UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 58 57 56 [55] 54 53 52 … 1 » Show All

  1. 1375
    Fina Says:

    Salam kenal Dr Sukma,
    Yang ingin saya tanyakan, di perut suami saya sekitar 5cm di atas puser,agak kanan dikit ada benjolan sebesar kelereng dok. Terasa klo diraba.Pernah sekali dibawa ke dok.bedah tp tdk ada hasil,katanya klo tidak ada keluhan2 sakit ya enggak masalah,klo mau di rontgen juga tdk akan kelihatan.Menurut dokter?Kalo periksa lagi harus ke dokter bedah atau internis? makasih sebelumx dokter

  2. 1374
    wati Says:

    perkenalkan dok, saya wati usia 23 tahun.
    terima kasih, sangat menarik sekali artikel yang dokter sajikan. begini dok, saya merupakan penderita maag sejak masa kuliah, mungkin sekitar 3 tahun yang lalu. awalnya ketika maag kambuh, cukup dengan meminum promag bisa reda sakitnya. namun akhir-akhir ini, maag saya sering kambuh karena memang pekerjaan yang overload dan sering terlambat makan.

    beberapa hari yang lalu (semiggu yang lalu) maag saya kambuh, awalnya saya kurang begitu concern dan saya hanya meminum promag. namun ternyata tak kunjung reda, dan pernah suatu hari setelah makan malam perut saya sakit sekali, daerah ulu hati luar biasa nyeri dan saya pun sampai tak bisa jalan. akhirnya saya hanya terkapar di temapat tidur dan mencoba untuk tidur. paginya langsung diare, mual dan badan lemas sekali dan nyeri ulu hati pun tak kunjung reda.

    sore harinya saya periksa ke dokter dan diberi obat ranitidin 150 mg, dengan dosis 2 kali sehari sbelum makan. setelah minum obat itu memang nyeri berkurang, tapi beberapa jam kemudian perut kembali perih dan kembung. yang sangat mengganggu adalah perut saya sangat sakit di daerah ulu hati dan pengen muntah ketika selesai makan.

    yang ingin saya tanyakan, apakah maag saya sudah parah?dan bagaimana efek samping penggunaan ranitidin?

    trima kasih

  3. 1373
    Dr. Sukma Says:

    Halo Martin,

    Sebaiknya anda lupakan masalah GERD anda. Sebab perasaan cemas justru akan menimbulkan kembali sakit itu. Bagaimana kalau anda berpikir positif aja dan anggap sudah sembuh total dari GERD. Saya yakin anda akan sembuh beneran dalam waktu dekat, bila selalu berpikir positif dalam segala hal..

    Mengenai susu kefir boleh2 saja. Semua susu pada prinsipnya bersifat alkali atau basa sehingga baik untuk menetralkan asam lambung..

  4. 1372
    Dr. Sukma Says:

    Hai Kasmawati,

    Lokasi nyeri perut anda kurang spesifik. Namun yang berada diperut sebelah kiri ada berbagai organ seperti : limpa, ginjal kiri, ovarium kiri atau ileum (usus halus) dan kolon (usus besar).
    Jadi untuk tahu yang mana persisnya, sebaiknya diperiksakan ke dokter penyakit dalam. Bila dianggap perlu, mungkin dilakukan pemeriksaan USG abdomen atau CT-Scan.

  5. 1371
    Kasmawati Says:

    Assalamu alaikum dok ! Akhir2 ini perut sebelah kiri sering sakit dan sekarang semakin sakit sy rasakan dan membuat saya susah bernafas. Gejala apa ini dok ? Solusinya sy hrus bgaimana ? Sblumx makasi bnyak atas saranx. Wasalam

  6. 1370
    Martin Says:

    halo dok
    bulan lalu saya didiagnosis dokter kena GERD,
    dulu saya selalu kembung, sakit di dada, sendawa, pusing,
    sekarang udah ga kembung-kembung lagi, sendawa juga udah berkurang jauh.

    tapi terkadang saya masih suka pusing, dan kaya mau jatuh gitu, begitu juga dengan sakit di dada, kemaren2 sempat ga ngerasa lagi, tapi sekarang, masih mau muncul walau cuma sekali2 dan sebentar.

    Dan yg bikin aneh, kadang saya ga bisa membedakan, apa itu bener2 sakitnya, atau cuma perasaan saya saja.
    apa penderita GERD emang seperti itu ya dok?
    gimana ya cara menghilangkan perasaan2 itu??

    oh iya, saya disarankan teman utuk mencoba Susu Kefir, apa benar kefir baik untuk GERD ya dok?

    terimakasih dokter.

  7. 1369
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dody,

    Saya setuju dengan saran itu. Cuma jangan terus-terusan. Artinya dosis tinggi neurobion sampai badan anda terasa baikan, lemas berkurang, dst. Setelah 3-4 minggu minum dosis tinggi maka selanjutnya cukup satu kali sehari. Disesuaikan dengan reaksi tubuh anda terhadap neurobion..

  8. 1368
    Dody Says:

    Salam Dr. Sukma,
    Saya mau tanya. Saya disarankan oleh dokter internist supaya minum neurobion 5000 yg merah karena tiap hari bdn saya lemas skali,tdk ada tenaga,& kembung terus tp tdk perih di perut. Dosisnya adalah 2x shari,pagi & siang. Apakah ini boleh Dok,saya takut krn dosisnya besar skali (umur saya 28 thn). Terimakasih atas jwbnnya Dokter.

  9. 1367
    Yuni Syahrun Says:

    Assalamu’alaikum wr wb, terima kasih banyak dokter atas infonya untuk mengkonsumsi aloe vera cocok buat anak saya setelah 6 hari minum juice apel + aloe vera hilang rasa sakit di perut bagian bawah (colitis). Semoga Allah membalas semua kebaikan dan kepedulian dokter kepada kami yang membutuhkan konsultasi dan semoga juga dokter dan keluarga selalu dalam perlindungan Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Amin.

  10. 1366
    Dr. Sukma Says:

    Hai Wahyu,

    Usia anda berapa ? Saya khawatir ada sesuatu pada tulang kering (os tibia), anda. Saya sendiri sering dan hobi jogging, namun tidak pernah merasakan saklit di tulang itu. Sebaiknya diperiksakan ke bagian radiologi untuk dilakukan rontgen di tulang kering yang bermasalah tersebut. Caranya kunjungi dokter umum agar dibuatkan pengantar ke dokter Radiologist.

    Jawaban radiologist anda boleh tuliskan di blog ini, akan saya jelaskan…

  11. 1365
    Dr. Sukma Says:

    Halo Marni,

    Boleh diganti dengan biskuit, seperti yang saya tulis dalam posting/artikel saya ini.

  12. 1364
    wahyu Says:

    Dear Dr. Sukma

    Sedikit mau ditam=nyakan, knp setiap habis jogging , kaki tulang kering saya suka sakit…awalnya saya pikir karena awal dr jogging..tetapi kok ini dah sekian minggu tetep saja tulang kering masih berasa sakit setiap habis jogging
    Mohon sarannya, apakah ada kesalahan dlm joggingnya
    Terima kasih atas sarannya

    Rgds
    wahyu

  13. 1363
    marni Says:

    Ok Dok..saya akan berusaha untuk tetap makan bubur sampai 2-3 bulan kedepan….tetapi karena cuti saya sudah mau habis dan harus kembali berkerja …
    rasanya tdk mungkin tiap 3 jam saya harus makan bubur seperti selama ini..(jam7,10,13,16,19)..apakah untuk yang jam 10 dan 16 bisa diganti dgn biskuit atau cemilan lainnya dokter..?
    atau mungkin ada saran lain dokter?
    terima kasih

  14. 1362
    Dr. Sukma Says:

    hai Chris,

    Coba permen ‘tamarind’ diemut-emut dalam mulut. Cukup satu saja, mual pasti hilang..

  15. 1361
    Dr. Sukma Says:

    Hai Chris,

    Kadang-kadang maag bisa menimbulkan diare. Buah yang aman dikonsumsi : semangka, melon, sawo manis, dst. Yang tidak asam dan tidak merangsang(nangka, duren, cempedak). Saya suka makan pisang kepok yang direbus, baik untuk perut saya..

  16. 1360
    Dr. Sukma Says:

    hai Jati,

    Bila penasaran, anda bisa minta periksa IgG dan IgM HP ke lab. Namun pemeriksaan tsb kurang sensitif dibandingkan pemeriksaan PA endoskopi jaringan..

  17. 1359
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nuzul,

    Mungkin untuk menurunkan BB anda. Karena dengan muntah praktis bobot akan berkurang, makanan tidak dicerna..

  18. 1358
    Dr. Sukma Says:

    Hai Marni,

    Bila kondisi anda sedang dalam tahap mulai membaik, saran saya agar TETAP makan bubur dulu sampai 2-3 bulan kedepan. Sebab, untuk merusak kondisi yang mulai membaik itu sangat mudah.Sedangkan untuk mencapai kondisi perbaikan seperti yang anda alami sekarang, sangatlah SUSAH. Jadi jangan dirusak apa yang telah mulai membaik.

    Sebaiknya bangun malam pada saat perut keroncongan untuk minum susu atau makanan lembut yang lain. Tindakan anda sudah benar dan tepat..

    Untuk mencapai kebaikan atau tujuan yang mulia bisanya selalu disertai pengorbanan. Dalam hal ini sebaiknya anda korbankan keinginan makan nasi, lauk sarat berbumbu atau pedas2, buah durian dst yang menjadi PANTANGAN penderita GERD dan maag pada umumnya. Jadi LUPAKAN saja semua keinginan yang menjadi pantangan tsb, kalau betul ingin sembuh total..

  19. 1357
    Dr. Sukma Says:

    hai Yani,

    Terapi aloevera ada yang cocok namun banyak juga yang nggak cocok. Jadi sebaiknya anda tidak mencoba lagi aloevera. Anda boleh coba obat yang diresepkan dokter selam,a 2 bulan seperti yang disarankan. Bila dalam 2 bulan belum juga baik, sebaiknya stop minum obat. Dalam maximal 2 bulan ginjal masih dapat mentolerir obat yang kita minum. Jangan lebih dari itu, kecuali obat anti TBC atau OAT yang lebih berbahaya terhadap organ liver/hati dibanding terhadap ginjal….

  20. 1356
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nana Supriatna,

    Menurut pendapat saya, anda tidak menderita sakit maag. Yang terjadi adalah trauma pada organ dalam rongga perut anda akibat pijat yang over powerful menimbulkan jejas disepanjang usus kecil, usus besar dan juga lambung.

    Sebaiknya dibiarkan dan observasi saja. Jangan panik, nanti akan hilang sendiri dalam 1-2 minggu setelah lecet-lecet kecil yang anda menyembuh menjadi normal..
    Next time don’t do pijat again, OK..

  21. 1355
    nuzul Says:

    dok…
    ketika olahrag pastinya kita merasakan lelah dan terkadang saya merasa mual. tapi pada saat itu pelatih saya menyuruh saya untuk memuntahkannya….kenapa..???

  22. 1354
    Nana supriatna Says:

    Hallo dok saya mau tanya saya punya sinusitis ada yang memijat perut saya selama 3jam oleh tukang pijat besok harinya perut terasa amburadul ke dokter sdh periksa beberapa kali jika jalan kaki perut terasa mau copot danpanas terasa terbakar dan tidak mual menurut dokter yg periksa gejala magg apa benar dari akibat dari dipijat bisa menimbulkan penyakit magg mohon penjelasan dari bu dokter trimakasih

  23. 1353
    yani Says:

    Salam kenal Bu Dokter..

    Saya sudah bbrp tahun bermasalah dg perut. Sering bgt kembung bahkan terkadang sampai sakit. Saya sudah baca bbrp saran dokter di posting2 terdahulu mengenai konsumsi aloe vera. Tapi kenapa ya stlh sy makan malah makin sebah? Apa ada yg salah dg prosedur sy?
    Sy jg sdh coba minum lemon water yg ktnya bisa ngobatin maag jg tp lagi2 ga mempan.
    Saya sudah bolak-balik ke dokter & diberi obat lansoprazole, vometa, polycrol & alprazolam. Kata dokternya treatment ini harus minimal 2 bulan. Apakah tdk berbahaya buat ginjal dok kalo minum obat terus2an?
    Terima kasih dok sebelumnya.

  24. 1352
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ifan,

    Mkanan manis bukan pantangan sakit maag. Kalau diabetes baru pantang yang manis2.

    Tergantung penyebab anda menderita sakit maag. Bila stress, begitu stress hilang maka sakit maag akan hilang juga. Bila salah makan kembalilah ke cara makan yang baik dan benar yaitu makan teratur dalam porsi tidak terlalu banyak. Sebaiknya stop makan sebelum perut terasa penuh dan kenyang..

  25. 1351
    marni Says:

    Dr. Sukma yang baik
    ada yang ingin saya tanyakan dok:

    1. Saat ini saya masih dalam penyembuhan GERD terapi obat…setiap malam saya selalu terbangun 3-4 kali tetapi setelah diisi air putih hangat atau susu kedele atau biskuit marie saya akan tertidur kembali…kalo tidak diisi perut saya akan berbunyi dan banyak angin terutama menjelang pagi (sekitar jam 4 pagi)..yg ingin saya tanyakan apakah hal ini tidak baik dok karena takutnya lambung akan terbiasa minta diisi di malam hari atau kalau lambung sudah normal akn seperti biasa lagi…atau baiknya tidak diisi ya dok…?

    2.sudah 3 minggu ini saya makan bubur dok dengan pola FSF (3 jam sekali) apakah kira2 sudah boleh makan nasi ya dok…? dgn kondisi saya sudah mulai membaik tetapi prod gas msh tinggi dan rasa tidak nyaman diperut masih ada… belum hilang total

    saya mohon sarannya ya dok
    Terimakasih banyak sebelum dan sesudahnya

Pages: « 74 … 58 57 56 [55] 54 53 52 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe