UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 61 60 59 [58] 57 56 55 … 1 » Show All

  1. 1450
    Dr. Sukma Says:

    Hai Faisal,

    1. Kemungkinan anda terkena maag karena konsumsi allopurinol tsb. Obat ini mengiritasi lambung, karenanya dimakan setelah perut terisi/ sesudah makan.
    2. Asam urat anda sudah agak jinak, tidak terlalu tinggi. Sebaiknya anda banyak makan dan minum yang berkadar tinggi anti-oxidant seperti antara lain susu kedele. Hindari makan jeroan, kacan-kacangan dll yang banyak mengandung asam urat. Allopurinol sistop saja.
    3. Olah raga berenang boleh diteruskan namun frekwensi dikurangi mungkin menjadi cukup satu kali per minggu selama 4 minggu. Selanjutnya maximal 2 (dua) kali per minggu sudah cukup..

  2. 1449
    faisal Says:

    Salam dr sukma yg baik,
    dok saya mau bertanya tlg djwb ya..
    sy 28th,tb 166 bb 84, 3minggu yg lalu ada keluhan sesak didada dan sering sendawa, kdg2 sampai muntah, sy cek darah total kolesterol 208, uric acid 8,4, hdl 39,ldl 120, triglyceride 149, gula darah normal..kemarin sy cek dr jantung d ecg alhmdulilah normal,trus sy diksh obat lansoprazol 1×1 domperidone 10mg 2×1..
    yg ingin sy tanyakan,
    1. apakah sy menderita Gerd?
    2. apakah pengobatan uric acid allopurinol dapat saya teruskan?
    3. terus terang sy agak takut bt olahraga,dulu sy biasa berenang 3x seminggu,apakah dgn kondisi sy aman berolahraga dok?
    saya tertarik mencoba aloe vera spt saran dokter,mdh2n jd lebih baik kndsi bdn sy.. terimakasih bnyk jwbn dokter, wassalam.

  3. 1448
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sherly,

    Aloevera bisa dikonsumsi dengan apa saja termasuk obat herbal. Sifatnya sangat netral dan tidak menimbulkan reaksi silang yang tidak diinginkan..

  4. 1447
    Dr. Sukma Says:

    hai Yance,

    Pendapat saya karena lambung anda yang berlokasi di ulu hati ‘overloaded’ alias kepenuhan… Sebaiknya makan bertahap, pilih mana yang anda inginkan dulu.. Nanti setelah 2 jam baru anda makan lagi makanan kesukaan anda.. Demikan seterusnya. Tidak bisa semuanya dalam sekali makan… Terlalu berat bagi lambung dan usus untuk mencerna segitu banyaknya makanan. Lagian, apakah anda tidak takut overweight, obese dengan penampilan yang jelek?

    Alternatif lain, bila di pesta ambil sedikit saja (satu sendok makan), setiap jenis makanan yang anda suka. Dengan demikian selera anda terpenuhi TANPA memberatkan kerja lambung dan pencernaan yang lain..

  5. 1446
    Dr. Sukma Says:

    Hai Livia,

    Terapi multiple myeloma tidak sesederhana seperti yang kita bayangkan. Donor darah harus sangat berhati-hati, agar tidak memperparah kondisi yang ada. Karena kelainan terletak pada fraksi immunoglobulin, sejenis protein dalam darah yang penting untuk daya tahan tubuh… Bila salah donor, akan memperburuk keadaan..

  6. 1445
    Dr. Sukma Says:

    Hai Livia,

    Secara teoritis iya, bisa. Tapi dalam prakteknya hal itu masih dalam tahap uji coba dan penelitian lebih lanjut. Jadi masih cukup lama waktu yang diperlukan untuk merealisasikan teori tersebut yang akan diaplikasikan pada tubuh manusia…

  7. 1444
    livia Says:

    dok,apa benar transplantasi darah tali pusar dapat menyembuhkan multiple myeloma?

  8. 1443
    livia Says:

    Dok,knp kluargaq yg menderita multiple myeloma tdk bs lg menerima darah pendonor?apa penyebabnya?trus,apa ada jalan lain untuk bisa naikkan hb nya?mohon penjelasannya dok.thanx. .

  9. 1442
    yance Says:

    selamat pagi dok,

    pertanyaan singkat say dok,

    1. kenapa kalau ada sentakan di ulu hati tiba2 bisa
    membuat dada/pernapasan terasa ngos-ngosan dok?

    2. Kadang ada sentakan di ulu hati secara tiba2 , apa
    mungkin gara2 saya makannya terlalu banyak ya??
    (bubur, pepaya , terus somay ) dalam 1x makan,
    padahal baru agak mendingan.

    Terima kasih, dok saya minta tolong di reply . terima kasih banyak dok.

  10. 1441
    Dr. Sukma Says:

    Hai Livia,

    Secara teoritis biasanya 1,5 tahun-2 tahun sejak ditegakkan diagnosis. Namun bila Yang Diatas menghendaki, apapun bisa terjadi…

  11. 1440
    livia Says:

    biasanya penderita multiple myeloma dapat bertahan hidup berapa lama dok? thanx. .

  12. 1439
    Dr. Sukma Says:

    Halo Santi,

    Sebaiknya anda baca pertanyaan dan jawaban untuk penanya lain yang serupa. Tidak mungkin bagi saya terus2an menjawab pertanyaan yang sama, padahal waktu saya sangat sempit.
    So, baca tanya jawab posting gastritis ini yang jumlahnya sangat luar biasa, lebih dari seribu.. Semuanya ada disana, OK.

  13. 1438
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yuli,

    Kemungkinan faktor alergi, masuk angin, dll. Cobalah usapkan minyak kayu putih menyeluruh diatas perut yang teraba keras dan bintikk-bintik merah tersebut. ATAU bisa juga oleskan Tiger Balm, balsem hangat dan panas, keluhan itu akan cepat hilang..

  14. 1437
    santi Says:

    siang dok n salam kenal…
    saya baru minggu kmrn di endoskopi dok…, hasilnya di katup masuk lambung ada luka (sampel ada di bawa ke labor hasilnya tdk ada kuman, luka krn asam lambung tinggi, ada enzim dr usus masuk ke lambung, trus krn sering mengkonsumsi obat/vitamin), di dlm lambung dekat usus 12 jari ada erosi gitu… hasil labor jg bilang klu penyakit maag saya ini sdh menahun, cm saya baru merasakan sesak yg parah sdh hampir 3 bln, saya pikir saya kena penyakit jantung, tapi kata dokter itu krn luka di katup masuk lambung.. kadang malam sampe ngk bisa tidur, n selalu merasa cemas n gelisah gitu..kata dokter klu tdk diobati bisa terjadi penyempitan sehingga makanan tdk bs masuk dan menyebabkan sesak nafas.
    pertanyaan saya :
    1. klu saya makan aloe vera apa luka di atas katup itu bisa sembuh?
    2. klu setiap pagi dan malam saya minum susu kental manis boleh ngk dok?
    3. kira2 klu diobati sakit maag saya ini bisa berapa lama baru sembuh ya dok?
    4. apakah stress bener2 bisa membuat sakit maag tambah parah?

    Sorry ya dok banyak pertanyaannya, soalnya sakit maag ini buat saya tambah stress (sesaknya kdg bikin susah)..

    thx banget ya dok atas jawabannya…

  15. 1436
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yance,

    Kemungkinan anda sakit maag dan alergi terhadap paracetamol dan ciprofloxacin. Jadi untuk seterusnya sebaiknya anda ingat kedua nama obat itu dan jangan lagi minum kedua obat tersebut.

    Saran saya, JANGAN suka mengelus-elus daerah ulu hati, bila reaksinya seperti yang anda tulis. Orang lain yang sehat biasanya tidak akan mengalami seperti yang anda tulis. Lama-kelaman pasti rasa deg-degan seperti di interogasi tsb akan hilang dengan sendirinya, bila anda TIDAK LAGI melakukan kebiasaan mengelus ulu hati karena ditempat itu terdapat ujung-ujung saraf sensorik ke saluran pencernaan…

  16. 1435
    Dr. Sukma Says:

    Halo Alis Ukron,

    Dokter yang melakukan endoskopi sudah pasti dapat memberikan obat yang terbaik dan paling tepat untuk kelainan yang ada. So, jadilah pasien yang kooperatif dan minum obat yang diresepkan secara teratur…

  17. 1434
    alis ukron Says:

    salam.dok ,saya sudah 3 tahun menderita keluhan di uluhati dan perut tapi yang lebih sering di uluhati,pernah sys di endoscopy dan ada luka di pintu masuk lambung,dan di dasar lambung banyak cairan kental seperti lendir yang menutupi dinding lambung,sakait apa dok,obatanya apa dok yang manjur dan aman.trims

  18. 1433
    yance Says:

    Halo dok, saya ferdi berumur 23 tahun

    diawali dari telat makan siang, perut saya terasa sakit dan kepala berat, saya tapi ke dokter pertama diberi obat maagg dan obat seperti paracetamol, namun saya makan obat paracetamol itu jadi gak bisa tidur perasaan tidak enak, lalu saya pergi ke dokter lain dan diberi Obat ( Gastrucid, Ranitidin, Vitazym )selama mengkonsumsi obat sekarang timbul kebelet dengan mencret. 3 hari kemudian sudah merasa baikan ( obat sdh habis ),, karena merasa sudah baikan lalu saya pergi jalan ke luar , selama di jalan saya merasa ada nyeri kembali di bagian ulu hati pada jam 12.30 ( saat itu saya belum makan ).. nah dari pas hari itu saya kembali sakit lagi,, masih merasa ada mual dan seperti kebelet mo BAB . lalu tante saya memberi obat infeksi pencernaaan SIPROFLOXACIN, namun efeknya 1 jam setelah minum obat itu saya merasa deg-degan dan tidak bisa tidur/gelisah. Lalu sya berhenti konsumsi dan pergi ke rumah sakit untuk check up. Yang saya mau tanyakan disini saya ada keluhan setiap saya mengusap-usap bagian sekitar ulu hati terjadi reaksi kebelet ingin buang air besar dan suhu badan terasa hangat sebentar (tapi kalau tidak di usap2 gak apa2) , ketika sudah tidak kebelet suhu badan kembali normal. Sebetulnya apa sudah terjadi iritasi pada lambung saya ya dok?? Apakah bisa menuju ke Sakti TIFUS? apakah kalau orang sehat ketika bagian ulu hatinya di usap-usap tidak seperti saya dok? . Jadi Total saya sakit itu 1 minggu dan hari ke-8 dimana saya comment ke blog ini saya sudah ke rumah sakit. dan sampai sekarang kadang perasaan saya merasa “seperti orang di interogasi gitu, deg-degan” terus pengen BAB juga. Terima kasih dan mohon tanggapannya.

  19. 1432
    Dr. Sukma Says:

    Hai Erick,

    Kemungkinan radang usus besar bisa, dari keluhan anda sekarang ini. Jadi mungkin perlu dilakukan kolonoskopi untuk mengetahui kondisi kolon atau usus besar anda…

  20. 1431
    erick Says:

    selamat pagi dokter….

    mau tanya dok…..tahun 2008 saya pernah diendoskopi dan ternyata di dadalam lambung saya bersemayam bakteri HP, selanjutnya saya diterapi antibiotik kurang lebih selama 2 minggu, dengan selanjutnya di terapi obat acpulsif dengan omeprazol (skrang sdh tdk makan obat tsb), pd tahun 2009 saya tes UBT, alhamdulilah hasilnya negatif,akan tetapi perut saya khususnya diseputar pusar (kadang ada rasa ditusuk-tusuk kecil sekitar beberarapa detik saja) kemudian kebawah kiri kanan bahkan ke belakang suka merasakan kembung, terkadang sakit, pegal, perih, ngilu dan terkadang panas yang terkadang menjalar ke dada sebelah kiri, tapi alhamdulillah dengan dibantu terapi aloevera rasanya persoalan tersebut cukup berkurang, pertanyaan saya dari kondisi tersebut apakah persoalannya masih diseputar lambung atau turun ke bawah dok (seputar usus ?)?, pertanyaan selanjutnya apa yg harus saya periksakan dok….endoskopi atau kolonskopi dok (pup saya lancar dgn faces terkadang berbentuk gepeng dan agak lengket dgn warna yg normal)mengingat persoalan yg muncul lbh sering disekitar pusar ke bawah dok dan belakang….tks dok…

  21. 1430
    Dr. Sukma Says:

    hai dody,

    Dugaan saya ada radang lambung menyeluruh, namun yang paling parah pada katup yang mengalami erosi seperti yang anda tulis. Berobatlah sampai tuntas ke dokter gastro penyakit dalam yang handal.

  22. 1429
    Dody Says:

    Hai Dokter Sukma,
    Saya sudah 2 kali masuk rumah sakit karena menderita maag. Telah dilakukan endoscopy dan hasilnya ternyata pada katup lambung terdapat erosi yang melingkar. Untuk pengobatannya diberikan obat pantazol, necibloc, lipesco dan Bd-gard. Saya berpikir bahwa kalau benar yang mengalami peradangan itu hanya katup lambungnya saja, mengapa kok saya merasa lambung saya sering terasa perih, sehingga kalau perih maka akibatnya dalam pikiran saya gelisah, pikiran khawatir terhadap anak, siteri dan serba tidak menentu, padahal saya sebelumnya tidak memikirkan apa-apa. Nah, apa mungkin disamping katup lambung tersebut, saya juga terdapat radang lambung.

  23. 1428
    Dr. Sukma Says:

    Halo K.Kesatria Guntur,

    Perut kembung atau buncit pada penderita hepatoma disebabkan oleh adanya cairan ascites didalam rongga perut akibat rendahnya protein didalam darah (hipo-albuminemia). Meski minum obat ramuan wakasa gold seperti yang anda tulis, sebaiknya lakukan juga cross check dengan pemeriksaan USG abdomen, agar dapat diketahui secara medis apakah kanker dihati itu mengecil atau sudah hilang, dst. Demikian pula apakah masih terdapat banyak cairan ascites atau sudah berkurang, dst. Agar terjadi penyembuhan yang benar-benar dan BUKAN semu…

  24. 1427
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ilham,

    1. Untuk demam boleh minum sambiloto seperti yang anda tulis.
    2. Boleh
    3.Boleh
    4.Bisa
    5.Bervariasi dan biasanya lama, minimal 6 bulan – satu tahun. Dengan syarat semua pantangan ditaati dan anjuran dilaksanakan.. Bila dilanggar akan berulang menjadi sakit maag yang lebih parah…

  25. 1426
    ilham Says:

    siang Dokter,
    apakah maag menyebabkn tubuh panas dingin,sering flatus,sendawa,dan rasanya kurang bertenaga/fit?
    keluhan sya saat ini perih di perut sudah berkurang,hnya sja masih terkadang agak demam klo pagi krna udara dingin,terutama kaki terasa dingin dan tangn,shingga smpi skrg sy blm bisa mandi,hanya keramas sja dok.
    sya sdh mengkonsumsi aloevera ukuran 4*3 cm sekali,sndwa dan flatus berkurang,nyeri juga hilang..tp panas dingin masih walau tidak seberat yang lalu.
    1.bagmn mengatasi demam ini dok?
    2.apakh maag bisa mengonsumsi kacang hijau,susu kedelai?
    3.bolehkah sya latihan pernapasan di tmpat olah pernafasan?
    4.bisakah daun sambiloto sya konsumsi untuk meredam radang/paanas dingin di tubuh,krn sy suka menggunakan herbal dok.
    5.maag sy bru 2 bulan,skit awalnya krn perut kosong hampir sehari dan saat itu malamnya sy lunch dengn bakso 2 mangkok+nasi dan sambel,stelah itu jantung berdebar2,tensi saat itu 120/80,dan stelah rangkaian perawatan ke internist dinyatakan maag,sbelumnya sy blum pernah mnderita maag Dokter,cuma dri pola mkn sya sdh 3 thn ini sy jrang sarapan,sarapan paling awal jam 12 siang,krn pekerjaan sy di lapangan dok.obat yg pernah sy konsumsi,mucosta,lanzoprazole 20 mg,sythiam,eturol,famotidine 20mg,prolanz,propanolol,neobost force,imboost force(skrg sdh tdk sy konsumsi,krn berobat ke herbal)
    berapa lama penyembuhan maag ya dok,apakah bisa lama?mengingat kakak saya smbuh dalam kurun waktu yg cukup lama,itupun mnjga pantangn,dan bnyk mengonsumsi suplemen.terima kasih dokter atas jawabannya smoga berguna bagi sy dan teman2 yg menderita maag lainnya.

Pages: « 74 … 61 60 59 [58] 57 56 55 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe