UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 67 66 65 [64] 63 62 61 … 1 » Show All

  1. 1600
    tommy Says:

    Salam kenal dok, lsg aja ya dok, kami skrg lagi bingung dengan penyakit yg diderita adik kami, usia 26 tahun, dokter memfonis ia terkena kanker limfa, gejala2 sbelumnya maag. Herannya berbeda dokter beda juga pendapatnya. sudah di ct scan, usg. Perutnya skrg membesar, kembung dan yg pasti sakit dok. Minta petunjuk dari dokter. Trims dok!

  2. 1599
    melfa Says:

    dok saya melfa .saya mau tanya kenapa setiap sesudah makan saya lemas dan keringat dingin tidak bertenaga sepertinya ada bola naik ke ulu hati.terimakasih melfa

  3. 1598
    hari Says:

    Dok, saya cowok umur 36 th mau tanya…kenapa saya kok pucat gak hilang2 dalam 2th terakhir ini, padahal tes Darah Lengkap semuanya normal tapi wajah kaki dan tangan saya keringat dingin dan pucat terus dan sedikit mual mual…dan kepala terasa seperti berat dok dan juga sdh CT SCAN hasilnya normal………bawaanya ngantuuuuk terus dok sepanjang hari. Langkah apa yang harus saya tempuh dok…? makasih sarannya.

  4. 1597
    tri Says:

    Sore dok…
    Dok,saya sedang hamil 5bulan.
    keluhan yg mengganggu dan membuat saya tidak mau makan karena perut saya kembung yg amat sangat seakan perut atas saya terdorong oleh gas yg berlebih diperut hingga terasa keras perut atas saya. dan sesak nafas/ untuk bernafas terasa berat.
    3tahun yg lalu saya pernah endoskopi dan ada luka.
    saya sudah mengkonsumsi P..ly..ane dan O..pr..ole namun makin kembung.
    dan sulit utk buang gas dan (maaf) buang air besar.
    saya harus bgmn ya dok? dengan kondisi sy yg sdg hamil agar bisa makan?
    Amankah lidah buaya di konsumsi oleh ibu hamil?
    sebelumnya terima kasih utk jawabannya dok…

  5. 1596
    Dr. Sukma Says:

    Hai Satrio,
    Lida buaya / aloevera SEBAIKNYA yg mentah dan disiapkan sendiri. Alasannaya : bebas pengawet, pewarna dan perasa yang semuanya itu dari bahan kimia. Capek sedikit tetapi bebas efek samping bahan kimia. Demikian

  6. 1595
    satrio Says:

    dok

    saya sudah hampir 4 bulan sakit maaq saya hanya bisa makan bubur dan nasi tim saja,apabila makan berat perut terasa sakit dan tenggorokan seperti tercekik, berat badan banyak sekali turun nya.

    lidah buaya yg dokter maksud yg masih mentah / yg sudah banyak di jual di swalayan(tinggal makan)

    terima kasih jwb bnya dok

  7. 1594
    Dr. Sukma Says:

    Hai Johny,
    Pengalaman saya pisang KURANG cocok untuk seorang penderita maag. Reaksinya asam, so menambah keasaman yg sudah ada

  8. 1593
    Dr. Sukma Says:

    Hai Suhendra,
    Konsumsi aloevera CUKUP 2-3 kali per minggu. Hampir semua pasar swalayan menjual aloevera, spt: hypermart, Giant, Lucky di MP, Foodmart di Cipuytra Seraya bahkan juga di Pasar Buah. Coba terapi lida buaya ini. Insya Allah cocok

  9. 1592
    Suhendra Says:

    dok, saya sudah beberapa bulan ini didiagnosa dokter menderita GERD.
    saya berdomisili di Riau, apakah mengkomsumi lidah buaya hanya dengan 3 x seminggu atau sekali dalam 2 hari sudah cukup ampuh mengobati asam lambung.
    di RIAU, disupermarket manakah menjual lidahbuaya ini ?
    penyakit ini sangat mengganggu..kadang2 dada saya terasa sakit kalau lagi kumat.
    mohon pencerahannya dok.

  10. 1591
    johny Says:

    Dok,
    Bolehkah penderita maag makan pisang?

    Salam.

  11. 1590
    dimas Says:

    dokter :

    apakah penyakit maaq bisa sampai berbulan-bulan ? saya udah hampir 4 bln sakit lalu tenggorokan juga ikut sakit (tidak bisa makan & minum banyak).

    lalu skrang saya kalo duduk sebelah kanan ulu hati saya sakit (hanya kanan )apa pengaruh maaq tersebut

    terima kasih

  12. 1589
    revana Says:

    satu lagi dok…teman saya juga beberapa bulan kemaren terkena tumor payudara dan sudah dilakukan operasi pengangkatannya….apakah ada kemungkinan tumor tersebut balik lagi? trus pola makan seperti apa untuk mncegah hal tersebu?
    thakns so much

  13. 1588
    revana Says:

    Salam bu dokter..
    dok kakak saya cew umur 32 th….sejak empat bulan yg lalu mengalami gejala perut kembung, mual dan susah tidur…maaf haid nya tdk sperti biasanya..lbh encer (maaf 1x lg)….yg paling mekhawatirkan kami yaitu tidak bisa tidurnya itu kadang satu minggu penuh dia tidak tidur sama sekali kadang kadang sehari tidur beberapa hari tidak…tapi disiang hari dia masih bisa bekerja seperti biasa…pas konsultasi ke dokter dibilang maag kronis…apakah untuk maag kronis berpengaruh pada tidur? Trim’s

  14. 1587
    Thomas Says:

    Trims sebelumnya, saya didiagnosa sakit GERD dan sudah 3 bulan ini mengikuti saran dokter makan lidah buaya, efeknya supih langsung terasa sekarang keluhan lambung sudah tidak lagi tapi keluhan ditenggorokan saya sudah 4 bulan masih sakit kayak kering dan panas. Pertanyaanya dok kok memang sakit gerd ini bisa sampai bikin tenggorokan sakit lama sekali ya? Kedua yang dokter sarankan bagaimana caranya perawatan sakit tenggorokan ini ?

  15. 1586
    Dr. Sukma Says:

    halo Steven,

    Stress berakibat antara lain sekresi asam lambung meningkat. Akibatnya asam lambung berflebih akan naik keatas kearah tenggorokan atau jalan nafas. Akibatnya nafas jadi terasa pendek, karena rasa tidak enak/perih di kerongkongan dan ulu hati.

    Saya di Pekanbaru. Cukup komunikasi via blog ini.

  16. 1585
    Dr. Sukma Says:

    hai Frits,

    Gak usah bingung. gak mesti one hundred percent persis. Susus apa aja boleh, sebaiknya susus bubuk dan BUKAN susu kental manis, agar kadar protein dan sifat alkalinya cukup untuk membuffer asam lambung.

    Soal biskuit bolehh2 aja mengandung coklat, ASAL tidak banyak. Sebab coklat u7mumnya bereaksi asam dan merangsang sekresi asam lambung.
    So, jangan dibikin complicated, make it simple, asal kandungan coklat atau minyak, dll. tidak banyak. Okay?

  17. 1584
    Dr. Sukma Says:

    Hai vicvic,

    kalau sampai muntah darah, berarti sakit maag anda cukup serius. Sebaiknya brobat5 ke dokter penyakit dalam subdeivisi Gastro-enterology.

  18. 1583
    asep hen hen Says:

    Pagi dok sukma, sy senang banget dokter bisa meluangkan waktu. Bgini dok sy kena maag dan sy coba lidah buaya, yg jadi pertanyaan ssy, jenis lidah buaya apakah yg dipakai utk pengobatan maag ? Soalnya ada lidah buaya yg mulus hijau dan ada yg bercorak totol totl, makasih atas jawaban ibu dokter.

  19. 1582
    steven Says:

    Yth Dr Sukma

    saya belakangan mungkin ada setahun ada keluhan nafas pendek, memang saya ada bronhitis dulu tapi kata dokter
    telah sembuh , apakah karena pikiran stres atau apa penyebabnya ? memang sangat menderita harus tarik nafas
    tapi saya bukan asma (atau sesak nafas) biasanya memang
    membingunkan antara sesak nafas (atau asma) dan nafas pendek

    saya mohon penjelasan dan bantuan Dr Sukma atau Kalau perlu
    saya ke tempat praktek Dr, mohon alamat dan no telp

    terimakasih atas bantuannya
    steven

  20. 1581
    Dr. Sukma Says:

    Hai Budi Setiawan,

    Sakit maag biasanya sering kumat lagi bila : pikiran lagi ruwet/ cemas/ stress/ ada tekanan pekerjaan/ rasa takut, dst… Juga gampang kambuh bila makan atau minum makanan dan minuman yang seharusnya dipantang (baca lengkap posting ini)….

    Terutama bagi mereka yang TIDAK disiplin dalam makan/ minum serta banyak permasalahan dalam pikiran sudah dapat DIPASTIKAN sakit maagnya akan kambuh dan kambuh lagi…. Hawa dingin ada juga pengaruhnya yaitu memicu rasa TIDAK ENAK dalam pencernaan, termasuk lambung… Yang hangat yang biasanya acceptable bagi penderita sakit maag dan dianjurkan makan sop hangat yang bening, tidak banyak bumbu dan TIDAK bersantan…

  21. 1580
    Dr. Sukma Says:

    Halo Martini,

    Sepintas kesimpulan saya ada kista atau massa di perut anda sebelah kiri. Sebaiknya dilakukan pem USG agar diketahui pasti kelainan tsb. Kunjungi dokter SpOG…

  22. 1579
    Dr. Sukma Says:

    Hai Citra,

    1. Asalkan semua pantangan dihindari PLUS pikiran tenang, bebas dari stress/cemas/ takut, dst…. biasanya asam lambung akan kembali NORMAL.. dan saki maag pun sembuh, OK.
    2. Sifat mendinginkan ini plus lendirnya yang sangat penting dalam penyembuhan sakit maag… yaaaitu melapisi dinding pencernaan termasuk lambung dan juga sebagai pendingin suasana panas akibat asam lambung yg berlebih…

  23. 1578
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dewo,

    Tidak ada kaitan antara sakit sendi dengan sakit maag. Sakit di persendian ada hubungan dengan flu berat yang biasa disebut ‘Flu Tulang’… So, obati flu anda sampai tuntas, konsultasi ke dokter internist ato THT yang handal….

  24. 1577
    budi setiawan Says:

    ass dok,

    dok saya mau tanya sakit maag / gastrisis yang bukan karena Bakteri HP itu sebetulnya bisa sembuh total gak dok? Usia saya 23 tahun. saya sudah 3 bulam lebih mengalami yang namanya sakit maag dengan Rasa Gak enak di perut, mual, kembung, rasa pengen BAB, kadang2 puyeng, sering ngantuk, ulu hati seperti gatal2, kaki gemetar, lemas, suka debar jantung.

    Pernah cek darah lengkap hasil baik dan Rontgen Thorax AP hasil bagus. saya masih konsumsi omeprazole 1 X 1 setiap pagi. Kenapa kadang maag saya kumat sendiri tanpa sebab pemicunya yang jelas dok , Kalau karena Tidak kuat hawa yang dingin apa bisa bikin maag kambuh ya dok?

    TErima kasih,

    Budi setiawan

  25. 1576
    martini Says:

    dok saya cewek umur 23 thn?perut saya kadang2sakit baik bgian knan maupun kiri,dipegang pun sakit?serta mual2 kadang mutah kdang tdk dan terasa sebah? diperut bgian kiri seperti ada bnjolan klu diraba?dan benjolan tersebut klu dipencet akan hilang dan klu skrg dipencet g hlg?menurut dokter ada hubungannya tdk benjolan trsbt dgn skit perut yg sya derita?dan sakit apakah saya?selama ini saya klu perut skit selalu ketukang pijat?dan besoknya pasti sembuh?tpi suatu saat kambuh lg?

Pages: « 74 … 67 66 65 [64] 63 62 61 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe