UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 10 9 8 [7] 6 5 4 … 1 » Show All

  1. 175
    abe Says:

    malam bu dokter…
    terima kasih atas sarannya…..
    saya juga sudah 2 hari ini coba mengkonsumsi aloe vera seperti jawaban bu dokter kepada rekan2 lain yang memiliki keluhan yang sama…
    satu hal yang sangat susah dari saya dok, sy sangat cepat untuk terganggu pikiran sy terutama masalah pekerjaan…
    sedikit ada masalah di pekerjaan langsung menjadi beban pikiran, yang pada akhirnya malas untuk makan..

    satu pertanyaan lagi dok, pada saat jam kerja (antara jm 8-12) sampai sebelum makan siang, perut sy sangat sering terasa lapar..apa cukup dengan ngemil saja? baru dilanjutkan dengan makan siang pada jam 12?
    sekali lagi terima kasih dok…
    sy akan coba saran bu dokter

  2. 174
    Dr. Sukma Says:

    Hai Abe,

    Sebenarnya secara logika jauh lebih gampang menambah berat badan dari pada menurunkan BB.Karena anda mengidap sakit maag sedangkan anda ingin menaikkan BB, dapat kita siasati sebabagai berikut:
    sebaiknya anda SERING NGEMIL, segala sesuatu YANG MANIS : kue, permen, biskuit, es krim,dan camilan lain yang rasanya manis. Sebab pada makanan manis biasanya mengandung banyak gula, yaitu jenis karbohidrat yang kaya energi. Lalu usahakan bisa minum susu penambah BB (Appeton Weight Gain), usahakan minum sedikit2 (setengah cangkir) dengan frekuensi sering, biar nggak muntah.

    Kemudian pastikan anda ISTIRAHAT YANG CUKUP (tidur 8 jam sehari).And last but not least, PIKIRAN HARUS TENANG, dengan sering latihan nafas panjang dan atau meditasi.
    Saya yakin anda akan mendapatkan apa yang anda inginkan yaitu menaikkan BB sekaligus mengurangi bahkan menyembuhkan keluhan maag anda. Selamat mencoba..

  3. 173
    abe Says:

    malam bu dokter…
    dok, sy mau tanya seputar penyakit lambung
    saya berusia 25 thn, tinggi bdn 168cm, berat sy sangat kurang hanya 46 kg..dengan berat bdn seperti ini sy sangat tidak nyaman…..apakah sy bisa menambah berat badan saya?sementara setiap mau makan perut sy terasa sangat mual..terutama jika pagi hari sarapan, baru 2 sendok makan perut sdh menolak dan yang ada hanya rasa mual…kemudian pada saat siang sy baru makan lg skitar jm 12, dan pada kondisi itu sudah sangat mual dan tidak enak untuk makan..
    makasih y dok, sy minta sarannya…

  4. 172
    Dr. Sukma Says:

    Halo Aidus,

    Sebenarnya semua jenis aloe vera bisa digunakan. Cuma untuk efisiensi, sebaiknya beli yang ukuran besar dengan daging yang tebal. Sehingga lebih banyak bagian yang bermanfaat untuk penyembuhan gastritis.

    Anda konsumsi sekali sehari, tiap malam itu sudah cukup. Lakunan hal itu selama 7-10 hari. Setelah itu semakin jarang, misalnya setiap dua hari sekali selama 7-10 hari. Terakhir aloevera dikonsumsi setiap 3 hari sekali atau 2 kali seminggu. Setelah lambung benar2 tenang barulah kita laakukan secara intermitten, yaitu kapan perlu aja.

    Contohnya : bila satu saat anda datang ke pesta dengan makanan yang hampir semuanya bersantan, pedas dan makanan digoreng, tentu anda akan tergoda untuk melahapnya. Nah, setelah ‘dosa’ karena makan makanan yang seharusnya dipantang, langsung saja sampai dirumah anda siapkan aloevera untuk segera menetralisir semua makanan yang menggoda dipesta itu. Demikian, semoga lambung anda pulih kembali.

  5. 171
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yosep,

    Semoga anda cocok dengan terapi aloe vera. Makasih kembali.

  6. 170
    Yosep Says:

    Selamat subuh Dok :)
    Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas tulisan Dokter, terutama bab yang ini soal maag. Kebetulan, sejak tahun 1990 saya sudah menginap maag akut. Tahun 1999, saya sempat dirawat di RS dan dinyatakan mengidap maag, demam berdarah sekaligus typhus (maaf kalau salah tulis). Percaya tidak percaya, yang memeriksa saya ada seorang Dokter Professor Senior di RS terkenal di Bandung. Saya harus dirawat selama 45 hari, namun karena kekeras-kepalaan saya, setelah 11 hari saya nekat pulang.

    Dua hari yang lalu, saya lupa makan seharian karena sering begadang malam untuk kerjaan sehingga pas besoknya libur, saya manfaatkan untuk tidur sehingga lupa makan seharian. Sejak itu, maag saya kambuh lagi (sepertinya). Mudah2an saya bisa mendapatkan khasiat dan cocok untuk terapi aloe vera ini, kebetulan saya menanam aloevera di rumah dan sangat jarang dimanfaatkan :)

    Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih atas sumbangsih ilmunya Dok :) Semoga ilmu Dokter semakin bertambah manfaatnya dan Allah mengaruniakan kebaikan bagi Dokter di dunia maupun di akhir sana, amin..

  7. 169
    Aidus Says:

    Selamat sore Dok.
    saya sangat tertarik membaca tulisan dari dokter, kebetulan saya juga penderita asal lambung yang sudah 3 tahun ini mengkonsumsi obat obatan dari dokter untuk mengontrol asam lambung saya.
    Yang mau saya tanyakan apakah semua jenis Lidah Buaya bisa dimakan.
    Saya sudah coba beli di Super Market lidah buaya yang berdaun lebar dan saya coba kupas kulitnya dan saya makan dagingnya tanpa saya cuci sama sekali.
    Alhamdulilah 2 kali saja coba perut suya agak mendingan, kembungnya berkurang.
    Berapa kali bagusnya dimakan setiap hari dok ?
    Untuk saat ini saya baru coba 1 kali saja setiap akan tidur pada malam hari kira kira 150 gram daging lidah buayanya saya campur dengan sedikit sirop untuk pemanis.
    Karena saya tidak kuat untuk mengunyah terpaksa saya potong kecil kecil biar bisa langsung saya telan tanpa dikunyah. karena saya tidak tahan dengan rasa kentalnya.
    Berapa lama biasanya saya harus mengkonsumsi lidah buaya ini agar dinding lambung saya yang sangat sensitif akibat dari asam lambung yang sudah lama saya derita ? agar terlapisi kembali dan saya bisa makan normal seperti orang biasa biasa ?
    Terima kasih atas waktu yang dokter berikan buat saya.

    Aidus.

    Bali

  8. 168
    Dr. Sukma Says:

    Halo Andy,

    Pertama-tama sebaiknya anda secara mental dan emotional dalam keadaan tenang, meditasi bisa untuk tujuan ini. Karena kunci kesehatan fisik adalah bila secara psikis kita sehat. Artinya, bila masih ada masalah yang membuat anda stress, sebaiknya dibereskan dulu. Sebab, bila tidak, meskipun anda prentended to be tidak ada masalah, alam bawah sadar anda akan selalu gelisah. Dan tanpa disadari hal ini akan memacu saraf simpatis yang berdampak pada sekresi asam lambung yang berlebihan.

    Setelah itu, usahakan tidak minum obat2an segitu banyak yang saya setuju dengan keprihatinan anda akan efek samping yang tidak diinginkan, terutama akan memperberat kerja hati/liver. Perlahan tapi pasti, bila anda buat sendiri aloe vera segar dan dikonsumsi teratur akan nyata kelihatan hasilnya.
    Sebaiknya aloe vera dikonsumsi tanpa obat-obat yang anda sebutkan itu (obat stop, mulai aloe vera).

  9. 167
    Dr. Sukma Says:

    Halo harisuseno,

    Untuk semua gejala dan keluhan gastritis/sakit maag, dosis aloe vera sama saja. Tergantung berat badan atau luas permukaan tubuh. Bila anda tinggi besar, sebaiknya 1/2 batang aloe vera besar untuk sekali konsumsi. Bila seseorang kurus-kecil, mungkin 1/4 atau 1/3 batang.
    Yang penting jangan sampai kekenyangan, enek dan rasa penuh… Seberapa saja yang anda rasa enak.

    Dikonsumsi cukup dua kali seminggu. Bila parah, boleh setiap hari satu kali..

  10. 166
    harisuseno Says:

    dok aturan pakai aloe veranya seberapa untuk meredakan kembung?

  11. 165
    Andy Says:

    Dear Dr. Sukma,
    Dok saya mau tanya ttg keluhan maag yg saya alami 1,5 thn belakangan ini. Selama kurun waktu 1.5 tahun saya minum obat terus (dari dokter sp.peny.dlm) seperti inpepsa, pariet, nexium, prosogan, sanmag, librax, vometa, motilium. Saya juga sudah endoskopi dan didapati kelainan fungsional, yaitu terdapat ruam2 merah dan klep lambung lemah sehingga di lambung banyak terdapat cairan empedu. Dokter juga tidak berkata apa2 ttg bakteri HP yang saya anggap berarti tidak ada bakteri itu dlm lambung saya. Yang mau saya tanyakan kenapa kok sampai selama ini sakit yg saya derita – dgn harus mengkonsumsi obat2an yang mana sy kuatir akan side effectnya. Dokter yg memeriksa juga saya tanya apakah bisa sembuh atau tidak, dia katakan bisa tapi perlu sabar. Saya sebelumnya terkena masalah yg sangat berat sehingga terbawa terus di pikiran saya hingga saya stress berat. Sejak itu maag saya terganggu hebat. Bagaimana menurut dokter, apa yg harus saya lakukan ? Tambahan : saya jg sudah konsumsi aloe vera tapi masih belum kelihatan efeknya. Tolong tanggapannya dokter Sukma. Terima kasih.

    Best regards,
    Andy

  12. 164
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sri,

    Pastikan bahwa aloe vera yang anda konsumsi adalah buatan sendiri, yaitu lidah buaya yang dibeli di supermarket, lalu diambil dagingnya dan dicampurkan ke juice apel buavita siap minum.
    Yang dipentingkan disini adalah ALOE VERA DARI ALAM, ciptaan Tuhan yang kaya dengan bahan berlendir yang akan melapisi dinding lambung dan pencernaan secara sempurna. Dan memberi dampak mendinginkan dan menjinakkan (soothing)lambung yang bermasalah.

    Tidak ada efek samping aloe vera. Konsumsi sesuka anda. Jangan minum aloe vera yang sudah jadi. Kadarnya rendah dan belum tentu asli, serta pasti ada bahan pengawetnya..

  13. 163
    sri Says:

    Dear dr Sukma terimakasih atas responnya yang begitu cepat, semoga Alloh membalas kebaikan dokter.
    Dok, mohon maaf saya tanya lagi jangan bosen ya. Saya sudah mulai minum aloe vera sudah 4 hari rutin, memang rasanya ke perut enak, tapi sampai sekarang perut saya masih sering kembung, sepertinya perlu proses penyembuhannya ya dok. Dok, berapa kali sehari boleh minum aloe vera, saya minum siang dikantor dan malam pada saat pulang kerja, apakah tidak kebanyakan ? Saya minum nya juga sedikit-sedikit tidak habis langsung segelas. Dok, apakah ada efek negatif dari Aloe vera ?

    Terimakasih banyak sebelumnya

    Regards
    Sri

  14. 162
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sri,

    Mulanya saya berpikir sama dengan anda. Apakah tidak kenapa-napa, perut dikosongkan selama 7 jam malah kalau saya sendiri sampai 10 jam. Sebenarnya bukan kosong sama sekali, karena masih ada cairan yang tidak dibatasi.

    Saya coba mengikuti pola makan teman yang tadinya gendut, dalam 6 bulan saya lihat perubahan drastis, yaitu menjadi langsing dan enak dilihat. Padahal anaknya sudah tiga, seorang dokter juga. Saya pangling, karena tiba2 teman itu kelihatan muda kembali seperti Maia, pentolan mantan duo Ratu. Wah, saya mau dong menjadi seperti itu.

    Setelah saya jalani diet semacam itu, kok tidak ada masalah. Saya sendiri heran, maag saya tenang aja. Maka saya terusin diet seperti itu sampai hari ini… Kemungkinan niat yang kuat juga berperan, sehingga tidak ada dampak sama sekali terhadap kesehatan lambung. Semoga anda juga demikian. Amien..

  15. 161
    sri Says:

    Dear Dok
    Mau tanya, apakah setelah melakukan diet itu maag nya tidak kambuh lagi ?
    Bukankah maag perut itu tidak boleh kosong. sementara kalau tidak makan siang, perut kosong hampir lebih dari 7 jam.
    Mohon penjelasan.

    Thank You and Regards
    Sri

  16. 160
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sri,

    Saya punya penyakit maag dan kebetulan sama seperti anda ingin menjaga berat badan agar sehat pada keseluruhan organ tubuh saya, dan secara fisik tampak tidak obese.

    Pertama, dibereskan dulu masalah maag anda. Artinya mulailah konsumsi aloe vera secara teratur. Mungkin selama satu bulan, begitu. Setelah maag anda tenang, saya punya kiat menurunkan BB sebagai berikut : sarapan seperti biasa, akan tetapi makan siang (lunch)di skip. Jadi saya tidak pernah makan siang, tetapi tetap boleh minum. Saya suka minuman hangat jeruk Australian lime dari nutrisari. Minum tidak dibatasi dan boleh air putih, green tea, pocari sweat, dll.

    Pada sore hari setelah pulang kerja, barulah saya makan nasi dengan sayur, atau sayuran dan daging atau mie dan sayuran. Prinsipnya daging/protein tidak dimakan bersamaan dengan nasi.Prinsip ini menganut FOOD COMBINING yang benar. Makan boleh sampai kenyang, tidak dibatasi. Acara makan sore ini sekitar jam 18.00. Setelah makan sore, tidak ada lagi yang dimakan. Sedangkan minum apapun boleh, terutama susu hangat sebelum tidur.

    Dengan pola makan seperti itu, baju2 lama saya bisa saya pakai kembali dengan leluasa. Kalau dulu rasanya sesak, saat ini longgar dan enak dilihat.. Saya tidak timbang BB, karena malas.

    Mengenai mesoterapi dengan vit.C itu sedkit agak berlebihan. Sebaiknya tidak usah saja karena kemungkinan kelalaian bisa saja terjadi. Tindakan itu termasuk invasif, dalam dunia kedokteran. Meskipun secara logika suntikan vit C yang ditujukan ke lemak dinding perut, tidak mungkin akan masuk kedalam lambung. Tapi tetap saja ada risiko. Saya kira lebih baik suntik vit C via intra vena, lewat pembuluh darah balik, dilakukan di RS atau praktek dokter.

  17. 159
    sri Says:

    Dear Dok
    Mau tanya saya punya penyakit maag, tapi saya juga pingin diet untuk menurunkan berat badan, bagaimana caranya diet untuk penderita penyakit maag.Selain itu bolehkah saya melakukan suntik vitamin C/Mesoterapi diperut untuk mengecilkan perut ? apakah vit C tersebut akan tembus ke lambung ? Dan bagaimana efek suntuk mesoterapi ke orang yang punya penyakit maag ?

    Terimakasih banyak
    Sri

  18. 158
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ogi Nugraha,

    Memang betul menyembuhkan total penyakit maag itu sulit, selama kita manusia selalu ada saja persoalan hidup yang harus dihadapi sehari-hari. Librax adalah obat penenang, sehingga pikiran anda tenang dengan demikian sekresi asam lambung diharapkan juga tenang alias normal.

    The point is, kecemasan itu berasal dari alam bawah sadar kita yang agaknya sulit dapat kita kendalikan. Ini menyangkut aktivitas saraf volunter dari lambung dan alat pencernaan, yang tidak dapat kita kendalikan dengan otak. Karena itu, melakukan semedi semacam yoga begitu, akan sangat membantu penderita maag. Yoga sifatnya universal, lintas agama bukan melulu untuk agama tertentu.

  19. 157
    Ogi Nugraha Says:

    Dok mau tanya lagi, 2 tahun yang lalu saya pernah ke dokter ahli dalam dan dokter ahli dalam tersebut bilang saya mengalami syndrome Dispepsia sehingga perut saya selalu kembung saya diberi Librax tapi sampai sekarang kondisi perut saya belum ada perbaikan ,memang saya selalu mempunyai kecemasan yang berlebih tapi apa dari kecemasan tersebut perut saya jd kembung terus. memang sulit ya dok untuk menyembuhkan penyakit maag.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. mohon dibalas yaah dok….

  20. 156
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andi,

    Cairan encer kecoklatan dan berbau. Itu artinya ada jaringan mati yang keluar bersama cairan yang kemungkinan bisa haid. Sebaiknya ditunggu 4-5 hari cairan berbau itu keluar. Bila lebih dari itu sampai maximal satu minggu masih tetap keluar, sebaiknya diperiksakan ke dokter kebidanan.

  21. 155
    andi Says:

    Halo Ibu Dokter, terima kasih atas keterangan dan saran ibu dokter sebelumnya.

    Ada perkembangan baru atas kondisi pacar saya saat ini, walaupun dia belum mencoba menggunakan test pack. saat ini dia mengalami keputihan ataupun haid saya tidak tahu pasti, tetapi seperti penjelasannya dia, bahwa ada cairan yang keluar dari vagina berwarna kecoklatan, encer, dan kiranya berbau. cairan apakah sebenarnya yang keluar itu dok ??

  22. 154
    Dr. Sukma Says:

    Halo Andi,

    Sebaiknya diperiksa test kehamilan, meskipun anda yakin tidak ada penetrasi dan ejakulasi.Karena hal itu terjadi 4 minggu yang lalu. Dari hasil test akan dapat diketahui apa yang sebenarnya terjadi.

    Bila sakit maag, tidak ada kaitannya dengan keputihan berwarna kecoklatan yang keluar anytime. Masalah keputihan ini, bisa jadi tanda infeksi genetalia/ organ reproduksi. Bila terjadi peradangan sebaiknya segera diobati. Kunjungi dokter kebidanan untuk periksa dalam.

  23. 153
    andi Says:

    salam kenal dok, saya andi. Begini dok, pacar saya sudah lebih dari dua bulan ini bisa dibilang haidnya tidak jelas. Kata pacar saya, dia terakhir haid normal tgl 2 september 2008, kemudian pada minggu pertama bulan oktober 2008 haidnya seperti bercak2 merah kehitaman, keluarnya sedikit2 tetapi berlangsung beberapa hari, nah pada awal minggu bulan november ini pacar saya keluar keputihan yang kecoklatan dan berlangsung dua minggu. keluarnya bisa terjadi kapan saja, contoh selagi buang air kecil, ataupun jongkok. setelah itu sampai sekarang dia mengalami mual, muntah setiap hari. haid dan keputihannya tidak ada. saat ini pacar saya mengalami stress berat dengan pekerjaannya, ditambah lg dia mempunyai latar belakang penyakit maag. saya agak khawatir dok, 3 atau 4 minggu sebelumnya karena kami pernah melakukan hubungan badan tetapi saya tidak melakukan penetrasi kedalam vagina ( hanya mempertemukan ujung Mr.Happy dengan bagian bibir vagina ) , dan saya tidak megeluarkan sperma sama sekali. Saya mohon penjelasannya dok, apakah bisa terjadi kehamilan?
    apakah keputihan dan tingkat stress dapat mempengaruhi menstruasi?
    apakah tindakan yang mesti dilakukan dok?

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dok.. maaf sudah merepotkan.
    Mohon dibalas ya dok..

  24. 152
    Dr. Sukma Says:

    Halo Herman,

    Dari pengalaman saya : melon, tomat dan brokoli serta roti tawar bisa diterima oleh lambung saya.
    Namun, strawberry dan coklat terutama bila dilahap saat perut kosong, rasanya perut agak melilit gitu. Ada rasa tidak nyaman…

  25. 151
    Herman Says:

    Halo Bu Dokter,

    saya mau tolong tanya, apakah makanan di bawah ini aman untuk penderita sakit maag:

    a. melon b. tomat c. strawberry d. coklat e. roti f. ice cream g. brokoli

    Thanks banyak Bu..

    Salam

Pages: « 74 … 10 9 8 [7] 6 5 4 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe