Susu kedele juga bagus, mengingat kandungan isoflavon sejenis anti-oxidant yang cukup tinggi dalam susu kedele.
    4. Boleh dilakukan, tidak apa-apa.
    5. Boleh dicoba, mengingat sudah berbagai macam obat belum ada yang cocok…

  14. 1312
    Didi Says:

    Malam Dok, saya mau nanya,
    1. Sebenarnya bagaimana bisa maag mengakibatkan nyeri di dada, n jantung saya seakan2 diremes2, padahal 2x ekg normal?
    2. Apakah dispepsi yg dikatakan dokter saya, juga mengakibatkan keliyengan (pusing2) yg saya alami?
    3. Susu sep0erti apa ya dok, yang baik untuk penderita dispepsi?
    4. Kalo dada lagi sesak, saya biasa minum banyak air hangat, supaya sendawa, itu tidak apa2 kan dok?
    5. Apakah Jintan Hitam baik untuk pnderita maag?
    saya udah minum beberapa jenis obat oleh dokter saya, tapi masih gini2 saja, makanya pengen mencoba jintn hitam.

    Terimakasih Dokter.

  15. 1311
    Dr. Sukma Says:

    hai Marni,

    Tetap beraktivitas, namun dikurangi sesuaikan dengan kondisi tubuh anda sendiri..

  16. 1310
    marni Says:

    mmaf dok ada tambahan pertanyaan saya
    apakah pada masa awal penyembuhan GERD ini kita sebaiknya istirahat total (sepertinya penyakit typhus)
    atau tetap beraktivitas tetapi dikurangi..?
    karena kalo dibawa beraktivitas serasa cepat sekali lelah
    tetapi kalau dibawa tidur terus juga badan rasanya tidak enak dan semua terasa sakit…
    mohon sarannya dok

    terimakasih

  17. 1309
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dara,

    Konsumsi aja aloevera sebagai pengganti makan malam. Baik untuk maag anda, sekalian buat diet, menjaga BB agar tetap langsing.

  18. 1308
    marni Says:

    terimakasih respon yg sangat cepatnya dokter…
    iya dok saya sedang membaca comment yg banyak sekali di posting ini…
    apakah dengan latihan nafas panjang itu bisa menyembuhkan GERD dan sesak nafas ini dok…kalau tidak sampai 30mnt-1jam (15 mntan) apakah tidak akan ada efeknya?…krn rasanya sulit sekali untuk konsentrasi dan nafas teratur selama itu…maaf dok jadi nawar begitu…
    terimakasih

  19. 1307
    Dr. Sukma Says:

    Halo Marni,

    Iya benar sekali. Baca penjelasan saya kepada penanya lain mengenai hal itu.

  20. 1306
    marni Says:

    Dr. Sukma yth…

    saat ini saya dalam penyembuhan GERD…10 hr minum obat dari dokter…
    yg saya ingin tanyakan..apakah merasa sesak dan berat di dada bagian atas (agak lega setelah besendawa) adalah salah satu akibat GERD itu…
    mohon petunjuknya dok…
    terimakasih

  21. 1305
    Dr. Sukma Says:

    Hai Forte Escape,

    Saya biasa sarapan bubur sumsum pakai gula merah dan minum susu. Aman bagi maag saya.. Atau sepotong roti tawar (meski ada sedikit ragi) dan susu.

  22. 1304
    Forte Escape Says:

    maaf tanya lagi bu dokter yth

    kalau oatmeal apakah bagus digunakan untuk sarapan bagi penderita maag? kalo tidak baik, sarapan apakah yang ibu anjurkan bagi penderita maag?

    trimakasih sebelumnya bu dokter

  23. 1303
    Dr. Sukma Says:

    Hai Inge,

    Stop segala macam obat2an. Teruskan pola makan FSF (frequent small feeding). Dan lakukan latihan nafas panjang atau yoga atau meditasi agar pikiran anda tenang. Coba lakukan dengan sepenuh hati, maka latihan nafas ini akan dapat anda rasakan SANGAT BERMANFAAT.

  24. 1302
    Dr. Sukma Says:

    Hai Agung Satria,

    Saya memberikan info kepada para penanya sesuai dengan pengetahuan saya dan yang ‘updated’ alias info terbaru. Di Amerika Serikat pada saat ini Omega-3 ditujukan sebagai vitamin ANTI-STRESS. Terbuat dari minyak ikan salmon, dulu Omega-3 HANYA digunakan untuk menurunkan kadar kholesterol sehingga bersifat cardioprotective artinya menjaga kesehatan jantung.

    Saya sendiri mengkonsumsi kapsul Omega-3 setiap pagi sejak 4 bulan ini.. Maag saya malah semakin baik dari hari ke hari… Trust me..

  25. 1301
    inge Says:

    dokter Sukma yang baik,

    Saya mempunyai problem maag selama bertahun-tahun, kalau sudah kambuh, bisa lama sembuhnya. Akhir-akhir ini masalahnya cukup sepele, gara-gara batuk/pilek yang tidak sembuh-sembuh saya akhirnya minum obat yang diberi oleh seorang dokter (katanya ringan untuk lambung), tapi buntutnya selalu menyerang maag saya, beberapa bulan yang lalu, saya ke dokter ahli pencernaan, oleh beliau saya tidak boleh minum obat maag sama sekali, semua harus dilepas, obat yang benar adalah makan porsi kecil, tapi sering, dan saya sembuh. Mulai hari minggu kemarin saya kena batuk lagi, hari ini mulai perih, saya tidak berani minum obat maag sama sekali, saya minum lohanko (buah keringnya), mulai pakai obat kumur dan minum jeruk nipis & kecap manis, makan porsi kecil tiap 2 jam, sore ini maag saya mulai kurang enak, tenggorokan saya panas & perih, tapi saya tidak berani minum obat anti radang. Sekarang saya haru bagaimana dok?

    Terima kasih.

Pages: « 74 … 56 55 54 [53] 52 51 50 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe