UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 71 70 69 [68] 67 66 65 … 1 » Show All

  1. 1700
    dederidwan_84@yahoo.com Says:

    Dok Sy Penderita Asam Lambung, .Slain Lidah Buaya Ada Lagi Gk Dok Tanaman Obat

  2. 1699
    Dietas Para Diabeticos Says:

    Dietas Para Diabeticos…

    [...]Dr. Sukma Merati » Blog Archive » Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?[...]…

  3. 1698
    Dr. Sukma Says:

    Hai Achy,

    Anda bekerja malam semenjak 6 tahun lalu. Apakah anda bisa istirahat siang/ pagi hari disaat anda tidak bekerja ? Penyakit maag disebabkan stress, tidak cukup istirahat (tidur malam kurang dari 8 jam) serta kebiasaan/pola makan yg salah. Kenali semua pantangan makan dan minum agar terhindar dari sakit maag.

    Menurut pendapat saya, anda menderita gangguan saluran pencernaan dari lambung sampai usus besar yang berakibat konstipasi/ sembeliy/ susah BAB. Banyak makan sayur/ serat agar merangsang gerakan usus, sehingga bisa BAB setiap hari..

  4. 1697
    Achy Says:

    numpang nanya dok,.
    saya laki laki- berusia 26 tahun, aktifitas saya dalam kurun waktu 6 tahun belakangan ini adalah bekerja pada malam hari,/kebanyakan begadang,. selama hampir dlm 2 tahun terakhir ini saya memiliki keluhan pada bag. perut, terasa kembung disertai sakit pada sekitar uluh hati atau di sekitar lambung bagian kanan yg sifatnya timbul tenggelam, terkadang sakit tersebut terasa berpindah, baik ke sisi kiri maupun kesisi kanan.

    kira kira itu penyebabnya apa ya dok?,..saya telah berusaha untuk memeriksakan kondisi tersebut ke dokter di rumah sakit, setelah di test dengan test darah,USG, dokter menyatakan kondisi saya baik baik saja. bahkan dookternya hanya menyarankan saya untuk meminum obat cacing :D , akan tetapi saya masih merasakan kalau ada yang tidak beres dengan perut ini. sebagai informasi tambahan, saat saya mulai mengalami gejala tersebut, sejak itu pula sistem pencernaan saya kurang lancar. BAB bisa sampai 3 hari sekali. dan gejala tersebut masih saya rasakan sampai saat ini.

    terima kasih atas responx.

  5. 1696
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ratna,

    Anemia dan hiperkholesterol itu dua hal yg berbeda dan malahan bertolak belakang. Biasanya bila sesorang hiperkholesteremia, tidak akan menderita anemia. Dan sebaliknya anemia biasanya dibarengi dengan hipotensi dan kholesterol rendah atau normal. Jadi betul yg ditulis bahwa apa yg dianjurkkan untuk penerita anemia tidak cocok atau malahan kontra indikasi buat hiperkholesterolemia.

    Coba check ulang ke lab lain, jangan2 anda tidak anemia/ hemoglobin dibawah normal.

  6. 1695
    soraya Says:

    wah dok, luar biasa sekali penjelasan dokter. saya akan coba segera aloe vera-a.. memang semenjak saya SMU sering direpotkan dengan maag. selama ini selalu sembuh dengan minum ranitidine dan lansoprazole.. trims info-a dok.. sukses selalu!

  7. 1694
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ratna,

    Sudah saya jawb. Buah noni boleh dicoba. Tapi saya belum punya pengalan. Sy percaya buah mengkudu/ noni banyak khasiatnya, karena kaya anti-ioxidant.

  8. 1693
    Ngurah Putra Says:

    Dok, saya sudah 2 th maag kronis, obat yg saya pernah minum adalah, silacap, vometa, frixitas ( bulan pertama ) trus diganti Pumpitor vometa frixitas selama 1 th, trus diganti pumpitor dan vometa ft, frixitas, terus campuran frixitas dan damaben 2 bln , trus becantec+frixitas ( campuran selama 40 hari. belum sembuh juga

    bulen kemaren saya ganti dokter yg lebih senior ,enurut saya krn ada embel2 Prof Dr dr XXX SpPD KGEH PhD, saya di kasi resep Ulpraz , aludona D dan Dogmatil, selama satu minggu dan di ganti Gastridin, ALudona D, dan Dogmatil sampai sekarang. Sejak minum obat tsb kepala saya pusing dan mengantuk berat, adakah pengaruh obat tersebut pada diri saya? terima kasih

  9. 1692
    musniyansyah Says:

    tanya dok..apakah potongan lidah buaya boleh di campur madu,dan langsung di telan??…maksud dari 1/3 itu apa dok,apakah 1/3 ons,atau 1/3 dari satu daun lidah buaya,dan dalam satu hari berapa kali di minum??trims

  10. 1691
    Thomas Says:

    Yth Dr Sukma,
    Maag saya kambuh 2 bulan ini dan berat badan saya turun samapai 5kg dalam 1 tahun. Sehari-hari saya tidak pernah terlambat makan, tetapi saya ada stress pekerjaan. Apakah penderita maag dapat membuat berat badan turun?

  11. 1690
    Dr. Sukma Says:

    Halo ratna,

    Gak ada salahnya mencoba buah noni (mengkudu), sata pernah dengar tt. Itu tetapi belum pernah mencoba.

  12. 1689
    ratna Says:

    yth. dr. sukma, kenapa maag sering kambuh ya dok? apa buah noni bagus juga buat maag? thank you..

  13. 1688
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dedy,

    1. Sama
    2. Dikunyah dulu, baru ditelan
    3. Singkong bagus untuk sakit maag. Ubi jalar kurang baik

  14. 1687
    titis Says:

    Langsung sj ya dok, sudah seminggu ini perut saya terasa kembung dan sering melilit (rasanya sakit sekali), padahal selama ini saya selalu makan teratur. setelah saya baca blog dokter ini, saya (sejak kemarin) mencoba lidah buaya yg dicampur ke dalam jus apel (buavita). Yg ingin saya tanyakan, dilihat dr gejalanya, apakah lambung saya sdg bermasalah? perlukah saya priksa ke RS (saya sdg menyusui)? bolehkah lidah buaya’nya dikonsumsi setiap hari?
    mohon sarannya ya Dok. terimakasih.

  15. 1686
    dedy Says:

    dulu seorang sinshe ngajarin saya juga untuk mengkonsumsi lidah buaya untuk mengatasi maag saya seminggu 2 kali. th 2008 saya rutin konsusmsi dan tidak kumat lagi tapi skrg karn tidak pernah lagi dan pola makan yg tidak teratur maag saya kambuh lagi. pertanyaan saya :
    1. dulu saya konsumsi lidah buaya dengan di jus campur buah lainnya, apakah khasiatnya sama dengan dipotong2 seperti anjuran dokter?
    2. kalo dipoton2 apakah dikunyah dimulut atau lgsg telan juga?
    3. kata orang tua ubi seperti singkong dan ubi jalar baik untuk penderita maag, apakah itu benar dok?
    terima kasih

  16. 1685
    Dr. Sukma Says:

    Halo yenni,

    Kalimat terakhir yg anda tulis itu benar. Jadi dasar dari semua keluhan tsb adlah rasa cemas, dan segala macam pikiran negatif yang pada akhirnya mengganggu kerja lambung, dan organ2 lainnya. Jadi sebaiknya anda lakukan meditasi dua kali sehari pagi bangun tidur dan malam sebelum tidur.

    Setiap sesi hendaknya minimal setengah jam, kalau bisa satu jam itu bagus. Tarik nafas dalam2 via hidung dan hembuskan nafas secara perlahan lewat mulut. Demikian terus menerus, sampai anda rasakan keheningan dalam hati dan pikiran anda. Dengan tenangnya pikiran, maka semua kekacauan yg terjadi secara perlahan namun pasti akan berangsur2 hilang termasuk produksi asam lambung menjadi normal kembali. Semua pikiran negatif dibuang jauh dan mulailah selalu berpikir positif. Buktikan semua keluhan tsb akan hilang perlahan2 dan akhirnya pulih seperti sediakala.

  17. 1684
    yenni Says:

    Dokter tolong saya. Sudah kurang lebih 3 tg ini sakit maag saya on off pertama saya sakit kerongkongan yang lama sembuhnya. Perut kembung dan kadang2 kembungnya sampai ke bawah perut. Perut sebelah kiri kadang2 keras seperti kram setelah saya minum neolanta kembung dan kerasanya hilang. Tapi sekarang dada saya sakit dan agak sesak serta terasa panas sampai kebelakang punggung disertai sedikit batuk dan kadang ada rasa susah menelan. Dan saya pun sering buang angin yg terus menerus.sakit apa saya ya dokter masalahnya ini juga mempengaruhi kejiwaan saya jadinya.terima kasih

  18. 1683
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lola,

    Boleh dicoba kunyit, bila kurang berhasil coba minum pankreoflat tablet 3x 1 tab setelah makan. Kalau kembung sudah hilang stop pankreoflat.

  19. 1682
    Lola Says:

    Selamat malam dokter.
    Saya wanita,19 tahun. Saya telah mengalami perut kembung lebih dari 3 minggu …Sebelum perut kembung saya menderita diare yang cukup parah, pada saat diare saya sempat meminum diatabs.Setelah bbrapa hari perut saya kembali normal, namun sudah mulai tersa kembung, dan jarang sekali flatus.Akhirnya saya ke dr dan diberikan obat enzim, obat untuk maag dan mual. Setelah mengkonsumsi bbrapa hari tetap saja gejalanya.Namun sekarang sudah agak baikan,tapi perut tetap bergas.Apakah aman saya mengkonsumsi kunyit?
    Mohon infonya dokter.
    Terimakasih sebelumnya

  20. 1681
    Dr. Sukma Says:

    Halo Budy,

    Sepertinya semua keluhan anda berawal dari depressi mengakibatkan tekanan darah rendah, dst dst. Sebaiknya anda konsultasi ke dokter psikiater agar diobati depressi anda. Setelah depresi dapat diatasi, praktis anda akan nafsu makan, tensi kembali normal, dst dst.

  21. 1680
    Dr. Sukma Says:

    Halo afib,

    Satu2nya terapi atresia bilier adalah operasi yg disebut Kasai, sesuai nama dokter Jepang yg menerapkan teknik operasi tsb khusus untuk penderita atresia bilier. Bila operasi tidak sukses, maka terakhir adalah pencangkokan hati/ liver yang diambil dari sebagian hati orang tuanya. Beaya cangkok hati sangat mahal 800 jt- satu M.

  22. 1679
    Budy Says:

    Yth dr, mf dok..sy mengalami BAB susah,tidur susah,makan sulit berselera. Perut selalu kembung, ingn sndawa mlulu , Terkadang perut trasa panas sampai dada trasa penuh dan kerongkongan terasa tersekat. Baru2 ini derita sakit saya memuncak sampai2 penglihatan kabur dan kepala terasa brt yg mengakibatkan seolah rongga telinga terhalang sesuatu. Kemudian efeknya ketika sy periksa ke dr trdkt, tekanan tensi darah sy turun drastis yaitu 80/60mmhg. Saat ini akibt sakit itu otak sy sulit kosentrasi dan seolah ada migren di kepala sy..trkadang sy stres,dprsi dan cms brlebihan. Karena seakan hdp sy tdk normal lagi. Mhn jwbn Dr, penyakit apa gergan yg sy drita ini?tks

  23. 1678
    afib Says:

    bu dokter,anak saya teridentifikasi aterisa biler.. saya terus gimana ya ..terimakasih

  24. 1677
    Anonymous Says:

    sore doc,
    saya mau tanya ibu saya merasa di perut sebelah kanan atasnya sakit dan ketika bernafas terkadang juga terasa sakit.
    apakah dokter bisa menjelaskan apa penyakit yang id deita ibu saya?
    dan apa obat yang baik untuk ibu saya?

    terima kasih ibu dokter bersedia baca pesan saya

    salam

    lola

  25. 1676
    Antoni S Says:

    Malam Dok,

    Thanks banget bu atas jawabannya, satulagi bu mau nanya tentang aloe vera tersebut , apakah dimakan sebelum atau setelah makan ? berapa kali bu sehari ? Apakah Aloe vera yang kebetulan ada di halaman rumah saya bisa digunakan ? atau harus yang dari supermarket yang besar ukurannya ? dan cara makannya setelah di kupas pakah dicampur air atau langsung dimakan ?

    Terimakasih banyak bu dokter dan Kiranya Tuhan boleh memakai ibu untuk menjadi saluaran berkat bagi banyak orang.

    Salam

    Antoni Siahaan

Pages: « 74 … 71 70 69 [68] 67 66 65 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe