En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 73 72 71 [70] 69 68 67 … 1 » Show All

  1. 1750
    Dr. Sukma Says:

    Halo Togar,

    Fatty liver adalah keadaan hati/ liver yang banyak mengandung lemak. Dibawah mikroskop akan terlihat banyak sel-sel lemak diantara sel-sel hati. Obatnya vit. E dosis tinggi minimal 400 mg/ hari lebih baik lagi bila 2x 400 mg/ hari. Beli vit E di apotek besar, jangan dipinggir jalan atau dipasar burung Pramuka di Jakarta.. Intinya agar dikonsumsi obat asli dan paten, bukan obat palsu. Terbaik merk Nutrimax dan yg sekelasnya ; Sea Quill, Wellness, Nature’s Health, dst. Bisa dibeli di Guardian, Century, Boston, Apotik Plus. Yang tidak kalah penting adalah olah raga teratur 2-3x/ minggu minimal 45-60 menit setiap sesi. Semoga berhasil melawan fatty liver..

  2. 1749
    togar Says:

    Selamat malam dok,
    Saya togar 46 tahun,167cm,75kg,penderita maag dah puluhan tahun dan atas saran dokter untuk konsumsi aloevera dan yoga,maag saya sudah jarang kambuh.Saya makan begitu perut terasa lapar,dan makan apa saja selain yang pedas dan asam-asam.Masalahnya sekarang,perut kanan dibawah rusuk terasa penuh dan tidak nyaman.Berobat ke dokter spesialis dan dikatakan saya menderita fatty liver.Apakah fatty liver itu,dok?Apakah dapat disembuhkan dan apa obatnya?Kalau tidur miring ke kanan,perut terasa kebas dan otomatis saya terbangun dari tidur.Perut kiri dan kanan bawah juga terasa tidak enak dan tembus sampai ke pinggang,setelah di USG dokter bilang itu hanya gangguan otot.Mohon pencerahan dari dokter…! Apa yang harus saya lakukan sebab saya sangat cemas sekali sampai kaki saya terasa dingin.
    Terimakasih atas jawabannya,dok….! Dan semoga sukses selalu.

  3. 1748
    Jester Says:

    Dokter baik banget… Terima kasih untuk pelayanannya yang sangat baik bagi masyarakat umum dan Bangsa Indonesia. Banyak hal2 mengenai kesehatan pencernaan yg ingin sy ketahui tapi sy lihat sudah ada pertanyaannya dan jawabannya di sini.. sehingga sy tidak perlu bingung lagi. Banyak terima kasih dokter karena mau meluangkan waktunya yang berharga untuk kita semua… Sungguh berhati mulia Dr.Sukma Merati… Semoga Dr Sukma dan sekeluarga selalu dalam lindungan TUHAN…

  4. 1747
    Wawan Says:

    Salam kenal dokter Sukma,
    Saya Wawan.
    Ada ingin saya tanyakan. Bapak saya (58 th), kuang lebih 3 tahun belakangan ini sering mengalami meriang. Datangnya kambuhan dok. Akhir-akhir ini sering datangnya. Katanya, setiap sore hari pasti meriang, badan lemas, telinga tarasa sakit, tangan panas dan kaki dingin, agak batuk, pusing cenut2. Sudah sering berobat, tapi cuma dikasih antibiotik aja. Ada dokter yang bilang kalau bapak saya mungkin kena infeksi flu, tapi tidak dijelaskan flu apa. Sedangkan bapak saya tidak mengalami flu. Pertanyaan saya:
    1. Apa yang menyebabkan meriang sering muncul?
    2. Kalau memang meriang adalah suatu gejala penyakit, kira-kira gejala penyakit apa?
    3. Mungkinkah ada hubungannya antara meriang dengan hernia? karena satu tahun ini bapak saya mengalami hernia di bawah pusar.
    4. Bagaimana cara mengatasi agar tidak sering muncul? mengingat bapak saya sering berobat tapi belum ada perubahan yang berarti.

    Demikian dok pertanyaan saya, terimakasih sebelumnya untuk jawabannya. Nanti kalau ada yang ingin saya tanyakan lagi, saya akan mampir ke blog ini lagi ya.

  5. 1746
    Anonymous Says:

    Salam kenal..dok

  6. 1745
    lala Says:

    assalamualaikum dokter..
    saya lala berumur 20 thun memiliki perut besar tapi tidak keras dok tapi lembek,waktu itu saya pernah bertanya dengan teman saya yg mengambil kedokteran trus kata teman saya, di perut saya ada cairan, apakah benar dok? kalo ada cairan apa? dan mengatasinya seperti apa?

  7. 1744
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dian,

    Secara teoritis boleh.. So, coba aja konsumsi ketiganya secara bergiliran dalam satu hari.. Hope everything will goes well and good luck !!

  8. 1743
    ilham Says:

    hallo dokter,,salam kenal
    saya mengalami gagguan pada pencernaan..sering kembung dan sendawa berlebih,,suka panas di dada kiri,, perut abis makan juga panas,, kalo durasinya kembung agak lama jadi sesak nafas dan janntung berdebar debar agak cepat…kalo saya bawa tidur dan pas bangun sesaknya hilang…saya udah coba tes jantung tp ga ada gangguan,,saya juga udah berulang kali ke dokter dari 9 bulan terakhir ini,,,tapi masih belum sembuh,,,masih tetap ada gejala2 yg saya sebut di atas,,,mohon saran nya dokter biar saya dapat sembuh,,,than..ilham..bandung

  9. 1742
    anna Says:

    dok,
    sebulan yang lalu saya kena tipes dan sempat dirawat di rumah sakit, setelah sembuh tipesnya smp skrg sy mengalami sakit di ulu hati, sy memang punya maag, tp beum pernah merasa sakit di ulu hati sperti saat ini, rasanya seperti di remas2 dan nyerinya pindah2 kadang dikiri/kanan dan juga sesak nafas. saya sudah berobat ke dokter internis bahkan beberapa ganti dokter diagnosanya sama yaitu gastritis, sy diberi obat opremazole, antasid, sucrolfate tp sudah sebulan ini tidak jg berkurang, kata dokter ini disebabkan sy stress banyak pikiran, padahal sy merasa baik2 sj dan bahkan pola makan saya cukup teratur, apa mngkn ada penyakit lain ya dok, karena saya cukup tersikda dan mengganggu aktifitas saya, terima kasih saya tunggu jawabannya

  10. 1741
    dian kuntjaraningrum Says:

    bolahkah dkm satu hr meminum pg mengkudu, siang lidah buaya, mlmnya sari ubi ky (sagu) trm ksh

  11. 1740
    musrifah Says:

    dok sukma saya mau tanya saya menderita batu kantung empedu du bh ukuran 11 mm dan 16 mm saya takut mau operasi saya mohon bantuan untuk solusi yang lain terima kasih atas informasinya

  12. 1739
    sha Says:

    maaf dok saya mu tanya ….
    sepertinya saya mengalami keputihan …
    saya sempat ke rumah sakit bersalin dengan dokter kelamin disana , dia bilang terkena jamur , saya di beri beberapa obat untuk diminum dan katanya harus menggunakan abotil , sebelum saya pergi dia bilang kalo masih keluar harus ke sini lagi. saya bertanya” dengan obat yang sangat mahal , saya harus ke dokter lagi, mengapa dokter itu tidak yakin menyembuhkan, atau memeng tidak ada obat yang paten untuk keputihan?.
    dan memang tidak sembuh.

    saya ingin menggunakan canesten vaginal kaplet , apa tidak ada resiko, karna saya belum pernah hamil???

  13. 1738
    icha Says:

    malam Dok,,
    saya icha mahasiswa 20 tahun,, mau tanya,, dok saya punya keluhan bapak saya penderita liver, magg, komplikasi dok,, ada pantangan makan apa saja dok untuk penderita liver?? dan kalau penderita liver boleh makan bubur sumsum tidak dok?? kalau banyak minum air putih apakah di boleh kan dok?????
    terimakasih dok.. :) mohon di balas yah dok..

  14. 1737
    ike Says:

    hallo dok, saya mau tanya ni udah beberapa hari ini saya mgeluh sakit d bagian perut, suka merasa mual2 dan pusing datangan, saya memang ada penyakit maag tapi saya tidak tau apakah sakit yang saya derita ini karena sakit maag saya yang sedang kambuh..
    tapi dok saya juga ingin bertanya bebarengan dengan sakit ini saya juga menderita sakit Saat B.A.B dan mengeluarkan darah..
    nah oleh karena itu saya bingung apakah saya sakit maag atau terkena sakit gejala wasir yang menyebabkan perut saya suka sakit dan mual juga pusing???
    tolong jawabannya ya dok dan gmn carta menyembuhkannya.. Trims.

  15. 1736
    IQBAL Says:

    ASSALAMUALAIKUM DOKTER :
    NAMA SAYA MUHAMMAD IQBAL
    SUDAH 3 BULAN INI SAYA MENDERITA PENYAKIT MAAG, PAS KEMAREN DI ENDOSKOPI TERNYATA HASILNYA GASTRITIS HIPERMIS KARENA DI BAGIAN ANTRUM TERDAPAT RADANG/PEMBEKAKAN, KEMUDIAN SAYA DI RESEPKAN OBAT : LAPRAZOLE 30 MG, SPASMIUM DAGE TAB,DAN ENZPLEX.YANG SAYA MAU TANYAKAN : SPASMIUM ITU MEMANGNYA BISA MENGOBATI PENYAKIT MAAG? TAPI KOK SETIAP SAYA MINUM SPASMIUM SAYA MERASA LEMAS. NGANTU, DAN KEPALA BERAT, SERTA NAFAS AGAK BERAT. KENAPA YA DOK??APAKAH HARUS DI LANJUTKAN??TAKUTNYA SAYA JADI KETERGANTUNGAN.

  16. 1735
    Eka Says:

    Salam Hormat Bu Dokter,

    Saya Laki2 , Usia 29 tahun, sekitar 1 bulan lalu saya mengalami gejala pusing (kliyengan tapi tidak parah) disertai mual2, bahkan sempat sampai muntah (hanya 1 kali), tetapi saya jarang merasakan sakit di perut / disekitar lambung. setelah diperiksa dokter saya diberikan obat nexium dan obat mual/muntah (saya lupa nama obatnya) tapi setelah satu minggu gejala masih terasa, saya konsul ke Internis oleh beliau saya diberi resep lansoprazole (generik) 30 mg, 2 x sehari sebelum makan. terasa lebih baik tapi masih terasa agak mual, setelah 10 hari saya balik check lagi oleh beliau lansoprazole nya diteruskan untuk 2 minggu dan ditambah Fucoidan 100 karena gejala mual masih belum hilang. sekarang saya merasakan gejala mual sudah jauh berkurang tapi pusing masih terasa.
    Yang jadi pertanyaan :
    1. Apakah benar saya mengidap penyakit Lambung/Maag?, karena saya jarang merasakan sakit perut/lambung, meskipun terasa sakit biasanya terlalu sakit.
    2. Apakah konsumsi Lansoprazole dalam jangka panjang dapat menimbulkan Efek Samping ? saya masih ada stok Lansoprazole yang harus dikonsumsi hingga sekitar 5 hari kedepan.
    3. Saya bekerja di depan komputer hampir 6-7 jam pada hari kerja, dan saya juga memakai kacamata, apakah mungkin pusing dan mual ini karena gangguan mata saya (minus mata bertambah) ?
    4. Saya baru berhenti merokok 3 minggu ini (setelah merasa pusing/mual), apakah ini dapat memicu gejala pusing?

    Terima Kasih Banyak sebelumnya Ibu, Semoga kebaikan Ibu mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan YME

  17. 1734
    endarini trifinda Says:

    hallo dok, selama ini saya mengalami setlah makan kemudian selang beberapa jam kemudian langsung BAB, nafsu makan baik tetapi bb saya tidak ada perubahan yg signifikan, apakah itu salah satu dari penyakit mag apa gangguan pencernaan yg kurang baik dok, apakah ini bisa di obati ? mohon sarannya. trims

  18. 1733
    dian kuntjaraningrum Says:

    dok sy br bc ini stlh diketahui menderita maag. Dulunya sy cm tau terkn vertigo tanpa tau penyebabnya, stlh 3 th br ketahuan klo pemicu vertigonya adlh maag. sdh 1 bln ini msh blm normal jg. tp alhamdulillah stlh konsumsi sari ubi kayu, lidah buaya dan mengkudu, kondisi sy mulai membaik tanpa mnm obt dr doktr lg. Apa tak mslh dok sy mnm ke3nya dlm 1 hr (sari ubi ky pg dan sore, sari mengkudu setiap pg, lidah buaya siang hr)? semuanya sy olah sendiri. trm ksh ats jawabannya.

  19. 1732
    Dody Says:

    Dokter Sukma, mohon advice nya utk saya..

    saya sudah 2 bulan ini minum obat utk GERD saya, yaitu Lancid 30mg (lansoprazole), dan obat racikan yg kalo tidak salah itu famotidine dan vomitas, dan satu lg saya lupa..
    setelah saya baca di internet, ternyata obat jenis lancid ini kalo dihentikan dapat menimbulkan efek acid rebound yg malah bikin asam lambung makin meningkat..

    seminggu yg lalu saya sudah berusaha berhenti dari obat Lancid tsb, namun masih ada sisa racikan famotidine bbrp kapsul.. pada hari ke 5 kemarin agak kambuh asam lambungnya, rasanya dada terasa penuh dan sesak napas, perut kembung dan sempat diare siangnya.. malamnya saya minum obat racikan tsb jadi baikan dan segera tidur.

    tapi saya ingin berusaha utk berhenti dari semua obat tsb dokter, apakah ini juga bisa diatasi dgn Aloe Vera? karena saya takut diare mengkonsumsi aloe vera..

    lalu, apakah menurut dokter, saya masih harus melanjutkan obat racikan secara perlahan2 (gradual) agar berhentinya tidak lgs stop dan bikin perut saya makin tinggi asam lambungnya?

    Oh iya, gejala yg saya alami seringkali hanya kembung dan sesak napas saja, kalo perut kembung, biasanya napas jadi sesak (spt org asma, padahal saya tidak ada asma) jadi ini yg bikin saya cepat panik dan ke RS..
    apakah dgn aloe vera dapat disembuhkan dokter?

    Terima kasih dokter atas waktunya.
    ~Dody

  20. 1731
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ashari,

    Sebaiknya batu ginjal dikeluarkan dg cara operasi atau pakai alat ESWL yaitu alat pemecah batu sehingga menjadi butir2 pasir yg bisa dikeluarkan via urine/ air kemih.

  21. 1730
    ashari Says:

    bu..saya terkena penyakit batu ginja.. apa penyakit ini bisa di obati..? mhon sarannya … terim kasih

  22. 1729
    tiga Says:

    salam kenal dok, saya mau tanya, saya punya sakit maag yang mengganggu aktivitas pada saat saya kerja,kadang badan terasa lemas,perut kembung dan di ruangan ber ac kdg berkeringat,dan terkadang sesak nafas saat tidur malam,,apa yang harus saya lakukan dok?saya sudah berobat ke dokter..tapi obat habis,sakit tersa lagi..

  23. 1728
    Reza Aulia Says:

    Selamat Malam Bu Dokter,

    Perkenalkan nama saya Reza Aulia, Pria, usia 26 tahun.
    Kurang lebih dalam waktu 2 tahun ini saya sering mengeluh sesak napas, ulu hati sampai ke arah kerongkongan rasanya perih (panas), terkadang untuk mengurangi rasa sesak saya seringkali saya mencoba muntah dan di lidah terasa sangat asam (seperti cuka), di muntah terdapat seperti buih putih, dan punggung saya sampai dengan leher terasa kaku.Jika sudah kambuh kepala pusing kliyengan seperti ingin pingsan. Saya sudah bebarapa kali mengunjungi dokter, baik dokter umum maupun internist. Dari kunjungan beberapa dokter tersebut saya dinyatakan terkena masalah lambung yaitu asam lambung tinggi. Oleh dokter internist diberikan resep PPI seperti omeprazole dan dogmatil. Namun setelah beberapa hari tetap saja rasa sesak muncul dan akhirnya kembali ke dokter internist yg sama, oleh dokter saya dirujuk untuk EKG karena dikhawatirkan ada masalah pd jantung, tapi dari hasil EKG jantung saya dinyatakan normal. Diagnosa tetap saja berujung pada masalah lambung. Yang lebih memperparah lagi akhir-akhir ini hidung saya sering mampet padahal saya tidak flu dan ujung2nya jadi sesak napas dan mual lalu muntah cairan yg sangat asam. Untuk memperingan saya seringkali minum air yg hangat sekali, biasanya agak membaik. Pertanyaan saya apakah gangguan asam lambung ini berakibat kepada gangguan pernapasan seperti sesak napas yang saya derita ? mengingat sudah beberapa dokter tetap mendiagnosa saya masalah gangguan lambung.
    Mohon informasinya dari dokter mengenai keluhan yg saya alami ini. Terima kasih atas perhatiannya Bu Dokter.

    Wassalam,
    Reza Aulia – Jakarta Selatan

  24. 1727
    Anonymous Says:

    hallo dok, salam kenal saya alex.
    ketika tidur badan saya sering sekali terkejut, menyebabkan saya tidak nyaman saat tidur. Itu gejala apa ya dok..?

  25. 1726
    titik Says:

    lam knal dok saya mau tnya kmren saya endoscopy hasilnya gastritis erosiva sdang,bile refluk,pilorus inkuwpetent,,spiwkter tak menutup rapat,apa mksudnya dok n gmna cra menyembuhkannya?

Pages: « 74 … 73 72 71 [70] 69 68 67 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe